RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 2 Tijue Percontohan
Kelas/Semester : 3/1
Tema 7 :
Energi dan Perubahannya
Sub
Tema 1/ Pembelajaran : Sumber
Energi/ 5
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B.
Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.2 Meresapi
keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan makhluk hidup, hidup sehat, benda
dan sifatnya, energi dan perubahan, bumi dan alam semesta.
2.1 Memiliki
kepedulian dan rasa tanggung jawab terhadap makhluk hidup, energi, dan
perubahan iklim, serta bumi dan alam semesta melalui pemanfaatan bahasa
Indonesia dan/ atau bahasa daerah.
3.1 Menggali
informasi dari teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan wujud
benda, sumber energi, perubahan energi, energy alternatif, perubahan iklim dan
cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta dengan bantuan guru dan
teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata
bahasa daerah untuk membantu pemahaman
3.1.1 Mengidentifikasii
teks laporan informatif tentang sumber energy secara lisan atau tulis dengan
tepat
3.1.2 Menceritakan
kembali isi teks laporan informatif tentang sumber energy secara lisan atau
tulis dengan tepat
4.1 Mengamati dan
mengolah isi teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan wujud
benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dan cuaca,
rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta secara mandiri dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk
membantu penyajian.
4.1.1 Menguraikan
gagasan pokok teks laporan informatif tentang sumber energi secara lisan atau
tulis dengan tepat
4.1.2 Menyusun
gagasan pokok dari teks laporan informatif tentang sumber energi secara lisan
atau tulis dengan tepat
b) Matematika
1.1 Menerima dan
menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan
sikap cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin
waktu serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas.
2.2 Memiliki rasa
ingin tahu dan ketertarikan pada matematika yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
2.3 Memiliki sikap
terbuka, objektif, menghargai pendapat dan karya teman sebaya dalam diskusi kelompok
maupun aktivitas seharihari.
3.1 Memahami
sifat-sifat operasi hitung bilangan asli melalui pengamatan pola penjumlahan
dan perkalian
3.1.1 Mengidentifikasi
operasi hitung yang tepat untuk memecahkan masalah
4.2. Merumuskan
dengan kalimat sendiri, membuat model matematika, dan memilih strategi yang
efektif dalam memecahkan masalah nyata sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan,
pengurangan, perkalian, pembagian bilangan bulat, waktu, panjang, berat benda,
dan uang, serta memeriksa kebenaran jawabnya
4.2.1 Menggunakan
pengetahuan yang dimiliki untuk menyelesaikan masalah sehari-hari yang
berkaitan dengan penjumlahan
c) PPKn
1.1 Menerima
keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama, suku bangsa,
ciri-ciri fisik, psikis, dan hobby sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di
lingkungan rumah dan sekolah.
1.2 Menghargai
kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di
lingkungan rumah dan sekolah.
2.2 Menunjukkan
perilaku patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan
sehari-hari di rumah sekolah dan masyarakat sekitar.
3.4 Mengetahui arti
bersatu dalam keberagaman di rumah, sekolah, dan masyarakat.
3.4.1 Mengidentifikasi
berbagai kegiatan yang menunjukkan sikap bersatu dalam keberagaman di
masyarakat
3.4.2 Menjelaskan
manfaat bersatu dalam keberagaman di masyarakat
4.4 Mensimulasikan
bentuk-bentuk kebersatuan dalam keberagaman di rumah, sekolah, dan masyarakat.
4.4.1 Menceritakan
pengalaman tentang kerukunan dalam keberagaman di masyarakat
4.4.2 Menunjukkan
manfaat bersatu dalam keberagaman di masyarakat
C.
Deskripsi Materi
Pembelajaran :
1.
Melakukan wawancara
terhadap teman tentang bagaimana cara melakukan penghematan energi
2.
Menyelesaikan soal
cerita yang berhubungan dengan sumber energi
3.
Membuat cerita
bergambar bertema sumber energy
D.
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4.
Tanya
jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.
Kemudian,
siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.
Melakukan
apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang
sekarang diajarkan.
7.
Menginformasikan
tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Energi dan Perubahannya”.
8.
Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.
Pada awal
pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan
ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang
akan dipelajari
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Guru menyapa
siswa dan mengondisikan kelas agar siap untuk belajar.
o
Salah satu siswa
diminta untuk memimpin doa.
o
Guru mengingatkan
siswa tentang pelajaran sebelumnya dan mengaitkan dengan pelajaran yang akan
disampaikan.
o
Guru menjelaskan
kegiatan yang akan dilakukan dan tujuan kegiatan belajar.
o
Siswa menyimak
penjelasan tentang apa kegiatan belajar yang akan dilakukan hari ini.
o
Siswa diminta
berpasangan untuk melakukan kegiatan wawancara untuk mengumpulkan informasi
berkaitan dengan perilaku yang menunjukkan sikap hemat
o
Sebelum melakukan
wawancara siswa diminta menyusun dulu pertanyaan-pertanyaan yang akan diajukan.
o
Kemudian siswa
melakukan wawancara secara berpasangan.
o
Setelah waktu
yang diberikan habis, masing-masing pasangan menceritakan hasil wawancaranya.
o
Setelah
menceritakan hasil wawancara siswa diminta menunjukkan sikap kebersamaan
dalam keberagaman dalam kehidupan sehari-hari
o
Setelah itu siswa
mendengarkan penjelasan guru tentang cara menyelesaikan soal cerita
matematika terkait tentang masalah kebutuhan energi di dalam kehidupan
sehari-hari,
o
Kemudian secara mandiri
siswa diminta menyelesaikan soal cerita matematika
o
Setelah
menyelesaikan soal cerita matematika, siswa mendengarkan penjelasan guru
tentang kegiatan selanjutnya.
o
Guru menunjukkan
sebuah gambar yang menunjukkan suatu peristiwa di masyarakat.
o
Siswa diminta
mengamati gambar tersebut dan memberikan komentar terhadap peristiwa yang ditunjukkan
oleh gambar.
o
Guru menjelaskan
bahwa siswa diminta menuliskan sebuah reportase/laporan berdasarkan gambar tersebut.
o
Guru mengingatkan
kembali syarat-syarat dalam menyusun sebuah reportase atau laporan.
o
Guru menjelaskan
terlebih dulu ketentuanketentuan penulisannya, yaitu minimal 100 kata.
o
Siswa menulis
sebuah laporan berdasarkan kejadian yang ditunjukkan oleh ilustrasi yang
diberikan.
o
Sementara siswa
menulis, guru berkeliling kelas melakukan pengamatan dan asistensi bagi yang membutuhkan.
o
Setelah waktu
menulis habis siswa menyerahkantulisannya kepada guru.
o
Sebelum pelajaran
ditutup guru meminta siswa melakukan refleksi kegiatan hari ini.
o
Kegiatan belajar
ditutup dengan doa.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1.
Bersama-sama
dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4.
Menyampaikan
pesan moral/belajar.
5.
Menutup
dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E.
Penilaian :
1. Aspek yang dinilai; a.Penilaian
Sikap
b.Penilaian Pengetahuan
c. Penilaian Ketrampilan
2. Jenis penilaian; a. observasi
b.tertulis,lisan
c .
praktek,projek
3.
Instrumen
Penilaian
4.
Rubrik
dan Penskoran Nilai;
Penilaian
Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||||||
Santun
|
Jujur
|
Cermat dan Teliti
|
Bertanggung jawab
|
||||||||||||||
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Afiya Chairunnisa
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Agung Arais
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Ainaya Yarid Khaira
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Aliva Nafisha Adiena
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Alif Al Gibral
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
Akramul Akbar
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
Arrayyan Akbar
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
Amira Najla
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
Cut Dina Amelia
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
Fawniya
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11
|
Hafidh Ramadhan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12
|
Iffah Mursyidah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13
|
Ikhsan Fadhilah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
14
|
Luna Salsabila Saskia
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
15
|
Luluatul Fuadah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
16
|
Maqsalmina
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
17
|
M. Farel Alfitra
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
18
|
M.Syuhada
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
19
|
Muhammad Alif Aulia
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
20
|
Muammar Hafizh
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
21
|
Nasywa Zilya Ulhaq
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
22
|
Reva Umira
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
23
|
Rita Safitri Yana
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
24
|
Rishad Albirra Maulana
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
25
|
Raudhatul Muna
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
26
|
Raifa Qatrun Nada
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
27
|
Sausan Rahmatillah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
28
|
T. Firdaus
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
29
|
Tiara Anggelina
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
30
|
Ulfa Syahratul Izzah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
31
|
Aldi Jefri Ananda
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
32
|
Dicky Novrian
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
33
|
Alfin
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ket:
K = Kurang C = Cukup B = Baik SB= Sangat Baik
Tijue, ……………………………., 20……
Guru Kelas ……..
NURHASMIATI,
S.Pd
NIP.
19760511 200701 2 027
2.
Penilaian Pengetahuan
Tes tertulis:
3. Penilaian
Keterampilan
a. Penilaian: Unjuk
Kerja
Menceritakan isi
surat tanggapan pribadi
No
|
Kriteria
|
Baik sekali
(4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Perlu Bimbingan (1)
|
1.
|
Melakukan
wawancara
|
Pertanyaanpertanyaan
sesuaikonteks, kalimat
pertanyaan sesuai
kaidah SPOK,
penyampaian hasil
wawancara lancar,
menggunakan
bahasa yang
santun
|
Hanya
memenuhi
2
kriteria
|
Hanya
memenuhi 1
kriteria
|
Belum
mampu.
|
2.
|
Menulis
cerita
sesuai
ilustrasi
yang
diberikan
|
Berita
sesuai
tema,
kalimat
cerita
runut, terdiri
dari
minimal 100
kata,
lafal dan
ejaan
yang benar
|
Hanya
memenuhi
3
kriteria
|
Hanya
memenuhi 2
kriteria
|
Hanya
memenuhi
1
kriteria
|
Lembar Penilaian Keterampilan
1. Melakukan wawancara
No
|
Nama Siswa
|
Pertanyaanpertanyaan
sesuai
konteks,
|
kalimat
pertanyaan
sesuai kaidah
SPOK,
|
penyampaian
hasil
wawancara
lancar
|
Menggunakan
bahasa yang
santun
|
Predikat
|
1
|
Afiya Chairunnisa
|
|
|
|
|
|
2
|
Agung Arais
|
|
|
|
|
|
3
|
Ainaya Yarid Khaira
|
|
|
|
|
|
4
|
Aliva Nafisha Adiena
|
|
|
|
|
|
5
|
Alif Al Gibral
|
|
|
|
|
|
6
|
Akramul Akbar
|
|
|
|
|
|
7
|
Arrayyan Akbar
|
|
|
|
|
|
8
|
Amira Najla
|
|
|
|
|
|
9
|
Cut Dina Amelia
|
|
|
|
|
|
10
|
Fawniya
|
|
|
|
|
|
11
|
Hafidh Ramadhan
|
|
|
|
|
|
12
|
Iffah Mursyidah
|
|
|
|
|
|
13
|
Ikhsan Fadhilah
|
|
|
|
|
|
14
|
Luna Salsabila Saskia
|
|
|
|
|
|
15
|
Luluatul Fuadah
|
|
|
|
|
|
16
|
Maqsalmina
|
|
|
|
|
|
17
|
M. Farel Alfitra
|
|
|
|
|
|
18
|
M.Syuhada
|
|
|
|
|
|
19
|
Muhammad Alif Aulia
|
|
|
|
|
|
20
|
Muammar Hafizh
|
|
|
|
|
|
21
|
Nasywa Zilya Ulhaq
|
|
|
|
|
|
22
|
Reva Umira
|
|
|
|
|
|
23
|
Rita Safitri Yana
|
|
|
|
|
|
24
|
Rishad Albirra Maulana
|
|
|
|
|
|
25
|
Raudhatul Muna
|
|
|
|
|
|
26
|
Raifa Qatrun Nada
|
|
|
|
|
|
27
|
Sausan Rahmatillah
|
|
|
|
|
|
28
|
T. Firdaus
|
|
|
|
|
|
29
|
Tiara Anggelina
|
|
|
|
|
|
30
|
Ulfa Syahratul Izzah
|
|
|
|
|
|
31
|
Aldi Jefri Ananda
|
|
|
|
|
|
32
|
Dicky Novrian
|
|
|
|
|
|
33
|
Alfin
|
|
|
|
|
|
Tijue, ……………………………., 20……
Guru Kelas ……..
NURHASMIATI,
S.Pd
NIP.
19760511 200701 2 027
F. Sumber dan Media
1. Buku Guru, Buku siswa
Mengetahui, Tijue,
5 Maret 2016
Kepala SD Negeri
2 Tijue Guru
Kelas III,
PARIANTI, S.Pd
NURHASMIATI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001 NIP. 19760511 200701 2 027
Lembar
Kerja Siswa
(LKS)
Selesaikanlah
soal-soal berikut ini dengan teliti.
1. Hari Senin keluarga Edo menggunakan 1.300 liter air.
Hari Selasa mereka menghabiskan 1.700 liter. Berapakah jumlah air yang
digunakan selama 2 hari tersebut?
..........................................................................................................
..........................................................................................................
..........................................................................................................
..........................................................................................................
..........................................................................................................
..........................................................................................................
2.
Harga
1 liter bahan bakar premium Rp6.500. Jika ayah membeli 2 liter premium maka
berapakah ayah harus membayarnya?
..........................................................................................................
..........................................................................................................
..........................................................................................................
..........................................................................................................
..........................................................................................................
.......................................................................................................... MEDIA
Mengantre Air Bersih |
TEMA 7 KELAS 3 SUB 1 PB 1
TEMA 7 KELAS 3 SUB 1 PB 2
TEMA 7 KELAS 3 SUB 1 PB 3
TEMA 7 KELAS 3 SUB 1 PB 4
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment