RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : Sekolah Dasar Negeri 7 Sigli
Kelas/Semester : V/ II
Tema 6 :
Organ Tubuh Manusia Dan Hewan
Sub
Tema 2/ Pembelajaran : Organ Manusia dan Hewan/ 6
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
KOMPETENSI INTI :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B.
KOMPETENSI DASAR (KD) / INDIKATOR
a) SBdP
1.1 Menerima kekayaan dan keragaman karya
seni daerah sebagai anugerah Tuhan.
2.3 Menunjukkan perilaku disiplin, tanggung
jawab dan kepedulian terhadap alam sekitar melalui berkaryaseni.
3.2 Mengenal harmoni musik dan lagu daerah.
3.2.1 Merasakan harmonisasi musik pada lagu
yang dinyanyikan.
4.5 Menyanyikan secara berkelompok lagu anak-anak
dengan iringan musik vokal sesuai dengan asal daerahnya.
4.5.1 Mempertunjukkan lagu anak-anak dengan
iringan musik vokal sesuai asal daerahnya secara berkelompok.
b) BAHASA INDONESIA
1.2 Menerima
keberadaan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan manusia dan bahasa yang beragam
serta bendabenda di alam sekitar.
2.1 Memiliki perilaku jujur dan disiplin tentang
proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan,
tumbuhan), dan fungsiya, serta sistem pernapasan melalui pemanfaatan bahasa
Indonesia.
3.2 Menguraikan isi teks penjelasan tentang
proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia,
hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan dengan bantuan guru dan
teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah
kosakata baku.
3.2.1 Membaca teks mengenai anggota tubuh hewan
dan fungsinya
3.2.2 Mengidentifikasi anggota tubuh hewan dan
fungsinya dari bacaan yang dibaca.
3.2.3 Menggolongkan hewan yang termasuk carnivora,
herbivora dan omnivore dari teks yang dibaca.
4.2 Menyampaikan teks proses daur air, rangkaian
listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya,
serta sistem pernapasan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis
dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.2.1 Menuliskan dengan memberi contoh hewan-hewan
yang termasuk karnivora, herbivora, dan omnivora.
4.2.2 Mempresentasikanhasil tulisan mengenai
bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya
c) PPKn
1.2 Menghargai
kebersamaan dalamkeberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa dalam
kehidupan bermasyarakat dan berbangsa
2.4 Menunjukkan
perilaku cinta tanah air Indonesia dalam kehidupan di rumah, sekolah, dan
masyarakat.
3.6 Memahami perlunya saling memenuhi keperluan
hidup
3.6.1 Menyebutkan kebutuhan dasar manusia
dan cara pemenuhannya
4.6 Menyajikan
dinamika saling memenuhi keperluan hidup antar daerah untuk menumbuhkan
keutuhan nasional
4.6.1 Melakukan studi pustaka dari berbagai
sumber reverensi untuk mengidentifikasi kebutuhan manusia dan cara pemenuhannya
dan menyusun hasilnya dalam bentuk laporan tertulis.
d) IPS
1.1 Menerima karunia Tuhan YME yang telah
menciptakan waktu dengan segala perubahannya
2.2 Menunjukkan perilaku jujur, sopan, estetika dan
memiliki motivasi internal ketika berhubungan dengan lembaga sosial, budaya,
ekonomi, dan politik
3.1 Memahami aktivitas dan perubahan kehidupan manusia
dalam ruang, konektivitas antar ruang dan waktu serta dan keberlanjutannnya
dalam kehidupan sosial, ekonomi, pendidikan dan budaya dalam lingkup nasional.
3.1.1 Menyebutkan aktivitas kehidupan
manusia dan perubahannya dalam konektivitas ruang dan waktu di bidang sosial,
ekonomi, pendidikan, dan budaya dalam lingkup nasional.
4.1 Menyajikan hasil pengamatan mengenai
aktivitas dan perubahan kehidupan manusia dalam ruang, konektivitas antar ruang
dan waktu serta dan keberlanjutannya dalam kehidupan sosial, ekonomi, pendidikan
dan budaya dalam lingkup nasional dari sumber-sumber yang tersedia
4.1.1 Menjelaskan aktivitas kehidupan
manusia dan perubahannya dalam konektivitas ruang dan waktu di bidang sosial,
ekonomi, pendidikan, dan budaya dalam lingkup nasional.
4.1.2 Mempresentasikan laporan hasil
pengamatan tentang mengenai aktivitas dan perubahan kehidupan manusia dalam
ruang, konektivitas antar ruang dan waktu serta dan keberlanjutannya dalam
kehidupan sosial, ekonomi, pendidikan dan budaya dalam lingkup nasional
C.
DESKRIPSI MATERI
PELAJARAN :
1.
Harmoni musik dan lagu daerah
2.
Secara berkelompok lagu anak-anak
dengan iringan musik vokal sesuai dengan asal daerahnya.
3.
Lagu anak-anak dengan iringan musik
vokal sesuai asal daerahnya secara berkelompok
4. Teks
mengenai anggota tubuh hewan dan fungsinya
5.
Contoh hewan-hewan yang termasuk
karnivora, herbivora, dan omnivora.
6.
Kebutuhan dasar manusia dan cara
pemenuhannya
7.
Aktivitas kehidupan manusia dan
perubahannya dalam konektivitas ruang dan waktu di bidang sosial, ekonomi,
pendidikan, dan budaya dalam lingkup nasional.
8.
Pengamatan tentang mengenai
aktivitas dan perubahan kehidupan manusia dalam ruang, konektivitas antar ruang
dan waktu serta dan keberlanjutannya dalam kehidupan sosial, ekonomi,
pendidikan dan budaya dalam lingkup nasional
9.
Aktivitas kehidupan manusia dan
perubahannya dalam konektivitas ruang dan waktu di bidang sosial, ekonomi,
pendidikan, dan budaya dalam lingkup nasional
D.
KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4. Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa
kelompok
6. Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran
yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7. Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan
yaitu tentang “Organ Tubuh
Manusia Dan Hewan”.
8. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o Kegiatan dimulai dengan mengomunikasikan
kepada siswa tentang kegiatan yang akan dilakukan
o Guru memberikan stimulus dengan mengajukan pertanyaan,
“Siapa yang sering jajan di kantin?”; “Kegiatan apa saja yang terjadi di
kantin?”
o Guru membacakan cerita yang berhubungan
dengan kegiatan ekonomi, sementara itu siswa mendengarkan cerita sambil
mencermati gambar ilustrasi
o Siswa melakukan tanya-jawab tentang konsep
kegiatan ekonomi
o Siswa menggali informasi dari berbagai
sumber tentang jenis-jenis usaha dalam bidang ekonomi
o Informasi yang diperoleh dapat dituliskan
pada buku Siswa
o Siswa diminta untuk membawa sebuah artikel tantang
jenis-jenis usaha manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya
o Artikel bisa diperoleh dari media cetak
maupun elektronik
o Siswa ditugaskan untuk membuat laporan tertulis
dari artikel yang dibaca
o Laporan tertulis bisa berdua paraphrase
dari isi artikel yang dituliskan kembali menggunakan bahasa anak
o Perwakilan siswa menyampaikan laporannya, sementara
sisanya memberikan komentar dan tanggapan
o Siswa mengamati birama dan tempo lagu
Kakatua. Guru membimbing siswa dengan mengingatkan arti dari birama dan tempo
lagu.
o Siswa mempelajari suara satu dan suara dua
pada lagu Kakatua dan membentuk kelompok.
o Dala setiap kelompok siswa dibagi menjadi
kelompok suara satu dan suara dua.
o Siswa dengan bimbingan dan bantuan guru
berlatih menyanyikan lagu Kakatua dengan suara satu dan msuara dua secara
harmonis.
o Siswa berlatih menyanyikan lagu Kakatua
dengan dua suara hingga tercapai keterpaduan/harmonisasi.
o Siswa menyanyikan lagu Kakatua dengan dua
suara dalam kelompok dengan penuh percaya diri
PENGAYAAN
”Menjadi Jurnalis”
·
Siswa akan
melaksanakan tugas sebagai jurnalis. Setting latarnya adalah pasar tradisional.
Siswa akan mewawancarai beberapa orang yang bekerja di pasar.
·
Pertanyaan yang
diajukan seputar jenis pekerjaan, barang yang dijual, jasa yang ditawarkan,
dan lain-lain.
Langkah-Langkah:
o Siswa
bekerja dalam kelompok yang anggotanya terdiri dari 4-5 orang
o Setiap
kelompok bekerja sama untuk mengumpulkan data tentang kegiatan ekonomi dan
jenis pekerjaan yang ada di pasar tradisional
o Informasi
yang diperoleh dapat dituliskan pada tabel hasil wawancara
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1. Bersama-sama dengan siswa membuat
kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4. Menyampaikan pesan moral/belajar.
5. Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E.
Penilaian :
1. Aspek yang dinilai; a.Penilaian
Sikap
b.Penilaian Pengetahuan
c. Penilaian Ketrampilan
2. Jenis penilaian; a.
observasi
b.tertulis,lisan
c . praktek,projek
3. Instrumen Penilaian
4. Rubrik dan Penskoran Nilai;
PENILAIAN
a.
Rubrik Mengamati Gambar
Kompetensi yang dinilai:
o
Pengetahuan siswa tentang materi gambar
yang diamati
o
Keterampilan siswa dalam mengamati
o Kecermatan
dan ketelitian siswa dalam mengamati
Aspek
|
Baik Sekali
|
Baik
|
cukup
|
Perlu bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Isi dan
Pengetahuan:
Hasil
pengamatan
ditulis lengkap, siswa menunjukkan
pengetahuan
tentang materi
yang
disajikan
|
Hasil
pengamatan
gambar ditulis
lengkap dan
pertanyaan- pertanyaan
yang berkaitan
dengan gambar secara keseluruhan
dijawab dengan
benar
|
Hasil
pengamatan
gambar ditulis
lengkap dan
pertanyaan-pertanyaan
yang berkaitan
dengan gambar
sebagian besar
dijawab dengan
benar
|
Hasil
pengamatan
gambar
ditulis cukup
lengkap dan
pertanyaan-pertanyaan
yang berkaitan
dengan gambar
beberapa dijawab dengan
benar
|
Hasil
pengamatan
gambar ditulis kurang lengkap dan
pertanyaan- pertanyaan
yang berkaitan
dengan gambar
hanya sedikit
yang dijawab
dengan
benar
|
Sikap:
Ketelitian dalam
mengamati
gambar dan
melihat setiap
komponennya
|
Teliti dan
detail dalam
mengamati
setiap komponen
pada gambar
dan mampu
menandai
gambar serta
menambahkan
informasi
|
Teliti dan
detail dalam
mengamati
setiap komponen pada gambar
|
Teliti dan
detail dalam
mengamati
sebagian komponen pada
gambar
|
Kurang teliti dan
detail dalam
mengamati
setiap komponen
pada
gambar
|
Keterampilan
mengomunikasikan
hasil
|
Penjelasan
Mudah dipahami dan pemilihan
kata sesuai
dengan bahasa
Indonesia
baku
|
Penjelasan
Mudah dipahami dan
pemilihan beberapa kata sesuai dengan
bahasa Indonesia baku
|
Penjelasan
Kurang dipahami dan pemilihan
beberapa
kata sesuai
dengan bahasa
Indonesia
baku
|
Penjelasan
sulit dipahami
dan pemilihan
kata tidak sesuai dengan bahasa Indonesia
baku
|
Keterangan :
4 = sangat
baik
3 = baik
2 = cukup
1 = perlu
bimbingan
Skor
Maksimal 12
Nilai =
b. Rubrik
Membuat Laporan Artikel
Kompetensi yang dinilai:
o
Pengetahuan siswa tentang materi artikel
o
Keterampilan siswa dalam menggunakan bahasa
Indonesia yang baik dan benar dalam menyajikan informasi
o
Sikap kemandirian siswa
Aspek
|
Baik Sekali
|
Baik
|
cukup
|
Perlu bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Pengetahuan
|
Siswa
menunjukkan
pemahaman
materi yang
sangat
tinggi
|
Siswa
menunjukkan
pemahaman
materi cukup
tinggi
|
Siswa
menunjukkan
pemahaman
materi cukup
tinggi, namun
membutuhkan
sedikit bantuan
guru dalam
pengerjaannya
|
Siswa menunjukkan
pemahaman
materi yang kurang dan membutuhkan
banyak bantuan
guru dalam
pengerjaannya
|
Kemandirian
& Manajemen
Waktu
(Attitude)
|
Sangat mandiri
mengerjakan
tugas, bahkan
selesai sebelum
waktunya
|
Mandiri
mengerjakan
tugas dan selesai tepat waktu
|
Masih perlu
diingatkan
sesekali untuk
menyelesaikan
tugas
|
Tidak menyelesaikan
Tugas tepat pada
waktunya
|
Keterampilan
|
Laporan artikel
disampaikan
dengan
menggunakan
tata bahasa
Indonesia yang baik dan baku
|
Terdapat 1-2
kesalahan
dalam tata
bahasa Indonesia
yang baik dan
baku
|
Terdapat 3-4
kesalahan
dalam tata
bahasa Indonesia
yang baik dan
baku
|
Terdapat >
4 kesalahan
dalam tata
bahasa Indonesia
yang baik dan
baku
|
Skor
Maksimal 12
Nilai =
F.
Media,
Alat dan Sumber Belajar
Media : Gambar
Alat/Bahan :
Sumber Belajar : Buku siswa dan buku guru, buku lain
yang relevan.
Mengetahui, Sigli, ……,……………...2015
Kepala SD N 7 Sigli Guru Kelas V,
(
Nurmalawati,
S.Pd ) (
Jusmaini,
S.Pd )
NIP. 19710303
200212 2 001 NIP. 19711107
199411 2 001
LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)
Penjelasan:
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
Contoh kebutuhan dasar manusia yang harus
dipenuhi.
a. Kebutuhan fisiologis :
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . .. . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
b. Rasa aman dan perlindungan :
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . .. . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
c. Rasa cinta memiliki dan dimiliki :
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . .. . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
d. Harga diri :
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . .. . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
e. Aktualisasi diri :
. . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . .
MEDIA
TEMA 6 KELAS 5 SUB 2 PB 1
TEMA 6 KELAS 5 SUB 2 PB 2
TEMA 6 KELAS 5 SUB 2 PB 3
TEMA 6 KELAS 5 SUB 2 PB 4
TEMA 6 KELAS 5 SUB 2 PB 5
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment