Home » » TEMA 6 KELAS 5 SUB 2 PB 2

TEMA 6 KELAS 5 SUB 2 PB 2

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Sunday 8 January 2017



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                      : SD Negeri 3 Beureunuen
Kelas/Semester                           : 5/II
Tema 6                                       : Organ Tubuh Manusia dan Hewan
Sub Tema 2/ Pembelajaran          : Organ Tubuh Manusia dan Hewan / 2
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) PJOK
1.1 Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan.
2.2 Bertanggung jawab terhadap keselamatan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran
3.11 Memahami bahaya merokok terhadap kesehatan tubuh.
3.11.1 Menyebutkan bahaya merokok terhadap kesehatan tubuh.
4.11 Menceritakan bahaya merokok terhadap kesehatan tubuh.
4.11.2 Menjelaskan penyakit-penyakit yang diakibatkan oleh kebiasaan merokok.

b) SBdP
1.1 Menerima kekayaan dan keragaman karya seni daerah sebagai anugerah Tuhan.
2.3 Menunjukkan perilaku disiplin, tanggung jawab dan kepedulian terhadap alam sekitar melalui berkarya seni.
3.2  Mengenal harmoni musik dan lagu daerah.
3.2.2        Menjelaskan harmoni musik dan lagu daerah
3.2.3 Menjelaskan suara satu dan suara dua dalam musik dan lagu daerah.
4.5 Menyanyikan secara berkelompok lagu anak-anak dengan iringan musik vokal sesuai dengan asal daerahnya.
4.5.1 Memilih lagu anak-anak yang dinyanyikan secara kelompok.

c) Bahasa Indonesia
1.2 Menerima keberadaan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan manusia dan bahasa yang beragam serta benda- benda di alam sekitar.
2.1 Memiliki perilaku jujur dan disiplin tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan), dan fungsiya, serta sistem pernapasan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.2 Menguraikan isi teks penjelasan tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
3.2.1 Membaca teks tentang organ tubuh manusia dan binatang, kemudian memilih kata-kata baku dan tidak baku.
4.2 Menyampaikan teks proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.2.1 Menulis dengan menggunakan kata-kata baku tentang anggota tubuh manusia (organ pencernaan) beserta fungsinya.

d) IPA
1.1 Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran tuhan yang menciptakannya, serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang di anutnya.
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah ( memiliki rasa ingi tahu, obyektif, jujur, teliti, cermat, tekun, hati-hati, bertanggung jawab, terbuka, dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah dan berdiskusi.
3.2 Mengenal organ tubuh manusia dan hewan serta mendeskripsikan fungsinya.
3.2.1 Menyebutkan organ tubuh manusia dan hewan (pernapasan, pencernaan, saraf, dan peredaran darah).
3.2.2 Menjelaskan fungsi organ tubuh manusia dan hewan (pernapasan, pencernaan dan peredaran darah manusia).
4.7 Menyajikan laporan tentang jenis penyakit yang berhubungan dengan gangguan pada organ tubuh manusia.
4.7.1 Mendeskripsikan jenis-jenis penyakit yang berhubungan dengan gangguan pada organ tubuh manusia.

C. Deskripsi Materi Pembelajaran :
1.        Menggali informasi dari bacaan “Alasan Mengapa Merokok Dilarang” kemudian menyimpulkannya
2.        Memparafrase bacaan dan membuat catatan pribadi
3.        Menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan bacaan
4.        Menggali informasi dari bacaan yang disertai ilustrasi gambar tentang sistem pencernaan manusia
5.        Mengerjakan soal-soal latihan yang berhubungan dengan organ pencernaan manusia beserta fungsinya
6.        Berdiskusi dengan teman sebangku untuk menggali informasi dari bacaan tentang sistem pencernaan pada hewan

D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Organ Tubuh Manusia dan Hewan”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.      Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

15 menit
B.Kegiatan Inti
  • Kegiatan dimulai dengan mengomunikasikan kepada siswa tentang kegiatan yang akan dilakukan
  • Guru memberikan stimulus dengan membarikan pertanyaan pancingan berupa, “Bagaimana perasaan kalian kalau berada di dekat asap rokok?”
  • Siswa membaca teks “Alasan Mengapa Merokok
  • Dilarang”. Bacaan ini merupakan pengantar bagi siswa untuk membuka wawasan tentang bahaya merokok untuk diri sendiri maupun orang lain
  • Siswa menandai poin-poin penting dari bacaan kemudian ditulis kembali menggunakan bahasa sendiri
  • Siswa dibimbing guru untuk membuat simpulan dari teks yang telah dibaca
o   Siswa diminta untuk membaca teks tentang system pencernaan manusia
o   Siswa juga dapat mengamati gambar organ pencernaan manusia supaya bisa lebih memahami alur atau tahapan pencernaan di dalam tubuh manusia
o   Siswa berdiskusi dengan teman sebangku untuk saling tukar pendapat tentang sistem pencernaan pada hewan
o   Perwakilan siswa menyampaikan hasil diskusinya di depan kelas sementara siswa lainnya menanggapi dan memberikan komentar
o   Siswa dibimbing oleh guru untuk menyimpulkan system pencernaan pada manusia dan hewan
o   Guru membimbing siswa untuk menuliskan kegiatan yang sudah dilakukan dan apa saja yang sudah dipelajari hari ini
o   Guru meminta siswa menyebutkan materi yang kurang dipahami
o   Guru memberikan motivasi dan remedial kepada siswa yang belum mencapai tujuan pembelajaran
o   Guru memberikan penguatan dan pengayaan kepada siswa yang telah mencapai tujuan pembelajaran

Remedial
o   Merokok itu berbahaya karena ....
o   Penyakit yang disebabkan oleh kebiasaan merokok contohnya ...
o   Pencernaan intrasel adalah ....
o   Contoh hewan yang melakukan pencernaan ekstrasel antara lain....
o   Organ pencernaan manusia terdiri dari ....

Pengayaan
Membedah Ikan
o   Siswa akan berpur-pura menjadi dokter hewan yang akan membedah ikan.
Kegiatan pembedahan ini dilakukan untuk mengetahui organ dalam yang dimiliki ikan.

Langkah kerja:
o   Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok yang beranggotakan maksimal 5 orang
o   Masing-masing anggota kelompok menjalankan perannya. Ada yang memegang peralatan, membedah ikan, menempelkan ikan di Styrofoam, mengidentifikasi organ dalam ikan, dan menuliskan hasil pengamatan
o   Guru membimbing siswa dalam menunjukkan setiap organ dalam ikan yang diamati
o   Siswa mencatat hasil pengamatan, membuat laporan, dan mempresentasikannya

Kriteria keberhasilan:
o   Siswa membedah ikan dengan rapi; organ dalamnya tidak ikut tersayat
o   Siswa mampu menunjukkan kerja sama yang baik dalam kelompok
o   Laporan pengamatan berisi informasi yang tepat dan akurat
o   Siswa menyajikan hasil pengamatan dengan berani dan penuh percaya diri

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E. Penilaian :
1. Prosedur Penilaian
a.     Penilaian Proses : Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan pendahuluan sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar : Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan tes  lisan (instrument terlampir).

2. Instrumen Penilaian
a.    Penilaian Proses               : 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar    : Essay (uraian).



Penilaian

Rubrik Membuat Simpulan
Kompetensi yang dinilai:
o   Pengetahuan siswa tentang materi bahaya merokok
o   Keterampilan siswa dalam menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam menyajikan informasi
o   Sikap kemandirian siswa

No
Aspek
Baik Sekali
4
Baik
3
Cukup
2
Perlu Bimbingan
1
1
Pengetahuan
Siswa menunjukkan
pemahaman
materi yang
sangat tinggi
Siswa
menunjukkan
pemahaman
materi cukup
tinggi
Siswa
menunjukkan
pemahaman
materi cukup
tinggi, namun
membutuhkan
sedikit bantuan
guru dalam
pengerjaannya
Siswa
menunjukkan
pemahaman
materi yang
kurang dan
membutuhkan
banyak bantuan
guru dalam
pengerjaannya
2
Kemandirian
& Manajemen
Waktu
(Attitude)
Sangat mandiri
mengerjakan
tugas, bahkan
selesai sebelum
waktunya
Mandiri
mengerjakan
tugas dan selesai tepat
waktu
Masih perlu
diingatkan
sesekali untuk
menyelesaikan
tugas
Tidak
menyelesaikan
tugas
tepat pada
waktunya
3
Keterampilan
Laporan artikel
disampaikan
dengan menggunakan
tata bahasa
Indonesia
yang baik dan
baku
Terdapat 1-2
kesalahan
dalam tata
bahasa
Indonesia
yang baik dan
baku
Terdapat 3-4
kesalahan
dalam tata
bahasa
Indonesia
yang baik dan
baku
Terdapat >
4 kesalahan
dalam tata
bahasa
Indonesia
yang baik dan
baku

Skor
Keterangan :   
4 = sangat baik
3 = baik                                  
2 = cukup                   
1 = perlu bimbingan              

Skor Maksimal 12

Nilai    =


Rubrik Mengamati Gambar
Kompetensi yang dinilai:
         Pengetahuan siswa tentang materi gambar yang diamati
         Keterampilan siswa dalam mengamati
         Kecermatan dan ketelitian siswa dalam mengamati

Rubrik Tugas Wawancara
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu bimbingan
4
3
2
1
Isi dan
Pengetahuan
Hasil
pengamatan
gambar ditulis
lengkap dan
pertanyaanpertanyaan
yang berkaitan
dengan
gambar secara
keseluruhan
dijawab
dengan benar
Hasil
pengamatan
gambar ditulis
lengkap dan
pertanyaanpertanyaan
yang berkaitan
dengan
gambar
sebagian
besar dijawab
dengan benar
Hasil
pengamatan
gambar
ditulis cukup
lengkap dan
pertanyaanpertanyaan
yang berkaitan
dengan
gambar
beberapa
dijawab
dengan benar
Hasil
pengamatan
gambar
ditulis kurang
lengkap dan
pertanyaanpertanyaan
yang berkaitan
dengan
gambar
hanya sedikit
yang dijawab
dengan benar
Sikap:
Teliti dan
detail dalam
mengamati
setiap
komponen
pada gambar
dan mampu
menandai
gambar serta
menambahkan
informasi
Teliti dan detail dalam mengamati setiap komponen pada gambar
Teliti dan
detail dalam
mengamati
sebagian
komponen
pada gambar
Kurang
teliti dan
detail dalam
mengamati
setiap
komponen
pada gambar
Keterampilan
mengomunikasikan
hasil
Penjelasan
mudah
dipahami dan
pemilihan kata
sesuai dengan
bahasa
Indonesia
baku
Penjelasan
mudah
dipahami dan
pemilihan
beberapa kata
sesuai dengan
bahasa
Indonesia
baku
Penjelasan
Kurang dipahami dan
pemilihan
beberapa kata
sesuai dengan
bahasa
Indonesia
baku
Penjelasan
sulit dipahami
dan pemilihan
kata tidak
sesuai dengan
bahasa
Indonesia
baku

Keterangan :   
4 = sangat baik
3 = baik                                  
2 = cukup                   
1 = perlu bimbingan              

Skor Maksimal 12

Nilai    =

F. Sumber dan Media
-          Buku Guru
-          Buku Siswa
-          Bacaan tentang “Alasan Mengapa Merokok Dilarang”, gambar
-          Organ pencernaan pada manusia, bacaan tentang sistem pencernaan pada hewan..



Mengetahui,                                                                Beureunuen, ……,……………...2016
Kepala SD 3 Beureunuen                                           Guru Kelas V B,



( Rosmiati, S.Pd )                                                       ( Julia, S.Pd.I )
NIP. 19581231 198012 2006                                     NIP. 19780714 200801 2 001






Lembar Kerja Siswa

(LKS)

1.     Tuliskan 5 Organ penting pencernaan manusia:
a.  ……………………………………………………………………………………....
b.  ……………………………………………………………………………………....
c.   ……………………………………………………………………………………....
d.  ……………………………………………………………………………………....
e.  ……………………………………………………………………………………....

2.     Buat kalimat menggunakan 5 nama organ penting pencernaan manusia di atas!
a.    ……………………………………………………………………………………....
b.    ……………………………………………………………………………………....
c.    ……………………………………………………………………………………....
d.    ……………………………………………………………………………………....
e.    ……………………………………………………………………………………....

3.     Tuliskan fungsi organ berikut dalam pencernaan manusia.
a.    Mulut             : …………………………………………………………………....
b.    Lambung      : …………………………………………………………………....
c.    Rennin          : …………………………………………………………………....
d.    Usus              : …………………………………………………………………....
e.    Enterokinasi : …………………………………………………………………....

4.     Siti sakit maag. Maag termasuk penyakit pencernaan. Kata dokter itu disebabkan Siti sering terlambat makan. Tuliskan jenis penyakit pencernaan lainnya.
a.    ……………………………………………………………………………………....
b.    ……………………………………………………………………………………....
c.    ……………………………………………………………………………………....
d.    ……………………………………………………………………………………....
e.    ……………………………………………………………………………………....

5.     Perhatikan kembali nama-nama organ tubuh ikan. Pilih dua di antaranya, lalu gunakan untuk membuat kalimat.
a.    ……………………………………………………………………………………....
b.    ……………………………………………………………………………………....


MEDIA
TEMA 6 KELAS 5 SUB 2 PB 2

TEMA 6 KELAS 5 SUB 2 PB 2

TEMA 6 KELAS 5 SUB 2 PB 1

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors