RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester : 4/II
Tema 6 :
Indahnya Negeriku
Sub
Tema 3/ Pembelajaran : Indahnya Peninggalan Sejarah/ 3
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A. Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) IPS
1.3 Menerima
karunia Tuhan YME yang telah menciptakan manusia dan lingkungannya
2.3 Menunjukkan perilaku
santun, toleran dan peduli dalam melakukan interaksi sosial dengan lingkungan
dan teman sebaya
3.5 Memahami
manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan
ekonomi
3.5.1 Memberikan
contoh interaksi manusia dan lingkungan alam
4.5 Menceritakan
manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan
ekonomi
4.5.1 Menceritakan
interaksi manusia dengan peninggalan bersejarah
b) Bahasa Indonesia
1.2 Mengakui dan
mensyukuri anugerah Tuhan yang Maha Esa atas keberadaan lingkungan dan sumber
daya alam, alat teknologi modern dan tradisional,
2.4 Memiliki
perilaku jujur dan santun terhadap nilai peninggalan sejarah dan perkembangan
Hindu- Buddha di Indonesia melalui pemanfaatan Bahasa Indonesia
3.5 Menggali informasi
dari teks ulasan buku tentang nilai peninggalan sejarah dan perkembangan Hindu-
Buddha di Indonesia dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan
dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
3.5.1 Menggali
informasi dari teks peninggalan bersejarah.
4.5 Mengolah dan
menyajikan teks ulasan buku tentang nilai peninggalan sejarah dan perkembangan
Hindu-Buddha di Indonesia secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis
dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.5.1 Memilah dan
memilih informasi penting dari teks peninggalan bersejarah
c) Matematika
1.1 Menerima,
menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan
sikap kritis, cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli,
disiplin waktu, tidak mudah menyerah serta bertanggung jawab dalam mengerjakan
tugas
3.16 Menentukan
nilai terkecil dan terbesar dari hasil pengukuran panjang atau berat
berdasarkan pembulatan yang disajikan dalam bentuk tabel sederhana
3.16.1 Menentukan
nilai terkecil dan terbesar berdasarkan data penelitian
4.15 Mengumpulkan
dan menata data diskrit dan menampilkan data menggunakan bagan dan grafik termasuk
grafik batang ganda, diagram garis, dan diagram lingkaran.
4.15.1 Menyajikan
data diskrit kunjungan ke museum dalam bentuk grafik
d) PPKn
1.1 Menghargai kebhinnekatunggalikaan
dan keragaman agama, suku bangsa, pakaian tradisional, bahasa, rumah adat,
makanan khas, upacara adat, sosial, dan ekonomi di lingkungan rumah, sekolah
dan masyarakat sekitar
1.2 Menghargai kebersamaan
dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah, sekolah,
dan masyarakat sekitar
2.1 Menunjukkan
perilaku yang sesuai dengan hak dan kewajiban di rumah, sekolah, dan masyarakat
sekitar
3.2 Memahami hak
dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah, sekolah, dan masyarakat
3.2.1 Menyebutkan
contoh hak dan kewajiban sebagai warga sehubungan dengan peninggalan sejarah
4.2 Melaksanakan
kewajiban sebagai warga di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat
4.2.1 Menjabarkan
kewajiban sebagai warga sehubungan dengan peninggalan bersejarah
C. Deskripsi Materi
Pembelajaran :
o
Mengenal peninggalan
zaman logam dan kegunaannya
o
Menceritakan interaksi
manusia dengan benda peninggalan
bersejarah
o
Menelaah data dan menyajikan
dalam bentuk Grafik
D.
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan kelas
4. Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa
kelompok
6. Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran
yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7. Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan
yaitu tentang “Indahnya Negeriku”.
8. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Guru menyampaikan
bahwa setelah mengenal keindahan peninggalan bersejarah pada
o
Zaman batu, siswa
mengenal lebih lanjut tentang keunikan dan keindahan peninggalan bersejarah
pada zaman logam.
o
Siswa membaca teks
pengantar tentang kunjungan ke museum.
o
Guru mengajukan
pertanyaan untuk memancing rasa ingin tahu siswa:
-
Apa saja keindahan yang terdapat pada zaman
perunggu?
-
Apa perbedaan zaman perunggu dan zaman modern?
-
Di manakah kita dapat melihat benda-benda
peninggalan zaman perunggu?
o
Siswa menulis
minimal 4 pertanyaan yang akan diajukan kepada pemandu museum seandainya mereka
berkunjung ke Museum Nasional untuk mengetahui lebih lanjut tentang zaman
logam.
o
Setelah menulis
pertanyaan, siswa menggali informasi dari teks tentang zaman logam.
o
Siswa membaca teks tentang 3 tahapan zaman logam
(zaman tembaga, zaman perunggu, dan zaman besi).
o
Dengan panduan guru, siswa mengemukan pendapat
mereka tentang perbedaan zaman tembaga, zaman perunggu, dan zaman besi
o
Guru menekankan bahwa ZAMAN LOGAM di Indonesia didominasi oleh
alat-alat dari perunggu sehingga zaman logam juga disebut ZAMAN PERUNGGU.
Alat-alat besi yang ditemukan pada zaman logam jumlahnya sedikit dan
bentuknya seperti alat-alat perunggu, sebab kebanyakan alat-alat besi
ditemukan pada zaman sejarah.
o
Siswa mengamati gambar peninggalan zaman logam dan
membaca teks di sampingnya (nekara, kapak, bejana, moko, candarasa, arca,
perhiasan, dan manik-manik)
o
Setelah mengamati gambar dan membaca teks, siswa
menyebutkan 3 benda bersejarah yang paling mereka sukai beserta alasan.
o
Siswa menulis secara ringkas nama-nama benda-benda
di zaman logam beserta kegunaannya pada grafik yang terdapat di buku siswa.
o
Siswa diajak berimajinasi. Guru mengumpamakan mereka
hidup di zaman logam.
o
Guru meminta mereka membuat sebuah rancangan
(gambar) hasil karya zaman logam dengan motif sendiri.
o
Siswa diminta menyebutkan benda-benda di zaman
modern ini yang mirip dengan benda-benda di zaman logam.
o
Siswa menyebutkan perbedaan benda tersebut dari segi
kegunaannya bagi manusia.
o
Dengan panduan guru, siswa mendiskusikan hal yang
harus dilakukan oleh warga negara yang baik untuk melestarikan peninggalan
bersejarah.
o
Siswa mengungkapkan apa yang dapat mereka lakukan
agar orang-orang di sekitar mereka lebih mengenal lagi peninggalan bersejarah
Indonesia.
o
Siswa menyebutkan manfaat mengenal peninggalan
bersejarah.
o
Siswa menuliskan jawaban mereka di buku siswa.
o
Siswa menelaah data tentang kunjungan ke Museum
Nasional berikut.
o
Siswa mendiskusikan dalam kelompok apa makna dari
data tersebut.
o
Setelah berdiskusi, siswa menjawab pertanyaan yang
terdapat dalam buku siswa
o
(Siapa yang paling banyak berkunjung berdasarkan
usia? Siapa yang paling banyak berkunjung berdasarkan pekerjaan? Siapa yang
paling sedikit berkunjung berdasarkan jenis kelamin? Kemudian, siswa membuat
kesimpulan).
o
Guru menjelaskan
bahwa survei ini dilakukan terhadap 60 orang pengunjung. Hasilnya dinyatakan
dalam bentuk persen. Guru kembali mengingatkan siswa tentang persen dan
hubungannya dengan pecahan. Hal ini menjadi dasar bagi siswa untuk menjawab pertanyaan
berikutnya.
o
Siswa kembali diminta mengamati tabel dan menjawab
pertanyaan yang terdapat di buku siswa (Berapa orang pelajar yang berkunjung?
Berapa orang ibu rumah tangga yang berkunjung? Berapa orang perempuan yang
berkunjung?
o
Siswa membuat grafik batang berdasarkan data dari
tabel.
o
Siswa mempresentasikan grafik batang yang telah
mereka buat di dalam kelompok.
o
Siswa melakukan perenungan dengan menjawab
pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa (3 hal yang mereka pelajari di hari
ini tersebut, bagian yang sudah mereka pahami dengan baik, bagian yang belum
dipahami, serta hal apa yang mereka ingin ketahui lebih lanjut).
o
Guru dapat menambahkan pertanyaan perenungan
berdasarkan panduan yang terdapat pada lampiran 1, halaman 150, Buku Guru.
Pengayaan
o
Siswa membaca teks tambahan tentang
peninggalan zaman logam yang diambil dari buku-buku referensi perpustakaan
atau dari berbagai situs internet (disesuaikan dengan potensi sekolah)
Remedial
o
(Kegiatan remedial diberikan kepada siswa yang belum
tuntas dalam menguasai konsep).
o
Siswa yang masih memerlukan penguatan dalam memahami
konsep persen akan mengikuti kegiatan remedial selama 30 menit setelah pulang
sekolah. Guru dapat menggunakan media konkret untuk memudahkan siswa memahami
konsep. Guru dapat mengenalkan konsep dari yang sederhana.
o
Siswa yang masih memerlukan penguatan dalam memahami
konsep data dan grafik akan mengikuti kegiatan remedial selama 30 menit
setelah pulang sekolah. Guru dapat menggunakan media konkret untuk memudahkan
siswa memahami konsep.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1. Melakukan penilaian hasil belajar
2. Melakukan repleksi
3. Menyampaikan pesan moral/belajar.
4. Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E. Penilaian :
1. Prosedur Penilaian
a. Penilaian Proses : Menggunakan format pengamatan
dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan pendahuluan sampai
dengan kegiatan akhir.
b. Penilaian Hasil Belajar : Menggunakan instrument
penilaian hasil belajar dengan tes lisan
(instrument terlampir).
2. Instrumen Penilaian
a. Penilaian Proses : 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar : Essay
(uraian).
Penilaian
1.
Daftar
Periksa Bahasa Indonesia tulisan siswa: Tempat Wisata di Daerahku
No
|
Kriteria
|
Ketercapaian
|
||
Ya
|
Tidak
|
|||
1
|
Siswa
dapat menyebutkan sedikitnya 5 contoh benda peninggalan
zaman logam
|
|
|
|
2
|
Siswa
dapat menjelaskan fungsi benda tersebut bagi masyarakat di
zamannya.
|
|
|
|
3
|
Siswa
mampu membuat gambar sebuah benda zaman logam dengan
motif kreasi sendiri.
|
|
|
|
4
|
Siswa
mampu menyebutkan contoh benda-benda zaman modern yang mirip dengan benda
peninggalan zaman logam.
|
|
|
|
|
Siswa
mampu menemukan persamaan dan perbedaan benda peninggalan zaman logam dan
zaman modern
|
|
|
|
|
Siswa
mampu menceritakan interaksi manusia dengan benda-benda peninggalan
bersejarah
|
|
|
2. PPKn dinilai dengan rubrik diskusi.
Kriteria
|
Sangat Baik
|
Baik
|
Cukup
|
Mendengarkan
|
Selalu mendengarkan
teman
yang sedang berbicara
|
Mendengarkan
teman
yang berbicara, namun sesekali masih
perlu
diingatkan.
|
Masih
perlu
diingatkan
untuk
mendengarkan
teman
yang
sedang berbicara
|
Komunikasi
nonverbal (kontak mata, bahasa tubuh, postur, ekspresi wajah, suara)
|
Merespon
dan
menerapkan
komunikasi
nonverbal dengan tepat.
|
Merespon
dengan
tepat
terhadap
komunikasi
non-verbal yang ditunjukkan teman.
|
Membutuhkan
bantuan
dalam
memahami
bentuk
komunikasi
non-verbal
yang
ditunjukkan
teman.
|
Partisipasi
(menyampaikan
ide,
perasaan,
pikiran)
|
Isi
pembicaraan
menginspirasi
teman.
Selalu
mendukung
dan memimpin lainnya saat diskusi.
|
Berbicara
dan menerangkan
secara
rinci, merespon sesuai dengan topik.
|
Jarang
berbicara
Selama proses
diskusi berlangsung.
|
3. Bahasa Indonesia
dinilai dengan daftar periksa
No
|
Kriteria
|
Ketercapaian
|
|
Ya
|
Tidak
|
||
1
|
Siswa
dapat menggali sedikitnya 5 informasi penting dari
teks
peninggalan zaman logam.
|
|
|
2
|
Siswa
mampu memilih dan memilah informasi penting dari teks zaman
logam
|
|
|
3
|
Siswa
mampu menyimpulkan isi teks.
|
|
|
4. Matematika
dinilai dengan daftar periksa
No
|
Kriteria
|
Ketercapaian
|
||
Ya
|
Tidak
|
|||
1
|
Siswa
mampu menentukan pengunjung museum yang lebih banyak
berdasarkan usia dalam bentuk persen dan desimal.
|
|
|
|
2
|
Siswa
mampu menentukan pengunjung museum yang lebih banyak berdasarkan pekerjaan
dalam bentuk desimal dan persen
|
|
|
|
3
|
Siswa
mampu menentukan pengunjung museum yang lebih sedikit berdasarkan jenis
kelamin dalam bentuk desimal dan persen.
|
|
|
|
4
|
Siswa
mampu menentukan jumlah pelajar yang berkunjung
|
|
|
|
5
|
Siswa
mampu menentukan jumlah ibu rumah tangga yang berkunjung.
|
|
|
|
6
|
Siswa
mampu menentukan jumlah perempuan yang berkunjung
|
|
|
|
7
|
Siswa
mampu membuat grafik batang berdasarkan table
|
|
|
|
8
|
Siswa
mampu mempresentasikan grafik batang dengan baik
|
|
|
5.
Penilaian sikap (kreatif dan teliti)
terlampir
F. Sumber dan Media
-
Buku Guru
-
Buku Siswa
-
Gambar Situs
Prasejarah.
Mengetahui, Tijue,
……….………….., 2016
Kepala SD Negeri
2 Tijue Guru
Kelas IV,
PARIANTI, S.Pd
MALAROSTINA, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001 NIP. 19740605 200801 2 001
LEMBAR KEJA SISWA
No
|
Benda
Zaman Sejarah
|
Nama
Benda
|
Kegunaan
|
1.
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
MEDIA
MOKO NEKARA PERUNGGU |
CANDRASA |
KAPAK PERUNGGU CETAKAN PERUNGGU |
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment