(RPP)
Satuan Pendidikan :
SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester :
2/II
Tema 6 :
Air, Bumi dan Matahari
Sub Tema 3/ Pembelajaran : Matahari/ 6
Alokasi Waktu :
1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang
jelas dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan
beraklak mulia.
B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa
Indonesia
1.2 Menerima
keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas keberadaan keluarga serta penciptaan hewan
dan tumbuhan
2.3 Memiliki rasa
percaya diri dan tanggung jawab terhadap keberadaan anggota keluarga dan dokumen
milik keluarga melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/ atau bahasa daerah.
3.1 Mengenal teks
laporan sederhana tentang alam sekitar, hewan, dan tumbuhan serta jumlahnya dengan
bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi
dengan kosa kata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.1 Mengamati dan
mencoba menyajikan teks laporan sederhana tentang alam sekitar, hewan, tumbuhan
serta jumlahnya secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang
dapat diisi dengan kosa kata bahasa daerah untuk membantu penyajian.Indikator
3.1.2 Menjelaskan
isi teks laporan sederhana tentang alam sekitar.
4.1.1 Menulis
laporan sederhana tentang hasil pengamatan alam sekitar.
b) PPKn
1.2 Menerima
kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan
rumah dan sekolah.
2.3 Menunjukkan
perilaku toleran terhadap keberagaman karakteristik individu, dalam kehidupan beragama,
suku, fisik, dan psikis di rumah dan sekolah.
3.2 Memahami tata
tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan
sekolah.
4.2 Melaksanakan
tata tertib dan aturan di lingkungan keluarga dan sekolah.
3.2.6 Mengidentifikasi
berbagai aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di sekolah.
3.2.10 Mengemukakan
pendapat tentang akibat berperilaku yang tidak sesuai dengan aturan di sekolah.
4.2.4 Melaksanakan
aturan di lingkungan sekolah.
c) Matematika
1.1 Menerima dan menjalankan
ajaran agama yang dianutnya.
2.2 Memiliki rasa
ingin tahu dan ketertarikan pada matematika, yang terbentuk melalui pengalaman
belajar
3.10 Menentukan
nilai terkecil dan terbesar dari hasil pengukuran panjang atau berat yang
disajikan dalam bentuk tabel sederhana.
4.11 Membuat tabel
sederhana hasil pengukuran panjang atau berat.
3.10.2 Mengurutkan
hasil pengukuran panjang benda-benda dari nilai terkecil ke terbesar.
4.11.2 Membuat
tabel sederhana hasil pengukuran berat
d) SBdP
1.1 Menikmati
keindahan alam dan karya seni sebagai salah satu tandatanda kekuasaan Tuhan.
2.2 Menunjukkan
rasa ingin tahu untuk mengenal alam di lingkungan sekitar sebagai sumber ide
dalam berkarya seni.
3.1 Mengenal bahan
dan alat serta tekniknya dalam membuat karya seni rupa.
4.1 Menggambar
ekspresi dengan mengolah garis, warna, bentuk dan tekstur berdasarkan hasil pengamatan
di lingkungan sekitar.
3.1.3 Menjelaskan
teknik membuat karya seni rupa.
4.1.5 Menggambar
ekspresi dari objek gambar lingkungan sekitar
C. Deskripsi Materi
Pembelajaran :
- Menulis laporan sederhana tentang hasil pengamatan alam sekitar.
- Menjelaskan isi teks laporan sederhana tentang alam sekitar.
- Mengidentifikasi berbagai aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di sekolah.
- Mengemukakan pendapat tentang akibat berperilaku yang tidak sesuai dengan aturan di sekolah.
- Melaksanakan aturan di lingkungan keluarga.
- Mengurutkan hasil pengukuran panjang bendabenda dari nilai terkecil ke terbesar
- Membuat tabel sederhana hasil pengukuran berat.
- Menentukan bahan dan alat dalam membuat karya seni.
- Menggambar ekspresi.
D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4. Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa
kelompok
6. Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran
yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7. Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan
yaitu tentang “Air, Bumi dan Matahari”.
8. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9. Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa
secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang
merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Pada awal
pembelajaran, siswa diarahkan mengamati gambar tentang gerhana yang ada pada
buku siswa (mengamati).
o
Bertanya jawab
tentang gambar yang diamati.
o
Siswa kemudian
diarahkan mengajukan pertanyaan terhadap gambar (menanya).
o
Siswa saling
menukarkan pertanyaan yang telah dibuat dengan siswa yang ada di sebelahnya.
o
Siswa menjawab
pertanyaan temannya dengan bahasa sendiri (menalar).
o
Siswa saling
menanggapi pertanyaan masing-masing teman yang dijawabnya dengan bahasa
sendiri (menalar dan mengomunikasikan).
o
Bertanya jawab
kembali tentang percobaan yang telah dilakukan hari sebelumnya (menalar).
o
Siswa saling
mengungkapkan pendapat terhadap pertanyaan yang diajukan guru dengan bahasa
sendiri (mengomunikasikan).
o
Siswa diarahkan
menuliskan hasil percobaan yang dilakukan sebelumnya ke dalam sebuah teks
laporan sederhana (mencoba).
o
Ketika menulis
teks laporan sederhana, perlu dibimbing dengan baik agar siswa dapat menulis
dengan ejaan yang benar serta rapi dan bersih.
o
Setelah menulis
teks laporan sederhana, siswa kemudian diarahkan untuk menuliskan kesimpulan
terhadap teks laporan sederhana yang telah ditulis dengan bahasa sendiri (mengomunikasikan).
o
Hasil tulisan dan
kesimpulan yang telah dibuat siswa, perlu diperiksa kebenarannya agar siswa
dapat mengetahui kekurangan ataupun kesalahan hasil tulisan dan kesimpulan
yang telah dibuat
o
Siswa
mempersiapkan diri untuk menceritakan percobaan gerhana.
o
Siswa
menceritakan tentang percobaan gerhana yang pernah dilakukannya.
o
Siswa diingatkan
kembali tentang aturan ketika melakukan percobaan sebelumnya.
o
Siswa kemudian
diarahkan menghubungkan dampak yang akan terjadi jika tidak melaksanakan
aturan dengan baik.
o
Siswa mencoba
mengajukan pertanyaan tentang suatu aturan di sekolah dan dampak yang akan
terjadi jika tidak mematuhi aturan itu dengan baik.
o
Siswa saling
menukarkan pertanyaan yang telah dibuat dengan teman sebangku.
o
Siswa diarahkan
mengamati gambar yang ada pada buku siswa, yaitu tentang gambar gerhana dan
sikap hidup rukun.
o
Siswa memberi
tanda centang pada gambar yang menunjukkan sikap mematuhi aturan sesuai
gambar yang diamati.
o
Setelah memberi
tanda centang, siswa menuliskan aturan yang harus dipatuhi berdasarkan gambar
yang telah diberi tanda centang.
o
Siswa juga
menuliskan akibat dari yang tidak mematuhi aturan berdasarkan gambar yang
tidak diberi tanda centang.
o
Siswa
melaksanakan aturan di lingkungan sekolah pada saat pengukuran berat benda.
o
Siswa diminta
mengamati gambar benda berupa senter, globe, dan bola pingpong yang
dihubungkan dengan berat benda.
o
Siswa menebak
benda yang paling berat.
o
Guru meyediakan
benda-benda yang ada sesuai gambar.
o
Siswa diminta memegang
masing-masing benda yang disediakan untuk membandingkan beratnya.
o
Siswa melakukan
pengukuran berat ketiga benda.
o
Siswa mengurutkan
berat masing-masing benda dari yang paling berat kepada yang paling ringan.
o
Siswa memeriksa
kebenaran hasil tebakan yang dilakukan di bawah bimbingan guru.
o
Siswa membuat
tabel sederhana hasil pengukuran berat.
o
Siswa dibentuk
dalam beberapa kelompok. Tiap kelompok menentukan tiga buah benda yang
terdapat di lingkungan sekolah.
o
Siswa menuliskan
ketiga nama benda tersebut.
o
Siswa bertukar
kertas dengan kelompok lainnya. Tiap kelompok berusaha menebak dan menuliskan
urutan ketiga benda dari yang paling ringan hingga yang paling berat.
o
Siswa melakukan
kegiatan serupa beberapa kali
o
Siswa diminta
mendiskusikan tentang hasil tebakan yang dilakukan sebelumnya.
o
Masalah fokus
yang akan didiskusikan adalah tentang hal yang memudahkan siswa menebak berat
suatu benda.
o
Jawaban yang
telah didiskusikan diisikan pada kolom yang telah disediakan pada buku siswa.
o
Siswa
menyampaikan pendapatnya tentang hal yang mempermudah menebak berat suatu
benda.
o
Siswa menanyakan
pendapat temannya tentang hal yang mempermudah menebak berat suatu benda.
o
Siswa mencatat
pendapat temannya.
o
Siswa membuat
gambar ekspresi tentang gerhana dengan alat dan bahan di sekitar.
o
Gambar yang akan
dibuat langsung digambar pada halaman buku siswa.
o
Siswa bertanya
jawa tentang alat dan bahan yang digunakan.
o
Bertanya jawab
tentang materi yang belum dipahami siswa.
o
Siswa
menyimpulkan pembelajaran dengan bahasa sendiri.
o
Guru memberikan
penguatan dan penghargaan terhadap prestasi belajar siswa.
o
Ketika memberikan
penghargaan boleh dengan menggunakan bahasa verbal, misalnya: anak hebat,
anak pintar, bagus, dan sebagainya.
Kegiatan
Pengayaan
o
Jika siswa sudah
mampu menuliskan percobaan tentang gerhana, maka akan diberikan soal
tambahan.
o
Jika siswa sudah
mampu menanya tentang salah satu aturan di sekolah maka akan diminta
memikirkan aturan lain bersama temannya.
o
Jika siswa sudah
mampu melakukan permainan menebak urutan berat tiga benda, maka akan
diberikan soal – soal tentang menebak urutan benda.
o
Jika siswa sudah
mahir membuat gambar ekspresi maka akan diberikan contoh membuat gambar
ekspresi lainnya.
Kegiatan Remedial
o
Guru memberikan
bimbingan bagi siswa yang belum mampu menuliskan percobaan tentang gerhana.
o
Guru memberikan
perbaikan bagi siswa yang belum mampu menanya tentang salah satu aturan di
sekolah.
o
Guru memberikan
perbaikan bagi siswa yang belum mampu melakukan permainan menebak urutan
berat tiga benda.
o
Guru memberikan perbaikan
bagi siswa yang belum mampu membuat gambar ekspresi
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1. Bersama-sama dengan siswa membuat
kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4. Menyampaikan pesan moral/belajar.
5. Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E. Penilaian :
1.
Teknik Penilaian.
a. Penilaian sikap: Percaya diri dan teliti
b. Penilaian pengetahuan: Daftar periksa dan skor
c. Unjuk kerja: Menulis cerita narasi dan menirukan
gerakan bermain.
2.
Jenis
penilaian: a. Observasi
b. Tertulis,lisan
c
. Praktek,projek
3. Instrumen Penilaian
4. Rubrik dan Penskoran Nilai;
INSTRUMEN
PENILAIAN
1.
Penilaian Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||
Percaya Diri
|
Teliti
|
Santun
|
|||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
Ket:
BT : Belum terlihat
MT : Mulai Terlihat
MB : Mulai Berkembang
SM : Sudah Membudaya
2. Penilaian Pengetahuan
Instrumen
penilaian: tes tertulis (uraian dan isian).
a. Menjelaskan isi
teks laporan sederhana tentang alam sekitar.
Banyak soal: 2 soal
Kunci Jawaban:
1) Matahari.
2) Bulan.
3.
Penilaian Keterampilan
b. Menulis laporan
sederhana tentang hasil pengamatan alam sekitar.
Penilaian: Unjuk Kerja
Rubrik
Menulis Laporan Sederhana tentang Hasil Pengamatan Alam Sekitar
No
|
Kriteria
|
Baik
sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1.
|
Ketepatan
isi
laporan
dengan hasil percobaan
|
Seluruh
isi
laporan
sangat
tepat
dengan
hasil
percobaan
|
Setengah
atau
lebih isi
laporan
tepat
dengan
hasil percobaan
|
Kurang
dari
setengah
isi
laporan
tepat
dengan
hasil
percobaan.
|
Seluruh
isi
laporan
tidak
tepat
dengan
hasil percobaan
|
2.
|
Keruntutan
laporan
yang
ditulis
|
Seluruh
kegiatan
tersusun
dengan
runtut
|
Setengah
atau
lebih
isi
karangan
tersusun
runtut
|
Kurang
dari
setengah
isi
karangan
tersusun runtut
|
Seluruh
isi
karagan
belum
runtut
|
Ketepatan
ejaan
|
Seluruh
tulisan
menggunakan
ejaan yang tepat
|
Setengah
atau
lebih
tulisan
menggunakan
ejaan yang tepat
|
Kurang
dari
setengah
tulisan menggunakan
ejaan
yang tepat
|
Seluruh tulisan
belum menggunakan
ejaan
yang tepat
|
c. Melaksanakan aturan
di lingkungan sekolah
Penilaian:
Observasi (pengamatan)
Lembar Pengamatan Melaksanakan Aturan di Lingkungan Sekolah
No
|
Terlihat (√)
|
Belum Terlihat (√)
|
|
1.
|
Siswa
mampu melaksanakan aturan berbahasa
sopan
saat diskusi
|
||
2.
|
Siswa
mampu melaksanakan aturan ikut
berperan dalam diskusi.
|
||
3.
|
Siswa
mengungkapkan perasaan dan
pendapatnya
setelah menunjukkan perilaku
mematuhi aturan saat diskusi
|
d. Membuat tabel
sederhana hasil pengukuran berat
Penilaian: Unjuk
kerja
Rubrik Membuat
Tabel Sederhana Hasil Pengukuran Berat
No
|
Kriteria
|
Baik
sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1.
|
Kemampuan
membuat
tabel
sederhana
tentang berat
|
Siswa
mampu
membuat
keseluruhan
tabel
sederhana
tentang berat
|
Siswa
mampu
membuat
sebagian
besar
tabel
sederhana
tentang berat
|
Siswa
mampu
membuat
sebagian
kecil
tabel sederhana
tentang berat
|
Siswa
belum
mampu
membuat
tabel
sederhana
tentang berat
|
2.
|
Ketepatan
membuat
tabel sederhana
tentang berat
|
Siswa
membuat
keseluruhan
tabel
sederhana
tentang
berat
|
Siswa membuat
sebagian
besar
tabel
sederhana
tentang berat
|
Siswa
membuat
sebagian
kecil
tabel
sederhana
tentang berat
|
Siswa
belum
tepat
membuat
tabel
sederhana
tentang berat
|
e. Membuat gambar
ekspresi tentang gerhana.
Penilaian: Unjuk
kerja
Rubrik Membuat gambar ekspresi tentang gerhana
No
|
Kriteria
|
Baik
sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1.
|
Komposisi
karya
kerajinan
|
Semua
komposisi
warna
dan
bentuk
menunjukkan
keharmonisan
|
Sebagian
besar
komposisi
warna dan bentuk
menunjukkan
keharmonisan
|
Sebagian
kecil
komposisi
warna dan bentuk
menunjukkan
keharmonisan
|
Tidak ada
keharmonisan
komposisi
warna
dan bentuk
|
2.
|
Keindahan
karya yang dihasilkan
|
Karya
yang
dihasilkan
menimbulkan
kesan
rasa
sangat kagum
|
Karya
yang
dihasilkan
menimbulkan
kesan
rasa
kagum
|
Karya
yang
dihasilkan
menimbulkan
kesan
kurang
enak dilihat
|
Karya
yang
dihasilkan
menimbulkan
kesan
tidak enak
dilihat
|
Kebersihan
|
Karya
terlihat
sangat
bersih
|
Karya
terlihat
bersih
|
Karya
terlihat
kurang
bersih
|
Karya
terlihat
tidak
bersih
|
F. Sumber
dan Media
1.
Gambar gerhana
matahari dan bulan
2.
Gambar Edo, Siti
dan Udin melakukan beberapa kegiatan
3.
Gambar beberapa
peralatan yang akan ditebak urutan beratnya
4.
Benda–benda yang
akan ditebak urutan beratnya
5.
Bahan dan alat
membuat gambar ekspresi
Mengetahui, Tijue,
22 Februari 2016
Kepala SD Negeri
2 Tijue
Guru Kelas II,
PARIANTI, S.Pd YUSLINA, S.Pd
NIP. 19690318 199504 2 001 NIP. 19611124
198309 2 001
Hasil Penilaian pengamatan
No
|
Nama Siswa
|
Kriteria
|
Kriteria
|
||
Terlihat
|
Belum Terlihat
|
Terlihat
|
Belum Terlihat
|
||
Kunci Jawaban Evaluasi
1.
Sebutkan manfaat cahaya matahari yang
ditunjukkan pada tiap gambar di atas!
a.
Menerangi petani mencangkul sawah.
b.
Menjemur adik bayi.
c.
Menjemur pakaian.
d.
Menjemur ikan asin.
e.
Sumber tenaga untuk mobil.
2.
Jawaban sesuai pemahaman anak.
3. Pasangkanlah berat masing–masing benda
dalam timbangan dengan gambar di sebelah kanan.
Urutkanlah
benda –benda berikut mulai dari yang paling ringan sampai yang paling berat!
Beras - Bawang merah - Ikan asin - Kacang
kedelai
Lembar
Kerja Siswa
(LKS)
Tuliskanlah
kegiatan yang boleh dilakukan dan yang
sebaiknya
dihindari setelah aktivitas fisik pada tabel
berikut!
Tambahkanlah
kegiatan lainnya yang menurutmu boleh
atau
sebaiknya dihindarkan setelah aktivitas fisik pada
kolom yang sesuai!
MEDIA
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment