Home » » TEMA 7 KELAS 3 SUB 1 PB 4

TEMA 7 KELAS 3 SUB 1 PB 4

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Tuesday 10 January 2017



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                      : SD Negeri 2 Tijue Percontohan
Kelas/Semester                           : 3/1
Tema 7                                       : Energi dan Perubahannya
Sub Tema 1/ Pembelajaran          : Sumber Energi/ 4
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) PJOK
1.1 Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan.
2.3 Menghargai perbedaan karakteristik individual dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.6 Disiplin selama melakukan berbagai aktivitas fisik
3.5 Mengetahui konsep kombinasi berbagai pola gerak dasar dominan statis (bertumpu dengan tangan dan lengan depan/belakang/samping, bergantung, sikap kapal terbang, dan berdiri dengan salah satu kaki), serta pola gerak dominan dinamis (menolak, mengayun, melayang di udara, berputar, dan mendarat) dalam aktivitas senam.
3.5.1 Mengidentifikasi gerak menarik sebagai gerak dominan statis bertumpu pada tangan dan lengan depan/belakang/samping dalam aktifitas senam
4.5 Mempraktikkan kombinasi berbagai pola gerak dasar dominan statis (bertumpu dengan tangan dan lengan depan/ belakang/samping, bergantung, sikap kapal terbang, dan berdiri dengan salah satu kaki), serta pola gerak dominan dinamis (menolak, mengayun, melayang di udara, berputar, dan mendarat) dalam aktivitas senam.
4.5.1 Mempraktikkan gerak menarik sebagai gerak dominan statis bertumpu pada tangan dan lengan depan/belakang/samping dalam aktifitas senam

b) PPKn
1.1 Menerima keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama, suku bangsa, ciri-ciri fisik, psikis, dan hobby sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
1.2 Menghargai kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
2.2 Menunjukkan perilaku patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah sekolah dan masyarakat sekitar.
3.2 Mengetahui hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah
3.2.1 Mengidentifikasi sikap yang menunjukkan kerjasama dalam menjaga kelestarian sumber energi
4.2 Melaksanakan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah
4.2.1 Melaksanakan kebersamaan dalam menjaga kelestarian sumber energi

c) Bahasa Indonesia
1.2 Meresapi keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan makhluk hidup, hidup sehat, benda dan sifatnya, energi dan perubahan, bumi dan alam semesta.
2.1 Memiliki kepedulian dan rasa tanggung jawab terhadap makhluk hidup, energi, dan perubahan iklim, serta bumi dan alam semesta melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/ atau bahasa daerah.
3.1 Menggali informasi dari teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan wujud benda, sumber energi, perubahan energi, energy alternatif, perubahan iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
3.1.1 Mengidentifikasii teks laporan informatif tentang sumber energy secara lisan atau tulis dengan tepat
3.1.2 Menguraikan gagasan pokok teks laporan informatif tentang sumber energi secara lisan atau tulis dengan tepat
4.1 Mengamati dan mengolah isi teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan wujud benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
4.1.1 Menceritakan kembali isi teks laporan informatif tentang sumber energi secara ter tulis dengan tepat

C.      Deskripsi Materi Pembelajaran :
1.      Latihan kombinasi gerak dasar senam bertumpu pada tangan
2.      Melakukan diskusi tentang hak dan kewajiban menjaga sumber energy
3.      Menulis tegak bersambung peribahasa yang berhubungan dengan sumber energi

D.      Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Energi dan Perubahannya”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.      Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Guru menyapa siswa dan mengondisikan kelas agar siap untuk belajar.
o   Salah satu siswa diminta untuk memimpin doa.
o   Guru mengingatkan siswa tentang pelajaran sebelumnya dan mengaitkan dengan pelajaran yang akan disampaikan.
o   Guru menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan dan tujuan kegiatan belajar.
o   Setelah itu guru membawa siswa ke halaman sekolah/lapangan olahraga.
o   Guru menyiapkan siswa untuk berlatih salah satu gerakan menarik bersama.
o   Sebelumnya guru menunjukkan gambar gerakan yang akan mereka pelajari.
o   Guru meminta 2 orang siswa maju ke depan. Mereka diminta berdiri di samping kanan dan kiri guru. Guru memegang tangan siswa yang ada di kanan dan kiri, lalu meminta mereka memiringkan tubuhnya ke samping. Posisi kaki mereka dirapatkan. Guru menghitung berapa hitungan dia bisa memegangi siswa di kanan kirinya agar tidak jatuh terlepas.
o   Setelah itu siswa diminta mempraktikkannya secara berkelompok. Dalam satu keompok terdiri dari tiga orang. Masing-masing kelompok melakukan pergantian posisi di tengah.
o   Guru mengawasi dan mengarahkan siswa agar dapat melakukan latihan dengan tepat.
o   Kemudian masing-masing kelompok menunjukkan kepada guru untuk dinilai kemampuannya.
o   Setelah semua kelompok menunjukkan kemampuannya, siswa diminta memberikan penilaian siapa
o   yang telah melakukan gerakan dengan benar.
o   Setelah itu siswa kembali ke kelas dan melanjutkan kegiatan dengan diskusi tentang pentingnya sikap kebersamaan dalam melakukan kegiatan bersama teman. Kebersamaan juga dibutuhkan dalam menjaga kelestarian energi.
o   Siswa membuat daftar pertanyaan untuk melakukan
o   wawancara tentang penghematan air dan listrik.
o   Siswa melakukan wawancara secara bergantian.
o   Siswa melaporkan hasilnya ke depan kelas.
o   Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk melakukan tanya jawab.
o   Setelah diskusi kelas, siswa diminta menuliskan contoh sikap kebersamaan.
o   Setelah selesai guru melakukan konfirmasi tentang tugas yang diselesaikan siswa.
o   Kegiatan dilanjutkan dengan latihan menulis tegak bersambung. Sebelumnya guru menjelaskan hubungan energi dengan kemampuan menulis.
o   Setelah mendengarkan penjelasan guru, siswa mulai latihan menulis tegak bersambung.
o   Guru mengingatkan agar siswa menulis dengan penuh konsentrasi dan rapi.
o   Setelah selesai menulis, guru meminta siswa melakukan refleksi kegiatan hari ini.
o   Kegiatan ditutup dengan doa bersama
o   Siswa melakukan wawancara kepada orang tua tentang cara orang tua menghemat energi.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E.       Penilaian :
1.      Aspek yang dinilai; a.Penilaian Sikap
                                              b.Penilaian Pengetahuan
                                              c. Penilaian Ketrampilan          
2.      Jenis penilaian;       a. observasi
                                        b.tertulis,lisan
                                        c . praktek,projek
3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;



Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Santun
Jujur
Cermat dan Teliti
Bertanggung jawab
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
Afiya Chairunnisa
















2
Agung Arais
















3
Ainaya Yarid Khaira
















4
Aliva Nafisha Adiena
















5
Alif Al Gibral
















6
Akramul Akbar
















7
Arrayyan Akbar
















8
Amira Najla
















9
Cut Dina Amelia
















10
Fawniya
















11
Hafidh Ramadhan
















12
Iffah Mursyidah
















13
Ikhsan Fadhilah
















14
Luna Salsabila Saskia
















15
Luluatul Fuadah
















16
Maqsalmina
















17
M. Farel Alfitra
















18
M.Syuhada
















19
Muhammad Alif Aulia
















20
Muammar Hafizh
















21
Nasywa Zilya Ulhaq
















22
Reva Umira
















23
Rita Safitri Yana
















24
Rishad Albirra Maulana
















25
Raudhatul Muna
















26
Raifa Qatrun Nada
















27
Sausan Rahmatillah
















28
T. Firdaus
















29
Tiara Anggelina
















30
Ulfa Syahratul Izzah
















31
Aldi Jefri Ananda
















32
Dicky Novrian
















33
Alfin
















Ket:
K = Kurang                C = Cukup                  B = Baik                      SB= Sangat Baik


Tijue, ……………………………., 20……
Guru Kelas ……..



NURHASMIATI, S.Pd
NIP.  19760511 200701 2 027

2. Penilaian Pengetahuan
Tes tertulis:

3. Penilaian Keterampilan
a. Penilaian: Unjuk Kerja
Menceritakan isi surat tanggapan pribadi
No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Kurang
1.
Mempraktikkan
gerak menarik
sebagai gerak
dominan statis
bertumpu pada
tangan dan lengan depan/belakang/
samping dalam
aktifitas senam
Melakukan
gerakan
dengan
tepat tanpa
intervensi
guru

Melakukan
gerakan
dengan
tepat namun
dengan
intervensi
minimal
Gerakan
kurang tepat
dan perlu
intervensi
yang cukup
Belum
mampu
melakukan
gerakan
dengan tepat
2.
Menulis tegak
bersambung
Tidak ada
kesalahan
ejaan , bentuk
tulisan
proporsional,
rapi, selesai
tepat waktu
Hanya
memenuhi 3
kriteria
Hanya
memenuhi 2
kriteria
Hanya
memenuhi 1
kriteria


Lembar Penilaian Keterampilan
1. Mempraktikkan gerak menarik sebagai gerak dominan statis bertumpu pada
tangan dan lengan depan/belakang/samping dalam aktifitas senam
No
Nama Siswa
Melakukan
gerakan
dengan
tepat tanpa
intervensi guru
Melakukan
gerakan
dengan tepat
namun dengan
intervensi
minimal
Gerakan
kurang tepat
dan perlu
intervensi
yang cukup
Belum mampu
melakukan
gerakan
dengan tepat
Predikat
1
Afiya Chairunnisa





2
Agung Arais





3
Ainaya Yarid Khaira





4
Aliva Nafisha Adiena





5
Alif Al Gibral





6
Akramul Akbar





7
Arrayyan Akbar





8
Amira Najla





9
Cut Dina Amelia





10
Fawniya





11
Hafidh Ramadhan





12
Iffah Mursyidah





13
Ikhsan Fadhilah





14
Luna Salsabila Saskia





15
Luluatul Fuadah





16
Maqsalmina





17
M. Farel Alfitra





18
M.Syuhada





19
Muhammad Alif Aulia





20
Muammar Hafizh





21
Nasywa Zilya Ulhaq





22
Reva Umira





23
Rita Safitri Yana





24
Rishad Albirra Maulana





25
Raudhatul Muna





26
Raifa Qatrun Nada





27
Sausan Rahmatillah





28
T. Firdaus





29
Tiara Anggelina





30
Ulfa Syahratul Izzah





31
Aldi Jefri Ananda





32
Dicky Novrian





33
Alfin






Tijue, ……………………………., 20……
Guru Kelas ……..



NURHASMIATI, S.Pd
NIP.  19760511 200701 2 027
F. Sumber dan Media
1.      Buku Guru, Buku siswa
2.      Gambar jam
3.      Jam



Mengetahui,                                                                        Tijue, 4 Maret  2016
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas III,




PARIANTI, S.Pd                                                              NURHASMIATI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001                                            NIP. 19760511 200701 2 027







Lembar Kerja Siswa
(LKS)





Salinlah peribahasa tersebut dengan tulisan tegak bersambung.
 Bekerjalah dengan tekun dan rapi.

..................................................................................................
..................................................................................................
..................................................................................................
..................................................................................................
..................................................................................................


MEDIA
TEMA 7 KELAS 3 SUB 1 PB 4

TEMA 7 KELAS 3 SUB 1 PB 4

      

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors