Home » » TEMA 6 KELAS 2 SUB 2 PB 3

TEMA 6 KELAS 2 SUB 2 PB 3

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Friday 6 January 2017



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Satuan Pendidikan                 : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                     : 2/II
Tema 6                                  : Air, Bumi dan Matahari
Sub Tema 2/ Pembelajaran     : Bumi/ 3
Alokasi Waktu                       : 1 Hari


A. Kompetensi Inti :
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.2 Menerima keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas keberadaan keluarga serta penciptaan hewan dan tumbuhan.
2.3 Memiliki rasa percaya diri dan tanggung jawab terhadap keberadaan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/ atau bahasa daerah.
3.1 Mengenal teks laporan sederhana tentang alam sekitar, hewan, dan tumbuhan serta jumlahnya dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.1.1 Mengidentifikasi teks laporan sederhana tentang alam sekitar.
4.1 Mengamati dan mencoba menyajikan teks laporan sederhana tentang alam sekitar, hewan, dan tumbuhan serta jumlahnya secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.Indikator
4.1.2 Membacakan laporan sederhana hasil pengamatan alam sekitar dengan lafal dan intonasi yang jelas.

b) Matematika
1.1 Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.2 Memiliki rasa ingin tahu dan ketertarikan pada matematika, yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
3.6 Mengetahui satuan panjang dan berat benda, jarak suatu tempat (baik tidak baku maupun yang baku) dan menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan sekitar.
4.5 Memecahkan masalah nyata secara efektif yang berkaitan dengan penjumlahan, pengurang, perkalian, pembagian, waktu, berat, panjang, berat benda dan uang, selanjutnya memeriksa kebenaran jawabannya.
4.11 Membuat tabel sederhana hasil pengukuran panjangatau berat.Indikator
3.6.1 Mengukur panjang beberapa benda dengan menggunakan satuan tidak baku.
3.6.2 Mengukur panjang beberapa benda dengan menggunakan satuan baku cm dan m.
3.10.5 Membandingkan dua kumpulan benda dengan istilah lebih sedikit, lebih banyak atau sama banyak.
4.5.2 Memeriksa kebenaran pemecahan masalah yang berkaitan dengan panjang benda.
4.11.1 Membuat tabel sederhana hasil pengukuran panjang.

c) SBdP
1.1 Menikmati keindahan alam dan karya seni sebagai salah satu tanda-tanda kekuasaan Tuhan.
2.2 Menunjukkan rasa ingin tahu untuk mengenal alam di lingkungan sekitar sebagai sumber ide dalam berkarya seni
3.1 Mengenal bahan dan alat serta tekniknya dalam membuat karya seni rupa.
3.1.1 Menentukan bahan dan alat dalam membuat karya seni.
3.1.2 Menentukan teknik dalam membuat karya seni.
4.4 Membentuk karya relif dari bahan yang ada di lingkungan sekitar.Indikator
4.4 1 Membentuk karya relif dari bahan yang ada di lingkungan sekitar.

C. Deskripsi Materi Pembelajaran :
  1. Teks laporan sederhana
  2. Membuat relief
  3. Mengukur dengan satuan baku dan tak Baku


D. Kegiatan Pembelajaran :
 Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Air, Bumi dan Matahari”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.      Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Guru membimbing siswa untuk mengamati gambar relief bumi dan menyebutkan bagian bumi yang terdapat pada gambar
o   Siswa mengamati gambar relief bumi dan relief bagian dari bumi (mengamati).
o   Siswa mendeskripsikan gambar yang diamati (menalar).
o   Siswa membaca teks singkat tentang relief bumi (mengamati).
o   Siswa menanya kepada temannya tentang bagian lain dari bumi yang tidak terdapat pada teks singkat (menanya).
o   Siswa menjawab pertanyaan yang diajukan temannya (menalar).
o   Siswa mendiskusikan bagian lain dari relief bumi (mengomuni kasikan).
o   Siswa mengamati gambar tentang dataran dan perairan
o   Indonesia (mengamati).
o   Siswa bertanya jawab berkaitan dengan gambar yang diamati (mengomunikasikan).
o   Siswa membaca teks berjudul Indonesia Subur secara bergiliran. Siswa mengisi tabel berkaitan dengan teks bacaan (menalar).
  • bagian daratan dan perairan
  • mengidentifikasi kekayaan alam daratan dan perairan
o   Siswa menjawab pertanyaan berkaitan dengan isi teks (menanya).
o   Siswa dinilai kepercayaan dirinya ketika membaca di depan kelas (mengomunikasikan).
o   Siswa memeriksa kebenaran jawaban isi tabel dan pertanyaan berkaitan dengan isi teks bacaan (mengomu nikasikan).
o   Siswa membaca teks singkat tentang kegiatan Edo mengukur dengan satuan baku dan tak baku(mengamati).
o   Siswa mengamati gambar tentang kegiatan Edo mengukur benda dengan satuan baku dan tak baku (mengamati).
o   Siswa bertanya jawab tentang pengukuran baku dan tak baku (menanya).
o   Siswa mengukur benda di sekitar dengan menggunakan jengkal, depa, dan meteran (mencoba).
o   Siswa mencatat hasil pengukuran mengguinakan jengkal, depa, dan meteran dalam sebuah tabel (mencoba).
o   Siswa memeriksa kebenaran hasil pengukuran dengan memperagakannya ke depan kelas (mengomunikasikan).
o   Siswa menjawab pertanyaan tentang penggunaan alat ukur satuan baku dan tak baku (menanya).
o   Siswa mendiskusikan jawaban yang didapatkan (mengomunikasikan).
o   Siswa mengamati gambar tentang hasil pengukuran dengan berbagai satuan ukur (mengamati).
o   Siswa menjawab pertanyaan berkaitan dengan gambar yang diamati (menalar).
o   Siswa memeriksa kebenaran jawaban (mengomunikasikan).
o   Guru menjelaskan dan membimbing siswa membuat karya cetak penampang. Selain itu, guru memeriksa kelengkapan
o   peralatan belajar siswa.
o   Siswa mengamati hasil karya cetak dari daun dan buah (mengamati).
o   Siswa bertanya tentang cara membuat karya cetak (menanya).
  • Bahan dan alat yang digunakan adalah buah, daun, pewarna, dan kertas.
  • Cara kerjanya: buah dan daun dipotong untuk menghasilkan penampang.
  • Buah atau daun tersebut dicelupkan ke dalam pewarna. Buah atau daun yang sudah mengandung warna, dicetak di atas kertas.
  • Siswa bebas membuat kreasi bentuk dari cetakan penampang buah atau daun tersebut
o   Siswa menyiapkan bahan dalam membuat kreasi cetak penampang (mengomunikasikan).
o   Siswa membaca petunjuk kerja sederhana tentang membuat kreasi cetak penampang (mengamati).
o   Siswa membuat karya kreasi cetak penampang (mencoba).

Kegiatan Pengayaan
o   Jika siswa sudah mampu mencatat isi teks laporan sederhana tentang hewan di sekitar, maka guru memberikan latihan lanjutan yaitu mendiskusikan laporan sederhana dengan cara berkelompok dan bergantian.
o   Jika siswa sudah mampu membandingkan hasil pengukuran berat dua benda, maka guru memberikan latihan tambahan dan mendiskusikannya dengan teman yang kesulitan membandingkan hasil pengukuran.
o   Jika siswa sudah mampu menirukan gerakan binatang, maka guru memberikan latihan lanjutan berupa memperagakannya ke depan kelas.

Kegiatan Remedial
o   Jika siswa masih kesulitan untuk mencatat isi teks laporan sederhana tentang hewan di sekitar, maka guru membimbing siswa menemukan isi teks laporan dengan meminta siswa membaca materi yang berkaitan dengan laporan yang ditugaskan.
o   Jika siswa masih kesulitan untuk membandingkan hasil pengukuran berat dua benda, maka guru memberikan latihan terbimbing dan penugasan di rumah.
o   Jika siswa masih kesulitan untuk menirukan gerakan binatang, maka guru meminta siswa yang mampu menirukan gerakan binatang memperagakannya ke depan kelas dan diikuti siswa yang kesulitan.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.      Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.      Melakukan penilaian hasil belajar
3.      Melakukan repleksi
4.      Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.      Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E. Penilaian :
1.      Teknik Penilaian.
a.       Penilaian sikap: Percaya diri dan teliti
b.      Penilaian pengetahuan: Daftar periksa dan skor
c.       Unjuk kerja: Menulis cerita narasi dan menirukan gerakan bermain.

2.      Jenis penilaian:  a.  Observasi
                                  b.  Tertulis,lisan
                                  c . Praktek,projek

3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;




2. Penilaian Pengetahuan
a. Mencatat Bentuk Bumi Daratan dan Perairan

3. Penilaian Keterampilan
a. Mencatat Bentuk Bumi Daratan dan Perairan

No
Daratan
Perairan
1.
Pulau
Laut
2.
Gunung
Samudra
3.
Bukit
Sungai
4.
Pantai
Danau
5.
Lembah
Air terjun


No
Kekayaan Daratan
Kekayaan Perairan
1.
Buah-buahan
Ikan
2.
Sayuran
Udang
3.
Beras
Kepiting
4.
Kayu
Rumput laut
5.
bunga
Terumbu karang

b. Menjawab pertanyaan berkaitan dengan satuan pengukuran
1) Meter
2) Telapak kaki
3) Jengkal tangan
4) Jepit rambut

3. Penilaian Keterampilan
Rubrik Membuat pertanyaan
No

Terlihat (√)
Belum Terlihat (√)
1.
Menggunakan kata tanya yang sesuai


2.
Penggunaan tanda tanya pada kalimat tanya


3.
Kesesuaian pertanyaan dengan gambar yang
diamati


4.
Menggunakan kata tanya yang bervariasi



Rubrik Membaca
No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Pengetahuan
Siswa mampu
membaca teks
bacaan dengan
lafal dan
intonasi yang
jelas.
Siswa cukup
mampu
membaca teks
bacaan dengan
lafal dan intonasi yang
jelas
Siswa kurang
mampu
membaca teks
bacaan dengan
lafal dan
intonasi yang
jelas.
Siswa tidak
mampu
membaca teks
bacaan dengan
lafal dan
intonasi yang
jelas.

Sikap percaya
diri, dan rasa
ingin tahu
Siswa
antusias dalm
membacakan
teks dengan
sikap percaya
diri.
Siswa cukup
antusias dalm
membacakan
teks dengan
sikap cukup
percaya diri
Siswa kurang
antusias dalm
membacakan
teks dengan
sikap kurang
percaya diri
Siswa tidak
antusias dalm
membacakan
teks dengan
sikap tidak
percaya diri

Keterampilan
Siswa membaca
dengan suara
yang jelas
dan tidak
menggumam
Siswa membaca
dengan suara
yang cukup
jelas dan tidak
menggumam
Siswa membaca
dengan suara
yang kurang
jelas dan sedikit
menggumam.
Siswa membaca
dengan suara
yang tidak
jelas dan
menggumam

Rubrik Mengukur Panjang Benda
No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Pengetahuan
Siswa mampu
mengukur
luas kelas dan
meja dengan
menggunakan
satuan ukur tak
baku dengan
tepat
Siswa cukup
mampu
mengukur
luas kelas dan
meja dengan
menggunakan
satuan ukur tak
baku dengan
cukup tepat.
Siswa kurang
mampu
mengukur
luas kelas dan
meja dengan
menggunakan
satuan ukur tak
baku namun
kurang tepat
Siswa tidak
mampu
mengukur
luas kelas dan
meja dengan
menggunakan
satuan ukur tak
baku namun
tidak.

Sikap rasa ingin
tahu
Siswa sangat
antusias dalam
mengukur
ruangan kelas
dan meja.
Siswa cukup
antusias dalam
mengukur
ruangan kelas
dan meja
Siswa kurang
antusias dalam
mengukur
ruangan kelas
dan meja.

Siswa tidak
antusias dalam
mengukur
ruangan kelas
dan meja.

Keterampilan
Siswa mampu
membandingkan
hasil
pengukurannya
dengan hasil
pengukuran
temannya
dan mencatat
hasilnya dengan
rapi


Siswa cukup
mampu
membandingkan
hasil
pengukurannya
dengan hasil
pengukuran
temannya
dan mencatat
hasilnya dengan
cukup rapi

Siswa kurang
mampu
membandingkan
hasil
pengukurannya
dengan hasil
pengukuran
temannya
dan mencatat
hasilnya namun
kurang rapi
Siswa tidak
mampu
membandingkan
hasil
pengukurannya
dengan hasil
pengukuran
temannya dan
tidak mencatat
hasilnya dengan
rapi.

Rubrik Berkreasi
No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Pengetahuan
Siswa mampu
membuat kreasi
cetak penampang
dari buah dan
daun serta memilih cat
warna yang tepat
Siswa cukup
mampu membuat
kreasi cetak
penampang dari
buah dan daun.
Siswa kurang
mampu membuat
kreasi cetak
penampang dari
buah dan daun
Siswa tidak
mampu membuat
kreasi cetak
penampang dari
buah dan daun

Sikap Percaya
diri dan
tanggung
jawab
Siswa percaya
diri dalam
membentuk buah
dan daun menjadi
kreasi cetak serta
menyelesaikannya
dengan sikap
tanggung jawab
                     
Siswa cukup
percaya diri dalam
membentuk buah
dan daun menjadi
kreasi cetak serta
menyelesaikannya
dengan sikap
cukup tanggung
jawab.
Siswa kurang
percaya diri dalam
membentuk buah
dan daun menjadi
kreasi cetak serta
menyelesaikannya
dengan sikap
kurang tanggung
jawab.
Siswa tidak
percaya diri dalam
membentuk buah
dan daun menjadi
kreasi cetak serta
menyelesaikannya
dengan sikap
tidak tanggung
jawab.

Keterampilan
Siswa mampu
menambah kreasi
pada karya kreasi
cetak penampang
dengan bentuk
yang menarik
Siswa cukup
mampu
menambah kreasi
pada karya kreasi
cetak penampang
dengan bentuk
yang cukup
menarik
Siswa kurang
mampu
menambah kreasi
pada karya kreasi
cetak penampang
dengan bentuk
yang kurang
menarik.
Siswa tidak
mampu
menambah kreasi
pada karya kreasi
cetak penampang
dengan bentuk
yang tidak
menarik.

F. Sumber dan Media
1.      Gambar Daratan Indonesia
2.      Gambar Perairan Indonesia
3.      Gambar kegiatan Edo dan teman-temannya mengukur panjang berbagai benda
4.      Gambar kreasi cetak penampang dari daun dan buah


Mengetahui,                                                                        Tijue, 11 Februari 2016
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas II,




PARIANTI, S.Pd                                                             YUSLINA, S.Pd
NIP. 19690318 199504 2 001                                           NIP. 19611124 198309 2 001




Lembar Kerja Siswa
(LKS)

Apa saja bentuk bumi daratan dan perairan? Catatlah pada tabel berikut ini.


1.   Apa saja bentuk bumi daratan dan perairan? Catatlah pada tabel berikut ini.
 
2.   Apa saja kekayaan alam daratan dan perairan Indonesia? Catatlah pada tabel berikut ini.
 
3.  Menurutmu apakah daratan dan perairan Indonesia akan selamanya subur dan kaya? Mengapa?
...........................................................................................................
...........................................................................................................
...........................................................................................................
...........................................................................................................
...........................................................................................................   

MEDIA
TEMA 6 KELAS 2 SUB 2 PB 3


 
 

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors