Home » » TEMA 6 KELAS 5 SUB 2 PB 1

TEMA 6 KELAS 5 SUB 2 PB 1

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Sunday 8 January 2017



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)



Satuan Pendidikan                      : SD Negeri 3 Beureunuen
Kelas/Semester                           : 5/II
Tema 6                                       : Organ Tubuh Manusia dan Hewan
Sub Tema 2/ Pembelajaran          : Organ Tubuh Manusia dan Hewan / 1
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.2 Menerima keberadaan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan manusia dan bahasa yang beragam serta benda-benda di alam sekitar.
2.1 Memiliki perilaku jujur dan disiplin tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan), dan fungsiya, serta sistem pernapasan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia.
3.2 Menguraikan isi teks penjelasan tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
3.2.1 Memahami informasi mengenai anggota tubuh hewan yang disajikan berupa teks uraian.
3.2.2 Memahami hewan-hewan yang termasuk karnivora, herbivora, dan omnivora melalui teks yang dibaca
4.2 Menyampaikan teks proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.2.2 Menuliskan organ-organ tubuh hewan beserta fungsinya.

b) Matematika
1.1 Menerima, menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.3 Memiliki rasa ingin tahu dan ketertarikan pada matematika yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
3.3 Memilih prosedur pemecahan masalah dengan menganalisis hubungan antar simbol, informasi yang relevan, dan mengamati pola.
3.3.1 Menggunakan cara induktif dalam mengenal atau memprediksi suatu pola.
3.3.2 Memberi contoh dan bukan contoh suatu konsep sesuai dengan definisi yang diberikan.
3.3.3 Menentukan suatu konsep sesuai dengan sifat-sifat yang dimiliki..
4.6 Mencatat jarak dan waktu tempuh berbagai benda yang bergerak kedalam tabel untuk memahami konsep kecepatan sebagai hasil bagi antara jarak dan waktu dan menggunakannya dalam penyelesaian masalah
4.6.1 Menghitung hasil bagi antara jarak dan waktu yang ditempuh berbagai benda bergerak.

C. Deskripsi Materi Pembelajaran :
1.      Mengamati gambar dan melakukan diskusi untuk menjelaskan proses bernapas pada manusia
2.      Menggali informasi dari bacaan yang disertai ilustrasi gambar untuk menyebutkan organ pernafasan pada ikan
3.      Mengamati gambar organ dalam ikan dan mengidentifikasi setiap fungsinya
4.      Menggali informasi dari bacaan “Penggolongan Hewan
5.      Sesuai Makanannya” dan mengklasifikasikan beberapa jenis hewan berdasarkan makanannya
6.      Memecahkan masalah matematika yang melibatkan konsep kecepatan

D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Organ Tubuh Manusia dan Hewan”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.      Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Kegiatan dimulai dengan mengkomunikasikan kepada siswa tentang kegiatan yang akan dilakukan
o   Guru memberi stimulus dengan mengajukan pertanyaan, “Apa fungsi hidung untuk manusia?”
o   Siswa mengamati gambar dan membaca teks yang berisi deskripsi maksud gambar (kegiatan membaca)
o   Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk berdiskusi dengan teman sebangku sehingga mereka dapat saling bertukar pendapat dengan cara yang santun
o   Siswa dibimbing guru untuk menyimpulkan proses bernapas pada manusia
o   Rasa ingin tahu siswa dipancing dengan menunjukkan gambar organ dalam ikan
o   Siswa menggali informasi dari bacaan sambil mengamati gambar organ dalam ikan
o   Siswa mencatat materi esensial dari bacaan menggunakan bahasa sendiri
o   Siswa menuliskan nama organ dalam ikan beserta fungsinya pada tabel yang disiapkan di buku siswa
o   Siswa mengerjakan soal-soal untuk mengukur ketercapaian tujuan pembelajaran
  •  Siswa menggali informasi dari bacaan “Penggolongan
  • Hewan Sesuai Makanannya”
  • Siswa menulis materi penting pada buku catatannya dengan bahasa sendiri
  • Guru memperlihatkan sembilan gambar hewan dan meminta siswa mengklasifikasikan gambar hewan tersebut berdasarkan jenis makanannya
  • Tanda K untuk Karnivora,
  • Tanda H untuk herbivora, dan
  • Tanda O untuk omnivora.
  • Siswa mencermati persoalan-persoalan matematika yang disajikan dalam buku siswa
  •  Siswa mengidentifikasikan informasi-informasi penting yang mereka dapatkan dalam uraian cerita persoalan matematika
  • Siswa menggunakan pemahaman dan keterampilannya mengenai kecepatan, jarak dan waktu dalam menyelesaikan persolan-persoalan matematika yang disajikan
  • Selanjutnya secara mandiri, siswa mengerjakan soal-soal latihan yang berkaitan dengan konsep kecepatan
Pengayaan
“Menjadi Peneliti”
o   Siswa akan menjalankan peran sebagai peneliti cilik. Dia bertugas mendata beberapa hewan di sekitar sekolah. Informasi yang dicari adalah nama hewan dan jenis makanannya.

Langkah-langkah:
o   Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok yang anggotanya terdiri dari maksimal 4 orang.
o   Secara berkelompok, siswa menyusuri lingkungan sekolah dan mencatat nama hewan
o   dan jenis makanannya.
o   Hasil pengamatan bisa ditulis pada table
o   Apabila waktu pengamatan habis, siswa kembali ke kelas untuk merapikan data dan membuat laporan hasil pengamatan secara berkeompok
o   Setiap perwakilan kelompok mempresentasikan hasil diskusinya
o   Kelompok lain diberi kesempatan untuk memberikan komentar atau tangga

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E. Penilaian :
1. Prosedur Penilaian
a.      Penilaian Proses : Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan pendahuluan sampai dengan kegiatan akhir.
b.     Penilaian Hasil Belajar : Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan tes  lisan (instrument terlampir).

2. Instrumen Penilaian
a.    Penilaian Proses               : 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar    : Essay (uraian).


Penilaian

Rubrik Mengamati Gambar
Kompetensi yang dinilai:
         Pengetahuan siswa tentang materi gambar yang diamati
         Keterampilan siswa dalam mengamati
         Kecermatan dan ketelitian siswa dalam mengamati

No
Aspek
Baik Sekali
4
Baik
3
Cukup
2
Perlu Bimbingan
1
1
Isi dan
Pengetahuan:
Hasil
pengamatan
gambar ditulis
lengkap dan
pertanyaan- pertanyaan
yang berkaitan
dengan
gambar secara
keseluruhan
dijawab
dengan benar
Hasil
pengamatan
gambar ditulis
lengkap dan
pertanyaanpertanyaan
yang berkaitan
dengan
gambar
sebagian
besar dijawab
dengan benar
Hasil
pengamatan
gambar
ditulis cukup
lengkap dan
pertanyaanpertanyaan
yang berkaitan
dengan
gambar
beberapa
dijawab
dengan benar
Hasil
pengamatan
gambar
ditulis kurang
lengkap dan
pertanyaan- pertanyaan
yang berkaitan
dengan
gambar
hanya sedikit
yang dijawab
dengan benar
2
Sikap:
Teliti dan
detail dalam
mengamati
setiap
komponen
pada gambar
dan mampu
menandai
gambar serta
menambahkan
Teliti dan
detail dalam
mengamati
setiap
komponen
pada gambar
Teliti dan
detail dalam
mengamati
sebagian
komponen
pada gambar
Kurang
teliti dan
detail dalam
mengamati
setiap
komponen
pada gambar
3
Keterampilan
mengomunikasikan
hasil
Penjelasan
mudah
dipahami dan
pemilihan kata
sesuai dengan
bahasa
Indonesia
baku
Penjelasan
mudah
dipahami dan
pemilihan
beberapa kata
sesuai dengan
bahasa
Indonesia
baku
Penjelasan
kurang
dipahami dan
pemilihan
beberapa kata
sesuai dengan
bahasa
Indonesia
baku
Penjelasan
sulit dipahami
dan pemilihan
kata tidak
sesuai dengan
bahasa
Indonesia
baku

Skor
Keterangan :   
4 = sangat baik
3 = baik                                  
2 = cukup                   
1 = perlu bimbingan              

Skor Maksimal 12

Nilai    =
  
F. Sumber dan Media
-          Buku Guru
-          Buku Siswa
-          Buku guru, buku siswa, gambar organ dalam ikan, bacaan penunjang.



Mengetahui,                                                                Beureunuen, ……,……………...2016
Kepala SD 3 Beureunuen                                           Guru Kelas V B,



( Rosmiati, S.Pd )                                                       ( Julia, S.Pd.I )
NIP. 19581231 198012 2006                                     NIP. 19780714 200801 2 001


Lembar Kerja Siswa
(LKS)

1.     Tuliskan nama-nama organ tubuh ikan pada gambar di atas. Kemudian, tuliskan fungsinya. Tuli pada tabel berikut.

No
Nama Organ Tubuh Pada Ikan
Fungsi
1


2


3


4


5


6


7


8




2.     Perhatikan kembali nama-nama organ tubuh ikan. Pilih dua di antaranya, lalu gunakan untuk membuat kalimat.

a.  ……………………………………………………………………………………....
……………………………………………………………………………………....
……………………………………………………………………………………....
……………………………………………………………………………………....
……………………………………………………………………………………....
……………………………………………………………………………………....

b.  ……………………………………………………………………………………....
……………………………………………………………………………………....
……………………………………………………………………………………....
……………………………………………………………………………………....
…………………………………………………………………………………….... 
……………………………………………………………………………………....  

MEDIA

TEMA 6 KELAS 5 SUB 2 PB 1

TEMA 6 KELAS 5 SUB 2 PB 1


Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors