Home » » TEMA 6 KELAS 2 SUB 2 PB 4

TEMA 6 KELAS 2 SUB 2 PB 4

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Friday 6 January 2017



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Satuan Pendidikan                 : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                     : 2/II
Tema 6                                  : Air, Bumi dan Matahari
Sub Tema 2/ Pembelajaran     : Bumi/ 4
Alokasi Waktu                       : 1 Hari


A. Kompetensi Inti :
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.2 Menerima keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas keberadaan keluarga serta penciptaan hewan dan tumbuhan.
2.3 Memiliki rasa percaya diri dan tanggung jawab terhadap keberadaan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/ atau bahasa daerah.
3.1 Mengenal teks laporan sederhana tentang alam sekitar, hewan, dan tumbuhan serta jumlahnya dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.1 Mengamati dan mencoba menyajikan teks laporan sederhana tentang alam sekitar, hewan, dan tumbuhan serta jumlahnya secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
3.1.3 Mencatat hasil pengamatan tentang alam sekitar.
4.1.4 Menceritakan pengamalan berkaitan dengan hasil pengamatan alam sekitar

b) PPKn
1.2 Menerima kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
2.3 Menunjukkan perilaku toleran terhadap keberagaman karakteristik individu, dalam kehidupan beragama, suku, fisik, dan psikis di rumah dan sekolah
. 3.2 Memahami tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah.
4.2 Melaksanakan tata tertib dan aturan di lingkungan keluarga dan sekolah.
3.2.2 Mengelompokkan berbagai contoh kegiatan yang sesuai dengan tata tertib yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
3.2.3 Menjelaskan tata tertib yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
4.2.2 Melaksanakan aturan di lingkungan keluarga

c) SBdP
1.1 Menikmati keindahan alam dan karya seni sebagai salah satu tandatanda kekuasaan Tuhan.
2.2 Menunjukkan rasa ingin tahu untuk mengenal alam di lingkungan sekitar sebagai sumber ide dalam berkarya seni.
3.1 Mengenal bahan dan alat serta tekniknya dalam membuat karya seni rupa.
4.4 Membentuk karya relif dari bahan yang ada di lingkungan sekitar.
3.1.1 Menentukan bahan dan alat dalam membuat karya seni.
4.4 1 Membentuk karya relif dari bahan yang ada di lingkungan sekitar.

C. Deskripsi Materi Pembelajaran :

  1. Membuat Relief
  2. Tata Tertib di Rumah
  3. Hasil Pengamatan di Alam Sekitar

D. Kegiatan Pembelajaran :
 Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Air, Bumi dan Matahari”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.      Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Guru membimbing siswa mengamati gambar tentang berbagai sumber daya alam daratan dan perairan.
o   Siswa mengamati gambar tentang berbagai sumber daya alam daratan dan perairan (mengamati).
o   Yaitu Gunung, sungai, hutan, padang rumput, pantai, dan laut.
o   Siswa membaca pertanyaan berkaitan dengan pengamatan gambar (menanya).
o   Siswa menulis jawaban berkaitan dengan sumber daya alam daratan dan perairan (menalar).
o   Tentang apa saja yang terdapat di hutan, padang rumput, pantai, sungai,danau, dan laut.
o   Siswa memeriksa kebenaran jawaban bersama denganguru dan siswa secara klasikal (mengomunikasikan).
o   Guru membimbing siswa mengamati gambar tentang berbagai sumber daya alam daratan dan perairan.
o   Siswa mengamati gambar tentang berbagai sumber daya alam daratan dan perairan (mengamati).
o   Yaitu Gunung, sungai, hutan, padang rumput, pantai, dan laut.
o   Siswa membaca pertanyaan berkaitan dengan pengamatan gambar (menanya).
o   Siswa menulis jawaban berkaitan dengan sumber daya alam daratan dan perairan (menalar).
o   Tentang apa saja yang terdapat di hutan, padang rumput, pantai, sungai,danau, dan laut.
o   Siswa memeriksa kebenaran jawaban bersama dengan guru dan siswa secara klasikal (mengomunikasikan).
o   Siswa membaca pertanyaan untuk membantu siswa dalam bercerita (menanya).
o   Siswa menceritakan pengalamannya yang berkaitan dengan pengalamannya berada pada suatu lokasi, tentang apa yang dilihat, dengar, cium, sentuh, dan rasakan (mencoba).
o   Siswa mengomentari cerita yang didengar (mengomunikasikan).
o   Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok
o   Siswa membaca pertanyaan untuk dijawab secara berkelompok(menanya).
o   Siswa mendiskusikan jawaban yang dibaca (menalar).
o   Siswa menuliskan hasil diskusi kelompok dalam sebuah laporan (mencoba).
o   Siswa mempresentasikan laporan kelompok ke depan kelas (mencoba).
o   Siswa memberi tanggapan dari jawaban yang diberikan (mengomunikasikan).
o   Siswa mendiskusikan kebenaran jawaban yang didengar secara klasikal (mengomuni kasikan).
o   Siswa mengamati gambar Edo bangun terlambat (mengamati).
o   Siswa menjawab pertanyaan berkaitan dengan gambar yang diamati. Gambar berkaitan dengan aturan dari perbuatan Edo (menalar).
o   Siswa menulis pertanyaan dari gambar yang diamati (menanya).
o   Siswa mengajukan pertanyaan yang dibuat kepada teman atau gurunya (menanya).
o   Siswa menuliskan jawaban yang dijawab (mencoba).
o   Siswa membaca tulisan tentang pengalaman Edo bangun terlambat dengan intonasi dan lafal yang tepat (mengamati).
o   Siswa menjawab pertanyaan berkaitan dengan isi teks bacaan tentang pengalaman Edo (menalar).
o   Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan sesuai bacaan.
o   Siswa menuliskan tugas harian tiap anggota keluarganya ke dalam sebuah tabel (mencoba).
o   Siswa membacakan tugas yang ditulis (mengomunikasikan).
o   Siswa membaca isi petunjuk kerja sederhana membuat relief bumi (mengamati).
o   Siswa menyiapkan bahan dan alat membuat relief bumi (mengomunikasikan).
o   Siswa membuat relief bumi berdasarkan petunjuk kerja sederhana (mencoba).
o   Siswa mengamati gambar relief bumi (mengamati).
o   Siswa memperlihatkan hasil karyanya ke depan kelas (mengomunikasikan).

Kegiatan Pengayaan
o   Jika siswa sudah mampu mencatat hasil laporan sederhana tentang hewan di sekitar, maka guru memberikan latihan lanjutan yaitu mendiskusikan catatan hasil laporan dengan cara berkelompok dan bergantian.
o   Jika siswa sudah mampu mengelompokkan berbagai contoh tata tertib, maka guru memberikan latihan tambahan dan mendiskusikannya dengan teman yang kesulitan mengelompokkan berbagai contoh tata tertib
o   Jika siswa sudah mampu membentuk karya kreatif, maka guru memberikan latihan lanjutan berupa memperagakannya ke depan kelas.

Kegiatan Remedial
o   Jika siswa masih kesulitan untuk mencatat hasil laporan sederhana tentang hewan di sekitar, maka guru memberikan pertanyaan terbimbing dan menuntun sehingga siswa mampu mencatat hasil laporan sederhana.
o   Jika siswa masih kesulitan untuk mengelompokkan berbagai contoh kegiatan yang sesuai dengan sila kedua Pancasila, maka guru dapat memberikan tugas kepada siswa yang mampu untuk membantu kesulitan temannya atau memberikan latihan terbimbing dan penugasan latihan di rumah.
o   Jika siswa masih kesulitan untuk membuat karya kreatif, maka guru meminta siswa tersebut menyelesaikan tugasnya di rumah. Tes tertulis : skor
§  Menulis kekayaan alam di daratan dan perairan
·         Hutan : kayu, air, tumbuhan, dan hewan.
·         Padang rumput : rumput, hewan ternak.
·         Pantai : pasir, pohon kelapa, kepiting, kerang-kerang kecil.
·         Sungai : ikan, pasir, dan batu.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.      Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.      Melakukan penilaian hasil belajar
3.      Melakukan repleksi
4.      Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.      Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E. Penilaian :
1.      Teknik Penilaian.
a.       Penilaian sikap: Percaya diri dan teliti
b.      Penilaian pengetahuan: Daftar periksa dan skor
c.       Unjuk kerja: Menulis cerita narasi dan menirukan gerakan bermain.

2.      Jenis penilaian:  a.  Observasi
                                  b.  Tertulis,lisan
                                  c . Praktek,projek

3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;



INSTRUMEN PENILAIAN
1.        Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Percaya Diri
Teliti
Santun
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4












































































































































































































































































































































































































































































































































































































Ket:
BT            : Belum terlihat
MT           : Mulai Terlihat
MB           : Mulai Berkembang
SM           : Sudah Membudaya

2. Penilaian Pengetahuan
Tes tertulis : skor
a. Menulis kekayaan alam di daratan dan perairan
1) Hutan : kayu, air, tumbuhan, dan hewan.
2) Padang rumput : rumput, hewan ternak.
3) Pantai : pasir, pohon kelapa, kepiting, kerang-kerang kecil.
4) Sungai : ikan, pasir, dan batu.

3. Penilaian Keterampilan
Rubrik Membuat pertanyaan
No

Terlihat (√)
Belum Terlihat (√)
1.
Menggunakan kata tanya yang sesuai


2.
Penggunaan tanda tanya pada kalimat tanya


3.
Kesesuaian pertanyaan dengan gambar yang
diamati


4.
Menggunakan kata tanya yang bervariasi



Rubrik Berdiskusi mengenai Aturan di Rumah
No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Pengetahuan
Siswa mampu
memberikan
pendapat
dalam diskusi
tentang aturan
yang berlaku di
rumah.
Siswa cukup
mampu
memberikan
pendapat
dalam diskusi
tentang aturan
yang berlaku di
rumah.



Siswa kurang
mampu
memberikan
pendapat
dalam diskusi
tentang aturan
yang berlaku di
rumah.
Siswa butuh
bimbingan
dalam
memberikan
pendapat
dalam diskusi
tentang aturan
yang berlaku di
rumah.

Sikap Toleransi
dan tanggung
jawab
Siswa
menunjukkan
sikap toleransi
dan tanggung
jawab selama
kegiatan diskusi
berlangsung.

Siswa cukup
menunjukkan
sikap toleransi
dan tanggung
jawab selama
kegiatan diskusi
berlangsung.
Siswa kurang
menunjukkan
sikap toleransi
dan tanggung
jawab selama
kegiatan diskusi
berlangsung.

Siswa belum
menunjukkan
sikap toleransi
dan tanggung
jawab selama
kegiatan diskusi
berlangsung.

Keterampilan
Siswa terampil
dalam membuat
pertanyaan
tentang aturan
yang berlaku di
rumah.
Siswa cukup
terampil dalam
membuat
pertanyaan
tentang aturan
yang berlaku di
rumah.
Siswa kurang
terampil dalam
membuat
pertanyaan
tentang aturan
yang berlaku di
rumah
Siswa belum
terampil dalam
membuat
pertanyaan
tentang aturan
yang berlaku di
rumah.

Rubrik Membaca
No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Pengetahuan
Siswa mampu
membaca dan
memahami teks
bacaan dengan
cermat
Siswa cukup
mampu
membaca dan
memahami teks
bacaan dengan
cermat.

Siswa kurang
mampu
membaca dan
memahami teks
bacaan dengan
cermat.
Siswa belum
mampu
membaca dan
memahami teks
bacaan dengan
cermat.

Sikap percaya
diri
Siswa
menunjukkan
sikap percaya
diri dalam
menjawab
pertanyaan
berdasarkan
teks bacaan.
Siswa cukup
menunjukkan
sikap percaya
diri dalam
menjawab
pertanyaan
berdasarkan
teks bacaan.
Siswa kurang
menunjukkan
sikap percaya
diri dalam
menjawab
pertanyaan
berdasarkan
teks bacaan.
Siswa belum
menunjukkan
sikap percaya
diri dalam
menjawab
pertanyaan
berdasarkan
teks bacaan

Keterampilan
Siswa mampu
mengisi tabel
kegiatan
sesuai dengan
yang terjadi
dirumahnya.
Siswa cukup
mampu mengisi
tabel kegiatan
sesuai dengan
yang terjadi
dirumahnya.
Siswa kurang
mampu mengisi
tabel kegiatan
sesuai dengan
yang terjadi
dirumahnya
Siswa belum
mampu mengisi
tabel kegiatan
sesuai dengan
yang terjadi
dirumahnya.

Rubrik Menulis Tentang Bumi
No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Pengetahuan
Tulisan siswa
tentang
permukaan bumi
berdasarkan
pengamatan
gambar dan
lingkungan
sekitar yang
pernah
dikunjunginya
jelas dan
lengkap.
Tulisan siswa
tentang
permukaan bumi
berdasarkan
pengamatan
gambar dan
lingkungan
sekitar yang
pernah
dikunjunginya
cukup jelas dan
lengkap
Tulisan siswa
tentang
permukaan bumi
berdasarkan
pengamatan
gambar dan
lingkungan
sekitar yang
pernah
dikunjunginya
kurang jelas dan
tidak lengkap
Tulisan siswa
tentang
permukaan bumi
berdasarkan
pengamatan
gambar dan
lingkungan
sekitar yang
pernah
dikunjunginya
tidak jelas dan
tidak lengkap

Sikap Percaya
diri
Siswa
menunjukkan
sikap percaya
diri dalam
menulis tentang
permukaan bumi
berdasarkan
pengamatan
dan
pengalamannya
Siswa
menunjukkan
sikap cukup
percaya diri
dalam menulis
tentang
permukaan bumi
berdasarkan
pengamatan
dan
pengalamannya
Siswa
menunjukkan
sikap kurang
percaya diri
dalam menulis
tentang
permukaan bumi
berdasarkan
pengamatan
dan
pengalamannya.
Siswa
menunjukkan
sikap tidak
percaya diri
dalam menulis
tentang
permukaan bumi
berdasarkan
pengamatan
dan
pengalamannya.

Keterampilan
Tulisan siswa
rapi, terbaca,
dengan ejaan
yang benar dan
menggunakan
bahasa
Indonesia yang
baik dan benar
Tulisan siswa
cukup rapi,
terbaca, terdapat
beberapa
keslahan ejaan
namun masih
menggunakan
bahasa
Indonesia yang
baik dan benar
Tulisan siswa
kurang rapi,
kurang terbaca,
dengan terdapat
banyak ejaan
yang salah dan
perlu latihan
lagi dalam
menggunakan
bahasa
Indonesia yang
baik dan benar.
Siswa perlu
bimbingan dan
latihan lagi
dalam membuat
tulisan yang
rapi, terbaca,
dengan ejaan
yang benar
serta bahasa
Indonesia yang
baik dan benar.

Rubrik Bercerita tentang lingkungan
No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Pengetahuan
Cerita siswa
lengkap dan
berkaitan
dengan salah
satu daerah
(permukaan
bumi) yang
pernah
dikunjunginya
Cerita siswa
cukup lengkap
dan cukup
berkaitan
dengan salah
satu daerah
(permukaan
bumi) yang
pernah
dikunjunginya.
Cerita siswa
kurang lengkap
dan kurang
berkaitan
dengan salah
satu daerah
(permukaan
bumi) yang
pernah
dikunjunginya
Siswa perlu
bimbingan lagi
dalam bercerita
tentang salah
satu daerah
(permukaan
bumi) yang
pernah
dikunjunginya

Sikap rasa
ingin tahu dan
percaya diri
Siswa
menunjukkan
sikap antusias
dan percaya diri
dalam bercerita
Siswa
menunjukkan
sikap cukup
antusias dan
percaya diri
dalam bercerita
Siswa
menunjukkan
sikap kurang
antusias dan
percaya diri
dalam bercerita
Siswa belum
mampu
menunjukkan
sikap antusias
dan percaya diri
dalam bercerita.

Keterampilan
Siswa mampu
menceritakan
pengalaman
yang
mengesankan
dengan suara
yang jelas
dan tidak
menggumam.
Siswa cukup
mampu
menceritakan
pengalaman
yang
mengesankan
dengan suara
yang jelas dan
namun sedikit
menggumam
Siswa kurang
mampu
menceritakan
pengalaman
yang
mengesankan
dengan suara
yang jelas
dan tidak
menggumam
Siswa masih
perlu bimbingan
lagi dalam
menceritakan
sebuah
pengalamannya
dengan jelas

Rubrik Berkreasi
No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Pengetahuan
Siswa
memahami
bentuk relief
bumi dengan
segala bentuk
alam dan
warnanya
Siswa cukup
memahami
bentuk relief
bumi dengan
segala bentuk
alam dan
warnanya
Siswa kurang
memahami
bentuk relief
bumi dengan
segala bentuk
alam dan
warnanya.
Siswa tidak
memahami
bentuk relief
bumi dengan
segala bentuk
alam dan
warnanya

Sikap rasa
ingin tahu dan
tanggung jawab
Siswa antusias
dalam
menyelesaikan
tugas dengan
sikap tanggung
jawab.
Siswa cukup
antusias dalam
menyelesaikan
tugas dengan
sikap cukup
tanggung jawab
Siswa kurang
antusias dalam
menyelesaikan
tugas dengan
sikap kurang
tanggung jawab
Siswa tidak
antusias dalam
menyelesaikan
tugas dengan
sikap tidak
tanggung jawab

Keterampilan
Hasil kreasi
siswa sangat
kreatif dan
menarik dengan
warna yang
sesuai.
Hasil kreasi
siswa cukup
kreatif dan
menarik dengan
warna yang
cukup sesuai.
Hasil kreasi
siswa kurang
kreatif dan
kurang menarik
dengan warna
yang kurang
sesuai
Hasil kreasi
siswa tidak
kreatif dan tidak
menarik dengan
warna yang
tidak sesuai.


F. Sumber dan Media
1.    Gambar gunung berapi meletus
2.    Gambar berbagai aktivitas Edo di pagi hari
3.    Gambar berbagai kegiatan Edo berkaitan dengan aktivitas mengukur panjang berbagai benda
4.    Gambar hasil kreasi membuat relief gunung berapi



Mengetahui,                                                                        Tijue, 12 Februari 2016
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas II,




PARIANTI, S.Pd                                                             YUSLINA, S.Pd
NIP. 19690318 199504 2 001                                           NIP. 19611124 198309 2 001




Lembar Kerja Siswa
(LKS)

Bumi kita mengandung kekayaan alam.
Tuliskan kekayaan alam yang terdapat di daerah berikut.


Isilah table berikut:

Hutan

Padang rumput

Pantai


Sungai


Danau


Laut




















































MEDIA
TEMA 6 KELAS 2 SUB 2 PB 4

 

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors