Home » » TEMA 6 KELAS 6 SUB 3 PB 4

TEMA 6 KELAS 6 SUB 3 PB 4

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Friday 13 January 2017



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                      : Sekolah Dasar 3 Beureunuen
Kelas/Semester                           : VI/ I
Tema 6                                       : Menuju Masyarakat Sehat
Sub Tema 3/ Pembelajaran          : Membangun Masyarakat Sehat / 4
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A.      KOMPETENSI INTI :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B.       KOMPETENSI DASAR (KD) / INDIKATOR
a)      Matematika
1.1 Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan sikap cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu, tidak mudah menyerah serta bertanggung jawab dalam mengerjakan tugas
2.2 Menunjukkan sikap berpikir logis, kritis, dan kreatif
3.12 Memahami kuesioner/ lembar isian sederhana sebagai sarana yang akurat untuk mendapatkan informasi tertentu
4.11 Mengumpulkan data menggunakan kuesioner sederhana, mengolah, dan memaparkan data dalam bentuk tabel dan grafik yang sesuai
4.11.1 Menjelaskan cara menyajikan data dalam bentuk grafik
4.12 Menarik kesimpulan berdasarkan data hasil pengamatan yang diolah menggunakan statistic sederhana, tabel, dan grafik
4.12.1    Menyajikan data dalam bentuk grafik

b) PPKn
1.1 Menghargai semangat kebhinnekatunggalikaan dan keragaman agama, suku bangsa, pakaian tradisional, bahasa,rumah adat, makanan khas, dan upacara adat, sosial, dan ekonomi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
1.2 Menerima keberadaan Tuhan Yang Maha Esa atas sekitar penciptaan manusia dan bahasa yang beragam serta benda-benda di alam
2.1 Menunjukkan perilaku bertanggung jawab dan rela berkorban dalam keluarga, sekolah, dan lingkungan sebagai perwujudan nilai dan moral Pancasila
3.3 Memahami manfaat keanekaragaman sosial, budaya dan ekonomi dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika yang ada di Indonesia
3.3.1 Menguraikan makna yang terkandung dalam drama tentang kerja sama menuju masyrakat sehat
4.3 Melaporkan secara lisan dan tulisan keterlibatan kerja sama dengan anggota masyarakat yang beragam dalam melaksanakan kegiatan di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat
4.3.1 Menampilkan drama tentang kerja sama dalam menuju masyarakat sehat

c) Bahasa Indonesia
1.1 Meresapi makna anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang diakui sebagai sarana yang lebih unggul daripada bahasa lain untuk memperoleh ilmu pengetahuan
1.2 Meresapi makna anugerah Tuhan yang Maha Esa atas keberadaan ciri khusus makhluk hidup, hantaran panas, energi listrik dan perubahannya, serta tata surya
2.1 Memiliki kepedulian dan tanggung jawab tentang ciri khusus makhluk hidup dan lingkungan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.1 Menggali informasi dari teks laporan investigasi tentang cirri khusus makhluk hidup dan lingkungan, serta campuran dan larutan dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
3.1.1 Menjelaskan proses dan isi yang terkandung dalam penampilan drama tentang kerja sama menuju masyarakat sehat
4.1 Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan investigasi tentang ciri khusus makhluk hidup dan lingkungan, serta campuran dan larutan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.1.1 Menulis laporan berdasarkan pengamatan tentang penampilan drama tentang kerja sama menuju masyarakat sehat

C.      DESKRIPSI MATERI PELAJARAN :

  1. Membaca dan menganalisis data
  2. Menampilkan drama tentang kerja sama menuju masyarakat sehat
  3. Menulis laporan tentang proses dan kandungan drama


D.      KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Menuju Masyarakat Sehat”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.

15 menit
B.Kegiatan Inti
o    Siswa mengamati informasi tentang perkembangan berat badan dan tinggi Amir.
o    Siswa membuat tabel tentang perkembangan berat badan dan tinggi Amir.
o    Siswa membuat 2 grafik garis untuk menunjukkan perkembangan berat badan dan tinggi Amir pada kertas berpetak yang terdapat dalam buku siswa.
o    Siswa menjawab pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa.
o    Siswa menjelaskan informasi penting yang mereka ketahui dari tabel dan grafik tersebut.
o    Siswa menghitung rata-rata pertambahan berat badan Amir setiap bulannya.
o    Siswa menghitung rata-rata pertambahan tinggi Amir setiap bulannya.
o    Siswa menulis kesimpulanmu setelah menganalisis data dan grafik pertumbuhan badan Amir.
o    Setelah mengamati dan menganalisis perkembangan berat badan dan tinggi Amir, siswa menulis laporan berdasarkan pengamatan dan data yang ada.
o    Siswa menulis laporan dengan mencantumkan hal-hal berikut: pembukaan yang berisikan tujuan, isi, dan kesimpulan.
o    Guru menyampaikan kepada siswa.
o    Untuk menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat, maka diperlukan kerja sama dari setiap anggota keluarga.
o    Untuk itu, siswa akan bermain peran secara berkelompok yang terdiri atas 8 orang.
o    Tema yang akan ditampilkan adalah Membangun Masyarakat Sehat melalui
o    Pola Hidup Bersih dan Sehat serta pentingnya interaksi dan kerja sama antar anggota masyarakat.
o    Setiap kelompok berdiskusi tentang pembagian peran.
o     Siswa menulis naskah drama dengan durasi penampilan 10 menit untuk masing-masing kelompok.
o    Setelah menyelesaikan skenario, setiap kelompok diberi kesempatan untuk berlatih.
o    Setelah berlatih, siswa saling memberi masukan agar penampilan berikutnya lebih baik.
o    Guru menginformasikan bahwa drama akan ditampilkan pada pertemuan berikutnya.
o    Siswa melakukan perenungan dengan menjawab pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa.
o    Guru dapat menambahkan pertanyaan perenungan berdasarkan panduan yang terdapat pada lampiran 1.

Pengayaan
o    Siswa dapat menggali informasi lebih lanjut tentang polusi udara dan cara menyikapinya karena hal ini sangat erat kaitannya dengan kesehatan. Siswa dapat menggali informasi dari berbagai sumber (buku perpustakaan, majalah, surat kabar, internet, dan narasumber). Kegiatan ini dapat disesuaikan dengan
o    sumber belajar yang terdapat di sekolah masing-masing).

Remedial
o    Siswa yang belum tuntas dalam memahami penerapan campuran dan larutan akan mengikuti program remedial. Guru dapat membantu siswa dengan memberikan siswa contoh konkret yang ditemui di sekitar mereka dan melakukan percobaan tentang campuran dan larutan. Remedial dilaksanakan selama 30 menit setelah jam sekolah.
o    Remedial juga diberikan untuk pelajaran lain bagi siswa yang belum tuntas dalam menguasai konsep.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15    menit

E.       Penilaian :
1.      Aspek yang dinilai; a.Penilaian Sikap
                                              b.Penilaian Pengetahuan
                                              c. Penilaian Ketrampilan          
2.      Jenis penilaian;       a. observasi
                                        b.tertulis,lisan
                                        c . praktek,projek
3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;



1.        Penilaian
1. Bahasa Indonesia dinilai dengan rubrik laporan
No
Aspek yang di nilai
Pertanyaan Pemandu
Skor

4
3
2
1
1
Isi dan data
pendukung
Apakah isi laporan dan data
pendukung sesuai dengan
tujuan yang ditetapkan?




2
Keterbacaan laporan
Apakah laporan mudah
dibaca dipahami?




3
Bahasa dan struktur
kalimat
Apakah menggunakan
kosakata baku dan struktur
kalimat yang tepat?




4
Keakuratan data
dengan data yang
sebenarnya
Apakah data pada
laporan sesuai dengan
data sebenarnya?
Apakah laporan berisi
fakta yang diamati bukan
pendapat penulis?




5
Ketepatan ejaan dan
tanda baca
Apakah penggunaan
ejaan/tanda baca pada
semua tulisan benar?





2.      IPA dinilai dengan rubrik
Kriteria
Baik Sekali
Baik
cukup
Perlu bimbingan
4
3
2
1
Pemahaman
Konsep
Memperlihatkan
pemahaman
konsep dengan
menunjukkan
bukti
pendukung dan
menyampaikan
pemahaman inti
dari konsep yang
sedang dipelajari
dengan benar
Memperlihatkan
pemahaman
konsep dengan
menunjukkan
bukti pendukung
namun perlu
bantuan saat
menyampaikan
pemahaman inti
dari konsep yang
yang sedang
dipelajari
Memperlihatkan
pemahaman
konsep dengan
menunjukkan
bukti yang
terbatas dan
penyampaian
pemahaman
inti dari konsep
tidak jelas
Perlu
bimbingan saat
menyampaikan
bukti dan
pemahaman
inti dari konsep
yang dipelajari
Komunikasi
Informasi
disampaikan
dengan jelas,
obyektif dengan
didukung data
penunjang
Informasi
disampaikan
dengan jelas
dan didukung
sebagian data
penunjang
Informasi
disampaikan
dengan jelas
namun hanya
didukung
sebagian kecil
data penunjang
Informasi
disampaikan
dengan kurang
jelas dan tanpa
data penunjang
Prosedur dan
strategi
Seluruh data
dicatat dan
disajikan secara
sistematis,
runtut, dan
mandiri
Seluruh data
dicatat dan
disajikan secara
sistematis
dan runtut,
namun masih
membutuhkan
bimbingan
Sebagian besar
data dicatat,
secara sistematis
setelah
mendapat
bantuan guru
Sebagian kecil
data dicatat dan
tidak sistematis

3. IPS dinilai dengan daftar periksa.
No
Kriteria
Ketercapaian

SB
B
C
K
1
Siswa mampu menjelaskan
kaitan antara interaksi
manusia dengan lingkungan
alam




2
Siswa mampu menyebutkan
3 contoh sikap baik yang
dilakukan manusia sehingga
memberi pengaruh positif
terhadap lingkungan




3
Siswa mampu menyebutkan
3 contoh sikap yang
tidak baik yang dilakukan
manusia sehingga
menimbulkan pengaruh
yang tidak baik terhadap
lingkungan





Catatan:
SB = Sangat Baik
B = Baik
C = Cukup
K = Kurang

4. Penilaian sikap (disiplin, kerja sama)
(Penilaian sikap Terlampir)


F.       Media, Alat Bantu dan Sumber Belajar

  1. Buku-buku, majalah, surat kabar sebagai bahan Pengayaan bagi siswa.




Mengetahui,                                                                        Beureunuen, ……….….,  2016
Kepala SD Negeri 3 Beureunuen                                        Guru Kelas VI,



CHAIRUNNISA, S.Pd                                                     BACHTIAR, S.Pd
NIP.19700312 199402 2 002                                             NIP. 19800611 200504 1 001








LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)




Setelah melakukan wawancara, berdiskusi, dan membaca teks. Siswa menjawa pertanyaan berikut.
1.        Apa hubungan sebab-akibat antara kesehatan masyarakat dan perilaku hidup sehat? Siswa menulis jawabannya dengan mencantumkan kegiatan secara detail dan manfaatnya pada diagram berikut.
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................    


2.        Mengapa kita perlu mengetahui campuran dan larutan yang terdapat pada makanan dan minuman sebelum mengonsumsinya?
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................


MEDIA
TEMA 6 KELAS 6 SUB 3 PB 2

TEMA 6 KELAS 6 SUB 3 PB 1

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors