RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : Sekolah Dasar Negeri 7 Sigli
Kelas/Semester : V/ II
Tema 6 :
Organ Tubuh Manusia Dan Hewan
Sub
Tema 2/ Pembelajaran : Organ Manusia dan Hewan/ 5
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
KOMPETENSI INTI :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B.
KOMPETENSI DASAR (KD) / INDIKATOR
a) BAHASA INDONESIA
1.2 Menerima keberadaan Tuhan Yan Maha Esa atas
penciptaan manusia dan bahasa yang beragam serta bendabenda di alam sekitar.
2.1 Memiliki perilaku jujur dan disiplin tentang
proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan,
tumbuhan), dan fungsiya, serta sistem pernapasan melalui pemanfaatan bahasa
Indonesia.
3.2 Menguraikan
isi teks penjelasan tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet,
anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan
dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih
dan memilah kosakata baku.
3.2.1 Membaca teks mengenai anggota tubuh hewan
dan fungsinya
3.2.2 Mengidentifikasi anggota tubuh hewan dan
fungsinya dari bacaan yang dibaca.
3.2.3 Menggolongkan hewan yang termasuk carnivora,
herbivora dan omnivore dari teks yang dibaca.
4.2 Menyampaikan teks proses daur air, rangkaian
listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya,
serta sistem pernapasan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis
dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.2.1 Menuliskan dengan memberi contoh hewan-hewan
yang termasuk karnivora, herbivora, dan omnivora.
4.2.2 Mempresentasikanhasil tulisan mengenai
bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya.
b) SBdP
1.1 Menerima kekayaan dan keragaman
karya seni daerah sebagai anugerah Tuhan.
2.3 Menunjukkan perilaku disiplin, tanggung
jawab dan kepedulian terhadap alam sekitar melalui berkarya seni.
3.2 Mengenal harmoni musik dan lagu daerah.
3.2.1 Memahami harmoni musik.
3.2.2 Menjelaskan suara satu dan suara dua dalam
musik dan lagu daerah.
4.5 Menyanyikan secara berkelompok lagu anak-anak
dengan iringan musik vokal sesuai dengan asal daerahnya.
4.5.1 Menentukan iringan musik vokal sesuai
asal daerahnya
c) IPA
1.1 Bertambah
keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksita alam dan
jagad raya terhadap kebesaran tuhan yang menciptakannya, serta mewujudkannya dalam
pengamalan ajaran agama yang di anutnya.
2.1 Menunjukkan
perilaku ilmiah ( memiliki rasa ingi tahu, obyektif, jujur, teliti, cermat, tekun, hati-hati, bertanggung jawab,
terbuka, dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud
implementasi sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah dan berdiskusi
3.2 Mengenal organ tubuh manusia dan hewan
serta mendeskripsikan fungsinya
3.2.1 Menyebutkan organ tubuh manusia dan
hewan (pernapasan, pencernaan, saraf, dan peredaran darah).
3.2.2 Menjelaskan fungsi organ tubuh manusia
dan hewan (pernapasan, pencernaan dan peredaran darah manusia).
4.7 Menyajikan laporan tentang jenis penyakit
yang berhubungan dengan gangguan pada organ tubuh manusia.
4.7.1 Menyimpulkan hasil laporan tentang jenis
penyakit yang berhubungan dengan gangguan pada organ tubuh manusia.
4.7.2 Membuat laporan tentang jenis
penyakit yang berhubungan dengan gangguan organ tubuh manusia.
d) PJOK
1.1 Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat
gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan.
2.2 Bertanggung jawab terhadap keselamatan
diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar, serta dalam penggunaan sarana
dan prasarana pembelajaran
3.4 Memahami variasi dan kombinasi pola
gerak dasar lokomotor dan non lokomotor untuk membentuk gerakan dasar (sikap
dan kudakuda) olahraga beladiri.
3.4.1 Memahami pola gerak dasar lokomotor
dan non lokomotor untuk membentuk gerakan dasar (sikap dan kuda-kuda) olahraga beladiri.
4.4 Mempraktikkan variasi dan kombinasi
pola gerak dasar lokomotor dan non lokomotor untuk membentuk gerakan dasar
(sikap dan kuda-kuda) olahraga beladiri.
4.4.1 Melakukan pola gerak dasar lokomotor
dan non lokomotor untuk membentuk gerakan dasar (sikap dan kuda-kuda) olahraga beladiri.
C.
DESKRIPSI MATERI
PELAJARAN :
- Teks mengenai anggota tubuh hewan dan fungsinya
- Hewan yang termasuk carnivora, herbivora dan omnivore dari teks yang dibaca.
- Bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya.
- Harmoni musik.
- Iringan musik vokal sesuai asal daerahnya
- Organ tubuh manusia dan hewan (pernapasan, pencernaan, saraf, dan peredaran darah).
- Laporan tentang jenis penyakit yang berhubungan dengan gangguan organ tubuh manusia.
- Pola gerak dasar lokomotor dan non lokomotor untuk membentuk gerakan dasar (sikap dan kuda-kuda) olahraga beladiri
D.
KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4. Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa
kelompok
6. Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran
yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7. Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan
yaitu tentang “Organ Tubuh
Manusia Dan Hewan”.
8. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o Kegiatan dimulai dengan mengkomunikasikan
kepada siswa tentang kegiatan yang akan dilakukan
o Guru memberikan pertanyaan yang menstimulus
rasa ingin tahu siswa. Pertanyaan dapat berupa, “Saat ini kan sering terjadi
tindak kejahatan/kriminal. Apa yang kalian lakukan supaya tidak menjadi
korban kriminalitas?”
o Guru menunjukkan beberapa gambar tentang sikap
dasar beladiri dan meminta siswa untuk mempraktikkannya
o Sebelum melakukan gerakan, sebaiknya jarak
antar siswa sudah dikondisikan supaya tidak ada yang bentrok
o Siswa
mencermati gambar kemudian mempraktikkan pola gerakannya
o Akan
lebih menarik apabila posisi siswa di-setting berhadapan sehingga
mereka akan melihat rekan di depannya melakukan gerakan yang sama, namun
arahnya berbeda.
o Hal ini
sangat baik untuk melatih kemampuan abstraksi anak
o Saat
melakukan kegiatan ini, guru kelas dapat berkolaborasi dengan guru PJOK
o Siswa memperhatikan partitur lagu
Sigulempong sambil mendengarkan lagu/audionya
o Siswa menyanyikan lagu Sigulempong secara
serempak
o Siswa menggali informasi dari berbagai
sumber tentang suara satu dan suara dua dalam musik
o Informasi yang diperoleh dapat dituliskan
pada kolom yang sudah disediakan di buku siswa
o Siswa menggali informasi dari bacaan “Alat
Peredaran
o Darah Manusia” dan mencatat informasi
penting yang terkandung di dalamnya
o Siswa menggambar organ jantung manusia
dilengkapi dengan nama bagian-bagian dan fungsinya
o Siswa menggambar organ jantung hewan
karnivora dilengkapi dengan nama bagian-bagian dan fungsinya
o Siswa menggali informasi dari berbagai
sumber untuk menemukan konsep tentang perbedaan peredaran darah pada
karnivora, herbivora, dan omnivora
o Siswa membuat laporan tertulis pada buku
siswa
o Siswa mencari sebuah arikel tentang
penyakit yang berhubungan dengan organ tubuh manusia kemudian menyimpulkannya
o Simpulan bisa ditulis di kolom yang
tersedia di buku siswa
PENGAYAAN
o Seni beladiri merupakan warisan budaya yang ada hampir di setiap
daerah. Silat merupakan salah satu seni beladiri tradisional asli Indonesia.
Namun, saat ini pencak silat nampaknya semakin kurang diminati karena
banyaknya beladiri dari luar
o Indonesia yang masuk, misalnya: karate, thai chi, capooera,
judo, dan lain-lain.
o Coba kamu diskusikan dengan orang tua, guru olah raga atau orang
yang lebih dewasa; mengapa hal ini bisa terjadi?
o Sebagai warga Negara Indonesia, apa yang akan kamu lakukan
supaya pencak silat
o yang merupakan beladiri asli Indonesia tidak punah?
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1. Bersama-sama dengan siswa membuat
kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4. Menyampaikan pesan moral/belajar.
5. Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E.
Penilaian :
1. Aspek yang dinilai; a.Penilaian
Sikap
b.Penilaian Pengetahuan
c. Penilaian Ketrampilan
2. Jenis penilaian; a.
observasi
b.tertulis,lisan
c . praktek,projek
3. Instrumen Penilaian
4. Rubrik dan Penskoran Nilai;
a.
Rubrik Menyanyi
Kompetensi yang dinilai:
·
Pengetahuan siswa tentang materi lagu
·
Keterampilan siswa dalam menyanyikan lagu
·
Sikap percaya diri siswa
Aspek
|
Baik Sekali
|
Baik
|
cukup
|
Perlu bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Penguasaan
lagu
|
Siswa hafal
seluruh syair
lagu, Irama tepat
|
Siswa hafal
seluruh syair
lagu, Irama kurang tepat, selesai
|
Siswa hafal
sebagian keciL
syair
lagu
|
Siswa belum
hafal syair
lagu
|
Prnguasaan
tinggirendahdan
panjang-pendek
nada
|
Selama
menyanyi,
siswa dapat
menyanyikan
lagu dengan
intonasi nada
yang tepat
dan dapat
mengikuti
irama
|
Siswa dapat
menyanyikan
lagu dengan
intonasi
nada yang
kurang tepat
dan dapat
mengikuti
irama
|
Siswa dapat
menyanyikan
lagu dengan
intonasi
nada yang
tepat namun
tidak dapat
mengikuti
irama
|
Siswa tidak
dapat menyanyikan
lagu dengan
intonasi
nada yang
tepat dan
tidak dapat
mengikuti
irama
|
Keterangan :
4 = sangat
baik
3 = baik
2 = cukup
1 = perlu
bimbingan
Skor
Maksimal 18
Nilai =
b.
Rubrik Mengamati Gambar
Kompetensi yang dinilai:
•
Pengetahuan siswa tentang materi gambar
yang diamati
•
Keterampilan siswa dalam mengamati
•
Kecermatan dan ketelitian siswa
dalam mengamati
Aspek
|
Baik Sekali
|
Baik
|
cukup
|
Perlu bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Isi dan
Pengetahuan:
Hasil p
engamatan
ditulis lengkap, siswa menunjukkan
pengetahuan
tentang materi
yang
disajikan
|
Hasil
pengamatan
gambar ditulis
lengkap dan
pertanyaanpertanyaan
yang berkaitan
dengan gambar secara keseluruhan
dijawab dengan benar
|
Hasil
pengamatan
gambar ditulis
lengkap dan
pertanyaan-pertanyaan
yang berkaitan
dengan gambar sebagian besar
dijawab
dengan
benar
|
Hasil
pengamatan
gambar ditulis cukup lengkap dan pertanyaan-pertanyaan
yang berkaitan
dengan gambar
beberapa dijawab
dengan
benar
|
Hasil
pengamatan
gambar ditulis
kurang lengkap dan pertanyaan-pertanyaan
yang berkaitan
dengan gambar
hanya sedikit yang dijawab
dengan benar
|
Sikap:
Ketelitian dalam
mengamati
gambar dan
melihat setiap
komponennya
|
Teliti dan
detail dalam
mengamati
setiap komponen
pada gambar
dan mampu
menandai
gambar serta
menambahkan
informasi
|
Teliti dan
detail dalam
mengamati
setiap komponen
pada
gambar
|
Teliti dan
detail dalam
mengamati
sebagian
komponen
pada gambar
|
Kurang
teliti dan
detail dalam
mengamati
setiap
komponen
pada gambar
|
Keterampilan
mengomunikasikan
hasil
|
Penjelasan
mudah
dipahami dan
pemilihan kata
sesuai dengan
bahasa Indonesia
baku
|
Penjelasan
Mudah dipahami dan pemilihan
beberapa kata
sesuai dengan
bahasa Indonesia
baku
|
Penjelasan
Kurang dipahami dan pemilihan
beberapa kata
sesuai dengan
bahasa Indonesia
baku
|
Penjelasan
Sulit dipahami
dan pemilihan
kata tidak
sesuai dengan
bahasa Indonesia
baku
|
Keterangan :
4 = sangat
baik
3 = baik
2 = cukup
1 = perlu
bimbingan
Skor
Maksimal 12
Nilai =
F.
Media,
Alat dan Sumber Belajar
Media :
Beberapa gambar
sikap dasar berdiri
Alat/Bahan : pertitur lagu Kicir-Kicir, bacaan
tentang “Alat Peredaran Darah Manusia
Sumber Belajar : Buku siswa dan buku guru, bacaan
penunjang. buku lain yang relevan
Mengetahui, Sigli, ……,……………...2015
Kepala SD N 7 Sigli Guru Kelas V,
(
Nurmalawati,
S.Pd ) (
Jusmaini,
S.Pd )
NIP.
19710303
200212 2 001 NIP. 19711107
199411 2 001
LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)
1. Apakah alat peredaran darah pada binatang
karnivora, herbivora, dan omnivore berbeda? Cari tahulah, lalu buat laporan
tertulis hasil pencarianmu! Hasil pencarian :
………………………………………………………………………………………………...........
………………………………………………………………………………………………...........
………………………………………………………………………………………………...........
………………………………………………………………………………………………...........
………………………………………………………………………………………………...........
Sumber:
………………………………………………………………………………………………...........
………………………………………………………………………………………………...........
………………………………………………………………………………………………...........
………………………………………………………………………………………………...........
………………………………………………………………………………………………...........
2. Carilah satu artikel tentang penyakit
yang berhubungan dengan organ tubuh manusia dari media cetak maupun elektronik.
Buatlah kesimpulan!
Judul
artikel : ……………………………………………………
Sumber :
……………………………………………………......
Kesimpulan :
………………………………………………………………………………………………...........
………………………………………………………………………………………………...........
………………………………………………………………………………………………...........
………………………………………………………………………………………………...........
………………………………………………………………………………………………...........MEDIA
TEMA 6 KELAS 5 SUB 2 PB 1
TEMA 6 KELAS 5 SUB 2 PB 2
TEMA 6 KELAS 5 SUB 2 PB 3
TEMA 6 KELAS 5 SUB 2 PB 4
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment