Home » » TEMA 6 KELAS 5 SUB 2 PB 3

TEMA 6 KELAS 5 SUB 2 PB 3

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Sunday 8 January 2017



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                      : Sekolah Dasar Negeri 7 Sigli
Kelas/Semester                           : V/ II
Tema 6                                       : Organ Tubuh Manusia Dan Hewan
Sub Tema 2/ Pembelajaran          : Organ Manusia dan Hewan/ 3
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A.      KOMPETENSI INTI :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B.       KOMPETENSI DASAR (KD) / INDIKATOR
a) MATEMATIKA
1.1 Menerima, menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.3 Memiliki rasa ingin tahu dan ketertarikan pada matematika yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
3.3 Memilih prosedur pemecahan masalah dengan menganalisis hubungan antar simbol, informasi yang relevan, dan mengamati pola.
3.3.1 Menyajikan pernyataan matematika secara tertulis.
4.6    Mencatat jarak dan waktu tempuh berbagai benda yang bergerak ke dalam tabel untuk memahami konsep kecepatan sebagai hasil bagi antara jarak dan waktu dan menggunakannya dalam penyelesaian masalah
4.6.1 Menuliskan hubungan antara kecepatan, jarak, dan waktu.

b) PPKn
1.2 Menghargai kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa dalam kehidupan bermasyarakat dan berbangsa
2.4 Menunjukkan perilaku cinta tanah air Indonesia dalam kehidupan di rumah, sekolah, dan masyarakat.
3.6 Memahami perlunya saling memenuhi keperluan hidup Mengenal kebutuhan dasar manusia dan cara pemenuhannya
4.6 Menyajikan dinamika saling memenuhi keperluan hidup antar daerah untuk menumbuhkan keutuhan nasional
4.6.1 Melakukan studi pustaka dari berbagai sumber reverensi untuk mengidentifikasi kebutuhan manusia dan cara pemenuhannya dan menyusun hasilnya dalam bentuk laporan tertulis.

c) BAHASA INDONESIA
1.2    Menerima keberadaan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan manusia dan bahasa yang beragam serta bendabenda di alam sekitar.
2.1    Memiliki perilaku jujur dan disiplin tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan), dan fungsiya, serta sistem pernapasan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.2     Menguraikan isi teks penjelasan tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
3.2.1 Membaca teks mengenai anggota tubuh hewan dan fungsinya
4.2    Menyampaikan teks proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.2.1 Menuliskan dengan memberi contoh hewan-hewan yang termasuk karnivora, herbivora, dan omnivora.
4.2.2 Mempresentasikan hasil tulisan mengenai bagian-bagian tumbuhan fungsinya.

C.      DESKRIPSI MATERI PELAJARAN :
  1. Pernyataan matematika secara tertulis.
  2. Hubungan antara kecepatan, jarak, dan waktu.
  3. Studi pustaka dari berbagai sumber reverensi untuk mengidentifikasi kebutuhan manusia dan cara pemenuhannya dan menyusun hasilnya dalam bentuk laporan tertulis
  4. Teks mengenai anggota tubuh hewan dan fungsinya
  5. Hasil tulisan mengenai bagian-bagian tumbuhan fungsinya.

D.      KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Organ Tubuh Manusia Dan Hewan”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Kegiatan dimulai dengan mengkomunikasikan kepada siswa tentang kegiatan yang akan dilakukan
o   Guru menstimulasi rasa ingin tahu siswa dengan memberikan pertanyaan: Adakah yang pernah melihat iguana di rumahnya?; Apakah ada hewan lain yang bentuknya menyerupai iguana?
o   Siswa menggali informasi dari bacaan tentang reptil (kegiatan membaca)
o   Siswa mengaitkan isi bacaan dengan pengalaman kontekstualnya sehingga memperkuat pemahamannya tentang reptil
o   Siswa mengamati gambar iguana dan menuliskan nama bagian anggota tubuh pada gambar
o   Siswa mencari informasi dari berbagai sumber tentang fungsi setiap anggota tubuh iguana
o   Informasi yang diperoleh dapat dituliskan pada tabel yang tersedia di buku siswa
o   Kegiatan ini bisa dilakukan secara berkelompok dengan teman sebangku supaya terjadi proses diskusi dan pertukaran pendapat
o   Siswa mencermati kalimat-kalimat yang disajikan pada buku siswa. Siswa dengan bimbingan guru mencari keterkaitan antar kalimat
o   Siswa menggunakan pola pada kalimat-kalimat yang disajikan untuk menarik/membuat kesimpulan
o   Siswa mencari bacaan dari berbagai sumber tent kebutuhan manusia, bisa dari buku, majalah, ataupun koran.
o   Siswa menggunting atau memfotokopi teks bacaan tersebut dan menempelkannya pada kolom yang disediakan.
o   Siswa membaca dan mencermati semua informasi yang mereka dapatkan dari teks bacaan tentang kebutuhan manusia yang mereka temukan, dan mengidentifikasikan macam-macam atau jenis-jenis kebutuhan manusia.
o   Siswa dengan bimbingan guru membuat kesipulan dari teks bacaan yang mereka dapatkan. Siswa disarankan untuk menukarkan hasil pekerjaannya dengan pekerjaan temannya dan saling bertukar informasi, melalui kegiatan ini siswa mendapatkan informasi yang lebih beragam dan lengkap tentang kebutuhan manusia

PENGAYAAN
o   Beberapa bulan lagi akan ada pesta demokrasi/pemilu presiden. Beberapa orang mencalonkan diri sebagai calon presiden. Ada yang berasal dari kalangan politisi, akademisi, pengusaha, artis, dan sebagainya. Dari segi finansial, mereka berada di garis menengah ke atas, bahkan pendapatannya lebih tinggi dari presiden.
o   Coba kamu analisis mengapa hal in bisa terjadi? Apakah ada kebutuhan mereka yang belum terpenuhi? Untuk menjawb pertanyaan ini, kamu bisa melihat tingkatan kebutuhan menurut Maslow.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15    menit

E.       Penilaian :
1.      Aspek yang dinilai; a.Penilaian Sikap
                                              b.Penilaian Pengetahuan
                                              c. Penilaian Ketrampilan          
2.      Jenis penilaian;       a. observasi
                                        b.tertulis,lisan
                                        c . praktek,projek
3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;




 



PENILAIAN

a.      Rubrik Mengklasifikasi Reptil berdasarkan Makanannya
Kompetensi yang dinilai:
         Pengetahuan siswa tentang materi klasifikasi reptil berdasarkan makanannya
         Keterampilan siswa dalam menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam menyajikan informasi
         Sikap kemandirian siswa
Aspek
Baik Sekali
Baik
cukup
Perlu bimbingan
4
3
2
1
Pengetahuan
Siswa
menunjukkan
pemahaman
materi yang
sangat tinggi
Siswa
menunjukkan
pemahaman
materi cukup
tinggi
Siswa
menunjukkan
pemahaman materi cukup
tinggi, namun
membutuhkan
sedikit bantuan
guru dalam
pengerjaannya

Siswa
menunjukkan
pemahaman
materi yang
kurang dan
membutuhkan
banyak bantuan
guru dalam
pengerjaannya
Kemandirian
& Manajemen
Waktu
(Attitude)
Sangat
mandiri
mengerjakan
tugas, bahkan
selesai sebelum
waktunya
Mandiri
mengerjakan
tugas dan selesai tepat
waktu
Masih perlu
diingatkan
sesekali untuk
menyelesaikan
tugas
Tidak menyelesaikan
Tugas tepat pada
waktunya
Keterampilan
Laporan artikel
disampaikan
dengan
menggunakan
tata bahasa
Indonesia yang baik dan baku
Terdapat 1-2
kesalahan
dalam tata
bahasa Indonesia
yang baik dan
baku
Terdapat 3-4
kesalahan
dalam tata
bahasa Indonesia
yang baik dan
baku
Terdapat >
4 kesalahan
dalam tata
bahasa Indonesia
yang baik dan
baku

Keterangan :   
4 = sangat baik
3 = baik                                  
2 = cukup                   
1 = perlu bimbingan              

Skor Maksimal 12

Nilai    =






b.      Rubrik Mengamati Gambar
Kompetensi yang dinilai:
         Pengetahuan siswa tentang materi gambar yang diamati
         Keterampilan siswa dalam mengamati
         Kecermatan dan ketelitian siswa dalam mengamati
Aspek
Baik Sekali
Baik
cukup
Perlu bimbingan
4
3
2
1
Isi dan
Pengetahuan:
Hasil
pengamatan
ditulis lengkap, siswa menunjukkan
pengetahuan
tentang materi
yang disajikan
Hasil pengamatan
gambar ditulis
lengkap dan
pertanyaan- pertanyaan
yang berkaitan
dengan gambar secara keseluruhan
dijawab dengan benar
Hasil
pengamatan
gambar ditulis
lengkap dan
pertanyaan- pertanyaan
yang berkaitan
dengan gambar
sebagian besar dijawab
dengan benar
Hasil
pengamatan
gambar ditulis cukup lengkap dan pertanyaan- pertanyaan
yang berkaitan
dengan gambar
beberapa dijawab
dengan benar
Hasil pengamatan
Gambar ditulis kurang lengkap dan pertanyaan- pertanyaan
yang berkaitan
dengan gambar
hanya sedikit
yang dijawab
dengan benar
Sikap:
Ketelitian dalam
mengamati
gambar dan
melihat setiap
komponennya
Teliti dan
detail dalam
mengamati
setiap komponen
pada gambar dan mampu menandai gambar serta menambahkan
informasi
Teliti dan
detail dalam
mengamati
setiap komponen
pada gambar
Teliti dan
detail dalam
mengamati
sebagian komponen
pada gambar
Kurang
teliti dan
detail dalam
mengamati
setiap
komponen
pada gambar
Keterampilan
mengomunikasikan
hasil
Penjelasan
mudah
dipahami dan
pemilihan kata
sesuai dengan
bahasa
Indonesia
baku
Penjelasan
Mudah dipahami dan pemilihan
beberapa
kata sesuai
dengan bahasa
Indonesia
baku
Penjelasan
kurang
dipahami dan
pemilihan
beberapa kata
sesuai dengan
bahasa
Indonesia
baku
Penjelasan
Sulit dipahami dan pemilihan
kata tidak
sesuai
dengan
bahasa
Indonesia
baku

F.       Media, Alat dan Sumber Belajar
Media                : Gambar bagian tubuh iguana.
Alat/Bahan        : bacaan tentang jenis-jenis reptil
Sumber Belajar : Buku siswa dan buku guru, bacaan penunjang.



Mengetahui,                                                                            Sigli, ……,……………...2015
Kepala SD N 7 Sigli                                                               Guru Kelas V,



( Nurmalawati, S.Pd )                                                           ( Jusmaini, S.Pd )
NIP. 19710303 200212 2 001                                               NIP. 19711107 199411 2 001


Lembar Kerja Siswa
(LKS)

Jenis reptil yang termasuk karnivora, herbivora, dan omnivora yaitu:
a. Karnivora
1) -------------------------------------------------------------------------------------------------
2) -------------------------------------------------------------------------------------------------
3) -------------------------------------------------------------------------------------------------

b. Herbivora
1) -------------------------------------------------------------------------------------------------
2) -------------------------------------------------------------------------------------------------
3) -------------------------------------------------------------------------------------------------

c. Omnivora
1) -------------------------------------------------------------------------------------------------
2) -------------------------------------------------------------------------------------------------
3) -------------------------------------------------------------------------------------------------

Amati gambar iguana. Lalu, tuliskan nama-nama bagian tubuh iguana






MEDIA

TEMA 6 KELAS 5 SUB 2 PB 3

TEMA 6 KELAS 5 SUB 2 PB 3
 

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors