RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 3 Beureunuen
Kelas/Semester : 5/II
Tema 6 : Organ
Tubuh Manusia dan Hewan
Sub
Tema 2/ Pembelajaran : Organ Tubuh
Manusia dan Hewan / 2
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) PJOK
1.1
Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai
anugrah Tuhan.
2.2
Bertanggung jawab terhadap keselamatan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan
sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran
3.11
Memahami bahaya merokok terhadap kesehatan tubuh.
3.11.1
Menyebutkan bahaya merokok terhadap kesehatan tubuh.
4.11
Menceritakan bahaya merokok terhadap kesehatan tubuh.
4.11.2
Menjelaskan penyakit-penyakit yang diakibatkan oleh kebiasaan merokok.
b) SBdP
1.1 Menerima
kekayaan dan keragaman karya seni daerah sebagai anugerah Tuhan.
2.3 Menunjukkan perilaku
disiplin, tanggung jawab dan kepedulian terhadap alam sekitar melalui berkarya seni.
3.2
Mengenal harmoni
musik dan lagu daerah.
3.2.2
Menjelaskan harmoni
musik dan lagu daerah
3.2.3 Menjelaskan suara satu dan suara dua dalam musik dan lagu daerah.
4.5 Menyanyikan
secara berkelompok lagu anak-anak dengan iringan musik vokal sesuai dengan asal
daerahnya.
4.5.1 Memilih lagu
anak-anak yang dinyanyikan secara kelompok.
c) Bahasa Indonesia
1.2 Menerima
keberadaan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan manusia dan bahasa yang beragam
serta benda- benda di alam sekitar.
2.1 Memiliki
perilaku jujur dan disiplin tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat
magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan), dan fungsiya, serta sistem
pernapasan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.2 Menguraikan isi
teks penjelasan tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet,
anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan
dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan
memilih dan memilah kosakata baku.
3.2.1 Membaca teks
tentang organ tubuh manusia dan binatang, kemudian memilih kata-kata baku dan tidak
baku.
4.2 Menyampaikan
teks proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia,
hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan secara mandiri dalam
bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.2.1 Menulis
dengan menggunakan kata-kata baku tentang anggota tubuh manusia (organ
pencernaan) beserta fungsinya.
d) IPA
1.1 Bertambah
keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan
jagad raya terhadap kebesaran tuhan yang menciptakannya, serta mewujudkannya dalam
pengamalan ajaran agama yang di anutnya.
2.1 Menunjukkan
perilaku ilmiah ( memiliki rasa ingi tahu, obyektif, jujur, teliti, cermat,
tekun, hati-hati, bertanggung jawab, terbuka, dan peduli lingkungan) dalam
aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan inkuiri
ilmiah dan berdiskusi.
3.2 Mengenal organ
tubuh manusia dan hewan serta mendeskripsikan fungsinya.
3.2.1 Menyebutkan
organ tubuh manusia dan hewan (pernapasan, pencernaan, saraf, dan peredaran
darah).
3.2.2 Menjelaskan
fungsi organ tubuh manusia dan hewan (pernapasan, pencernaan dan peredaran
darah manusia).
4.7 Menyajikan
laporan tentang jenis penyakit yang berhubungan dengan gangguan pada organ
tubuh manusia.
4.7.1 Mendeskripsikan
jenis-jenis penyakit yang berhubungan dengan gangguan pada organ tubuh manusia.
C. Deskripsi Materi
Pembelajaran :
1.
Menggali
informasi dari bacaan “Alasan Mengapa Merokok Dilarang” kemudian
menyimpulkannya
2.
Memparafrase
bacaan dan membuat catatan pribadi
3.
Menjawab
pertanyaan yang berkaitan dengan bacaan
4.
Menggali
informasi dari bacaan yang disertai ilustrasi gambar tentang sistem pencernaan
manusia
5.
Mengerjakan
soal-soal latihan yang berhubungan dengan organ pencernaan manusia beserta
fungsinya
6.
Berdiskusi
dengan teman sebangku untuk menggali informasi dari bacaan tentang sistem
pencernaan pada hewan
D.
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4.
Tanya
jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.
Kemudian,
siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.
Melakukan
apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang
sekarang diajarkan.
7.
Menginformasikan
tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Organ Tubuh Manusia dan
Hewan”.
8.
Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.
Pada awal
pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan
ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang
akan dipelajari
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Siswa diminta
untuk membaca teks tentang system pencernaan manusia
o
Siswa juga dapat
mengamati gambar organ pencernaan manusia supaya bisa lebih memahami alur
atau tahapan pencernaan di dalam tubuh manusia
o
Siswa berdiskusi
dengan teman sebangku untuk saling tukar pendapat tentang sistem pencernaan
pada hewan
o
Perwakilan siswa
menyampaikan hasil diskusinya di depan kelas sementara siswa lainnya
menanggapi dan memberikan komentar
o
Siswa dibimbing
oleh guru untuk menyimpulkan system pencernaan pada manusia dan hewan
o
Guru membimbing
siswa untuk menuliskan kegiatan yang sudah dilakukan dan apa saja yang sudah
dipelajari hari ini
o
Guru meminta
siswa menyebutkan materi yang kurang dipahami
o
Guru memberikan
motivasi dan remedial kepada siswa yang belum mencapai tujuan pembelajaran
o
Guru memberikan
penguatan dan pengayaan kepada siswa yang telah mencapai tujuan pembelajaran
Remedial
o
Merokok itu
berbahaya karena ....
o
Penyakit yang
disebabkan oleh kebiasaan merokok contohnya ...
o
Pencernaan
intrasel adalah ....
o
Contoh hewan yang
melakukan pencernaan ekstrasel antara lain....
o
Organ pencernaan
manusia terdiri dari ....
Pengayaan
Membedah Ikan
o
Siswa akan
berpur-pura menjadi dokter hewan yang akan membedah ikan.
Kegiatan pembedahan
ini dilakukan untuk mengetahui organ dalam yang dimiliki ikan.
Langkah kerja:
o
Siswa dibagi
menjadi beberapa kelompok yang beranggotakan maksimal 5 orang
o
Masing-masing
anggota kelompok menjalankan perannya. Ada yang memegang peralatan, membedah
ikan, menempelkan ikan di Styrofoam, mengidentifikasi organ dalam ikan, dan
menuliskan hasil pengamatan
o
Guru membimbing
siswa dalam menunjukkan setiap organ dalam ikan yang diamati
o
Siswa mencatat
hasil pengamatan, membuat laporan, dan mempresentasikannya
Kriteria
keberhasilan:
o
Siswa membedah
ikan dengan rapi; organ dalamnya tidak ikut tersayat
o
Siswa mampu
menunjukkan kerja sama yang baik dalam kelompok
o
Laporan pengamatan
berisi informasi yang tepat dan akurat
o
Siswa menyajikan
hasil pengamatan dengan berani dan penuh percaya diri
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1.
Bersama-sama
dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4.
Menyampaikan
pesan moral/belajar.
5.
Menutup
dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E. Penilaian :
1. Prosedur
Penilaian
a. Penilaian Proses
: Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak
dari kegiatan pendahuluan sampai dengan kegiatan akhir.
b.
Penilaian Hasil
Belajar : Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan tes lisan (instrument terlampir).
2. Instrumen
Penilaian
a.
Penilaian Proses
: 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar : Essay (uraian).
Penilaian
Rubrik
Membuat Simpulan
Kompetensi
yang dinilai:
o Pengetahuan siswa tentang materi bahaya merokok
o Keterampilan siswa dalam menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
dalam menyajikan informasi
o Sikap kemandirian siswa
No
|
Aspek
|
Baik
Sekali
4
|
Baik
3
|
Cukup
2
|
Perlu
Bimbingan
1
|
1
|
Pengetahuan
|
Siswa menunjukkan
pemahaman
materi
yang
sangat
tinggi
|
Siswa
menunjukkan
pemahaman
materi
cukup
tinggi
|
Siswa
menunjukkan
pemahaman
materi
cukup
tinggi,
namun
membutuhkan
sedikit bantuan
guru
dalam
pengerjaannya
|
Siswa
menunjukkan
pemahaman
materi yang
kurang dan
membutuhkan
banyak bantuan
guru dalam
pengerjaannya
|
2
|
Kemandirian
& Manajemen
Waktu
(Attitude)
|
Sangat mandiri
mengerjakan
tugas,
bahkan
selesai sebelum
waktunya
|
Mandiri
mengerjakan
tugas dan
selesai tepat
waktu
|
Masih
perlu
diingatkan
sesekali
untuk
menyelesaikan
tugas
|
Tidak
menyelesaikan
tugas
tepat
pada
waktunya
|
3
|
Keterampilan
|
Laporan
artikel
disampaikan
dengan menggunakan
tata
bahasa
Indonesia
yang baik
dan
baku
|
Terdapat 1-2
kesalahan
dalam tata
bahasa
Indonesia
yang baik dan
baku
|
Terdapat
3-4
kesalahan
dalam
tata
bahasa
Indonesia
yang baik
dan
baku
|
Terdapat
>
4 kesalahan
dalam
tata
bahasa
Indonesia
yang
baik dan
baku
|
Skor
Keterangan :
4 = sangat
baik
3 = baik
2 = cukup
1 = perlu
bimbingan
Skor
Maksimal 12
Nilai =
Rubrik
Mengamati Gambar
Kompetensi yang
dinilai:
•
Pengetahuan siswa tentang materi gambar yang diamati
•
Keterampilan siswa dalam mengamati
•
Kecermatan dan ketelitian siswa dalam mengamati
Rubrik
Tugas Wawancara
Kriteria
|
Baik sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Isi dan
Pengetahuan
|
Hasil
pengamatan
gambar
ditulis
lengkap
dan
pertanyaanpertanyaan
yang
berkaitan
dengan
gambar
secara
keseluruhan
dijawab
dengan
benar
|
Hasil
pengamatan
gambar
ditulis
lengkap
dan
pertanyaanpertanyaan
yang
berkaitan
dengan
gambar
sebagian
besar
dijawab
dengan
benar
|
Hasil
pengamatan
gambar
ditulis
cukup
lengkap
dan
pertanyaanpertanyaan
yang
berkaitan
dengan
gambar
beberapa
dijawab
dengan
benar
|
Hasil
pengamatan
gambar
ditulis
kurang
lengkap
dan
pertanyaanpertanyaan
yang
berkaitan
dengan
gambar
hanya
sedikit
yang
dijawab
dengan
benar
|
Sikap:
|
Teliti
dan
detail
dalam
mengamati
setiap
komponen
pada
gambar
dan mampu
menandai
gambar
serta
menambahkan
informasi
|
Teliti dan detail dalam mengamati
setiap komponen pada gambar
|
Teliti
dan
detail
dalam
mengamati
sebagian
komponen
pada
gambar
|
Kurang
teliti
dan
detail
dalam
mengamati
setiap
komponen
pada gambar
|
Keterampilan
mengomunikasikan
hasil
|
Penjelasan
mudah
dipahami
dan
pemilihan
kata
sesuai
dengan
bahasa
Indonesia
baku
|
Penjelasan
mudah
dipahami
dan
pemilihan
beberapa
kata
sesuai
dengan
bahasa
Indonesia
baku
|
Penjelasan
Kurang dipahami
dan
pemilihan
beberapa
kata
sesuai
dengan
bahasa
Indonesia
baku
|
Penjelasan
sulit
dipahami
dan
pemilihan
kata
tidak
sesuai dengan
bahasa
Indonesia
baku
|
Keterangan :
4 = sangat
baik
3 = baik
2 = cukup
1 = perlu
bimbingan
Skor
Maksimal 12
Nilai =
F.
Sumber dan Media
-
Buku Guru
-
Buku Siswa
-
Bacaan tentang
“Alasan Mengapa Merokok Dilarang”, gambar
-
Organ pencernaan
pada manusia, bacaan tentang sistem pencernaan pada hewan..
Mengetahui, Beureunuen,
……,……………...2016
Kepala SD 3 Beureunuen Guru Kelas V B,
(
Rosmiati, S.Pd ) ( Julia, S.Pd.I )
NIP.
19581231 198012 2006 NIP.
19780714
200801 2 001
Lembar Kerja Siswa
(LKS)
1.
Tuliskan 5 Organ penting pencernaan manusia:
a. ……………………………………………………………………………………....
b. ……………………………………………………………………………………....
c. ……………………………………………………………………………………....
d. ……………………………………………………………………………………....
e. ……………………………………………………………………………………....
2.
Buat kalimat menggunakan 5 nama organ
penting pencernaan manusia di atas!
a. ……………………………………………………………………………………....
b. ……………………………………………………………………………………....
c. ……………………………………………………………………………………....
d. ……………………………………………………………………………………....
e. ……………………………………………………………………………………....
3.
Tuliskan fungsi organ berikut dalam
pencernaan manusia.
a. Mulut :
…………………………………………………………………....
b. Lambung :
…………………………………………………………………....
c. Rennin :
…………………………………………………………………....
d. Usus :
…………………………………………………………………....
e. Enterokinasi : …………………………………………………………………....
4.
Siti sakit maag. Maag termasuk penyakit
pencernaan. Kata dokter itu disebabkan Siti sering terlambat makan. Tuliskan
jenis penyakit pencernaan lainnya.
a. ……………………………………………………………………………………....
b. ……………………………………………………………………………………....
c. ……………………………………………………………………………………....
d. ……………………………………………………………………………………....
e. ……………………………………………………………………………………....
5.
Perhatikan kembali nama-nama organ tubuh
ikan. Pilih dua di antaranya, lalu gunakan untuk membuat kalimat.
a. ……………………………………………………………………………………....
b. ……………………………………………………………………………………....
TEMA 6 KELAS 5 SUB 2 PB 1
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment