Home » » TEMA 6 KELAS 5 SUB 2 PB 6

TEMA 6 KELAS 5 SUB 2 PB 6

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Monday 9 January 2017



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                      : Sekolah Dasar Negeri 7 Sigli
Kelas/Semester                          : V/ II
Tema 6                                       : Organ Tubuh Manusia Dan Hewan
Sub Tema 2/ Pembelajaran         : Organ Manusia dan Hewan/ 6
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A.      KOMPETENSI INTI :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B.       KOMPETENSI DASAR (KD) / INDIKATOR
a) SBdP
1.1 Menerima kekayaan dan keragaman karya seni daerah sebagai anugerah Tuhan.
2.3 Menunjukkan perilaku disiplin, tanggung jawab dan kepedulian terhadap alam sekitar melalui berkaryaseni.
3.2 Mengenal harmoni musik dan lagu daerah.
3.2.1 Merasakan harmonisasi musik pada lagu yang dinyanyikan.
4.5 Menyanyikan secara berkelompok lagu anak-anak dengan iringan musik vokal sesuai dengan asal daerahnya.
4.5.1 Mempertunjukkan lagu anak-anak dengan iringan musik vokal sesuai asal daerahnya secara berkelompok.

b) BAHASA INDONESIA
1.2  Menerima keberadaan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan manusia dan bahasa yang beragam serta bendabenda di alam sekitar.
2.1  Memiliki perilaku jujur dan disiplin tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan), dan fungsiya, serta sistem pernapasan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia.
3.2 Menguraikan isi teks penjelasan tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
3.2.1 Membaca teks mengenai anggota tubuh hewan dan fungsinya
3.2.2 Mengidentifikasi anggota tubuh hewan dan fungsinya dari bacaan yang dibaca.
3.2.3 Menggolongkan hewan yang termasuk carnivora, herbivora dan omnivore dari teks yang dibaca.
4.2     Menyampaikan teks proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.2.1 Menuliskan dengan memberi contoh hewan-hewan yang termasuk karnivora, herbivora, dan omnivora.
4.2.2 Mempresentasikanhasil tulisan mengenai bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya

c) PPKn
1.2  Menghargai kebersamaan dalamkeberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa dalam kehidupan bermasyarakat dan berbangsa
2.4  Menunjukkan perilaku cinta tanah air Indonesia dalam kehidupan di rumah, sekolah, dan masyarakat.
3.6 Memahami perlunya saling memenuhi keperluan hidup
3.6.1 Menyebutkan kebutuhan dasar manusia dan cara pemenuhannya
4.6  Menyajikan dinamika saling memenuhi keperluan hidup antar daerah untuk menumbuhkan keutuhan nasional
4.6.1 Melakukan studi pustaka dari berbagai sumber reverensi untuk mengidentifikasi kebutuhan manusia dan cara pemenuhannya dan menyusun hasilnya dalam bentuk laporan tertulis.

d) IPS
1.1    Menerima karunia Tuhan YME yang telah menciptakan waktu dengan segala perubahannya
2.2    Menunjukkan perilaku jujur, sopan, estetika dan memiliki motivasi internal ketika berhubungan dengan lembaga sosial, budaya, ekonomi, dan politik
3.1    Memahami aktivitas dan perubahan kehidupan manusia dalam ruang, konektivitas antar ruang dan waktu serta dan keberlanjutannnya dalam kehidupan sosial, ekonomi, pendidikan dan budaya dalam lingkup nasional.
3.1.1 Menyebutkan aktivitas kehidupan manusia dan perubahannya dalam konektivitas ruang dan waktu di bidang sosial, ekonomi, pendidikan, dan budaya dalam lingkup nasional.
4.1    Menyajikan hasil pengamatan mengenai aktivitas dan perubahan kehidupan manusia dalam ruang, konektivitas antar ruang dan waktu serta dan keberlanjutannya dalam kehidupan sosial, ekonomi, pendidikan dan budaya dalam lingkup nasional dari sumber-sumber yang tersedia
4.1.1 Menjelaskan aktivitas kehidupan manusia dan perubahannya dalam konektivitas ruang dan waktu di bidang sosial, ekonomi, pendidikan, dan budaya dalam lingkup nasional.
4.1.2 Mempresentasikan laporan hasil pengamatan tentang mengenai aktivitas dan perubahan kehidupan manusia dalam ruang, konektivitas antar ruang dan waktu serta dan keberlanjutannya dalam kehidupan sosial, ekonomi, pendidikan dan budaya dalam lingkup nasional

C.      DESKRIPSI MATERI PELAJARAN :
1.      Harmoni musik dan lagu daerah
2.      Secara berkelompok lagu anak-anak dengan iringan musik vokal sesuai dengan asal daerahnya.
3.      Lagu anak-anak dengan iringan musik vokal sesuai asal daerahnya secara berkelompok
4.      Teks mengenai anggota tubuh hewan dan fungsinya
5.      Contoh hewan-hewan yang termasuk karnivora, herbivora, dan omnivora.
6.      Kebutuhan dasar manusia dan cara pemenuhannya
7.      Aktivitas kehidupan manusia dan perubahannya dalam konektivitas ruang dan waktu di bidang sosial, ekonomi, pendidikan, dan budaya dalam lingkup nasional.
8.      Pengamatan tentang mengenai aktivitas dan perubahan kehidupan manusia dalam ruang, konektivitas antar ruang dan waktu serta dan keberlanjutannya dalam kehidupan sosial, ekonomi, pendidikan dan budaya dalam lingkup nasional
9.      Aktivitas kehidupan manusia dan perubahannya dalam konektivitas ruang dan waktu di bidang sosial, ekonomi, pendidikan, dan budaya dalam lingkup nasional

D.      KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Organ Tubuh Manusia Dan Hewan”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Kegiatan dimulai dengan mengomunikasikan kepada siswa tentang kegiatan yang akan dilakukan
o   Guru memberikan stimulus dengan mengajukan pertanyaan, “Siapa yang sering jajan di kantin?”; “Kegiatan apa saja yang terjadi di kantin?”
o   Guru membacakan cerita yang berhubungan dengan kegiatan ekonomi, sementara itu siswa mendengarkan cerita sambil mencermati gambar ilustrasi
o   Siswa melakukan tanya-jawab tentang konsep kegiatan ekonomi
o   Siswa menggali informasi dari berbagai sumber tentang jenis-jenis usaha dalam bidang ekonomi
o   Informasi yang diperoleh dapat dituliskan pada buku Siswa
o   Siswa diminta untuk membawa sebuah artikel tantang jenis-jenis usaha manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya
o   Artikel bisa diperoleh dari media cetak maupun elektronik
o   Siswa ditugaskan untuk membuat laporan tertulis dari artikel yang dibaca
o   Laporan tertulis bisa berdua paraphrase dari isi artikel yang dituliskan kembali menggunakan bahasa anak
o   Perwakilan siswa menyampaikan laporannya, sementara sisanya memberikan komentar dan tanggapan
o   Siswa mengamati birama dan tempo lagu Kakatua. Guru membimbing siswa dengan mengingatkan arti dari birama dan tempo lagu.
o   Siswa mempelajari suara satu dan suara dua pada lagu Kakatua dan membentuk kelompok.
o   Dala setiap kelompok siswa dibagi menjadi kelompok suara satu dan suara dua.
o   Siswa dengan bimbingan dan bantuan guru berlatih menyanyikan lagu Kakatua dengan suara satu dan msuara dua secara harmonis.
o   Siswa berlatih menyanyikan lagu Kakatua dengan dua suara hingga tercapai keterpaduan/harmonisasi.
o   Siswa menyanyikan lagu Kakatua dengan dua suara dalam kelompok dengan penuh percaya diri

PENGAYAAN
”Menjadi Jurnalis”
·         Siswa akan melaksanakan tugas sebagai jurnalis. Setting latarnya adalah pasar tradisional. Siswa akan mewawancarai beberapa orang yang bekerja di pasar.
·         Pertanyaan yang diajukan seputar jenis pekerjaan, barang yang dijual, jasa yang ditawarkan, dan lain-lain.

Langkah-Langkah:
o   Siswa bekerja dalam kelompok yang anggotanya terdiri dari 4-5 orang
o   Setiap kelompok bekerja sama untuk mengumpulkan data tentang kegiatan ekonomi dan jenis pekerjaan yang ada di pasar tradisional
o   Informasi yang diperoleh dapat dituliskan pada tabel hasil wawancara

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15    menit


E.       Penilaian :
1.      Aspek yang dinilai; a.Penilaian Sikap
                                              b.Penilaian Pengetahuan
                                              c. Penilaian Ketrampilan          
2.      Jenis penilaian;       a. observasi
                                        b.tertulis,lisan
                                        c . praktek,projek
3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;


PENILAIAN
a.      Rubrik Mengamati Gambar
Kompetensi yang dinilai:
o   Pengetahuan siswa tentang materi gambar yang diamati
o   Keterampilan siswa dalam mengamati
o   Kecermatan dan ketelitian siswa dalam mengamati
Aspek
Baik Sekali
Baik
cukup
Perlu bimbingan
4
3
2
1
Isi dan
Pengetahuan:
Hasil
pengamatan
ditulis lengkap, siswa menunjukkan
pengetahuan
tentang materi
yang disajikan
Hasil
pengamatan
gambar ditulis
lengkap dan
pertanyaan- pertanyaan
yang berkaitan
dengan gambar secara keseluruhan
dijawab dengan
benar
Hasil
pengamatan
gambar ditulis
lengkap dan
pertanyaan-pertanyaan
yang berkaitan
dengan gambar
sebagian besar
dijawab dengan
benar
Hasil
pengamatan
gambar
ditulis cukup
lengkap dan
pertanyaan-pertanyaan
yang berkaitan
dengan gambar
beberapa dijawab dengan
benar
Hasil
pengamatan
gambar ditulis kurang lengkap dan pertanyaan- pertanyaan
yang berkaitan
dengan gambar
hanya sedikit
yang dijawab
dengan benar
Sikap:
Ketelitian dalam
mengamati
gambar dan
melihat setiap
komponennya
Teliti dan
detail dalam
mengamati
setiap komponen
pada gambar
dan mampu
menandai
gambar serta
menambahkan
informasi
Teliti dan
detail dalam
mengamati
setiap komponen pada gambar
Teliti dan
detail dalam
mengamati
sebagian komponen pada
gambar
Kurang teliti dan
detail dalam
mengamati
setiap komponen
pada gambar
Keterampilan
mengomunikasikan
hasil
Penjelasan
Mudah dipahami dan pemilihan
kata sesuai
dengan bahasa
Indonesia baku
Penjelasan
Mudah dipahami dan
pemilihan beberapa kata sesuai dengan bahasa Indonesia baku
Penjelasan
Kurang dipahami dan pemilihan
beberapa
kata sesuai
dengan bahasa
Indonesia baku
Penjelasan
sulit dipahami
dan pemilihan
kata tidak sesuai dengan bahasa Indonesia
baku

Keterangan :   
4 = sangat baik
3 = baik                                  
2 = cukup                   
1 = perlu bimbingan              

Skor Maksimal 12

Nilai    =


b.      Rubrik Membuat Laporan Artikel
Kompetensi yang dinilai:
o   Pengetahuan siswa tentang materi artikel
o   Keterampilan siswa dalam menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam menyajikan informasi
o   Sikap kemandirian siswa
Aspek
Baik Sekali
Baik
cukup
Perlu bimbingan
4
3
2
1
Pengetahuan
Siswa
menunjukkan
pemahaman
materi yang
sangat tinggi
Siswa
menunjukkan
pemahaman
materi cukup
tinggi
Siswa
menunjukkan
pemahaman
materi cukup
tinggi, namun
membutuhkan
sedikit bantuan
guru dalam
pengerjaannya
Siswa menunjukkan
pemahaman
materi yang kurang dan membutuhkan
banyak bantuan
guru dalam
pengerjaannya

Kemandirian
& Manajemen
Waktu
(Attitude)
Sangat mandiri
mengerjakan
tugas, bahkan
selesai sebelum
waktunya
Mandiri
mengerjakan
tugas dan selesai tepat waktu
Masih perlu
diingatkan
sesekali untuk
menyelesaikan
tugas
Tidak menyelesaikan
Tugas tepat pada
waktunya
Keterampilan
Laporan artikel
disampaikan
dengan
menggunakan
tata bahasa
Indonesia yang baik dan baku
Terdapat 1-2
kesalahan
dalam tata
bahasa Indonesia
yang baik dan
baku
Terdapat 3-4
kesalahan
dalam tata
bahasa Indonesia
yang baik dan
baku
Terdapat >
4 kesalahan
dalam tata
bahasa Indonesia
yang baik dan
baku

Skor Maksimal 12

Nilai    =

F.       Media, Alat dan Sumber Belajar
Media                : Gambar
Alat/Bahan        :
Sumber Belajar : Buku siswa dan buku guru, buku lain yang relevan.




Mengetahui,                                                                            Sigli, ……,……………...2015
Kepala SD N 7 Sigli                                                               Guru Kelas V,



( Nurmalawati, S.Pd )                                                           ( Jusmaini, S.Pd )
NIP. 19710303 200212 2 001                                               NIP. 19711107 199411 2 001




LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)




Penjelasan:
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………


Contoh kebutuhan dasar manusia yang harus dipenuhi.

a. Kebutuhan fisiologis :
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . .. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
b. Rasa aman dan perlindungan :
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . .. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
c. Rasa cinta memiliki dan dimiliki :
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . .. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
d. Harga diri :
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . .. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
e. Aktualisasi diri :
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .

 

MEDIA
TEMA 6 KELAS 5 SUB 2 PB 6

TEMA 6 KELAS 5 SUB 2 PB 1
TEMA 6 KELAS 5 SUB 2 PB 2
TEMA 6 KELAS 5 SUB 2 PB 3
TEMA 6 KELAS 5 SUB 2 PB 4
TEMA 6 KELAS 5 SUB 2 PB 5

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors