RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 2 Tijue Percontohan
Kelas/Semester : 3/1
Tema 7 :
Energi dan Perubahannya
Sub
Tema 1/ Pembelajaran : Sumber
Energi/ 6
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B.
Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.2 Meresapi
keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan makhluk hidup, hidup sehat, benda
dan sifatnya, energi dan perubahan, bumi dan alam semesta.
2.1 Memiliki
kepedulian dan rasa tanggung jawab terhadap makhluk hidup, energi, dan
perubahan iklim, serta bumi dan alam semesta melalui pemanfaatan bahasa
Indonesia dan/ atau bahasa daerah.
3.1 Menggali
informasi dari teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan wujud
benda, sumber energi, perubahan energi, energy alternatif, perubahan iklim dan cuaca,
rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta dengan bantuan guru dan teman dalam
bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah
untuk membantu pemahaman
3.1.1 Mengidentifikasi
teks laporan informative tentang sumber energi secara lisan atau tulis dengan
tepat
3.1.2 Menguraikan
gagasan pokok isi teks laporan informatif tentang sumber energi secara lisan
dengan tepat
4.1 Mengamati dan
mengolah isi teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan wujud
benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dan
cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta secara mandiri dalam
bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah
untuk membantu penyajian.
4.1.1 Menceritakan
kembali isi teks laporan informatif tentang sumber energy secara lisan atau
tulis dengan tepat
4.1.2 Menyusun
gagasan berupa teks laporan informatif tentang sumber energi secara lisan atau
tulis dengan tepat
b) Matematika
1.1 Menerima dan
menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan
sikap cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin
waktu serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas.
2.2 Memiliki rasa
ingin tahu dan ketertarikan pada matematika yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
2.3 Memiliki sikap
terbuka, objektif, menghargai pendapat dan karya teman sebaya dalam diskusi kelompok
maupun aktivitas seharihari
3.14 Menentukan
perbandingan data menggunakan tabel, grafik batang, dan grafik lingkaran
3.14.1 Membandingkan
data berupa table grafik batang dan grafik lingkaran yang diamatinya
4.11 Mengumpulkan,
mencatat, menata, dan menyajikan data menggunakan tabel dan grafik batang
4.11.1 Membuat
grafik batang berdasarkan data yang sudah diperoleh
c) PPKn
1.1 Menerima
keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama, suku bangsa,
ciri-ciri fisik, psikis, dan hobby sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di
lingkungan rumah dan sekolah.
1.2 Menghargai
kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di
lingkungan rumah dan sekolah.
2.2 Menunjukkan
perilaku patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan
sehari-hari di rumah sekolah dan masyarakat sekitar.
3.1 Memahami
simbol-simbol sila Pancasila dalam lambang Negara “Garuda Pancasila”
3.1.1 Mengidentifikasi
simbol sila kelima Pancasila
3.1.2 Menjelaskan
makna simbol sila kelima Pancasila
4.1 Mengamati dan
menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah dan mengaitkan dengan pemahamannya
terhadap symbol sila-sila Pancasila
4.1.1 Membuat karya
berupa lambing simbol sila kelima Pancasila
4.1.2 Melakukan
pengamatan tentang hak dan kewajiban yang sesuai pengamalan sila kelima
Pancasila
C.
Deskripsi Materi
Pembelajaran :
1.
Bermain peran
bertema liputan peristiwa kekurangan air.
2.
Melengkapi tabel
data berdasarkan grafik batang
3.
Menyampaikan
pendapat dalam diskusi bagaimana caranya melestarikan sumber energi
D.
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4.
Tanya
jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.
Kemudian,
siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.
Melakukan
apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang
sekarang diajarkan.
7.
Menginformasikan
tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Energi dan Perubahannya”.
8.
Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.
Pada awal
pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan
ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang
akan dipelajari
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Guru menyapa
siswa dan mengondisikan kelas agar siap untuk belajar
o
Salah satu siswa
diminta untuk memimpin doa.
o
Guru mengingatkan
siswa tentang pelajaran sebelumnya dan mengaitkan dengan pelajaran yang akan
disampaikan.
o
Guru menjelaskan
kegiatan yang akan dilakukan dan tujuan kegiatan belajar
o
Guru menayangkan
video atau memperdengarkan berita radio atau menunjukkan artikel dari sebuah
peristiwa tentang kekurangan air bersih.
o
Setelah
melihat/mendengarkan/membaca sebuah berita, siswa menyusun sebuah berita
berdasarkan ilustrasi yang diberikan.
o
Siswa diminta
membacakan berita yang dibuatnya di depan kelas secara bergantian.
o
Setelah itu siswa
mengerjakan soal matematika yang berkaitan dengan kebutuhan energi air.
o
Selanjutnya siswa
membentuk kelompok untuk melakukan diskusi tentang bencana kekeringan.
o
Selesai diskusi
masing-masing kelompok diminta menyampaikan hasil diskusi masing-masing.
o
Sebelum kegiatan
belajar ditutup siswa melakukan refleksi kegiatan hari ini.
Remedial
o
Mengulang
penjelasan tentang grafik batang bagi siswa yang belum memahami.
Kegiatan Alternatif (Pengayaan)
-
Kunjungan ke PLTA
-
Kunjungan ke PDAM
o
Kegiatan ditutup
dengan doa bersama
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1.
Bersama-sama
dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4.
Menyampaikan
pesan moral/belajar.
5.
Menutup
dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E.
Penilaian :
1. Aspek yang dinilai; a.Penilaian
Sikap
b.Penilaian Pengetahuan
c. Penilaian Ketrampilan
2. Jenis penilaian; a. observasi
b.tertulis,lisan
c .
praktek,projek
3.
Instrumen
Penilaian
4.
Rubrik
dan Penskoran Nilai;
Penilaian
Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||||||
Santun
|
Jujur
|
Cermat dan Teliti
|
Bertanggung jawab
|
||||||||||||||
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Afiya Chairunnisa
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Agung Arais
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Ainaya Yarid Khaira
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Aliva Nafisha Adiena
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Alif Al Gibral
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
Akramul Akbar
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
Arrayyan Akbar
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
Amira Najla
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
Cut Dina Amelia
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
Fawniya
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11
|
Hafidh Ramadhan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12
|
Iffah Mursyidah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13
|
Ikhsan Fadhilah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
14
|
Luna Salsabila Saskia
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
15
|
Luluatul Fuadah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
16
|
Maqsalmina
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
17
|
M. Farel Alfitra
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
18
|
M.Syuhada
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
19
|
Muhammad Alif Aulia
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
20
|
Muammar Hafizh
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
21
|
Nasywa Zilya Ulhaq
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
22
|
Reva Umira
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
23
|
Rita Safitri Yana
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
24
|
Rishad Albirra Maulana
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
25
|
Raudhatul Muna
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
26
|
Raifa Qatrun Nada
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
27
|
Sausan Rahmatillah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
28
|
T. Firdaus
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
29
|
Tiara Anggelina
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
30
|
Ulfa Syahratul Izzah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
31
|
Aldi Jefri Ananda
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
32
|
Dicky Novrian
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
33
|
Alfin
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ket:
K = Kurang C = Cukup B = Baik SB= Sangat Baik
Tijue, ……………………………., 20……
Guru Kelas ……..
NURHASMIATI,
S.Pd
NIP.
19760511 200701 2 027
2.
Penilaian Pengetahuan
Tes tertulis:
3. Penilaian
Keterampilan
No
|
Kriteria
|
Baik sekali
(4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Perlu Bimbingan (1)
|
1.
|
Menyajikan
berita
seperti
seorang
reporter
|
Sesuai
dengan
konteks
peristiwa,
alur
berita runut,
membaca
berita
dengan lancar
|
Hanya
memenuhi
2
kriteria
|
Hanya
memenuhi
1
kriteria
|
Belum
mampu
|
2.
|
Menyampaikan
gagasan
dalam
diskusi
|
Sesuai
dengan
topik, kalimatnya
jelas,
lancar dalam
menyampaikan
|
Hanya
memenuhi 2
kriteria
|
Hanya
memenuhi 1
kriteria
|
Belum
mampu
|
Lembar Penilaian Keterampilan
1. Menyajikan berita (reportase)
1. Melakukan wawancara
No
|
Nama Siswa
|
Sesuai
dengan
konteks
peristiwa
|
struktur
kalimatnya
benar
|
Alur berita
runut,
|
Penyampaian
berita lancar
|
Predikat
|
1
|
Afiya Chairunnisa
|
|
|
|
|
|
2
|
Agung Arais
|
|
|
|
|
|
3
|
Ainaya Yarid Khaira
|
|
|
|
|
|
4
|
Aliva Nafisha Adiena
|
|
|
|
|
|
5
|
Alif Al Gibral
|
|
|
|
|
|
6
|
Akramul Akbar
|
|
|
|
|
|
7
|
Arrayyan Akbar
|
|
|
|
|
|
8
|
Amira Najla
|
|
|
|
|
|
9
|
Cut Dina Amelia
|
|
|
|
|
|
10
|
Fawniya
|
|
|
|
|
|
11
|
Hafidh Ramadhan
|
|
|
|
|
|
12
|
Iffah Mursyidah
|
|
|
|
|
|
13
|
Ikhsan Fadhilah
|
|
|
|
|
|
14
|
Luna Salsabila Saskia
|
|
|
|
|
|
15
|
Luluatul Fuadah
|
|
|
|
|
|
16
|
Maqsalmina
|
|
|
|
|
|
17
|
M. Farel Alfitra
|
|
|
|
|
|
18
|
M.Syuhada
|
|
|
|
|
|
19
|
Muhammad Alif Aulia
|
|
|
|
|
|
20
|
Muammar Hafizh
|
|
|
|
|
|
21
|
Nasywa Zilya Ulhaq
|
|
|
|
|
|
22
|
Reva Umira
|
|
|
|
|
|
23
|
Rita Safitri Yana
|
|
|
|
|
|
24
|
Rishad Albirra Maulana
|
|
|
|
|
|
25
|
Raudhatul Muna
|
|
|
|
|
|
26
|
Raifa Qatrun Nada
|
|
|
|
|
|
27
|
Sausan Rahmatillah
|
|
|
|
|
|
28
|
T. Firdaus
|
|
|
|
|
|
29
|
Tiara Anggelina
|
|
|
|
|
|
30
|
Ulfa Syahratul Izzah
|
|
|
|
|
|
31
|
Aldi Jefri Ananda
|
|
|
|
|
|
32
|
Dicky Novrian
|
|
|
|
|
|
33
|
Alfin
|
|
|
|
|
|
Tijue, ……………………………., 20……
Guru Kelas ……..
NURHASMIATI,
S.Pd
NIP.
19760511 200701 2 027
F. Sumber dan Media
·
Buku teks.
·
Tayangan berita
berupa video /berita radio/artikel dari koran.
·
Gambar grafik batang dengan data tertentu
Mengetahui, Tijue,
7 Maret 2016
Kepala SD Negeri
2 Tijue Guru
Kelas III,
PARIANTI, S.Pd
NURHASMIATI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001 NIP. 19760511 200701 2 027
EVALUASI
Kunci
Jawaban Soal Lembar Penilaian Subtema 1
A.
Melengkapi kalimat.
1. Matahari
2. Fotosintesis
3. Sumber
4. Makanan
2. Udara
B. Jawaban tergantung pada kemampuan siswa
C. 1. PDAM
Aria Jaya
1.
5.000
2.
Setia Jaya
3.
sedikit
4.
Setia Jaya,
Kusuma Jaya, Tri Jaya, dan Aria Jaya
D. 1. 1.500
liter + 1.800 liter = 3.300 liter
1.
Rp 6.500 + Rp
6.500 = Rp 13.000
E. 1. 3 contoh perilaku yang dapat menjaga kelestarian
air
a. Menggunakan air dengan hemat
b. Tidak membiarkan keran air yang bocor
c. Tidak mencemari sumber air dengan sampah
2.
3 contoh sikap
kebersamaan memanfaatkan sumber energi
a. Gotong royong membuat penampungan air
b. Kerja sama membangun irigasi
c. Kerja sama melakukan penghematan listrik
F. Soal-soal Pengayaan
1. a. Mendekatkan jarak kaca pembesar dengan kapas
b. Membuat gumpalan kapas/tisu
yang lebih tipis
2. a. Matahari adalah sumber energi terbesar di bumi
b. Cahaya matahari
menghasilkan energi panas
3. a. Bumi gelap gulita dan dingin karena tidak ada
cahaya
b. Tidak ada kehidupan di bumi
karena tidak ada tumbuh-tumbuhan
4. a. Sumber energi
menghasilkan energi
a.
Sumber energi
terbesar di bumi adalah matahari
b.
Air adalah contoh
sumber energi
c.
Angin adalah sumber
energi gerak
d.
dst.
5. a.
Menggunakannya dengan hemat.
b. Melakukan penghijauan agar air tetap
berlimpah
Lembar
Kerja Siswa
(LKS)
Amatilah grafik batang tersebut!
1. Lengkapilah tabel data berikut ini sesuai informasi
pada grafik batang.
2.
Desa mana yang warganya
paling banyak?
_________________________________________
_________________________________________
3.
Desa mana yang jumlah
warganya paling sedikit?
_________________________________________
_________________________________________
MEDIA
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment