RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester :
2/II
Tema 6 :
Air, Bumi dan Matahari
Sub Tema 3/ Pembelajaran : Matahari/ 4
Alokasi Waktu :
1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang
jelas dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan
beraklak mulia.
B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) PPKn
1.2
Menerima kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan
rumah dan sekolah.
2.3 Menunjukkan
perilaku toleran terhadap keberagaman karakteristik individu, dalam kehidupan beragama,
suku, fisik, dan psikis di rumah dan sekolah.
3.2 Memahami tata
tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan
sekolah.
4.2 Melaksanakan
tata tertib dan aturan di lingkungan keluarga dan sekolah
3.2.6
Mengidentifikasi berbagai aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di sekolah.
4.2.3 Melaksanakan
tata tertib di lingkungan sekolah
b) Bahasa Indonesia
1.2
Menerima keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas keberadaan keluarga serta penciptaan
hewan dan tumbuhan
2.3
Memiliki rasa percaya diri dan tanggung jawab terhadap keberadaan anggota
keluarga dan dokumen milik keluarga melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/ atau
bahasa daerah.
3.1
Mengenal teks laporan sederhana tentang alam sekitar, hewan, dan tumbuhan serta
jumlahnya dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis
yang dapat diisi dengan kosa kata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.1 Mengamati
dan mencoba menyajikan teks laporan sederhana tentang alam sekitar, hewan,
tumbuhan serta jumlahnya secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis
yang dapat diisi dengan kosa kata bahasa daerah untuk membantu penyajian.Indikator
3.1.3
Mencatat hasil pengamatan tentang alam sekitar.
4.1.2
Membacakan laporan sederhana hasil pengamatan alam sekitar dengan lafal dan
intonasi yang jelas
c) SBdP
1.1
Menikmati keindahan alam dan karya seni sebagai salah satu tandatanda kekuasaan
Tuhan.
2.2 Menunjukkan
rasa ingin tahu untuk mengenal alam di lingkungan sekitar sebagai sumber ide
dalam berkarya seni
3.1 Mengenal bahan
dan alat serta tekniknya dalam membuat karya seni rupa.
4.1 Menggambar
ekspresi dengan mengolah garis, warna, bentuk dan tekstur berdasarkan hasil pengamatan
di lingkungan sekitar.
3.1.3 Menjelaskan
teknik membuat karya seni rupa.
4.1.5 Menggambar
ekspresi dari objek gambar lingkungan sekitar.
C. Deskripsi Materi
Pembelajaran :
- Mengidentifikasi berbagai aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di sekolah.
- Melaksanakan tata tertib di lingkungan sekolah.
- Mencatat hasil pengamatan tentang alam sekitar.
- Membacakan laporan sederhana hasil pengamatan alam sekitar dengan lafal dan intonasi yang jelas.
- Menggambar ekspresi.
- Menentukan bahan dan alat dalam membuat karya seni.
D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4. Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa
kelompok
6. Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran
yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7. Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan
yaitu tentang “Air, Bumi dan Matahari”.
8. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9. Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa
secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang
merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Siswa dibagi
dalam beberapa kelompok, setiap kelompok terdiri atas 4 sampai 5 siswa
(mencoba).
o
Siswa mengamati
keadaaan siang hari di luar kelas (mengamati).
o
Siswa bertanya
jawab mengenai keadaan malam hari (menanya).
o
Siswa menulis
cara kerja percobaan siang malam yang akan dilakukan (mencoba).
o
Siswa melakukan
percobaan terjadinya siang dan malam (mencoba).
o
Siswa
menggambarkan rancangan percobaan siang malam yang dilakukan (mencoba).
o
Siswa mencatat
hasil pengamatan yang dilakukan (mencoba). siswa membuat kesimpulan dari
hasil pengamatan terhadap percobaan siang dan malamyang dilakukan (mencoba).
o
Siswa
berdiskusi menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan percobaan siang dan
malam yang dilakukan (mencoba).
o
Siswa
menuliskan hasil diskusi dari menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan
percobaan siang dan malam yang dilakukan
o
Setiap
kelompok membacakan hasil diskusinya dengan diwakili salah satu anggota
kelompok.(mengomunikasikan)
o
Kelompok
yang lain menanggapi hasil diskusi kelompok yang sedang maju.
o
Siswa
menentukan peralatan dan bahan yang akan digunakan untuk membuat karya seni
rupa.
o
Berdasarkan
gambar matahari terbenam, siswa menggambar pemandangan matahari terbenam.
Kegiatan Pengayaan
o
Jika siswa sudah
mampu membentuk karya relief dari bahan lingkungan sekitar yang dipilih, maka
guru dapat memberikan latihan dengan menulis cara membuatnya.
o
Jika siswa sudah
mampu membacakan laporan sederhana hasil pengamatan alam sekitar dengan lafal
dan intonasi yang jelas, maka guru memberikan latihan lanjutan yaitu membacakan
laporan sederhana hasil pengamatan alam sekitar dengan cara berkelompok dan
bergantian.
o
Jika siswa sudah
mampu melaksanakan tata tertib di lingkungan sekolah, maka guru dapat
memberikan penugasan berupa menulis tata tertib di lingkungan sekolah yang
telah dipatuhi.
Kegiatan Remedial
o
Jika siswa masih
kesulitan untuk membentuk karya relief dari bahan lingkungan sekitar yang
dipilih, maka guru dapat memberikan latihan membentuk karya relief dari bahan
lingkungan sekitar yang dipilih.
o
Jika siswa masih
kesulitan untuk membacakan laporan sederhana hasil pengamatan alam sekitar
dengan lafal dan intonasi yang jelas, maka guru dapat memberikan bimbingan dalam membaca laporan sederhana hasil
pengamatan alam sekitar yang lebih intensif dan lancar.
o
Jika
siswa masih kesulitan untuk melaksanakan tata tertib di lingkungan sekolah,
maka guru dapat memberikan bimbingan dalam melaksanakan tata tertib di
lingkungan sekolah yang lebih intensif.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1.
Bersama-sama
dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.
Melakukan
penilaian hasil belajar
3.
Melakukan
repleksi
4.
Menyampaikan
pesan moral/belajar.
5.
Menutup
dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E. Penilaian :
1.
Teknik Penilaian.
a. Penilaian sikap: Percaya diri dan teliti
b. Penilaian pengetahuan: Daftar periksa dan skor
c. Unjuk kerja: Menulis cerita narasi dan menirukan
gerakan bermain.
2.
Jenis
penilaian: a. Observasi
b. Tertulis,lisan
c
. Praktek,projek
3. Instrumen Penilaian
4. Rubrik dan Penskoran Nilai;
INSTRUMEN
PENILAIAN
1.
Penilaian Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||
Percaya Diri
|
Teliti
|
Santun
|
|||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ket:
BT : Belum terlihat
MT : Mulai Terlihat
MB : Mulai Berkembang
SM : Sudah Membudaya
2.
Penilaian Pengetahuan
Instrumen penilaian:
tes tertulis (uraian dan isian).
Tes Tertulis: Skor
a. Mencatat hasil
pengamatan tentang alam sekitar.
Banyak soal: 2 soal
Kunci Jawaban:
1) Karena pengaruh
cahaya matahari.
2) Bumi akan gelap
3.
Penilaian Keterampilan
a. Penilaian : Lembar Observasi/Pengamatan
Melaksanakan tata tertib di lingkungan sekolah
No
|
|
Terlihat (√)
|
Belum Terlihat (√)
|
1.
|
Siswa mampu melaksanakan tata
tertib berjalan hati-hati di sekolah
|
|
|
2.
|
Siswa
mampu melaksanakan tata tertib memperhatikan
benda-benda di sekitar sekolah
saat berjalan
|
|
|
|
Siswa mengungkapkan perasaan dan pendapatnya setelah menunjukkan sikap
melaksanakan tata tertib di lignkungan
sekolah
|
|
|
b.
Penilaian: Unjuk Kerja
Menggambar berdasarkan Objek yang Diamati
No
|
Kriteria
|
Baik
sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Komposisi
warna dan
bentuk
|
Semua
komposisi
warna
dan bentuk
menunjukkan
keharmonisan
|
Sebagian besar
komposisi warna dan bentuk
menunjukkan
keharmonisan
|
Sebagian kecil
komposisi warna dan bentuk
menunjukkan
keharmonisan
|
Tidak ada
keharmonisan
komposisi warna
dan bentuk
|
|
Keindahan
karya
yang
dihasilkan
|
Karya yang
dihasilkan
menimbulkan
kesan rasa
sangat kagum
|
Karya yang
dihasilkan
menimbulkan
kesan rasa
kagum
|
Karya yang
dihasilkan
menimbulkan
kesan kurang
enak dilihat
|
Karya yang
dihasilkan
menimbulkan
kesan tidak enak
dilihat
|
|
Kebersihan
|
Karya terlihat
sangat bersih
|
Karya terlihat
bersih
|
Karya terlihat
kurang bersih
|
Karya terlihat
tidak bersih
|
c.
Penilaian: Unjuk Kerja
Membacakan
laporan sederhana hasil pengamatan alam sekitar dengan lafal dan
intonasi yang jelas
No
|
Kriteria
|
Baik
sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Kemampuan
Membaca Teks
|
Siswa mampu
membaca
keseluruhan teks
|
Siswa mampu
membaca
sebagian besar
teks
|
Siswa
mampu
membaca
sebbagian
kecil teks
|
Siswa belum
mampu
membaca teks
|
|
Pemahaman Isi teks
|
Mampu
menjawab
semua pertanyaan yang
diajukan
|
Mampu
menjawab
sebagian besar
pertanyaan yang
diajukan
|
Mampu
menjawab
sebagian kecil
teks
|
Belum mampu
menjawab
semua
pertanyaan yang
diajukan
|
F. Sumber
dan Media
1.
Globe dan senter.
2.
Gambar globe dan senter
Mengetahui, Tijue,
19 Februari 2016
Kepala SD Negeri
2 Tijue
Guru Kelas II,
PARIANTI, S.Pd ANITA, S.Pd
NIP. 19690318 199504 2 001 NIP. 19690929
199311 2 001
Hasil Penilaian pengamatan
No
|
Nama Siswa
|
Kriteria
|
Kriteria
|
||
Terlihat
|
Belum Terlihat
|
Terlihat
|
Belum Terlihat
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Lembar
Kerja Siswa
(LKS)
Sekarang kamu akan merancang percobaanmu sendiri.
Tujuan dari percobaan ini adalah mengamati proses
terjadinya siang dan malam di bumi.
Bahan dan alat yang kamu butuhkan adalah globe dan
senter.
Bekerjalah dalam kelompok.
Bersama kelompokmu, rancanglah sebuah rencana percobaan
sederhana.
Tuliskan cara kerjanya di bawah ini.
....................................................................................................
.....................................................................................................
.....................................................................................................
.....................................................................................................
..................................................................................................... .....................................................................................................
MEDIA
TEMA 6 KELAS 2 SUB 3 PB 1
TEMA 6 KELAS 2 SUB 3 PB 2
TEMA 6 KELAS 2 SUB 3 PB 3
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment