RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester : 4/II
Tema 6 :
Indahnya Negeriku
Sub
Tema 3/ Pembelajaran : Indahnya Peninggalan Sejarah/ 6
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A. Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) SBdP
1.1 Mengagumi ciri
khas keindahan karya seni dan karya kreatif masing-masing daerah sebagai anugerah
Tuhan
2.3 Menunjukkan
rasa ingin tahu dalam mengamati alam di lingkungan sekitar untuk mendapatkan
ide dalam berkarya seni
3.4 Mengetahui
berbagai alur cara dan pengolahan media karya kreatif
4.4 Membentuk karya
seni tiga dimensi dari bahan alam
4.4.1 Menemukan dan
menjelaskan alur cara dan pengolahan media karya kreatif melalui tulisan.
b) Bahasa Indonesia
1.2 Mengakui dan
mensyukuri anugerah Tuhan yang Maha Esa atas keberadaan lingkungan dan sumber
daya alam, alat teknologi modern dan tradisional,
2.4 Memiliki
perilaku jujur dan santun terhadap nilai peninggalan sejarah dan perkembangan
Hindu- Buddha di Indonesia melalui pemanfaatan Bahasa Indonesia
3.4 Menggali
informasi dari teks cerita petualangan tentang lingkungan dan sumber daya alam
dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan
memilih dan memilah kosakata baku
3.4.1 Mengidentifikasi
jenis-jenis peninggalan kerajaan Islam melalui kegiatan membaca dan membuat
bagan.
4.4 Menyajikan teks
cerita petualangan tentang lingkungan dan sumber daya alam secara mandiri dalam
teks bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.4.1 Menemukan
informasi khusus dari teks tentang peninggalan kerajaan Islam melalui kegiatan
membaca.
C. Deskripsi Materi
Pembelajaran :
•
Latihan soal
D.
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4. Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa
kelompok
6. Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran
yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7. Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan
yaitu tentang “Indahnya Negeriku”.
8. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Siswa membaca
teks tentang keindahan peninggalan pada masa kerajaan Islam, kemudian
menuliskan jenisjenis peninggalan berikut contohnya dalam bentuk peta pikiran
yang telah tersedia.
o
Siswa menggunakan
informasi yang telah didapatkan selama kegiatan pembelajaran 1 hingga 5:
o
Siswa
mengidentifikasi paling sedikit 5 perubahan yang terjadi dalam kehidupan
sehari-hari dalam masyarakat di masa Pra-Aksara, Hindu-Buddha, dan Islam,
pada aspek pemerintahan, sosial, ekonomi, dan pendidikan (termasuk perubahan
teknologi yang dipakai).
·
Siswa
mempresentasikan penemuan mereka di depan kelas atau secara berpasangan.
o
Siswa menghitung:
Luas dan Keliling, paling sedikit dua ruangan yang ada di
sekolah mereka, kemudian menciptakan pola geometri untuk lantai
ruangan menggunakan gabungan bentuk : segitiga, persegi, dan persegi panjang.
o
Siswa mengamati lingkungan sekitar tempat mereka
tinggal, menemukan paling sedikit 10 jenis kerajinan tangan yang banyak
digunakan dalam kehidupan seharihari serta kegunaanya, dan bahan dasar
dibuatnya kerajinan tersebut.
Contoh tabel:
o
Siswa merancang satu
usaha pemanfaatan satu jenis bahan alam yang banyak terdapat di lingkungan
mereka!
o
Siswa menuliskan
jawaban pertanyaan-pertanyaan berikut:
o
Apa saja yang
telah kamu pelajari selama seminggu di sekolah?
o
Apakah
materi-materi yang telah kamu dapatkan berguna dalam kehidupan seharihari?
o
Adakah kesulitan
yang kamu temukan saat belajar dan mengerjakan tugas?
o
Apa lagi yang
ingin kamu ketahui?
o
Bagaimana rencana
kamu untuk menerapkan ilmu yang telah didapat dalam kehidupan sehari-hari?
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1. Melakukan penilaian hasil belajar
2. Melakukan repleksi
3. Menyampaikan pesan moral/belajar.
4. Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E. Penilaian :
1. Prosedur Penilaian
a. Penilaian Proses : Menggunakan format pengamatan dilakukan
dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan pendahuluan sampai dengan
kegiatan akhir.
b. Penilaian Hasil Belajar : Menggunakan instrument
penilaian hasil belajar dengan tes lisan
(instrument terlampir).
2. Instrumen Penilaian
a. Penilaian Proses : 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar : Essay
(uraian).
Penilaian
1. Tugas Bahasa
Indonesia mengembangkan gagasan utama menjadi paragraf diperiksa
kebenarannya dan
diberi skor.
2. Matematika:
Menghitung Luas dan Keliling, dan Pola Geometri, diperiksa dan diberi
skor.
3. Tugas SBdP
Merancang usaha pemanfaat bahan kerajinan alam, diperiksa dan diberi
skor.
4. Rubrik
Penilaian Presentasi PPKn : Mengamati perubahan kehidupan dalam masyarakat
Kriteria
|
Sangat Baik
|
Baik
|
Cukup
|
Bahasa yang digunakan
|
Kalimat
jelas dan
mudah dimengerti
|
Kalimat
cukup jelas,
tetapi
ada beberapa
kata yang
sulit dimengerti
|
Kalimat
sulit
dimengerti
|
Suara saat presentasi
|
Jelas
terdengar
|
Kurang jelas
|
Tidak terdengar
|
Sikap saat
presentasi
|
Berani
dan penuh
percaya
diri
|
Cukup
berani, tetapi
tampak
masih ragu
|
Tidak
Percaya Diri
(malu,
tidak mau
bicara)
|
5.
Penilaian sikap (kreatif dan teliti)
terlampir
F. Sumber dan Media
-
Buku Guru
-
Buku Siswa
-
Gambar Situs
Prasejarah.
Mengetahui, Tijue,
23 Januari 2016
Kepala SD Negeri
2 Tijue Guru
Kelas IV,
Parianti, S.Pd
Husnidar, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001 NIP. 19760605 200701 2 004
LEMBAR KEJA SISWA
Hitung: Luas dan Keliling, paling sedikit dua ruangan yang ada di sekolahmu!
Kemudian ciptakan pola geometri untuk lantai ruangannya menggunakan gabungan bentuk :
segitiga, persegi, dan persegi panjang.
Ruangan
|
Luas
|
Keliling
|
|
|
|
|
|
|
POLA GEOMETRI
........................................................................................................................................................
........................................................................................................................................................
........................................................................................................................................................
........................................................................................................................................................
........................................................................................................................................................
........................................................................................................................................................
........................................................................................................................................................
........................................................................................................................................................
........................................................................................................................................................
........................................................................................................................................................
........................................................................................................................................................
........................................................................................................................................................
........................................................................................................................................................
........................................................................................................................................................
........................................................................................................................................................
........................................................................................................................................................
........................................................................................................................................................
........................................................................................................................................................
MEDIA
TEMA 6 KELAS 4 SUB 3 PB 2
TEMA 6 KELAS 4 SUB 3 PB 3
TEMA 6 KELAS 4 SUB 3 PB 4
TEMA 6 KELAS 4 SUB 3 PB 5
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment