RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : Sekolah Dasar Negeri 7 Sigli
Kelas/Semester : V/ II
Tema 6 :
Organ Tubuh Manusia Dan Hewan
Sub
Tema 2/ Pembelajaran : Organ Manusia dan Hewan/ 4
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
KOMPETENSI INTI :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B.
KOMPETENSI DASAR (KD) / INDIKATOR
a) MATEMATIKA
1.1 Menerima, menghargai, dan menjalankan
ajaran agama yang dianutnya.
2.3 Memiliki rasa ingin tahu dan
ketertarikan pada matematika yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
3.3 Memilih prosedur pemecahan
masalah dengan menganalisis hubungan antar simbol, informasi yang relevan, dan
mengamati pola.
3.3.1 Memberi contoh dan bukan
contoh suatu konsep sesuai dengan definisi yang diberikan.
3.3.2 Menentukan suatu konsep
sesuai dengan sifat-sifat yang dimiliki.
4.6 Mencatat jarak dan waktu tempuh
berbagai benda yang bergerak ke dalam tabel untuk memahami konsep kecepatan
sebagai hasil bagi antara jarak dan waktu dan menggunakannya dalam penyelesaian
masalah
4.6.1 Menggunakan rumus kecepatan
dalam penyelesaian masalah.
b) PPKn
1.2 Menghargai kebersamaan dalam keberagaman
sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa dalam kehidupan bermasyarakat dan
berbangsa
2.4 Menunjukkan perilaku cinta tanah air Indonesia
dalam kehidupan di rumah, sekolah, dan masyarakat
3.6 Memahami perlunya saling
memenuhi keperluan hidup.
3.6.1 Mengenal kebutuhan dasar
manusia dan cara pemenuhannya.
4.6 Menyajikan dinamika saling
memenuhi keperluan hidup antar daerah untuk menumbuhkan keutuhan nasional.
4.6.1 Mengidentifikasi kebutuhan
manusia dan cara Pemenuhannya
c) IPS
1.1 Menerima karunia Tuhan YME yang telah
menciptakan waktu dengan segal perubahannya
2.2 Menunjukkan perilaku jujur, sopan, estetika
dan memiliki motivasi internal ketika berhubungan dengan lembaga sosial,
budaya, ekonomi, dan politik
3.1 Memahami aktivitas dan
perubahan kehidupan manusia dalam ruang, konektivitas antar ruang dan waktu
serta dan keberlanjutannya dalam kehidupan sosial, ekonomi, pendidikan dan
budaya dalam lingkup nasional.
3.1.1 Mengenal aktivitas kehidupan
manusia dan perubahannya dalam konektivitas ruang dan waktu di bidang sosial,
ekonomi, pendidikan, dan budaya dalam lingkup nasional.
4.1 Menyajikan hasil pengamatan
mengenai aktivitas dan perubahan
kehidupan manusia dalam ruang, konektivitas antar ruang dan waktu serta dan keberlanjutannya
dalam kehidupan sosial, ekonomi, pendidikan dan budaya dalam lingkup nasional
dari sumber-sumber yang tersedia
4.1.1 Menyusun laporan secara
tertulis tentang mengenai aktivitas dan perubahan kehidupan manusia dalam
ruang, konektivitas antar ruang dan waktu serta dan keberlanjutannya dalam kehidupan
sosial, ekonomi, pendidikan dan budaya dalam lingkup nasional.
d) BAHASA INDONESIA
1.2 Menerima keberadaan Tuhan Yang Maha Esa
atas penciptaan manusia dan bahasa yang beragam serta bendabenda di alam
sekitar.
2.1 Memiliki perilaku jujur dan disiplin tentang
proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan,
tumbuhan), dan fungsiya, serta sistem pernapasan melalui pemanfaatan bahasa
Indonesia.
3.2 Menguraikan isi teks penjelasan
tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia,
hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan dengan bantuan guru dan
teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah
kosakata baku.
3.2.1 Membaca teks mengenai anggota
tubuh hewan dan fungsinya
3.2.2 Mengidentifikasi anggota
tubuh hewan dan fungsinya dari bacaan yang dibaca.
3.2.3 Menggolongkan hewan yang
termasuk karnivora, herbivora dan omnivora dari teks yang dibaca.
4.2 Menyampaikan teks proses daur
air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan)
dan fungsinya, serta sistem pernapasan secara mandiri dalam bahasa Indonesia
lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.2.1 Menuliskan dengan memberi
contoh hewan-hewan yang termasuk karnivora, herbivora, dan omnivora.
4.2.2 Mempresentasikan hasil
tulisan mengenai bagianbagian tumbuhan dan fungsinya.
C.
DESKRIPSI MATERI
PELAJARAN :
1. Perilaku
cinta tanah air Indonesia dalam kehidupan di rumah, sekolah, dan masyarakat
2. Kebutuhan
dasar manusia dan cara pemenuhannya
3. Kebutuhan
manusia dan cara Pemenuhannya
4. Contoh dan
bukan contoh suatu konsep sesuai dengan definisi yang diberikan
5. Rumus
kecepatan dalam penyelesaian masalah.
6. Aktivitas
kehidupan manusia dan perubahannya dalam konektivitas ruang dan waktu di bidang
sosial, ekonomi, pendidikan, dan budaya dalam lingkup nasional.
7. Teks proses
daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan,
tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan secara mandiri dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
D.
KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan kelas
4. Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa
kelompok
6. Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran
yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7. Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan
yaitu tentang “Organ Tubuh
Manusia Dan Hewan”.
8. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o Kegiatan dimulai dengan mengkomunikasikan
kepada
siswa
tentang kegiatan yang akan dilakukan
o Guru memancing rasa ingin tahu siswa dengan
mengajukan pertanyaan, Siapa yang pernah melihat sapi? Sapi termasuk ke dalam
golongan hewan apa?
o Siswa menggali informasi dari bacaan “Hewan
Mamalia” dan mengidentifikasi jenis-jenis mamalia (kegiatan membaca)
o Siswa menuliskan informasi yang diperoleh
pada kolom yang disediakan di buku siswa.
o Kegiatan ini bisa dikerjakan secara
individual atau berpasangan dengan teman sebangku (disesuaikan dengan kondisi
kelas)
o Siswa menyelesaikan soal cerita matematika
yang berhubungan dengan kecepatan
o Soal yang disediakan merupakan soal
kontekstual. Oleh karena itu, diharapkan siswa mampu mengaplikasikan pengetahuannya
tentang kecepatan dalam kehidupan sehari-hari
o Siswa menyelesaikan soal secara mandiri
o Apabila semua soal sudah terselesaikan atau
waktu pengerjaannya sudah habis, siswa dapat saling mengoreksi dengan teman
sebangku
o Soal-soal sulit dan tidak bisa dipecahkan
oleh siswa akan dibahas bersama-sama dengan bimbingan guru
o Siswa bersama dengan teman sebangkunya/ kelompoknya
mendiskusikan tentang kegiatan ekonomi (definisi dan tujuannya)
o Siswa mengidentifikasikan kegiatan-kegiatan
ekonomi pada bidang-bidang pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan,
kehutanan, perindustrian dan perdagangan.
o Siswa menuliskan bentuk-bentuk kegiatan
yang berkaitan dengan bidang-bidang tersebut
PENGAYAAN
·
Faiz mengendarai
sepeda ke rumah Nenek dengan kecepatan 10 km/jam. 20 menit kemudian, Ayah
berangkat menyusul Faiz. Ayah mengendarai sepeda motor dengan kecepatan 30
km/jam. Berapa lama waktu yang Ayah butuhkan untuk menyusul Faiz?
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1. Bersama-sama dengan siswa membuat
kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4. Menyampaikan pesan moral/belajar.
5. Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E.
Penilaian :
1. Aspek yang dinilai;
a.Penilaian Sikap
b.Penilaian Pengetahuan
c. Penilaian Ketrampilan
2. Jenis penilaian; a.
observasi
b.tertulis,lisan
c . praktek,projek
3. Instrumen Penilaian
4.
Rubrik
dan Penskoran Nilai;
a.
Rubrik Mengamati Gambar
Kompetensi yang dinilai:
• Pengetahuan
siswa tentang materi gambar yang diamati
• Keterampilan
siswa dalam mengamati
• Kecermatan dan ketelitian siswa
dalam mengamati
Aspek
|
Baik Sekali
|
Baik
|
cukup
|
Perlu bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Isi dan
Pengetahuan:
|
Hasil pengamatan
gambar ditulis
lengkap dan
pertanyaan- pertanyaan
yang berkaitan
dengan gambar secara keseluruhan
dijawab dengan benar
|
Hasil pengamatan
gambar ditulis
lengkap dan
pertanyaan-pertanyaan
yang berkaitan
dengan gambar
sebagian besar dijawab dengan
benar
|
Hasil pengamatan
gambar ditulis cukup lengkap dan pertanyaan-
pertanyaan
yang berkaitan
dengan gambar
beberapa dijawab
dengan
bena
|
Hasil pengamatan
gambar ditulis kurang lengkap dan
pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan gambarhanya sedikit yang dijawab dengan benar
|
Sikap:
|
Teliti dan detail dalam mengamati
setiap komponen
pada gambar dan mampu menandai gambar
serta
menambahkan
informasi
|
Teliti dan detail dalam mengamati
Setiap komponen
pada
gambar
|
Teliti dan detail dalam mengamati
Sebagian komponen
pada gambar
|
Kurang teliti dan
detail dalam
mengamati setiap komponen
pada
gambar
|
Keterampilan
mengomunikasikan
hasil
|
Penjelasan
Mudah dipahami dan pemilihan kata
sesuai dengan Bahasa Indonesia
baku
|
Penjelasan
Mudah dipahami dan pemilihan
beberapa kata
sesuai dengan
bahasa Indonesia
baku
|
Penjelasan
Kurang dipahami dan pemilihan
beberapa kata
sesuai dengan
bahasa Indonesia
baku
|
Penjelasan
sulit dipahami
dan pemilihan
kata tidak
sesuai dengan
bahasa Indonesia
baku
|
Keterangan :
4 = sangat
baik
3 = baik
2 = cukup
1 = perlu
bimbingan
Skor
Maksimal 12
Nilai =
b.
Rubrik Menyelesaikan Soal Metematika
Kompetensi yang dinilai:
•
Pengetahuan siswa tentang konsep kecepatan
•
Keterampilan siswa dalam mengaplikasikan
pengetahuannya untuk memecahkan masalah
•
Kecermatan dan ketelititan siswa dalam
menggunakan informasi dari cerita untuk memecahkan masalah
Aspek
|
Baik Sekali
|
Baik
|
cukup
|
Perlu bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Pengetahuan
|
Menunjukkan
pemahaman
yang lebih tentang konsep
kecepatan
|
Menunjukkan
pemahaman
menyeluruh
tentang konsep
kecepatan
|
Menunjukkan
pemahaman
yang cukup
tentang konsep
kecepatan
|
Menunjukkan
pemahaman
yang kurang
tentang konsep
kecepatan
|
Keterampilan
Dan kemampuan
menjawab
pertanyaan
|
Seluruh pertanyaan
dijawab dengan benar
|
Sebagian
Besar pertanyaan
dijawab
dengan
benar
|
Sebagian kecil
pertanyaan
dijawab dengan benar
|
Seluruh
pertanyaan
tidak dijawab
dengan
benar
|
Kecermatan
dan
ketelitian
|
Siswa secara
Cermat dan teliti
menggunakan
dan menuliskan
seluruh informasi yang
disediakan
untuk menyelesaikan
soal
cerita
|
Siswa secara
Cermat dan teliti
menggunakan
dan menuliskan
sebagian besar
informasi yang
disediakan
untuk menyelesaikan
soal cerita
|
Siswa
menggunakan
dan
menuliskan
sebagian
informasi yang
disediakan
untuk menyelesaikan
soal
cerita
|
Siswa menggunakan
dan
menuliskan
sedikit informasi
yang disediakan
untuk menyelesaikan
soal cerita
|
Keterangan :
4 = sangat
baik
3 = baik
2 = cukup
1 = perlu
bimbingan
Skor
Maksimal 12
Nilai =
F.
Media,
Alat dan Sumber Belajar
Media : Gambar
Alat/Bahan :
Bacaan tentang
“Hewan Mamalia”.
Sumber Belajar : Buku siswa dan buku guru, bacaan
penunjang.
Mengetahui, Sigli, ……,……………...2016
Kepala SD N 7 Sigli Guru Kelas V,
(
Nurmalawati,
S.Pd ) (
Jusmaini,
S.Pd )
NIP.
19710303
200212 2 001 NIP. 19711107
199411 2 001
LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)
1. Tiga jenis mamalia yaitu:
a.
..………………………………………………………………………………………
b.
..………………………………………………………………………………………
c.
..………………………………………………………………………………………
2.
Tuliskan nama binatang pada bacaan
lengkap dengan nama anggota tubuh yang dimiliki binatang tersebut beserta
fungsinya. Kemudian, beri tanda V pada huruf K jika
binatang termasuk karnivora, H bila
termasuk herbivora, dan O jika termasuk Omnivora!
MEDIA
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment