Home » » TEMA 6 KELAS 4 SUB 3 PB 6

TEMA 6 KELAS 4 SUB 3 PB 6

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Sunday 8 January 2017



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                 : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                      : 4/II
Tema 6                                  : Indahnya Negeriku
Sub Tema 3/ Pembelajaran     : Indahnya Peninggalan Sejarah/ 6
Alokasi Waktu                       : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :

1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) SBdP
1.1 Mengagumi ciri khas keindahan karya seni dan karya kreatif masing-masing daerah sebagai anugerah Tuhan
2.3 Menunjukkan rasa ingin tahu dalam mengamati alam di lingkungan sekitar untuk mendapatkan ide dalam berkarya seni
3.4 Mengetahui berbagai alur cara dan pengolahan media karya kreatif
4.4 Membentuk karya seni tiga dimensi dari bahan alam
4.4.1 Menemukan dan menjelaskan alur cara dan pengolahan media karya kreatif melalui tulisan.

b) Bahasa Indonesia
1.2 Mengakui dan mensyukuri anugerah Tuhan yang Maha Esa atas keberadaan lingkungan dan sumber daya alam, alat teknologi modern dan tradisional,
2.4 Memiliki perilaku jujur dan santun terhadap nilai peninggalan sejarah dan perkembangan Hindu- Buddha di Indonesia melalui pemanfaatan Bahasa Indonesia
3.4 Menggali informasi dari teks cerita petualangan tentang lingkungan dan sumber daya alam dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
3.4.1 Mengidentifikasi jenis-jenis peninggalan kerajaan Islam melalui kegiatan membaca dan membuat bagan.
4.4 Menyajikan teks cerita petualangan tentang lingkungan dan sumber daya alam secara mandiri dalam teks bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.4.1 Menemukan informasi khusus dari teks tentang peninggalan kerajaan Islam melalui kegiatan membaca.

C. Deskripsi Materi Pembelajaran :
         Latihan soal

 D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Indahnya Negeriku”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Siswa membaca teks tentang keindahan peninggalan pada masa kerajaan Islam, kemudian menuliskan jenisjenis peninggalan berikut contohnya dalam bentuk peta pikiran yang telah tersedia.
o   Siswa menggunakan informasi yang telah didapatkan selama kegiatan pembelajaran 1 hingga 5:
o   Siswa mengidentifikasi paling sedikit 5 perubahan yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari dalam masyarakat di masa Pra-Aksara, Hindu-Buddha, dan Islam, pada aspek pemerintahan, sosial, ekonomi, dan pendidikan (termasuk perubahan teknologi yang dipakai).
·         Siswa mempresentasikan penemuan mereka di depan kelas atau secara berpasangan.
o   Siswa menghitung: Luas dan Keliling, paling sedikit dua ruangan yang ada di sekolah mereka, kemudian menciptakan pola geometri untuk lantai ruangan menggunakan gabungan bentuk : segitiga, persegi, dan persegi panjang.
o   Siswa mengamati lingkungan sekitar tempat mereka tinggal, menemukan paling sedikit 10 jenis kerajinan tangan yang banyak digunakan dalam kehidupan seharihari serta kegunaanya, dan bahan dasar dibuatnya kerajinan tersebut.

Contoh tabel:



o   Siswa merancang satu usaha pemanfaatan satu jenis bahan alam yang banyak terdapat di lingkungan mereka!
o   Siswa menuliskan jawaban pertanyaan-pertanyaan berikut:
o   Apa saja yang telah kamu pelajari selama seminggu di sekolah?
o   Apakah materi-materi yang telah kamu dapatkan berguna dalam kehidupan seharihari?
o   Adakah kesulitan yang kamu temukan saat belajar dan mengerjakan tugas?
o   Apa lagi yang ingin kamu ketahui?
o   Bagaimana rencana kamu untuk menerapkan ilmu yang telah didapat dalam kehidupan sehari-hari?

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Melakukan penilaian hasil belajar
2.   Melakukan repleksi
3.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
4.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E. Penilaian :
1. Prosedur Penilaian
a.       Penilaian Proses : Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan pendahuluan sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar : Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan tes  lisan (instrument terlampir).

2. Instrumen Penilaian
a.    Penilaian Proses               : 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar    :  Essay (uraian).


Penilaian
1. Tugas Bahasa Indonesia mengembangkan gagasan utama menjadi paragraf diperiksa
kebenarannya dan diberi skor.
2. Matematika: Menghitung Luas dan Keliling, dan Pola Geometri, diperiksa dan diberi
skor.
3. Tugas SBdP Merancang usaha pemanfaat bahan kerajinan alam, diperiksa dan diberi
skor.
4. Rubrik Penilaian Presentasi PPKn : Mengamati perubahan kehidupan dalam masyarakat


Kriteria
Sangat Baik
Baik
Cukup
Bahasa yang digunakan
Kalimat jelas dan
mudah dimengerti
Kalimat cukup jelas,
tetapi ada beberapa
kata yang sulit dimengerti
Kalimat sulit
dimengerti
Suara saat presentasi
Jelas terdengar
Kurang jelas
Tidak terdengar
Sikap saat
presentasi
Berani dan penuh
percaya diri
Cukup berani, tetapi
tampak masih ragu
Tidak Percaya Diri
(malu, tidak mau
bicara)

5. Penilaian sikap (kreatif dan teliti)
terlampir

F. Sumber dan Media
-          Buku Guru
-          Buku Siswa
-          Gambar Situs Prasejarah.


Mengetahui,                                                                        Tijue, 23 Januari  2016
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas IV,



Parianti, S.Pd                                                                   Husnidar, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001                                            NIP. 19760605 200701 2 004


LEMBAR KEJA SISWA

Hitung: Luas dan Keliling, paling sedikit dua ruangan yang ada di sekolahmu! Kemudian ciptakan pola geometri untuk lantai ruangannya menggunakan gabungan bentuk : segitiga, persegi, dan persegi panjang.


Ruangan


Luas


Keliling












 
 
POLA GEOMETRI
........................................................................................................................................................ 
........................................................................................................................................................ 
........................................................................................................................................................  
........................................................................................................................................................ 
........................................................................................................................................................  
........................................................................................................................................................ 
........................................................................................................................................................  
........................................................................................................................................................ 
........................................................................................................................................................  
........................................................................................................................................................ 
........................................................................................................................................................  
........................................................................................................................................................ 
........................................................................................................................................................  
........................................................................................................................................................ 
........................................................................................................................................................  
........................................................................................................................................................ 
........................................................................................................................................................  
........................................................................................................................................................
 
MEDIA
 
TEMA 6 KELAS 4 SUB 3 PB 6
 
TEMA 6 KELAS 4 SUB 3 PB 1
TEMA 6 KELAS 4 SUB 3 PB 2
TEMA 6 KELAS 4 SUB 3 PB 3
TEMA 6 KELAS 4 SUB 3 PB 4
TEMA 6 KELAS 4 SUB 3 PB 5

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors