Home » » TEMA 6 KELAS 4 SUB 3 PB 5

TEMA 6 KELAS 4 SUB 3 PB 5

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Saturday 7 January 2017



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                 : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                      : 4/II
Tema 6                                  : Indahnya Negeriku
Sub Tema 3/ Pembelajaran     : Indahnya Peninggalan Sejarah/ 5
Alokasi Waktu                       : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :

1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.2 Mengakui dan mensyukuri anugerah Tuhan yang Maha Esa atas keberadaan lingkungan dan sumber daya alam, alat teknologi modern dan tradisional,
2.4 Memiliki perilaku jujur dan santun terhadap nilai peninggalan sejarah dan perkembangan Hindu- Buddha di Indonesia melalui pemanfaatan Bahasa Indonesia
3.4 Menggali informasi dari teks cerita petualangan tentang lingkungan dan sumber daya alam dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
3.4.1 Menemukan informasi khusus dari teks tentang candi Borobudur melalui kegiatan membaca dan mengidentifikasi gagasan utama pada setiap paragraf.
4.4 Menyajikan teks cerita petualangan tentang lingkungan dan sumber daya alam secara mandiri dalam teks bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.4.1 Menuliskan ringkasan cerita tentang candi Borobudur.

b) Matematika
1.1 Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan sikap kritis, cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu, tidak mudah menyerah serta bertanggung jawab dalam mengerjakan tugas
3.14 Menentukan hubungan antara satuan dan atribut pengukuran termasuk luas dan keliling persegi panjang
3.14.1 Menghitung luas persegi dan persegi panjang dari pola geometri hasil kreasinya melalui kegiatan eksplorasi.
4.9 Mengembangkan, dan membuat berbagai pola numerik dan geometris
4.9.1 Berkreasi membuat pola geometri melalui kegiatan eksplorasi.

c) SBdP
1.1 Mengagumi ciri khas keindahan karya seni dan karya kreatif masing-masing daerah sebagai anugerah Tuhan
2.1 Menunjukkan sikap berani mengekspresikan diri dalam berkarya seni
2.3 Menunjukkan rasa ingin tahu dalam mengamati alam di lingkungan sekitar untuk mendapatkan ide dalam berkarya seni
3.4 Mengetahui berbagai alur cara dan pengolahan media karya kreatif
3.4.1 Menjelaskan melalui tulisan alur cara pengolahan membuat kerajinan gerabah.
4.4 Membentuk karya seni tiga dimensi dari bahan alam
4.4.1 Membentuk satu model tiga dimensi menggunakan tanah liat (gerabah), kemudian mendekorasinya.
.
C. Deskripsi Materi Pembelajaran :
o   Menemukan informasi khusus tentang peninggalan di masa Buddha
o   Membentuk model tiga dimensi dari tanah liat
o   Menciptakan pola geometris menggunakan bangun persegi, persegi panjang, dan menghitung luas dan kelilingnya.

 D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Indahnya Negeriku”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Siswa membaca teks Candi Borobudur Akhirnya Diakui Guinness World of Records, kemudian menentukan gagasan utama pada setiap paragrafnya.
o   Siswa mengerjakan 2 soal hitungan pola geometri dari bentuk dasar persegi, dan persegi panjang
o   Siswa membuat gerabah dari tanah liat.
o   Siswa menuliskan materi yang telah dipelajari hari ini, perasaan mereka memiliki peninggalan bersejarah yang dikenal di seluruh dunia, serta yang akan mereka lakukan untuk menjaga peninggalan bersejarah tersebut.

Contoh jawaban yang diharapkan:
o   Hari ini aku belajar tentang candi Borobudur yang tercatat dalam rekor dunia sebagai sebagi candi terbesar di dunia. Perasaanku senang karena mengetahui ternyata kita mempunyai nenek moyang yang hebat yang berhasil membuat candi yang megah dengan teknologi yang sederhana. Aku harus bangga dan ikut menjaga keindahan dan kebersihan candi saat melakukan kunjungan ke sana.
o   Aku belajar membuat pola geometri dan menghitung luasnya dan membuat gerabah menggunakan tanah liat.

Pengayaan
o   Siswa menuliskan kata-kata yang dicetak miring pada bacaan:
o   “Candi Borobudur Akhirnya Diakui Guinness World of Records” mencari arti kata-kata tersebut di kamus, kemudian membuat masing-masing satu contoh kalimat menggunakan kata-kata tersebut!

Remedial
o   (Kegiatan remedial diberikan kepada siswa yang belum tuntas dalam menguasai konsep).
o   Bagi siswa yang belum mahir menemukan gagasan utama, bisa diberikan kembali latihan menentukan gagasan utama dalam paragraf-paragraf pendek.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Melakukan penilaian hasil belajar
2.   Melakukan repleksi
3.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
4.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E. Penilaian :
1. Prosedur Penilaian
a.       Penilaian Proses : Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan pendahuluan sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar : Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan tes  lisan (instrument terlampir).

2. Instrumen Penilaian
a.    Penilaian Proses               : 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar    :  Essay (uraian).


Penilaian

1.      Daftar Periksa Bahasa Indonesia tulisan siswa: Tempat Wisata di Daerahku
No
Kriteria
Ketercapaian
Ya
Tidak

1
Membentuk tanah liat secara mandiri



2
Bentuk gerabah secara proporsional



3
Pengecatan dilakukan secara mandiri



4
Pengecatan bentuk gambar rapi dan penuh, atau memperlihatkan satu pola yang jelas dan rapi.



5
Mengerjakan dengan tekun




2.      Tabel tugas rumah: informasi tambahan tentang candi-candi peninggalan Hindu-
3.      Buddha lainnya, diperiksa kebenarannya dan diberi skor.
4.      Tabel tugas siswa mencari arti kata dan membuat kalimat, diperiksa kebenarannya dan diberi skor.
5.      Penilaian sikap (rasa ingin tahu).
(Contoh terlampir di halaman 151 Buku Guru)..

F. Sumber dan Media

  •  Buku Guru
  • Buku Siswa
  • Foto candi Borobudur dan berbagai candi peninggalan masa Hindu-Buddha yang ada di Indonesia.
  • Pargraf-paragraf pendek untuk latihan tambahan menentukan gagasan utama.
  • Koran, majalah, media elektronik untuk mencari informasi tambahan mengenai candi-candi peninggalan kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia.
  • Tanah liat, kuas, dan cat air/cat minyak.
  • Alat tulis: pensil warna dan spidol warna untuk pola geometri..





Mengetahui,                                                                        Tijue, ……….…………..,  2016
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas IV,



PARIANTI, S.Pd                                                              MALAROSTINA, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001                                            NIP. 19740605 200801 2 001









LEMBAR KEJA SISWA
(LKS)

Tentukan kalimat utama dan gagasan utama dari setiap paragraf dari teks bacaan pada bukumu  dalam tabel berikut!


Paragraf


Kalimat Utama


Gagasan Utama























































MEDIA

TEMA 6 KELAS 4 SUB 3 PB 5


Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors