Home » » TEMA 6 KELAS 2 SUB 3 PB 5

TEMA 6 KELAS 2 SUB 3 PB 5

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Thursday 12 January 2017



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Satuan Pendidikan                 : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                      : 2/II
Tema 6                                  : Air, Bumi dan Matahari
Sub Tema 3/ Pembelajaran     : Matahari/ 5
Alokasi Waktu                       : 1 Hari


A. Kompetensi Inti :
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) PPKn
1.2 Menerima kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
2.3 Menunjukkan perilaku toleran terhadap keberagaman karakteristik individu, dalam kehidupan beragama, suku, fisik, dan psikis di rumah dan sekolah.
3.2 Memahami tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah.
4.2 Melaksanakan tata tertib dan aturan di lingkungan keluarga dan sekolahIndikator
3.2.6 Mengidentifikasi berbagai aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di sekolah.
4.2.4 Melaksanakan aturan di lingkungan sekolah.

b) Bahasa Indonesia
1.2 Menerima keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas keberadaan keluarga serta penciptaan hewan dan tumbuhan
2.3 Memiliki rasa percaya diri dan tanggung jawab terhadap keberadaan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/ atau bahasa daerah.
3.1 Mengenal teks laporan sederhana tentang alam sekitar, hewan, dan tumbuhan serta jumlahnya dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosa kata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.1.1 Mengidentifikasi teks laporan sederhana tentang alam sekitar.
4.1 Mengamati dan mencoba menyajikan teks laporan sederhana tentang alam sekitar, hewan, tumbuhan serta jumlahnya secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosa kata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
4.1.1 Menulis laporan sederhana tentang hasil pengamatan alam sekitar.

c) PJOK
1.1 Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan.
2.2 Bertanggung jawab terhadap keselamatan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran.
3.8 Memahami cara menjaga kebersihan kelas (seperti piket membersihkan lingkungan kelas, papan tulis dan lingkungan sekolah/halaman sekolah).
3.10.4 Mengelompokkan kegiatan yang boleh dilakukan setelah melakukan aktivitas fisik
4.8 Mempraktikkan cara menjaga kebersihan kelas (seperti piket membersihkan lingkungan kelas, papan tulis dan lingkungan sekolah/ halaman sekolah).
4.10.3 Menceritakan kegiatan yang boleh dilakukan setelah melakukan aktivitas fisik

C. Deskripsi Materi Pembelajaran :

  1. Mengidentifikasi berbagai aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di sekolah.
  2. Melaksanakan aturan di lingkungan sekolah.
  3. Menulis laporan sederhana tentang hasil pengamatan alam sekitar.
  4. Mengidentifikasi teks laporan sederhana tentang alam sekitar
  5. Mengelompokkan kegiatan yang boleh dilakukan setelah melakukan aktivitas fisik.
  6. Menceritakan kegiatan yang boleh dilakukan setelah melakukan aktivitas fisik.
  7. Melakukan gerakan pemanasan dan pendinginan.

D. Kegiatan Pembelajaran :
 Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Air, Bumi dan Matahari”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.      Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Pada awal pembelajaran, siswa di arahkan untuk mengamati gambar siang dan malam.
o   Bertanya jawab tentang aturan yang berlaku di alam (menanya).
o   Siswa mengamati gambar orang-orang yang bersiap ke kantor, belanja, sekolah, semua melihat ke matahari sambil memicingkan mata: sedang gerhana matahari (mengamati).
o   Siswa bertanya jawab tentang gambar yang telah diamati (menanya)
o   Siswa diarahkan guru mengamati gambar gerhana matahari (mengamati).
o   Siswa melakukan percobaam tentang membuat gerhana matahari (mencoba).
o   Siswa menyediakan alat dan bahan yaitu: senter, globe, bola pinpong, dan kawat yang bisa ditegakkan (mencoba).
o   Siswa melakukan percobaan sesuai dengan petunjuk yang diberikan guru (mencoba).
o   Siswa mengidentifikasi berbagai aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di sekolah (menalar).
o   Siswa melaksanakan aturan di lingkungan sekolah saat melakukan percobaan (mencoba).
o   Siswa duduk berkelompok.
o   Siswa mendiskusikan pertanyaan yang berkaitan dengan percobaan (mengomunikasikan).
o   Siswa menulis hasil diskusinya di kolom yang sudah disediakan (mencoba).
o   Siswa diarahkan guru untuk membaca teks tentang “gerhana” dengan teliti.
o   Siswa memperhatikan teks bacaan tentang “Gerhana”(mengamati).
o   Siswa secara bergantian membaca teks ”Gerhana” (mencoba).
o   Siswa diarahkan oleh guru untuk memikirkan beberapa pertanyaan bersama teman sekelasnya.
o   Siswa menjawab pertanyaan tentang teks bacaan (menalar).
o   Siswa diarahkan guru mengamati gambar anak-anak bermain Gerhana.
o   Siswa memperhatikan gambar siswa berkelompok tiga orang tiap kelompok (mengamati).
o   Siswa membuat kelompok seperti pada gambar (mencoba).
o   Siswa mengikuti petunjuk yang disampaikan guru (mencoba).
o   Siswa melakukan aktivitas sesuai dengan petunjuk guru (mencoba).
o   Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan permainan yang telah dilakukan (menalar).
o   Siswa membuat pertanyaan tentang kegiatan yang baru saja mereka lakukan (menanya).
o   Siswa menanyakan pertanyaan yang dibuatnya kepada teman (menanya).
o   Siswa lain diberikan kesempatan untuk menjawab (menalar).
o   Guru memberikan jawaban penguatan.
o   Siswa menjawab pertanyaan pada buku siswa tentang kegiatan yang baru saja dilakukan (menalar ).
o   Siswa mengamati gambar tentang kegiatan yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan setelah melakukan aktivitas fisik (mengamati).
o   Siswa mengisi tabel tentang perbedaan kegiatan yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan setelah melakukan aktivitas fisik (menalar).
o   Setelah mengelompokkan kegitan yang boleh dilakukan setelah melakukan aktivitas fisik, siswa menceritakan kembali kegiatan tersebut (mengomunikasikan)

Kegiatan Pengayaan
o   Jika siswa sudah mampu melakukan percobaan gerhana, guru akan meminta siswa menyorotkan senter dari beberapa sudut untuk melihat perubahan yang terjadi
o   Jika siswa sudah mampu memahami teks bacaan tentang gerhana dan menjawab pertanyaan di Buku Siswa, guru akan memberikan teks tambahan tentang gerhana.

Kegiatan Remedial
o   Guru memberikan bimbingan bagi siswa yang belum mampu melakukan percobaan gerhana.
o   Guru memberikan perbaikan bagi siswa yang belum mampu memahami teks bacaan tentang gerhana dan menjawab pertanyaan di Buku Siswa

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.      Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.      Melakukan penilaian hasil belajar
3.      Melakukan repleksi
4.      Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.      Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E. Penilaian :
1.      Teknik Penilaian.
a.       Penilaian sikap: Percaya diri dan teliti
b.      Penilaian pengetahuan: Daftar periksa dan skor
c.       Unjuk kerja: Menulis cerita narasi dan menirukan gerakan bermain.

2.      Jenis penilaian:  a.  Observasi
                                  b.  Tertulis,lisan
                                  c . Praktek,projek

3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;



INSTRUMEN PENILAIAN
1.        Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Percaya Diri
Teliti
Santun
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4












































































































































































































































































































































































































































































































































































































Ket:
BT            : Belum terlihat
MT           : Mulai Terlihat
MB           : Mulai Berkembang
SM           : Sudah Membudaya

2. Penilaian Pengetahuan
Instrumen penilaian: tes tertulis (uraian dan isian).
Tes Tertulis: Skor
a. Mencatat hasil pengamatan tentang alam sekitar.
Banyak soal: 2 soal
Kunci Jawaban:
1) Pada siang hari
2) Gerhana matahari
b. Menjawab pertanyaan berdasarkan teks gerhana
Banyak soal: 4
Kunci jawaban:
1) Gerhana bulan
2) Gerhana matahari
3) Jangan melihat langsung ke arah matahari. Harus menggunakan pelindung mata
khusus untuk melihat gerhana matahari.

3. Penilaian Keterampilan
a. Penilaian : Unjuk Kerja
Rubrik Penilaian Kemampuan Menceritakan kegiatan yang boleh dilakukan setelah
melakukan aktivitas fisik.
No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Kemampuan
Bercerita
Siswa bercerita
dengan lancar
Setengah
bagian cerita
disampaikan
dengan lancar
Kurang dari
setengah
bagian cerita
disampaikan
dengan lancar
Belum mampu
bercerita

Volume Suara
Terdengar
sampai seluruh
ruang kelas
Terdengar
sampai setengah
ruang kelas
Terdengar hanya
bagian depan
ruang kelas
Suara sangat
pelan atau tidak
terdengar

Melaksanakan aturan di lingkungan sekolah.
Penilaian : Lembar pengamatan/observasi.
No

Terlihat (√)
Belum Terlihat (√)
1.
Melakukan percobaan dengan hati-hati dan
jujur


2.
Melakukan percobaan sesuai aturan dan
instruksi guru


3.
Saling bekerjasama dan menunjukkan
kekompakan dalam melakukan percobaan



c. Penilaian: Unjuk Kerja
Rubrik Penilaian Kemampuan Menulis laporan sederhana tentang hasil pengamatan
alam sekitar.
No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1.
Ketepatan isi
laporan dengan
hasil percobaan
Seluruh isi
laporan sangat
tepat dengan
hasil percobaan.
Setengah atau
lebih isi laporan
tepat dengan
hasil percobaan
Kurang dari
setengah isi
laporan tepat
dengan hasil
percobaan.
Seluruh isi
laporan tidak
tepat dengan
hasil percobaan.
2.
Keruntutan
laporan yang
ditulis
Seluruh kegiatan
tersusun dengan
runtut
Setengah
atau lebih
isi karangan
tersusun runtut
Kurang dari
setengah isi
karangan
tersusun runtut
Seluruh isi
karagan belum
runtut

Ketepatan ejaan
Seluruh tulisan
menggunakan
ejaan yang tepat
Setengah atau
lebih tulisan
menggunakan
ejaan yang tepat
Kurang dari
setengah tulisan
menggunakan
ejaan yang tepat
Seluruh
tulisan belum
menggunakan
ejaan yang tepat

F. Sumber dan Media
1.    Gambar siang dan malam.
2.    Gambar orang-orang yang bersiap ke kantor, belanja, sekolah, semua melihat ke arah matahari sambil memicingkan mata: sedang gerhana matahari.
3.    Globe, senter, bola pimpong, dan kawat yang bisa ditegakan.
4.    Gambar gerhana matahari.
5.    Teks bacaan tentang “Gerhana”.
6.    Gambar siswa berkelompok tiga orang tiap kelompok.
7.    Gambar kegiatan yang boleh dan tidak boleh melakukan aktivitas fisik



Mengetahui,                                                                        Tijue, 22 Februari 2016
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas II,




PARIANTI, S.Pd                                                             YUSLINA, S.Pd
NIP. 19690318 199504 2 001                                           NIP. 19611124 198309 2 001





Hasil Penilaian pengamatan
No
Nama Siswa
Kriteria
Kriteria
Terlihat
Belum Terlihat
Terlihat
Belum Terlihat























































































































































































































































































Lembar Kerja Siswa
(LKS)



Lakukan percobaan seperti gambar berikut.

TEMA 6 KELAS 2 SUB 3 PB 5



Tuliskanlah hasil percobaan kelompokmu di bawah ini.

........................................................................................................................................................ 
........................................................................................................................................................  
........................................................................................................................................................  
........................................................................................................................................................ 
........................................................................................................................................................   

........................................................................................................................................................ 
........................................................................................................................................................  
........................................................................................................................................................  
........................................................................................................................................................ 
........................................................................................................................................................



MEDIA

TEMA 6 KELAS 2 SUB 3 PB 5
Kenampakan Alam Siang Hari

TEMA 6 KELAS 2 SUB 3 PB 5
Kenampakan Alam Malam Hari
 

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors