Home » » TEMA 6 KELAS 2 SUB 3 PB 4

TEMA 6 KELAS 2 SUB 3 PB 4

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Thursday 12 January 2017



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Satuan Pendidikan                 : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                      : 2/II
Tema 6                                  : Air, Bumi dan Matahari
Sub Tema 3/ Pembelajaran     : Matahari/ 4
Alokasi Waktu                       : 1 Hari


A. Kompetensi Inti :
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) PPKn
1.2 Menerima kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
2.3 Menunjukkan perilaku toleran terhadap keberagaman karakteristik individu, dalam kehidupan beragama, suku, fisik, dan psikis di rumah dan sekolah.
3.2 Memahami tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah.
4.2 Melaksanakan tata tertib dan aturan di lingkungan keluarga dan sekolah
3.2.6 Mengidentifikasi berbagai aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di sekolah.
4.2.3 Melaksanakan tata tertib di lingkungan sekolah

b) Bahasa Indonesia
1.2 Menerima keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas keberadaan keluarga serta penciptaan hewan dan tumbuhan
2.3 Memiliki rasa percaya diri dan tanggung jawab terhadap keberadaan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/ atau bahasa daerah.
3.1 Mengenal teks laporan sederhana tentang alam sekitar, hewan, dan tumbuhan serta jumlahnya dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosa kata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.1 Mengamati dan mencoba menyajikan teks laporan sederhana tentang alam sekitar, hewan, tumbuhan serta jumlahnya secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosa kata bahasa daerah untuk membantu penyajian.Indikator
3.1.3 Mencatat hasil pengamatan tentang alam sekitar.
4.1.2 Membacakan laporan sederhana hasil pengamatan alam sekitar dengan lafal dan intonasi yang jelas

c) SBdP
1.1 Menikmati keindahan alam dan karya seni sebagai salah satu tandatanda kekuasaan Tuhan.
2.2 Menunjukkan rasa ingin tahu untuk mengenal alam di lingkungan sekitar sebagai sumber ide dalam berkarya seni
3.1 Mengenal bahan dan alat serta tekniknya dalam membuat karya seni rupa.
4.1 Menggambar ekspresi dengan mengolah garis, warna, bentuk dan tekstur berdasarkan hasil pengamatan di lingkungan sekitar.
3.1.3 Menjelaskan teknik membuat karya seni rupa.
4.1.5 Menggambar ekspresi dari objek gambar lingkungan sekitar.

C. Deskripsi Materi Pembelajaran :
  1. Mengidentifikasi berbagai aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di sekolah.
  2. Melaksanakan tata tertib di lingkungan sekolah.
  3. Mencatat hasil pengamatan tentang alam sekitar.
  4. Membacakan laporan sederhana hasil pengamatan alam sekitar dengan lafal dan intonasi yang jelas.
  5. Menggambar ekspresi.
  6. Menentukan bahan dan alat dalam membuat karya seni.
D. Kegiatan Pembelajaran :
 Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Air, Bumi dan Matahari”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.      Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Siswa dibagi dalam beberapa kelompok, setiap kelompok terdiri atas 4 sampai 5 siswa (mencoba).
o   Siswa mengamati keadaaan siang hari di luar kelas (mengamati).
o   Siswa bertanya jawab mengenai keadaan malam hari (menanya).
o   Siswa menulis cara kerja percobaan siang malam yang akan dilakukan (mencoba).
o   Siswa melakukan percobaan terjadinya siang dan malam (mencoba).
o   Siswa menggambarkan rancangan percobaan siang malam yang dilakukan (mencoba).
o   Siswa mencatat hasil pengamatan yang dilakukan (mencoba). siswa membuat kesimpulan dari hasil pengamatan terhadap percobaan siang dan malamyang dilakukan (mencoba).
o   Siswa berdiskusi menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan percobaan siang dan malam yang dilakukan (mencoba).
o   Siswa menuliskan hasil diskusi dari menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan percobaan siang dan malam yang dilakukan
o   Setiap kelompok membacakan hasil diskusinya dengan diwakili salah satu anggota kelompok.(mengomunikasikan)
o   Kelompok yang lain menanggapi hasil diskusi kelompok yang sedang maju.
o   Siswa menentukan peralatan dan bahan yang akan digunakan untuk membuat karya seni rupa.
o   Berdasarkan gambar matahari terbenam, siswa menggambar pemandangan matahari terbenam.

Kegiatan Pengayaan
o   Jika siswa sudah mampu membentuk karya relief dari bahan lingkungan sekitar yang dipilih, maka guru dapat memberikan latihan dengan menulis cara membuatnya.
o   Jika siswa sudah mampu membacakan laporan sederhana hasil pengamatan alam sekitar dengan lafal dan intonasi yang jelas, maka guru memberikan latihan lanjutan yaitu membacakan laporan sederhana hasil pengamatan alam sekitar dengan cara berkelompok dan bergantian.
o   Jika siswa sudah mampu melaksanakan tata tertib di lingkungan sekolah, maka guru dapat memberikan penugasan berupa menulis tata tertib di lingkungan sekolah yang telah dipatuhi.

Kegiatan Remedial
o   Jika siswa masih kesulitan untuk membentuk karya relief dari bahan lingkungan sekitar yang dipilih, maka guru dapat memberikan latihan membentuk karya relief dari bahan lingkungan sekitar yang dipilih.
o   Jika siswa masih kesulitan untuk membacakan laporan sederhana hasil pengamatan alam sekitar dengan lafal dan intonasi yang jelas, maka guru dapat memberikan bimbingan dalam membaca laporan sederhana hasil pengamatan alam sekitar yang lebih intensif dan lancar.
o   Jika siswa masih kesulitan untuk melaksanakan tata tertib di lingkungan sekolah, maka guru dapat memberikan bimbingan dalam melaksanakan tata tertib di lingkungan sekolah yang lebih intensif.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.      Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.      Melakukan penilaian hasil belajar
3.      Melakukan repleksi
4.      Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.      Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E. Penilaian :
1.      Teknik Penilaian.
a.       Penilaian sikap: Percaya diri dan teliti
b.      Penilaian pengetahuan: Daftar periksa dan skor
c.       Unjuk kerja: Menulis cerita narasi dan menirukan gerakan bermain.

2.      Jenis penilaian:  a.  Observasi
                                  b.  Tertulis,lisan
                                  c . Praktek,projek

3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;



INSTRUMEN PENILAIAN
1.        Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Percaya Diri
Teliti
Santun
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4












































































































































































































































































































































































































































































































































































































Ket:
BT            : Belum terlihat
MT           : Mulai Terlihat
MB           : Mulai Berkembang
SM           : Sudah Membudaya

2. Penilaian Pengetahuan
Instrumen penilaian: tes tertulis (uraian dan isian).
Tes Tertulis: Skor
a. Mencatat hasil pengamatan tentang alam sekitar.
Banyak soal: 2 soal
Kunci Jawaban:
1) Karena pengaruh cahaya matahari.
2) Bumi akan gelap

3. Penilaian Keterampilan
a. Penilaian : Lembar Observasi/Pengamatan
Melaksanakan tata tertib di lingkungan sekolah
No

Terlihat (√)
Belum Terlihat (√)
1.
Siswa mampu melaksanakan tata tertib berjalan hati-hati di sekolah


2.
Siswa mampu melaksanakan tata tertib memperhatikan benda-benda di sekitar sekolah saat berjalan



Siswa mengungkapkan perasaan dan pendapatnya setelah menunjukkan sikap melaksanakan tata tertib di lignkungan
sekolah



b. Penilaian: Unjuk Kerja
Menggambar berdasarkan Objek yang Diamati
No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Komposisi
warna dan
bentuk
Semua
komposisi warna
dan bentuk
menunjukkan
keharmonisan
Sebagian besar
komposisi warna dan bentuk
menunjukkan
keharmonisan
Sebagian kecil
komposisi warna dan bentuk
menunjukkan
keharmonisan
Tidak ada
keharmonisan
komposisi warna
dan bentuk

Keindahan karya
yang dihasilkan
Karya yang
dihasilkan
menimbulkan
kesan rasa
sangat kagum

Karya yang
dihasilkan
menimbulkan
kesan rasa
kagum
Karya yang
dihasilkan
menimbulkan
kesan kurang
enak dilihat
Karya yang
dihasilkan
menimbulkan
kesan tidak enak
dilihat

Kebersihan
Karya terlihat
sangat bersih
Karya terlihat
bersih
Karya terlihat
kurang bersih
Karya terlihat
tidak bersih

c. Penilaian: Unjuk Kerja
Membacakan laporan sederhana hasil pengamatan alam sekitar dengan lafal dan
intonasi yang jelas
No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Kemampuan
Membaca Teks
Siswa mampu
membaca
keseluruhan teks
Siswa mampu
membaca
sebagian besar
teks
Siswa mampu
membaca
sebbagian kecil teks
Siswa belum
mampu
membaca teks

Pemahaman Isi teks
Mampu
menjawab
semua pertanyaan yang
diajukan
Mampu
menjawab
sebagian besar
pertanyaan yang
diajukan
Mampu
menjawab
sebagian kecil
teks
Belum mampu
menjawab
semua
pertanyaan yang
diajukan

F. Sumber dan Media
1.    Globe dan senter.
2.    Gambar globe dan senter




Mengetahui,                                                                        Tijue, 19 Februari 2016
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas II,




PARIANTI, S.Pd                                                             ANITA, S.Pd
NIP. 19690318 199504 2 001                                           NIP. 19690929 199311 2 001



Hasil Penilaian pengamatan
No
Nama Siswa
Kriteria
Kriteria
Terlihat
Belum Terlihat
Terlihat
Belum Terlihat























































































































































































































































































Lembar Kerja Siswa
(LKS)

Sekarang kamu akan merancang percobaanmu sendiri.
Tujuan dari percobaan ini adalah mengamati proses
terjadinya siang dan malam di bumi.
Bahan dan alat yang kamu butuhkan adalah globe dan
senter.
Bekerjalah dalam kelompok.
Bersama kelompokmu, rancanglah sebuah rencana percobaan sederhana.

Tuliskan cara kerjanya di bawah ini.

....................................................................................................
..................................................................................................... 
..................................................................................................... 
..................................................................................................... 
..................................................................................................... .....................................................................................................




 

MEDIA
TEMA 6 KELAS 2 SUB 3 PB 4
 
TEMA 6 KELAS 2 SUB 3 PB 1
TEMA 6 KELAS 2 SUB 3 PB 2
TEMA 6 KELAS 2 SUB 3 PB 3

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors