Home » » TEMA 6 KELAS 4 SUB 3 PB 3

TEMA 6 KELAS 4 SUB 3 PB 3

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Saturday 7 January 2017



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                 : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                     : 4/II
Tema 6                                  : Indahnya Negeriku
Sub Tema 3/ Pembelajaran     : Indahnya Peninggalan Sejarah/ 3
Alokasi Waktu                       : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :

1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) IPS
1.3 Menerima karunia Tuhan YME yang telah menciptakan manusia dan lingkungannya
2.3 Menunjukkan perilaku santun, toleran dan peduli dalam melakukan interaksi sosial dengan lingkungan dan teman sebaya
3.5 Memahami manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi
3.5.1 Memberikan contoh interaksi manusia dan lingkungan alam
4.5 Menceritakan manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi
4.5.1 Menceritakan interaksi manusia dengan peninggalan bersejarah

b) Bahasa Indonesia
1.2 Mengakui dan mensyukuri anugerah Tuhan yang Maha Esa atas keberadaan lingkungan dan sumber daya alam, alat teknologi modern dan tradisional,
2.4 Memiliki perilaku jujur dan santun terhadap nilai peninggalan sejarah dan perkembangan Hindu- Buddha di Indonesia melalui pemanfaatan Bahasa Indonesia
3.5 Menggali informasi dari teks ulasan buku tentang nilai peninggalan sejarah dan perkembangan Hindu- Buddha di Indonesia dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
3.5.1 Menggali informasi dari teks peninggalan bersejarah.
4.5 Mengolah dan menyajikan teks ulasan buku tentang nilai peninggalan sejarah dan perkembangan Hindu-Buddha di Indonesia secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.5.1 Memilah dan memilih informasi penting dari teks peninggalan bersejarah

c) Matematika
1.1 Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan sikap kritis, cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu, tidak mudah menyerah serta bertanggung jawab dalam mengerjakan tugas
3.16 Menentukan nilai terkecil dan terbesar dari hasil pengukuran panjang atau berat berdasarkan pembulatan yang disajikan dalam bentuk tabel sederhana
3.16.1 Menentukan nilai terkecil dan terbesar berdasarkan data penelitian
4.15 Mengumpulkan dan menata data diskrit dan menampilkan data menggunakan bagan dan grafik termasuk grafik batang ganda, diagram garis, dan diagram lingkaran.
4.15.1 Menyajikan data diskrit kunjungan ke museum dalam bentuk grafik

d) PPKn
1.1 Menghargai kebhinnekatunggalikaan dan keragaman agama, suku bangsa, pakaian tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, upacara adat, sosial, dan ekonomi di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat sekitar
1.2 Menghargai kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat sekitar
2.1 Menunjukkan perilaku yang sesuai dengan hak dan kewajiban di rumah, sekolah, dan masyarakat sekitar
3.2 Memahami hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah, sekolah, dan masyarakat
3.2.1 Menyebutkan contoh hak dan kewajiban sebagai warga sehubungan dengan peninggalan sejarah
4.2 Melaksanakan kewajiban sebagai warga di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat
4.2.1 Menjabarkan kewajiban sebagai warga sehubungan dengan peninggalan bersejarah

C. Deskripsi Materi Pembelajaran :
o   Mengenal peninggalan zaman logam dan kegunaannya
o   Menceritakan interaksi manusia dengan benda peninggalan bersejarah
o   Menelaah data dan menyajikan dalam bentuk Grafik

 D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Indahnya Negeriku”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Guru menyampaikan bahwa setelah mengenal keindahan peninggalan bersejarah pada
o   Zaman batu, siswa mengenal lebih lanjut tentang keunikan dan keindahan peninggalan bersejarah pada zaman logam.
o   Siswa membaca teks pengantar tentang kunjungan ke museum.
o   Guru mengajukan pertanyaan untuk memancing rasa ingin tahu siswa:
-          Apa saja keindahan yang terdapat pada zaman perunggu?
-          Apa perbedaan zaman perunggu dan zaman modern?
-          Di manakah kita dapat melihat benda-benda peninggalan zaman perunggu?
o   Siswa menulis minimal 4 pertanyaan yang akan diajukan kepada pemandu museum seandainya mereka berkunjung ke Museum Nasional untuk mengetahui lebih lanjut tentang zaman logam.
o   Setelah menulis pertanyaan, siswa menggali informasi dari teks tentang zaman logam.
o   Siswa membaca teks tentang 3 tahapan zaman logam (zaman tembaga, zaman perunggu, dan zaman besi).
o   Dengan panduan guru, siswa mengemukan pendapat mereka tentang perbedaan zaman tembaga, zaman perunggu, dan zaman besi
o   Guru menekankan bahwa ZAMAN LOGAM di Indonesia didominasi oleh alat-alat dari perunggu sehingga zaman logam juga disebut ZAMAN PERUNGGU. Alat-alat besi yang ditemukan pada zaman logam jumlahnya sedikit dan bentuknya seperti alat-alat perunggu, sebab kebanyakan alat-alat besi ditemukan pada zaman sejarah.
o   Siswa mengamati gambar peninggalan zaman logam dan membaca teks di sampingnya (nekara, kapak, bejana, moko, candarasa, arca, perhiasan, dan manik-manik)
o   Setelah mengamati gambar dan membaca teks, siswa menyebutkan 3 benda bersejarah yang paling mereka sukai beserta alasan.
o   Siswa menulis secara ringkas nama-nama benda-benda di zaman logam beserta kegunaannya pada grafik yang terdapat di buku siswa.
o   Siswa diajak berimajinasi. Guru mengumpamakan mereka hidup di zaman logam.
o   Guru meminta mereka membuat sebuah rancangan (gambar) hasil karya zaman logam dengan motif sendiri.
o   Siswa diminta menyebutkan benda-benda di zaman modern ini yang mirip dengan benda-benda di zaman logam.
o   Siswa menyebutkan perbedaan benda tersebut dari segi kegunaannya bagi manusia.
o   Dengan panduan guru, siswa mendiskusikan hal yang harus dilakukan oleh warga negara yang baik untuk melestarikan peninggalan bersejarah.
o   Siswa mengungkapkan apa yang dapat mereka lakukan agar orang-orang di sekitar mereka lebih mengenal lagi peninggalan bersejarah Indonesia.
o   Siswa menyebutkan manfaat mengenal peninggalan bersejarah.
o   Siswa menuliskan jawaban mereka di buku siswa.
o   Siswa menelaah data tentang kunjungan ke Museum Nasional berikut.
o   Siswa mendiskusikan dalam kelompok apa makna dari data tersebut.
o   Setelah berdiskusi, siswa menjawab pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa
o   (Siapa yang paling banyak berkunjung berdasarkan usia? Siapa yang paling banyak berkunjung berdasarkan pekerjaan? Siapa yang paling sedikit berkunjung berdasarkan jenis kelamin? Kemudian, siswa membuat kesimpulan).
o   Guru menjelaskan bahwa survei ini dilakukan terhadap 60 orang pengunjung. Hasilnya dinyatakan dalam bentuk persen. Guru kembali mengingatkan siswa tentang persen dan hubungannya dengan pecahan. Hal ini menjadi dasar bagi siswa untuk menjawab pertanyaan berikutnya.
o   Siswa kembali diminta mengamati tabel dan menjawab pertanyaan yang terdapat di buku siswa (Berapa orang pelajar yang berkunjung? Berapa orang ibu rumah tangga yang berkunjung? Berapa orang perempuan yang berkunjung?
o   Siswa membuat grafik batang berdasarkan data dari tabel.
o   Siswa mempresentasikan grafik batang yang telah mereka buat di dalam kelompok.
o   Siswa melakukan perenungan dengan menjawab pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa (3 hal yang mereka pelajari di hari ini tersebut, bagian yang sudah mereka pahami dengan baik, bagian yang belum dipahami, serta hal apa yang mereka ingin ketahui lebih lanjut).
o   Guru dapat menambahkan pertanyaan perenungan berdasarkan panduan yang terdapat pada lampiran 1, halaman 150, Buku Guru.

Pengayaan
o   Siswa membaca teks tambahan tentang peninggalan zaman logam yang diambil dari buku-buku referensi perpustakaan atau dari berbagai situs internet (disesuaikan dengan potensi sekolah)

Remedial
o      (Kegiatan remedial diberikan kepada siswa yang belum tuntas dalam menguasai konsep).
o      Siswa yang masih memerlukan penguatan dalam memahami konsep persen akan mengikuti kegiatan remedial selama 30 menit setelah pulang sekolah. Guru dapat menggunakan media konkret untuk memudahkan siswa memahami konsep. Guru dapat mengenalkan konsep dari yang sederhana.
o      Siswa yang masih memerlukan penguatan dalam memahami konsep data dan grafik akan mengikuti kegiatan remedial selama 30 menit setelah pulang sekolah. Guru dapat menggunakan media konkret untuk memudahkan siswa memahami konsep.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Melakukan penilaian hasil belajar
2.   Melakukan repleksi
3.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
4.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E. Penilaian :
1. Prosedur Penilaian
a.       Penilaian Proses : Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan pendahuluan sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar : Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan tes  lisan (instrument terlampir).

2. Instrumen Penilaian
a.    Penilaian Proses               : 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar    :  Essay (uraian).


Penilaian

1.      Daftar Periksa Bahasa Indonesia tulisan siswa: Tempat Wisata di Daerahku
No
Kriteria
Ketercapaian
Ya
Tidak

1
Siswa dapat menyebutkan sedikitnya 5 contoh benda peninggalan zaman logam




2
Siswa dapat menjelaskan fungsi benda tersebut bagi masyarakat di zamannya.




3
Siswa mampu membuat gambar sebuah benda zaman logam dengan motif kreasi sendiri.




4
Siswa mampu menyebutkan contoh benda-benda zaman modern yang mirip dengan benda peninggalan zaman logam.





Siswa mampu menemukan persamaan dan perbedaan benda peninggalan zaman logam dan zaman modern





Siswa mampu menceritakan interaksi manusia dengan benda-benda peninggalan bersejarah




2. PPKn dinilai dengan rubrik diskusi.
Kriteria
Sangat Baik
Baik
Cukup
Mendengarkan
Selalu mendengarkan
teman yang sedang berbicara
Mendengarkan
teman yang berbicara, namun sesekali masih
perlu diingatkan.

Masih perlu
diingatkan untuk
mendengarkan
teman yang
sedang berbicara
Komunikasi nonverbal (kontak mata, bahasa tubuh, postur, ekspresi wajah, suara)
Merespon dan
menerapkan
komunikasi nonverbal dengan tepat.
Merespon dengan
tepat terhadap
komunikasi non-verbal yang ditunjukkan teman.
Membutuhkan
bantuan dalam
memahami
bentuk komunikasi
non-verbal yang
ditunjukkan
teman.
Partisipasi
(menyampaikan
ide, perasaan,
pikiran)
Isi pembicaraan
menginspirasi
teman. Selalu
mendukung dan memimpin lainnya saat diskusi.
Berbicara dan menerangkan
secara rinci, merespon sesuai dengan topik.
Jarang berbicara
Selama proses diskusi berlangsung.

3. Bahasa Indonesia dinilai dengan daftar periksa
No
Kriteria
Ketercapaian
Ya
Tidak
1
Siswa dapat menggali sedikitnya 5 informasi penting dari
teks peninggalan zaman logam.


2
Siswa mampu memilih dan memilah informasi penting dari teks zaman logam


3
Siswa mampu menyimpulkan isi teks.



4. Matematika dinilai dengan daftar periksa 
No
Kriteria
Ketercapaian
Ya
Tidak

1
Siswa mampu menentukan pengunjung museum yang lebih banyak berdasarkan usia dalam bentuk persen dan desimal.




2
Siswa mampu menentukan pengunjung museum yang lebih banyak berdasarkan pekerjaan dalam bentuk desimal dan persen




3
Siswa mampu menentukan pengunjung museum yang lebih sedikit berdasarkan jenis kelamin dalam bentuk desimal dan persen.




4
Siswa mampu menentukan jumlah pelajar yang berkunjung




5
Siswa mampu menentukan jumlah ibu rumah tangga yang berkunjung.




6
Siswa mampu menentukan jumlah perempuan yang berkunjung




7
Siswa mampu membuat grafik batang berdasarkan table




8
Siswa mampu mempresentasikan grafik batang dengan baik




5. Penilaian sikap (kreatif dan teliti)
terlampir

F. Sumber dan Media
-          Buku Guru
-          Buku Siswa
-          Gambar Situs Prasejarah.


Mengetahui,                                                                        Tijue, ……….…………..,  2016
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas IV,



PARIANTI, S.Pd                                                                         MALAROSTINA, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001                                            NIP. 19740605 200801 2 001


LEMBAR KEJA SISWA


No

Benda Zaman Sejarah


Nama Benda


Kegunaan
1.




 2.
 



 3.




 4.




MEDIA
TEMA 6 KELAS 4 SUB 3 PB 3
           MOKO                                                                     NEKARA PERUNGGU

TEMA 6 KELAS 4 SUB 3 PB 3
CANDRASA

TEMA 6 KELAS 4 SUB 3 PB 3
KAPAK PERUNGGU                                                                                      CETAKAN PERUNGGU


Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors