RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester :
2/II
Tema 6 :
Air, Bumi dan Matahari
Sub Tema 2/ Pembelajaran :
Bumi/ 3
Alokasi Waktu :
1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang
jelas dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan
beraklak mulia.
B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa
Indonesia
1.2
Menerima keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas keberadaan keluarga serta penciptaan
hewan dan tumbuhan.
2.3 Memiliki
rasa percaya diri dan tanggung jawab terhadap keberadaan anggota keluarga dan dokumen
milik keluarga melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/ atau bahasa daerah.
3.1
Mengenal teks laporan sederhana tentang alam sekitar, hewan, dan tumbuhan serta
jumlahnya dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis
yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.1.1
Mengidentifikasi teks laporan sederhana tentang alam sekitar.
4.1
Mengamati dan mencoba menyajikan teks laporan sederhana tentang alam sekitar,
hewan, dan tumbuhan serta jumlahnya secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan
dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.Indikator
4.1.2
Membacakan laporan sederhana hasil pengamatan alam sekitar dengan lafal dan
intonasi yang jelas.
b) Matematika
1.1
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.2
Memiliki rasa ingin tahu dan ketertarikan pada matematika, yang terbentuk
melalui pengalaman belajar.
3.6
Mengetahui satuan panjang dan berat benda, jarak suatu tempat (baik tidak baku maupun
yang baku) dan menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan
sekitar.
4.5
Memecahkan masalah nyata secara efektif yang berkaitan dengan penjumlahan, pengurang,
perkalian, pembagian, waktu, berat, panjang, berat benda dan uang, selanjutnya
memeriksa kebenaran jawabannya.
4.11
Membuat tabel sederhana hasil pengukuran panjangatau berat.Indikator
3.6.1
Mengukur panjang beberapa benda dengan menggunakan satuan tidak baku.
3.6.2
Mengukur panjang beberapa benda dengan menggunakan satuan baku cm dan m.
3.10.5
Membandingkan dua kumpulan benda dengan istilah lebih sedikit, lebih banyak
atau sama banyak.
4.5.2
Memeriksa kebenaran pemecahan masalah yang berkaitan dengan panjang benda.
4.11.1
Membuat tabel sederhana hasil pengukuran panjang.
c) SBdP
1.1
Menikmati keindahan alam dan karya seni sebagai salah satu tanda-tanda kekuasaan
Tuhan.
2.2
Menunjukkan rasa ingin tahu untuk mengenal alam di lingkungan sekitar sebagai
sumber ide dalam berkarya seni
3.1
Mengenal bahan dan alat serta tekniknya dalam membuat karya seni rupa.
3.1.1
Menentukan bahan dan alat dalam membuat karya seni.
3.1.2
Menentukan teknik dalam membuat karya seni.
4.4
Membentuk karya relif dari bahan yang ada di lingkungan sekitar.Indikator
4.4 1
Membentuk karya relif dari bahan yang ada di lingkungan sekitar.
C. Deskripsi Materi
Pembelajaran :
- Teks laporan sederhana
- Membuat relief
- Mengukur dengan satuan baku dan tak Baku
D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4.
Tanya
jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.
Kemudian,
siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.
Melakukan
apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang
sekarang diajarkan.
7.
Menginformasikan
tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Air, Bumi dan Matahari”.
8.
Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.
Pada awal
pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan
ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang
akan dipelajari
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Guru
membimbing siswa untuk mengamati gambar relief bumi dan menyebutkan bagian
bumi yang terdapat pada gambar
o
Siswa
mengamati gambar relief bumi dan relief bagian dari bumi (mengamati).
o
Siswa
mendeskripsikan gambar yang diamati (menalar).
o
Siswa
membaca teks singkat tentang relief bumi (mengamati).
o
Siswa
menanya kepada temannya tentang bagian lain dari bumi yang tidak terdapat
pada teks singkat (menanya).
o
Siswa
menjawab pertanyaan yang diajukan temannya (menalar).
o
Siswa
mendiskusikan bagian lain dari relief bumi (mengomuni kasikan).
o
Siswa
mengamati gambar tentang dataran dan perairan
o
Indonesia
(mengamati).
o
Siswa
bertanya jawab berkaitan dengan gambar yang diamati (mengomunikasikan).
o
Siswa
membaca teks berjudul Indonesia Subur secara bergiliran. Siswa mengisi tabel
berkaitan dengan teks bacaan (menalar).
o
Siswa
menjawab pertanyaan berkaitan dengan isi teks (menanya).
o
Siswa
dinilai kepercayaan dirinya ketika membaca di depan kelas (mengomunikasikan).
o
Siswa
memeriksa kebenaran jawaban isi tabel dan pertanyaan berkaitan dengan isi
teks bacaan (mengomu nikasikan).
o
Siswa
membaca teks singkat tentang kegiatan Edo mengukur dengan satuan baku dan tak
baku(mengamati).
o
Siswa
mengamati gambar tentang kegiatan Edo mengukur benda dengan satuan baku dan
tak baku (mengamati).
o
Siswa
bertanya jawab tentang pengukuran baku dan tak baku (menanya).
o
Siswa
mengukur benda di sekitar dengan menggunakan jengkal, depa, dan meteran (mencoba).
o
Siswa
mencatat hasil pengukuran mengguinakan jengkal, depa, dan meteran dalam
sebuah tabel (mencoba).
o
Siswa
memeriksa kebenaran hasil pengukuran dengan memperagakannya ke depan kelas (mengomunikasikan).
o
Siswa
menjawab pertanyaan tentang penggunaan alat ukur satuan baku dan tak baku (menanya).
o
Siswa
mendiskusikan jawaban yang didapatkan (mengomunikasikan).
o
Siswa
mengamati gambar tentang hasil pengukuran dengan berbagai satuan ukur (mengamati).
o
Siswa
menjawab pertanyaan berkaitan dengan gambar yang diamati (menalar).
o Siswa memeriksa kebenaran jawaban (mengomunikasikan).
o
Guru
menjelaskan dan membimbing siswa membuat karya cetak penampang. Selain itu,
guru memeriksa kelengkapan
o
peralatan
belajar siswa.
o
Siswa
mengamati hasil karya cetak dari daun dan buah (mengamati).
o
Siswa
bertanya tentang cara membuat karya cetak (menanya).
o
Siswa
menyiapkan bahan dalam membuat kreasi cetak penampang (mengomunikasikan).
o
Siswa
membaca petunjuk kerja sederhana tentang membuat kreasi cetak penampang (mengamati).
o Siswa membuat karya kreasi cetak
penampang (mencoba).
Kegiatan
Pengayaan
o
Jika
siswa sudah mampu mencatat isi teks laporan sederhana tentang hewan di
sekitar, maka guru memberikan latihan lanjutan yaitu mendiskusikan laporan sederhana
dengan cara berkelompok dan bergantian.
o
Jika
siswa sudah mampu membandingkan hasil pengukuran berat dua benda, maka guru
memberikan latihan tambahan dan mendiskusikannya dengan teman yang kesulitan
membandingkan hasil pengukuran.
o
Jika
siswa sudah mampu menirukan gerakan binatang, maka guru memberikan latihan
lanjutan berupa memperagakannya ke depan kelas.
Kegiatan
Remedial
o
Jika
siswa masih kesulitan untuk mencatat isi teks laporan sederhana tentang hewan
di sekitar, maka guru membimbing siswa menemukan isi teks laporan dengan
meminta siswa membaca materi yang berkaitan dengan laporan yang ditugaskan.
o
Jika
siswa masih kesulitan untuk membandingkan hasil pengukuran berat dua benda, maka
guru memberikan latihan terbimbing dan penugasan di rumah.
o
Jika
siswa masih kesulitan untuk menirukan gerakan binatang, maka guru meminta siswa
yang mampu menirukan gerakan binatang memperagakannya ke depan kelas dan diikuti
siswa yang kesulitan.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1.
Bersama-sama
dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.
Melakukan
penilaian hasil belajar
3.
Melakukan
repleksi
4.
Menyampaikan
pesan moral/belajar.
5.
Menutup dengan
membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E. Penilaian :
1.
Teknik Penilaian.
a. Penilaian sikap: Percaya diri dan teliti
b. Penilaian pengetahuan: Daftar periksa dan skor
c. Unjuk kerja: Menulis cerita narasi dan menirukan
gerakan bermain.
2.
Jenis
penilaian: a. Observasi
b. Tertulis,lisan
c
. Praktek,projek
3. Instrumen Penilaian
4. Rubrik dan Penskoran Nilai;
2.
Penilaian Pengetahuan
a. Mencatat Bentuk
Bumi Daratan dan Perairan
3.
Penilaian Keterampilan
a. Mencatat Bentuk Bumi Daratan dan Perairan
No
|
Daratan
|
Perairan
|
1.
|
Pulau
|
Laut
|
2.
|
Gunung
|
Samudra
|
3.
|
Bukit
|
Sungai
|
4.
|
Pantai
|
Danau
|
5.
|
Lembah
|
Air terjun
|
No
|
Kekayaan
Daratan
|
Kekayaan
Perairan
|
1.
|
Buah-buahan
|
Ikan
|
2.
|
Sayuran
|
Udang
|
3.
|
Beras
|
Kepiting
|
4.
|
Kayu
|
Rumput laut
|
5.
|
bunga
|
Terumbu karang
|
b. Menjawab
pertanyaan berkaitan dengan satuan pengukuran
1) Meter
2) Telapak kaki
3) Jengkal tangan
4) Jepit rambut
3.
Penilaian Keterampilan
Rubrik Membuat pertanyaan
No
|
|
Terlihat (√)
|
Belum Terlihat (√)
|
1.
|
Menggunakan
kata tanya yang sesuai
|
|
|
2.
|
Penggunaan tanda tanya pada kalimat tanya
|
|
|
3.
|
Kesesuaian
pertanyaan dengan gambar yang
diamati
|
|
|
4.
|
Menggunakan kata tanya yang bervariasi
|
|
|
Rubrik Membaca
No
|
Kriteria
|
Baik
sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Pengetahuan
|
Siswa
mampu
membaca
teks
bacaan
dengan
lafal dan
intonasi
yang
jelas.
|
Siswa
cukup
mampu
membaca
teks
bacaan
dengan
lafal dan
intonasi yang
jelas
|
Siswa
kurang
mampu
membaca
teks
bacaan
dengan
lafal dan
intonasi
yang
jelas.
|
Siswa
tidak
mampu
membaca
teks
bacaan
dengan
lafal dan
intonasi
yang
jelas.
|
|
Sikap
percaya
diri, dan
rasa
ingin tahu
|
Siswa
antusias
dalm
membacakan
teks
dengan
sikap
percaya
diri.
|
Siswa
cukup
antusias
dalm
membacakan
teks
dengan
sikap
cukup
percaya diri
|
Siswa
kurang
antusias
dalm
membacakan
teks
dengan
sikap
kurang
percaya diri
|
Siswa
tidak
antusias
dalm
membacakan
teks
dengan
sikap
tidak
percaya diri
|
|
Keterampilan
|
Siswa
membaca
dengan
suara
yang
jelas
dan tidak
menggumam
|
Siswa
membaca
dengan
suara
yang
cukup
jelas dan
tidak
menggumam
|
Siswa
membaca
dengan
suara
yang
kurang
jelas dan
sedikit
menggumam.
|
Siswa
membaca
dengan
suara
yang
tidak
jelas dan
menggumam
|
Rubrik Mengukur Panjang Benda
No
|
Kriteria
|
Baik
sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Pengetahuan
|
Siswa
mampu
mengukur
luas
kelas dan
meja
dengan
menggunakan
satuan
ukur tak
baku
dengan
tepat
|
Siswa
cukup
mampu
mengukur
luas
kelas dan
meja
dengan
menggunakan
satuan
ukur tak
baku
dengan
cukup tepat.
|
Siswa
kurang
mampu
mengukur
luas
kelas dan
meja
dengan
menggunakan
satuan
ukur tak
baku
namun
kurang tepat
|
Siswa
tidak
mampu
mengukur
luas
kelas dan
meja
dengan
menggunakan
satuan
ukur tak
baku
namun
tidak.
|
|
Sikap
rasa ingin
tahu
|
Siswa
sangat
antusias
dalam
mengukur
ruangan
kelas
dan meja.
|
Siswa
cukup
antusias
dalam
mengukur
ruangan
kelas
dan meja
|
Siswa
kurang
antusias
dalam
mengukur
ruangan
kelas
dan meja.
|
Siswa
tidak
antusias
dalam
mengukur
ruangan
kelas
dan meja.
|
|
Keterampilan
|
Siswa
mampu
membandingkan
hasil
pengukurannya
dengan
hasil
pengukuran
temannya
dan
mencatat
hasilnya
dengan
rapi
|
Siswa
cukup
mampu
membandingkan
hasil
pengukurannya
dengan
hasil
pengukuran
temannya
dan
mencatat
hasilnya
dengan
cukup rapi
|
Siswa
kurang
mampu
membandingkan
hasil
pengukurannya
dengan
hasil
pengukuran
temannya
dan
mencatat
hasilnya
namun
kurang
rapi
|
Siswa
tidak
mampu
membandingkan
hasil
pengukurannya
dengan
hasil
pengukuran
temannya
dan
tidak
mencatat
hasilnya
dengan
rapi.
|
Rubrik Berkreasi
No
|
Kriteria
|
Baik
sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Pengetahuan
|
Siswa
mampu
membuat
kreasi
cetak
penampang
dari buah
dan
daun
serta memilih cat
warna yang tepat
|
Siswa
cukup
mampu
membuat
kreasi
cetak
penampang
dari
buah dan daun.
|
Siswa
kurang
mampu
membuat
kreasi
cetak
penampang
dari
buah dan daun
|
Siswa tidak
mampu
membuat
kreasi
cetak
penampang
dari
buah dan daun
|
|
Sikap
Percaya
diri dan
tanggung
jawab
|
Siswa
percaya
diri
dalam
membentuk
buah
dan daun
menjadi
kreasi
cetak serta
menyelesaikannya
dengan
sikap
tanggung
jawab
|
Siswa
cukup
percaya
diri dalam
membentuk
buah
dan daun
menjadi
kreasi
cetak serta
menyelesaikannya
dengan
sikap
cukup
tanggung
jawab.
|
Siswa
kurang
percaya
diri dalam
membentuk
buah
dan daun
menjadi
kreasi
cetak serta
menyelesaikannya
dengan
sikap
kurang
tanggung
jawab.
|
Siswa
tidak
percaya
diri dalam
membentuk
buah
dan daun
menjadi
kreasi
cetak serta
menyelesaikannya
dengan
sikap
tidak
tanggung
jawab.
|
|
Keterampilan
|
Siswa
mampu
menambah
kreasi
pada
karya kreasi
cetak
penampang
dengan
bentuk
yang menarik
|
Siswa
cukup
mampu
menambah kreasi
pada
karya kreasi
cetak
penampang
dengan
bentuk
yang
cukup
menarik
|
Siswa
kurang
mampu
menambah
kreasi
pada
karya kreasi
cetak
penampang
dengan
bentuk
yang
kurang
menarik.
|
Siswa
tidak
mampu
menambah
kreasi
pada
karya kreasi
cetak
penampang
dengan bentuk
yang
tidak
menarik.
|
F. Sumber
dan Media
1. Gambar
Daratan Indonesia
2. Gambar
Perairan Indonesia
3. Gambar
kegiatan Edo dan teman-temannya mengukur panjang berbagai benda
4. Gambar
kreasi cetak penampang dari daun dan buah
Mengetahui, Tijue,
11 Februari 2016
Kepala SD Negeri
2 Tijue
Guru Kelas II,
PARIANTI, S.Pd YUSLINA, S.Pd
NIP. 19690318 199504 2 001 NIP. 19611124
198309 2 001
Lembar
Kerja Siswa
(LKS)
1. Apa saja bentuk bumi daratan dan perairan? Catatlah pada tabel berikut
ini.
2. Apa saja kekayaan alam daratan dan perairan Indonesia? Catatlah pada
tabel berikut ini.
3. Menurutmu apakah daratan dan perairan Indonesia akan selamanya subur dan
kaya? Mengapa?
...........................................................................................................
...........................................................................................................
...........................................................................................................
...........................................................................................................
...........................................................................................................
MEDIA
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment