RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester :
2/II
Tema 6 :
Air, Bumi dan Matahari
Sub Tema 3/ Pembelajaran : Matahari/ 1
Alokasi Waktu :
1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang
jelas dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan
beraklak mulia.
B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) SBdP
1.1
Menikmati keindahan alam dan karya seni sebagai salah satu tandatanda kekuasaan
Tuhan.
2.2
Menunjukkan rasa ingin tahu untuk mengenal alam di lingkungan sekitar sebagai
sumber ide dalam berkarya seni.
3.2
Mengenal pola irama lagu bertanda birama tiga, pola bervariasi dan pola irama rata
dengan alat music ritmis.
3.2.2
Menunjukkan pola irama lagu bertanda birama tiga pada alat musik ritmis.
4.5
Menyanyikan lagu anakanak dengan pola irama yang bervariasi.Indikator
4.5.2
Menyanyikan lagu anak bertanda birama ¾
b) PPKn
1.2
Menerima kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan
rumah dan sekolah.
2.3
Menunjukkan perilaku toleran terhadap keberagaman karakteristik individu, dalam
kehidupan beragama, suku, fisik, dan psikis di rumah dan sekolah.
3.2 Memahami tata tertib dan aturan yang berlaku
dalam kehidupan
sehari-hari di rumah
dan sekolah.
3.2.9 Mengemukakan pendapat tentang manfaat
aturan dalam
kehidupan seharihari di
di sekolah
4.2 Melaksanakan tata tertib dan aturan di
lingkungan keluarga
dan sekolah
4.2.2 Melaksanakan aturan di lingkungan sekolah
c) Bahasa Indonesia
1.2 Menerima
keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas keberadaan keluarga serta penciptaan hewan
dan tumbuhan
2.3
Memiliki rasa percaya diri dan tanggung jawab terhadap keberadaan anggota
keluarga dan dokumen milik keluarga melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/ atau
bahasa daerah.
3.3 Mengenal teks buku harian tentang kegiatan
anggota keluarga
dan dokumen milik
keluarga dengan bantuan
guru atau teman dalam
bahasa Indonesia lisan
dan tulis yang dapat diisi
dengan kosakata bahasa
daerah untuk membantu
pemahaman.
3.3.2 Menjelaskan isi teks
buku harian
tentang kegiatan anggota
keluarga.
4.3 Mengungkapkan teks buku harian tentang
kegiatan anggota
keluarga dan dokumen
milik keluarga secara
mandiri dalam bahasa
Indonesia lisan dan
tulis yang dapat diisi dengan
kosakata bahasa daerah
untuk membantu penyajian.
4.3.2 Menulis teks buku
harian tentang
kegiatan keluarga dengan
EYD yang tepat.
4.3.3 Membacakan teks buku harian kegiatan
keluarga yang
telah ditulis
d) Matematika
1.1
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.2
Memiliki rasa ingin tahu dan ketertarikan pada matematika, yang terbentuk
melalui pengalaman belajar
3.10
Menentukan nilai terkecil dan terbesar dari hasil pengukuran panjang atau berat
yang disajikan dalam bentuk tabel sederhana.
4.11 Membuat
tabel sederhana hasil pengukuran panjang atau berat.Indikator
3.10.3
Membandingkan hasil pengukuran berat dua benda.
3.10.4
Mengurutkan hasil pengukuran berat bendabenda dari nilai terkecil ke terbesar.
4.11.2
Membuat tabel sederhana hasil pengukuran berat.
C. Deskripsi Materi
Pembelajaran :
1.
Menyanyikan
lagu.
2.
Melaksanakan
aturan di lingkungan sekolah.
3.
Membacakan
buku harian kegiatan keluarga yang telah ditulis.
4.
Menulis
teks buku harian tentang kegiatan keluarga dengan EYD yang tepat.
5.
Membandingkan
hasil pengukuran berat dua benda.
6.
Membuat
tabel sederhana hasil pengukuran Berat
D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4. Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa
kelompok
6. Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran
yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7. Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan
yaitu tentang “Air, Bumi dan Matahari”.
8. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9. Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa
secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang
merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Teks lagu “Mandi”
o
Gambar anak sekolah memakai topi dan ada
yang memakai payung.
o
Gambar anak bermain jungkat jangkit.
o
Buku, penghapus papan tulis, dan kotak
pensil.
o
Topi, payung, dan
buku
o
Siswa diarahkan untuk mengamati teks
lagu “Mandi” dengan cermat.
o
Siswa mengamati teks lagu “Mandi” dengan
cermat (mengamati).
o
Siswa menanya tentang teks lagu (menanya).
o
Siswa diberi kesempatan untuk menjawab
pertanyaan tentang teks lagu (menalar).
o
Siswa mendengarkan lagu “Mandi” yang
dinyanyikan guru (mengamati).
o
Siswa mencoba menyanyikan lagu “Mandi” (mencoba).
o
Siswa bertanya jawab tentang isi teks
lagu (menanya).
o
Siswa menceritakan isi teks lagu dalam
bahasa lisan (mengomunikasikan).
o
Siswa diarahkan untuk mengamati gambar
warga yang sedang berolahraga pada hari minggu pagi, anak sekolah laki-laki
pulang sekolah memakai topi, dan anak perempuan pulang sekolah memakai payung
dengan cermat.
o
Siswa mengamati gambar berolahraga pada
pagi hari anak sekolah laki-laki pulang sekolah memakai topi, dan anak
perempuan pulang sekolah memakai payung (mengamati).
o
Siswa diarahkan untuk membuat pertanyaan
tentang gambar warga yang sedang berolahraga pada hari minggu pagi, anak
sekolah laki-laki pulang sekolah memakai topi, dan anak perempuan pulang
sekolah memakai payung.
o
Siswa membuat pertanyaan tentang gambar
warga yang sedang berolahraga pada hari minggu pagi, anak sekolah laki-laki
pulang sekolah memakai topi, dan anak perempuan pulang sekolah memakai payung
(menanya).
o
Siswa berkelompok dengan teman di
sebelahnya.
o
Siswa berdiskusi menjawab pertanyaan
tentang kegunaan payung dan topi (mencoba).
o
Siswa berdiskusi tentang tindakan yang
akan dilakukan untuk melindungi tubuh dari sinar matahari yang panas(mencoba).
o
Siswa melaksanakan aturan di lingkungan
sekolah dalam berdiskusi (mencoba).
o
Siswa mengemukakan pendapat tentang
manfaat aturan dalam kehidupan sehari-hari di sekolah (menalar).
o
Siswa membandingkan pengaruh sinar
matahari pada kehidupan manusia berdasarkan gambar (menalar).
o
Siswa membuat kesimpulan hasil diskusi
dan dibacakan di depan kelas (mengomunikasikan).
o
Siswa membaca
teks buku harian dengan rasa ingin tahu (mengamati).
o
Siswa menjelaskan
isi teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga (menalar).
o
Siswa menjawab
pertanyaan-pertanyaan mengenai teks buku harian yang sudah dibacanya
(menalar).
o
Siswa mengingat kegiatan-kegiatan yang
dilakukan pada pagi hari (mengamati).
o
Siswa menulis kegiatan yang dilakukannya
pada pagi hari dalam bentuk teks buku harian (mencoba).
o
Siswa menulis teks buku harian tentang
kegiatan keluarga dengan EYD yang tepat.
o
Siswa menulis teks buku harian dengan
huruf tegak bersambung.
o
Siswa menyanyikan
lagu Mandi sambil bertepuk tangan atau mengetuk meja.
o
Guru mengarahkan
tepukan dan ketukan agar sesuai dengan pola irama
o
Siswa mengamati gambar Edo dan Niko yang
sedang main jungkat-jungkit (mengamati).
o
Siswa membandingkan berat Edo dan Niko
berdasarkan gambar yang diamati (menalar).
o
Siswa menyebutkan
nama anak yang lebih berat.
o
Siswa dibagi dalam kelompok yang terdiri
atas 4 sampai 5 siswa setiap kelompok.
o
Siswa menyediakan benda-benda sebagai
berikut payung, topi, tas, kotak pensil, dan buku.
o
Siswa dalam kelompok secara bergantian
memilih secara acak satu pasang benda untuk dibandingkan (mengamati).
o
Siswa membandingkan dua benda yang
dipilihnya untuk ditentukan yang lebih berat (mencoba).
o
Siswa menulis hasil percobaan tentang
penentuan benda yang lebih berat. (mengomunikasikan).
o
Siswa membuat
tabel sederhana hasil pengukuran berat
o
Siswa menentukan benda-benda yang lebih
berat berdasarkan gambar (mengamati).
o
Siswa mengurutkan benda-benda dari yang
paling ringan sampai yang paling berat.
Kegiatan
Pengayaan
o
Jika siswa sudah mampu membacakan teks
buku harian kegiatan keluarga yang telah ditulis, maka guru memberikan
latihan lanjutan yaitu membacakan teks buku harian kegiatan keluarga yang
telah ditulis dengan cara berkelompok dan bergantian.
o
Jika siswa sudah mampu melaksanakan
aturan di lingkungan sekolah, maka guru dapat memberikan penugasan berupa
menulis aturan di lingkungan sekolah yang telah dipatuhi.
o
Jika siswa sudah mampu menceritakan
karya seni budaya bahasa daerah setempat, maka guru dapat memberikan latihan
dengan menceritakan karya seni budaya bahasa daerah setempat secara tertulis.
o
Jika siswa sudah mampu membuat tabel
sederhana hasil pengukuran berat, maka guru dapat memberikan latihan lanjutan
berupa membuat tabel sederhana hasil pengukuran berat dengan data yang
berbeda.
o
Jika siswa masih kesulitan untuk
membacakan teks buku harian kegiatan keluarga yang telah ditulis, maka guru
dapat memberikan bimbingan dalam membaca teks buku harian yang lebih intensif
dan lancar.
o
Jika siswa masih kesulitan untuk
melaksanakan aturan di lingkungan sekolah, maka guru dapat memberikan
bimbingan dalam melaksanakan aturan di lingkungan sekolah yang lebih
intensif.
o
Jika siswa masih kesulitan untuk
menceritakan karya seni budaya bahasa daerah setempat, maka guru dapat memberikan
latihan bercerita.
o
Jika siswa masih kesulitan untuk membuat
tabel sederhana hasil pengukuran berat, maka guru dapat memberikan bimbingan
dalam membuat tabel sederhana hasil pengukuran berat dengan data baru.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1.
Bersama-sama
dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.
Melakukan
penilaian hasil belajar
3.
Melakukan
repleksi
4.
Menyampaikan
pesan moral/belajar.
5.
Menutup
dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E. Penilaian :
1.
Teknik Penilaian.
a. Penilaian sikap: Percaya diri dan teliti
b. Penilaian pengetahuan: Daftar periksa dan skor
c. Unjuk kerja: Menulis cerita narasi dan menirukan
gerakan bermain.
2.
Jenis
penilaian: a. Observasi
b. Tertulis,lisan
c
. Praktek,projek
3. Instrumen Penilaian
4. Rubrik dan Penskoran Nilai;
INSTRUMEN
PENILAIAN
1.
Penilaian Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||
Percaya Diri
|
Teliti
|
Santun
|
|||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ket:
BT : Belum terlihat
MT : Mulai Terlihat
MB : Mulai Berkembang
SM : Sudah Membudaya
2.
Penilaian Pengetahuan
Instrumen penilaian:
tes tertulis (uraian dan isian).
Tes Tertulis: Skor
a. Mengemukakan
pendapat tentang manfaat aturan dalam kehidupan sehari-hari di
di
sekolah.
Banyak soal: 2 soal
Kunci Jawaban:
1)
Melindungi kepala dari terik
matahari.
2)
Menggunakan topi atau payung.
b. Menjelaskan isi
teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga.
Banyak soal: 5 soal
Kunci Jawaban:
1)
Udaranya sejuk dan segar
serta tampak matahari bersinar.
2)
Bersepeda pagi.
3)
Membersihkan kamar.
4)
Ya.
5)
Aku harus segera pulang
menyelesaikan tugas rumah.
c. Membandingkan
hasil pengukuran berat dua benda.
Banyak soal: 5 soal
Kunci Jawaban:
- Buku
- Tas
- Buku
- Payung
- Tas
d. Mengurutkan
hasil pengukuran berat benda-benda dari nilai terkecil ke terbesar.
Banyak soal: 2 soal
Kunci Jawaban:
- Buku, kotak pensil, dan penghapus papan tulis.
- Payung, buku, dan topi.
3.
Penilaian Keterampilan
a.
Membacakan teks buku harian kegiatan keluarga yang telah ditulis.
Penilaian:
Unjuk Kerja
Rubrik Membacakan Teks Buku Harian Kegiatan Keluarga
yang telah Ditulis
No
|
Kriteria
|
Baik
sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Kemampuan
Membaca
Teks
|
Siswa mampu
membaca
keseluruhan teks
|
Siswa mampu
membaca
sebagian besar
teks
|
Siswa
mampu
membaca
sebbagian
kecil teks
|
Siswa belum
mampu
membaca teks
|
|
Pemahaman Isi teks
|
Mampu
menjawab
semua pertanyaan yang diajukan
|
Mampu
menjawab
sebagian besar
pertanyaan yang
diajukan
|
Mampu
menjawab
sebagian kecil
teks
|
Belum mampu
menjawab
semua
pertanyaan yang
diajukan
|
b. Melaksanakan aturan di lingkungan sekolah.
Penilaian: Observasi (pengamatan)
Lembar Pengamatan Melaksanakan Aturan di Lingkungan
Sekolah
No
|
|
Terlihat (√)
|
Belum Terlihat (√)
|
1.
|
Siswa mampu melaksanakan aturan
berbahasa
sopan saat diskusi
|
|
|
2.
|
Siswa mampu melaksanakan aturan ikut
berperan dalam diskusi
|
|
|
|
Siswa mengungkapkan perasaan dan
pendapatnya setelah menunjukkan perilaku
mematuhi aturan saat diskusi
|
|
|
c. Membuat tabel
sederhana hasil pengukuran berat.
Penilaian: Unjuk
kerja
Rubrik Membuat Tabel
Sederhana Hasil Pengukuran Berat
No
|
Kriteria
|
Baik
sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Kemampuan
membuat
tabel sederhana
tentang
berat
|
Siswa mampu
Membuat keseluruhan
tabel sederhana
tentang berat
|
Siswa mampu
membuat
sebagian besar
tabel sederhana
tentang berat
|
Siswa mampu
membuat
sebagian kecil
tabel sederhana
tentang berat
|
Siswa belum
mampu
membuat tabel
sederhana
tentang berat
|
|
Ketepatan
membuat tabel
sederhana
tentang berat
|
Siswa membuat
keseluruhan
tabel sederhana
tentang berat
|
Siswa membuat
sebagian besar
tabel sederhana
tentang berat
|
Siswa
membuat
sebagian
kecil
tabel
sederhana
tentang
berat
|
Siswa belum
tepat tabel
sederhana
tentang berat
|
F. Sumber
dan Media
1.
Gambar gunung berapi meletus
2.
Gambar berbagai aktivitas Edo
di pagi hari
3.
Gambar berbagai kegiatan Edo
berkaitan dengan aktivitas mengukur panjang berbagai benda
4.
Gambar hasil kreasi membuat
relief gunung berapi
Mengetahui, Tijue,
16 Februari 2016
Kepala SD Negeri
2 Tijue
Guru Kelas II,
PARIANTI, S.Pd ANITA, S.Pd
NIP. 19690318 199504 2 001 NIP. 19690929
199311 2 001
Hasil Penilaian pengamatan
No
|
Nama Siswa
|
Kriteria
|
Kriteria
|
||
Terlihat
|
Belum Terlihat
|
Terlihat
|
Belum Terlihat
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Lembar
Kerja Siswa
(LKS) 1
Tentukan
benda-benda di bawah ini yang lebih berat!
Berilah tanda centang (vi') untuk
bend a yang lebih berat!.
Lembar
Kerja Siswa
(LKS) 2
Angkatlah
dua benda, kemudian bandingkan beratnya!
Tuliskan hasilnya pada kolom
di bawah ini!
_____________ lebih berat daripada ______________
_____________ lebih berat daripada ______________
_____________ lebih berat daripada ______________
_____________ lebih berat daripada ______________
_____________ lebih berat daripada ______________
MEDIA
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment