RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester : 4/II
Tema 6 :
Indahnya Negeriku
Sub
Tema 3/ Pembelajaran : Indahnya Peninggalan Sejarah/ 4
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A. Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) PPKn
1.1 Menghargai kebhinnekatunggalikaan
dan keragaman agama, suku bangsa, pakaian tradisional, bahasa, rumah adat,
makanan khas, upacara adat, sosial, dan ekonomi di lingkungan rumah, sekolah
dan masyarakat sekitar
1.2 Menghargai
kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di
lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat sekitar
2.1 Menunjukkan
perilaku yang sesuai dengan hak dan kewajiban di rumah, sekolah, dan masyarakat
sekitar
2.2 Menunjukkan
perilaku sesuai dengan hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan
sehari-hari di rumah sekolah dan masyarakat sekitar
3.4 Memahami arti
bersatu dalam keberagaman di rumah, sekolah dan masyarakat.
3.4.1 Mencontohkan
dan menjelaskan nilai-nilai persatuan dalam kehidupan sehari-hari melalui kegiatan
bersama di sekolah.
4.3 Bekerjasama
dengan teman dalam keberagaman di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat.
4.3.1 Menerapkan
nilai-nilai persatuan dalam kehidupan sehari-hari melalui kegiatan bersama di sekolah..
b) IPS
1.3 Menerima
karunia Tuhan YME yang telah menciptakan manusia dan lingkungannya
2.3 Menunjukkan
perilaku santun, toleran dan peduli dalam melakukan interaksi sosial dengan lingkungan
dan teman sebaya
3.2 Memahami
manusia, perubahan dan keberlanjutan dalam waktu pada masa praaksara, Hindu Buddha,
Islam dalam aspek pemerintah, sosial, ekonomi, dan pendidikan.
3.2.1 Menyebutkan
dan menjelaskan contoh-contoh perubahan yang terjadi dalam kehidupan bermasyarakat
dari masa Hindu- Buddha hingga masa modern saat ini.
4.2 Merangkum hasil
pengamatan dan menceritakan manusia, perubahan dan keberlanjutan dalam waktu pada
masa praaksara, Hindu Buddha, Islam dalam aspek pemerintah, sosial, ekonomi,
dan pendidikan
4.2.1 Menyimpulkan
perbedaan kehidupan bermasyarakat antara masa Hindu Buddha dan masa sekarang.
c) IPA
1.1 Bertambah
keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad
raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya, serta mewujudkannya dalam pengamalan
ajaran agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; obyektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hatihati; bertanggung jawab; terbuka; dan peduli lingkungan) dalam aktivitas
sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah dan
berdiskusi
2.2 Menghargai
kerja individu dan kelompok dalam aktivitas seharihari sebagai wujud implementasi
melaksanakan penelaahan fenomena alam secara mandiri maupun berkelompok
3.7 Mendeskripsikan
hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan, teknologi, dan masyarakat
3.7.1 Menjelaskan
hubungan antara sumber daya alam, teknologi, dan masyarakat.
4.7 Menyajikan
laporan hasil pengamatan tentang teknologi yang digunakan di kehidupan sehari-hari
serta kemudahan yang diperoleh oleh masyarakat dengan memanfaatkan teknologi
tersebut
4.7.1 Membandingkan
teknologi zaman batu dan teknologi modern.
d) Bahasa Indonesia
1.2 Mengakui dan
mensyukuri anugerah Tuhan yang Maha Esa atas keberadaan lingkungan dan sumber
daya alam, alat teknologi modern dan tradisional,
2.4 Memiliki
perilaku jujur dan santun terhadap nilai peninggalan sejarah dan perkembangan
Hindu- Buddha di Indonesia melalui pemanfaatan Bahasa Indonesia
3.4 Menggali
informasi dari teks cerita petualangan tentang lingkungan dan sumber daya alam
dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan
memilih dan memilah kosakata baku
3.4.1 Menemukan
informasi khusus dari teks candi Prambanan melalui kegiatan membaca dan mengidentifikasi
gagasan utama pada setiap paragraf.
4.4 Menyajikan teks
cerita petualangan tentang lingkungan dan sumber daya alam secara mandiri dalam
teks bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.4.1 Melaporkan
kegiatan membersihkan kelas dalam bentuk tulisan menggunakan kosa kata baku.
C. Deskripsi Materi
Pembelajaran :
o
Menganalisis dan
menerapkan nilai-nilai persatuan
pada masa Hindu-Buddha dalam
kehidupan
sehari-hari.
o
Menganalisis perubahan
yang terjadi dalam kehidupan
bermasyarakat dari masa Hindu
o
Buddha hingga sekarang
o
Menemukan informasi
khusus tentang peninggalan
di masa Hindu
D.
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4. Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa
kelompok
6. Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran
yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7. Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan
yaitu tentang “Indahnya Negeriku”.
8. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o Siswa membaca teks, kemudian mencari kalimat utama
dan menentukan gagasan utama dalam setiap paragraph
o Siswa membaca teks tentang sejarah Indonesia pada
masa kerajaan Majapahit dan
o Buddha, kemudian berdiskusi dengan seorang teman
untuk menjawab pertanyaan berdasarkan
bacaan.
o Siswa mengamati contoh sikap-sikap yang mencerminkan
persatuan dan yang tidak mencerminkan persatuan, kemudian memberikan tanda √
pada sikap-sikap yang mencerminkan nilai-nilai persatuan, dan tanda x pada
sikap-sikap yang tidak mencerminkan nilai-nilai persatuan dan menuliskan
alasannya.
o Siswa menuliskan satu pengalaman mereka saat
menerapkan nilai-nilai persatuan tersebut dalam kehidupan sehari-hari.
Projek Kelas:
o Siswa mengkoordinir satu kegiatan yang dilakukan
oleh semua anggota kelas yang mencerminkan nilai-nilai persatuan.
o Siswa akan melakukan diskusi kelas untuk memilih dan
memutuskan jenis kegiatan yang akan dilakukan
o Guru mengarahkan siswa untuk memilih kegiatan yang
bermanfaat bagi siswa sendiri, atau bagi lingkungan sekitar.
o Setiap siswa akan menuliskan rencana program mereka
di buku dalam bentuk laporan, artinya setiap siswa akan menuliskan laporan
yang sama.
Contoh bentuk laporan kegiatan yang diharapkan dari siswa: (materi
tentang laporan telah dipelajari siswa di semester 1)
o Siswa menulis tentang nilai-nilai apa yang telah
dipelajari hari ini. Siswa diminta untuk memprediksi apa yang akan terjadi
pada bangsa Indonesia jika tidak menerapkan nilai-nilai persatuan dalam
kehidupan sehari-hari.
Contoh tulisan
yang diharapkan datang dari siswa:
o
Jika bangsa Indonesia
tidak bersatu, maka akan terjadi kekacauan dalam kehidupan bangsa Indonesia
karena saat terjadi perbedaan pendapat bisa berakibat pada pertengkaran dan
pertikaian.
PENGAYAAN
o Siswa mencari informasi tambahan tentang
kerajaan-kerajaan Hindu Buddha lainnya yang pernah berdiri di Indonesia dan
menuliskan nama-nama kerajaan tersebut secara berurutan berdasarkan garis
waktu.
REMEDIAL
o (Kegiatan remedial diberikan kepada siswa yang belum
tuntas dalam menguasai konsep).
o Bagi siswa yang belum mahir menemukan gagasan utama,
bisa diberikan kembali latihan menentukan gagasan utama dalam paragraf pendek
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1. Melakukan penilaian hasil belajar
2. Melakukan repleksi
3. Menyampaikan pesan moral/belajar.
4. Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E. Penilaian :
1. Prosedur Penilaian
a. Penilaian Proses : Menggunakan format pengamatan
dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan pendahuluan sampai
dengan kegiatan akhir.
b. Penilaian Hasil Belajar : Menggunakan instrument
penilaian hasil belajar dengan tes lisan
(instrument terlampir).
2. Instrumen Penilaian
a. Penilaian Proses : 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar : Essay
(uraian).
Penilaian
1.
Latihan Bahasa Indonesia menemukan gagasan utama
diperiksa kebenarannya dan diberi skor.
2.
Daftar Periksa Bahasa Indonesia tulisan siswa : Laporan
Kegiatan Menerapkan Nilai-Nilai Persatuan
No
|
Kriteria
|
Ketercapaian
|
||
Ya
|
Tidak
|
|||
1
|
Mencantumkan
judul laporan
|
|
|
|
2
|
Mencantumkan nama Kegiatan
|
|
|
|
3
|
Mencantumkan
peserta kegiatan
|
|
|
|
4
|
Mencantumkan
pelaksanaan kegiatan, lengkap dengan hari,
tanggal,
waktu, dan tempat kegiatan
|
|
|
|
4
|
Mencantumkan
pelaksanaan kegiatan
|
|
|
|
5
|
Mencantumkan
penutup: hari dan tanggal penulisan laporan,
tanda
tangan, dan nama jelas
|
|
|
|
6
|
Tulisan
rapi dan terbaca
|
|
|
|
7
|
Menggunakan
kosa kata baku
|
|
|
|
8
|
Pemakaian
huruf besar dan tanda baca benar
|
|
|
3.
Tabel tulisan siswa
tentang 10 perubahan/perbedaan kehidupan bermasyarakat di masa Hindu-Buddha dan
masa sekarang, diperiksa kebenarannya dan diberi skor.
4.
Tugas Rumah IPS
siswa membuat garis waktu kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia
berdasarkan lini masa, diperiksa kebenarannya dan diberi skor.
5.
Penilaian sikap
(rasa ingin tahu).
(Contoh terlampir di halaman 151 Buku Guru)..
F. Sumber dan Media
-
Buku Guru
-
Buku Siswa
-
Foto candi Prambanan dan
candi-candi lain peninggalan masa Hindu-Buddha yang ada di Indonesia.
-
Paragraf-paragraf pendek
untuk latihan tambahan menentukan gagasan utama.
-
Buku, koran, majalah, dan
media elektronik untuk mencari informasi tambahan mengenai.
Mengetahui, Tijue,
……….………….., 2016
Kepala SD Negeri
2 Tijue Guru
Kelas IV,
PARIANTI, S.Pd
MALAROSTINA, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001 NIP. 19740605 200801 2 001
LEMBAR KEJA SISWA
Perhatikan gambar-gambar berikut:
Beri tanda v pada
sikap-sikap yang mencerminkan nilai persatuan, dan tanda x pada perilaku yang
tidak mencerminkan nilai persatuan, berikan alasannya.
Tuliskan satu perilaku/sikap yang pernah kamu lakukan
yang mencerminkan nilainilai persatuan!
................................................................................................................................................
................................................................................................................................................
................................................................................................................................................
................................................................................................................................................
................................................................................................................................................
................................................................................................................................................
................................................................................................................................................
................................................................................................................................................
MEDIA
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment