Home » » TEMA 6 KELAS 2 SUB 3 PB 3

TEMA 6 KELAS 2 SUB 3 PB 3

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Thursday 12 January 2017



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Satuan Pendidikan                 : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                     : 2/II
Tema 6                                  : Air, Bumi dan Matahari
Sub Tema 3/ Pembelajaran     : Matahari/ 3
Alokasi Waktu                       : 1 Hari


A. Kompetensi Inti :
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.2 Menerima keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas keberadaan keluarga serta penciptaan hewan dan tumbuhan
2.3 Memiliki rasa percaya diri dan tanggung jawab terhadap keberadaan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/ atau bahasa daerah.
3.3 Mengenal teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.3 Mengungkapkan teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
3.3.2 Menjelaskan isi teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga.
4.3.2 Menulis teks buku harian tentang kegiatan keluarga dengan EYD yang tepat.
4.3.3 Membacakan teks buku harian kegiatan keluarga yang telah ditulis

b) Matematika
1.1 Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.2 Memiliki rasa ingin tahu dan ketertarikan pada matematika, yang terbentuk melalui pengalaman belajar panjang dan berat benda, jarak suatu tempat (baik tidak baku maupun yang baku) dan menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan sekitar.
3.10 Menentukan nilai terkecil dan terbesar dari hasil pengukuran panjang atau berat yang disajikan dalam bentuk tabel sederhana.
4.5 Memecahkan masalah nyata secara efektif yang berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, waktu, panjang, berat benda dan uang,selanjutnya memeriksa kebenaran jawabnya.
4.11 Membuat tabel sederhana hasil pengukuran panjang atau berat.
3.6.4 Mengukur berat beberapa benda dengan menggunakan satuan baku ons dan kg.
3.10.3 Membandingkan hasil pengukuran berat dua benda.
4.5.3 Memecahkan masalah yang berkaitan dengan berat benda.
4.11.2 Membuat tabel sederhana hasil pengukuran berat.

c) SBdP
1.1 Menikmati keindahan alam dan karya seni sebagai salah satu tandatanda kekuasaan Tuhan.
2.2 Menunjukkan rasa ingin tahu untuk mengenal alam di lingkungan sekitar sebagai sumber ide dalam berkarya seni.
3.1 Mengenal bahan dan alat serta tekniknya dalam membuat karya seni rupa.
4.1 Menggambar ekspresi dengan mengolah garis, warna, bentuk dan tekstur berdasarkan hasil pengamatan di lingkungan sekitar.
3.1.3 Menjelaskan teknik membuat karya seni rupa.
4.1.4 Menggambar ekspresi dengan mengolah bentuk dan tekstur?

C. Deskripsi Materi Pembelajaran :

  1. Membandingkan hasil pengukuran berat dua benda.
  2. Membuat tabel sederhana hasil pengukuran berat
  3. Memecahkan masalah yang berkaitan dengan berat benda.
  4. Menulis teks buku harian tentang kegiatan keluarga dengan EYD yang tepat.
  5. Membacakan teks buku harian kegiatan keluarga yang telah ditulis.
  6. Menjelaskan isi teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga.
  7. Membentuk karya relif dari bahan lingkungan sekitar yang dipilih.
  8. Menentukan teknik dalam membuat karya seni.
  9. Menggambar ekspresi.

D. Kegiatan Pembelajaran :
 Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Air, Bumi dan Matahari”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.      Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Siswa mengamati teks lagu “Kasih Ibu” pada buku siswa
o   (mengamati).
o   Siswa menyanyi lagu Kasih Ibu secara klasikal dengan bimbingan guru (mengomunikasikan).
o   Siswa bertanya jawab tentang lagu (menanya).
o   Siswa menjawab pertanyaan tentang isi lagu (mencoba).
o   Siswa mengamati gambar-gambar manfaat sinar matahari yang ada di buku siswa (mengamati).
o   Siswa menuliskan kalimat sesuai gambar (mencoba).
o   Guru memfasilitasi siswa melalui tanya jawab di kelas agar siswa dapat menjelaskan manfaat sinar matahari (menanya).
o   Siswa dibagi dalam kelompok yang terdiri atas 4–5 siswa setiap kelompok.
o   Setiap kelompok berdiskusi mengenai manfaat sinar matahari (mencoba).
o   Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan manfaat sinar matahari (mencoba)
o   Siswa menetukan berat benda sesuai dengan gambar dan keterangan yang terdapat pada buku siswa (mencoba).
o   Siswa membandingkan hasil pengukuruan berat dua benda (menalar).
o   Siswa mencoba menimbang benda sesungguhnya.
o   Timbangan yang digunakan adalah timbangan kue atau timbangan pasar. Benda yang ditimbang adalah kerupuk mentah. Berat kerupuk yang ditentukan adalah 250 gram (mencoba).
o   Siswa membandingkan berat kerupuk yang sudah ditimbangnya.
o   Siswa mengurutkan berat kerupuk yang sudah ditimbang dari yang paling ringan sampai paling berat.
o   Siswa membuat tabel sederhana hasil pengukuran berat (mencoba).
o   Siswa memecahkan masalah yang berkaitan dengan berat benda (mencoba).
o   Siswa membacakan syair lagu Kasih Ibu dengan bimbingan guru (mencoba).
o   Siswa menulis teks buku harian tentang kegiatan keluarga dengan EYD yang tepat secara cermat.
o   Siswa membacakan teks buku harian kegiatan keluarga yang telah ditulis.siswa menjelaskan isi teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga.
o   Siswa mempersiapkan bahan dan alat yang akan digunakan untuk membuat karya seni rupa.
o   Siswa menggambar matahari di kertas karton yang sudah disiapkan.
o   Alat dan gambar yang digunakan sesuai dengan kebutuhan siswa.
o   Siswa menuliskan kesannya tentang matahari pada gambar matahari yang sudah dibuatnya.
o   Karya seni itu dapat menjadi hiasan dinding atau hiasan pintu. Oleh karena itu, siswa dapat menghias kartu tersebut

Kegiatan Pengayaan
o   Jika siswa sudah mampu membacakan teks buku harian kegiatan keluarga yang telah ditulis, maka guru memberikan latihan lanjutan yaitu membacakan teks buku harian kegiatan keluarga yang telah ditulis dengan cara berkelompok dan bergantian.
o   Jika siswa sudah mampu membuat tabel sederhana hasil pengukuran berat, maka guru dapat memberikan latihan lanjutan berupa membuat tabel sederhana hasil pengukuran berat dengan data yang berbeda.
o   Jika siswa sudah mampu membentuk karya relief dari bahan lingkungan sekitar yang dipilih, maka guru dapat memberikan latihan dengan menulis cara membuatnya.

Kegiatan Remedial
o   Jika siswa masih kesulitan untuk membacakan teks buku harian kegiatan keluarga yang telah ditulis, maka guru dapat memberikan bimbingan dalam membaca teks buku harian yang lebih intensif dan lancar.
o   Jika siswa masih kesulitan untuk membuat tabel sederhana hasil pengukuran berat, maka guru dapat memberikan bimbingan dalam membuat tabel sederhana hasil pengukuran berat dengan data baru.
o   Jika siswa masih kesulitan untuk membentuk karya relief dari bahan lingkungan sekitar yang dipilih, maka guru dapat memberikan latihan membentuk karya relief dari bahan lingkungan sekitar yang dipilih.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.      Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.      Melakukan penilaian hasil belajar
3.      Melakukan repleksi
4.      Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.      Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E. Penilaian :
1.      Teknik Penilaian.
a.       Penilaian sikap: Percaya diri dan teliti
b.      Penilaian pengetahuan: Daftar periksa dan skor
c.       Unjuk kerja: Menulis cerita narasi dan menirukan gerakan bermain.

2.      Jenis penilaian:  a.  Observasi
                                  b.  Tertulis,lisan
                                  c . Praktek,projek

3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;



INSTRUMEN PENILAIAN
1.        Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Percaya Diri
Teliti
Santun
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4












































































































































































































































































































































































































































































































































































































Ket:
BT            : Belum terlihat
MT           : Mulai Terlihat
MB           : Mulai Berkembang
SM           : Sudah Membudaya

2. Penilaian Pengetahuan
Instrumen penilaian: tes tertulis (uraian dan isian).
Tes Tertulis: Skor
a. Mengukur berat beberapa benda dengan menggunakan satuan baku ons dan kg.
Banyak soal: 3 soal
Kunci Jawaban:
1.    Ikan asin seberat 250 gram.
2.    Ikan asin seberat 3 ons.
3.    Ikan asin seberat 4 ons.

3. Penilaian Keterampilan
a. Penilaian : Unjuk Kerja
Memecahkan masalah yang berkaitan dengan berat benda
No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Kemampuan
Memecahkan
masalah yang berkaitan
dengan
panjang/jarak
Siswa mampu
memecahkan
keseluruhan
masalah yang
berkaitan
dengan panjang/
jarak
Siswa mampu
memecahkan
sebagian besar
masalah yang
berkaitan
dengan panjang/
jarak
Siswa mampu
memecahkan
sebagian kecil
masalah yang
berkaitan
dengan panjang/
jarak
Siswa belum
mampu
memecahkan
masalah yang
berkaitan
dengan panjang/
jarak

Ketepatan
Memecahkan
masalah yang
berkaitan
dengan
panjang/jarak
Siswa
memecahkan
keseluruhan
masalah yang
berkaitan
dengan panjang/
jarak dengan
tepat
Siswa
memecahkan
sebagian besar
masalah yang
berkaitan
dengan panjang/
jarak dengan
tepat
Siswa
memecahkan
sebagian kecil
masalah yang
berkaitan
dengan panjang/
jarak dengan
tepat
Siswa
belum tepat
memecahkan
masalah yang
berkaitan
dengan panjang/
jarak

b. Penilaian : Unjuk Kerja
Membuat tabel sederhana hasil pengukuran berat
No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Kemampuan
membuat tabel sederhana
tentang berat
Siswa mampu
Membuat keseluruhan tabel sederhana tentang berat

Siswa mampu
membuat
sebagian besar
tabel sederhana
tentang berat
Siswa mampu
membuat
sebagian kecil
tabel sederhana
tentang berat
Siswa belum
mampu
membuat tabel
sederhana
tentang berat

Ketepatan
membuat tabel
sederhana
tentang berat
Siswa membuat
keseluruhan
tabel sederhana
tentang berat
Siswa membuat
sebagian besar
tabel sederhana
tentang berat
Siswa membuat
sebagian kecil
tabel sederhana
tentang berat
Siswa belum
tepat tabel
sederhana
tentang berat

c. Penilaian : Unjuk Kerja
Menulis teks buku harian tentang kegiatan keluarga dengan EYD yang tepat

No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Kesesuaian isi dengan judul
atau tema
Seluruh isi
karangan sesuai
judul atau tema
Setengan
atau lebih isi
karangan sesuai
judul atau tema
Kurang dari
setengah isi
karangan sesuai judul atau tema
Seluruh isi
karangan belum
sesuai

Keruntutan
cerita
Seluruh kegiatan
tersusun dengan
runtut
Setengah
atau lebih
isi karangan
tersusun runtut
Kurang dari
setengah isi
karangan
tersusun runtut
Seluruh isi
karagan belum
runtut

Ketepatan ejaan
Seluruh tulisan
menggunakan
ejaan yang tepat
Setengah atau
lebih tulisan
menggunakan
ejaan yang tepat
Kurang dari
setengah tulisan
menggunakan
ejaan yang tepat
Seluruh
tulisan belum
menggunakan
ejaan yang tepat

d. Penilaian : Unjuk Kerja
Membacakan teks buku harian kegiatan keluarga yang telah ditulis
No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Kemampuan
Membaca Teks
Siswa mampu
membaca
keseluruhan teks
Siswa mampu
membaca
sebagian besar
teks
Siswa mampu
membaca
sebbagian kecil teks
Siswa belum
Mampu membaca teks

Pemahaman Isi teks
Mampu
menjawab
semuapertanyaan yang diajukan
Mampu menjawab
sebagian besar
pertanyaan yang
diajukan
Mampu menjawab
sebagian kecil
teks
Belum mampu
menjawab
semua
pertanyaan yang
diajukan

e. Penilaian : Unjuk Kerja
Membentuk Kartu Kesan tentang Matahari
No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Warna dan
Bentuk
Semua komposisi
warna dan
bentuk harmonis
Sebagian besar
komposisi warna dan bentuk harmonis
Sedikit komposisi
warna dan
bentuk yang
harmonis
Tidak ada
keharmonisan
warna dan
bentuk

Keindahan karya yang dihasilkan
Karya yang
dihasilkan
menimbulkan
kesan rasa
sangat kagum
Karya yang
dihasilkan
menimbulkan
kesan rasa
kagum
Karya yang
dihasilkan
menimbulkan
kesan kurang
enak dilihat
Karya yang
dihasilkan
menimbulkan
kesan tidak enak
dilihat

Kebersihan
Karya terlihat
sangat bersih
Karya terlihat
bersih
Karya terlihat
kurang bersih
Karya terlihat
tidak bersih

F. Sumber dan Media
1.    Teks lagu “Kasih Ibu.
2.    Gambar matahari menyinari bumi.
3.    Gambar ibu menggendong bayi.
4.    Berbagai gambar tentang manfaat sinar matahari.
5.    Berbagai gambar tentang pengukuran berat.
6.    Gambar timbangan dan kerupuk mentah




Mengetahui,                                                                        Tijue, 18 Februari 2016
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas II,




PARIANTI, S.Pd                                                             ANITA, S.Pd
NIP. 19690318 199504 2 001                                           NIP. 19690929 199311 2 001



Hasil Penilaian pengamatan
No
Nama Siswa
Kriteria
Kriteria
Terlihat
Belum Terlihat
Terlihat
Belum Terlihat























































































































































































































































































Lembar Kerja Siswa
(LKS)



Amatilah gambar-gambar berikut dengan rasa ingin tahu!
Tuliskan kalimat yang sesuai di bawah gambar!







Tuliskan manfaat sinar matahari di sekitarmu!
..........................................................................................................
.......................................................................................................... 

..........................................................................................................
..........................................................................................................
..........................................................................................................

MEDIA
TEMA 6 KELAS 2 SUB 3 PB 3
 
 


Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors