Home » » TEMA 6 KELAS 2 SUB 3 PB 2

TEMA 6 KELAS 2 SUB 3 PB 2

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Wednesday 11 January 2017


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Satuan Pendidikan                 : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                     : 2/II
Tema 6                                  : Air, Bumi dan Matahari
Sub Tema 3/ Pembelajaran     : Matahari/ 2
Alokasi Waktu                       : 1 Hari


A. Kompetensi Inti :
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.2 Menerima keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas keberadaan keluarga serta penciptaan hewan dan tumbuhan
2.3 Memiliki rasa percaya diri dan tanggung jawab terhadap keberadaan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/ atau bahasa daerah.
3.1 Mengenal teks laporan sederhana tentang alam sekitar, hewan, dan tumbuhan serta jumlahnya dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosa kata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.1 Mengamati dan mencoba menyajikan teks laporan sederhana tentang alam sekitar, hewan, tumbuhan serta jumlahnya secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosa kata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
3.1.3 Mencatat hasil pengamatan tentang alam sekitar.
4.1.2 Membacakan laporan sederhana hasil pengamatan alam sekitar dengan lafal dan intonasi yang jelas.

b) PPKn
1.2 Menerima kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
2.3 Menunjukkan perilaku toleran terhadap keberagaman karakteristik individu, dalam kehidupan beragama, suku, fisik, dan psikis di rumah dan sekolah.
3.2 Memahami tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah.
4.2 Melaksanakan tata tertib dan aturan di lingkungan keluarga dan sekolah.
3.2.8 Menjelaskan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di sekolah.
4.2.2 Melaksanakan aturan di lingkungan sekolah

c) Matematika
1.1 Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.2 Memiliki rasa ingin tahu dan ketertarikan pada matematika, yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
3.10 Menentukan nilai terkecil dan terbesar dari hasil pengukuran panjang atau berat yang disajikan dalam bentuk tabel sederhana.
4.5 Memecahkan masalah nyata secara efektif yang berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, waktu, panjang, berat benda dan uang,selanjutnya memeriksa kebenaran jawabnya.Indikator
3.10.4 Mengurutkan hasil pengukuran berat bendabenda dari nilai terkecil ke terbesar.
4.5.4 Memeriksa kebenaran pemecahan masalah yang berkaitan dengan berat benda.

d) PJOK
1.1 Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan.
2.2 Bertanggung jawab terhadap keselamatan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran.
3.8 Memahami cara menjaga kebersihan kelas (seperti; piket membersihkan lingkungan kelas, papan tulis) dan lingkungan sekolah (halaman sekolah).
4.8 Mempraktikkan cara menjaga kebersihan kelas (seperti; piket membersihkan lingkungan kelas, papan tulis) dan lingkungan sekolah (halaman sekolah).Indikator
3.8.2 Mengidentifikasi berbagai cara membersihkan lingkungan sekolah.
4.8.3 Mempraktikkan cara membersihkan lingkungan sekolah

C. Deskripsi Materi Pembelajaran :
  1. Mencatat hasil pengamatan tentang alam sekitar.
  2. Membacakan laporan sederhana hasil pengamatan alam sekitar dengan lafal dan intonasi yang jelas.
  3. Melaksanakan aturan di lingkungan sekolah.
  4. Mengurutkan hasil pengukuran berat bendabenda dari nilai terkecil ke terbesar.
  5. Menceritakan kegiatan yang boleh dilakukan sebelum melakukan aktivitas fisik.
  6. Membersihkan lingkungan kelas
D. Kegiatan Pembelajaran :
 Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Air, Bumi dan Matahari”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.      Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Siswa diarahkan untuk mengamati gambar anak dan bayangannya dengan rasa ingin tahu yang tinggi (mengamati).
o   Siswa mengamati gambar anak dan bayangannya (mengamati).
o   Siswa diarahkan untuk menanya tentang gambar anak dan bayangannya dengan rasa ingin tahu yang tinggi (menanya).
o   Siswa menanya tentang gambar anak dan bayangannya (menanya).
o   Siswa membuat pertanyaan tentang bayangan.
o   Siswa bertukar pertanyaan dengan teman di sebelahnya.
o   Siswa saling memeriksa jawaban dari temannya.
o   Guru memfasilitasi siswa agar dapat membuat pertanyaan yang tidak hanya sekadar bertanya, tetapi mempertanyakan. Contoh pertanyaan tentang bayangan, yaitu: “Apakah bayangan satu benda selalu sama setiap saat?”.
o   Siswa keluar kelas untuk mengamati bayangan sebuah benda yang ada di halaman sekolah (mengamati). siswa mengukur panjang bayangan benda menggunakan satuan tak baku (mencoba).
o   Siswa mencatat arah bayangan benda.
o   Siswa mencatat waktu ketika mengamati bayang-bayang benda tersebut.
o   Siswa kembali mengukur bayang-bayang benda setelah3 jam berlalu.
o   Siswa membuat laporan per kelompok.
o   Siswa melaporkan kegiatan mengamati bayang-bayang benda di luar kelas dalam bentuk laporan tertulis.
o   Siswa menulis laporan kegiatan dengan format bebas, namun tetap memperhatikan ketentuan yang sudah ditetapkan.
o   Siswa menuliskan bahan dan alat dalam laporannya.
o   Nama benda yang diamati dalam bayangannya dituliskan dalam laporan.
o   Siswa menuliskan cara kerja ketika mengukur panjang bayangan.
o   Siswa menunjukkan laporan kepada guru untuk diperiksa.
o   Bila ada yang kurang tepat, guru memotivasi siswa untuk memperbaiki laporannya.
o   Siswa membandingkan panjang bayangan pertama dan panjang bayangan kedua.
o   Siswa menuliskan alasan mengapa panjang bayangan berbeda (menalar).
o   Siswa membuat kesimpulan percobaan yang dituliskan dalam laporannya.
o   Siswa membacakan hasil laporan di depan kelas secara bergiliran (mengomunikasikan).
o   Kelompok lain yang tidak presentasi menanggapi
o   kelompok yang sedang presentasi (menanya).
o   Diskusi kelas difasilitasi oleh guru sehingga dapat dibuat kesimpulan akhir percobaan.
o   Siswa membaca teks percakapan dengan percaya diri.
o   Siswa berpasangan dengan teman untuk bermain peran.
o   Satu siswa memerankan Udin dan siswa yang lain memerankan Edo.
o   Siswa menyimak kriteria-kriteria penilaian yang disampaikan guru.
o   Siswa bermain peran dengan percaya diri berdasarkan arahan guru.
o   Siswa bertanya jawab dengan teman sekelas mengenai aturan yang dilakukan di sekolah (menanya).
o   Siswa menuliskan aturan-aturan yang berlaku di kelas pada kolom yang tersedia di buku (mengomunikasikan).
o   Siswa mengamati gambar botol minum (mengamati).
o   Siswa menentukan berat benda berdasarkan berat yang tercantum pada gambar (menalar).
o   Siswa menuliskan jawabannya pada tempat yang tersedia (mencoba).
o   Siswa mengurutkan mengurutkan hasil pengukuran berat benda-benda dari nilai terkecil ke terbesar
o   Siswa berdiskusi kelas untuk merencanakan kegiatan membersihkan lingkungan sekolah di bawah bimbingan guru.
o   Dalam diskusi tersebut, siswa mengidentifikasi hal-hal apa saja yang dapat dilakukan untuk melakukan kegiatan membersihkan lingkungan sekolah
o   Siswa dibagi dalam kelompok yang terdiri atas 5 – 6 orang untuk mendiskusikan pembagian tugas membersihkan lingkungan sekolah.
o   Sesuai tugas dalam kelompok, siswa bersama-sama mempraktikkan cara membesihkan lingkungan sekolah.

Kegiatan Pengayaan
o   Jika siswa sudah mampu membacakan laporan sederhana hasil pengamatan alam sekitar dengan lafal dan intonasi yang jelas, maka guru memberikan latihan lanjutan yaitu membacakan laporan sederhana hasil pengamatan alam sekitar dengan cara berkelompok dan bergantian.
o   Jika siswa sudah mampu melaksanakan aturan di lingkungan sekolah, maka guru dapat memberikan penugasan berupa menulis aturan di lingkungan sekolah yang telah dipatuhi.
o   Jika siswa sudah mampu menceritakan kegiatan yang boleh dilakukan sebelum melakukan aktivitas fisik, maka guru dapat memberikan latihan dengan menceritakan kegiatan yang boleh dilakukan sebelum melakukan aktivitas fisik secara tertulis.
o   Jika siswa sudah mampu meriksa kebenaran pemecahan masalah yang berkaitan dengan berat benda, maka guru dapat memberikan latihan lanjutan berupa memeriksa kebenaran pemecahan masalah yang berkaitan dengan berat benda berupa soal baru.

Kegiatan Remedial
o   Jika siswa masih kesulitan untuk membacakan laporan sederhana hasil pengamatan alam sekitar dengan lafal dan intonasi yang jelas, maka guru dapat memberikan bimbingan dalam membaca laporan sederhana hasil pengamatan alam sekitar yang lebih intensif dan lancar.
o   Jika siswa masih kesulitan untuk melaksanakan aturan di lingkungan sekolah, maka guru dapat memberikan bimbingan dalam melaksanakan aturan di lingkungan sekolah yang lebih intensif.
o   Jika siswa masih kesulitan untuk menceritakan kegiatan yang boleh dilakukan sebelum melakukan aktivitas fisik, maka guru dapat memberikan latihan terbimbing dalam menceritakan kegiatan yang boleh dilakukan sebelum melakukan aktivitas fisik.
o   Jika siswa masih kesulitan untuk memeriksa kebenaran pemecahan masalah yang berkaitan dengan berat benda, maka guru dapat memberikan bimbingan dalam memeriksa kebenaran pemecahan masalah yang berkaitan dengan berat benda secara intensif.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.      Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.      Melakukan penilaian hasil belajar
3.      Melakukan repleksi
4.      Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.      Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E. Penilaian :
1.      Teknik Penilaian.
a.       Penilaian sikap: Percaya diri dan teliti
b.      Penilaian pengetahuan: Daftar periksa dan skor
c.       Unjuk kerja: Menulis cerita narasi dan menirukan gerakan bermain.

2.      Jenis penilaian:  a.  Observasi
                                  b.  Tertulis,lisan
                                  c . Praktek,projek

3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;




INSTRUMEN PENILAIAN
1.        Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Percaya Diri
Teliti
Santun
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4












































































































































































































































































































































































































































































































































































































Ket:
BT            : Belum terlihat
MT           : Mulai Terlihat
MB           : Mulai Berkembang
SM           : Sudah Membudaya

2. Penilaian Pengetahuan
Instrumen penilaian: tes tertulis (uraian dan isian).
Tes Tertulis: Skor
a. Mencatat hasil pengamatan tentang alam sekitar.
Banyak soal: 1 soal
Kunci Jawaban: Bayangan. (skor 50)

b. Mengurutkan hasil pengukuran berat benda-benda dari nilai terkecil ke terbesar.
Banyak soal: 1 soal
Kunci Jawaban:
Botol minuman Udin, botol minuman Edo, dan botol minuman Beni. (skor 50)

3. Penilaian Keterampilan
a. Menceritakan kegiatan yang boleh dilakukan sebelum melakukan aktivitas fisik.
Penilaian: Unjuk Kerja
Rubrik Menceritakan karya seni budaya tak benda daerah setempat

No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Kemampuan
Bercerita
Siswa bercerita
dengan lancar
Sebagian
besar cerita
disampaikan
dengan lancar
Sebagian
kecil cerita
disampaikan
dengan lancar
Belum mampu
bercerita

Volume Suara
Terdengar
sampai seluruh
ruang kelas
Terdengar
sampai setengah
ruang kelas
Terdengar hanya
bagian depan
ruang kelas
Suara sangat
pelan atau tidak
terdengar

b. Membacakan laporan sederhana hasil pengamatan alam sekitar dengan lafal dan intonasi yang jelas.
Penilaian: Unjuk Kerja
Rubrik Membacakan Laporan Sederhana Hasil Pengamatan Alam Sekitar dengan
Lafal dan Intonasi yang Jelas
No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Kemampuan
Membaca Teks
Siswa mampu
membaca
keseluruhan teks
Siswa mampu
membaca
sebagian besar
teks
Siswa mampu
membaca
sebbagian kecil teks
Siswa belum
mampu
membaca teks

Pemahaman Isi teks
Mampu menjawab
semua
pertanyaan yang
diajukan
Mampu
menjawab
sebagian besar
pertanyaan yang
diajukan
Mampu
menjawab
sebagian kecil
teks
Belum mampu
menjawab
semua
pertanyaan yang
diajukan

c. Melaksanakan aturan di lingkungan sekolah.
Penilaian: Observasi (pengamatan)
Lembar Pengamatan Melaksanakan Aturan di Lingkungan Sekolah
No
Kriteria
Terlihat (√)
Belum Terlihat (√)
1.
Siswa mampu melaksanakan aturan berbahasa
sopan saat diskusi


2.
Siswa mampu melaksanakan aturan ikut
berperan dalam diskusi


3.
Siswa mengungkapkan perasaan dan
pendapatnya setelah menunjukkan perilaku
mematuhi aturan saat diskusi.



F. Sumber dan Media
1.Gambar anak dan bayangannya
2.Teks bermain peran
3.Berbagai gambar untuk pengukuran berat suatu benda




Mengetahui,                                                                        Tijue, 17 Februari 2016
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas II,




PARIANTI, S.Pd                                                             ANITA, S.Pd
NIP. 19690318 199504 2 001                                                       NIP. 19690929 199311 2 001




















Hasil Penilaian pengamatan
No
Nama Siswa
Kriteria
Kriteria
Terlihat
Belum Terlihat
Terlihat
Belum Terlihat

























































































































































































































































































Lembar Kerja Siswa
(LKS) 1



Tuliskan aturan di sekolah yang harus kamu taati hari ini!
_______________________________________________________________________
_______________________________________________________________________
_______________________________________________________________________
_______________________________________________________________________  


_______________________________________________________________________
_______________________________________________________________________
_______________________________________________________________________
_______________________________________________________________________   

_______________________________________________________________________
_______________________________________________________________________
_______________________________________________________________________
_______________________________________________________________________   




Lembar Kerja Siswa
(LKS) 2




Buatlah pertanyaan mengenai bayang-bayangbenda!

Ukurlah panjang bayang-bayang benda itu dengan
satuan tidak baku!

Catatlah arah bayangan tersebut!

Setelah 3 jam, amatilah kembali bayang-bayang benda
tersebut!

Adakah perubahannya? Catatlah perubahannya!


_______________________________________________________________________
_______________________________________________________________________
_______________________________________________________________________
_______________________________________________________________________   


MEDIA
TEMA 6 KELAS 2 SUB 3 PB 2


Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors