Home » » TEMA 6 KELAS 4 SUB 3 PB 1

TEMA 6 KELAS 4 SUB 3 PB 1

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Saturday 7 January 2017



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                 : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                      : 4/II
Tema 6                                  : Indahnya Negeriku
Sub Tema 3/ Pembelajaran     : Indahnya Peninggalan Sejarah/ 1
Alokasi Waktu                       : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :

1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Matematika
1.1 Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan sikap kritis, cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu, tidak mudah menyerah serta bertanggung jawab dalam mengerjakan tugas
3.14 Menentukan hubungan antara satuan dan atribut pengukuran termasuk luas dan keliling persegi panjang
3.14.1 Menjelaskan hubungan antara satuan dan atribut pengukuran termasuk luas dan keliling persegi panjang
4.16 Menyajikan hasil pengukuran panjang atau berat berdasarkan pembulatan yang disajikan dalam bentuk tabel sederhana
4.16.1 Menghitung luas dan keliling berdasarkan sketsa situs zaman batu.

b) IPS
1.3 Menerima karunia Tuhan YME yang telah menciptakan manusia dan lingkungannya
2.3 Menunjukkan perilaku santun, toleran dan peduli dalam melakukan interaksi sosial dengan lingkungan dan teman sebaya
3.5 Memahami manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi
3.5.1 Menjelaskan interaksi manusia dengan lingkungan alam di zaman prasejarah
4.5 Menceritakan manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi
4.5.2 Menceritakan interaksi manusia dan lingkungan alam di zaman prasejarah

c) IPA
1.1 Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya, serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; obyektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hatihati; bertanggung jawab; terbuka; dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah dan berdiskusi
2.2 Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas seharihari sebagai wujud implementasi melaksanakan penelaahan fenomena alam secara mandiri maupun berkelompok
3.7 Mendeskripsikan hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan, teknologi, dan masyarakat
3.7.1 Menjelaskan hubungan antara sumber daya alam, teknologi, dan masyarakat.
4.7 Menyajikan laporan hasil pengamatan tentang teknologiyang digunakan di kehidupan sehari-hari serta kemudahan yang diperoleh oleh masyarakat dengan memanfaatkan teknologi tersebut
4.7.1 Membandingkan teknologi zaman batu dan teknologi modern.

d) Bahasa Indonesia
1.2 Mengakui dan mensyukuri anugerah Tuhan yang Maha Esa atas keberadaan lingkungan dan sumber daya alam, alat teknologi modern dan tradisional,
2.4 Memiliki perilaku jujur dan santun terhadap nilai peninggalan sejarah dan perkembangan Hindu- Buddha di Indonesia melalui pemanfaatan Bahasa Indonesia
3.4 Menggali informasi dari teks cerita petualangan tentang lingkungan dan sumber daya alam dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
3.5 Menggali informasi dari teks ulasan buku tentang nilai peninggalan sejarah dan perkembangan Hindu- Buddha di Indonesia dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.4 Menyajikan teks cerita petualangan tentang lingkungan dan sumber daya alam secara mandiri dalam teks bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.4.1 Menentukan gagasan utama teks petualangan
4.4.2 Mengambil kesimpulan dari teks petualangan
4.5 Mengolah dan menyajikan teks ulasan buku tentang nilai peninggalan sejarah dan perkembangan Hindu-Buddha di Indonesia secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah
4.5.1 Mendeskripsikan situs prasejarah berdasarkan teks petualangan
4.5.2 Membuat kalimat menggunakan kosa kata baku

C. Deskripsi Materi Pembelajaran :
         Mengenal Keindahan situs prasejarah zaman batu
         Memilih dan memilah informasi penting dari teks petualangan
         Mendiskusikan teknologi zaman batu

 D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Indahnya Negeriku”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Dengan panduan guru, siswa menyanyikan lagu Indonesia Pusaka karya Ismail Marzuki
o   Siswa memahami setiap bait lagu
o   Siswa menyimpulkan isi lagu setelah berdiskusi dalam kelompok
o   Siswa menjawab pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa.

Guru bertanya kepada siswa sebagai berikut:
o   Mengapa Indonesia dipuja sejak dulu?
o   Sebutkan peninggalan bersejarah di Indonesia yang menurutmu sangat indah dan membanggakan. Berikan alasanmu.
o   Apa kesimpulanmu tentang isi lagu di atas?
o   Guru menyampaikan kepada siswa bahwa salah satu maha karya peninggalan zaman prasejarah yang sekarang ini banyak diperbincangkan orang adalah situs prasejarah
o   Gunung Padang. Kemudian, guru mengajukan pertanyaan:
·         Apakah kalian tahu situs Gunung Padang terletak di mana?
·         Apa yang ingin kalian ingin ketahui tentang situs Gunung Padang?
o   Guru meminta siswa membaca senyap teks tentang Gunung Padang.
o   Siswa mengamati gambar dan membaca senyap teks tentang petualangan tentang situs prasejarah Gunung Padang.
o   Siswa menemukan kalimat kunci yang menggambarkan tentang keindahan situs
o   Gunung padang.
o   Siswa menuliskan kalimat kunci dan kesimpulan pada bagan yang terdapat di buku siswa.
o   Guru meminta siswa menjawab pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa.
·         Apa yang membuat wisatawan dalam teks tertarik mengunjungi situs Gunung Padang?
·         Sebutkan 3 keindahan yang membuat wisatawan tersebut berdecak kagum.
o   Berdasarkan gambar dan teks, siswa mendeskripsikan situs Gunung Padang pada bagan yang terdapat pada buku siswa.
o   Siswa menemukan dan menuliskan 10 kosakata baku baru yang mereka temukan pada teks.
o   Siswa mencari arti kosakata baku tersebut di kamus.
o   Siswa memilih 4 kosakata baku yang mereka sukai.
o   Siswa membuat 4 kalimat menggunakan kosakata baku tersebut.
o   Siswa menukarkan pekerjaan dengan pasangan dan siswa saling memberikan komentar.
o   Siswa mengamati foto-foto Situs Gunung Padang.
o   Setelah mengamati gambar secara cermat, siswa menyebutkan keindahan yang ditemukan di situs Gunung Padang dan menuliskan di lembar yang telah disedikan di Buku Siswa.
o   Siswa mendiskusikan jawaban dalam kelompok.
o   Siswa menuliskan kesimpulan hasil diskusi di kolom yang telah disediakan
o   Siswa membaca teks tentang situs Prasejarah Gunung Padang.
o   Siswa menuliskan 5 hal penting yang mereka temukan dalam teks tersebut di bagan yang terdapat dalam buku siswa.
o   Siswa menukar hasil pekerjaan mereka dengan pasangan dan mendiskusikan alas an mengapa mereka menganggap hal tersebut penting.
o   Siswa saling memberikan komentar tentang hasil pekerjaan pasangan mereka.
o   Siswa mengamati sketsa Teras yang terdapat di buku siswa
o   Siswa memperhatikan atribut yang terdapat pada masing-masing bangun (panjang, lebar, serta satuan)
o   Siswa menghitung keliling setiap teras berdasarkan sketsa.
o   Siswa menjelaskan cara menghitung keliling kepada pasangan masing-masing
o   Siswa membuat sketsa imajiner tentang situs prasejarah, menentukan atribut bangun, menentukan panjang dan lebar.
o   Siswa menghitung luas setiap bangun yang terdapat pada sketsa imajiner yang mereka buat.
o   Siswa menghitung keliling setiap bangun yang terdapat pada sketsa imajiner yang mereka buat.
o   Siswa menyimpulkan tentang cara mencari luas dan keliling sebuah bangun datar
o   Dengan panduan guru, siswa berdiskusi dalam kelompok tentang teknologi yang digunakan masyarakat zaman batu dalam membangun situs Gunung Padang.
o   Siswa mengaitkan bentuk arsitektur dan teknologi yang digunakan untuk membangunnya.
o   Berdasarkan pengamatan terhadap gambar an teks, siswa mendiskusikan dan membuat dugaan tentang interaksi manusia dengan lingkungan alam pada zaman batu. Sebelumnya, siswa mendeskripsikan sumber daya alam pada zaman batu.
o   Kemudian, siswa mengaitkan dengan kebutuhan dan tindakan manusia.
o   Siswa menuliskan kesimpulan hasil diskusi di buku siswa
o   Ketika siswa berdiskusi, guru berkeliling dari satu kelompok ke kelompoknya lainnya sambil membuat catatan. Selain itu, guru juga memberikan motivasi kepada siswa agar terlibat secara aktif dalam berdiskusi.
o   Siswa melakukan perenungan dengan menjawab pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa (Sebutkan 3 hal yang kamu pelajari hari ini, Bagian mana yang paling menarik menurutmu? Jelaskan, Bagian mana yang masih belum kamu pahami?
o   Nilai-nilai luhur apa yang kamu pelajari?)
o   Guru dapat menambahkan pertanyaan perenungan berdasarkan panduan yang terdapat pada lampiran 1, halaman 150, Buku Guru.

Pengayaan
o   Siswa membuat sketsa imajiner tentang sebuah situs. Menentukan sendiri bentuk, panjang, dan lebar situs tersebut.
o   Siswa menukar sketsa yang mereka buat dengan pasangan.
o   Siswa menghitung luas dan keliling situs tersebut.
o   Siswa menjelaskan cara menghitung kepada pasangan masing-masing

Remedial
o   (Kegiatan remedial diberikan kepada siswa yang belum tuntas dalam menguasai konsep).
o   Siswa yang belum mampu menentukan gagasan utama suatu teks akan mengikuti program remedial setelah pulang sekolah selama 30 menit. Siswa akan diberikan teks yang lebih pendek (misalnya satu paragraf). Siswa dipandu untuk memahami kata per kata, kalimat, dan akhirnya menarik kesimpulan.
o   Siswa yang belum paham menyelesaikan soal-soal tentang penghitungan luas dan keliling bangun datar akan mengikuti remedial setelah pulang sekolah. Guru dapat menggunakan bangun datar/benda konkret untuk membantu siswa lebih paham tentang konsep luas dan keliling.
o   Remedial juga diberikan kepada siswa yang belum tuntas dalam menguasai pelajaran lainnya.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Melakukan penilaian hasil belajar
2.   Melakukan repleksi
3.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
4.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E. Penilaian :
1. Prosedur Penilaian
a.       Penilaian Proses : Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan pendahuluan sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar : Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan tes  lisan (instrument terlampir).


2. Instrumen Penilaian
a.    Penilaian Proses               : 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar    :  Essay (uraian).



Penilaian

1.      Daftar Periksa Bahasa Indonesia tulisan siswa: Tempat Wisata di Daerahku
No
Kriteria
Ketercapaian
Ya
Tidak

1
Siswa mampu menentukan gagasan utama untuk setiap paragraf.



2
Siswa mampu mendeskripsikan situs zaman batu berdasarkan teks petualangan.



3
Siswa mampu memilih dan memilah kosakata baku berdasarkan teks dan mencari arti di kamus



4
Siswa mampu menyimpulkan teks




2. Matematika dinilai dengan skoring
3. IPA dinilai dengan daftar periksa.
No
Kriteria
Ketercapaian
Ya
Tidak

1
Siswa mampu mendeskripsikan hubungan antara sumber daya alam dan teknologi zaman batu.



2
Siswa mampu menyebutkan sedikitnya 3 contoh teknologi di zaman batu



3
Siswa mampu membandingkan teknologi zaman batu dan zaman modern.




4. IPS dinilai dengan daftar periksa.
No
Kriteria
Ketercapaian
Ya
Tidak

1
Siswa mampu menyebutkan contoh interaksi manusia dan lingkungan alam di zaman batu



2
Siswa mampu menceritakan interaksi manusia dan lingkungan di zaman batu




5. Penilaian sikap (kreatif dan teliti)
terlampir

F. Sumber dan Media
-          Buku Guru
-          Buku Siswa
-          Gambar Situs Prasejarah.



Mengetahui,                                                                        Tijue, ……….…………..,  2016
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas IV,



PARIANTI, S.Pd                                                              MALAROSTINA, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001                                            NIP. 19740605 200801 2 001





LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)

TEMA 6 KELAS 4 SUB 3 PB 1


MEDIA

TEMA 6 KELAS 4 SUB 3 PB 1

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors