Home » » TEMA 6 KELAS 5 SUB 2 PB 5

TEMA 6 KELAS 5 SUB 2 PB 5

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Monday 9 January 2017



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                      : Sekolah Dasar Negeri 7 Sigli
Kelas/Semester                           : V/ II
Tema 6                                       : Organ Tubuh Manusia Dan Hewan
Sub Tema 2/ Pembelajaran          : Organ Manusia dan Hewan/ 5
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A.      KOMPETENSI INTI :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B.       KOMPETENSI DASAR (KD) / INDIKATOR
a) BAHASA INDONESIA
1.2  Menerima keberadaan Tuhan Yan Maha Esa atas penciptaan manusia dan bahasa yang beragam serta bendabenda di alam sekitar.
2.1  Memiliki perilaku jujur dan disiplin tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan), dan fungsiya, serta sistem pernapasan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia.
3.2  Menguraikan isi teks penjelasan tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
3.2.1 Membaca teks mengenai anggota tubuh hewan dan fungsinya
3.2.2 Mengidentifikasi anggota tubuh hewan dan fungsinya dari bacaan yang dibaca.
3.2.3 Menggolongkan hewan yang termasuk carnivora, herbivora dan omnivore dari teks yang dibaca.
4.2 Menyampaikan teks proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.2.1  Menuliskan dengan memberi contoh hewan-hewan yang termasuk karnivora, herbivora, dan omnivora.
4.2.2 Mempresentasikanhasil tulisan mengenai bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya.

b) SBdP
1.1 Menerima kekayaan dan keragaman karya seni daerah sebagai anugerah Tuhan.
2.3 Menunjukkan perilaku disiplin, tanggung jawab dan kepedulian terhadap alam sekitar melalui berkarya seni.
3.2 Mengenal harmoni musik dan lagu daerah.
3.2.1 Memahami harmoni musik.
3.2.2 Menjelaskan suara satu dan suara dua dalam musik dan lagu daerah.
4.5 Menyanyikan secara berkelompok lagu anak-anak dengan iringan musik vokal sesuai dengan asal daerahnya.
4.5.1 Menentukan iringan musik vokal sesuai asal daerahnya

c) IPA
1.1  Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksita alam dan jagad raya terhadap kebesaran tuhan yang menciptakannya, serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang di anutnya.
2.1  Menunjukkan perilaku ilmiah ( memiliki rasa ingi tahu, obyektif, jujur, teliti,  cermat, tekun, hati-hati, bertanggung jawab, terbuka, dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah dan berdiskusi
3.2 Mengenal organ tubuh manusia dan hewan serta mendeskripsikan fungsinya
3.2.1 Menyebutkan organ tubuh manusia dan hewan (pernapasan, pencernaan, saraf, dan peredaran darah).
3.2.2 Menjelaskan fungsi organ tubuh manusia dan hewan (pernapasan, pencernaan dan peredaran darah manusia).
4.7 Menyajikan laporan tentang jenis penyakit yang berhubungan dengan gangguan pada organ tubuh manusia.
4.7.1 Menyimpulkan hasil laporan tentang jenis penyakit yang berhubungan dengan gangguan pada organ tubuh manusia.
4.7.2 Membuat laporan tentang jenis penyakit yang berhubungan dengan gangguan organ tubuh manusia.

d) PJOK
1.1 Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan.
2.2 Bertanggung jawab terhadap keselamatan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran
3.4 Memahami variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor dan non lokomotor untuk membentuk gerakan dasar (sikap dan kudakuda) olahraga beladiri.
3.4.1 Memahami pola gerak dasar lokomotor dan non lokomotor untuk membentuk gerakan dasar (sikap dan kuda-kuda) olahraga beladiri.
4.4 Mempraktikkan variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor dan non lokomotor untuk membentuk gerakan dasar (sikap dan kuda-kuda) olahraga beladiri.
4.4.1 Melakukan pola gerak dasar lokomotor dan non lokomotor untuk membentuk gerakan dasar (sikap dan kuda-kuda) olahraga beladiri.

C.      DESKRIPSI MATERI PELAJARAN :
  1. Teks mengenai anggota tubuh hewan dan fungsinya
  2. Hewan yang termasuk carnivora, herbivora dan omnivore dari teks yang dibaca.
  3. Bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya.
  4. Harmoni musik.
  5. Iringan musik vokal sesuai asal daerahnya
  6. Organ tubuh manusia dan hewan (pernapasan, pencernaan, saraf, dan peredaran darah).
  7. Laporan tentang jenis penyakit yang berhubungan dengan gangguan organ tubuh manusia.
  8. Pola gerak dasar lokomotor dan non lokomotor untuk membentuk gerakan dasar (sikap dan kuda-kuda) olahraga beladiri
D.      KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Organ Tubuh Manusia Dan Hewan”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Kegiatan dimulai dengan mengkomunikasikan kepada siswa tentang kegiatan yang akan dilakukan
o   Guru memberikan pertanyaan yang menstimulus rasa ingin tahu siswa. Pertanyaan dapat berupa, “Saat ini kan sering terjadi tindak kejahatan/kriminal. Apa yang kalian lakukan supaya tidak menjadi korban kriminalitas?”
o   Guru menunjukkan beberapa gambar tentang sikap dasar beladiri dan meminta siswa untuk mempraktikkannya
o   Sebelum melakukan gerakan, sebaiknya jarak antar siswa sudah dikondisikan supaya tidak ada yang bentrok
o   Siswa mencermati gambar kemudian mempraktikkan pola gerakannya
o   Akan lebih menarik apabila posisi siswa di-setting berhadapan sehingga mereka akan melihat rekan di depannya melakukan gerakan yang sama, namun arahnya berbeda.
o   Hal ini sangat baik untuk melatih kemampuan abstraksi anak
o   Saat melakukan kegiatan ini, guru kelas dapat berkolaborasi dengan guru PJOK
o   Siswa memperhatikan partitur lagu Sigulempong sambil mendengarkan lagu/audionya
o   Siswa menyanyikan lagu Sigulempong secara serempak
o   Siswa menggali informasi dari berbagai sumber tentang suara satu dan suara dua dalam musik
o   Informasi yang diperoleh dapat dituliskan pada kolom yang sudah disediakan di buku siswa
o   Siswa menggali informasi dari bacaan “Alat Peredaran
o   Darah Manusia” dan mencatat informasi penting yang terkandung di dalamnya
o   Siswa menggambar organ jantung manusia dilengkapi dengan nama bagian-bagian dan fungsinya
o   Siswa menggambar organ jantung hewan karnivora dilengkapi dengan nama bagian-bagian dan fungsinya
o   Siswa menggali informasi dari berbagai sumber untuk menemukan konsep tentang perbedaan peredaran darah pada karnivora, herbivora, dan omnivora
o   Siswa membuat laporan tertulis pada buku siswa
o   Siswa mencari sebuah arikel tentang penyakit yang berhubungan dengan organ tubuh manusia kemudian menyimpulkannya
o   Simpulan bisa ditulis di kolom yang tersedia di buku siswa

PENGAYAAN
o   Seni beladiri merupakan warisan budaya yang ada hampir di setiap daerah. Silat merupakan salah satu seni beladiri tradisional asli Indonesia. Namun, saat ini pencak silat nampaknya semakin kurang diminati karena banyaknya beladiri dari luar
o   Indonesia yang masuk, misalnya: karate, thai chi, capooera, judo, dan lain-lain.
o   Coba kamu diskusikan dengan orang tua, guru olah raga atau orang yang lebih dewasa; mengapa hal ini bisa terjadi?
o   Sebagai warga Negara Indonesia, apa yang akan kamu lakukan supaya pencak silat
o   yang merupakan beladiri asli Indonesia tidak punah?

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15    menit

E.       Penilaian :
1.      Aspek yang dinilai; a.Penilaian Sikap
                                              b.Penilaian Pengetahuan
                                              c. Penilaian Ketrampilan          
2.      Jenis penilaian;       a. observasi
                                        b.tertulis,lisan
                                        c . praktek,projek
3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;



a.      Rubrik Menyanyi
Kompetensi yang dinilai:
·         Pengetahuan siswa tentang materi lagu
·         Keterampilan siswa dalam menyanyikan lagu
·         Sikap percaya diri siswa
Aspek
Baik Sekali
Baik
cukup
Perlu bimbingan
4
3
2
1
Penguasaan
lagu
Siswa hafal
seluruh syair
lagu, Irama tepat
Siswa hafal
seluruh syair
lagu, Irama kurang tepat, selesai
Siswa hafal
sebagian keciL
syair lagu
Siswa belum
hafal syair
lagu
Prnguasaan
tinggirendahdan
panjang-pendek
nada
Selama
menyanyi,
siswa dapat
menyanyikan
lagu dengan
intonasi nada
yang tepat
dan dapat
mengikuti
irama
Siswa dapat
menyanyikan
lagu dengan
intonasi
nada yang
kurang tepat
dan dapat
mengikuti
irama
Siswa dapat
menyanyikan
lagu dengan
intonasi
nada yang
tepat namun
tidak dapat
mengikuti
irama
Siswa tidak
dapat menyanyikan
lagu dengan
intonasi
nada yang
tepat dan
tidak dapat
mengikuti
irama

Keterangan :   
4 = sangat baik
3 = baik                                  
2 = cukup                   
1 = perlu bimbingan              

Skor Maksimal 18

Nilai   

b.        Rubrik Mengamati Gambar
Kompetensi yang dinilai:
         Pengetahuan siswa tentang materi gambar yang diamati
         Keterampilan siswa dalam mengamati
         Kecermatan dan ketelitian siswa dalam mengamati
Aspek
Baik Sekali
Baik
cukup
Perlu bimbingan
4
3
2
1
Isi dan
Pengetahuan:
Hasil p
engamatan
ditulis lengkap, siswa menunjukkan
pengetahuan
tentang materi
yang disajikan
Hasil
pengamatan
gambar ditulis
lengkap dan
pertanyaanpertanyaan
yang berkaitan
dengan gambar secara keseluruhan
dijawab dengan benar
Hasil
pengamatan
gambar ditulis
lengkap dan
pertanyaan-pertanyaan
yang berkaitan
dengan gambar sebagian besar dijawab
dengan benar
Hasil
pengamatan
gambar ditulis cukup lengkap dan pertanyaan-pertanyaan
yang berkaitan
dengan gambar
beberapa dijawab
dengan benar
Hasil
pengamatan
gambar ditulis
kurang lengkap dan pertanyaan-pertanyaan
yang berkaitan
dengan gambar
hanya sedikit yang dijawab
dengan benar
Sikap:
Ketelitian dalam
mengamati
gambar dan
melihat setiap
komponennya
Teliti dan
detail dalam
mengamati
setiap komponen
pada gambar
dan mampu
menandai
gambar serta
menambahkan
informasi
Teliti dan
detail dalam
mengamati
setiap komponen
pada gambar
Teliti dan
detail dalam
mengamati
sebagian
komponen
pada gambar
Kurang
teliti dan
detail dalam
mengamati
setiap
komponen
pada gambar
Keterampilan
mengomunikasikan
hasil
Penjelasan
mudah
dipahami dan
pemilihan kata
sesuai dengan
bahasa Indonesia
baku
Penjelasan
Mudah dipahami dan pemilihan
beberapa kata
sesuai dengan
bahasa Indonesia
baku
Penjelasan
Kurang dipahami dan pemilihan
beberapa kata
sesuai dengan
bahasa Indonesia
baku
Penjelasan
Sulit dipahami
dan pemilihan
kata tidak
sesuai dengan
bahasa Indonesia
baku

Keterangan :   
4 = sangat baik
3 = baik                                  
2 = cukup                   
1 = perlu bimbingan              

Skor Maksimal 12

Nilai    =

F.       Media, Alat dan Sumber Belajar
Media                : Beberapa gambar sikap dasar berdiri
Alat/Bahan        : pertitur lagu Kicir-Kicir, bacaan tentang “Alat Peredaran Darah                             Manusia
Sumber Belajar : Buku siswa dan buku guru, bacaan penunjang. buku lain yang                              relevan


Mengetahui,                                                                            Sigli, ……,……………...2015
Kepala SD N 7 Sigli                                                               Guru Kelas V,



( Nurmalawati, S.Pd )                                                           ( Jusmaini, S.Pd )
NIP. 19710303 200212 2 001                                               NIP. 19711107 199411 2 001



LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)

1.     Apakah alat peredaran darah pada binatang karnivora, herbivora, dan omnivore berbeda? Cari tahulah, lalu buat laporan tertulis hasil pencarianmu! Hasil pencarian :
………………………………………………………………………………………………...........
………………………………………………………………………………………………...........
………………………………………………………………………………………………...........
………………………………………………………………………………………………...........
………………………………………………………………………………………………...........   

Sumber:
………………………………………………………………………………………………...........
………………………………………………………………………………………………...........
………………………………………………………………………………………………...........
………………………………………………………………………………………………...........
………………………………………………………………………………………………...........

2.     Carilah satu artikel tentang penyakit yang berhubungan dengan organ tubuh manusia dari media cetak maupun elektronik. Buatlah kesimpulan!

Judul artikel : ……………………………………………………

Sumber : ……………………………………………………......

Kesimpulan :
………………………………………………………………………………………………...........
………………………………………………………………………………………………...........
………………………………………………………………………………………………...........
………………………………………………………………………………………………...........
………………………………………………………………………………………………...........


MEDIA


TEMA 6 KELAS 5 SUB 2 PB 5

TEMA 6 KELAS 5 SUB 2 PB 5

 
TEMA 6 KELAS 5 SUB 2 PB 1
TEMA 6 KELAS 5 SUB 2 PB 2
TEMA 6 KELAS 5 SUB 2 PB 3
TEMA 6 KELAS 5 SUB 2 PB 4

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors