Home » » TEMA 6 KELAS 2 SUB 2 PB 5

TEMA 6 KELAS 2 SUB 2 PB 5

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Friday 6 January 2017


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Satuan Pendidikan                 : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                      : 2/II
Tema 6                                  : Air, Bumi dan Matahari
Sub Tema 2/ Pembelajaran     : Bumi/ 5
Alokasi Waktu                       : 1 Hari


A. Kompetensi Inti :
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) PPKn
1.2 Menerima kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
2.3 Menunjukkan perilaku toleran terhadap keberagaman karakteristik individu, dalam kehidupan beragama, suku, fisik, dan psikis di rumah dan sekolah.
3.2 Memahami tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah.
3.2.2 Mengelompokkan berbagai contoh kegiatan yang sesuai dengan tata tertib yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
3.2.4 Mengemukakan pendapat tentang manfaat tata tertib dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
4.2 Melaksanakan tata tertib dan aturan di lingkungan keluarga dan sekolah.
4.2.2 Melaksanakan aturan di lingkungan keluarga

b) PJOK
1.1 Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan.
2.2 Bertanggung jawab terhadap keselamatan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran.
3.10 Mengetahui apa yang dilakukan dan dihindari sebelum dan setelah melakukan aktivitas fisik.
3.10.2 Mengidentifikasi berbagai kegiatan yang biasa dilakukan setelah melakukan aktivitas fisik.
3.10.4 Mengelompokkan kegiatan yang boleh dilakukan setelah melakukan aktivitas fisik
4.10 Menceritakan tentang apa yang dilakukan dan dihindari sebelum dan setelah melakukan aktivitas fisik.
.4.10.3 Menceritakan kegiatan yang boleh dilakukan setelah melakukan aktivitas fisik.
4.10.4 Menceritakan kegiatan yang perlu dihindari setelah melakukan aktivitas fisik..

c) Bahasa Indonesia
1.2 Menerima keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas keberadaan keluarga serta penciptaan hewan dan tumbuhan.
2.3 Memiliki rasa percaya diri dan tanggung jawab terhadap keberadaan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/ atau bahasa daerah.
3.3 Mengenal teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat iisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.3.1 Mengidentifikasi teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga.
3.3.2 Menjelaskan isi teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga.
4.3 Mengungkapkan teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
4.3.2 Menulis teks buku harian tentang kegiatan keluarga dengan EYD yang tepat

C. Deskripsi Materi Pembelajaran :
  1. Buku harian anggota keluarga
  2. Tata tertib di rumah
  3. Kegiatan setelah aktivitas fisik

D. Kegiatan Pembelajaran :
 Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Air, Bumi dan Matahari”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.      Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Guru membimbing siswa untuk mengamati gambar aktivitas keluarga Edo pada pagi hari, waktu menunjukkan aktivitas yang terlihat yaitu:
·         Pukul 06.45
·         Ayah bersiap ke kantor
·         Ibu bersiap memasak di dapur, di meja dapur terletak barang belanjaan
·         Edo berseragam lengkap hendak pergi sekolah dan menyalami ayah dan ibu
o   Siswa mengamati gambar tentang kegiatan keluarga pada pagi hari yang ada di buku siswa (mengamati).
o   Siswa melengkapi kalimat rumpang dengan jawaban yang sesuai dengan gambar yang diamati (mencoba).
o   Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan gambar kegiatan keluarga (menalar).
o   Siswa saling bertanya dengan temannya mengenai kegiatan yang dilakukan setiap hari (menanya).
o   Siswa melengkapi kalimat yang dibacakan temannya. (mencoba).
o   Siswa menjawab pertanyaan akibat bila tidak mematuhi aturan (menalar).
o   Guru membimbing siswa untuk mengamati gambar tentang gambar yang menunjukan sikap sesuai aturan
·         Edo membersihkan tempat tidur
·         Pada pukul 06.30, Edo masih tidur
·         Edo bermain di ruang keluarga dan membuat berantakan
·         Edo belajar di ruang belajar, mainannya tersusun rapi di pojok ruangan
·         Edo makan sambil duduk di sofa depan TV, lantai di sekitar kotor penuh remahan makanan
·         Edo mencuci piring setelah keluarga Edo selesai makan malam
o   Siswa mengamati gambar berbagai kegiatan Edo (mengamati).
o   Siswa memberi tanda centang pada gambar yang menunjukan sikap sesuai aturan (menalar).
o   Siswa memeriksa kebenaran gambar yang dicentang secara klasikal (mengomunikasikan).
o   Guru membimbing siswa mengamati gambar berkaitan dengan kegiatan yang boleh dilakukan setelah melakukanaktivitas fisik
o   Siswa mengamati gambar tentang kegiatan yang boleh dilakukan setelah aktivitas fisik (mengamati).
o   Siswa memberikan tanda centang pada gambar yang menunjukkan kegiatan yang boleh dilakukan setelah aktivitas fisik (menalar).
o   Siswa memeriksa dan mendiskusikan kebenaran jawaban gambar yang dipilih (mengomunikasikan).
o   Siswa menulis kegiatan yang boleh dilakukan sebelum melakukan aktivitas dan sesudah melakukan aktivitas (mencoba).
o   Siswa menuliskan alasan bahwa kegiatan tersebut boleh dan tidak boleh dilakukan (mencoba).
o   Siswa menuliskan jawaban dengan tulisan tegak bersambung.
o   Pada saat ini dilakukan penilaian dengan menggunakan rubrik menulis halus (mencoba).
o   Siswa memeriksa kebenaran jawaban dengan bantuan guru (mengomunikasikan).
o   Guru membimbing siswa memahami isi teks bacaan dengan mengamati siswa membaca
o   Siswa membaca teks yang ada di buku siswa tentang gejala alam dengan lafal dan intonasi yang benar (mengamati).
o   Pada saat ini siswa juga dinilai sikap percaya dirinya dalam membaca.
o   Siswa bertanya jawab dengan teman di sebelahnya tentang gejala alam yang terjadi (menanya).
o   Siswa bertukar pertanyaan dengan teman sebelahnya (menanya).
o   Siswa menjawab pertanyaan temannya dan saling memberi komentar atas jawaban temannya itu (menalar).
o   Siswa memeriksa kebenaran jawaban yang diberikan secara klasikal (mengomunikasikan).
o   Guru membimbing siswa untuk melakukan permainan dengan petunjuk kerja sederhana dalam permainan yangakan dilakukan
o   Siswa mengamati petunjuk permainan sederhana (mengamati).
·         Pilihlah satu orang menjadi informan alam
·         Sepakatilah aturan permainan
·         Misalnya gempa bumi berjongkok, banjir meloncat ke atas, tanah longsor melompat ke kiri, tsunami melompat ke kanan, dan angin kencang mengoyang-goyangkan badan ke segala arah sambil tetap berdiri di tempat
·         Semua berjalan dalam lingkaran ke satu arah
·         Informan berdiri di tengah-tengah
·         Saat informan meneriakan salah satu gejala alam seperti banjir! Atau “Gempa Bumi!, semua harus melakukan gerakan yang sudah disepakati bersama
·         Yang tidak berhasil mematuhi aturan dinyatakan kalah
·         Pemenangnya adalah yang tidak pernah gagal mematuhi aturan permainan
o   Siswa melakuka permaian (mencoba).
o   Siswa lain bersama guru mengamati siswa yang melanggar peraturan permaian (mengamati).
o   Siswa yang menang diumumkan dan diberi penghargaan (mengomunikasikan).
o   Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan dengan menuliskannya pada buku (menalar).
o   Siswa mendiskusikan jawaban yang dikemukakan secara klasikal dengan bimbingan guru (mengomunikasikan).
o   Siswa ditugaskan untuk menentukan sebuah permainan bersama saudara atau teman di rumah dengan aturan permaian yang ditetapkan bersama (menalar).
o   Siswa mengisi tabel mengenai aturan yang disepakati dalam sebuah permainan (mencoba).
o   Siswa menjawab pertanyaan berkaitan dengan aturan dalam permainan dengan melengkapi kalimat (menalar).
o   Siswa memeriksa kebenaran jawaban tugas yang diberikan (mengomunikasikan).

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.      Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.      Melakukan penilaian hasil belajar
3.      Melakukan repleksi
4.      Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.      Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E. Penilaian :
1.      Teknik Penilaian.
a.       Penilaian sikap: Percaya diri dan teliti
b.      Penilaian pengetahuan: Daftar periksa dan skor
c.       Unjuk kerja: Menulis cerita narasi dan menirukan gerakan bermain.

2.      Jenis penilaian:  a.  Observasi
                                  b.  Tertulis,lisan
                                  c . Praktek,projek

3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;



INSTRUMEN PENILAIAN
1.        Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Percaya Diri
Teliti
Santun
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4












































































































































































































































































































































































































































































































































































































Ket:
BT            : Belum terlihat
MT           : Mulai Terlihat
MB           : Mulai Berkembang
SM           : Sudah Membudaya

2. Penilaian Pengetahuan
Tes tertulis : skor
a. Melengkapi kalimat berdasarkan gambar yang diamati
1)      Ke kantor
2)      Memasak
3)      Bersiap berangkat sekolah dan menyalami ayah dan ibu.

b. Mengidentifikasi kegiatan yang sesuai dengan aturan dalam keluarga :
1)      Gambar 116
2)      Gambar 119
3)      Gambar 121

c. Mengidentifikasi kegiatan yang boleh diakukan berdasarkan pengamatan gambar
dengan memberikan tanda centang, gambarnya yaitu :
1)      Gambar 122
2)      Gambar 123
3)      Gambar 125

3. Penilaian Keterampilan
a. Membuat pertanyaan
No

Terlihat (√)
Belum Terlihat (√)
1.
Menggunakan kata tanya yang sesuai


2.
Penggunaan tanda tanya pada kalimat tanya


3.
Kesesuaian pertanyaan dengan gambar yang
diamati


4.
Menggunakan kata tanya yang bervariasi



Rubrik Ayo Membaca
No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Pengetahuan
Siswa mampu
membaca dan
memahami teks
bacaan tentang
gejala alam
dengan baik.
Siswa cukup
mampu
membaca dan
memahami teks
bacaan tentang
gejala alam
dengan cukup
baik.
Siswa kurang
mampu
membaca dan
memahami teks
bacaan tentang
gejala alam
dengan baik
Siswa masih
perlu bimbingan
dalam membaca
dan memahami
bacaan tentang
gejala alam

Sikap percaya
diri
Siswa
menunjukkan
sikap percaya
diri dalam
membaca.

Siswa
menunjukkan
sikap cukup
percaya
diri dalam
membaca
Siswa
menunjukkan
sikap kurang
percaya
diri dalam
membaca
Siswa belum
menunjukkan
sikap percaya
diri dalam
membaca

Keterampilan
Siswa mampu
membaca
dengan lafal dan
intonasi yang
benar dan jelas
Siswa cukup
mampu
membaca
dengan lafal dan
intonasi yang
benar dan jelas.



Siswa kurang
mampu
membaca
dengan lafal dan
intonasi yang
benar dan jelas.
Siswa belum
mampu
membaca
dengan lafal dan
intonasi yang
benar dan jelas

Rubrik Menulis Kegiatan yang boleh dilakukan dan yang perlu dihindari setelah melakukan aktivitas fisik
No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Pengetahuan
Isi tulisan
menunjukkan
siswa
memahami
kegiatan apa
saja yang boleh
dilakukan dan
yang perlu
dihindari setelah
melakukan
aktivitas fisik.
Isi tulisan
menunjukkan
siswa cukup
memahami
kegiatan apa
saja yang boleh
dilakukan dan
yang perlu
dihindari setelah melakukan
aktivitas fisik
Isi tulisan
menunjukkan
siswa kurang
memahami
kegiatan apa
saja yang boleh
dilakukan dan
yang perlu
dihindari setelah
melakukan
aktivitas fisik
Isi tulisan
menunjukkan
siswa tidak
memahami
kegiatan apa
saja yang boleh
dilakukan dan
yang perlu
dihindari setelah
melakukan
aktivitas fisik.

Sikap rasa ingin tahu
Siswa antusias
dalam
menuliskan
kegiatan apa
saja yang boleh
dilakukan dan
yang perlu
dihindari setelah
melakukan
aktivitas fisik.
Siswa cukup
antusias dalam
menuliskan
kegiatan apa
saja yang boleh
dilakukan dan
yang perlu
dihindari setelah
melakukan
aktivitas fisik.
Siswa kurang
antusias dalam
menuliskan
kegiatan apa
saja yang boleh
dilakukan dan
yang perlu
dihindari setelah
melakukan
aktivitas fisik
Siswa tidak
antusias dalam
menuliskan
kegiatan apa
saja yang boleh
dilakukan dan
yang perlu
dihindari setelah
melakukan
aktivitas fisik.

Keterampilan
Tulisan siswa
sangat rapi
dengan
tulisan tegak
bersambung,
memperhatikan
tanda baca dan
ejaan dan tidak
ada kesalahan.



Tulisan siswa
cukup rapi
dengan
tulisan tegak
bersambung,
memperhatikan
tanda baca
dan ejaan
yang hampir
seluruhnya
benar.
Tulisan siswa
kurang rapi
dengan
tulisan tegak
bersambung,
memperhatikan
tanda baca
dan ejaan
dan terdapat
beberapa
kesalahan
Tulisan siswa
tidak rapi
dengan
tulisan tegak
bersambung,
memperhatikan
tanda baca
dan ejaan yang
benar dan
terdapat banyak
kesalahan.

Rubrik Mengamati Gambar
No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Pengetahuan
Siswa mampu
mengidentifikasi
kegiatan pada
gambar yang
merupakan
kegiatan
keluarga.
Siswa cukup
mampu
mengidentifikasi
kegiatan pada
gambar yang
merupakan
kegiatan keluarga

Siswa kurang
mampu
mengidentifikasi
kegiatan pada
gambar yang
merupakan
kegiatan
keluarga
Siswa belum
mampu
mengidentifikasi
kegiatan pada
gambar yang
merupakan
kegiatan
keluarga.

Sikap rasa ingin
tahu
Siswa sangat
antusias dalam
mengamati
gambar dan
menjawab
pertanyaan

Siswa cukup
antusias dalam
mengamati
gambar dan
menjawab
pertanyaan
Siswa kurang
antusias dalam
mengamati
gambar dan
menjawab
pertanyaan.
Siswa masih
butuh
bimbingan
dan latihan
lagi dalam
mengamati
dan menjawab
pertanyaan.

Keterampilan
Siswa mampu
melengkapi
kalimat yang
rumpang
dengan jawaban
yang sesuai
Siswa cukup
mampu
melengkapi
kalimat yang
rumpang
dengan jawaban
yang cukup
sesuai.
Siswa kurang
mampu
melengkapi
kalimat yang
rumpang
dengan jawaban
yang sesuai
Siswa belum
mampu
melengkapi
kalimat yang
rumpang
dengan jawaban
yang sesuai

Rubrik Melakukan Permainan
No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Pengetahuan
Siswa mampu
melakukan
aktivitas
permainan
informan alam
Siswa cukup
mampu
melakukan
aktivitas
permainan
informan alam
Siswa kurang
mampu
melakukan
aktivitas
permainan
informan alam
Siswa belum
mampu
melakukan
aktivitas
permainan
informan alam

Sikap toleransi,
tanggung
jawab, percaya
diri
Siswa mampu
menunjukkan
sikap toleransi,
tanggung jawab,
dan percaya diri
selama dalam
permainan
Siswa cukup
mampu
menunjukkan
sikap toleransi,
tanggung jawab,
dan percaya diri selama dalam
permainan
Siswa kurang
mampu
menunjukkan
sikap toleransi,
tanggung jawab,
dan percaya diri selama dalam
permainan
Siswa masih
perlu bimbingan
untuk dapat
menunjukkan
sikap toleransi,
tanggung jawab,
dan percaya diri
selama dalam
permainan.

Keterampilan
Semua gerakan
dilakukan
dengan
benar sesuai
dengan yang
diperintahkan
Sebagian
besar gerakan
dilakukan
dengan benar



Sebagian
kecil gerakan
dilakukan
dengan benar
Tidak ada
gerakan yang
benar

F. Sumber dan Media
o   Gambar aktivitas keluarga Edo di pagi hari
o   Gambar berbagai contoh sikap melanggar aturan
o   Gambar contoh kegiatan setelah aktivitas fisik


Mengetahui,                                                                        Tijue, 15 Februari 2016
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas II,




PARIANTI, S.Pd                                                             YUSLINA, S.Pd
NIP. 19690318 199504 2 001                                           NIP. 19611124 198309 2 001


Hasil Penilaian pengamatan
No
Nama Siswa
Kriteria
Kriteria
Terlihat
Belum Terlihat
Terlihat
Belum Terlihat























































































































































































































































































Lembar Kerja Siswa
(LKS)





MEDIA

TEMA 6 KELAS 2 SUB 2 PB 5

TEMA 6 KELAS 2 SUB 2 PB 1
TEMA 6 KELAS 2 SUB 2 PB 2
TEMA 6 KELAS 2 SUB 2 PB 3
TEMA 6 KELAS 2 SUB 2 PB 4


Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors