Home » » TEMA 7 KELAS 3 SUB 1 PB 5

TEMA 7 KELAS 3 SUB 1 PB 5

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Tuesday 10 January 2017



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                      : SD Negeri 2 Tijue Percontohan
Kelas/Semester                          : 3/1
Tema 7                                       : Energi dan Perubahannya
Sub Tema 1/ Pembelajaran          : Sumber Energi/ 5
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.2 Meresapi keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan makhluk hidup, hidup sehat, benda dan sifatnya, energi dan perubahan, bumi dan alam semesta.
2.1 Memiliki kepedulian dan rasa tanggung jawab terhadap makhluk hidup, energi, dan perubahan iklim, serta bumi dan alam semesta melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/ atau bahasa daerah.
3.1 Menggali informasi dari teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan wujud benda, sumber energi, perubahan energi, energy alternatif, perubahan iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
3.1.1 Mengidentifikasii teks laporan informatif tentang sumber energy secara lisan atau tulis dengan tepat
3.1.2 Menceritakan kembali isi teks laporan informatif tentang sumber energy secara lisan atau tulis dengan tepat
4.1 Mengamati dan mengolah isi teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan wujud benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
4.1.1 Menguraikan gagasan pokok teks laporan informatif tentang sumber energi secara lisan atau tulis dengan tepat
4.1.2 Menyusun gagasan pokok dari teks laporan informatif tentang sumber energi secara lisan atau tulis dengan tepat

b) Matematika
1.1 Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan sikap cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas.
2.2 Memiliki rasa ingin tahu dan ketertarikan pada matematika yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
2.3 Memiliki sikap terbuka, objektif, menghargai pendapat dan karya teman sebaya dalam diskusi kelompok maupun aktivitas seharihari.
3.1 Memahami sifat-sifat operasi hitung bilangan asli melalui pengamatan pola penjumlahan dan perkalian
3.1.1 Mengidentifikasi operasi hitung yang tepat untuk memecahkan masalah
4.2. Merumuskan dengan kalimat sendiri, membuat model matematika, dan memilih strategi yang efektif dalam memecahkan masalah nyata sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian bilangan bulat, waktu, panjang, berat benda, dan uang, serta memeriksa kebenaran jawabnya
4.2.1 Menggunakan pengetahuan yang dimiliki untuk menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan

c) PPKn
1.1 Menerima keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama, suku bangsa, ciri-ciri fisik, psikis, dan hobby sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
1.2 Menghargai kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
2.2 Menunjukkan perilaku patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah sekolah dan masyarakat sekitar.
3.4 Mengetahui arti bersatu dalam keberagaman di rumah, sekolah, dan masyarakat.
3.4.1 Mengidentifikasi berbagai kegiatan yang menunjukkan sikap bersatu dalam keberagaman di masyarakat
3.4.2 Menjelaskan manfaat bersatu dalam keberagaman di masyarakat
4.4 Mensimulasikan bentuk-bentuk kebersatuan dalam keberagaman di rumah, sekolah, dan masyarakat.
4.4.1 Menceritakan pengalaman tentang kerukunan dalam keberagaman di masyarakat
4.4.2 Menunjukkan manfaat bersatu dalam keberagaman di masyarakat

C.      Deskripsi Materi Pembelajaran :
1.      Melakukan wawancara terhadap teman tentang bagaimana cara melakukan penghematan energi
2.      Menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan sumber energi
3.      Membuat cerita bergambar bertema sumber energy

D.      Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Energi dan Perubahannya”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.      Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Guru menyapa siswa dan mengondisikan kelas agar siap untuk belajar.
o   Salah satu siswa diminta untuk memimpin doa.
o   Guru mengingatkan siswa tentang pelajaran sebelumnya dan mengaitkan dengan pelajaran yang akan disampaikan.
o   Guru menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan dan tujuan kegiatan belajar.
o   Siswa menyimak penjelasan tentang apa kegiatan belajar yang akan dilakukan hari ini.
o   Siswa diminta berpasangan untuk melakukan kegiatan wawancara untuk mengumpulkan informasi berkaitan dengan perilaku yang menunjukkan sikap hemat
o   Sebelum melakukan wawancara siswa diminta menyusun dulu pertanyaan-pertanyaan yang akan diajukan.
o   Kemudian siswa melakukan wawancara secara berpasangan.
o   Setelah waktu yang diberikan habis, masing-masing pasangan menceritakan hasil wawancaranya.
o   Setelah menceritakan hasil wawancara siswa diminta menunjukkan sikap kebersamaan dalam keberagaman dalam kehidupan sehari-hari
o   Setelah itu siswa mendengarkan penjelasan guru tentang cara menyelesaikan soal cerita matematika terkait tentang masalah kebutuhan energi di dalam kehidupan sehari-hari,
o   Kemudian secara mandiri siswa diminta menyelesaikan soal cerita matematika
o   Setelah menyelesaikan soal cerita matematika, siswa mendengarkan penjelasan guru tentang kegiatan selanjutnya.
o   Guru menunjukkan sebuah gambar yang menunjukkan suatu peristiwa di masyarakat.
o   Siswa diminta mengamati gambar tersebut dan memberikan komentar terhadap peristiwa yang ditunjukkan oleh gambar.
o   Guru menjelaskan bahwa siswa diminta menuliskan sebuah reportase/laporan berdasarkan gambar tersebut.
o   Guru mengingatkan kembali syarat-syarat dalam menyusun sebuah reportase atau laporan.
o   Guru menjelaskan terlebih dulu ketentuanketentuan penulisannya, yaitu minimal 100 kata.
o   Siswa menulis sebuah laporan berdasarkan kejadian yang ditunjukkan oleh ilustrasi yang diberikan.
o   Sementara siswa menulis, guru berkeliling kelas melakukan pengamatan dan asistensi bagi yang membutuhkan.
o   Setelah waktu menulis habis siswa menyerahkantulisannya kepada guru.
o   Sebelum pelajaran ditutup guru meminta siswa melakukan refleksi kegiatan hari ini.
o   Kegiatan belajar ditutup dengan doa.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E.       Penilaian :
1.      Aspek yang dinilai; a.Penilaian Sikap
                                              b.Penilaian Pengetahuan
                                              c. Penilaian Ketrampilan          
2.      Jenis penilaian;       a. observasi
                                        b.tertulis,lisan
                                        c . praktek,projek
3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;


Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Santun
Jujur
Cermat dan Teliti
Bertanggung jawab
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
Afiya Chairunnisa
















2
Agung Arais
















3
Ainaya Yarid Khaira
















4
Aliva Nafisha Adiena
















5
Alif Al Gibral
















6
Akramul Akbar
















7
Arrayyan Akbar
















8
Amira Najla
















9
Cut Dina Amelia
















10
Fawniya
















11
Hafidh Ramadhan
















12
Iffah Mursyidah
















13
Ikhsan Fadhilah
















14
Luna Salsabila Saskia
















15
Luluatul Fuadah
















16
Maqsalmina
















17
M. Farel Alfitra
















18
M.Syuhada
















19
Muhammad Alif Aulia
















20
Muammar Hafizh
















21
Nasywa Zilya Ulhaq
















22
Reva Umira
















23
Rita Safitri Yana
















24
Rishad Albirra Maulana
















25
Raudhatul Muna
















26
Raifa Qatrun Nada
















27
Sausan Rahmatillah
















28
T. Firdaus
















29
Tiara Anggelina
















30
Ulfa Syahratul Izzah
















31
Aldi Jefri Ananda
















32
Dicky Novrian
















33
Alfin
















Ket:
K = Kurang                C = Cukup                  B = Baik                      SB= Sangat Baik


Tijue, ……………………………., 20……
Guru Kelas ……..



NURHASMIATI, S.Pd
NIP.  19760511 200701 2 027
2. Penilaian Pengetahuan
Tes tertulis:

3. Penilaian Keterampilan
a. Penilaian: Unjuk Kerja
Menceritakan isi surat tanggapan pribadi
No
Kriteria
Baik sekali
(4)
Baik
(3)
Cukup
(2)
Perlu Bimbingan (1)
1.
Melakukan wawancara
Pertanyaanpertanyaan
sesuaikonteks, kalimat
pertanyaan sesuai
kaidah SPOK,
penyampaian hasil
wawancara lancar,
menggunakan
bahasa yang
santun
Hanya
memenuhi 2
kriteria
Hanya
memenuhi 1
kriteria
Belum
mampu.
2.
Menulis
cerita sesuai
ilustrasi yang
diberikan
Berita sesuai
tema, kalimat
cerita runut, terdiri
dari minimal 100
kata, lafal dan
ejaan yang benar
Hanya
memenuhi 3
kriteria
Hanya
memenuhi 2
kriteria
Hanya
memenuhi 1
kriteria

 

Lembar Penilaian Keterampilan

1. Melakukan wawancara
No
Nama Siswa
Pertanyaanpertanyaan
sesuai
konteks,
kalimat
pertanyaan
sesuai kaidah
SPOK,
penyampaian
hasil
wawancara
lancar
Menggunakan
bahasa yang
santun
Predikat
1
Afiya Chairunnisa





2
Agung Arais





3
Ainaya Yarid Khaira





4
Aliva Nafisha Adiena





5
Alif Al Gibral





6
Akramul Akbar





7
Arrayyan Akbar





8
Amira Najla





9
Cut Dina Amelia





10
Fawniya





11
Hafidh Ramadhan





12
Iffah Mursyidah





13
Ikhsan Fadhilah





14
Luna Salsabila Saskia





15
Luluatul Fuadah





16
Maqsalmina





17
M. Farel Alfitra





18
M.Syuhada





19
Muhammad Alif Aulia





20
Muammar Hafizh





21
Nasywa Zilya Ulhaq





22
Reva Umira





23
Rita Safitri Yana





24
Rishad Albirra Maulana





25
Raudhatul Muna





26
Raifa Qatrun Nada





27
Sausan Rahmatillah





28
T. Firdaus





29
Tiara Anggelina





30
Ulfa Syahratul Izzah





31
Aldi Jefri Ananda





32
Dicky Novrian





33
Alfin







Tijue, ……………………………., 20……
Guru Kelas ……..



NURHASMIATI, S.Pd
NIP.  19760511 200701 2 027

F. Sumber dan Media
1.      Buku Guru, Buku siswa



Mengetahui,                                                                        Tijue, 5 Maret  2016
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas III,




PARIANTI, S.Pd                                                              NURHASMIATI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001                                            NIP. 19760511 200701 2 027


Lembar Kerja Siswa
(LKS)


Selesaikanlah soal-soal berikut ini dengan teliti.
1.   Hari Senin keluarga Edo menggunakan 1.300 liter air. Hari Selasa mereka menghabiskan 1.700 liter. Berapakah jumlah air yang digunakan selama 2 hari tersebut?
..........................................................................................................
..........................................................................................................
..........................................................................................................
..........................................................................................................
..........................................................................................................
..........................................................................................................    

2.   Harga 1 liter bahan bakar premium Rp6.500. Jika ayah membeli 2 liter premium maka berapakah ayah harus membayarnya?

..........................................................................................................
..........................................................................................................
..........................................................................................................
..........................................................................................................
..........................................................................................................
.......................................................................................................... 

MEDIA

TEMA 7 KELAS 3 SUB 1 PB 5
Mengantre Air Bersih
 
TEMA 7 KELAS 3 SUB 1 PB 1
TEMA 7 KELAS 3 SUB 1 PB 2
TEMA 7 KELAS 3 SUB 1 PB 3
TEMA 7 KELAS 3 SUB 1 PB 4


Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors