Home » » TEMA 6 KELAS 4 SUB 3 PB 4

TEMA 6 KELAS 4 SUB 3 PB 4

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Saturday 7 January 2017



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                 : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                     : 4/II
Tema 6                                  : Indahnya Negeriku
Sub Tema 3/ Pembelajaran    : Indahnya Peninggalan Sejarah/ 4
Alokasi Waktu                      : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :

1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) PPKn
1.1 Menghargai kebhinnekatunggalikaan dan keragaman agama, suku bangsa, pakaian tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, upacara adat, sosial, dan ekonomi di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat sekitar
1.2 Menghargai kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat sekitar
2.1 Menunjukkan perilaku yang sesuai dengan hak dan kewajiban di rumah, sekolah, dan masyarakat sekitar
2.2 Menunjukkan perilaku sesuai dengan hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah sekolah dan masyarakat sekitar
3.4 Memahami arti bersatu dalam keberagaman di rumah, sekolah dan masyarakat.
3.4.1 Mencontohkan dan menjelaskan nilai-nilai persatuan dalam kehidupan sehari-hari melalui kegiatan bersama di sekolah.
4.3 Bekerjasama dengan teman dalam keberagaman di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat.
4.3.1 Menerapkan nilai-nilai persatuan dalam kehidupan sehari-hari melalui kegiatan bersama di sekolah..

b) IPS
1.3 Menerima karunia Tuhan YME yang telah menciptakan manusia dan lingkungannya
2.3 Menunjukkan perilaku santun, toleran dan peduli dalam melakukan interaksi sosial dengan lingkungan dan teman sebaya
3.2 Memahami manusia, perubahan dan keberlanjutan dalam waktu pada masa praaksara, Hindu Buddha, Islam dalam aspek pemerintah, sosial, ekonomi, dan pendidikan.
3.2.1 Menyebutkan dan menjelaskan contoh-contoh perubahan yang terjadi dalam kehidupan bermasyarakat dari masa Hindu- Buddha hingga masa modern saat ini.
4.2 Merangkum hasil pengamatan dan menceritakan manusia, perubahan dan keberlanjutan dalam waktu pada masa praaksara, Hindu Buddha, Islam dalam aspek pemerintah, sosial, ekonomi, dan pendidikan
4.2.1 Menyimpulkan perbedaan kehidupan bermasyarakat antara masa Hindu Buddha dan masa sekarang.

c) IPA
1.1 Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya, serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; obyektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hatihati; bertanggung jawab; terbuka; dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah dan berdiskusi
2.2 Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas seharihari sebagai wujud implementasi melaksanakan penelaahan fenomena alam secara mandiri maupun berkelompok
3.7 Mendeskripsikan hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan, teknologi, dan masyarakat
3.7.1 Menjelaskan hubungan antara sumber daya alam, teknologi, dan masyarakat.
4.7 Menyajikan laporan hasil pengamatan tentang teknologi yang digunakan di kehidupan sehari-hari serta kemudahan yang diperoleh oleh masyarakat dengan memanfaatkan teknologi tersebut
4.7.1 Membandingkan teknologi zaman batu dan teknologi modern.

d) Bahasa Indonesia
1.2 Mengakui dan mensyukuri anugerah Tuhan yang Maha Esa atas keberadaan lingkungan dan sumber daya alam, alat teknologi modern dan tradisional,
2.4 Memiliki perilaku jujur dan santun terhadap nilai peninggalan sejarah dan perkembangan Hindu- Buddha di Indonesia melalui pemanfaatan Bahasa Indonesia
3.4 Menggali informasi dari teks cerita petualangan tentang lingkungan dan sumber daya alam dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
3.4.1 Menemukan informasi khusus dari teks candi Prambanan melalui kegiatan membaca dan mengidentifikasi gagasan utama pada setiap paragraf.
4.4 Menyajikan teks cerita petualangan tentang lingkungan dan sumber daya alam secara mandiri dalam teks bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.4.1 Melaporkan kegiatan membersihkan kelas dalam bentuk tulisan menggunakan kosa kata baku.

C. Deskripsi Materi Pembelajaran :
o   Menganalisis dan menerapkan nilai-nilai persatuan pada masa Hindu-Buddha dalam kehidupan sehari-hari.
o   Menganalisis perubahan yang terjadi dalam kehidupan bermasyarakat dari masa Hindu
o   Buddha hingga sekarang
o   Menemukan informasi khusus tentang peninggalan di masa Hindu

 D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Indahnya Negeriku”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.

15 menit
B.Kegiatan Inti
o  Siswa membaca teks, kemudian mencari kalimat utama dan menentukan gagasan utama dalam setiap paragraph
o  Siswa membaca teks tentang sejarah Indonesia pada masa kerajaan Majapahit dan
o  Buddha, kemudian berdiskusi dengan seorang teman untuk  menjawab pertanyaan berdasarkan bacaan.
o  Siswa mengamati contoh sikap-sikap yang mencerminkan persatuan dan yang tidak mencerminkan persatuan, kemudian memberikan tanda √ pada sikap-sikap yang mencerminkan nilai-nilai persatuan, dan tanda x pada sikap-sikap yang tidak mencerminkan nilai-nilai persatuan dan menuliskan alasannya.
o  Siswa menuliskan satu pengalaman mereka saat menerapkan nilai-nilai persatuan tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

Projek Kelas:
o  Siswa mengkoordinir satu kegiatan yang dilakukan oleh semua anggota kelas yang mencerminkan nilai-nilai persatuan.
o  Siswa akan melakukan diskusi kelas untuk memilih dan memutuskan jenis kegiatan yang akan dilakukan
o  Guru mengarahkan siswa untuk memilih kegiatan yang bermanfaat bagi siswa sendiri, atau bagi lingkungan sekitar.
o  Setiap siswa akan menuliskan rencana program mereka di buku dalam bentuk laporan, artinya setiap siswa akan menuliskan laporan yang sama.
Contoh bentuk laporan kegiatan yang diharapkan dari siswa: (materi tentang laporan telah dipelajari siswa di semester 1)

o  Siswa menulis tentang nilai-nilai apa yang telah dipelajari hari ini. Siswa diminta untuk memprediksi apa yang akan terjadi pada bangsa Indonesia jika tidak menerapkan nilai-nilai persatuan dalam kehidupan sehari-hari.

Contoh tulisan yang diharapkan datang dari siswa:
o  Jika bangsa Indonesia tidak bersatu, maka akan terjadi kekacauan dalam kehidupan bangsa Indonesia karena saat terjadi perbedaan pendapat bisa berakibat pada pertengkaran dan pertikaian.

PENGAYAAN
o  Siswa mencari informasi tambahan tentang kerajaan-kerajaan Hindu Buddha lainnya yang pernah berdiri di Indonesia dan menuliskan nama-nama kerajaan tersebut secara berurutan berdasarkan garis waktu.

REMEDIAL
o  (Kegiatan remedial diberikan kepada siswa yang belum tuntas dalam menguasai konsep).
o  Bagi siswa yang belum mahir menemukan gagasan utama, bisa diberikan kembali latihan menentukan gagasan utama dalam paragraf pendek

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Melakukan penilaian hasil belajar
2.   Melakukan repleksi
3.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
4.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E. Penilaian :
1. Prosedur Penilaian
a.       Penilaian Proses : Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan pendahuluan sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar : Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan tes  lisan (instrument terlampir).

2. Instrumen Penilaian
a.    Penilaian Proses               : 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar    :  Essay (uraian).


Penilaian
1.      Latihan Bahasa Indonesia menemukan gagasan utama diperiksa kebenarannya dan diberi skor.
2.      Daftar Periksa Bahasa Indonesia tulisan siswa : Laporan Kegiatan Menerapkan Nilai-Nilai Persatuan

No
Kriteria
Ketercapaian
Ya
Tidak

1
Mencantumkan judul laporan



2
Mencantumkan nama Kegiatan



3
Mencantumkan peserta kegiatan



4
Mencantumkan pelaksanaan kegiatan, lengkap dengan hari,
tanggal, waktu, dan tempat kegiatan



4
Mencantumkan pelaksanaan kegiatan



5
Mencantumkan penutup: hari dan tanggal penulisan laporan,
tanda tangan, dan nama jelas



6
Tulisan rapi dan terbaca



7
Menggunakan kosa kata baku



8
Pemakaian huruf besar dan tanda baca benar




3.        Tabel tulisan siswa tentang 10 perubahan/perbedaan kehidupan bermasyarakat di masa Hindu-Buddha dan masa sekarang, diperiksa kebenarannya dan diberi skor.
4.        Tugas Rumah IPS siswa membuat garis waktu kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia berdasarkan lini masa, diperiksa kebenarannya dan diberi skor.
5.        Penilaian sikap (rasa ingin tahu).
(Contoh terlampir di halaman 151 Buku Guru)..

F. Sumber dan Media
-          Buku Guru
-          Buku Siswa
-          Foto candi Prambanan dan candi-candi lain peninggalan masa Hindu-Buddha yang ada di Indonesia.
-          Paragraf-paragraf pendek untuk latihan tambahan menentukan gagasan utama.
-          Buku, koran, majalah, dan media elektronik untuk mencari informasi tambahan mengenai.


Mengetahui,                                                                        Tijue, ……….…………..,  2016
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas IV,



PARIANTI, S.Pd                                                              MALAROSTINA, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001                                            NIP. 19740605 200801 2 001


LEMBAR KEJA SISWA

Perhatikan gambar-gambar berikut:
Beri tanda v pada sikap-sikap yang mencerminkan nilai persatuan, dan tanda x pada perilaku yang tidak mencerminkan nilai persatuan, berikan alasannya.




Tuliskan satu perilaku/sikap yang pernah kamu lakukan yang mencerminkan nilainilai persatuan!
................................................................................................................................................ 
................................................................................................................................................  
................................................................................................................................................  
................................................................................................................................................ 
................................................................................................................................................ 
................................................................................................................................................ 
................................................................................................................................................ 
................................................................................................................................................ 

MEDIA

TEMA 6 KELAS 4 SUB 3 PB 4

 

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors