RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester :
2/II
Tema 6 :
Air, Bumi dan Matahari
Sub Tema 3/ Pembelajaran : Matahari/ 3
Alokasi Waktu :
1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang
jelas dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan
beraklak mulia.
B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa
Indonesia
1.2 Menerima
keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas keberadaan keluarga serta penciptaan hewan
dan tumbuhan
2.3 Memiliki rasa
percaya diri dan tanggung jawab terhadap keberadaan anggota keluarga dan dokumen
milik keluarga melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/ atau bahasa daerah.
3.3 Mengenal teks
buku harian tentang kegiatan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga dengan
bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi
dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.3 Mengungkapkan
teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga secara
mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata
bahasa daerah untuk membantu penyajian.
3.3.2 Menjelaskan
isi teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga.
4.3.2 Menulis teks
buku harian tentang kegiatan keluarga dengan EYD yang tepat.
4.3.3 Membacakan
teks buku harian kegiatan keluarga yang telah ditulis
b) Matematika
1.1 Menerima dan menjalankan
ajaran agama yang dianutnya.
2.2 Memiliki rasa
ingin tahu dan ketertarikan pada matematika, yang terbentuk melalui pengalaman
belajar panjang dan berat benda, jarak suatu tempat (baik tidak baku maupun yang baku) dan menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan sekitar.
3.10 Menentukan nilai terkecil dan terbesar dari hasil pengukuran panjang atau berat yang disajikan dalam bentuk tabel sederhana.
4.5 Memecahkan masalah nyata secara efektif yang berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, waktu, panjang, berat benda dan uang,selanjutnya memeriksa kebenaran jawabnya.
4.11 Membuat tabel sederhana hasil pengukuran panjang atau berat.
3.6.4 Mengukur berat beberapa benda dengan menggunakan satuan baku ons dan kg.
3.10.3 Membandingkan hasil pengukuran berat dua benda.
4.5.3 Memecahkan masalah yang berkaitan dengan berat benda.
4.11.2 Membuat tabel sederhana hasil pengukuran berat.
c) SBdP
1.1 Menikmati
keindahan alam dan karya seni sebagai salah satu tandatanda kekuasaan Tuhan.
2.2 Menunjukkan
rasa ingin tahu untuk mengenal alam di lingkungan sekitar sebagai sumber ide
dalam berkarya seni.
3.1 Mengenal bahan dan alat serta tekniknya dalam membuat karya seni rupa.
4.1 Menggambar ekspresi dengan mengolah garis, warna, bentuk dan tekstur berdasarkan hasil pengamatan di lingkungan sekitar.
3.1.3 Menjelaskan teknik membuat karya seni rupa.
4.1.4 Menggambar ekspresi dengan mengolah bentuk dan tekstur?
C. Deskripsi Materi
Pembelajaran :
- Membandingkan hasil pengukuran berat dua benda.
- Membuat tabel sederhana hasil pengukuran berat
- Memecahkan masalah yang berkaitan dengan berat benda.
- Menulis teks buku harian tentang kegiatan keluarga dengan EYD yang tepat.
- Membacakan teks buku harian kegiatan keluarga yang telah ditulis.
- Menjelaskan isi teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga.
- Membentuk karya relif dari bahan lingkungan sekitar yang dipilih.
- Menentukan teknik dalam membuat karya seni.
- Menggambar
ekspresi.
D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4. Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa
kelompok
6. Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran
yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7. Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan
yaitu tentang “Air, Bumi dan Matahari”.
8. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9. Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa
secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang
merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Siswa mengamati
teks lagu “Kasih Ibu” pada buku siswa
o
(mengamati).
o
Siswa menyanyi
lagu Kasih Ibu secara klasikal dengan bimbingan guru (mengomunikasikan).
o
Siswa bertanya
jawab tentang lagu (menanya).
o
Siswa menjawab
pertanyaan tentang isi lagu (mencoba).
o
Siswa mengamati
gambar-gambar manfaat sinar matahari yang ada di buku siswa (mengamati).
o
Siswa menuliskan kalimat
sesuai gambar (mencoba).
o
Guru
memfasilitasi siswa melalui tanya jawab di kelas agar siswa dapat menjelaskan
manfaat sinar matahari (menanya).
o
Siswa dibagi
dalam kelompok yang terdiri atas 4–5 siswa setiap kelompok.
o
Setiap kelompok
berdiskusi mengenai manfaat sinar matahari (mencoba).
o
Siswa menjawab
pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan manfaat sinar matahari (mencoba)
o
Siswa menetukan
berat benda sesuai dengan gambar dan keterangan yang terdapat pada buku siswa
(mencoba).
o
Siswa
membandingkan hasil pengukuruan berat dua benda (menalar).
o
Siswa mencoba
menimbang benda sesungguhnya.
o
Timbangan yang
digunakan adalah timbangan kue atau timbangan pasar. Benda yang ditimbang
adalah kerupuk mentah. Berat kerupuk yang ditentukan adalah 250 gram (mencoba).
o
Siswa
membandingkan berat kerupuk yang sudah ditimbangnya.
o
Siswa mengurutkan
berat kerupuk yang sudah ditimbang dari yang paling ringan sampai paling
berat.
o
Siswa membuat
tabel sederhana hasil pengukuran berat (mencoba).
o
Siswa memecahkan
masalah yang berkaitan dengan berat benda (mencoba).
o
Siswa membacakan
syair lagu Kasih Ibu dengan bimbingan guru (mencoba).
o
Siswa menulis
teks buku harian tentang kegiatan keluarga dengan EYD yang tepat secara
cermat.
o
Siswa membacakan
teks buku harian kegiatan keluarga yang telah ditulis.siswa menjelaskan isi
teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga.
o
Siswa
mempersiapkan bahan dan alat yang akan digunakan untuk membuat karya seni rupa.
o
Siswa menggambar
matahari di kertas karton yang sudah disiapkan.
o
Alat dan gambar yang
digunakan sesuai dengan kebutuhan siswa.
o
Siswa menuliskan
kesannya tentang matahari pada gambar matahari yang sudah dibuatnya.
o
Karya seni itu
dapat menjadi hiasan dinding atau hiasan pintu. Oleh karena itu, siswa dapat
menghias kartu tersebut
Kegiatan
Pengayaan
o
Jika siswa sudah
mampu membacakan teks buku harian kegiatan keluarga yang telah ditulis, maka
guru memberikan latihan lanjutan yaitu membacakan teks buku harian kegiatan
keluarga yang telah ditulis dengan cara berkelompok dan bergantian.
o
Jika siswa sudah
mampu membuat tabel sederhana hasil pengukuran berat, maka guru dapat
memberikan latihan lanjutan berupa membuat tabel sederhana hasil pengukuran berat
dengan data yang berbeda.
o
Jika siswa sudah
mampu membentuk karya relief dari bahan lingkungan sekitar yang dipilih, maka
guru dapat memberikan latihan dengan menulis cara membuatnya.
Kegiatan Remedial
o
Jika siswa masih
kesulitan untuk membacakan teks buku harian kegiatan keluarga yang telah
ditulis, maka guru dapat memberikan bimbingan dalam membaca teks buku harian yang
lebih intensif dan lancar.
o
Jika siswa masih
kesulitan untuk membuat tabel sederhana hasil pengukuran berat, maka guru
dapat memberikan bimbingan dalam membuat tabel sederhana hasil pengukuran berat
dengan data baru.
o
Jika siswa masih
kesulitan untuk membentuk karya relief dari bahan lingkungan sekitar yang
dipilih, maka guru dapat memberikan latihan membentuk karya relief dari bahan
lingkungan sekitar yang dipilih.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1. Bersama-sama dengan siswa membuat
kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4. Menyampaikan pesan moral/belajar.
5. Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E. Penilaian :
1.
Teknik Penilaian.
a. Penilaian sikap: Percaya diri dan teliti
b. Penilaian pengetahuan: Daftar periksa dan skor
c. Unjuk kerja: Menulis cerita narasi dan menirukan
gerakan bermain.
2.
Jenis
penilaian: a. Observasi
b. Tertulis,lisan
c
. Praktek,projek
3. Instrumen Penilaian
4. Rubrik dan Penskoran Nilai;
INSTRUMEN
PENILAIAN
1.
Penilaian Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||
Percaya Diri
|
Teliti
|
Santun
|
|||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ket:
BT : Belum terlihat
MT : Mulai Terlihat
MB : Mulai Berkembang
SM : Sudah Membudaya
2.
Penilaian Pengetahuan
Instrumen
penilaian: tes tertulis (uraian dan isian).
Tes Tertulis: Skor
a. Mengukur berat
beberapa benda dengan menggunakan satuan baku ons dan kg.
Banyak soal: 3 soal
Kunci Jawaban:
1.
Ikan asin seberat 250 gram.
2.
Ikan asin seberat 3 ons.
3.
Ikan asin seberat 4 ons.
3.
Penilaian Keterampilan
a. Penilaian : Unjuk Kerja
Memecahkan masalah yang berkaitan dengan berat benda
No
|
Kriteria
|
Baik
sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Kemampuan
Memecahkan
masalah
yang berkaitan
dengan
panjang/jarak
|
Siswa mampu
memecahkan
keseluruhan
masalah yang
berkaitan
dengan
panjang/
jarak
|
Siswa
mampu
memecahkan
sebagian
besar
masalah
yang
berkaitan
dengan
panjang/
jarak
|
Siswa
mampu
memecahkan
sebagian
kecil
masalah
yang
berkaitan
dengan
panjang/
jarak
|
Siswa belum
mampu
memecahkan
masalah yang
berkaitan
dengan panjang/
jarak
|
|
Ketepatan
Memecahkan
masalah
yang
berkaitan
dengan
panjang/jarak
|
Siswa
memecahkan
keseluruhan
masalah yang
berkaitan
dengan
panjang/
jarak dengan
tepat
|
Siswa
memecahkan
sebagian besar
masalah yang
berkaitan
dengan panjang/
jarak dengan
tepat
|
Siswa
memecahkan
sebagian
kecil
masalah
yang
berkaitan
dengan
panjang/
jarak
dengan
tepat
|
Siswa
belum tepat
memecahkan
masalah yang
berkaitan
dengan panjang/
jarak
|
b. Penilaian : Unjuk Kerja
Membuat tabel sederhana hasil pengukuran berat
No
|
Kriteria
|
Baik sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Kemampuan
membuat
tabel sederhana
tentang
berat
|
Siswa
mampu
Membuat keseluruhan tabel
sederhana tentang berat
|
Siswa mampu
membuat
sebagian besar
tabel sederhana
tentang berat
|
Siswa
mampu
membuat
sebagian kecil
tabel
sederhana
tentang berat
|
Siswa
belum
mampu
membuat
tabel
sederhana
tentang berat
|
|
Ketepatan
membuat
tabel
sederhana
tentang
berat
|
Siswa membuat
keseluruhan
tabel
sederhana
tentang berat
|
Siswa
membuat
sebagian
besar
tabel
sederhana
tentang berat
|
Siswa
membuat
sebagian
kecil
tabel
sederhana
tentang berat
|
Siswa belum
tepat tabel
sederhana
tentang berat
|
c. Penilaian : Unjuk Kerja
Menulis teks buku harian tentang kegiatan keluarga dengan EYD yang tepat
No
|
Kriteria
|
Baik
sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Kesesuaian
isi dengan judul
atau tema
|
Seluruh
isi
karangan
sesuai
judul
atau tema
|
Setengan
atau lebih isi
karangan sesuai
judul atau tema
|
Kurang
dari
setengah
isi
karangan
sesuai judul atau tema
|
Seluruh
isi
karangan
belum
sesuai
|
|
Keruntutan
cerita
|
Seluruh
kegiatan
tersusun
dengan
runtut
|
Setengah
atau lebih
isi karangan
tersusun runtut
|
Kurang
dari
setengah
isi
karangan
tersusun runtut
|
Seluruh
isi
karagan
belum
runtut
|
|
Ketepatan
ejaan
|
Seluruh
tulisan
menggunakan
ejaan
yang tepat
|
Setengah
atau
lebih
tulisan
menggunakan
ejaan yang tepat
|
Kurang
dari
setengah
tulisan
menggunakan
ejaan
yang tepat
|
Seluruh
tulisan
belum
menggunakan
ejaan
yang tepat
|
d. Penilaian : Unjuk Kerja
Membacakan teks buku harian kegiatan keluarga yang telah ditulis
No
|
Kriteria
|
Baik
sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Kemampuan
Membaca
Teks
|
Siswa
mampu
membaca
keseluruhan
teks
|
Siswa mampu
membaca
sebagian besar
teks
|
Siswa
mampu
membaca
sebbagian
kecil teks
|
Siswa belum
Mampu membaca teks
|
|
Pemahaman
Isi teks
|
Mampu
menjawab
semuapertanyaan
yang diajukan
|
Mampu menjawab
sebagian
besar
pertanyaan
yang
diajukan
|
Mampu menjawab
sebagian
kecil
teks
|
Belum mampu
menjawab
semua
pertanyaan yang
diajukan
|
e. Penilaian : Unjuk Kerja
Membentuk Kartu Kesan tentang Matahari
No
|
Kriteria
|
Baik
sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Warna dan
Bentuk
|
Semua
komposisi
warna dan
bentuk harmonis
|
Sebagian
besar
komposisi
warna dan bentuk harmonis
|
Sedikit
komposisi
warna dan
bentuk
yang
harmonis
|
Tidak ada
keharmonisan
warna dan
bentuk
|
|
Keindahan
karya yang dihasilkan
|
Karya yang
dihasilkan
menimbulkan
kesan rasa
sangat kagum
|
Karya yang
dihasilkan
menimbulkan
kesan rasa
kagum
|
Karya
yang
dihasilkan
menimbulkan
kesan
kurang
enak
dilihat
|
Karya yang
dihasilkan
menimbulkan
kesan tidak enak
dilihat
|
|
Kebersihan
|
Karya
terlihat
sangat
bersih
|
Karya
terlihat
bersih
|
Karya
terlihat
kurang bersih
|
Karya
terlihat
tidak bersih
|
F. Sumber dan Media
1. Teks lagu
“Kasih Ibu.
2. Gambar
matahari menyinari bumi.
3. Gambar ibu
menggendong bayi.
4. Berbagai
gambar tentang manfaat sinar matahari.
5. Berbagai
gambar tentang pengukuran berat.
6.
Gambar timbangan dan kerupuk mentah
Mengetahui, Tijue,
18 Februari 2016
Kepala SD Negeri
2 Tijue
Guru Kelas II,
PARIANTI, S.Pd ANITA, S.Pd
NIP. 19690318 199504 2 001 NIP. 19690929
199311 2 001
Hasil Penilaian pengamatan
No
|
Nama Siswa
|
Kriteria
|
Kriteria
|
||
Terlihat
|
Belum Terlihat
|
Terlihat
|
Belum Terlihat
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Lembar
Kerja Siswa
(LKS)
Amatilah
gambar-gambar berikut dengan rasa ingin tahu!
Tuliskan kalimat yang sesuai di bawah
gambar!
Tuliskan manfaat sinar matahari di
sekitarmu!
..........................................................................................................
..........................................................................................................
..........................................................................................................
....................................................................................................................................................................................................................
MEDIA
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment