RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester :
2/II
Tema 6 :
Air, Bumi dan Matahari
Sub Tema 3/ Pembelajaran : Matahari/ 2
Alokasi Waktu :
1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang
jelas dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan
beraklak mulia.
B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa
Indonesia
1.2 Menerima
keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas keberadaan keluarga serta penciptaan hewan
dan tumbuhan
2.3 Memiliki rasa
percaya diri dan tanggung jawab terhadap keberadaan anggota keluarga dan dokumen
milik keluarga melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/ atau bahasa daerah.
3.1 Mengenal teks
laporan sederhana tentang alam sekitar, hewan, dan tumbuhan serta jumlahnya dengan
bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi
dengan kosa kata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.1 Mengamati dan
mencoba menyajikan teks laporan sederhana tentang alam sekitar, hewan, tumbuhan
serta jumlahnya secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang
dapat diisi dengan kosa kata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
3.1.3 Mencatat
hasil pengamatan tentang alam sekitar.
4.1.2 Membacakan
laporan sederhana hasil pengamatan alam sekitar dengan lafal dan intonasi yang
jelas.
b) PPKn
1.2 Menerima
kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan
rumah dan sekolah.
2.3 Menunjukkan
perilaku toleran terhadap keberagaman karakteristik individu, dalam kehidupan beragama,
suku, fisik, dan psikis di rumah dan sekolah.
3.2 Memahami tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah.
4.2 Melaksanakan tata tertib dan aturan di lingkungan keluarga dan sekolah.
3.2.8 Menjelaskan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di sekolah.
4.2.2 Melaksanakan aturan di lingkungan sekolah
c) Matematika
1.1 Menerima dan menjalankan
ajaran agama yang dianutnya.
2.2 Memiliki rasa
ingin tahu dan ketertarikan pada matematika, yang terbentuk melalui pengalaman
belajar.
3.10 Menentukan
nilai terkecil dan terbesar dari hasil pengukuran panjang atau berat yang
disajikan dalam bentuk tabel sederhana.
4.5 Memecahkan
masalah nyata secara efektif yang berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan,
perkalian, pembagian, waktu, panjang, berat benda dan uang,selanjutnya memeriksa
kebenaran jawabnya.Indikator
3.10.4 Mengurutkan
hasil pengukuran berat bendabenda dari nilai terkecil ke terbesar.
4.5.4 Memeriksa
kebenaran pemecahan masalah yang berkaitan dengan berat benda.
d) PJOK
1.1 Menghargai
tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan.
2.2 Bertanggung
jawab terhadap keselamatan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar, serta
dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran.
3.8 Memahami cara
menjaga kebersihan kelas (seperti; piket membersihkan lingkungan kelas, papan tulis)
dan lingkungan sekolah (halaman sekolah).
4.8 Mempraktikkan
cara menjaga kebersihan kelas (seperti; piket membersihkan lingkungan kelas,
papan tulis) dan lingkungan sekolah (halaman sekolah).Indikator
3.8.2
Mengidentifikasi berbagai cara membersihkan lingkungan sekolah.
4.8.3 Mempraktikkan
cara membersihkan lingkungan sekolah
C. Deskripsi Materi
Pembelajaran :
- Mencatat hasil pengamatan tentang alam sekitar.
- Membacakan laporan sederhana hasil pengamatan alam sekitar dengan lafal dan intonasi yang jelas.
- Melaksanakan aturan di lingkungan sekolah.
- Mengurutkan hasil pengukuran berat bendabenda dari nilai terkecil ke terbesar.
- Menceritakan kegiatan yang boleh dilakukan sebelum melakukan aktivitas fisik.
- Membersihkan lingkungan kelas
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4. Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa
kelompok
6. Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran
yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7. Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan
yaitu tentang “Air, Bumi dan Matahari”.
8. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9. Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa
secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang
merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Siswa diarahkan
untuk mengamati gambar anak dan bayangannya dengan rasa ingin tahu yang
tinggi (mengamati).
o
Siswa mengamati
gambar anak dan bayangannya (mengamati).
o
Siswa diarahkan
untuk menanya tentang gambar anak dan bayangannya dengan rasa ingin tahu yang
tinggi (menanya).
o
Siswa menanya
tentang gambar anak dan bayangannya (menanya).
o
Siswa membuat
pertanyaan tentang bayangan.
o
Siswa bertukar
pertanyaan dengan teman di sebelahnya.
o
Siswa saling
memeriksa jawaban dari temannya.
o
Guru
memfasilitasi siswa agar dapat membuat pertanyaan yang tidak hanya sekadar
bertanya, tetapi mempertanyakan. Contoh pertanyaan tentang bayangan, yaitu:
“Apakah bayangan satu benda selalu sama setiap saat?”.
o
Siswa keluar kelas untuk mengamati
bayangan sebuah benda yang ada di halaman sekolah (mengamati). siswa
mengukur panjang bayangan benda menggunakan satuan tak baku (mencoba).
o
Siswa mencatat arah bayangan benda.
o
Siswa mencatat waktu ketika mengamati
bayang-bayang benda tersebut.
o
Siswa kembali mengukur bayang-bayang
benda setelah3 jam berlalu.
o
Siswa membuat laporan per kelompok.
o
Siswa melaporkan kegiatan mengamati
bayang-bayang benda di luar kelas dalam bentuk laporan tertulis.
o
Siswa menulis laporan kegiatan dengan
format bebas, namun tetap memperhatikan ketentuan yang sudah ditetapkan.
o
Siswa menuliskan bahan dan alat dalam
laporannya.
o
Nama benda yang diamati dalam
bayangannya dituliskan dalam laporan.
o
Siswa menuliskan cara kerja ketika
mengukur panjang bayangan.
o
Siswa menunjukkan laporan kepada guru
untuk diperiksa.
o
Bila ada yang kurang tepat, guru
memotivasi siswa untuk memperbaiki laporannya.
o
Siswa membandingkan panjang bayangan
pertama dan panjang bayangan kedua.
o
Siswa menuliskan alasan mengapa panjang
bayangan berbeda (menalar).
o
Siswa membuat kesimpulan percobaan yang
dituliskan dalam laporannya.
o
Siswa membacakan
hasil laporan di depan kelas secara bergiliran (mengomunikasikan).
o
Kelompok lain
yang tidak presentasi menanggapi
o
kelompok yang
sedang presentasi (menanya).
o
Diskusi kelas
difasilitasi oleh guru sehingga dapat dibuat kesimpulan akhir percobaan.
o
Siswa membaca teks percakapan dengan
percaya diri.
o
Siswa berpasangan dengan teman untuk
bermain peran.
o
Satu siswa memerankan Udin dan siswa
yang lain memerankan Edo.
o
Siswa menyimak kriteria-kriteria
penilaian yang disampaikan guru.
o
Siswa bermain peran dengan percaya diri
berdasarkan arahan guru.
o
Siswa bertanya jawab dengan teman
sekelas mengenai aturan yang dilakukan di sekolah (menanya).
o
Siswa menuliskan aturan-aturan yang
berlaku di kelas pada kolom yang tersedia di buku (mengomunikasikan).
o
Siswa mengamati gambar botol minum (mengamati).
o
Siswa menentukan berat benda berdasarkan
berat yang tercantum pada gambar (menalar).
o
Siswa menuliskan jawabannya pada tempat
yang tersedia (mencoba).
o
Siswa mengurutkan mengurutkan hasil
pengukuran berat benda-benda dari nilai terkecil ke terbesar
o
Siswa berdiskusi
kelas untuk merencanakan kegiatan membersihkan lingkungan sekolah di bawah
bimbingan guru.
o
Dalam diskusi
tersebut, siswa mengidentifikasi hal-hal apa saja yang dapat dilakukan untuk
melakukan kegiatan membersihkan lingkungan sekolah
o
Siswa dibagi dalam kelompok yang terdiri
atas 5 – 6 orang untuk mendiskusikan pembagian tugas membersihkan lingkungan
sekolah.
o
Sesuai tugas dalam kelompok, siswa
bersama-sama mempraktikkan cara membesihkan lingkungan sekolah.
Kegiatan
Pengayaan
o
Jika siswa sudah mampu membacakan
laporan sederhana hasil pengamatan alam sekitar dengan lafal dan intonasi
yang jelas, maka guru memberikan latihan lanjutan yaitu membacakan laporan
sederhana hasil pengamatan alam sekitar dengan cara berkelompok dan
bergantian.
o
Jika siswa sudah mampu melaksanakan
aturan di lingkungan sekolah, maka guru dapat memberikan penugasan berupa
menulis aturan di lingkungan sekolah yang telah dipatuhi.
o
Jika siswa sudah mampu menceritakan
kegiatan yang boleh dilakukan sebelum melakukan aktivitas fisik, maka guru
dapat memberikan latihan dengan menceritakan kegiatan yang boleh dilakukan
sebelum melakukan aktivitas fisik secara tertulis.
o
Jika siswa sudah mampu meriksa kebenaran
pemecahan masalah yang berkaitan dengan berat benda, maka guru dapat
memberikan latihan lanjutan berupa memeriksa kebenaran pemecahan masalah yang
berkaitan dengan berat benda berupa soal baru.
Kegiatan
Remedial
o
Jika siswa masih kesulitan untuk
membacakan laporan sederhana hasil pengamatan alam sekitar dengan lafal dan
intonasi yang jelas, maka guru dapat memberikan bimbingan dalam membaca
laporan sederhana hasil pengamatan alam sekitar yang lebih intensif dan
lancar.
o
Jika siswa masih kesulitan untuk
melaksanakan aturan di lingkungan sekolah, maka guru dapat memberikan
bimbingan dalam melaksanakan aturan di lingkungan sekolah yang lebih
intensif.
o
Jika siswa masih kesulitan untuk
menceritakan kegiatan yang boleh dilakukan sebelum melakukan aktivitas fisik,
maka guru dapat memberikan latihan terbimbing dalam menceritakan kegiatan
yang boleh dilakukan sebelum melakukan aktivitas fisik.
o
Jika siswa masih kesulitan untuk
memeriksa kebenaran pemecahan masalah yang berkaitan dengan berat benda, maka
guru dapat memberikan bimbingan dalam memeriksa kebenaran pemecahan masalah
yang berkaitan dengan berat benda secara intensif.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1. Bersama-sama dengan siswa membuat
kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4. Menyampaikan pesan moral/belajar.
5. Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E. Penilaian :
1.
Teknik Penilaian.
a. Penilaian sikap: Percaya diri dan teliti
b. Penilaian pengetahuan: Daftar periksa dan skor
c. Unjuk kerja: Menulis cerita narasi dan menirukan
gerakan bermain.
2.
Jenis
penilaian: a. Observasi
b. Tertulis,lisan
c
. Praktek,projek
3. Instrumen Penilaian
4. Rubrik dan Penskoran Nilai;
INSTRUMEN
PENILAIAN
1.
Penilaian Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||
Percaya Diri
|
Teliti
|
Santun
|
|||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
Ket:
BT : Belum terlihat
MT : Mulai Terlihat
MB : Mulai Berkembang
SM : Sudah Membudaya
2.
Penilaian Pengetahuan
Instrumen
penilaian: tes tertulis (uraian dan isian).
Tes
Tertulis: Skor
a.
Mencatat hasil pengamatan tentang alam sekitar.
Banyak soal: 1 soal
Kunci Jawaban: Bayangan. (skor 50)
b.
Mengurutkan hasil pengukuran berat benda-benda dari nilai terkecil ke terbesar.
Banyak soal: 1 soal
Kunci Jawaban:
Botol minuman Udin, botol minuman Edo, dan botol
minuman Beni. (skor 50)
3.
Penilaian Keterampilan
a. Menceritakan kegiatan yang boleh dilakukan sebelum
melakukan aktivitas fisik.
Penilaian: Unjuk Kerja
Rubrik Menceritakan karya seni budaya tak benda daerah
setempat
No
|
Kriteria
|
Baik
sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Kemampuan
Bercerita
|
Siswa
bercerita
dengan
lancar
|
Sebagian
besar cerita
disampaikan
dengan lancar
|
Sebagian
kecil cerita
disampaikan
dengan lancar
|
Belum mampu
bercerita
|
Volume Suara
|
Terdengar
sampai seluruh
ruang kelas
|
Terdengar
sampai setengah
ruang kelas
|
Terdengar hanya
bagian depan
ruang kelas
|
Suara sangat
pelan atau tidak
terdengar
|
b. Membacakan laporan sederhana hasil pengamatan alam
sekitar dengan lafal dan intonasi yang jelas.
Penilaian: Unjuk Kerja
Rubrik Membacakan Laporan Sederhana Hasil Pengamatan
Alam Sekitar dengan
Lafal dan Intonasi yang Jelas
No
|
Kriteria
|
Baik
sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Kemampuan
Membaca Teks
|
Siswa
mampu
membaca
keseluruhan
teks
|
Siswa mampu
membaca
sebagian besar
teks
|
Siswa
mampu
membaca
sebbagian
kecil teks
|
Siswa belum
mampu
membaca teks
|
Pemahaman Isi teks
|
Mampu menjawab
semua
pertanyaan yang
diajukan
|
Mampu
menjawab
sebagian besar
pertanyaan yang
diajukan
|
Mampu
menjawab
sebagian
kecil
teks
|
Belum mampu
menjawab
semua
pertanyaan yang
diajukan
|
c.
Melaksanakan aturan di lingkungan sekolah.
Penilaian:
Observasi (pengamatan)
Lembar Pengamatan Melaksanakan Aturan di Lingkungan
Sekolah
No
|
Kriteria
|
Terlihat (√)
|
Belum Terlihat (√)
|
1.
|
Siswa
mampu melaksanakan aturan berbahasa
sopan
saat diskusi
|
||
2.
|
Siswa
mampu melaksanakan aturan ikut
berperan
dalam diskusi
|
||
3.
|
Siswa
mengungkapkan perasaan dan
pendapatnya
setelah menunjukkan perilaku
mematuhi aturan saat diskusi.
|
F. Sumber
dan Media
1.Gambar
anak dan bayangannya
2.Teks
bermain peran
3.Berbagai
gambar untuk pengukuran berat suatu benda
Mengetahui, Tijue,
17 Februari 2016
Kepala SD Negeri
2 Tijue
Guru Kelas II,
PARIANTI, S.Pd ANITA, S.Pd
NIP. 19690318 199504 2 001 NIP. 19690929
199311 2 001
Hasil Penilaian pengamatan
No
|
Nama Siswa
|
Kriteria
|
Kriteria
|
||
Terlihat
|
Belum Terlihat
|
Terlihat
|
Belum Terlihat
|
||
Lembar
Kerja Siswa
(LKS) 1
Tuliskan aturan di sekolah
yang harus kamu taati hari ini!
_______________________________________________________________________
_______________________________________________________________________
_______________________________________________________________________
_______________________________________________________________________
_______________________________________________________________________
_______________________________________________________________________
_______________________________________________________________________
_______________________________________________________________________
_______________________________________________________________________
_______________________________________________________________________
_______________________________________________________________________
_______________________________________________________________________
Lembar
Kerja Siswa
(LKS) 2
Buatlah pertanyaan mengenai bayang-bayangbenda!
Ukurlah panjang
bayang-bayang benda itu dengan
satuan tidak baku!
Catatlah arah bayangan
tersebut!
Setelah 3 jam,
amatilah kembali bayang-bayang benda
tersebut!
_______________________________________________________________________
_______________________________________________________________________
_______________________________________________________________________
_______________________________________________________________________
MEDIA
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment