RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 2 Tijue Percontohan
Kelas/Semester : 3/1
Tema 7 :
Energi dan Perubahannya
Sub
Tema 1/ Pembelajaran : Sumber
Energi/ 4
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B.
Kompetensi Dasar / Indikator
a) PJOK
1.1 Menghargai
tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan.
2.3 Menghargai
perbedaan karakteristik individual dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.6 Disiplin selama
melakukan berbagai aktivitas fisik
3.5 Mengetahui
konsep kombinasi berbagai pola gerak dasar dominan statis (bertumpu dengan
tangan dan lengan depan/belakang/samping, bergantung, sikap kapal terbang, dan
berdiri dengan salah satu kaki), serta pola gerak dominan dinamis (menolak,
mengayun, melayang di udara, berputar, dan mendarat) dalam aktivitas senam.
3.5.1 Mengidentifikasi
gerak menarik sebagai gerak dominan statis bertumpu pada tangan dan lengan depan/belakang/samping
dalam aktifitas senam
4.5 Mempraktikkan
kombinasi berbagai pola gerak dasar dominan statis (bertumpu dengan tangan dan lengan
depan/ belakang/samping, bergantung, sikap kapal terbang, dan berdiri dengan
salah satu kaki), serta pola gerak dominan dinamis (menolak, mengayun, melayang
di udara, berputar, dan mendarat) dalam aktivitas senam.
4.5.1 Mempraktikkan
gerak menarik sebagai gerak dominan statis bertumpu pada tangan dan lengan depan/belakang/samping
dalam aktifitas senam
b) PPKn
1.1 Menerima
keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama, suku bangsa,
ciri-ciri fisik, psikis, dan hobby sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di
lingkungan rumah dan sekolah.
1.2 Menghargai
kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di
lingkungan rumah dan sekolah.
2.2 Menunjukkan
perilaku patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan
sehari-hari di rumah sekolah dan masyarakat sekitar.
3.2 Mengetahui hak
dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah
3.2.1 Mengidentifikasi
sikap yang menunjukkan kerjasama dalam menjaga kelestarian sumber energi
4.2 Melaksanakan
kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah
4.2.1 Melaksanakan
kebersamaan dalam menjaga kelestarian sumber energi
c) Bahasa Indonesia
1.2 Meresapi
keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan makhluk hidup, hidup sehat, benda
dan sifatnya, energi dan perubahan, bumi dan alam semesta.
2.1 Memiliki
kepedulian dan rasa tanggung jawab terhadap makhluk hidup, energi, dan
perubahan iklim, serta bumi dan alam semesta melalui pemanfaatan bahasa
Indonesia dan/ atau bahasa daerah.
3.1 Menggali
informasi dari teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan wujud
benda, sumber energi, perubahan energi, energy alternatif, perubahan iklim dan
cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta dengan bantuan guru dan
teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata
bahasa daerah untuk membantu pemahaman
3.1.1 Mengidentifikasii
teks laporan informatif tentang sumber energy secara lisan atau tulis dengan
tepat
3.1.2 Menguraikan
gagasan pokok teks laporan informatif tentang sumber energi secara lisan atau
tulis dengan tepat
4.1 Mengamati dan
mengolah isi teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan wujud
benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dan cuaca,
rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta secara mandiri dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk
membantu penyajian.
4.1.1 Menceritakan
kembali isi teks laporan informatif tentang sumber energi secara ter tulis
dengan tepat
C.
Deskripsi Materi
Pembelajaran :
1. Latihan kombinasi gerak dasar senam bertumpu pada
tangan
2. Melakukan diskusi tentang hak dan kewajiban menjaga
sumber energy
3. Menulis tegak bersambung peribahasa yang berhubungan dengan
sumber energi
D.
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4.
Tanya
jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.
Kemudian,
siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.
Melakukan
apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang
sekarang diajarkan.
7.
Menginformasikan
tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Energi dan Perubahannya”.
8.
Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.
Pada awal
pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan
ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang
akan dipelajari
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Guru menyapa
siswa dan mengondisikan kelas agar siap untuk belajar.
o
Salah satu siswa
diminta untuk memimpin doa.
o
Guru mengingatkan
siswa tentang pelajaran sebelumnya dan mengaitkan dengan pelajaran yang akan
disampaikan.
o
Guru menjelaskan
kegiatan yang akan dilakukan dan tujuan kegiatan belajar.
o
Setelah itu guru
membawa siswa ke halaman sekolah/lapangan olahraga.
o
Guru menyiapkan
siswa untuk berlatih salah satu gerakan menarik bersama.
o
Sebelumnya guru
menunjukkan gambar gerakan yang akan mereka pelajari.
o
Guru meminta 2
orang siswa maju ke depan. Mereka diminta berdiri di samping kanan dan kiri
guru. Guru memegang tangan siswa yang ada di kanan dan kiri, lalu meminta
mereka memiringkan tubuhnya ke samping. Posisi kaki mereka dirapatkan. Guru menghitung
berapa hitungan dia bisa memegangi siswa di kanan kirinya agar tidak jatuh
terlepas.
o
Setelah itu siswa
diminta mempraktikkannya secara berkelompok. Dalam satu keompok terdiri dari tiga
orang. Masing-masing kelompok melakukan pergantian posisi di tengah.
o
Guru mengawasi
dan mengarahkan siswa agar dapat melakukan latihan dengan tepat.
o
Kemudian
masing-masing kelompok menunjukkan kepada guru untuk dinilai kemampuannya.
o
Setelah semua
kelompok menunjukkan kemampuannya, siswa diminta memberikan penilaian siapa
o
yang telah
melakukan gerakan dengan benar.
o
Setelah itu siswa
kembali ke kelas dan melanjutkan kegiatan dengan diskusi tentang pentingnya
sikap kebersamaan dalam melakukan kegiatan bersama teman. Kebersamaan juga
dibutuhkan dalam menjaga kelestarian energi.
o
Siswa membuat
daftar pertanyaan untuk melakukan
o
wawancara tentang
penghematan air dan listrik.
o
Siswa melakukan
wawancara secara bergantian.
o
Siswa melaporkan
hasilnya ke depan kelas.
o
Guru memberi
kesempatan kepada siswa untuk melakukan tanya jawab.
o
Setelah diskusi
kelas, siswa diminta menuliskan contoh sikap kebersamaan.
o
Setelah selesai
guru melakukan konfirmasi tentang tugas yang diselesaikan siswa.
o
Kegiatan
dilanjutkan dengan latihan menulis tegak bersambung. Sebelumnya guru
menjelaskan hubungan energi dengan kemampuan menulis.
o
Setelah
mendengarkan penjelasan guru, siswa mulai latihan menulis tegak bersambung.
o
Guru mengingatkan
agar siswa menulis dengan penuh konsentrasi dan rapi.
o
Setelah selesai
menulis, guru meminta siswa melakukan refleksi kegiatan hari ini.
o
Kegiatan ditutup
dengan doa bersama
o
Siswa melakukan
wawancara kepada orang tua tentang cara orang tua menghemat energi.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1.
Bersama-sama
dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4.
Menyampaikan
pesan moral/belajar.
5.
Menutup
dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E.
Penilaian :
1. Aspek yang dinilai; a.Penilaian
Sikap
b.Penilaian Pengetahuan
c. Penilaian Ketrampilan
2. Jenis penilaian; a. observasi
b.tertulis,lisan
c . praktek,projek
3.
Instrumen
Penilaian
4.
Rubrik
dan Penskoran Nilai;
Penilaian
Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||||||
Santun
|
Jujur
|
Cermat dan Teliti
|
Bertanggung jawab
|
||||||||||||||
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Afiya Chairunnisa
|
||||||||||||||||
2
|
Agung Arais
|
||||||||||||||||
3
|
Ainaya Yarid Khaira
|
||||||||||||||||
4
|
Aliva Nafisha Adiena
|
||||||||||||||||
5
|
Alif Al Gibral
|
||||||||||||||||
6
|
Akramul Akbar
|
||||||||||||||||
7
|
Arrayyan Akbar
|
||||||||||||||||
8
|
Amira Najla
|
||||||||||||||||
9
|
Cut Dina Amelia
|
||||||||||||||||
10
|
Fawniya
|
||||||||||||||||
11
|
Hafidh Ramadhan
|
||||||||||||||||
12
|
Iffah Mursyidah
|
||||||||||||||||
13
|
Ikhsan Fadhilah
|
||||||||||||||||
14
|
Luna Salsabila Saskia
|
||||||||||||||||
15
|
Luluatul Fuadah
|
||||||||||||||||
16
|
Maqsalmina
|
||||||||||||||||
17
|
M. Farel Alfitra
|
||||||||||||||||
18
|
M.Syuhada
|
||||||||||||||||
19
|
Muhammad Alif Aulia
|
||||||||||||||||
20
|
Muammar Hafizh
|
||||||||||||||||
21
|
Nasywa Zilya Ulhaq
|
||||||||||||||||
22
|
Reva Umira
|
||||||||||||||||
23
|
Rita Safitri Yana
|
||||||||||||||||
24
|
Rishad Albirra Maulana
|
||||||||||||||||
25
|
Raudhatul Muna
|
||||||||||||||||
26
|
Raifa Qatrun Nada
|
||||||||||||||||
27
|
Sausan Rahmatillah
|
||||||||||||||||
28
|
T. Firdaus
|
||||||||||||||||
29
|
Tiara Anggelina
|
||||||||||||||||
30
|
Ulfa Syahratul Izzah
|
||||||||||||||||
31
|
Aldi Jefri Ananda
|
||||||||||||||||
32
|
Dicky Novrian
|
||||||||||||||||
33
|
Alfin
|
Ket:
K = Kurang C = Cukup B = Baik SB= Sangat Baik
Tijue, ……………………………., 20……
Guru Kelas ……..
NURHASMIATI,
S.Pd
NIP.
19760511 200701 2 027
2.
Penilaian Pengetahuan
Tes tertulis:
3.
Penilaian Keterampilan
a. Penilaian: Unjuk
Kerja
Menceritakan isi
surat tanggapan pribadi
No
|
Kriteria
|
Baik sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Kurang
|
1.
|
Mempraktikkan
gerak
menarik
sebagai
gerak
dominan
statis
bertumpu
pada
tangan
dan lengan depan/belakang/
samping
dalam
aktifitas
senam
|
Melakukan
gerakan
dengan
tepat tanpa
intervensi
guru
|
Melakukan
gerakan
dengan
tepat
namun
dengan
intervensi
minimal
|
Gerakan
kurang tepat
dan perlu
intervensi
yang cukup
|
Belum
mampu
melakukan
gerakan
dengan
tepat
|
2.
|
Menulis
tegak
bersambung
|
Tidak
ada
kesalahan
ejaan ,
bentuk
tulisan
proporsional,
rapi,
selesai
tepat
waktu
|
Hanya
memenuhi
3
kriteria
|
Hanya
memenuhi
2
kriteria
|
Hanya
memenuhi
1
kriteria
|
Lembar
Penilaian Keterampilan
1. Mempraktikkan
gerak menarik sebagai gerak dominan statis bertumpu pada
tangan dan lengan
depan/belakang/samping dalam aktifitas senam
No
|
Nama Siswa
|
Melakukan
gerakan
dengan
tepat tanpa
intervensi
guru
|
Melakukan
gerakan
dengan tepat
namun dengan
intervensi
minimal
|
Gerakan
kurang tepat
dan perlu
intervensi
yang
cukup
|
Belum mampu
melakukan
gerakan
dengan
tepat
|
Predikat
|
1
|
Afiya Chairunnisa
|
|||||
2
|
Agung Arais
|
|||||
3
|
Ainaya Yarid Khaira
|
|||||
4
|
Aliva Nafisha Adiena
|
|||||
5
|
Alif Al Gibral
|
|||||
6
|
Akramul Akbar
|
|||||
7
|
Arrayyan Akbar
|
|||||
8
|
Amira Najla
|
|||||
9
|
Cut Dina Amelia
|
|||||
10
|
Fawniya
|
|||||
11
|
Hafidh Ramadhan
|
|||||
12
|
Iffah Mursyidah
|
|||||
13
|
Ikhsan Fadhilah
|
|||||
14
|
Luna Salsabila Saskia
|
|||||
15
|
Luluatul Fuadah
|
|||||
16
|
Maqsalmina
|
|||||
17
|
M. Farel Alfitra
|
|||||
18
|
M.Syuhada
|
|||||
19
|
Muhammad Alif Aulia
|
|||||
20
|
Muammar Hafizh
|
|||||
21
|
Nasywa Zilya Ulhaq
|
|||||
22
|
Reva Umira
|
|||||
23
|
Rita Safitri Yana
|
|||||
24
|
Rishad Albirra Maulana
|
|||||
25
|
Raudhatul Muna
|
|||||
26
|
Raifa Qatrun Nada
|
|||||
27
|
Sausan Rahmatillah
|
|||||
28
|
T. Firdaus
|
|||||
29
|
Tiara Anggelina
|
|||||
30
|
Ulfa Syahratul Izzah
|
|||||
31
|
Aldi Jefri Ananda
|
|||||
32
|
Dicky Novrian
|
|||||
33
|
Alfin
|
Tijue, ……………………………., 20……
Guru Kelas ……..
NURHASMIATI,
S.Pd
NIP.
19760511 200701 2 027
F. Sumber dan Media
1. Buku Guru, Buku siswa
2. Gambar jam
3. Jam
Mengetahui, Tijue,
4 Maret 2016
Kepala SD Negeri
2 Tijue Guru
Kelas III,
PARIANTI, S.Pd
NURHASMIATI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001 NIP. 19760511 200701 2 027
Lembar
Kerja Siswa
(LKS)
Salinlah
peribahasa tersebut dengan tulisan tegak bersambung.
Bekerjalah dengan tekun dan rapi.
..................................................................................................
..................................................................................................
..................................................................................................
..................................................................................................
..................................................................................................
MEDIA
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment