RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester : 4/II
Tema 6 :
Indahnya Negeriku
Sub
Tema 3/ Pembelajaran : Indahnya Peninggalan Sejarah/ 1
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A. Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Matematika
1.1 Menerima,
menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan
sikap kritis, cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli,
disiplin waktu, tidak mudah menyerah serta bertanggung jawab dalam mengerjakan
tugas
3.14 Menentukan
hubungan antara satuan dan atribut pengukuran termasuk luas dan keliling
persegi panjang
3.14.1 Menjelaskan
hubungan antara satuan dan atribut pengukuran termasuk luas dan keliling
persegi panjang
4.16 Menyajikan
hasil pengukuran panjang atau berat berdasarkan pembulatan yang disajikan dalam
bentuk tabel sederhana
4.16.1 Menghitung
luas dan keliling berdasarkan sketsa situs zaman batu.
b) IPS
1.3 Menerima
karunia Tuhan YME yang telah menciptakan manusia dan lingkungannya
2.3 Menunjukkan
perilaku santun, toleran dan peduli dalam melakukan interaksi sosial dengan lingkungan
dan teman sebaya
3.5 Memahami
manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan
ekonomi
3.5.1 Menjelaskan
interaksi manusia dengan lingkungan alam di zaman prasejarah
4.5 Menceritakan
manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan
ekonomi
4.5.2 Menceritakan
interaksi manusia dan lingkungan alam di zaman prasejarah
c) IPA
1.1 Bertambah
keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad
raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya, serta mewujudkannya dalam pengamalan
ajaran agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; obyektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hatihati; bertanggung jawab; terbuka; dan peduli lingkungan) dalam aktivitas
sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah dan
berdiskusi
2.2 Menghargai
kerja individu dan kelompok dalam aktivitas seharihari sebagai wujud
implementasi melaksanakan penelaahan fenomena alam secara mandiri maupun berkelompok
3.7 Mendeskripsikan
hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan, teknologi, dan masyarakat
3.7.1 Menjelaskan
hubungan antara sumber daya alam, teknologi, dan masyarakat.
4.7 Menyajikan
laporan hasil pengamatan tentang teknologiyang digunakan di kehidupan sehari-hari
serta kemudahan yang diperoleh oleh masyarakat dengan memanfaatkan teknologi
tersebut
4.7.1 Membandingkan
teknologi zaman batu dan teknologi modern.
d) Bahasa Indonesia
1.2 Mengakui dan
mensyukuri anugerah Tuhan yang Maha Esa atas keberadaan lingkungan dan sumber
daya alam, alat teknologi modern dan tradisional,
2.4 Memiliki
perilaku jujur dan santun terhadap nilai peninggalan sejarah dan perkembangan
Hindu- Buddha di Indonesia melalui pemanfaatan Bahasa Indonesia
3.4 Menggali
informasi dari teks cerita petualangan tentang lingkungan dan sumber daya alam
dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan
memilih dan memilah kosakata baku
3.5 Menggali
informasi dari teks ulasan buku tentang nilai peninggalan sejarah dan
perkembangan Hindu- Buddha di Indonesia dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.4 Menyajikan teks
cerita petualangan tentang lingkungan dan sumber daya alam secara mandiri dalam
teks bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.4.1 Menentukan
gagasan utama teks petualangan
4.4.2 Mengambil
kesimpulan dari teks petualangan
4.5 Mengolah dan
menyajikan teks ulasan buku tentang nilai peninggalan sejarah dan perkembangan
Hindu-Buddha di Indonesia secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis
dengan memilih dan memilah
4.5.1 Mendeskripsikan
situs prasejarah berdasarkan teks petualangan
4.5.2 Membuat
kalimat menggunakan kosa kata baku
C. Deskripsi Materi
Pembelajaran :
•
Mengenal Keindahan
situs prasejarah zaman batu
•
Memilih dan memilah
informasi penting dari teks
petualangan
•
Mendiskusikan teknologi
zaman batu
D.
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4. Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa
kelompok
6. Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran
yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7. Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan
yaitu tentang “Indahnya Negeriku”.
8. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Dengan panduan guru, siswa menyanyikan lagu Indonesia
Pusaka karya Ismail Marzuki
o
Siswa memahami setiap bait lagu
o
Siswa menyimpulkan isi lagu setelah berdiskusi dalam
kelompok
o
Siswa menjawab pertanyaan yang terdapat dalam buku
siswa.
Guru bertanya
kepada siswa sebagai berikut:
o
Mengapa Indonesia
dipuja sejak dulu?
o
Sebutkan
peninggalan bersejarah di Indonesia yang menurutmu sangat indah dan
membanggakan. Berikan alasanmu.
o
Apa kesimpulanmu
tentang isi lagu di atas?
o
Guru menyampaikan
kepada siswa bahwa salah satu maha karya peninggalan zaman prasejarah yang
sekarang ini banyak diperbincangkan orang adalah situs prasejarah
o
Gunung Padang.
Kemudian, guru mengajukan pertanyaan:
·
Apakah kalian
tahu situs Gunung Padang terletak di mana?
·
Apa yang ingin
kalian ingin ketahui tentang situs Gunung Padang?
o
Guru meminta
siswa membaca senyap teks tentang Gunung Padang.
o
Siswa mengamati gambar dan membaca senyap teks
tentang petualangan tentang situs prasejarah Gunung Padang.
o
Siswa menemukan kalimat kunci yang menggambarkan
tentang keindahan situs
o
Gunung padang.
o
Siswa menuliskan kalimat kunci dan kesimpulan pada
bagan yang terdapat di buku siswa.
o
Guru meminta
siswa menjawab pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa.
·
Apa yang membuat
wisatawan dalam teks tertarik mengunjungi situs Gunung Padang?
·
Sebutkan 3
keindahan yang membuat wisatawan tersebut berdecak kagum.
o
Berdasarkan gambar dan teks, siswa mendeskripsikan
situs Gunung Padang pada bagan yang terdapat pada buku siswa.
o
Siswa menemukan dan menuliskan 10 kosakata baku baru
yang mereka temukan pada teks.
o
Siswa mencari arti kosakata baku tersebut di kamus.
o
Siswa memilih 4 kosakata baku yang mereka sukai.
o
Siswa membuat 4 kalimat menggunakan kosakata baku
tersebut.
o
Siswa menukarkan pekerjaan dengan pasangan dan siswa
saling memberikan komentar.
o
Siswa mengamati foto-foto Situs Gunung Padang.
o
Setelah mengamati gambar secara cermat, siswa
menyebutkan keindahan yang ditemukan di situs Gunung Padang dan menuliskan di
lembar yang telah disedikan di Buku Siswa.
o
Siswa mendiskusikan jawaban dalam kelompok.
o
Siswa menuliskan kesimpulan hasil diskusi di kolom
yang telah disediakan
o
Siswa membaca teks tentang situs Prasejarah Gunung
Padang.
o
Siswa menuliskan 5 hal penting yang mereka temukan
dalam teks tersebut di bagan yang terdapat dalam buku siswa.
o
Siswa menukar hasil pekerjaan mereka dengan pasangan
dan mendiskusikan alas an mengapa mereka menganggap hal tersebut penting.
o
Siswa saling memberikan komentar tentang hasil
pekerjaan pasangan mereka.
o
Siswa mengamati sketsa Teras yang terdapat di buku
siswa
o
Siswa memperhatikan atribut yang terdapat pada
masing-masing bangun (panjang, lebar, serta satuan)
o
Siswa menghitung keliling setiap teras berdasarkan
sketsa.
o
Siswa menjelaskan cara menghitung keliling kepada
pasangan masing-masing
o
Siswa membuat sketsa imajiner tentang situs
prasejarah, menentukan atribut bangun, menentukan panjang dan lebar.
o
Siswa menghitung luas setiap bangun yang terdapat
pada sketsa imajiner yang mereka buat.
o
Siswa menghitung keliling setiap bangun yang
terdapat pada sketsa imajiner yang mereka buat.
o
Siswa menyimpulkan tentang cara mencari luas dan
keliling sebuah bangun datar
o
Dengan panduan guru, siswa berdiskusi dalam kelompok
tentang teknologi yang digunakan masyarakat zaman batu dalam membangun situs
Gunung Padang.
o
Siswa mengaitkan bentuk arsitektur dan teknologi
yang digunakan untuk membangunnya.
o
Berdasarkan pengamatan terhadap gambar an teks,
siswa mendiskusikan dan membuat dugaan tentang interaksi manusia dengan
lingkungan alam pada zaman batu. Sebelumnya, siswa mendeskripsikan sumber
daya alam pada zaman batu.
o
Kemudian, siswa mengaitkan dengan kebutuhan dan
tindakan manusia.
o
Siswa menuliskan kesimpulan hasil diskusi di buku
siswa
o
Ketika siswa
berdiskusi, guru berkeliling dari satu kelompok ke kelompoknya lainnya sambil
membuat catatan. Selain itu, guru juga memberikan motivasi kepada siswa agar
terlibat secara aktif dalam berdiskusi.
o
Siswa melakukan perenungan dengan menjawab
pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa (Sebutkan 3 hal yang kamu pelajari
hari ini, Bagian mana yang paling menarik menurutmu? Jelaskan, Bagian mana
yang masih belum kamu pahami?
o
Nilai-nilai luhur apa yang kamu pelajari?)
o
Guru dapat menambahkan pertanyaan perenungan berdasarkan
panduan yang terdapat pada lampiran 1, halaman 150, Buku Guru.
Pengayaan
o
Siswa membuat
sketsa imajiner tentang sebuah situs. Menentukan sendiri bentuk, panjang, dan
lebar situs tersebut.
o
Siswa menukar
sketsa yang mereka buat dengan pasangan.
o
Siswa menghitung
luas dan keliling situs tersebut.
o
Siswa menjelaskan
cara menghitung kepada pasangan masing-masing
Remedial
o
(Kegiatan
remedial diberikan kepada siswa yang belum tuntas dalam menguasai konsep).
o
Siswa yang belum
mampu menentukan gagasan utama suatu teks akan mengikuti program remedial
setelah pulang sekolah selama 30 menit. Siswa akan diberikan teks yang lebih
pendek (misalnya satu paragraf). Siswa dipandu untuk memahami kata per kata,
kalimat, dan akhirnya menarik kesimpulan.
o
Siswa yang belum
paham menyelesaikan soal-soal tentang penghitungan luas dan keliling bangun
datar akan mengikuti remedial setelah pulang sekolah. Guru dapat menggunakan
bangun datar/benda konkret untuk membantu siswa lebih paham tentang konsep
luas dan keliling.
o
Remedial juga
diberikan kepada siswa yang belum tuntas dalam menguasai pelajaran lainnya.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1. Melakukan penilaian hasil belajar
2. Melakukan repleksi
3. Menyampaikan pesan moral/belajar.
4. Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E. Penilaian :
1. Prosedur Penilaian
a. Penilaian Proses : Menggunakan format pengamatan
dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan pendahuluan sampai
dengan kegiatan akhir.
b. Penilaian Hasil Belajar : Menggunakan instrument
penilaian hasil belajar dengan tes lisan
(instrument terlampir).
2. Instrumen Penilaian
a. Penilaian Proses : 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar : Essay
(uraian).
Penilaian
1.
Daftar
Periksa Bahasa Indonesia tulisan siswa: Tempat Wisata di Daerahku
No
|
Kriteria
|
Ketercapaian
|
||
Ya
|
Tidak
|
|||
1
|
Siswa
mampu menentukan gagasan utama untuk setiap paragraf.
|
|||
2
|
Siswa
mampu mendeskripsikan situs zaman batu berdasarkan teks petualangan.
|
|||
3
|
Siswa
mampu memilih dan memilah kosakata baku berdasarkan
teks dan mencari arti di kamus
|
|||
4
|
Siswa
mampu menyimpulkan teks
|
2. Matematika
dinilai dengan skoring
3. IPA dinilai dengan daftar periksa.
No
|
Kriteria
|
Ketercapaian
|
||
Ya
|
Tidak
|
|||
1
|
Siswa
mampu mendeskripsikan hubungan antara sumber daya alam dan
teknologi zaman batu.
|
|||
2
|
Siswa
mampu menyebutkan sedikitnya 3 contoh teknologi di zaman batu
|
|||
3
|
Siswa
mampu membandingkan teknologi zaman batu dan zaman
modern.
|
4. IPS dinilai dengan daftar periksa.
No
|
Kriteria
|
Ketercapaian
|
||
Ya
|
Tidak
|
|||
1
|
Siswa
mampu menyebutkan contoh interaksi manusia dan lingkungan
alam di zaman batu
|
|||
2
|
Siswa
mampu menceritakan interaksi manusia dan lingkungan di
zaman batu
|
5.
Penilaian sikap (kreatif dan teliti)
terlampir
F. Sumber dan Media
-
Buku Guru
-
Buku Siswa
-
Gambar Situs
Prasejarah.
Mengetahui, Tijue,
……….………….., 2016
Kepala SD Negeri
2 Tijue Guru
Kelas IV,
PARIANTI, S.Pd
MALAROSTINA, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001 NIP. 19740605 200801 2 001
LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)
MEDIA
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment