Home » » TEMA 7 KELAS 3 SUB 1 PB 6

TEMA 7 KELAS 3 SUB 1 PB 6

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Tuesday 10 January 2017



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                      : SD Negeri 2 Tijue Percontohan
Kelas/Semester                           : 3/1
Tema 7                                       : Energi dan Perubahannya
Sub Tema 1/ Pembelajaran          : Sumber Energi/ 6
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.2 Meresapi keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan makhluk hidup, hidup sehat, benda dan sifatnya, energi dan perubahan, bumi dan alam semesta.
2.1 Memiliki kepedulian dan rasa tanggung jawab terhadap makhluk hidup, energi, dan perubahan iklim, serta bumi dan alam semesta melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/ atau bahasa daerah.
3.1 Menggali informasi dari teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan wujud benda, sumber energi, perubahan energi, energy alternatif, perubahan iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
3.1.1 Mengidentifikasi teks laporan informative tentang sumber energi secara lisan atau tulis dengan tepat
3.1.2 Menguraikan gagasan pokok isi teks laporan informatif tentang sumber energi secara lisan dengan tepat
4.1 Mengamati dan mengolah isi teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan wujud benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
4.1.1 Menceritakan kembali isi teks laporan informatif tentang sumber energy secara lisan atau tulis dengan tepat
4.1.2 Menyusun gagasan berupa teks laporan informatif tentang sumber energi secara lisan atau tulis dengan tepat

b) Matematika
1.1 Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan sikap cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas.
2.2 Memiliki rasa ingin tahu dan ketertarikan pada matematika yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
2.3 Memiliki sikap terbuka, objektif, menghargai pendapat dan karya teman sebaya dalam diskusi kelompok maupun aktivitas seharihari
3.14 Menentukan perbandingan data menggunakan tabel, grafik batang, dan grafik lingkaran
3.14.1 Membandingkan data berupa table grafik batang dan grafik lingkaran yang diamatinya
4.11 Mengumpulkan, mencatat, menata, dan menyajikan data menggunakan tabel dan grafik batang
4.11.1 Membuat grafik batang berdasarkan data yang sudah diperoleh

c) PPKn
1.1 Menerima keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama, suku bangsa, ciri-ciri fisik, psikis, dan hobby sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
1.2 Menghargai kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
2.2 Menunjukkan perilaku patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah sekolah dan masyarakat sekitar.
3.1 Memahami simbol-simbol sila Pancasila dalam lambang Negara “Garuda Pancasila”
3.1.1 Mengidentifikasi simbol sila kelima Pancasila
3.1.2 Menjelaskan makna simbol sila kelima Pancasila
4.1 Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah dan mengaitkan dengan pemahamannya terhadap symbol sila-sila Pancasila
4.1.1 Membuat karya berupa lambing simbol sila kelima Pancasila
4.1.2 Melakukan pengamatan tentang hak dan kewajiban yang sesuai pengamalan sila kelima Pancasila

C.      Deskripsi Materi Pembelajaran :
1.      Bermain peran bertema liputan peristiwa kekurangan air.
2.      Melengkapi tabel data berdasarkan grafik batang
3.      Menyampaikan pendapat dalam diskusi bagaimana caranya melestarikan sumber energi

D.      Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Energi dan Perubahannya”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.      Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Guru menyapa siswa dan mengondisikan kelas agar siap untuk belajar
o   Salah satu siswa diminta untuk memimpin doa.
o   Guru mengingatkan siswa tentang pelajaran sebelumnya dan mengaitkan dengan pelajaran yang akan disampaikan.
o   Guru menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan dan tujuan kegiatan belajar
o   Guru menayangkan video atau memperdengarkan berita radio atau menunjukkan artikel dari sebuah peristiwa tentang kekurangan air bersih.
o   Setelah melihat/mendengarkan/membaca sebuah berita, siswa menyusun sebuah berita berdasarkan ilustrasi yang diberikan.
o   Siswa diminta membacakan berita yang dibuatnya di depan kelas secara bergantian.
o   Setelah itu siswa mengerjakan soal matematika yang berkaitan dengan kebutuhan energi air.
o   Selanjutnya siswa membentuk kelompok untuk melakukan diskusi tentang bencana kekeringan.
o   Selesai diskusi masing-masing kelompok diminta menyampaikan hasil diskusi masing-masing.
o   Sebelum kegiatan belajar ditutup siswa melakukan refleksi kegiatan hari ini.

Remedial
o   Mengulang penjelasan tentang grafik batang bagi siswa yang belum memahami.

Kegiatan Alternatif (Pengayaan)
-          Kunjungan ke PLTA
-          Kunjungan ke PDAM

o   Kegiatan ditutup dengan doa bersama

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E.       Penilaian :
1.      Aspek yang dinilai; a.Penilaian Sikap
                                              b.Penilaian Pengetahuan
                                              c. Penilaian Ketrampilan          
2.      Jenis penilaian;       a. observasi
                                        b.tertulis,lisan
                                        c . praktek,projek
3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;


Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Santun
Jujur
Cermat dan Teliti
Bertanggung jawab
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
Afiya Chairunnisa
















2
Agung Arais
















3
Ainaya Yarid Khaira
















4
Aliva Nafisha Adiena
















5
Alif Al Gibral
















6
Akramul Akbar
















7
Arrayyan Akbar
















8
Amira Najla
















9
Cut Dina Amelia
















10
Fawniya
















11
Hafidh Ramadhan
















12
Iffah Mursyidah
















13
Ikhsan Fadhilah
















14
Luna Salsabila Saskia
















15
Luluatul Fuadah
















16
Maqsalmina
















17
M. Farel Alfitra
















18
M.Syuhada
















19
Muhammad Alif Aulia
















20
Muammar Hafizh
















21
Nasywa Zilya Ulhaq
















22
Reva Umira
















23
Rita Safitri Yana
















24
Rishad Albirra Maulana
















25
Raudhatul Muna
















26
Raifa Qatrun Nada
















27
Sausan Rahmatillah
















28
T. Firdaus
















29
Tiara Anggelina
















30
Ulfa Syahratul Izzah
















31
Aldi Jefri Ananda
















32
Dicky Novrian
















33
Alfin
















Ket:
K = Kurang                C = Cukup                  B = Baik                      SB= Sangat Baik


Tijue, ……………………………., 20……
Guru Kelas ……..



NURHASMIATI, S.Pd
NIP.  19760511 200701 2 027
2. Penilaian Pengetahuan
Tes tertulis:

3. Penilaian Keterampilan
No
Kriteria
Baik sekali
(4)
Baik
(3)
Cukup
(2)
Perlu Bimbingan (1)
1.
Menyajikan
berita seperti
seorang reporter
Sesuai dengan
konteks peristiwa,
alur berita runut,
membaca berita
dengan lancar
Hanya
memenuhi 2
kriteria
Hanya
memenuhi 1
kriteria
Belum
mampu
2.
Menyampaikan
gagasan dalam
diskusi
Sesuai dengan
topik, kalimatnya
jelas, lancar dalam
menyampaikan
Hanya
memenuhi 2
kriteria

Hanya
memenuhi 1
kriteria
Belum
mampu



Lembar Penilaian Keterampilan

1. Menyajikan berita (reportase)
1. Melakukan wawancara
No
Nama Siswa
Sesuai
dengan
konteks
peristiwa
struktur
kalimatnya
benar
Alur berita
runut,
Penyampaian
berita lancar
Predikat
1
Afiya Chairunnisa





2
Agung Arais





3
Ainaya Yarid Khaira





4
Aliva Nafisha Adiena





5
Alif Al Gibral





6
Akramul Akbar





7
Arrayyan Akbar





8
Amira Najla





9
Cut Dina Amelia





10
Fawniya





11
Hafidh Ramadhan





12
Iffah Mursyidah





13
Ikhsan Fadhilah





14
Luna Salsabila Saskia





15
Luluatul Fuadah





16
Maqsalmina





17
M. Farel Alfitra





18
M.Syuhada





19
Muhammad Alif Aulia





20
Muammar Hafizh





21
Nasywa Zilya Ulhaq





22
Reva Umira





23
Rita Safitri Yana





24
Rishad Albirra Maulana





25
Raudhatul Muna





26
Raifa Qatrun Nada





27
Sausan Rahmatillah





28
T. Firdaus





29
Tiara Anggelina





30
Ulfa Syahratul Izzah





31
Aldi Jefri Ananda





32
Dicky Novrian





33
Alfin







Tijue, ……………………………., 20……
Guru Kelas ……..



NURHASMIATI, S.Pd
NIP.  19760511 200701 2 027

F. Sumber dan Media
·         Buku teks.
·         Tayangan berita berupa video /berita radio/artikel dari koran.
·         Gambar grafik batang dengan data tertentu


Mengetahui,                                                                        Tijue, 7 Maret  2016
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas III,




PARIANTI, S.Pd                                                             NURHASMIATI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001                                            NIP. 19760511 200701 2 027

  

EVALUASI




Kunci Jawaban Soal Lembar Penilaian Subtema 1

A. Melengkapi kalimat.
1.      Matahari
2.      Fotosintesis
3.      Sumber
4.      Makanan
2.      Udara

B. Jawaban tergantung pada kemampuan siswa
C.   1. PDAM Aria Jaya
1.      5.000
2.      Setia Jaya
3.      sedikit
4.      Setia Jaya, Kusuma Jaya, Tri Jaya, dan Aria Jaya

D.  1. 1.500 liter + 1.800 liter = 3.300 liter
1.      Rp 6.500 + Rp 6.500 = Rp 13.000

E. 1. 3 contoh perilaku yang dapat menjaga kelestarian air
a.       Menggunakan air dengan hemat
b.      Tidak membiarkan keran air yang bocor
c.       Tidak mencemari sumber air dengan sampah

2.         3 contoh sikap kebersamaan memanfaatkan sumber energi
a.       Gotong royong membuat penampungan air
b.      Kerja sama membangun irigasi
c.       Kerja sama melakukan penghematan listrik

F. Soal-soal Pengayaan
1. a. Mendekatkan jarak kaca pembesar dengan kapas
    b. Membuat gumpalan kapas/tisu yang lebih tipis

2. a. Matahari adalah sumber energi terbesar di bumi
    b. Cahaya matahari menghasilkan energi panas

3. a. Bumi gelap gulita dan dingin karena tidak ada cahaya
    b. Tidak ada kehidupan di bumi karena tidak ada tumbuh-tumbuhan

4. a. Sumber energi menghasilkan energi
a.    Sumber energi terbesar di bumi adalah matahari
b.    Air adalah contoh sumber energi
c.    Angin adalah sumber energi gerak
d.   dst.

5. a. Menggunakannya dengan hemat.
    b. Melakukan penghijauan agar air tetap berlimpah


Lembar Kerja Siswa
(LKS)


Amatilah grafik batang tersebut!



1.   Lengkapilah tabel data berikut ini sesuai informasi pada grafik batang.



2.   Desa mana yang warganya paling banyak?
_________________________________________
_________________________________________


3.   Desa mana yang jumlah warganya paling sedikit?
_________________________________________
_________________________________________



MEDIA

TEMA 7 KELAS 3 SUB 1 PB 6
 

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors