Home » » TEMA 6 KELAS 2 SUB 3 PB 1

TEMA 6 KELAS 2 SUB 3 PB 1

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Wednesday 11 January 2017



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Satuan Pendidikan                 : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                      : 2/II
Tema 6                                  : Air, Bumi dan Matahari
Sub Tema 3/ Pembelajaran     : Matahari/ 1
Alokasi Waktu                       : 1 Hari


A. Kompetensi Inti :
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) SBdP
1.1 Menikmati keindahan alam dan karya seni sebagai salah satu tandatanda kekuasaan Tuhan.
2.2 Menunjukkan rasa ingin tahu untuk mengenal alam di lingkungan sekitar sebagai sumber ide dalam berkarya seni.
3.2 Mengenal pola irama lagu bertanda birama tiga, pola bervariasi dan pola irama rata dengan alat music ritmis.
3.2.2 Menunjukkan pola irama lagu bertanda birama tiga pada alat musik ritmis.
4.5 Menyanyikan lagu anakanak dengan pola irama yang bervariasi.Indikator
4.5.2 Menyanyikan lagu anak bertanda birama ¾

b) PPKn
1.2 Menerima kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
2.3 Menunjukkan perilaku toleran terhadap keberagaman karakteristik individu, dalam kehidupan beragama, suku, fisik, dan psikis di rumah dan sekolah.
3.2 Memahami tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah.
3.2.9 Mengemukakan pendapat tentang manfaat aturan dalam kehidupan seharihari di di sekolah
4.2 Melaksanakan tata tertib dan aturan di lingkungan keluarga dan sekolah
4.2.2 Melaksanakan aturan di lingkungan sekolah

c) Bahasa Indonesia
1.2 Menerima keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas keberadaan keluarga serta penciptaan hewan dan tumbuhan
2.3 Memiliki rasa percaya diri dan tanggung jawab terhadap keberadaan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/ atau bahasa daerah.
3.3 Mengenal teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.3.2 Menjelaskan isi teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga.
4.3 Mengungkapkan teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
4.3.2 Menulis teks buku harian tentang kegiatan keluarga dengan EYD yang tepat.
4.3.3 Membacakan teks buku harian kegiatan keluarga yang telah ditulis

d) Matematika
1.1 Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya. 
2.2 Memiliki rasa ingin tahu dan ketertarikan pada matematika, yang terbentuk melalui pengalaman belajar
3.10 Menentukan nilai terkecil dan terbesar dari hasil pengukuran panjang atau berat yang disajikan dalam bentuk tabel sederhana.
4.11 Membuat tabel sederhana hasil pengukuran panjang atau berat.Indikator
3.10.3 Membandingkan hasil pengukuran berat dua benda.
3.10.4 Mengurutkan hasil pengukuran berat bendabenda dari nilai terkecil ke terbesar.
4.11.2 Membuat tabel sederhana hasil pengukuran berat.

C. Deskripsi Materi Pembelajaran :
1.      Menyanyikan lagu.
2.      Melaksanakan aturan di lingkungan sekolah.
3.      Membacakan buku harian kegiatan keluarga yang telah ditulis.
4.      Menulis teks buku harian tentang kegiatan keluarga dengan EYD yang tepat.
5.      Membandingkan hasil pengukuran berat dua benda.
6.      Membuat tabel sederhana hasil pengukuran Berat

D. Kegiatan Pembelajaran :
 Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Air, Bumi dan Matahari”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.      Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Teks lagu “Mandi”
o   Gambar anak sekolah memakai topi dan ada yang memakai payung.
o   Gambar anak bermain jungkat jangkit.
o   Buku, penghapus papan tulis, dan kotak pensil.
o   Topi, payung, dan buku
o   Siswa diarahkan untuk mengamati teks lagu “Mandi” dengan cermat.
o   Siswa mengamati teks lagu “Mandi” dengan cermat (mengamati).
o   Siswa menanya tentang teks lagu (menanya).
o   Siswa diberi kesempatan untuk menjawab pertanyaan tentang teks lagu (menalar).
o   Siswa mendengarkan lagu “Mandi” yang dinyanyikan guru (mengamati).
o   Siswa mencoba menyanyikan lagu “Mandi” (mencoba).
o   Siswa bertanya jawab tentang isi teks lagu (menanya).
o   Siswa menceritakan isi teks lagu dalam bahasa lisan (mengomunikasikan).
o   Siswa diarahkan untuk mengamati gambar warga yang sedang berolahraga pada hari minggu pagi, anak sekolah laki-laki pulang sekolah memakai topi, dan anak perempuan pulang sekolah memakai payung dengan cermat.
o   Siswa mengamati gambar berolahraga pada pagi hari anak sekolah laki-laki pulang sekolah memakai topi, dan anak perempuan pulang sekolah memakai payung (mengamati).
o   Siswa diarahkan untuk membuat pertanyaan tentang gambar warga yang sedang berolahraga pada hari minggu pagi, anak sekolah laki-laki pulang sekolah memakai topi, dan anak perempuan pulang sekolah memakai payung.
o   Siswa membuat pertanyaan tentang gambar warga yang sedang berolahraga pada hari minggu pagi, anak sekolah laki-laki pulang sekolah memakai topi, dan anak perempuan pulang sekolah memakai payung (menanya).
o   Siswa berkelompok dengan teman di sebelahnya.
o   Siswa berdiskusi menjawab pertanyaan tentang kegunaan payung dan topi (mencoba).
o   Siswa berdiskusi tentang tindakan yang akan dilakukan untuk melindungi tubuh dari sinar matahari yang panas(mencoba).
o   Siswa melaksanakan aturan di lingkungan sekolah dalam berdiskusi (mencoba).
o   Siswa mengemukakan pendapat tentang manfaat aturan dalam kehidupan sehari-hari di sekolah (menalar).
o   Siswa membandingkan pengaruh sinar matahari pada kehidupan manusia berdasarkan gambar (menalar).
o   Siswa membuat kesimpulan hasil diskusi dan dibacakan di depan kelas (mengomunikasikan).
o   Siswa membaca teks buku harian dengan rasa ingin tahu (mengamati).
o   Siswa menjelaskan isi teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga (menalar).
o   Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan mengenai teks buku harian yang sudah dibacanya (menalar).
o   Siswa mengingat kegiatan-kegiatan yang dilakukan pada pagi hari (mengamati).
o   Siswa menulis kegiatan yang dilakukannya pada pagi hari dalam bentuk teks buku harian (mencoba).
o   Siswa menulis teks buku harian tentang kegiatan keluarga dengan EYD yang tepat.
o   Siswa menulis teks buku harian dengan huruf tegak bersambung.
o   Siswa menyanyikan lagu Mandi sambil bertepuk tangan atau mengetuk meja.
o   Guru mengarahkan tepukan dan ketukan agar sesuai dengan pola irama
o   Siswa mengamati gambar Edo dan Niko yang sedang main jungkat-jungkit (mengamati).
o   Siswa membandingkan berat Edo dan Niko berdasarkan gambar yang diamati (menalar).
o   Siswa menyebutkan nama anak yang lebih berat.
o   Siswa dibagi dalam kelompok yang terdiri atas 4 sampai 5 siswa setiap kelompok.
o   Siswa menyediakan benda-benda sebagai berikut payung, topi, tas, kotak pensil, dan buku.
o   Siswa dalam kelompok secara bergantian memilih secara acak satu pasang benda untuk dibandingkan (mengamati).
o   Siswa membandingkan dua benda yang dipilihnya untuk ditentukan yang lebih berat (mencoba).
o   Siswa menulis hasil percobaan tentang penentuan benda yang lebih berat. (mengomunikasikan).
o   Siswa membuat tabel sederhana hasil pengukuran berat
o   Siswa menentukan benda-benda yang lebih berat berdasarkan gambar (mengamati).
o   Siswa mengurutkan benda-benda dari yang paling ringan sampai yang paling berat.

Kegiatan Pengayaan
o   Jika siswa sudah mampu membacakan teks buku harian kegiatan keluarga yang telah ditulis, maka guru memberikan latihan lanjutan yaitu membacakan teks buku harian kegiatan keluarga yang telah ditulis dengan cara berkelompok dan bergantian.
o   Jika siswa sudah mampu melaksanakan aturan di lingkungan sekolah, maka guru dapat memberikan penugasan berupa menulis aturan di lingkungan sekolah yang telah dipatuhi.
o   Jika siswa sudah mampu menceritakan karya seni budaya bahasa daerah setempat, maka guru dapat memberikan latihan dengan menceritakan karya seni budaya bahasa daerah setempat secara tertulis.
o   Jika siswa sudah mampu membuat tabel sederhana hasil pengukuran berat, maka guru dapat memberikan latihan lanjutan berupa membuat tabel sederhana hasil pengukuran berat dengan data yang berbeda.
o   Jika siswa masih kesulitan untuk membacakan teks buku harian kegiatan keluarga yang telah ditulis, maka guru dapat memberikan bimbingan dalam membaca teks buku harian yang lebih intensif dan lancar.
o   Jika siswa masih kesulitan untuk melaksanakan aturan di lingkungan sekolah, maka guru dapat memberikan bimbingan dalam melaksanakan aturan di lingkungan sekolah yang lebih intensif.
o   Jika siswa masih kesulitan untuk menceritakan karya seni budaya bahasa daerah setempat, maka guru dapat memberikan latihan bercerita.
o   Jika siswa masih kesulitan untuk membuat tabel sederhana hasil pengukuran berat, maka guru dapat memberikan bimbingan dalam membuat tabel sederhana hasil pengukuran berat dengan data baru.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.      Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.      Melakukan penilaian hasil belajar
3.      Melakukan repleksi
4.      Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.      Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E. Penilaian :
1.      Teknik Penilaian.
a.       Penilaian sikap: Percaya diri dan teliti
b.      Penilaian pengetahuan: Daftar periksa dan skor
c.       Unjuk kerja: Menulis cerita narasi dan menirukan gerakan bermain.

2.      Jenis penilaian:  a.  Observasi
                                  b.  Tertulis,lisan
                                  c . Praktek,projek

3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;



INSTRUMEN PENILAIAN
1.        Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Percaya Diri
Teliti
Santun
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4












































































































































































































































































































































































































































































































































































































Ket:
BT            : Belum terlihat
MT           : Mulai Terlihat
MB           : Mulai Berkembang
SM           : Sudah Membudaya

2. Penilaian Pengetahuan
Instrumen penilaian: tes tertulis (uraian dan isian).
Tes Tertulis: Skor
a. Mengemukakan pendapat tentang manfaat aturan dalam kehidupan sehari-hari di
    di sekolah.
Banyak soal: 2 soal
Kunci Jawaban:
1)      Melindungi kepala dari terik matahari.
2)      Menggunakan topi atau payung.

b. Menjelaskan isi teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga.
Banyak soal: 5 soal
Kunci Jawaban:
1)      Udaranya sejuk dan segar serta tampak matahari bersinar.
2)      Bersepeda pagi.
3)      Membersihkan kamar.
4)      Ya.
5)      Aku harus segera pulang menyelesaikan tugas rumah.

c. Membandingkan hasil pengukuran berat dua benda.
Banyak soal: 5 soal
Kunci Jawaban:

  1.   Buku
  2. Tas
  3. Buku
  4. Payung
  5. Tas

d. Mengurutkan hasil pengukuran berat benda-benda dari nilai terkecil ke terbesar.
Banyak soal: 2 soal
Kunci Jawaban:
  1. Buku, kotak pensil, dan penghapus papan tulis.
  2. Payung, buku, dan topi.
3. Penilaian Keterampilan
a. Membacakan teks buku harian kegiatan keluarga yang telah ditulis.
Penilaian: Unjuk Kerja
Rubrik Membacakan Teks Buku Harian Kegiatan Keluarga yang telah Ditulis
No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Kemampuan
Membaca Teks
Siswa mampu
membaca
keseluruhan teks
Siswa mampu
membaca
sebagian besar
teks
Siswa mampu
membaca
sebbagian kecil teks
Siswa belum
mampu
membaca teks

Pemahaman Isi teks
Mampu
menjawab
semua pertanyaan yang diajukan
Mampu
menjawab
sebagian besar
pertanyaan yang
diajukan
Mampu
menjawab
sebagian kecil
teks
Belum mampu
menjawab
semua
pertanyaan yang
diajukan

b. Melaksanakan aturan di lingkungan sekolah.
Penilaian: Observasi (pengamatan)
Lembar Pengamatan Melaksanakan Aturan di Lingkungan Sekolah
No

Terlihat (√)
Belum Terlihat (√)
1.
Siswa mampu melaksanakan aturan berbahasa
sopan saat diskusi


2.
Siswa mampu melaksanakan aturan ikut
berperan dalam diskusi



Siswa mengungkapkan perasaan dan
pendapatnya setelah menunjukkan perilaku
mematuhi aturan saat diskusi



c. Membuat tabel sederhana hasil pengukuran berat.
Penilaian: Unjuk kerja
Rubrik Membuat Tabel Sederhana Hasil Pengukuran Berat
No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Kemampuan
membuat tabel sederhana
tentang berat
Siswa mampu
Membuat keseluruhan
tabel sederhana
tentang berat

Siswa mampu
membuat
sebagian besar
tabel sederhana
tentang berat
Siswa mampu
membuat
sebagian kecil
tabel sederhana
tentang berat
Siswa belum
mampu
membuat tabel
sederhana
tentang berat

Ketepatan
membuat tabel
sederhana
tentang berat
Siswa membuat
keseluruhan
tabel sederhana
tentang berat
Siswa membuat
sebagian besar
tabel sederhana
tentang berat

Siswa membuat
sebagian kecil
tabel sederhana
tentang berat
Siswa belum
tepat tabel
sederhana
tentang berat

F. Sumber dan Media
1.      Gambar gunung berapi meletus
2.      Gambar berbagai aktivitas Edo di pagi hari
3.      Gambar berbagai kegiatan Edo berkaitan dengan aktivitas mengukur panjang berbagai benda
4.      Gambar hasil kreasi membuat relief gunung berapi




Mengetahui,                                                                        Tijue, 16 Februari 2016
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas II,




PARIANTI, S.Pd                                                             ANITA, S.Pd
NIP. 19690318 199504 2 001                                           NIP. 19690929 199311 2 001

Hasil Penilaian pengamatan
No
Nama Siswa
Kriteria
Kriteria
Terlihat
Belum Terlihat
Terlihat
Belum Terlihat























































































































































































































































































Lembar Kerja Siswa
(LKS) 1

Tentukan benda-benda di bawah ini yang lebih berat!
Berilah tanda centang (vi') untuk bend a yang lebih berat!.










Lembar Kerja Siswa
(LKS) 2

Angkatlah dua benda, kemudian bandingkan beratnya!
Tuliskan hasilnya pada kolom di bawah ini!
_____________ lebih berat daripada ______________
_____________ lebih berat daripada ______________
_____________ lebih berat daripada ______________
_____________ lebih berat daripada ______________
_____________ lebih berat daripada ______________


MEDIA
TEMA 6 KELAS 2 SUB 3 PB 1

TEMA 6 KELAS 2 SUB 3 PB 1



Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors