RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester :
2/II
Tema 6 :
Air, Bumi dan Matahari
Sub Tema 2/ Pembelajaran :
Bumi/ 6
Alokasi Waktu :
1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang
jelas dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan
beraklak mulia.
B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa
Indonesia
1.2
Menerima keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas keberadaan keluarga serta penciptaan
hewan dan tumbuhan.
2.3 Memiliki
rasa percaya diri dan tanggung jawab terhadap keberadaan anggota keluarga dan dokumen
milik keluarga melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/ atau bahasa daerah.
3.1 Mengenal teks laporan sederhana tentang
alam sekitar,
hewan, dan tumbuhan
serta jumlahnya dengan
bantuan guru atau
teman dalam bahasa
Indonesia lisan dan
tulis yang dapat diisi dengan
kosakata bahasa daerah
untuk membantu pemahaman.
4.1 Mengamati dan mencoba menyajikan teks
laporan sederhana
tentang alam sekitar,
hewan, dan tumbuhan
serta jumlahnya secara
mandiri dalam bahasa
Indonesia lisan dan
tulis yang dapat diisi dengan
kosakata bahasa daerah
untuk membantu penyajian.
3.1.3 Mencatat hasil pengamatan tentang
alam sekitar.
4.1.2 membacakan laporan sederhana hasil pengamatan alam sekitar.
b) PPKn
1.2
Menerima kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan
rumah dan sekolah.
2.3
Menunjukkan perilaku toleran terhadap keberagaman karakteristik individu, dalam
kehidupan beragama, suku, fisik, dan psikis di rumah dan sekolah.
3.2 Memahami tata tertib dan aturan yang berlaku
dalam kehidupan
sehari-hari di rumah
dan sekolah.
4.2 Melaksanakan tata tertib dan aturan di
lingkungan keluarga
dan sekolah.
3.2.1 Mengidentifikasi tata tertib yang berlaku
dalam kehidupan
sehari-hari di rumah.
3.2.11 Menyebukan contoh hidup rukun dalam pergaulan.
4.2.2 Melaksanakan aturan di lingkungan keluarga
c) SBdP
1.1
Menikmati keindahan alam dan karya seni sebagai salah satu tandatanda kekuasaan
Tuhan.
2.2
Menunjukkan rasa ingin tahu untuk mengenal alam di lingkungan sekitar sebagai
sumber ide dalam berkarya seni
3.1
Mengenal bahan dan alat serta tekniknya dalam membuat karya seni rupa.
4.4
Membentuk karya relif dari bahan yang ada di lingkungan sekitar.Indikator
3.1.1
Menentukan bahan dan alat dalam membuat karya seni.
4.4 1
Membentuk karya relif dari bahan yang ada di lingkungan sekitar
d) Matematika
1.1
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.2
Memiliki rasa ingin tahu dan ketertarikan pada matematika, yang terbentuk
melalui pengalaman belajar.
3.6
Mengetahui satuan panjang dan berat benda, jarak suatu tempat (baik tidak baku maupun
yang baku) dan menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan
sekitar.
4.5
Memecahkan masalah nyata secara efektif yang berkaitan dengan penjumlahan, pengurang,
perkalian, pembagian, waktu, berat, panjang, berat benda dan uang, selanjutnya
memeriksa kebenaran jawabannya.Indikator
3.6.2
Mengukur panjang beberapa benda dengan menggunakan satuan baku cm dan m.
4.5.2
Memeriksa kebenaran pemecahan masalah yang berkaitan dengan panjang benda.
4.11.1
Membuat tabel sederhana hasil pengukuran panjang.
C. Deskripsi Materi
Pembelajaran :
- Menentukan bahan dan alat membuat karya seni
- Mengukur dengan satuan baku dan tak baku
- Laporan hasil pengamatan Aturan di lingkungan kelurga
D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4.
Tanya
jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.
Kemudian,
siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.
Melakukan
apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang
sekarang diajarkan.
7.
Menginformasikan
tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Air, Bumi dan Matahari”.
8.
Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.
Pada awal
pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan
ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang
akan dipelajari
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Guru membimbing
siswa untuk mengamati gambar Edo dan teman-teman bermain gejala alam
o
Siswa mengamati
gambar Edo bermain gejala alam (mengamati).
o
Siswa
mendeskripsikan gambar yang diamati (menalar).
o
Siswa diberi
pertanyaaan berkaitan dengan permaian di rumah yang ditugaskan pada hari
sebelumnya (menanya).
o
Beberapa siswa
menceritakan permainan yang dilakukannya di rumah ke depan kelas (mencoba).
o
Siswa
lain ditugaskan mencatat hal-hal penting dalam cerita yang disimak (mencoba).
o Siswa lainnya menyimak cerita yang
disimak (menalar).
o
Siswa
bertanya mengenai hal yang kurang dimengerti (menanya).
o
Siswa
yang bercerita menjawab pertanyaan yang diajukan temannya (mengomunikasikan).
o
Siswa menuliskan
hal-hal penting yang diceritakan oleh temannya (menulis).
o
Hal-hal penting
itu dituliskan pada kolom yang tersedia di buku siswa.
o
Siswa membacakan
tulisanya ke depan kelas (mengomunikasikan).
o
Siswa memeriksa
kebenaran jawaban catatan penting permainan yang berisi tentang aturan dalam
permainan (mengomunikasikan).
o
Guru
mengingatkan siswa mengenai pembelajaran sebelumnya tentang membuat jadwal
kegiatan harian dalam keluarga
o
Siswa
menjawab pertanyaan yang diberikan guru (menalar).
o
Siswa
saling bertukar jadwal yang dibuat dengan teman sebangkunya (menanya).
o Siswa mengamati jadwal kegiatan
temannya (mengamati).
o
Siswa
mencatat kegiatan temannya yang tidak dia lakukan (mencoba).
o
Siswa
mencatat alasan mengapa dia tidak melakukan kegiatan itu (mencoba).
o
Siswa
menjawab pertanyaan berkaitan dengan jadwal teman yang diamati dengan
membandingkannya dengan jadwal yang dibuatnya sendiri (menalar).
o
Siswa
mendiskusikan jawaban yang diberikan dengan temannya (mengomunikasikan).
o
Guru
menugaskan siswa untuk membuat relief dan membimbing siswa untuk membuat
tugas dengan petunjuk sederhana
o
Siswa
mengamati guru menyampaikan petunjuk berkaitan dengan tugas yang diberikan.
o Siswa mengamati contoh karya relief
bumi (mengamati).
o
Siswa
mengidentifikasi bahan dan alat yang diperlukan untuk membuat karya relief (menalar).
o
Bahan
yang dapat digunakan :
·
Lilin
mainan atau plastisin
·
Bubur
kertas dan lem kayu
·
Cat
warna
·
kuas
o
Siswa
menyediakan bahan dan alat yang diperlukan dalam membuat karya relief (mengomunikasikan).
o
Siswa
membuat karya kreliaf dengan bahan dan alat yang telah disediakan (mencoba).
o
Siswa
dapat membuat relief permukaan bumi, yang terdiri atas perairan dan daratan (mencoba).
o
Siswa
memperagakan hasil karyanya ke depan kelas agar bisa dilihat oleh semua siswa
(mengomunikasikan).
o
Guru
membimbig siswa mengamati kegiatan edo, Siti, dan udin mengukur tinggi badan
dengan memperhatikan hasil pengukuran yaitu :
·
Tinggi
Edo 145 cm
·
Tinggi
udin 140 cm
·
Tinggi
Siti 130 cm
o
Siswa
mengamati gambar edo, Siti, dan Udin berdiri di pengukur tinggi badan dengan
hasil pengukuran (mengamati).
o
Siswa
membaca teks singkat mengenai hasil pengukuran (mengamati).
o
Siswa
mengamati urutan hasil pengukuran dari ukuran paling pendek ke tinggi (mengamati).
o
Siswa
dibagi menjadi beberapa kelompok, tiap kelompok terdiri dari empat orang (mengomunikasikan),
o Siswa duduk dalam kelompoknya (mencoba).
o
Siswa
ditugaskan untuk mengukur
·
lingkar
kepala
·
lingkar
leher
·
lingkar
lengan temannya dengan menggunakan meteran kain menggunakan sentimeter
sebagai satuan (mengomunikasikan).
o Siswa melakukan pengukuran (mencoba).
o
Siswa
mencatat hasil pengukuran dalan sebuah tabel (mencoba).
o
Siswa
dibantu dengan ilustrasi gambar yang terdapat pada tabel hasil pengukuran (mengamati).
·
Gambar
Edo mengukur lingkar kepala beni
·
Gambar
Siti mengukur lingkar leher dayu
·
Gambar
edo mengukur lingkar lengan beni
·
Gambar
dayu mengukur panjang lengan Siti
o
Siswa mengurutkan
hasil pengukuran dari nilai terkecil ke terbesar pada masing-masing objek
pengukuran (menalar).
o
Siswa memeriksa
kebenaran hasil pengukuran dengan teman sekelompoknya (menalar).
o
Siswa
menceritakan hasil pengukuran kelompok ke depan kelas (mencoba).
o
Siswa
menyimpulkan hasil pengukuran yang dilakukan (menalar).
o
Siswa memberikan
komentar terhadap presentasi temannya (mengomunikasikan).
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1.
Bersama-sama
dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.
Melakukan
penilaian hasil belajar
3.
Melakukan
repleksi
4.
Menyampaikan
pesan moral/belajar.
5.
Menutup
dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E. Penilaian :
1.
Teknik Penilaian.
a. Penilaian sikap: Percaya diri dan teliti
b. Penilaian pengetahuan: Daftar periksa dan skor
c. Unjuk kerja: Menulis cerita narasi dan menirukan
gerakan bermain.
2.
Jenis
penilaian: a. Observasi
b. Tertulis,lisan
c
. Praktek,projek
3. Instrumen Penilaian
4. Rubrik dan Penskoran Nilai;
INSTRUMEN
PENILAIAN
1.
Penilaian Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||
Percaya Diri
|
Teliti
|
Santun
|
|||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ket:
BT : Belum terlihat
MT : Mulai Terlihat
MB : Mulai Berkembang
SM : Sudah Membudaya
2.
Penilaian Pengetahuan
Tes tertulis : skor
3.
Penilaian Keterampilan
Rubrik Membuat pertanyaan
No
|
|
Terlihat (√)
|
Belum Terlihat (√)
|
1.
|
Menggunakan kata tanya yang
sesuai
|
|
|
2.
|
Penggunaan
tanda tanya pada kalimat tanya
|
|
|
3.
|
Kesesuaian pertanyaan dengan gambar yang
diamati
|
|
|
4.
|
Menggunakan kata tanya yang bervariasi
|
|
|
Rubrik Bercerita
No
|
Kriteria
|
Baik
sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Pengetahuan
|
Siswa mampu
menceritakan
hasil karya
seninya secara
jelas dan
detil.
|
Siswa cukup
mampu
menceritakan
hasil karya
seninya secara
jelas dan detil
|
Siswa
kurang
mampu
menceritakan
hasil
karya
seninya
secara
jelas
dan detil
|
Siswa belum
mampu
menceritakan
hasil karya
seninya secara
jelas dan detil
|
|
Sikap
percaya
diri
dan
toleransi
|
Siswa mampu
menunjukkan
sikap percaya
diri dan
toleransi
dalam
bercerita.
|
Siswa cukup
mampu
menunjukkan
sikap percaya
diri dan toleransi
dalam bercerita
|
Siswa
kurang
mampu
menunjukkan
sikap
percaya
diri
dan toleransi
dalam
bercerita
|
Siswa belum
mampu
menunjukkan
sikap percaya
diri dan toleransi
dalam bercerita
|
|
Keterampilan
|
Siswa mampu
bercerita dengan
suara yang
jelas dan tidak
menggumam
|
Siswa cukup
mampu
bercerita dengan
suara yang
jelas dan tidak
menggumam.
|
Siswa
kurang
mampu
bercerita
dengan
suara
yang
jelas
dan tidak
menggumam
|
Siswa belum
mampu
bercerita dengan
suara yang
jelas dan tidak
menggumam
|
Rubrik Menulis
No
|
Kriteria
|
Baik
sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Pengetahuan
|
Siswa mampu menuliskan hal – hal penting yang diceritakan oleh temannya
|
Siswa cukup
mampu
menuliskan hal
– hal penting
yang diceritakan
oleh temannya
|
Siswa
kurang
mampu
menuliskan
hal
–
hal penting
yang
diceritakan
oleh
temannya
|
Siswa belum
mampu
menuliskan hal
– hal penting
yang diceritakan
oleh temannya
|
|
Sikap
tanggung
jawab
|
Siswa
menunjukkan
sikap tanggung
jawab dalam
menyelesaikan
tulisannya.
|
Siswa
menunjukkan
sikap cukup
tanggung
jawab dalam
menyelesaikan
tulisannya
|
Siswa
menunjukkan
sikap
kurang
tanggung
jawab
dalam
menyelesaikan
tulisannya.
|
Siswa belum
menunjukkan
sikap tanggung
jawab dalam
menyelesaikan
tulisannya.
|
|
Keterampilan
|
Siswa mampu
menulis hal
– hal penting
dalam kolom
dengan rapi
|
Siswa cukup
mampu menulis
hal – hal penting
dalam kolom
dengan rapi
|
Siswa kurang
mampu menulis
hal – hal penting
dalam kolom
dengan rapi.
|
Siswa belum
mampu menulis
hal – hal penting
dalam kolom
dengan rapi
|
Rubrik Berkreasi
No
|
Kriteria
|
Baik sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Pengetahuan
|
Siswa
mampu
membuat
karya
seni
relief
permukaan
bumi
dari
bubur kertas
sesuai
dengan
imajinasinya.
|
Siswa cukup
mampu
membuat karya
seni relief
permukaan bumi
dari bubur kertas
sesuai dengan
imajinasinya.
|
Siswa
kurang
mampu
membuat
karya
seni
relief
permukaan
bumi
dari
bubur kertas
sesuai
dengan
imajinasinya.
|
Siswa belum
mampu
membuat karya
seni relief
permukaan bumi
dari bubur kertas
sesuai dengan
imajinasinya
|
|
Sikap percaya
diri dan
tanggung jawab
|
Siswa mampu
menunjukkan
sikap percaya
diri
dan tanggung
jawab dalam
menyelesaikan
proyeknya.
|
Siswa cukup
mampu
menunjukkan
sikap percaya diri
dan tanggung
jawab dalam
menyelesaikan
proyeknya
|
Siswa
kurang
mampu
menunjukkan
sikap
percaya diri
dan
tanggung
jawab
dalam
menyelesaikan
proyeknya.
|
Siswa belum
mampu
menunjukkan
sikap percaya diri
dan tanggung
jawab dalam
menyelesaikan
proyeknya
|
|
Keterampilan
|
Siswa mampu
membuat karya
relief dengan
warna yang
sesuai dan
bentuk yang
menarik.
|
Siswa cukup
mampu
membuat karya
relief dengan
warna yang
cukup sesuai
dan bentuk yang
cukup menarik
|
Siswa kurang
mampu
membuat karya
relief dengan
warna yang
kurang sesuai
dan bentuk yang
kurang menarik
|
Siswa tidak
mampu
membuat karya
relief dengan
warna yang
tidak sesuai dan
bentuk yang
tidak menarik.
|
Rubrik Kegiatan Mengukur Benda
No
|
Kriteria
|
Baik
sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Pengetahuan
|
Siswa
mampu
mengukur
badan
temannya
dengan
menggunakan
alat
satuan ukur
baku.
|
Siswa cukup
mampu
mengukur
badan temannya
dengan
menggunakan
alat satuan ukur
baku
|
Siswa
kurang
mampu
mengukur
badan
temannya
dengan
menggunakan
alat
satuan ukur
baku
|
Siswa tidak
mampu
mengukur
badan temannya
dengan
menggunakan
alat satuan ukur
baku
|
|
Sikap
toleransi
dan
tanggung
jawab
|
Siswa secara
bergantian
mengukur
badan temannya
dengan
menunjukkan
sikap
toleransi
dan tanggung
jawab.
|
Siswa secara
bergantian
mengukur
badan temannya
dengan
menunjukkan
sikap cukup
toleransi dan
tanggung jawab
|
Siswa
secara
bergantian
mengukur
badan
temannya
dengan
menunjukkan
sikap
kurang
toleransi
dan
tanggung
jawab
|
Siswa secara
bergantian
mengukur
badan temannya
dengan
menunjukkan
sikap tidak
toleransi dan
tanggung jawab
|
|
Keterampilan
|
Siswa mampu
menunjukkan
keterampilannya
dalam melakukan
pengukuran.
|
Siswa cukup
mampu
menunjukkan
keterampilannya
dalam melakukan
pengukuran
|
Siswa kurang
mampu
menunjukkan
keterampilannya
dalam melakukan
pengukuran
|
Siswa belum
mampu
menunjukkan
keterampilannya
dalam melakukan
pengukuran
|
F. Sumber
dan Media
1.
Gambar Edo bermain gejala
alam
2.
Gambar hasil karya relief
3. Gambar
Edo sedang mengukur lingkar leher temannya
Mengetahui, Tijue,
16 Februari 2016
Kepala SD Negeri
2 Tijue
Guru Kelas II,
PARIANTI, S.Pd YUSLINA, S.Pd
NIP. 19690318 199504 2 001 NIP. 19611124
198309 2 001
Lembar
Kerja Siswa
(LKS)
Tulis
hasil pengukuran dengan menggunakan sentimeter sebagai satuan
1. Bandingkanlah tabel hasil pengukuranmu dengan temanmu dalam satu
kelompok untuk memeriksa kebena ran nya.
2. Bacakan
hasil pengukuran kelompokmu di depan kelas
MEDIA
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment