Home » » TEMA 7 KELAS 3 SUB 1 PB 3

TEMA 7 KELAS 3 SUB 1 PB 3

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Tuesday 10 January 2017



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                      : SD Negeri 2 Tijue Percontohan
Kelas/Semester                           : 3/1
Tema 7                                       : Energi dan Perubahannya
Sub Tema 1/ Pembelajaran          : Sumber Energi/ 3
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.2 Meresapi keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan makhluk hidup, hidup sehat, benda dan sifatnya, energi dan perubahan, bumi dan alam semesta.
2.1 Memiliki kepedulian dan rasa tanggung jawab terhadap makhluk hidup, energi, dan perubahan iklim, serta bumi dan alam semesta melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/ atau bahasa daerah
3.1 Menggali informasi dari teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan wujud benda, sumber energi, perubahan energi, energy alternatif, perubahan iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
3.1.1 Mengidentifikasii teks laporan informatif tentang sumber energy secara lisan atau tulis dengan tepat
3.1.2 Menguraikan gagasan pokok teks laporan informatif tentang sumber energi secara lisan atau tulis dengan tepat
4.1 Mengamati dan mengolah isi teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan wujud benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
4.1.1 Menceritakan kembali isi teks laporan informatif tentang sumber energy secara lisan dengan tepat

b) SBdP
1.1 Memuji keunikan kemampuan manusia dalam berkarya seni dan berkreativitas sebagai anugerah Tuhan.
2.1 Menunjukkan sikap berani mengekspresikan diri dalam berkarya seni.
2.3 Menunjukkan perilaku disiplin, tanggung jawab, dan kepedulian terhadap alam sekitar melalui karya seni
3.1 Mengenal karya seni gaya dekoratif
3.1.1 Mengidentifikasi karya seni gaya dekoratif
3.1.2 Mengidentiifikasi alat dan media yang dibutuhkan untuk membuat karya seni dekoratif
4.1 Menggambar dekoratif dengan mengolah perpaduan garis, warna, bentuk dan tekstur berdasarkan hasil pengamatan di lingkungan sekitar
4.1.1 Membuat gambar dekoratif dengan media kertas

c) Matematika
1.1 Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan sikap cermat dan  teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas.
2.2 Memiliki rasa ingin tahu dan ketertarikan pada matematika yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
2.3 Memiliki sikap terbuka, objektif, menghargai pendapat dan karya teman sebaya dalam diskusi kelompok maupun aktivitas seharihari.
3.14 Menentukan perbandingan data menggunakan tabel, grafik batang, dan grafik lingkaran
3.14.1 Membandingkan data berupa table grafik batang
4.11 Mengumpulkan, mencatat, menata, dan menyajikan data menggu-nakan tabel dan grafik batang
3.11.1 Membuat grafik batang berdasarkan data yang sudah diperoleh

C.      Deskripsi Materi Pembelajaran :
1.      Melakukan percakapan tentang sumber energi
2.      Membuat gambar dekoratif bertema Matahari Sumber Energi
3.      Membaca dan membandingkan data dari grafik batang dan lingkaran

D.      Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Energi dan Perubahannya”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.      Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Guru menyapa siswa dan mengondisikan kelas agar siap untuk belajar.
o   Salah satu siswa diminta untuk memimpin doa.
o   Guru mengingatkan siswa tentang pelajaran sebelumnya dan mengaitkan dengan pelajaran yang akan disampaikan.
o   Guru menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan dan tujuan kegiatan belajar.
o   Guru menampilkan sebuah percakapan (bisa contoh guru sendiri atau ada cuplikan percakapan dari video atau kaset).
o   Siswa menyimak contoh percakapan yang diperdengarkan guru.
o   Guru menjelaskan hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan saat melakukan percakapan.
o   Siswa memilih kelompok untuk melakukan percakapan.
o   Guru memberi waktu kepada siswa untuk berlatih dan menghafalkan teks percakapan.
o   Kemudian secara bergantian masing-masing kelompok maju untuk melakukan percakapannya.
o   Setelah semua kelompok maju guru meminta siswa memberikan penilaian kelompok mana yang paling baik dalam melakukan percakapan dan memberikan alasannya.
o   Siswa melakukan percobaan dengan menggunakan batu untuk membuktikan udara adalah sumber energi.
o   Guru menjelaskan alat-alat music seperti terlihat pada gambar.
o   Siswa diminta melengkapi tabel dalam rangka mengidentifikasi alat musik dan cara alat music tersebut mengeluarkan bunyi.
o   Kegiatan dilanjutkan dengan menggambar motif hiasan.
o   Sebelumnya guru menunjukkan dulu beberapa contoh gambar dekoratif di atas media kertas.
o   Guru menjelaskan bahwa gambar dekoratif itu bias dibuat dengan media yang ada di sekitar.
o   Guru menjelaskan bahwa menggambar itu harus memperhatikan perpaduan garis, bentuk dan warna agar menarik.
o   Setelah mendengarkan penjelasan guru siswa membuat gambar sesuai dengan tema yang ditentukan
o   Guru mengawasi dan memotivasi siswa selama kegiatan menggambar .
o   Setelah waktunya habis siswa diminta merapikan kembali bekas-bekas pekerjaannya.
o   Setelah kelas rapi kembali guru menjelaskan kegiatan selanjutnya.
o   Siswa diminta menyimak penjelasan guru tentang cara membuat diagram batang.
o   Guru menjelaskan cara membuat diagram batang di papan tulis.
o   Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya jika ada yang tidak dimengerti.
o   Setelah yakin semua siswa mengerti, guru meminta siswa membuat diagram batang berdasarkan data yang tertera di buku teks.
o   Selesai membuat diagram batang siswa mengumpulkan hasil kerjanya.
o   Sebagai akhir dari kegiatan guru meminta siswa melakukan refleksi seluruh kegiatan yang sudah dilakukan selama seharian.
o   Pembelajaran ditutup dengan doa bersama
o   Siswa didampingi orang tua mencatat kebutuhan air di keluarganya.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E.       Penilaian :
1.      Aspek yang dinilai; a.Penilaian Sikap
                                              b.Penilaian Pengetahuan
                                              c. Penilaian Ketrampilan          
2.      Jenis penilaian;       a. observasi
                                        b.tertulis,lisan
                                        c . praktek,projek
3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;


Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Santun
Jujur
Cermat dan Teliti
Bertanggung jawab
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
Afiya Chairunnisa
















2
Agung Arais
















3
Ainaya Yarid Khaira
















4
Aliva Nafisha Adiena
















5
Alif Al Gibral
















6
Akramul Akbar
















7
Arrayyan Akbar
















8
Amira Najla
















9
Cut Dina Amelia
















10
Fawniya
















11
Hafidh Ramadhan
















12
Iffah Mursyidah
















13
Ikhsan Fadhilah
















14
Luna Salsabila Saskia
















15
Luluatul Fuadah
















16
Maqsalmina
















17
M. Farel Alfitra
















18
M.Syuhada
















19
Muhammad Alif Aulia
















20
Muammar Hafizh
















21
Nasywa Zilya Ulhaq
















22
Reva Umira
















23
Rita Safitri Yana
















24
Rishad Albirra Maulana
















25
Raudhatul Muna
















26
Raifa Qatrun Nada
















27
Sausan Rahmatillah
















28
T. Firdaus
















29
Tiara Anggelina
















30
Ulfa Syahratul Izzah
















31
Aldi Jefri Ananda
















32
Dicky Novrian
















33
Alfin
















Ket:
K = Kurang                C = Cukup                  B = Baik                      SB= Sangat Baik


Tijue, ……………………………., 20……
Guru Kelas ……..



NURHASMIATI, S.Pd
NIP.  19760511 200701 2 027
2. Penilaian Pengetahuan
Tes tertulis:

3. Penilaian Keterampilan
No
Kriteria
Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang
1.
Melakukan
percakapan
Kalimat yang
diucapkan lancar,
intonasinya tepat, alur percakapan
runut, percaya diri
Hanya memenuhi
3 kriteria

Hanya memenuhi
2 kriteria
Hanya memenuhi
1 kriteria
2.
Menggambar
dekoratif
Sesuai dengan tema,
menggunakan
minimal 3
kombinasi garis, menggunakan
minimal 3
kombinasi bentuk,
menggunakan
minimal 5
kombinasi warna
Hanya memenuhi
3 kriteria
Hanya memenuhi
2 kriteria
Hanya memehuni
1 kriteria

3. Membuat
grafik batang
berdasarkan
data yang
ditentukan
Grafik sesuai
dengan data,
batang grafik
menunjuk pada angka yang tepat,
batang grafik rapi, batang grafik
proporsional
Hanya memenuhi
3 kriteria

Hanya memenuhi
2 kriteria
Hanya memenuhi
1 kriteria




Lembar Penilaian Keterampilan :

1.  Melakukan percakapan
No
Nama Siswa
Kalimat yang
diucapkan
lancar
intonasinya
tepat
Alur
percakapan
runut
percaya
diri
Predikat
1
Afiya Chairunnisa





2
Agung Arais





3
Ainaya Yarid Khaira





4
Aliva Nafisha Adiena





5
Alif Al Gibral





6
Akramul Akbar





7
Arrayyan Akbar





8
Amira Najla





9
Cut Dina Amelia





10
Fawniya





11
Hafidh Ramadhan





12
Iffah Mursyidah





13
Ikhsan Fadhilah





14
Luna Salsabila Saskia





15
Luluatul Fuadah





16
Maqsalmina





17
M. Farel Alfitra





18
M.Syuhada





19
Muhammad Alif Aulia





20
Muammar Hafizh





21
Nasywa Zilya Ulhaq





22
Reva Umira





23
Rita Safitri Yana





24
Rishad Albirra Maulana





25
Raudhatul Muna





26
Raifa Qatrun Nada





27
Sausan Rahmatillah





28
T. Firdaus





29
Tiara Anggelina





30
Ulfa Syahratul Izzah





31
Aldi Jefri Ananda





32
Dicky Novrian





33
Alfin







Tijue, ……………………………., 20……
Guru Kelas ……..



NURHASMIATI, S.Pd
NIP.  19760511 200701 2 027

F. Sumber dan Media
1.      Buku Guru, Buku siswa
2.      Contoh gambar diagram batang
3.      Penggaris
4.      Spidol/kapur tulis
5.      Batu


Mengetahui,                                                                        Tijue, 3 Maret  2016
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas III,




PARIANTI, S.Pd                                                              NURHASMIATI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001                                            NIP. 19760511 200701 2 027




Lembar Kerja Siswa
(LKS)


Buatlah sebuah gambar hiasan bertema

Matahari Sumber Energi.

Menggambarlah dengan percaya diri. Bekerjalah dengan rapi!



MEDIA

 

TEMA 7 KELAS 3 SUB 1 PB 1
TEMA 7 KELAS 3 SUB 1 PB 2
           

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors