RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : Sekolah Dasar 3
Beureunuen
Kelas/Semester : VI/ I
Tema 6 : Menuju Masyarakat Sehat
Sub
Tema 3/ Pembelajaran : Membangun Masyarakat Sehat / 1
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
KOMPETENSI INTI :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B.
KOMPETENSI DASAR (KD) / INDIKATOR
a) IPS
1.1 Menerima
karunia Tuhan YME yang telah memberikan kesempatan kepada bangsa Indonesia
untuk melakukan perubahan dalam aspek geografis, ekonomi, budaya, dan politik
1.3 Menghargai
karunia dan rahmat Tuhan YME yang telah menciptakan manusia dan lingkungannya
2.3 Menunjukkan
perilaku tanggung jawab, peduli, percaya diri dalam mengembangkan pola hidup sehat,
kelestarian lingkungan fisik, budaya, dan peninggalan berharga di masyarakat
3.5 Menelaah
landasan dari dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial,
budaya, dan ekonomi
3.5.1 Menjelaskan
kaitan antara interaksi manusia dengan lingkungan alam
4.5 Menyajikan
hasil telaah mengenai landasan dari dinamika interaksi manusia dengan
lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi dalam berbgai bentuk media (lisan,
tulisan, gambar, oto, dan lainnya)
4.5.1 Mengomunikasikan
menggunakan gambar dan tulisan interaksi manusia dengan lingkungan alam
b) Bahasa Indonesia
1.1 Meresapi makna
anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang diakui sebagai sarana
yang lebih unggul daripada bahasa lain untuk memperoleh ilmu pengetahuan
1.2 Meresapi makna
anugerah Tuhan yang Maha Esa atas keberadaan ciri khusus makhluk hidup,
hantaran panas, energi listrik dan perubahannya, serta tata surya
2.1 Memiliki
kepedulian dan tanggung jawab tentang ciri khusus makhluk hidup dan lingkungan
melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.1 Menggali
informasi dari teks laporan investigasi tentang cirri khusus makhluk hidup dan lingkungan,
serta campuran dan larutan dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia
lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
3.1.1 Menggali
informasi dari teks laporan investigasi tentang pencemaran udara
4.1 Mengamati,
mengolah, dan menyajikan teks laporan investigasi tentang ciri khusus makhluk hidup
dan lingkungan, serta campuran dan larutan secara mandiri dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.1.1 Membuat
kesimpulan berdasarkan teks laporan investigasi dengan menjawab pertanyaan.
c) IPA
1.1 Bertambah
keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan
jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya, serta mewujudkannya dalam
pengamalan ajaran agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; obyektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; dan peduli lingkungan) dalam aktivitas
sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah dan
berdiskusi
3.4 Membedakan
campuran dan larutan melalui pengamatan
3.4.1 Menemukan
informasi dan fakta tentang campuran udara dalam teks
4.1 Merancang dan
melaksanakan percobaan untuk membedakan campuran dan larutan menggunakan bahan
yang dikenal dalam kehidupan sehari-hari
4.1.1 Menulis
laporan berdasarkan teks investigasi tentang campuran yang terdapat pada udara
C.
DESKRIPSI MATERI
PELAJARAN :
1. Membuat hiasan dengan bahan alam
2. Menulis kesimpulan berdasarkan grafik
3. Menceritakan perilaku yang mencerminkan nilai kerja sama
D.
KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4. Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa
kelompok
6. Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran
yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7. Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan
yaitu tentang “Menuju Masyarakat
Sehat”.
8. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Guru membuka
pelajaran dengan mengajukan pertanyaan sebagai berikut:
o
Pernahkah kamu
membayangkan hidup di tempat yang memiliki lingkungan dan sarana umum yang bersih,
sehat, dan nyaman? Tentunya ini menjadi harapan setiap orang
o
Siswa mengamati
gambar dan membaca teks impianku dalam hati.
o
Siswa menuliskan pertanyaan yang akan mereka ajukan
seandainya mereka terlibat dalam diskusi dengan Siti, Edo, dan Dayu.
o
Guru bertanya:
o
Jika kamu terlibat
percakapan dengan Siti, Edo, dan Dayu, pertanyaan apa yang akan kamu
sampaikan kepada mereka?
o
Siswa menukarkan pertanyaan yang telah mereka buat
dengan teman di sebelahnya dan memberikan gagasan serta komentar untuk
menjawab setiap pertanyaan.
o
Tujuan siswa
diberi kesempatan untuk menanyakan hal yang mereka ingin ketahui lebih lanjut
adalah untuk memancing rasa ingin tahu siswa.
o
Siswa menuliskan 4 hal penting yang mereka temukan
dalam dialog terkait dengan membangun masyarakat sehat.
o
Siswa menulis alasan mengapa mereka menganggap hal
tersebut penting.
o
Siswa menceritakan secara tertulis lingkungan dan
masyarakat sehat impian mereka.
o
Siswa diajak berimajinasi tentang lingkungan dan
masyarakat sehat yang menjadi impian mereka.
o
Siswa menuliskan hal yang dapat mereka lakukan untuk
mewujudkan impian tersebut.
o
Siswa
menceritakan lingkungan dan masyarakat sehat impian secara kelompok.
o
Ketika siswa
bercerita, guru berkeliling dari satu kelompok ke kelompok lainnya.
o
Guru memberikan
motivasi agar setiap siswa terlibat secara aktif dalam kegiatan.
o
Siswa menjelaskan maksud dari ‘Lingkungan kita
adalah apa yang kita lakukan’.
o
‘Lingkungan kita adalah apa yang kita lakukan’
maksudnya adalah sikap yang kita lakukan terhadap lingkungan akan
mempengaruhi seperti apa lingkungan tersebut. Kalau kita bersikap baik dan
bijak terhadap lingkungan, maka lingkungan tersebut akan baik.
o
Namun, sebaliknya, jika kita memperlakukan
lingkungan dengan tidak baik, maka lingkungan tersebut menjadi tidak baik.
o
Contoh:
»» Kalau kita membuang sampah sembarangan, maka
lingkungan kita akan kotor dan bau.
»» Kalau kita menebang pohon sembarangan, maka
lingkungan menjadi gersang dan berakibat banjir.
o
Siswa memberikan contoh yang mencerminkan
‘Lingkungan kita adalah apa yang kita lakukan’.
o
Siswa melakukan diskusi secara berpasangan.
o
Siswa menulis kesimpulan berdasarkan hasil diskusi.
o
Siswa menjelaskan menggunakan gambar kaitan antara
sikap manusia sehari-hari dan upaya membangun lingkungan dan masyarakat
bersih dan sehat.
o
Guru bertanya kepada siswa:
o
Tahukah kamu bahwa udara memegang peranan yang
sangat penting untuk kesehatan masyarakat? Apa yang terjadi dengan udara
kita?
o
Guru memotivasi siswa untuk mencari tahu dengan
membaca cuplikan berita.
o
Siswa membaca cuplikan berita dari berbagai media
yang terdapat dalam buku siswa.
o
Siswa menjawab pertanyaan yang terdapat dalam buku
siswa.
o
Setelah melakukan analisis terhadap isi teks yang
mereka baca, siswa diharapkan dapat menyimpulkan apakah udara tergolong
campuran. Siswa menjelaskan jawaban mereka berdasarkan fakta yang mereka temukan
dan pengalaman mereka sehari-hari.
o
Guru
mendiskusikan lebih lanjut tentang udara yang ada di sekitar kita beserta campuran
yang terdapat di dalamnya. Guru dapat memulai dengan pertanyaan-pertanyaan yang
dekat dengan kehidupan siswa.
o
Siswa menulis kesimpulan pada selembar kertas.
o
Siswa melakukan perenungan dengan menjawab
pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa.
o
Guru dapat menambahkan pertanyaan perenungan
berdasarkan panduan yang terdapat pada lampiran 1, halaman 150, Buku Guru.
o
Siswa dapat menggali informasi lebih lanjut tentang
polusi udara dan cara menyikapinya karena hal ini sangat erat kaitannya
dengan kesehatan. Siswa dapat menggali informasi dari berbagai sumber (buku
perpustakaan, majalah, surat kabar, internet, dan narasumber). Kegiatan ini
dapat disesuaikan dengan sumber belajar yang terdapat di sekolah
masing-masing).
Remedial
o
Siswa yang belum tuntas dalam memahami teks laporan
investigasi akan mengikuti program remedial. Guru dapat membantu siswa dengan
memberikan siswa contoh teks laporan pidato persuasif sederhana dan mengidentifikasi
ciri-cirinya. Kemudian, siswa berlatih menulis bagian per bagian, yang
meliputi definisi umum, isi, dan penutup. Remedial dilaksanakan selama 30
menit setelah jam sekolah.
o
Siswa yang belum tuntas dalam memahami pengaruh
interaksi manusia dan lingkungan akan mengikuti program remedial. Guru dapat
membantu siswa dengan memberikan contoh-contoh nyata dalam keseharian.
Remedial dilaksanakan selama 30 menit setelah jam sekolah.
o
Remedial juga diberikan untuk pelajaran lain bagi
siswa yang belum tuntas dalam menguasai konsep.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1. Bersama-sama dengan siswa membuat
kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4. Menyampaikan pesan moral/belajar.
5. Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E.
Penilaian :
1.
Aspek
yang dinilai; a.Penilaian Sikap
b.Penilaian Pengetahuan
c. Penilaian Ketrampilan
2.
Jenis
penilaian; a.
observasi
b.tertulis,lisan
c . praktek,projek
3.
Instrumen
Penilaian
4.
Rubrik
dan Penskoran Nilai;
1.
Penilaian
1. Bahasa Indonesia dinilai dengan rubrik laporan
No
|
Aspek yang di nilai
|
Pertanyaan
Pemandu
|
Skor
|
|
||
4
|
3
|
2
|
1
|
|||
1
|
Isi dan
data
pendukung
|
Apakah
isi laporan dan data
pendukung
sesuai dengan
tujuan yang
ditetapkan?
|
|
|
|
|
2
|
Keterbacaan laporan
|
Apakah
laporan mudah
dibaca dipahami?
|
|
|
|
|
3
|
Bahasa
dan struktur
kalimat
|
Apakah
menggunakan
kosakata
baku dan struktur
kalimat
yang tepat?
|
|
|
|
|
4
|
Keakuratan
data
dengan
data yang
sebenarnya
|
Apakah
data pada
laporan
sesuai dengan
data
sebenarnya?
Apakah
laporan berisi
fakta
yang diamati bukan
pendapat
penulis?
|
|
|
|
|
5
|
Ketepatan
ejaan dan
tanda
baca
|
Apakah
penggunaan
ejaan/tanda
baca pada
semua
tulisan benar?
|
|
|
|
|
2.
IPA dinilai dengan
rubrik
Kriteria
|
Baik Sekali
|
Baik
|
cukup
|
Perlu bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Pemahaman
Konsep
|
Memperlihatkan
pemahaman
konsep
dengan
menunjukkan
bukti
pendukung
dan
menyampaikan
pemahaman
inti
dari
konsep yang
sedang
dipelajari
dengan benar
|
Memperlihatkan
pemahaman
konsep
dengan
menunjukkan
bukti
pendukung
namun
perlu
bantuan
saat
menyampaikan
pemahaman
inti
dari
konsep yang
yang
sedang
dipelajari
|
Memperlihatkan
pemahaman
konsep
dengan
menunjukkan
bukti
yang
terbatas
dan
penyampaian
pemahaman
inti dari
konsep
tidak jelas
|
Perlu
bimbingan
saat
menyampaikan
bukti dan
pemahaman
inti dari
konsep
yang dipelajari
|
Komunikasi
|
Informasi
disampaikan
dengan
jelas,
obyektif
dengan
didukung
data
penunjang
|
Informasi
disampaikan
dengan
jelas
dan
didukung
sebagian
data
penunjang
|
Informasi
disampaikan
dengan
jelas
namun hanya
didukung
sebagian
kecil
data penunjang
|
Informasi
disampaikan
dengan
kurang
jelas dan
tanpa
data penunjang
|
Prosedur
dan
strategi
|
Seluruh
data
dicatat
dan
disajikan
secara
sistematis,
runtut,
dan
mandiri
|
Seluruh
data
dicatat
dan
disajikan
secara
sistematis
dan
runtut,
namun
masih
membutuhkan
bimbingan
|
Sebagian
besar
data
dicatat,
secara
sistematis
setelah
mendapat
bantuan guru
|
Sebagian
kecil
data
dicatat dan
tidak sistematis
|
3. IPS dinilai dengan daftar periksa.
No
|
Kriteria
|
Ketercapaian
|
|
||
SB
|
B
|
C
|
K
|
||
1
|
Siswa
mampu menjelaskan
kaitan
antara interaksi
manusia
dengan lingkungan
alam
|
|
|
|
|
2
|
Siswa
mampu menyebutkan
3 contoh
sikap baik yang
dilakukan
manusia sehingga
memberi
pengaruh positif
terhadap lingkungan
|
|
|
|
|
3
|
Siswa
mampu menyebutkan
3 contoh sikap
yang
tidak
baik yang dilakukan
manusia
sehingga
menimbulkan
pengaruh
yang
tidak baik terhadap
lingkungan
|
|
|
|
|
Catatan:
SB = Sangat Baik
B = Baik
C = Cukup
K = Kurang
4. Penilaian sikap
(disiplin, kerja sama)
(Penilaian sikap Terlampir)
F.
Media,
Alat Bantu dan
Sumber Belajar
1. Kondisi
lingkungan sekolah untuk diobservasi
2.
Penjual jajanan
makanan dan minuman di sekitar sekolah
Mengetahui, Beureunuen,
……….…., 2016
Kepala SD Negeri
3 Beureunuen Guru Kelas VI,
CHAIRUNNISA, S.Pd BACHTIAR, S.Pd
NIP.19700312 199402 2 002 NIP. 19800611
200504 1 001
LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)
Setelah melakukan
wawancara, berdiskusi, dan membaca teks. Siswa menjawa pertanyaan berikut.
1.
Apa hubungan
sebab-akibat antara kesehatan masyarakat dan perilaku hidup sehat? Siswa
menulis jawabannya dengan mencantumkan kegiatan secara detail dan manfaatnya
pada diagram berikut.
......................................................................................................................................................
......................................................................................................................................................
......................................................................................................................................................
......................................................................................................................................................
......................................................................................................................................................
......................................................................................................................................................
2.
Mengapa kita perlu mengetahui campuran dan larutan yang terdapat pada makanan
dan minuman sebelum mengonsumsinya?
......................................................................................................................................................
......................................................................................................................................................
......................................................................................................................................................
......................................................................................................................................................
......................................................................................................................................................
......................................................................................................................................................
MEDIA
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment