Home » » TEMA 6 KELAS 4 SUB 3 PB 2

TEMA 6 KELAS 4 SUB 3 PB 2

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Saturday 7 January 2017



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                 : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                     : 4/II
Tema 6                                  : Indahnya Negeriku
Sub Tema 3/ Pembelajaran     : Indahnya Peninggalan Sejarah/ 2
Alokasi Waktu                       : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :

1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) PJOK
1.1 Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugerah Tuhan.
2.3 Menghargai perbedaan karakteristik individual dalam melakukan berbagai aktifitas fisik
3.2 Memahami konsep vasriasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor dan nonlokomotor untuk membentuk gerakan dasar atletik jalan cepat dan lari melalui permainan dan atau olahraga tradisional
3.2.1 Mengenal konsep variasi dan kombinasi pola gerak dasar jalan cepat dan lari melalui permainan estafet secara berkelompok
4.2 Mempraktikkan kombinasi gerak dasar untuk membentuk gerakan dasar atletik jalan dan lari yang dilandasi konsep gerak melalui permainan dan atau tradisional
4.2.1 Melakukan lomba lari berkelompok dengan mengambil batu secara estafet

b) Bahasa Indonesia
1.2 Mengakui dan mensyukuri anugerah Tuhan yang Maha Esa atas keberadaan lingkungan dan sumber daya alam, alat teknologi modern dan tradisional,
2.4 Memiliki perilaku jujur dan santun terhadap nilai peninggalan sejarah dan perkembangan Hindu- Buddha di Indonesia melalui pemanfaatan Bahasa Indonesia
3.5 Menggali informasi dari teks ulasan buku tentang nilai peninggalan sejarah dan perkembangan Hindu-Buddha di Indonesia dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
3.5.1 Menggali informasi dari teks tentang nilai peninggalan sejarah.
4.3 Mengolah dan menyajikan teks ulasan buku tentang nilai peninggalan sejarah dan perkembangan Hindu-Buddha di Indonesia secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.3.1 Menyajikan kesimpulan dari teks tentang nilai peninggalan sejarah.

c) IPA
1.1 Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya, serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; obyektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hatihati; bertanggung jawab; terbuka; dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah dan berdiskusi
2.2 Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas seharihari sebagai wujud implementasi melaksanakan penelaahan fenomena alam secara mandiri maupun berkelompok
3.7 Mendeskripsikan hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan, teknologi, dan masyarakat
3.7.1 Mendeskripsikan hubungan antara benda peninggalan zaman batu dan teknologi yang digunakan masyarakatnya.
4.1 Menyajikan laporan hasil pengamatan tentang teknologi yang digunakan di kehidupan sehari-hari serta kemudahan yang diperoleh oleh masyarakat dengan memanfaatkan teknologi tersebut
4.1.1 Menulis laporan tentang hasil Analisis teks tentang teknologi zaman batu..

C. Deskripsi Materi Pembelajaran :
·         Melakukan permainan kelompok “Punden
·         Berundak-undak”
·         Menggali informasi tentang keanekaragaman peninggalan zaman batu
·         Mendeskripsikan teknologi zaman batu

 D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Indahnya Negeriku”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Guru menjelaskan kepada siswa bahwa situs prasejarah
o   Gunung Padang dan situs batu besar lainnya yang ada di Indonesia bisa dibangun berkat kebersamaan dan gotong royong.
o   Nilai-nilai mulia dan luhur tersebut membuat Indonesia disegani oleh berbagai negara di dunia. Apa saja manfaat dari kebersamaan dan gotong royong?
o   Untuk menjawab pertanyaan tersebut, Guru meminta siswa melakukan simulasi melalui permainan “Membangun Punden Berundak-undak”.
         Siswa berbaris dengan tertib menuju lapangan sekolah.
         Sebelum memulai kegiatan, guru meminta siswa berdoa sesuai dengan kepercayaan masing-masing.
         Siswa mendengarkan penjelasan dari guru tentang tata cara melakukan permainan punden berundak-undak.
         Sebelum melakukan permainan, siswa memperhatikan guru mendemonstrasikan keterampilan yang harus dimiliki siswa dalam permainan ini, yaitu sikap jalan dan lari yang benar.
         Siswa melakukan permainan secara berkelompok.
         Setelah selesai bermain, siswa kembali ke kelas.
         Siswa berdiskusi dalam kelompok dan menyimpulkan 4 hal (berikut penjelasan) yang mereka pelajari dari permainan punden berundak-undak dengan melengkapi grafik berikut.
o   Siswa menjawab pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa (manfaat yang diperoleh dari permainan serta nilai-nilai yang harus dimiliki oleh anggota tim agar tujuan tercapai)
         Siswa mengamati gambar yang terdapat dalam buku siswa.
o   Guru menyampaikan kepada siswa bahwa mereka baru saja melakukan permainan membangun punden berundak-undak secara berkelompok. Punden berundak-undak adalah salah satu peninggalan zaman prasejarah, yang bangunannya terbuat dari batu. Betapa indahnya kebersamaan dan persatuan nenek moyang kita di zaman itu sehingga dapat menghasilkan bangunan-bangunan besar dan megah seperti punden berundak-undak.
o   Selain punden berundak-undak, masih banyak lagi hasil karya di zaman batu.
         Setelah mengamati gambar peninggalan zaman batu, siswa menulis 5 pertanyaan yang mereka ingin ketahui lebih jauh tentang benda-benda tersebut.
         Siswa saling bertukar pertanyaan yang telah mereka buat dengan pasangan masingmasing.
         Siswa mendiskusikan jawaban dari pertanyaan tersebut secara bersama-sama.
         Siswa mendeskripsikan salah satu benda yang mereka amati dari gambar tadi.
         Siswa menuliskan bangunan yang mereka paling sukai disertai dengan alasan.
         Berdasarkan Analisis dari gambar, siswa mengungkapkan pendapat mereka secara tertulis tentang bagaimana cara membuat bangunan tersebut.
         Siswa menjawab pertanyaan tentang keterkaitan bangunan zaman batu dan nilai-nilai kebersamaan dan gotong royong.
o   Guru menyampaikan bahwa pada zaman prasejarah, bangunan batu didirikan dengan tujuan untuk kebutuhan kelompok, terutama digunakan dalam pemujaan terhadap roh nenek moyang. Bangunan batu besar ini banyak ditemukan hampir di seluruh pelosok nusantara. Guru memandu siswa membaca teks tentang peninggalan batu
o   Siswa membaca teks tentang peninggalan zaman batu, yaitu: Menhir, Dolmen, sarkofagus, punden berundak-undak, dan arca.
o   Setelah mengamati gambar dan membaca teks, siswa memilih salah satu bangunan yang mereka sukai dan kemudian mendeskripsikan bangunan tersebut serta rinci. Selain itu, siswa juga perlu menambahkan pendapat mereka tentang cara membuat bangunan tersebut.
o   Siswa mengamati gambar dan membaca teks tentang teknologi dan peralatan yang digunakan masyarakat pada zaman batu. Kemudian, siswa memasangkan antara gambar dan teks.
o   Setelah mengamati gambar dan menggali informasi dari teks, siswa berdiskusi dalam kelompok untuk menjawab pertanyaan yang terdapat dalam Buku Siswa (ciri-ciri peralatan yang digunakan pada zaman batu, kegunaan alat, dan membandingkan dengan peralatan di zaman modern)
o   Siswa membuat kesimpulan menggunakan kata-kata sendiri berdasarkan gambar dan teks sebelumnya.
o   Siswa melakukan perenungan dengan menjawab pertanyaan yang terdapat di Buku Siswa.
o   Guru dapat menambahkan pertanyaan perenungan berdasarkan panduan yang terdapat pada lampiran 1, halaman 150, Buku Guru.


Pengayaan
         Siswa membaca teks tambahan tentang peninggalan zaman batu yang diambil dari buku-buku referensi perpustakaan atau dari berbagai situs internet (disesuaikan dengan potensi sekolah)

Remedial
o   (Kegiatan remedial diberikan kepada siswa yang belum tuntas dalam menguasai konsep).
o   Siswa yang masih memerlukan penguatan dalam mendeskripsikan benda serta menghubungkan antara benda prasejarah dengan teknologi akan mengikuti kegiatan remedial selama 30 menit setelah pulang sekolah. Guru dapat menggunakan benda konkret untuk membantu siswa dalam melakukan pengamatan secara detail dan menuliskan secara detail pula.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Melakukan penilaian hasil belajar
2.   Melakukan repleksi
3.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
4.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E. Penilaian :
1. Prosedur Penilaian
a.       Penilaian Proses : Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan pendahuluan sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar : Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan tes  lisan (instrument terlampir).

2. Instrumen Penilaian
a.    Penilaian Proses               : 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar    :  Essay (uraian).


Penilaian
1. PJOK dinilai dengan Rubrik.
Teknik pengambilan nilai
Pengambilan nilai untuk materi ini adalah lomba lari dengan mengambil batu secara Estafet

Kriteria
Sangat Baik
Baik
Cukup
Melakukan
gerak dasar
lari
-        Kaki melangkah lebar dan secepat mungkin
-        Lengan diayunkan secara bergantian dan konsisten
-        Sikap posisi badan agak condong ke depan

Jika siswa mampu
melakukan dua
kriteria dengan
benar
Jika siswa mampu
melakukan
satukriteria
dengan benar
Kecepatan
-          Dalam waktu 30 detik, siswa mampu mengumpulkan batu sebanyak 7 batu atau lebih

Dalam waktu 30
detik, siswa mampu
mengumpulkan batu
sebanyak 4-6 batu
Dalam waktu
30 detik, siswa mampu
mengumpulkan
batu sebanyak 0-3
batu

2. IPA dinilai dengan daftar periksa.
No
Kriteria
Ketercapaian
Ya
Tidak

1
Siswa mampu menuliskan sedikitnya 3 contoh teknologi zaman batu.




2
Siswa mampu mendeskripsikan masing-masing teknologi beserta kegunaannya




3
Siswa mampu menuliskan 3 contoh teknologi zaman modern




4
Siswa mampu mendeskripsikan setiap teknologi beserta kegunaannya masing-masing.




5
Siswa mampu menyimpulkan perbedaan antara teknologi zaman batu dan zaman modern




3. Bahasa Indonesia dinilai dengan daftar periksa.
No
Kriteria
Ketercapaian
Ya
Tidak

1
Siswa mampu menuliskan informasi penting dari teks peninggalan sejarah




2
Siswa mampu menyajikan kesimpulan dari teks peninggalan sejarah.




4. Penilaian sikap (kreatif dan teliti)
terlampir

F. Sumber dan Media

  • Buku Guru
  • Buku Siswa
  • Batu-batu ukuran kecil berbentuk pipih.



Mengetahui,                                                                        Tijue, ……….…………..,  2016
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas IV,



PARIANTI, S.Pd                                                              MALAROSTINA, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001                                            NIP. 19740605 200801 2 001





LEMBAR KEJA SISWA
(LKS)






1.    Sebutkan Keindahan yang kamu temukan pada gambar di atas!
......................................................................................................................................................
......................................................................................................................................................
......................................................................................................................................................
......................................................................................................................................................
......................................................................................................................................................
......................................................................................................................................................    
  
2.      Diskusikan jawabanmu dalam kelompok dan tuliskan kesimpulanmu pada kolom di bawah ini

......................................................................................................................................................
......................................................................................................................................................
......................................................................................................................................................
......................................................................................................................................................
......................................................................................................................................................
......................................................................................................................................................
......................................................................................................................................................
......................................................................................................................................................
......................................................................................................................................................
......................................................................................................................................................
......................................................................................................................................................
......................................................................................................................................................


MEDIA

TEMA 6 KELAS 4 SUB 3 PB 2

TEMA 6 KELAS 4 SUB 3 PB 2

TEMA 6 KELAS 4 SUB 3 PB 1

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors