Home » » TEMA 6 KELAS 6 SUB 3 PB 1

TEMA 6 KELAS 6 SUB 3 PB 1

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Friday 13 January 2017



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                      : Sekolah Dasar 3 Beureunuen
Kelas/Semester                           : VI/ I
Tema 6                                        : Menuju Masyarakat Sehat
Sub Tema 3/ Pembelajaran          : Membangun Masyarakat Sehat / 1
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A.      KOMPETENSI INTI :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B.       KOMPETENSI DASAR (KD) / INDIKATOR
a) IPS
1.1 Menerima karunia Tuhan YME yang telah memberikan kesempatan kepada bangsa Indonesia untuk melakukan perubahan dalam aspek geografis, ekonomi, budaya, dan politik
1.3 Menghargai karunia dan rahmat Tuhan YME yang telah menciptakan manusia dan lingkungannya
2.3 Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, percaya diri dalam mengembangkan pola hidup sehat, kelestarian lingkungan fisik, budaya, dan peninggalan berharga di masyarakat
3.5 Menelaah landasan dari dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi
3.5.1 Menjelaskan kaitan antara interaksi manusia dengan lingkungan alam
4.5 Menyajikan hasil telaah mengenai landasan dari dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi dalam berbgai bentuk media (lisan, tulisan, gambar, oto, dan lainnya)
4.5.1 Mengomunikasikan menggunakan gambar dan tulisan interaksi manusia dengan lingkungan alam

b) Bahasa Indonesia
1.1 Meresapi makna anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang diakui sebagai sarana yang lebih unggul daripada bahasa lain untuk memperoleh ilmu pengetahuan
1.2 Meresapi makna anugerah Tuhan yang Maha Esa atas keberadaan ciri khusus makhluk hidup, hantaran panas, energi listrik dan perubahannya, serta tata surya
2.1 Memiliki kepedulian dan tanggung jawab tentang ciri khusus makhluk hidup dan lingkungan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.1 Menggali informasi dari teks laporan investigasi tentang cirri khusus makhluk hidup dan lingkungan, serta campuran dan larutan dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
3.1.1 Menggali informasi dari teks laporan investigasi tentang pencemaran udara
4.1 Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan investigasi tentang ciri khusus makhluk hidup dan lingkungan, serta campuran dan larutan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.1.1 Membuat kesimpulan berdasarkan teks laporan investigasi dengan menjawab pertanyaan.

c) IPA
1.1 Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya, serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; obyektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah dan berdiskusi
3.4 Membedakan campuran dan larutan melalui pengamatan
3.4.1 Menemukan informasi dan fakta tentang campuran udara dalam teks
4.1 Merancang dan melaksanakan percobaan untuk membedakan campuran dan larutan menggunakan bahan yang dikenal dalam kehidupan sehari-hari
4.1.1 Menulis laporan berdasarkan teks investigasi tentang campuran yang terdapat pada udara

C.      DESKRIPSI MATERI PELAJARAN :
1.      Membuat hiasan dengan bahan alam
2.      Menulis kesimpulan berdasarkan grafik
3.      Menceritakan perilaku yang mencerminkan nilai kerja sama

D.      KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Menuju Masyarakat Sehat”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Guru membuka pelajaran dengan mengajukan pertanyaan sebagai berikut:
o   Pernahkah kamu membayangkan hidup di tempat yang memiliki lingkungan dan sarana umum yang bersih, sehat, dan nyaman? Tentunya ini menjadi harapan setiap orang
o   Siswa mengamati gambar dan membaca teks impianku dalam hati.
o   Siswa menuliskan pertanyaan yang akan mereka ajukan seandainya mereka terlibat dalam diskusi dengan Siti, Edo, dan Dayu.
o   Guru bertanya:
o   Jika kamu terlibat percakapan dengan Siti, Edo, dan Dayu, pertanyaan apa yang akan kamu sampaikan kepada mereka?
o   Siswa menukarkan pertanyaan yang telah mereka buat dengan teman di sebelahnya dan memberikan gagasan serta komentar untuk menjawab setiap pertanyaan.
o   Tujuan siswa diberi kesempatan untuk menanyakan hal yang mereka ingin ketahui lebih lanjut adalah untuk memancing rasa ingin tahu siswa.
o   Siswa menuliskan 4 hal penting yang mereka temukan dalam dialog terkait dengan membangun masyarakat sehat.
o   Siswa menulis alasan mengapa mereka menganggap hal tersebut penting.
o   Siswa menceritakan secara tertulis lingkungan dan masyarakat sehat impian mereka.
o   Siswa diajak berimajinasi tentang lingkungan dan masyarakat sehat yang menjadi impian mereka.
o   Siswa menuliskan hal yang dapat mereka lakukan untuk mewujudkan impian tersebut.
o   Siswa menceritakan lingkungan dan masyarakat sehat impian secara kelompok.
o   Ketika siswa bercerita, guru berkeliling dari satu kelompok ke kelompok lainnya.
o   Guru memberikan motivasi agar setiap siswa terlibat secara aktif dalam kegiatan.
o   Siswa menjelaskan maksud dari ‘Lingkungan kita adalah apa yang kita lakukan’.
o   ‘Lingkungan kita adalah apa yang kita lakukan’ maksudnya adalah sikap yang kita lakukan terhadap lingkungan akan mempengaruhi seperti apa lingkungan tersebut. Kalau kita bersikap baik dan bijak terhadap lingkungan, maka lingkungan tersebut akan baik.
o   Namun, sebaliknya, jika kita memperlakukan lingkungan dengan tidak baik, maka lingkungan tersebut menjadi tidak baik.
o   Contoh:
»» Kalau kita membuang sampah sembarangan, maka lingkungan kita akan kotor dan bau.
»» Kalau kita menebang pohon sembarangan, maka lingkungan menjadi gersang dan berakibat banjir.
o   Siswa memberikan contoh yang mencerminkan ‘Lingkungan kita adalah apa yang kita lakukan’.
o   Siswa melakukan diskusi secara berpasangan.
o   Siswa menulis kesimpulan berdasarkan hasil diskusi.
o   Siswa menjelaskan menggunakan gambar kaitan antara sikap manusia sehari-hari dan upaya membangun lingkungan dan masyarakat bersih dan sehat.
o   Guru bertanya kepada siswa:
o   Tahukah kamu bahwa udara memegang peranan yang sangat penting untuk kesehatan masyarakat? Apa yang terjadi dengan udara kita?
o   Guru memotivasi siswa untuk mencari tahu dengan membaca cuplikan berita.
o   Siswa membaca cuplikan berita dari berbagai media yang terdapat dalam buku siswa.
o   Siswa menjawab pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa.
o   Setelah melakukan analisis terhadap isi teks yang mereka baca, siswa diharapkan dapat menyimpulkan apakah udara tergolong campuran. Siswa menjelaskan jawaban mereka berdasarkan fakta yang mereka temukan dan pengalaman mereka sehari-hari.
o   Guru mendiskusikan lebih lanjut tentang udara yang ada di sekitar kita beserta campuran yang terdapat di dalamnya. Guru dapat memulai dengan pertanyaan-pertanyaan yang dekat dengan kehidupan siswa.
o   Siswa menulis kesimpulan pada selembar kertas.
o   Siswa melakukan perenungan dengan menjawab pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa.
o   Guru dapat menambahkan pertanyaan perenungan berdasarkan panduan yang terdapat pada lampiran 1, halaman 150, Buku Guru.
o   Siswa dapat menggali informasi lebih lanjut tentang polusi udara dan cara menyikapinya karena hal ini sangat erat kaitannya dengan kesehatan. Siswa dapat menggali informasi dari berbagai sumber (buku perpustakaan, majalah, surat kabar, internet, dan narasumber). Kegiatan ini dapat disesuaikan dengan sumber belajar yang terdapat di sekolah masing-masing).

Remedial
o   Siswa yang belum tuntas dalam memahami teks laporan investigasi akan mengikuti program remedial. Guru dapat membantu siswa dengan memberikan siswa contoh teks laporan pidato persuasif sederhana dan mengidentifikasi ciri-cirinya. Kemudian, siswa berlatih menulis bagian per bagian, yang meliputi definisi umum, isi, dan penutup. Remedial dilaksanakan selama 30 menit setelah jam sekolah.
o   Siswa yang belum tuntas dalam memahami pengaruh interaksi manusia dan lingkungan akan mengikuti program remedial. Guru dapat membantu siswa dengan memberikan contoh-contoh nyata dalam keseharian. Remedial dilaksanakan selama 30 menit setelah jam sekolah.
o   Remedial juga diberikan untuk pelajaran lain bagi siswa yang belum tuntas dalam menguasai konsep.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15    menit

E.       Penilaian :
1.      Aspek yang dinilai; a.Penilaian Sikap
                                              b.Penilaian Pengetahuan
                                              c. Penilaian Ketrampilan          
2.      Jenis penilaian;       a. observasi
                                        b.tertulis,lisan
                                        c . praktek,projek
3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;



1.        Penilaian
1. Bahasa Indonesia dinilai dengan rubrik laporan
No
Aspek yang di nilai
Pertanyaan Pemandu
Skor

4
3
2
1
1
Isi dan data
pendukung
Apakah isi laporan dan data
pendukung sesuai dengan
tujuan yang ditetapkan?




2
Keterbacaan laporan
Apakah laporan mudah
dibaca dipahami?




3
Bahasa dan struktur
kalimat
Apakah menggunakan
kosakata baku dan struktur
kalimat yang tepat?




4
Keakuratan data
dengan data yang
sebenarnya
Apakah data pada
laporan sesuai dengan
data sebenarnya?
Apakah laporan berisi
fakta yang diamati bukan
pendapat penulis?




5
Ketepatan ejaan dan
tanda baca
Apakah penggunaan
ejaan/tanda baca pada
semua tulisan benar?





2.      IPA dinilai dengan rubrik
Kriteria
Baik Sekali
Baik
cukup
Perlu bimbingan
4
3
2
1
Pemahaman
Konsep
Memperlihatkan
pemahaman
konsep dengan
menunjukkan
bukti
pendukung dan
menyampaikan
pemahaman inti
dari konsep yang
sedang dipelajari
dengan benar
Memperlihatkan
pemahaman
konsep dengan
menunjukkan
bukti pendukung
namun perlu
bantuan saat
menyampaikan
pemahaman inti
dari konsep yang
yang sedang
dipelajari
Memperlihatkan
pemahaman
konsep dengan
menunjukkan
bukti yang
terbatas dan
penyampaian
pemahaman
inti dari konsep
tidak jelas
Perlu
bimbingan saat
menyampaikan
bukti dan
pemahaman
inti dari konsep
yang dipelajari
Komunikasi
Informasi
disampaikan
dengan jelas,
obyektif dengan
didukung data
penunjang
Informasi
disampaikan
dengan jelas
dan didukung
sebagian data
penunjang
Informasi
disampaikan
dengan jelas
namun hanya
didukung
sebagian kecil
data penunjang
Informasi
disampaikan
dengan kurang
jelas dan tanpa
data penunjang
Prosedur dan
strategi
Seluruh data
dicatat dan
disajikan secara
sistematis,
runtut, dan
mandiri
Seluruh data
dicatat dan
disajikan secara
sistematis
dan runtut,
namun masih
membutuhkan
bimbingan
Sebagian besar
data dicatat,
secara sistematis
setelah
mendapat
bantuan guru
Sebagian kecil
data dicatat dan
tidak sistematis

3. IPS dinilai dengan daftar periksa.
No
Kriteria
Ketercapaian

SB
B
C
K
1
Siswa mampu menjelaskan
kaitan antara interaksi
manusia dengan lingkungan
alam




2
Siswa mampu menyebutkan
3 contoh sikap baik yang
dilakukan manusia sehingga
memberi pengaruh positif
terhadap lingkungan




3
Siswa mampu menyebutkan
3 contoh sikap yang
tidak baik yang dilakukan
manusia sehingga
menimbulkan pengaruh
yang tidak baik terhadap
lingkungan





Catatan:
SB = Sangat Baik
B = Baik
C = Cukup
K = Kurang

4. Penilaian sikap (disiplin, kerja sama)
(Penilaian sikap Terlampir)


F.       Media, Alat Bantu dan Sumber Belajar
1.      Kondisi lingkungan sekolah untuk diobservasi
2.      Penjual jajanan makanan dan minuman di sekitar sekolah



Mengetahui,                                                                        Beureunuen, ……….….,  2016
Kepala SD Negeri 3 Beureunuen                                        Guru Kelas VI,



CHAIRUNNISA, S.Pd                                                     BACHTIAR, S.Pd
NIP.19700312 199402 2 002                                              NIP. 19800611 200504 1 001

 

LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)


Setelah melakukan wawancara, berdiskusi, dan membaca teks. Siswa menjawa pertanyaan berikut.
1.        Apa hubungan sebab-akibat antara kesehatan masyarakat dan perilaku hidup sehat? Siswa menulis jawabannya dengan mencantumkan kegiatan secara detail dan manfaatnya pada diagram berikut.

......................................................................................................................................................
......................................................................................................................................................  
...................................................................................................................................................... 
...................................................................................................................................................... 
...................................................................................................................................................... 
...................................................................................................................................................... 

2.        Mengapa kita perlu mengetahui campuran dan larutan yang terdapat pada makanan dan minuman sebelum mengonsumsinya?
......................................................................................................................................................
......................................................................................................................................................  
...................................................................................................................................................... 
...................................................................................................................................................... 
...................................................................................................................................................... 
...................................................................................................................................................... 

  MEDIA

TEMA 6 KELAS 6 SUB 3 PB 1

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors