RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester : 4/II
Tema 6 :
Indahnya Negeriku
Sub
Tema 3/ Pembelajaran : Indahnya Peninggalan Sejarah/ 2
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A. Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) PJOK
1.1 Menghargai
tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugerah Tuhan.
2.3 Menghargai
perbedaan karakteristik individual dalam melakukan berbagai aktifitas fisik
3.2 Memahami konsep
vasriasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor dan nonlokomotor untuk
membentuk gerakan dasar atletik jalan cepat dan lari melalui permainan dan atau
olahraga tradisional
3.2.1 Mengenal
konsep variasi dan kombinasi pola gerak dasar jalan cepat dan lari melalui
permainan estafet secara berkelompok
4.2 Mempraktikkan
kombinasi gerak dasar untuk membentuk gerakan dasar atletik jalan dan lari yang
dilandasi konsep gerak melalui permainan dan atau tradisional
4.2.1 Melakukan
lomba lari berkelompok dengan mengambil batu secara estafet
b) Bahasa Indonesia
1.2 Mengakui dan
mensyukuri anugerah Tuhan yang Maha Esa atas keberadaan lingkungan dan sumber
daya alam, alat teknologi modern dan tradisional,
2.4 Memiliki
perilaku jujur dan santun terhadap nilai peninggalan sejarah dan perkembangan
Hindu- Buddha di Indonesia melalui pemanfaatan Bahasa Indonesia
3.5 Menggali
informasi dari teks ulasan buku tentang nilai peninggalan sejarah dan perkembangan
Hindu-Buddha di Indonesia dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia
lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
3.5.1 Menggali
informasi dari teks tentang nilai peninggalan sejarah.
4.3 Mengolah dan
menyajikan teks ulasan buku tentang nilai peninggalan sejarah dan perkembangan
Hindu-Buddha di Indonesia secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis
dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.3.1 Menyajikan
kesimpulan dari teks tentang nilai peninggalan sejarah.
c) IPA
1.1 Bertambah
keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad
raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya, serta mewujudkannya dalam pengamalan
ajaran agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; obyektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hatihati; bertanggung jawab; terbuka; dan peduli lingkungan) dalam aktivitas
sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah dan
berdiskusi
2.2 Menghargai
kerja individu dan kelompok dalam aktivitas seharihari sebagai wujud
implementasi melaksanakan penelaahan fenomena alam secara mandiri maupun
berkelompok
3.7 Mendeskripsikan
hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan, teknologi, dan masyarakat
3.7.1 Mendeskripsikan
hubungan antara benda peninggalan zaman batu dan teknologi yang digunakan
masyarakatnya.
4.1 Menyajikan
laporan hasil pengamatan tentang teknologi yang digunakan di kehidupan sehari-hari
serta kemudahan yang diperoleh oleh masyarakat dengan memanfaatkan teknologi
tersebut
4.1.1 Menulis
laporan tentang hasil Analisis teks tentang teknologi zaman batu..
C. Deskripsi Materi
Pembelajaran :
·
Melakukan permainan
kelompok “Punden
·
Berundak-undak”
·
Menggali informasi tentang
keanekaragaman peninggalan
zaman batu
·
Mendeskripsikan
teknologi zaman batu
D.
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4. Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa
kelompok
6. Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran
yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7. Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan
yaitu tentang “Indahnya Negeriku”.
8. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Guru menjelaskan
kepada siswa bahwa situs prasejarah
o
Gunung Padang dan
situs batu besar lainnya yang ada di Indonesia bisa dibangun berkat
kebersamaan dan gotong royong.
o
Nilai-nilai mulia
dan luhur tersebut membuat Indonesia disegani oleh berbagai negara di dunia.
Apa saja manfaat dari kebersamaan dan gotong royong?
o
Untuk menjawab
pertanyaan tersebut, Guru meminta siswa melakukan simulasi melalui permainan “Membangun
Punden Berundak-undak”.
•
Siswa berbaris
dengan tertib menuju lapangan sekolah.
•
Sebelum memulai
kegiatan, guru meminta siswa berdoa sesuai dengan kepercayaan masing-masing.
•
Siswa mendengarkan
penjelasan dari guru tentang tata cara melakukan permainan punden
berundak-undak.
•
Sebelum melakukan
permainan, siswa memperhatikan guru mendemonstrasikan keterampilan yang harus
dimiliki siswa dalam permainan ini, yaitu sikap jalan dan lari yang benar.
•
Siswa melakukan
permainan secara berkelompok.
•
Setelah selesai
bermain, siswa kembali ke kelas.
•
Siswa berdiskusi
dalam kelompok dan menyimpulkan 4 hal (berikut penjelasan) yang mereka
pelajari dari permainan punden berundak-undak dengan melengkapi grafik
berikut.
o
Siswa menjawab
pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa (manfaat yang diperoleh dari
permainan serta nilai-nilai yang harus dimiliki oleh anggota tim agar tujuan tercapai)
•
Siswa mengamati
gambar yang terdapat dalam buku siswa.
o
Guru menyampaikan
kepada siswa bahwa mereka baru saja melakukan permainan membangun punden
berundak-undak secara berkelompok. Punden berundak-undak adalah salah satu
peninggalan zaman prasejarah, yang bangunannya terbuat dari batu. Betapa
indahnya kebersamaan dan persatuan nenek moyang kita di zaman itu sehingga
dapat menghasilkan bangunan-bangunan besar dan megah seperti punden
berundak-undak.
o
Selain punden
berundak-undak, masih banyak lagi hasil karya di zaman batu.
•
Setelah mengamati
gambar peninggalan zaman batu, siswa menulis 5 pertanyaan yang mereka ingin
ketahui lebih jauh tentang benda-benda tersebut.
•
Siswa saling
bertukar pertanyaan yang telah mereka buat dengan pasangan masingmasing.
•
Siswa mendiskusikan
jawaban dari pertanyaan tersebut secara bersama-sama.
•
Siswa
mendeskripsikan salah satu benda yang mereka amati dari gambar tadi.
•
Siswa menuliskan
bangunan yang mereka paling sukai disertai dengan alasan.
•
Berdasarkan
Analisis dari gambar, siswa mengungkapkan pendapat mereka secara tertulis
tentang bagaimana cara membuat bangunan tersebut.
•
Siswa menjawab
pertanyaan tentang keterkaitan bangunan zaman batu dan nilai-nilai kebersamaan
dan gotong royong.
o
Guru menyampaikan
bahwa pada zaman prasejarah, bangunan batu didirikan dengan tujuan untuk
kebutuhan kelompok, terutama digunakan dalam pemujaan terhadap roh nenek
moyang. Bangunan batu besar ini banyak ditemukan hampir di seluruh pelosok
nusantara. Guru memandu siswa membaca teks tentang peninggalan batu
o
Siswa membaca teks tentang peninggalan zaman batu,
yaitu: Menhir, Dolmen, sarkofagus, punden berundak-undak, dan arca.
o
Setelah mengamati gambar dan membaca teks, siswa
memilih salah satu bangunan yang mereka sukai dan kemudian mendeskripsikan bangunan
tersebut serta rinci. Selain itu, siswa juga perlu menambahkan pendapat
mereka tentang cara membuat bangunan tersebut.
o
Siswa mengamati gambar dan membaca teks tentang
teknologi dan peralatan yang digunakan masyarakat pada zaman batu. Kemudian,
siswa memasangkan antara gambar dan teks.
o
Setelah mengamati gambar dan menggali informasi dari
teks, siswa berdiskusi dalam kelompok untuk menjawab pertanyaan yang terdapat
dalam Buku Siswa (ciri-ciri peralatan yang digunakan pada zaman batu,
kegunaan alat, dan membandingkan dengan peralatan di zaman modern)
o
Siswa membuat kesimpulan menggunakan kata-kata
sendiri berdasarkan gambar dan teks sebelumnya.
o
Siswa melakukan perenungan dengan menjawab
pertanyaan yang terdapat di Buku Siswa.
o
Guru dapat menambahkan pertanyaan perenungan
berdasarkan panduan yang terdapat pada lampiran 1, halaman 150, Buku Guru.
Pengayaan
•
Siswa membaca teks tambahan tentang peninggalan
zaman batu yang diambil dari buku-buku referensi perpustakaan atau dari
berbagai situs internet (disesuaikan dengan potensi sekolah)
Remedial
o
(Kegiatan remedial diberikan kepada siswa yang belum
tuntas dalam menguasai konsep).
o
Siswa yang masih memerlukan penguatan dalam
mendeskripsikan benda serta menghubungkan antara benda prasejarah dengan
teknologi akan mengikuti kegiatan remedial selama 30 menit setelah pulang
sekolah. Guru dapat menggunakan benda konkret untuk membantu siswa dalam
melakukan pengamatan secara detail dan menuliskan secara detail pula.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1. Melakukan penilaian hasil belajar
2. Melakukan repleksi
3. Menyampaikan pesan moral/belajar.
4. Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E. Penilaian :
1. Prosedur Penilaian
a. Penilaian Proses : Menggunakan format pengamatan
dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan pendahuluan sampai
dengan kegiatan akhir.
b. Penilaian Hasil Belajar : Menggunakan instrument
penilaian hasil belajar dengan tes lisan
(instrument terlampir).
2. Instrumen Penilaian
a. Penilaian Proses : 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar : Essay
(uraian).
Penilaian
1. PJOK dinilai
dengan Rubrik.
Teknik
pengambilan nilai
Pengambilan
nilai untuk materi ini adalah lomba lari dengan mengambil batu secara Estafet
Kriteria
|
Sangat Baik
|
Baik
|
Cukup
|
Melakukan
gerak
dasar
lari
|
-
Kaki melangkah lebar dan secepat mungkin
-
Lengan diayunkan secara bergantian dan
konsisten
-
Sikap posisi badan agak condong ke depan
|
Jika
siswa mampu
melakukan
dua
kriteria
dengan
benar
|
Jika
siswa mampu
melakukan
satukriteria
dengan benar
|
Kecepatan
|
-
Dalam waktu 30 detik, siswa mampu mengumpulkan
batu sebanyak 7 batu atau lebih
|
Dalam
waktu 30
detik,
siswa mampu
mengumpulkan
batu
sebanyak 4-6 batu
|
Dalam
waktu
30 detik,
siswa mampu
mengumpulkan
batu
sebanyak 0-3
batu
|
2. IPA
dinilai dengan daftar periksa.
No
|
Kriteria
|
Ketercapaian
|
||
Ya
|
Tidak
|
|||
1
|
Siswa
mampu menuliskan sedikitnya 3 contoh teknologi zaman batu.
|
|
|
|
2
|
Siswa
mampu mendeskripsikan masing-masing teknologi beserta
kegunaannya
|
|
|
|
3
|
Siswa
mampu menuliskan 3 contoh teknologi zaman modern
|
|
|
|
4
|
Siswa
mampu mendeskripsikan setiap teknologi beserta kegunaannya masing-masing.
|
|
|
|
5
|
Siswa
mampu menyimpulkan perbedaan antara teknologi zaman batu dan zaman modern
|
|
|
3. Bahasa Indonesia dinilai dengan daftar periksa.
No
|
Kriteria
|
Ketercapaian
|
||
Ya
|
Tidak
|
|||
1
|
Siswa
mampu menuliskan informasi penting dari teks peninggalan
sejarah
|
|
|
|
2
|
Siswa
mampu menyajikan kesimpulan dari teks peninggalan sejarah.
|
|
|
4. Penilaian
sikap (kreatif dan teliti)
terlampir
F. Sumber dan Media
- Buku Guru
- Buku Siswa
- Batu-batu ukuran kecil berbentuk pipih.
Mengetahui, Tijue,
……….………….., 2016
Kepala SD Negeri
2 Tijue Guru
Kelas IV,
PARIANTI, S.Pd
MALAROSTINA, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001 NIP. 19740605 200801 2 001
LEMBAR KEJA SISWA
(LKS)
1. Sebutkan Keindahan yang kamu temukan pada
gambar di atas!
......................................................................................................................................................
......................................................................................................................................................
......................................................................................................................................................
......................................................................................................................................................
......................................................................................................................................................
......................................................................................................................................................
2. Diskusikan jawabanmu dalam kelompok dan tuliskan
kesimpulanmu pada kolom di bawah ini
......................................................................................................................................................
......................................................................................................................................................
......................................................................................................................................................
......................................................................................................................................................
......................................................................................................................................................
......................................................................................................................................................
......................................................................................................................................................
......................................................................................................................................................
......................................................................................................................................................
......................................................................................................................................................
......................................................................................................................................................
......................................................................................................................................................MEDIA
TEMA 6 KELAS 4 SUB 3 PB 1
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment