RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : Sekolah Dasar Negeri 7 Sigli
Kelas/Semester : V/ II
Tema 6 :
Organ Tubuh Manusia Dan Hewan
Sub
Tema 2/ Pembelajaran : Organ Manusia dan Hewan/ 3
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
KOMPETENSI INTI :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B.
KOMPETENSI DASAR (KD) / INDIKATOR
a) MATEMATIKA
1.1 Menerima, menghargai, dan menjalankan
ajaran agama yang dianutnya.
2.3 Memiliki rasa ingin tahu dan
ketertarikan pada matematika yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
3.3 Memilih prosedur pemecahan masalah dengan menganalisis hubungan antar simbol, informasi yang relevan, dan mengamati pola.
3.3.1 Menyajikan
pernyataan matematika secara
tertulis.
4.6 Mencatat jarak dan waktu tempuh berbagai benda yang bergerak ke dalam tabel untuk memahami konsep kecepatan sebagai hasil bagi antara jarak dan waktu dan menggunakannya dalam penyelesaian masalah
4.6.1 Menuliskan
hubungan antara kecepatan,
jarak, dan waktu.
b) PPKn
1.2 Menghargai kebersamaan dalam keberagaman
sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa dalam kehidupan bermasyarakat dan
berbangsa
2.4 Menunjukkan perilaku cinta tanah air Indonesia
dalam kehidupan di rumah, sekolah, dan masyarakat.
3.6 Memahami perlunya saling memenuhi keperluan hidup Mengenal kebutuhan dasar manusia dan cara pemenuhannya
4.6 Menyajikan dinamika saling memenuhi keperluan hidup antar daerah untuk menumbuhkan keutuhan nasional
4.6.1 Melakukan
studi pustaka dari berbagai
sumber reverensi untuk mengidentifikasi
kebutuhan manusia dan cara
pemenuhannya dan menyusun
hasilnya dalam bentuk laporan
tertulis.
c) BAHASA INDONESIA
1.2 Menerima keberadaan
Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan manusia dan bahasa yang beragam serta
bendabenda di alam sekitar.
2.1 Memiliki perilaku
jujur dan disiplin tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet,
anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan), dan fungsiya, serta sistem pernapasan
melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.2 Menguraikan isi teks penjelasan tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
3.2.1 Membaca
teks mengenai anggota tubuh hewan dan
fungsinya
4.2 Menyampaikan teks proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.2.1 Menuliskan
dengan memberi contoh hewan-hewan
yang termasuk karnivora,
herbivora, dan omnivora.
4.2.2 Mempresentasikan
hasil tulisan mengenai bagian-bagian
tumbuhan fungsinya.
C.
DESKRIPSI MATERI
PELAJARAN :
- Pernyataan matematika secara tertulis.
- Hubungan antara kecepatan, jarak, dan waktu.
- Studi pustaka dari berbagai sumber reverensi untuk mengidentifikasi kebutuhan manusia dan cara pemenuhannya dan menyusun hasilnya dalam bentuk laporan tertulis
- Teks mengenai anggota tubuh hewan dan fungsinya
- Hasil tulisan mengenai bagian-bagian tumbuhan fungsinya.
D.
KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4. Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa
kelompok
6. Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran
yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7. Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan
yaitu tentang “Organ Tubuh
Manusia Dan Hewan”.
8. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o Kegiatan dimulai dengan mengkomunikasikan
kepada siswa tentang kegiatan yang akan dilakukan
o Guru menstimulasi rasa ingin tahu siswa
dengan memberikan pertanyaan: Adakah yang pernah melihat iguana di rumahnya?; Apakah ada hewan lain
yang bentuknya
menyerupai iguana?
o Siswa menggali informasi dari bacaan
tentang reptil (kegiatan membaca)
o Siswa mengaitkan isi bacaan dengan
pengalaman kontekstualnya sehingga memperkuat pemahamannya tentang reptil
o Siswa
mengamati gambar iguana dan menuliskan nama
bagian anggota tubuh pada gambar
o Siswa
mencari informasi dari berbagai sumber tentang fungsi setiap anggota tubuh
iguana
o Informasi
yang diperoleh dapat dituliskan pada tabel yang tersedia di buku siswa
o Kegiatan
ini bisa dilakukan secara berkelompok dengan teman sebangku supaya terjadi
proses diskusi dan pertukaran
pendapat
o Siswa mencermati kalimat-kalimat yang
disajikan pada buku siswa. Siswa dengan bimbingan guru mencari keterkaitan antar kalimat
o Siswa menggunakan pola pada kalimat-kalimat
yang disajikan
untuk menarik/membuat kesimpulan
o Siswa mencari bacaan dari berbagai sumber
tent kebutuhan
manusia, bisa dari buku, majalah, ataupun koran.
o Siswa menggunting atau memfotokopi teks
bacaan tersebut dan menempelkannya pada kolom yang disediakan.
o Siswa membaca dan mencermati semua
informasi yang mereka dapatkan dari teks bacaan tentang kebutuhan manusia yang
mereka temukan, dan mengidentifikasikan macam-macam atau jenis-jenis kebutuhan manusia.
o Siswa dengan bimbingan guru membuat kesipulan
dari teks bacaan yang mereka dapatkan. Siswa disarankan untuk menukarkan hasil pekerjaannya
dengan pekerjaan temannya dan saling bertukar informasi, melalui kegiatan ini siswa
mendapatkan informasi yang lebih beragam dan lengkap tentang kebutuhan manusia
PENGAYAAN
o Beberapa bulan lagi akan ada pesta demokrasi/pemilu presiden.
Beberapa orang mencalonkan diri sebagai calon presiden. Ada yang berasal dari
kalangan politisi, akademisi, pengusaha, artis, dan sebagainya. Dari segi
finansial, mereka berada di garis menengah ke atas,
bahkan pendapatannya lebih tinggi dari presiden.
o Coba kamu analisis mengapa hal in bisa terjadi? Apakah ada
kebutuhan mereka yang belum terpenuhi? Untuk menjawb pertanyaan ini, kamu bisa
melihat tingkatan kebutuhan menurut Maslow.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1. Bersama-sama dengan siswa membuat
kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4. Menyampaikan pesan moral/belajar.
5. Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E.
Penilaian :
1.
Aspek
yang dinilai; a.Penilaian Sikap
b.Penilaian Pengetahuan
c. Penilaian Ketrampilan
2.
Jenis
penilaian; a.
observasi
b.tertulis,lisan
c . praktek,projek
3.
Instrumen
Penilaian
4.
Rubrik
dan Penskoran Nilai;
PENILAIAN
a.
Rubrik Mengklasifikasi Reptil
berdasarkan Makanannya
Kompetensi yang dinilai:
•
Pengetahuan siswa tentang materi
klasifikasi reptil berdasarkan makanannya
•
Keterampilan siswa dalam menggunakan bahasa
Indonesia yang baik dan benar dalam
menyajikan informasi
•
Sikap kemandirian siswa
Aspek
|
Baik Sekali
|
Baik
|
cukup
|
Perlu bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Pengetahuan
|
Siswa
menunjukkan
pemahaman
materi yang
sangat
tinggi
|
Siswa
menunjukkan
pemahaman
materi cukup
tinggi
|
Siswa
menunjukkan
pemahaman materi
cukup
tinggi, namun
membutuhkan
sedikit bantuan
guru dalam
pengerjaannya
|
Siswa
menunjukkan
pemahaman
materi yang
kurang dan
membutuhkan
banyak bantuan
guru dalam
pengerjaannya
|
Kemandirian
& Manajemen
Waktu
(Attitude)
|
Sangat
mandiri
mengerjakan
tugas, bahkan
selesai sebelum
waktunya
|
Mandiri
mengerjakan
tugas dan selesai
tepat
waktu
|
Masih perlu
diingatkan
sesekali untuk
menyelesaikan
tugas
|
Tidak menyelesaikan
Tugas tepat
pada
waktunya
|
Keterampilan
|
Laporan artikel
disampaikan
dengan
menggunakan
tata bahasa
Indonesia yang baik
dan baku
|
Terdapat 1-2
kesalahan
dalam tata
bahasa Indonesia
yang baik dan
baku
|
Terdapat 3-4
kesalahan
dalam tata
bahasa Indonesia
yang baik dan
baku
|
Terdapat >
4 kesalahan
dalam tata
bahasa Indonesia
yang baik dan
baku
|
Keterangan :
4 = sangat
baik
3 = baik
2 = cukup
1 = perlu bimbingan
Skor
Maksimal 12
Nilai =
b. Rubrik
Mengamati Gambar
Kompetensi yang dinilai:
•
Pengetahuan siswa tentang materi gambar
yang diamati
•
Keterampilan siswa dalam mengamati
•
Kecermatan dan ketelitian siswa
dalam mengamati
Aspek
|
Baik Sekali
|
Baik
|
cukup
|
Perlu bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Isi dan
Pengetahuan:
Hasil
pengamatan
ditulis lengkap,
siswa menunjukkan
pengetahuan
tentang materi
yang
disajikan
|
Hasil pengamatan
gambar ditulis
lengkap dan
pertanyaan- pertanyaan
yang berkaitan
dengan gambar
secara keseluruhan
dijawab dengan benar
|
Hasil
pengamatan
gambar ditulis
lengkap dan
pertanyaan- pertanyaan
yang berkaitan
dengan gambar
sebagian besar dijawab
dengan
benar
|
Hasil
pengamatan
gambar ditulis cukup lengkap dan pertanyaan- pertanyaan
yang berkaitan
dengan gambar
beberapa dijawab
dengan
benar
|
Hasil pengamatan
Gambar ditulis kurang lengkap dan
pertanyaan- pertanyaan
yang berkaitan
dengan gambar
hanya sedikit
yang dijawab
dengan
benar
|
Sikap:
Ketelitian dalam
mengamati
gambar dan
melihat setiap
komponennya
|
Teliti dan
detail dalam
mengamati
setiap komponen
pada gambar dan mampu menandai gambar serta menambahkan
informasi
|
Teliti dan
detail dalam
mengamati
setiap komponen
pada
gambar
|
Teliti dan
detail dalam
mengamati
sebagian komponen
pada
gambar
|
Kurang
teliti dan
detail dalam
mengamati
setiap
komponen
pada
gambar
|
Keterampilan
mengomunikasikan
hasil
|
Penjelasan
mudah
dipahami dan
pemilihan kata
sesuai dengan
bahasa
Indonesia
baku
|
Penjelasan
Mudah dipahami dan pemilihan
beberapa
kata sesuai
dengan bahasa
Indonesia
baku
|
Penjelasan
kurang
dipahami dan
pemilihan
beberapa kata
sesuai dengan
bahasa
Indonesia
baku
|
Penjelasan
Sulit dipahami dan pemilihan
kata tidak
sesuai
dengan
bahasa
Indonesia
baku
|
F.
Media,
Alat dan Sumber Belajar
Media : Gambar bagian tubuh iguana.
Alat/Bahan :
bacaan
tentang jenis-jenis reptil
Sumber Belajar : Buku siswa dan buku guru, bacaan
penunjang.
Mengetahui, Sigli, ……,……………...2015
Kepala SD N 7 Sigli Guru Kelas V,
(
Nurmalawati,
S.Pd ) (
Jusmaini,
S.Pd )
NIP.
19710303
200212 2 001 NIP. 19711107
199411 2 001
Lembar Kerja Siswa
(LKS)
Jenis reptil yang termasuk karnivora, herbivora, dan
omnivora yaitu:
a. Karnivora
1)
-------------------------------------------------------------------------------------------------
2) -------------------------------------------------------------------------------------------------
3) -------------------------------------------------------------------------------------------------
b. Herbivora
1) -------------------------------------------------------------------------------------------------
2) -------------------------------------------------------------------------------------------------
3) -------------------------------------------------------------------------------------------------
c. Omnivora
1) -------------------------------------------------------------------------------------------------
2) -------------------------------------------------------------------------------------------------
3) -------------------------------------------------------------------------------------------------
MEDIA
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment