Home » » TEMA 6 KELAS 2 SUB 3 PB 6

TEMA 6 KELAS 2 SUB 3 PB 6

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Thursday 12 January 2017



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Satuan Pendidikan                 : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                      : 2/II
Tema 6                                  : Air, Bumi dan Matahari
Sub Tema 3/ Pembelajaran     : Matahari/ 6
Alokasi Waktu                       : 1 Hari


A. Kompetensi Inti :
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.2 Menerima keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas keberadaan keluarga serta penciptaan hewan dan tumbuhan
2.3 Memiliki rasa percaya diri dan tanggung jawab terhadap keberadaan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/ atau bahasa daerah.
3.1 Mengenal teks laporan sederhana tentang alam sekitar, hewan, dan tumbuhan serta jumlahnya dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosa kata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.1 Mengamati dan mencoba menyajikan teks laporan sederhana tentang alam sekitar, hewan, tumbuhan serta jumlahnya secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosa kata bahasa daerah untuk membantu penyajian.Indikator
3.1.2 Menjelaskan isi teks laporan sederhana tentang alam sekitar.
4.1.1 Menulis laporan sederhana tentang hasil pengamatan alam sekitar.

b) PPKn
1.2 Menerima kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
2.3 Menunjukkan perilaku toleran terhadap keberagaman karakteristik individu, dalam kehidupan beragama, suku, fisik, dan psikis di rumah dan sekolah.
3.2 Memahami tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah.
4.2 Melaksanakan tata tertib dan aturan di lingkungan keluarga dan sekolah.
3.2.6 Mengidentifikasi berbagai aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di sekolah.
3.2.10 Mengemukakan pendapat tentang akibat berperilaku yang tidak sesuai dengan aturan di sekolah.
4.2.4 Melaksanakan aturan di lingkungan sekolah.

c) Matematika
1.1 Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.2 Memiliki rasa ingin tahu dan ketertarikan pada matematika, yang terbentuk melalui pengalaman belajar
3.10 Menentukan nilai terkecil dan terbesar dari hasil pengukuran panjang atau berat yang disajikan dalam bentuk tabel sederhana.
4.11 Membuat tabel sederhana hasil pengukuran panjang atau berat.
3.10.2 Mengurutkan hasil pengukuran panjang benda-benda dari nilai terkecil ke terbesar.
4.11.2 Membuat tabel sederhana hasil pengukuran berat

d) SBdP
1.1 Menikmati keindahan alam dan karya seni sebagai salah satu tandatanda kekuasaan Tuhan.
2.2 Menunjukkan rasa ingin tahu untuk mengenal alam di lingkungan sekitar sebagai sumber ide dalam berkarya seni.
3.1 Mengenal bahan dan alat serta tekniknya dalam membuat karya seni rupa.
4.1 Menggambar ekspresi dengan mengolah garis, warna, bentuk dan tekstur berdasarkan hasil pengamatan di lingkungan sekitar.
3.1.3 Menjelaskan teknik membuat karya seni rupa.
4.1.5 Menggambar ekspresi dari objek gambar lingkungan sekitar

C. Deskripsi Materi Pembelajaran :
  1. Menulis laporan sederhana tentang hasil pengamatan alam sekitar.
  2. Menjelaskan isi teks laporan sederhana tentang alam sekitar.
  3. Mengidentifikasi berbagai aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di sekolah.
  4. Mengemukakan pendapat tentang akibat berperilaku yang tidak sesuai dengan aturan di sekolah.
  5. Melaksanakan aturan di lingkungan keluarga.
  6. Mengurutkan hasil pengukuran panjang bendabenda dari nilai terkecil ke terbesar
  7. Membuat tabel sederhana hasil pengukuran berat.
  8. Menentukan bahan dan alat dalam membuat karya seni.
  9. Menggambar ekspresi.
D. Kegiatan Pembelajaran :
 Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Air, Bumi dan Matahari”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.      Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari
15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Pada awal pembelajaran, siswa diarahkan mengamati gambar tentang gerhana yang ada pada buku siswa (mengamati).
o   Bertanya jawab tentang gambar yang diamati.
o   Siswa kemudian diarahkan mengajukan pertanyaan terhadap gambar (menanya).
o   Siswa saling menukarkan pertanyaan yang telah dibuat dengan siswa yang ada di sebelahnya.
o   Siswa menjawab pertanyaan temannya dengan bahasa sendiri (menalar).
o   Siswa saling menanggapi pertanyaan masing-masing teman yang dijawabnya dengan bahasa sendiri (menalar dan mengomunikasikan).
o   Bertanya jawab kembali tentang percobaan yang telah dilakukan hari sebelumnya (menalar).
o   Siswa saling mengungkapkan pendapat terhadap pertanyaan yang diajukan guru dengan bahasa sendiri (mengomunikasikan).
o   Siswa diarahkan menuliskan hasil percobaan yang dilakukan sebelumnya ke dalam sebuah teks laporan sederhana (mencoba).
o   Ketika menulis teks laporan sederhana, perlu dibimbing dengan baik agar siswa dapat menulis dengan ejaan yang benar serta rapi dan bersih.
o   Setelah menulis teks laporan sederhana, siswa kemudian diarahkan untuk menuliskan kesimpulan terhadap teks laporan sederhana yang telah ditulis dengan bahasa sendiri (mengomunikasikan).
o   Hasil tulisan dan kesimpulan yang telah dibuat siswa, perlu diperiksa kebenarannya agar siswa dapat mengetahui kekurangan ataupun kesalahan hasil tulisan dan kesimpulan yang telah dibuat
o   Siswa mempersiapkan diri untuk menceritakan percobaan gerhana.
o   Siswa menceritakan tentang percobaan gerhana yang pernah dilakukannya.
o   Siswa diingatkan kembali tentang aturan ketika melakukan percobaan sebelumnya.
o   Siswa kemudian diarahkan menghubungkan dampak yang akan terjadi jika tidak melaksanakan aturan dengan baik.
o   Siswa mencoba mengajukan pertanyaan tentang suatu aturan di sekolah dan dampak yang akan terjadi jika tidak mematuhi aturan itu dengan baik.
o   Siswa saling menukarkan pertanyaan yang telah dibuat dengan teman sebangku.
o   Siswa diarahkan mengamati gambar yang ada pada buku siswa, yaitu tentang gambar gerhana dan sikap hidup rukun.
o   Siswa memberi tanda centang pada gambar yang menunjukkan sikap mematuhi aturan sesuai gambar yang diamati.
o   Setelah memberi tanda centang, siswa menuliskan aturan yang harus dipatuhi berdasarkan gambar yang telah diberi tanda centang.
o   Siswa juga menuliskan akibat dari yang tidak mematuhi aturan berdasarkan gambar yang tidak diberi tanda centang.
o   Siswa melaksanakan aturan di lingkungan sekolah pada saat pengukuran berat benda.
o   Siswa diminta mengamati gambar benda berupa senter, globe, dan bola pingpong yang dihubungkan dengan berat benda.
o   Siswa menebak benda yang paling berat.
o   Guru meyediakan benda-benda yang ada sesuai gambar.
o   Siswa diminta memegang masing-masing benda yang disediakan untuk membandingkan beratnya.
o   Siswa melakukan pengukuran berat ketiga benda.
o   Siswa mengurutkan berat masing-masing benda dari yang paling berat kepada yang paling ringan.
o   Siswa memeriksa kebenaran hasil tebakan yang dilakukan di bawah bimbingan guru.
o   Siswa membuat tabel sederhana hasil pengukuran berat.
o   Siswa dibentuk dalam beberapa kelompok. Tiap kelompok menentukan tiga buah benda yang terdapat di lingkungan sekolah.
o   Siswa menuliskan ketiga nama benda tersebut.
o   Siswa bertukar kertas dengan kelompok lainnya. Tiap kelompok berusaha menebak dan menuliskan urutan ketiga benda dari yang paling ringan hingga yang paling berat.
o   Siswa melakukan kegiatan serupa beberapa kali
o   Siswa diminta mendiskusikan tentang hasil tebakan yang dilakukan sebelumnya.
o   Masalah fokus yang akan didiskusikan adalah tentang hal yang memudahkan siswa menebak berat suatu benda.
o   Jawaban yang telah didiskusikan diisikan pada kolom yang telah disediakan pada buku siswa.
o   Siswa menyampaikan pendapatnya tentang hal yang mempermudah menebak berat suatu benda.
o   Siswa menanyakan pendapat temannya tentang hal yang mempermudah menebak berat suatu benda.
o   Siswa mencatat pendapat temannya.
o   Siswa membuat gambar ekspresi tentang gerhana dengan alat dan bahan di sekitar.
o   Gambar yang akan dibuat langsung digambar pada halaman buku siswa.
o   Siswa bertanya jawa tentang alat dan bahan yang digunakan.
o   Bertanya jawab tentang materi yang belum dipahami siswa.
o   Siswa menyimpulkan pembelajaran dengan bahasa sendiri.
o   Guru memberikan penguatan dan penghargaan terhadap prestasi belajar siswa.
o   Ketika memberikan penghargaan boleh dengan menggunakan bahasa verbal, misalnya: anak hebat, anak pintar, bagus, dan sebagainya.

Kegiatan Pengayaan
o   Jika siswa sudah mampu menuliskan percobaan tentang gerhana, maka akan diberikan soal tambahan.
o   Jika siswa sudah mampu menanya tentang salah satu aturan di sekolah maka akan diminta memikirkan aturan lain bersama temannya.
o   Jika siswa sudah mampu melakukan permainan menebak urutan berat tiga benda, maka akan diberikan soal – soal tentang menebak urutan benda.
o   Jika siswa sudah mahir membuat gambar ekspresi maka akan diberikan contoh membuat gambar ekspresi lainnya.

Kegiatan Remedial
o   Guru memberikan bimbingan bagi siswa yang belum mampu menuliskan percobaan tentang gerhana.
o   Guru memberikan perbaikan bagi siswa yang belum mampu menanya tentang salah satu aturan di sekolah.
o   Guru memberikan perbaikan bagi siswa yang belum mampu melakukan permainan menebak urutan berat tiga benda.
o   Guru memberikan perbaikan bagi siswa yang belum mampu membuat gambar ekspresi
 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.      Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.      Melakukan penilaian hasil belajar
3.      Melakukan repleksi
4.      Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.      Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit



E. Penilaian :
1.      Teknik Penilaian.
a.       Penilaian sikap: Percaya diri dan teliti
b.      Penilaian pengetahuan: Daftar periksa dan skor
c.       Unjuk kerja: Menulis cerita narasi dan menirukan gerakan bermain.

2.      Jenis penilaian:  a.  Observasi
                                  b.  Tertulis,lisan
                                  c . Praktek,projek

3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;




INSTRUMEN PENILAIAN
1.        Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Percaya Diri
Teliti
Santun
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4












































































































































































































































































































































































































































































































































































































Ket:
BT            : Belum terlihat
MT           : Mulai Terlihat
MB           : Mulai Berkembang
SM           : Sudah Membudaya

2. Penilaian Pengetahuan
Instrumen penilaian: tes tertulis (uraian dan isian).
a. Menjelaskan isi teks laporan sederhana tentang alam sekitar.
Banyak soal: 2 soal
Kunci Jawaban:
1) Matahari.
2) Bulan.

3. Penilaian Keterampilan
b. Menulis laporan sederhana tentang hasil pengamatan alam sekitar.
Penilaian: Unjuk Kerja
Rubrik Menulis Laporan Sederhana tentang Hasil Pengamatan Alam Sekitar
No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1.
Ketepatan isi
laporan dengan hasil percobaan
Seluruh isi
laporan sangat
tepat dengan
hasil percobaan
Setengah atau
lebih isi laporan
tepat dengan
hasil percobaan
Kurang dari
setengah isi
laporan tepat
dengan hasil
percobaan.
Seluruh isi
laporan tidak
tepat dengan
hasil percobaan
2.
Keruntutan
laporan yang
ditulis
Seluruh kegiatan
tersusun dengan
runtut
Setengah
atau lebih
isi karangan
tersusun runtut
Kurang dari
setengah isi
karangan
tersusun runtut
Seluruh isi
karagan belum
runtut

Ketepatan ejaan
Seluruh tulisan
menggunakan
ejaan yang tepat
Setengah atau
lebih tulisan
menggunakan
ejaan yang tepat
Kurang dari
setengah tulisan menggunakan
ejaan yang tepat
Seluruh tulisan belum menggunakan
ejaan yang tepat

c. Melaksanakan aturan di lingkungan sekolah
Penilaian: Observasi (pengamatan)
Lembar Pengamatan Melaksanakan Aturan di Lingkungan Sekolah
No

Terlihat (√)
Belum Terlihat (√)
1.
Siswa mampu melaksanakan aturan berbahasa
sopan saat diskusi


2.
Siswa mampu melaksanakan aturan ikut
berperan dalam diskusi.


3.
Siswa mengungkapkan perasaan dan
pendapatnya setelah menunjukkan perilaku
mematuhi aturan saat diskusi



d. Membuat tabel sederhana hasil pengukuran berat
Penilaian: Unjuk kerja
Rubrik Membuat Tabel Sederhana Hasil Pengukuran Berat
No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1.
Kemampuan
membuat tabel
sederhana
tentang berat
Siswa mampu
membuat
keseluruhan
tabel sederhana
tentang berat
Siswa mampu
membuat
sebagian besar
tabel sederhana
tentang berat
Siswa mampu
membuat
sebagian kecil
tabel sederhana
tentang berat

Siswa belum
mampu membuat
tabel sederhana
tentang berat
2.
Ketepatan
membuat tabel sederhana
tentang berat
Siswa membuat
keseluruhan
tabel sederhana
tentang berat

Siswa membuat
sebagian besar
tabel sederhana
tentang berat
Siswa membuat
sebagian kecil
tabel sederhana
tentang berat
Siswa belum
tepat membuat
tabel sederhana
tentang berat

e. Membuat gambar ekspresi tentang gerhana.
Penilaian: Unjuk kerja
Rubrik Membuat gambar ekspresi tentang gerhana
No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1.
Komposisi karya
kerajinan
Semua
komposisi warna
dan bentuk
menunjukkan
keharmonisan 
Sebagian besar
komposisi warna dan bentuk
menunjukkan
keharmonisan
Sebagian kecil
komposisi warna dan bentuk
menunjukkan
keharmonisan

Tidak ada
keharmonisan
komposisi warna
dan bentuk
2.
Keindahan karya yang dihasilkan
Karya yang
dihasilkan
menimbulkan
kesan rasa
sangat kagum
Karya yang
dihasilkan
menimbulkan
kesan rasa
kagum
Karya yang
dihasilkan
menimbulkan
kesan kurang
enak dilihat

Karya yang
dihasilkan
menimbulkan
kesan tidak enak
dilihat

Kebersihan
Karya terlihat
sangat bersih
Karya terlihat
bersih
Karya terlihat
kurang bersih
Karya terlihat
tidak bersih

F. Sumber dan Media
1.    Gambar gerhana matahari dan bulan
2.    Gambar Edo, Siti dan Udin melakukan beberapa kegiatan
3.    Gambar beberapa peralatan yang akan ditebak urutan beratnya
4.    Benda–benda yang akan ditebak urutan beratnya
5.    Bahan dan alat membuat gambar ekspresi


Mengetahui,                                                                        Tijue, 22 Februari 2016
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas II,




PARIANTI, S.Pd                                                             YUSLINA, S.Pd
NIP. 19690318 199504 2 001                                           NIP. 19611124 198309 2 001





Hasil Penilaian pengamatan
No
Nama Siswa
Kriteria
Kriteria
Terlihat
Belum Terlihat
Terlihat
Belum Terlihat























































































































































































































































































Kunci Jawaban Evaluasi
1.      Sebutkan manfaat cahaya matahari yang ditunjukkan pada tiap gambar di atas!
a.    Menerangi petani mencangkul sawah.
b.    Menjemur adik bayi.
c.    Menjemur pakaian.
d.    Menjemur ikan asin.
e.    Sumber tenaga untuk mobil.

2.      Jawaban sesuai pemahaman anak. 
3.   Pasangkanlah berat masing–masing benda dalam timbangan dengan gambar di sebelah kanan.


Urutkanlah benda –benda berikut mulai dari yang paling ringan sampai yang paling berat!
Beras - Bawang merah - Ikan asin - Kacang kedelai


Lembar Kerja Siswa
(LKS)




Tuliskanlah kegiatan yang boleh dilakukan dan yang
sebaiknya dihindari setelah aktivitas fisik pada tabel
berikut!

Tambahkanlah kegiatan lainnya yang menurutmu boleh
atau sebaiknya dihindarkan setelah aktivitas fisik pada
kolom yang sesuai!


MEDIA
TEMA 6 KELAS 2 SUB 3 PB 6

 

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors