RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 3 Beureunuen
Kelas/Semester : 5/II
Tema 6 : Organ
Tubuh Manusia dan Hewan
Sub
Tema 2/ Pembelajaran : Organ Tubuh
Manusia dan Hewan / 1
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.2 Menerima
keberadaan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan manusia dan bahasa yang beragam
serta benda-benda di alam sekitar.
2.1 Memiliki
perilaku jujur dan disiplin tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat
magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan), dan fungsiya, serta sistem
pernapasan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia.
3.2 Menguraikan isi
teks penjelasan tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet,
anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan
dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan
memilih dan memilah kosakata baku.
3.2.1 Memahami
informasi mengenai anggota tubuh hewan yang disajikan berupa teks uraian.
3.2.2 Memahami
hewan-hewan yang termasuk karnivora, herbivora, dan omnivora melalui teks yang
dibaca
4.2 Menyampaikan
teks proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia,
hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan secara mandiri dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.2.2 Menuliskan
organ-organ tubuh hewan beserta fungsinya.
b) Matematika
1.1 Menerima,
menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.3 Memiliki rasa
ingin tahu dan ketertarikan pada matematika yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
3.3 Memilih
prosedur pemecahan masalah dengan menganalisis hubungan antar simbol, informasi
yang relevan, dan mengamati pola.
3.3.1 Menggunakan
cara induktif dalam mengenal atau memprediksi suatu pola.
3.3.2 Memberi
contoh dan bukan contoh suatu konsep sesuai dengan definisi yang diberikan.
3.3.3 Menentukan
suatu konsep sesuai dengan sifat-sifat yang dimiliki..
4.6 Mencatat jarak
dan waktu tempuh berbagai benda yang bergerak kedalam tabel untuk memahami
konsep kecepatan sebagai hasil bagi antara jarak dan waktu dan menggunakannya dalam
penyelesaian masalah
4.6.1 Menghitung
hasil bagi antara jarak dan waktu yang ditempuh berbagai benda bergerak.
C. Deskripsi Materi
Pembelajaran :
1.
Mengamati
gambar dan melakukan diskusi untuk menjelaskan proses bernapas pada manusia
2.
Menggali
informasi dari bacaan yang disertai ilustrasi gambar untuk menyebutkan organ
pernafasan pada ikan
3.
Mengamati
gambar organ dalam ikan dan mengidentifikasi setiap fungsinya
4.
Menggali
informasi dari bacaan “Penggolongan Hewan
5.
Sesuai
Makanannya” dan mengklasifikasikan beberapa jenis hewan berdasarkan makanannya
6.
Memecahkan
masalah matematika yang melibatkan konsep kecepatan
D.
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4. Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa
kelompok
6. Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran
yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7. Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan
yaitu tentang “Organ Tubuh Manusia dan Hewan”.
8. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9. Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa
secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang
merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Kegiatan dimulai
dengan mengkomunikasikan kepada siswa tentang kegiatan yang akan dilakukan
o
Guru memberi
stimulus dengan mengajukan pertanyaan, “Apa fungsi hidung untuk manusia?”
o
Siswa mengamati
gambar dan membaca teks yang berisi deskripsi maksud gambar (kegiatan
membaca)
o
Guru memberikan
kesempatan kepada siswa untuk berdiskusi dengan teman sebangku sehingga
mereka dapat saling bertukar pendapat dengan cara yang santun
o
Siswa dibimbing
guru untuk menyimpulkan proses bernapas pada manusia
o
Rasa ingin tahu
siswa dipancing dengan menunjukkan gambar organ dalam ikan
o
Siswa menggali
informasi dari bacaan sambil mengamati gambar organ dalam ikan
o
Siswa mencatat
materi esensial dari bacaan menggunakan bahasa sendiri
o
Siswa menuliskan
nama organ dalam ikan beserta fungsinya pada tabel yang disiapkan di buku
siswa
o
Siswa mengerjakan
soal-soal untuk mengukur ketercapaian tujuan pembelajaran
Pengayaan
“Menjadi
Peneliti”
o
Siswa akan
menjalankan peran sebagai peneliti cilik. Dia bertugas mendata beberapa hewan
di sekitar sekolah. Informasi yang dicari adalah nama hewan dan jenis makanannya.
Langkah-langkah:
o
Siswa dibagi
menjadi beberapa kelompok yang anggotanya terdiri dari maksimal 4 orang.
o
Secara
berkelompok, siswa menyusuri lingkungan sekolah dan mencatat nama hewan
o
dan jenis
makanannya.
o
Hasil pengamatan
bisa ditulis pada table
o
Apabila waktu
pengamatan habis, siswa kembali ke kelas untuk merapikan data dan membuat
laporan hasil pengamatan secara berkeompok
o
Setiap perwakilan
kelompok mempresentasikan hasil diskusinya
o
Kelompok lain
diberi kesempatan untuk memberikan komentar atau tangga
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1. Bersama-sama dengan siswa membuat
kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4. Menyampaikan pesan moral/belajar.
5. Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E. Penilaian :
1. Prosedur
Penilaian
a. Penilaian Proses
: Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak
dari kegiatan pendahuluan sampai dengan kegiatan akhir.
b. Penilaian Hasil
Belajar : Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan tes lisan (instrument terlampir).
2. Instrumen
Penilaian
a.
Penilaian Proses
: 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar : Essay (uraian).
Penilaian
Rubrik
Mengamati Gambar
Kompetensi yang
dinilai:
•
Pengetahuan siswa tentang materi gambar yang diamati
•
Keterampilan siswa dalam mengamati
•
Kecermatan dan ketelitian siswa dalam mengamati
No
|
Aspek
|
Baik
Sekali
4
|
Baik
3
|
Cukup
2
|
Perlu
Bimbingan
1
|
1
|
Isi dan
Pengetahuan:
|
Hasil
pengamatan
gambar
ditulis
lengkap
dan
pertanyaan-
pertanyaan
yang
berkaitan
dengan
gambar
secara
keseluruhan
dijawab
dengan
benar
|
Hasil
pengamatan
gambar
ditulis
lengkap
dan
pertanyaanpertanyaan
yang
berkaitan
dengan
gambar
sebagian
besar
dijawab
dengan
benar
|
Hasil
pengamatan
gambar
ditulis
cukup
lengkap
dan
pertanyaanpertanyaan
yang
berkaitan
dengan
gambar
beberapa
dijawab
dengan
benar
|
Hasil
pengamatan
gambar
ditulis kurang
lengkap dan
pertanyaan- pertanyaan
yang berkaitan
dengan
gambar
hanya sedikit
yang dijawab
dengan benar
|
2
|
Sikap:
|
Teliti
dan
detail
dalam
mengamati
setiap
komponen
pada
gambar
dan mampu
menandai
gambar
serta
menambahkan
|
Teliti dan
detail dalam
mengamati
setiap
komponen
pada gambar
|
Teliti
dan
detail
dalam
mengamati
sebagian
komponen
pada gambar
|
Kurang
teliti
dan
detail
dalam
mengamati
setiap
komponen
pada
gambar
|
3
|
Keterampilan
mengomunikasikan
hasil
|
Penjelasan
mudah
dipahami
dan
pemilihan
kata
sesuai
dengan
bahasa
Indonesia
baku
|
Penjelasan
mudah
dipahami
dan
pemilihan
beberapa
kata
sesuai
dengan
bahasa
Indonesia
baku
|
Penjelasan
kurang
dipahami
dan
pemilihan
beberapa
kata
sesuai
dengan
bahasa
Indonesia
baku
|
Penjelasan
sulit
dipahami
dan
pemilihan
kata
tidak
sesuai
dengan
bahasa
Indonesia
baku
|
Skor
Keterangan :
4 = sangat
baik
3 = baik
2 = cukup
1 = perlu
bimbingan
Skor
Maksimal 12
Nilai =
F.
Sumber dan Media
-
Buku Guru
-
Buku Siswa
-
Buku guru, buku
siswa, gambar organ dalam ikan, bacaan penunjang.
Mengetahui, Beureunuen,
……,……………...2016
Kepala SD 3 Beureunuen Guru
Kelas V B,
(
Rosmiati, S.Pd ) ( Julia, S.Pd.I )
NIP.
19581231 198012 2006 NIP.
19780714
200801 2 001
Lembar Kerja Siswa
(LKS)
1.
Tuliskan nama-nama organ tubuh ikan pada
gambar di atas. Kemudian, tuliskan fungsinya. Tuli pada tabel berikut.
No
|
Nama Organ
Tubuh Pada Ikan
|
Fungsi
|
1
|
|
|
2
|
|
|
3
|
|
|
4
|
|
|
5
|
|
|
6
|
|
|
7
|
|
|
8
|
|
|
2.
Perhatikan kembali nama-nama organ tubuh
ikan. Pilih dua di antaranya, lalu gunakan untuk membuat kalimat.
a. ……………………………………………………………………………………....
……………………………………………………………………………………....
……………………………………………………………………………………....
……………………………………………………………………………………....
……………………………………………………………………………………....
……………………………………………………………………………………....
b. ……………………………………………………………………………………....
……………………………………………………………………………………....
……………………………………………………………………………………....
……………………………………………………………………………………....
……………………………………………………………………………………....
……………………………………………………………………………………....
MEDIA
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment