RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester :
2/II
Tema 6 :
Air, Bumi dan Matahari
Sub Tema 3/ Pembelajaran : Matahari/ 5
Alokasi Waktu :
1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang
jelas dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan
beraklak mulia.
B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) PPKn
1.2
Menerima kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan
rumah dan sekolah.
2.3 Menunjukkan
perilaku toleran terhadap keberagaman karakteristik individu, dalam kehidupan beragama,
suku, fisik, dan psikis di rumah dan sekolah.
3.2
Memahami tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
dan sekolah.
4.2 Melaksanakan
tata tertib dan aturan di lingkungan keluarga dan sekolahIndikator
3.2.6
Mengidentifikasi berbagai aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di sekolah.
4.2.4
Melaksanakan aturan di lingkungan sekolah.
b) Bahasa Indonesia
1.2
Menerima keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas keberadaan keluarga serta penciptaan
hewan dan tumbuhan
2.3
Memiliki rasa percaya diri dan tanggung jawab terhadap keberadaan anggota
keluarga dan dokumen milik keluarga melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/ atau
bahasa daerah.
3.1
Mengenal teks laporan sederhana tentang alam sekitar, hewan, dan tumbuhan serta
jumlahnya dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis
yang dapat diisi dengan kosa kata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.1.1
Mengidentifikasi teks laporan sederhana tentang alam sekitar.
4.1
Mengamati dan mencoba menyajikan teks laporan sederhana tentang alam sekitar,
hewan, tumbuhan serta jumlahnya secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan
tulis yang dapat diisi dengan kosa kata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
4.1.1
Menulis laporan sederhana tentang hasil pengamatan alam sekitar.
c) PJOK
1.1
Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai
anugrah Tuhan.
2.2
Bertanggung jawab terhadap keselamatan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan
sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran.
3.8
Memahami cara menjaga kebersihan kelas (seperti piket membersihkan lingkungan
kelas, papan tulis dan lingkungan sekolah/halaman sekolah).
3.10.4
Mengelompokkan kegiatan yang boleh dilakukan setelah melakukan aktivitas fisik
4.8
Mempraktikkan cara menjaga kebersihan kelas (seperti piket membersihkan
lingkungan kelas, papan tulis dan lingkungan sekolah/ halaman sekolah).
4.10.3
Menceritakan kegiatan yang boleh dilakukan setelah melakukan aktivitas fisik
C. Deskripsi Materi
Pembelajaran :
- Mengidentifikasi berbagai aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di sekolah.
- Melaksanakan aturan di lingkungan sekolah.
- Menulis laporan sederhana tentang hasil pengamatan alam sekitar.
- Mengidentifikasi teks laporan sederhana tentang alam sekitar
- Mengelompokkan kegiatan yang boleh dilakukan setelah melakukan aktivitas fisik.
- Menceritakan kegiatan yang boleh dilakukan setelah melakukan aktivitas fisik.
- Melakukan gerakan pemanasan dan pendinginan.
D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4. Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa
kelompok
6. Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran
yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7. Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan
yaitu tentang “Air, Bumi dan Matahari”.
8. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9. Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa
secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang
merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Pada awal
pembelajaran, siswa di arahkan untuk mengamati gambar siang dan malam.
o
Bertanya jawab
tentang aturan yang berlaku di alam (menanya).
o
Siswa mengamati
gambar orang-orang yang bersiap ke kantor, belanja, sekolah, semua melihat ke
matahari sambil memicingkan mata: sedang gerhana matahari (mengamati).
o
Siswa bertanya
jawab tentang gambar yang telah diamati (menanya)
o
Siswa diarahkan
guru mengamati gambar gerhana matahari (mengamati).
o
Siswa melakukan
percobaam tentang membuat gerhana matahari (mencoba).
o
Siswa menyediakan
alat dan bahan yaitu: senter, globe, bola pinpong, dan kawat yang bisa
ditegakkan (mencoba).
o
Siswa melakukan
percobaan sesuai dengan petunjuk yang diberikan guru (mencoba).
o
Siswa
mengidentifikasi berbagai aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di
sekolah (menalar).
o
Siswa
melaksanakan aturan di lingkungan sekolah saat melakukan percobaan (mencoba).
o
Siswa duduk
berkelompok.
o
Siswa
mendiskusikan pertanyaan yang berkaitan dengan percobaan (mengomunikasikan).
o
Siswa menulis
hasil diskusinya di kolom yang sudah disediakan (mencoba).
o
Siswa diarahkan
guru untuk membaca teks tentang “gerhana” dengan teliti.
o
Siswa
memperhatikan teks bacaan tentang “Gerhana”(mengamati).
o
Siswa secara
bergantian membaca teks ”Gerhana” (mencoba).
o
Siswa diarahkan
oleh guru untuk memikirkan beberapa pertanyaan bersama teman sekelasnya.
o
Siswa menjawab
pertanyaan tentang teks bacaan (menalar).
o
Siswa diarahkan
guru mengamati gambar anak-anak bermain Gerhana.
o
Siswa
memperhatikan gambar siswa berkelompok tiga orang tiap kelompok (mengamati).
o
Siswa membuat
kelompok seperti pada gambar (mencoba).
o
Siswa mengikuti
petunjuk yang disampaikan guru (mencoba).
o
Siswa melakukan
aktivitas sesuai dengan petunjuk guru (mencoba).
o
Siswa menjawab
pertanyaan berdasarkan permainan yang telah dilakukan (menalar).
o
Siswa membuat
pertanyaan tentang kegiatan yang baru saja mereka lakukan (menanya).
o
Siswa menanyakan
pertanyaan yang dibuatnya kepada teman (menanya).
o
Siswa lain
diberikan kesempatan untuk menjawab (menalar).
o
Guru memberikan
jawaban penguatan.
o
Siswa menjawab
pertanyaan pada buku siswa tentang kegiatan yang baru saja dilakukan (menalar
).
o
Siswa mengamati
gambar tentang kegiatan yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan
setelah melakukan aktivitas fisik (mengamati).
o
Siswa mengisi
tabel tentang perbedaan kegiatan yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan
setelah melakukan aktivitas fisik (menalar).
o
Setelah
mengelompokkan kegitan yang boleh dilakukan setelah melakukan aktivitas
fisik, siswa menceritakan kembali kegiatan tersebut (mengomunikasikan)
Kegiatan
Pengayaan
o
Jika siswa sudah
mampu melakukan percobaan gerhana, guru akan meminta siswa menyorotkan senter
dari beberapa sudut untuk melihat perubahan yang terjadi
o
Jika siswa sudah
mampu memahami teks bacaan tentang gerhana dan menjawab pertanyaan di Buku
Siswa, guru akan memberikan teks tambahan tentang gerhana.
Kegiatan Remedial
o
Guru memberikan
bimbingan bagi siswa yang belum mampu melakukan percobaan gerhana.
o
Guru memberikan
perbaikan bagi siswa yang belum mampu memahami teks bacaan tentang gerhana
dan menjawab pertanyaan di Buku Siswa
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1. Bersama-sama dengan siswa membuat
kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4. Menyampaikan pesan moral/belajar.
5. Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E. Penilaian :
1.
Teknik Penilaian.
a. Penilaian sikap: Percaya diri dan teliti
b. Penilaian pengetahuan: Daftar periksa dan skor
c. Unjuk kerja: Menulis cerita narasi dan menirukan
gerakan bermain.
2.
Jenis
penilaian: a. Observasi
b. Tertulis,lisan
c
. Praktek,projek
3. Instrumen Penilaian
4. Rubrik dan Penskoran Nilai;
INSTRUMEN
PENILAIAN
1.
Penilaian Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||
Percaya Diri
|
Teliti
|
Santun
|
|||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ket:
BT : Belum terlihat
MT : Mulai Terlihat
MB : Mulai Berkembang
SM : Sudah Membudaya
2.
Penilaian Pengetahuan
Instrumen
penilaian: tes tertulis (uraian dan isian).
Tes
Tertulis: Skor
a.
Mencatat hasil pengamatan tentang alam sekitar.
Banyak
soal: 2 soal
Kunci
Jawaban:
1)
Pada siang hari
2)
Gerhana matahari
b.
Menjawab pertanyaan berdasarkan teks gerhana
Banyak
soal: 4
Kunci
jawaban:
1)
Gerhana bulan
2)
Gerhana matahari
3)
Jangan melihat langsung ke arah matahari. Harus menggunakan pelindung mata
khusus
untuk melihat gerhana matahari.
3.
Penilaian Keterampilan
a.
Penilaian : Unjuk Kerja
Rubrik
Penilaian Kemampuan Menceritakan kegiatan yang boleh dilakukan setelah
melakukan aktivitas fisik.
No
|
Kriteria
|
Baik
sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Kemampuan
Bercerita
|
Siswa bercerita
dengan lancar
|
Setengah
bagian cerita
disampaikan
dengan lancar
|
Kurang dari
setengah
bagian cerita
disampaikan
dengan lancar
|
Belum mampu
bercerita
|
|
Volume Suara
|
Terdengar
sampai seluruh
ruang kelas
|
Terdengar
sampai setengah
ruang kelas
|
Terdengar hanya
bagian depan
ruang kelas
|
Suara sangat
pelan atau tidak
terdengar
|
Melaksanakan
aturan di lingkungan sekolah.
Penilaian : Lembar pengamatan/observasi.
No
|
|
Terlihat (√)
|
Belum Terlihat (√)
|
1.
|
Melakukan percobaan dengan hati-hati dan
jujur
|
|
|
2.
|
Melakukan percobaan sesuai aturan dan
instruksi guru
|
|
|
3.
|
Saling bekerjasama dan menunjukkan
kekompakan dalam melakukan percobaan
|
|
|
c.
Penilaian: Unjuk Kerja
Rubrik
Penilaian Kemampuan Menulis laporan sederhana tentang hasil pengamatan
alam
sekitar.
No
|
Kriteria
|
Baik
sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1.
|
Ketepatan isi
laporan dengan
hasil percobaan
|
Seluruh isi
laporan sangat
tepat dengan
hasil percobaan.
|
Setengah atau
lebih isi laporan
tepat dengan
hasil percobaan
|
Kurang dari
setengah isi
laporan tepat
dengan hasil
percobaan.
|
Seluruh isi
laporan tidak
tepat dengan
hasil percobaan.
|
2.
|
Keruntutan
laporan yang
ditulis
|
Seluruh kegiatan
tersusun dengan
runtut
|
Setengah
atau lebih
isi karangan
tersusun runtut
|
Kurang dari
setengah isi
karangan
tersusun runtut
|
Seluruh isi
karagan belum
runtut
|
|
Ketepatan ejaan
|
Seluruh tulisan
menggunakan
ejaan yang tepat
|
Setengah atau
lebih tulisan
menggunakan
ejaan yang tepat
|
Kurang dari
setengah tulisan
menggunakan
ejaan yang tepat
|
Seluruh
tulisan belum
menggunakan
ejaan yang tepat
|
F. Sumber
dan Media
1.
Gambar
siang dan malam.
2.
Gambar
orang-orang yang bersiap ke kantor, belanja, sekolah, semua melihat ke arah matahari
sambil memicingkan mata: sedang gerhana matahari.
3.
Globe,
senter, bola pimpong, dan kawat yang bisa ditegakan.
4.
Gambar
gerhana matahari.
5.
Teks
bacaan tentang “Gerhana”.
6.
Gambar
siswa berkelompok tiga orang tiap kelompok.
7.
Gambar
kegiatan yang boleh dan tidak boleh melakukan aktivitas fisik
Mengetahui, Tijue,
22 Februari 2016
Kepala SD Negeri
2 Tijue
Guru Kelas II,
PARIANTI, S.Pd YUSLINA, S.Pd
NIP. 19690318 199504 2 001 NIP. 19611124
198309 2 001
Hasil Penilaian pengamatan
No
|
Nama Siswa
|
Kriteria
|
Kriteria
|
||
Terlihat
|
Belum Terlihat
|
Terlihat
|
Belum Terlihat
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Lembar
Kerja Siswa
(LKS)
Lakukan percobaan seperti
gambar berikut.
Tuliskanlah hasil percobaan
kelompokmu di bawah ini.
........................................................................................................................................................
........................................................................................................................................................
........................................................................................................................................................
........................................................................................................................................................
........................................................................................................................................................
........................................................................................................................................................
........................................................................................................................................................
........................................................................................................................................................
........................................................................................................................................................
........................................................................................................................................................
MEDIA
Kenampakan Alam Siang Hari |
Kenampakan Alam Malam Hari |
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment