Home » » TEMA 6 KELAS 5 SUB 2 PB 4

TEMA 6 KELAS 5 SUB 2 PB 4

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Monday 9 January 2017



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                      : Sekolah Dasar Negeri 7 Sigli
Kelas/Semester                           : V/ II
Tema 6                                       : Organ Tubuh Manusia Dan Hewan
Sub Tema 2/ Pembelajaran          : Organ Manusia dan Hewan/ 4
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A.      KOMPETENSI INTI :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B.       KOMPETENSI DASAR (KD) / INDIKATOR
a) MATEMATIKA
1.1 Menerima, menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.3 Memiliki rasa ingin tahu dan ketertarikan pada matematika yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
3.3 Memilih prosedur pemecahan masalah dengan menganalisis hubungan antar simbol, informasi yang relevan, dan mengamati pola.
3.3.1 Memberi contoh dan bukan contoh suatu konsep sesuai dengan definisi yang diberikan.
3.3.2 Menentukan suatu konsep sesuai dengan sifat-sifat yang dimiliki.
4.6 Mencatat jarak dan waktu tempuh berbagai benda yang bergerak ke dalam tabel untuk memahami konsep kecepatan sebagai hasil bagi antara jarak dan waktu dan menggunakannya dalam penyelesaian masalah
4.6.1 Menggunakan rumus kecepatan dalam penyelesaian masalah.

b) PPKn
1.2 Menghargai kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa dalam kehidupan bermasyarakat dan berbangsa
2.4 Menunjukkan perilaku cinta tanah air Indonesia dalam kehidupan di rumah, sekolah, dan masyarakat
3.6 Memahami perlunya saling memenuhi keperluan hidup.
3.6.1 Mengenal kebutuhan dasar manusia dan cara pemenuhannya.
4.6 Menyajikan dinamika saling memenuhi keperluan hidup antar daerah untuk menumbuhkan keutuhan nasional.
4.6.1 Mengidentifikasi kebutuhan manusia dan cara Pemenuhannya

c) IPS
1.1 Menerima karunia Tuhan YME yang telah menciptakan waktu dengan segal perubahannya
2.2 Menunjukkan perilaku jujur, sopan, estetika dan memiliki motivasi internal ketika berhubungan dengan lembaga sosial, budaya, ekonomi, dan politik
3.1 Memahami aktivitas dan perubahan kehidupan manusia dalam ruang, konektivitas antar ruang dan waktu serta dan keberlanjutannya dalam kehidupan sosial, ekonomi, pendidikan dan budaya dalam lingkup nasional.
3.1.1 Mengenal aktivitas kehidupan manusia dan perubahannya dalam konektivitas ruang dan waktu di bidang sosial, ekonomi, pendidikan, dan budaya dalam lingkup nasional.
4.1 Menyajikan hasil pengamatan mengenai aktivitas  dan perubahan kehidupan manusia dalam ruang, konektivitas antar ruang dan waktu serta dan keberlanjutannya dalam kehidupan sosial, ekonomi, pendidikan dan budaya dalam lingkup nasional dari sumber-sumber yang tersedia
4.1.1 Menyusun laporan secara tertulis tentang mengenai aktivitas dan perubahan kehidupan manusia dalam ruang, konektivitas antar ruang dan waktu serta dan keberlanjutannya dalam kehidupan sosial, ekonomi, pendidikan dan budaya dalam lingkup nasional.

d) BAHASA INDONESIA
1.2 Menerima keberadaan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan manusia dan bahasa yang beragam serta bendabenda di alam sekitar.
2.1 Memiliki perilaku jujur dan disiplin tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan), dan fungsiya, serta sistem pernapasan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia.
3.2 Menguraikan isi teks penjelasan tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
3.2.1 Membaca teks mengenai anggota tubuh hewan dan fungsinya
3.2.2 Mengidentifikasi anggota tubuh hewan dan fungsinya dari bacaan yang dibaca.
3.2.3 Menggolongkan hewan yang termasuk karnivora, herbivora dan omnivora dari teks yang dibaca.
4.2 Menyampaikan teks proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.2.1 Menuliskan dengan memberi contoh hewan-hewan yang termasuk karnivora, herbivora, dan omnivora.
4.2.2 Mempresentasikan hasil tulisan mengenai bagianbagian tumbuhan dan fungsinya.

C.      DESKRIPSI MATERI PELAJARAN :
1.      Perilaku cinta tanah air Indonesia dalam kehidupan di rumah, sekolah, dan masyarakat
2.       Kebutuhan dasar manusia dan cara pemenuhannya
3.       Kebutuhan manusia dan cara Pemenuhannya
4.       Contoh dan bukan contoh suatu konsep sesuai dengan definisi yang  diberikan
5.       Rumus kecepatan dalam penyelesaian masalah.
6.      Aktivitas kehidupan manusia dan perubahannya dalam konektivitas ruang dan waktu di bidang sosial, ekonomi, pendidikan, dan budaya dalam lingkup nasional.
7.      Teks proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
 
D.      KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Organ Tubuh Manusia Dan Hewan”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Kegiatan dimulai dengan mengkomunikasikan kepada
siswa tentang kegiatan yang akan dilakukan
o   Guru memancing rasa ingin tahu siswa dengan mengajukan pertanyaan, Siapa yang pernah melihat sapi? Sapi termasuk ke dalam golongan hewan apa?
o   Siswa menggali informasi dari bacaan “Hewan Mamalia” dan mengidentifikasi jenis-jenis mamalia (kegiatan membaca)
o   Siswa menuliskan informasi yang diperoleh pada kolom yang disediakan di buku siswa.
o   Kegiatan ini bisa dikerjakan secara individual atau berpasangan dengan teman sebangku (disesuaikan dengan kondisi kelas)
o   Siswa menyelesaikan soal cerita matematika yang berhubungan dengan kecepatan
o   Soal yang disediakan merupakan soal kontekstual. Oleh karena itu, diharapkan siswa mampu mengaplikasikan pengetahuannya tentang kecepatan dalam kehidupan sehari-hari
o   Siswa menyelesaikan soal secara mandiri
o   Apabila semua soal sudah terselesaikan atau waktu pengerjaannya sudah habis, siswa dapat saling mengoreksi dengan teman sebangku
o   Soal-soal sulit dan tidak bisa dipecahkan oleh siswa akan dibahas bersama-sama dengan bimbingan guru
o   Siswa bersama dengan teman sebangkunya/ kelompoknya mendiskusikan tentang kegiatan ekonomi (definisi dan tujuannya)
o   Siswa mengidentifikasikan kegiatan-kegiatan ekonomi pada bidang-bidang pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan, kehutanan, perindustrian dan perdagangan.
o   Siswa menuliskan bentuk-bentuk kegiatan yang berkaitan dengan bidang-bidang tersebut

PENGAYAAN
·         Faiz mengendarai sepeda ke rumah Nenek dengan kecepatan 10 km/jam. 20 menit kemudian, Ayah berangkat menyusul Faiz. Ayah mengendarai sepeda motor dengan kecepatan 30 km/jam. Berapa lama waktu yang Ayah butuhkan untuk menyusul Faiz?

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15    menit

E.       Penilaian :
1.      Aspek yang dinilai; a.Penilaian Sikap
                                              b.Penilaian Pengetahuan
                                              c. Penilaian Ketrampilan          
2.      Jenis penilaian;       a. observasi
                                        b.tertulis,lisan
                                        c . praktek,projek
3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;

a.      Rubrik Mengamati Gambar
Kompetensi yang dinilai:
Pengetahuan siswa tentang materi gambar yang diamati
Keterampilan siswa dalam mengamati
Kecermatan dan ketelitian siswa dalam mengamati
Aspek
Baik Sekali
Baik
cukup
Perlu bimbingan
4
3
2
1
Isi dan
Pengetahuan:
Hasil pengamatan
gambar ditulis
lengkap dan
pertanyaan- pertanyaan
yang berkaitan
dengan gambar secara keseluruhan
dijawab dengan benar
Hasil pengamatan
gambar ditulis
lengkap dan
pertanyaan-pertanyaan
yang berkaitan
dengan gambar
sebagian besar dijawab dengan benar
Hasil pengamatan
gambar ditulis cukup lengkap dan pertanyaan- pertanyaan
yang berkaitan
dengan gambar
beberapa dijawab
dengan bena
Hasil pengamatan
gambar ditulis kurang lengkap dan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan gambarhanya  sedikit yang dijawab dengan benar
Sikap:
Teliti dan detail dalam mengamati
setiap komponen
pada gambar dan mampu menandai gambar serta
menambahkan
informasi
Teliti dan detail dalam mengamati
Setiap komponen
pada gambar
Teliti dan detail dalam mengamati
Sebagian komponen
pada gambar
Kurang teliti dan
detail dalam
mengamati setiap komponen
pada gambar
Keterampilan
mengomunikasikan
hasil
Penjelasan
Mudah dipahami dan pemilihan kata sesuai dengan Bahasa Indonesia
baku
Penjelasan
Mudah dipahami dan pemilihan
beberapa kata
sesuai dengan
bahasa Indonesia
baku
Penjelasan
Kurang dipahami dan pemilihan
beberapa kata
sesuai dengan
bahasa Indonesia
baku
Penjelasan
sulit dipahami
dan pemilihan
kata tidak
sesuai dengan
bahasa Indonesia
baku

Keterangan :   
4 = sangat baik
3 = baik                                  
2 = cukup                   
1 = perlu bimbingan              

Skor Maksimal 12

Nilai    =

b.        Rubrik Menyelesaikan Soal Metematika
Kompetensi yang dinilai:
         Pengetahuan siswa tentang konsep kecepatan
         Keterampilan siswa dalam mengaplikasikan pengetahuannya untuk memecahkan masalah
         Kecermatan dan ketelititan siswa dalam menggunakan informasi dari cerita untuk memecahkan masalah
Aspek
Baik Sekali
Baik
cukup
Perlu bimbingan
4
3
2
1
Pengetahuan
Menunjukkan
pemahaman
yang lebih tentang konsep
kecepatan
Menunjukkan
pemahaman
menyeluruh
tentang konsep
kecepatan
Menunjukkan
pemahaman
yang cukup
tentang konsep
kecepatan
Menunjukkan
pemahaman
yang kurang
tentang konsep
kecepatan
Keterampilan
Dan kemampuan
menjawab
pertanyaan
Seluruh pertanyaan
dijawab dengan benar
Sebagian
Besar pertanyaan
dijawab
dengan benar
Sebagian kecil
pertanyaan
dijawab dengan benar
Seluruh
pertanyaan
tidak dijawab
dengan benar
Kecermatan
dan ketelitian
Siswa secara
Cermat dan teliti
menggunakan
dan menuliskan
seluruh informasi yang
disediakan
untuk menyelesaikan
soal cerita
Siswa secara
Cermat dan teliti
menggunakan
dan menuliskan
sebagian besar
informasi yang
disediakan
untuk menyelesaikan
soal cerita
Siswa
menggunakan
dan
menuliskan
sebagian
informasi yang
disediakan
untuk menyelesaikan
soal cerita
Siswa menggunakan
dan
menuliskan
sedikit informasi
yang disediakan
untuk menyelesaikan
soal cerita


Keterangan :   
4 = sangat baik
3 = baik                                  
2 = cukup                   
1 = perlu bimbingan              

Skor Maksimal 12

Nilai    =

F.       Media, Alat dan Sumber Belajar
Media                : Gambar
Alat/Bahan        : Bacaan tentang “Hewan Mamalia”.
Sumber Belajar : Buku siswa dan buku guru, bacaan penunjang.


Mengetahui,                                                                            Sigli, ……,……………...2016
Kepala SD N 7 Sigli                                                               Guru Kelas V,



( Nurmalawati, S.Pd )                                                           ( Jusmaini, S.Pd )
NIP. 19710303 200212 2 001                                               NIP. 19711107 199411 2 001



LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)

1.     Tiga jenis mamalia yaitu:
a.    ..………………………………………………………………………………………
b.    ..………………………………………………………………………………………
c.    ..………………………………………………………………………………………

2.     Tuliskan nama binatang pada bacaan lengkap dengan nama anggota tubuh yang dimiliki binatang tersebut beserta fungsinya. Kemudian, beri tanda V pada huruf K jika binatang termasuk karnivora, H bila termasuk herbivora, dan O jika termasuk Omnivora!


MEDIA
TEMA 6 KELAS 5 SUB 2 PB 4
 

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors