Home » » TEMA 6 KELAS 2 SUB 2 PB 6

TEMA 6 KELAS 2 SUB 2 PB 6

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Friday 6 January 2017



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Satuan Pendidikan                 : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                      : 2/II
Tema 6                                  : Air, Bumi dan Matahari
Sub Tema 2/ Pembelajaran     : Bumi/ 6
Alokasi Waktu                       : 1 Hari


A. Kompetensi Inti :
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.2 Menerima keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas keberadaan keluarga serta penciptaan hewan dan tumbuhan.
2.3 Memiliki rasa percaya diri dan tanggung jawab terhadap keberadaan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/ atau bahasa daerah.
3.1 Mengenal teks laporan sederhana tentang alam sekitar, hewan, dan tumbuhan serta jumlahnya dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.1 Mengamati dan mencoba menyajikan teks laporan sederhana tentang alam sekitar, hewan, dan tumbuhan serta jumlahnya secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
3.1.3 Mencatat hasil pengamatan tentang alam sekitar.
4.1.2 membacakan laporan sederhana hasil pengamatan alam sekitar.

b) PPKn
1.2 Menerima kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
2.3 Menunjukkan perilaku toleran terhadap keberagaman karakteristik individu, dalam kehidupan beragama, suku, fisik, dan psikis di rumah dan sekolah.
3.2 Memahami tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah.
4.2 Melaksanakan tata tertib dan aturan di lingkungan keluarga dan sekolah.
3.2.1 Mengidentifikasi tata tertib yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
3.2.11 Menyebukan contoh hidup rukun dalam pergaulan.
4.2.2 Melaksanakan aturan di lingkungan keluarga

c) SBdP
1.1 Menikmati keindahan alam dan karya seni sebagai salah satu tandatanda kekuasaan Tuhan.
2.2 Menunjukkan rasa ingin tahu untuk mengenal alam di lingkungan sekitar sebagai sumber ide dalam berkarya seni
3.1 Mengenal bahan dan alat serta tekniknya dalam membuat karya seni rupa.
4.4 Membentuk karya relif dari bahan yang ada di lingkungan sekitar.Indikator
3.1.1 Menentukan bahan dan alat dalam membuat karya seni.
4.4 1 Membentuk karya relif dari bahan yang ada di lingkungan sekitar

d) Matematika
1.1 Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.2 Memiliki rasa ingin tahu dan ketertarikan pada matematika, yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
3.6 Mengetahui satuan panjang dan berat benda, jarak suatu tempat (baik tidak baku maupun yang baku) dan menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan sekitar.
4.5 Memecahkan masalah nyata secara efektif yang berkaitan dengan penjumlahan, pengurang, perkalian, pembagian, waktu, berat, panjang, berat benda dan uang, selanjutnya memeriksa kebenaran jawabannya.Indikator
3.6.2 Mengukur panjang beberapa benda dengan menggunakan satuan baku cm dan m.
4.5.2 Memeriksa kebenaran pemecahan masalah yang berkaitan dengan panjang benda.
4.11.1 Membuat tabel sederhana hasil pengukuran panjang.

C. Deskripsi Materi Pembelajaran :

  1. Menentukan bahan dan alat membuat karya seni
  2. Mengukur dengan satuan baku dan tak baku
  3. Laporan hasil pengamatan Aturan di lingkungan kelurga

D. Kegiatan Pembelajaran :
 Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Air, Bumi dan Matahari”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.      Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Guru membimbing siswa untuk mengamati gambar Edo dan teman-teman bermain gejala alam
o   Siswa mengamati gambar Edo bermain gejala alam (mengamati).
o   Siswa mendeskripsikan gambar yang diamati (menalar).
o   Siswa diberi pertanyaaan berkaitan dengan permaian di rumah yang ditugaskan pada hari sebelumnya (menanya).
o   Beberapa siswa menceritakan permainan yang dilakukannya di rumah ke depan kelas (mencoba).
o   Siswa lain ditugaskan mencatat hal-hal penting dalam cerita yang disimak (mencoba).
o   Siswa lainnya menyimak cerita yang disimak (menalar).
o   Siswa bertanya mengenai hal yang kurang dimengerti (menanya).
o   Siswa yang bercerita menjawab pertanyaan yang diajukan temannya (mengomunikasikan).
o   Siswa menuliskan hal-hal penting yang diceritakan oleh temannya (menulis).
o   Hal-hal penting itu dituliskan pada kolom yang tersedia di buku siswa.
o   Siswa membacakan tulisanya ke depan kelas (mengomunikasikan).
o   Siswa memeriksa kebenaran jawaban catatan penting permainan yang berisi tentang aturan dalam permainan (mengomunikasikan).
o   Guru mengingatkan siswa mengenai pembelajaran sebelumnya tentang membuat jadwal kegiatan harian dalam keluarga
o   Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan guru (menalar).
o   Siswa saling bertukar jadwal yang dibuat dengan teman sebangkunya (menanya).
o   Siswa mengamati jadwal kegiatan temannya (mengamati).
o   Siswa mencatat kegiatan temannya yang tidak dia lakukan (mencoba).
o   Siswa mencatat alasan mengapa dia tidak melakukan kegiatan itu (mencoba).
o   Siswa menjawab pertanyaan berkaitan dengan jadwal teman yang diamati dengan membandingkannya dengan jadwal yang dibuatnya sendiri (menalar).
o   Siswa mendiskusikan jawaban yang diberikan dengan temannya (mengomunikasikan).
o   Guru menugaskan siswa untuk membuat relief dan membimbing siswa untuk membuat tugas dengan petunjuk sederhana
o   Siswa mengamati guru menyampaikan petunjuk berkaitan dengan tugas yang diberikan.
o   Siswa mengamati contoh karya relief bumi (mengamati).
o   Siswa mengidentifikasi bahan dan alat yang diperlukan untuk membuat karya relief (menalar).
o   Bahan yang dapat digunakan :
·         Lilin mainan atau plastisin
·         Bubur kertas dan lem kayu
·         Cat warna
·         kuas
o   Siswa menyediakan bahan dan alat yang diperlukan dalam membuat karya relief (mengomunikasikan).
o   Siswa membuat karya kreliaf dengan bahan dan alat yang telah disediakan (mencoba).
o   Siswa dapat membuat relief permukaan bumi, yang terdiri atas perairan dan daratan (mencoba).
o   Siswa memperagakan hasil karyanya ke depan kelas agar bisa dilihat oleh semua siswa (mengomunikasikan).
o   Guru membimbig siswa mengamati kegiatan edo, Siti, dan udin mengukur tinggi badan dengan memperhatikan hasil pengukuran yaitu :
·      Tinggi Edo 145 cm
·      Tinggi udin 140 cm
·      Tinggi Siti 130 cm
o   Siswa mengamati gambar edo, Siti, dan Udin berdiri di pengukur tinggi badan dengan hasil pengukuran (mengamati).
o   Siswa membaca teks singkat mengenai hasil pengukuran (mengamati).
o   Siswa mengamati urutan hasil pengukuran dari ukuran paling pendek ke tinggi (mengamati).
o   Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok, tiap kelompok terdiri dari empat orang (mengomunikasikan),
o   Siswa duduk dalam kelompoknya (mencoba).
o   Siswa ditugaskan untuk mengukur
·      lingkar kepala
·      lingkar leher
·      lingkar lengan temannya dengan menggunakan meteran kain menggunakan sentimeter sebagai satuan (mengomunikasikan).
o   Siswa melakukan pengukuran (mencoba).
o   Siswa mencatat hasil pengukuran dalan sebuah tabel (mencoba).
o   Siswa dibantu dengan ilustrasi gambar yang terdapat pada tabel hasil pengukuran (mengamati).
·      Gambar Edo mengukur lingkar kepala beni
·      Gambar Siti mengukur lingkar leher dayu
·      Gambar edo mengukur lingkar lengan beni
·      Gambar dayu mengukur panjang lengan Siti
o   Siswa mengurutkan hasil pengukuran dari nilai terkecil ke terbesar pada masing-masing objek pengukuran (menalar).
o   Siswa memeriksa kebenaran hasil pengukuran dengan teman sekelompoknya (menalar).
o   Siswa menceritakan hasil pengukuran kelompok ke depan kelas (mencoba).
o   Siswa menyimpulkan hasil pengukuran yang dilakukan (menalar).
o   Siswa memberikan komentar terhadap presentasi temannya (mengomunikasikan).

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.      Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.      Melakukan penilaian hasil belajar
3.      Melakukan repleksi
4.      Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.      Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E. Penilaian :
1.      Teknik Penilaian.
a.       Penilaian sikap: Percaya diri dan teliti
b.      Penilaian pengetahuan: Daftar periksa dan skor
c.       Unjuk kerja: Menulis cerita narasi dan menirukan gerakan bermain.

2.      Jenis penilaian:  a.  Observasi
                                  b.  Tertulis,lisan
                                  c . Praktek,projek

3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;



INSTRUMEN PENILAIAN
1.        Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Percaya Diri
Teliti
Santun
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4












































































































































































































































































































































































































































































































































































































Ket:
BT            : Belum terlihat
MT           : Mulai Terlihat
MB           : Mulai Berkembang
SM           : Sudah Membudaya

2. Penilaian Pengetahuan
Tes tertulis : skor

3. Penilaian Keterampilan
Rubrik Membuat pertanyaan
No

Terlihat (√)
Belum Terlihat (√)
1.
Menggunakan kata tanya yang sesuai


2.
Penggunaan tanda tanya pada kalimat tanya


3.
Kesesuaian pertanyaan dengan gambar yang
diamati


4.
Menggunakan kata tanya yang bervariasi



Rubrik Bercerita
No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Pengetahuan
Siswa mampu
menceritakan
hasil karya
seninya secara
jelas dan detil.
Siswa cukup
mampu
menceritakan
hasil karya
seninya secara
jelas dan detil
Siswa kurang
mampu
menceritakan
hasil karya
seninya secara
jelas dan detil
Siswa belum
mampu
menceritakan
hasil karya
seninya secara
jelas dan detil

Sikap percaya
diri dan
toleransi
Siswa mampu
menunjukkan
sikap percaya
diri dan toleransi
dalam bercerita.
Siswa cukup
mampu
menunjukkan
sikap percaya
diri dan toleransi
dalam bercerita
Siswa kurang
mampu
menunjukkan
sikap percaya
diri dan toleransi
dalam bercerita
Siswa belum
mampu
menunjukkan
sikap percaya
diri dan toleransi
dalam bercerita

Keterampilan
Siswa mampu
bercerita dengan
suara yang
jelas dan tidak
menggumam
Siswa cukup
mampu
bercerita dengan
suara yang
jelas dan tidak
menggumam.
Siswa kurang
mampu
bercerita dengan
suara yang
jelas dan tidak
menggumam
Siswa belum
mampu
bercerita dengan
suara yang
jelas dan tidak
menggumam

Rubrik Menulis
No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Pengetahuan
Siswa mampu menuliskan hal – hal penting yang diceritakan oleh temannya
Siswa cukup
mampu
menuliskan hal
– hal penting
yang diceritakan
oleh temannya
Siswa kurang
mampu
menuliskan hal
– hal penting
yang diceritakan
oleh temannya
Siswa belum
mampu
menuliskan hal
– hal penting
yang diceritakan
oleh temannya

Sikap tanggung
jawab
Siswa
menunjukkan
sikap tanggung
jawab dalam
menyelesaikan
tulisannya.
Siswa
menunjukkan
sikap cukup
tanggung
jawab dalam
menyelesaikan
tulisannya
Siswa
menunjukkan
sikap kurang
tanggung
jawab dalam
menyelesaikan
tulisannya.
Siswa belum
menunjukkan
sikap tanggung
jawab dalam
menyelesaikan
tulisannya.

Keterampilan
Siswa mampu
menulis hal
– hal penting
dalam kolom
dengan rapi
Siswa cukup
mampu menulis
hal – hal penting
dalam kolom
dengan rapi
Siswa kurang
mampu menulis
hal – hal penting
dalam kolom
dengan rapi.
Siswa belum
mampu menulis
hal – hal penting
dalam kolom
dengan rapi

Rubrik Berkreasi
No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Pengetahuan
Siswa mampu
membuat karya
seni relief
permukaan bumi
dari bubur kertas
sesuai dengan
imajinasinya.
Siswa cukup
mampu
membuat karya
seni relief
permukaan bumi
dari bubur kertas
sesuai dengan
imajinasinya.
Siswa kurang
mampu
membuat karya
seni relief
permukaan bumi
dari bubur kertas
sesuai dengan
imajinasinya.
Siswa belum
mampu
membuat karya
seni relief
permukaan bumi
dari bubur kertas
sesuai dengan
imajinasinya

Sikap percaya
diri dan
tanggung jawab
Siswa mampu
menunjukkan
sikap percaya diri
dan tanggung
jawab dalam
menyelesaikan
proyeknya.
Siswa cukup
mampu
menunjukkan
sikap percaya diri
dan tanggung
jawab dalam
menyelesaikan
proyeknya
Siswa kurang
mampu
menunjukkan
sikap percaya diri
dan tanggung
jawab dalam
menyelesaikan
proyeknya.
Siswa belum
mampu
menunjukkan
sikap percaya diri
dan tanggung
jawab dalam
menyelesaikan
proyeknya

Keterampilan
Siswa mampu
membuat karya
relief dengan
warna yang
sesuai dan
bentuk yang
menarik.
Siswa cukup
mampu
membuat karya
relief dengan
warna yang
cukup sesuai
dan bentuk yang
cukup menarik
Siswa kurang
mampu
membuat karya
relief dengan
warna yang
kurang sesuai
dan bentuk yang
kurang menarik
Siswa tidak
mampu
membuat karya
relief dengan
warna yang
tidak sesuai dan
bentuk yang
tidak menarik.

Rubrik Kegiatan Mengukur Benda

No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Pengetahuan
Siswa mampu
mengukur
badan temannya
dengan
menggunakan
alat satuan ukur
baku.
Siswa cukup
mampu
mengukur
badan temannya
dengan
menggunakan
alat satuan ukur
baku
Siswa kurang
mampu
mengukur
badan temannya
dengan
menggunakan
alat satuan ukur
baku
Siswa tidak
mampu
mengukur
badan temannya
dengan
menggunakan
alat satuan ukur
baku

Sikap toleransi
dan tanggung
jawab
Siswa secara
bergantian
mengukur
badan temannya
dengan
menunjukkan
sikap toleransi
dan tanggung
jawab.
Siswa secara
bergantian
mengukur
badan temannya
dengan
menunjukkan
sikap cukup
toleransi dan
tanggung jawab
Siswa secara
bergantian
mengukur
badan temannya
dengan
menunjukkan
sikap kurang
toleransi dan
tanggung jawab
Siswa secara
bergantian
mengukur
badan temannya
dengan
menunjukkan
sikap tidak
toleransi dan
tanggung jawab

Keterampilan
Siswa mampu
menunjukkan
keterampilannya
dalam melakukan
pengukuran.
Siswa cukup
mampu
menunjukkan
keterampilannya
dalam melakukan
pengukuran
Siswa kurang
mampu
menunjukkan
keterampilannya
dalam melakukan
pengukuran
Siswa belum
mampu
menunjukkan
keterampilannya
dalam melakukan
pengukuran

F. Sumber dan Media
1.      Gambar Edo bermain gejala alam
2.      Gambar hasil karya relief
3.      Gambar Edo sedang mengukur lingkar leher temannya



Mengetahui,                                                                        Tijue, 16 Februari 2016
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas II,




PARIANTI, S.Pd                                                             YUSLINA, S.Pd
NIP. 19690318 199504 2 001                                           NIP. 19611124 198309 2 001



Lembar Kerja Siswa
(LKS)

Tulis hasil pengukuran dengan menggunakan sentimeter sebagai satuan



1.   Bandingkanlah tabel hasil pengukuranmu dengan temanmu dalam satu kelompok untuk memeriksa kebena ran nya.
2. Bacakan hasil pengukuran kelompokmu di depan kelas

MEDIA
TEMA 6 KELAS 2 SUB 2 PB 6
 

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors