RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : Sekolah Dasar 3
Beureunuen
Kelas/Semester : VI/ I
Tema 6 : Menuju Masyarakat Sehat
Sub
Tema 3/ Pembelajaran : Membangun Masyarakat Sehat / 4
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
KOMPETENSI INTI :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B.
KOMPETENSI DASAR (KD) / INDIKATOR
a)
Matematika
1.1 Menerima,
menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan
sikap cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin
waktu, tidak mudah menyerah serta bertanggung jawab dalam mengerjakan tugas
2.2 Menunjukkan
sikap berpikir logis, kritis, dan kreatif
3.12 Memahami
kuesioner/ lembar isian sederhana sebagai sarana yang akurat untuk mendapatkan informasi
tertentu
4.11 Mengumpulkan
data menggunakan kuesioner sederhana, mengolah, dan memaparkan data dalam
bentuk tabel dan grafik yang sesuai
4.11.1 Menjelaskan
cara menyajikan data dalam bentuk grafik
4.12 Menarik
kesimpulan berdasarkan data hasil pengamatan yang diolah menggunakan statistic sederhana,
tabel, dan grafik
4.12.1
Menyajikan data
dalam bentuk grafik
b) PPKn
1.1 Menghargai
semangat kebhinnekatunggalikaan dan keragaman agama, suku bangsa, pakaian tradisional,
bahasa,rumah adat, makanan khas, dan upacara adat, sosial, dan ekonomi dalam kehidupan
bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
1.2 Menerima
keberadaan Tuhan Yang Maha Esa atas sekitar penciptaan manusia dan bahasa yang
beragam serta benda-benda di alam
2.1 Menunjukkan
perilaku bertanggung jawab dan rela berkorban dalam keluarga, sekolah, dan
lingkungan sebagai perwujudan nilai dan moral Pancasila
3.3 Memahami
manfaat keanekaragaman sosial, budaya dan ekonomi dalam bingkai Bhinneka
Tunggal Ika yang ada di Indonesia
3.3.1 Menguraikan
makna yang terkandung dalam drama tentang kerja sama menuju masyrakat sehat
4.3 Melaporkan
secara lisan dan tulisan keterlibatan kerja sama dengan anggota masyarakat yang
beragam dalam melaksanakan kegiatan di lingkungan rumah, sekolah, dan
masyarakat
4.3.1 Menampilkan
drama tentang kerja sama dalam menuju masyarakat sehat
c) Bahasa Indonesia
1.1 Meresapi makna
anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang diakui sebagai sarana
yang lebih unggul daripada bahasa lain untuk memperoleh ilmu pengetahuan
1.2 Meresapi makna
anugerah Tuhan yang Maha Esa atas keberadaan ciri khusus makhluk hidup,
hantaran panas, energi listrik dan perubahannya, serta tata surya
2.1 Memiliki
kepedulian dan tanggung jawab tentang ciri khusus makhluk hidup dan lingkungan
melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.1 Menggali
informasi dari teks laporan investigasi tentang cirri khusus makhluk hidup dan lingkungan,
serta campuran dan larutan dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia
lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
3.1.1 Menjelaskan
proses dan isi yang terkandung dalam penampilan drama tentang kerja sama menuju
masyarakat sehat
4.1 Mengamati,
mengolah, dan menyajikan teks laporan investigasi tentang ciri khusus makhluk hidup
dan lingkungan, serta campuran dan larutan secara mandiri dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.1.1 Menulis
laporan berdasarkan pengamatan tentang penampilan drama tentang kerja sama menuju
masyarakat sehat
C.
DESKRIPSI MATERI
PELAJARAN :
- Membaca dan menganalisis data
- Menampilkan drama tentang kerja sama menuju masyarakat sehat
- Menulis laporan tentang proses dan kandungan drama
D.
KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4. Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa
kelompok
6. Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran
yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7. Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan
yaitu tentang “Menuju Masyarakat
Sehat”.
8. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Siswa mengamati informasi tentang perkembangan berat
badan dan tinggi Amir.
o
Siswa membuat tabel tentang perkembangan berat badan
dan tinggi Amir.
o
Siswa membuat 2 grafik garis untuk menunjukkan
perkembangan berat badan dan tinggi Amir pada kertas berpetak yang terdapat
dalam buku siswa.
o
Siswa menjawab pertanyaan yang terdapat dalam buku
siswa.
o
Siswa menjelaskan informasi penting yang mereka
ketahui dari tabel dan grafik tersebut.
o
Siswa menghitung rata-rata pertambahan berat badan
Amir setiap bulannya.
o
Siswa menghitung rata-rata pertambahan tinggi Amir
setiap bulannya.
o
Siswa menulis kesimpulanmu setelah menganalisis data
dan grafik pertumbuhan badan Amir.
o
Setelah mengamati dan menganalisis perkembangan
berat badan dan tinggi Amir, siswa menulis laporan berdasarkan pengamatan dan
data yang ada.
o
Siswa menulis laporan dengan mencantumkan hal-hal
berikut: pembukaan yang berisikan tujuan, isi, dan kesimpulan.
o
Guru menyampaikan kepada siswa.
o
Untuk menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat, maka
diperlukan kerja sama dari setiap anggota keluarga.
o
Untuk itu, siswa akan bermain peran secara
berkelompok yang terdiri atas 8 orang.
o
Tema yang akan ditampilkan adalah Membangun
Masyarakat Sehat melalui
o
Pola Hidup Bersih dan Sehat serta pentingnya
interaksi dan kerja sama antar anggota masyarakat.
o
Setiap kelompok
berdiskusi tentang pembagian peran.
o
Siswa menulis naskah drama dengan durasi
penampilan 10 menit untuk masing-masing kelompok.
o
Setelah menyelesaikan
skenario, setiap kelompok diberi kesempatan untuk berlatih.
o
Setelah berlatih,
siswa saling memberi masukan agar penampilan berikutnya lebih baik.
o
Guru
menginformasikan bahwa drama akan ditampilkan pada pertemuan berikutnya.
o
Siswa melakukan
perenungan dengan menjawab pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa.
o
Guru dapat
menambahkan pertanyaan perenungan berdasarkan panduan yang terdapat pada
lampiran 1.
Pengayaan
o
Siswa dapat
menggali informasi lebih lanjut tentang polusi udara dan cara menyikapinya
karena hal ini sangat erat kaitannya dengan kesehatan. Siswa dapat menggali
informasi dari berbagai sumber (buku perpustakaan, majalah, surat kabar,
internet, dan narasumber). Kegiatan ini dapat disesuaikan dengan
o
sumber belajar
yang terdapat di sekolah masing-masing).
Remedial
o
Siswa yang belum
tuntas dalam memahami penerapan campuran dan larutan akan mengikuti program
remedial. Guru dapat membantu siswa dengan memberikan siswa contoh konkret
yang ditemui di sekitar mereka dan melakukan percobaan tentang campuran dan
larutan. Remedial dilaksanakan selama 30 menit setelah jam sekolah.
o
Remedial juga
diberikan untuk pelajaran lain bagi siswa yang belum tuntas dalam menguasai
konsep.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1. Bersama-sama dengan siswa membuat
kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4. Menyampaikan pesan moral/belajar.
5. Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E.
Penilaian :
1.
Aspek
yang dinilai; a.Penilaian Sikap
b.Penilaian Pengetahuan
c. Penilaian Ketrampilan
2.
Jenis
penilaian; a.
observasi
b.tertulis,lisan
c . praktek,projek
3.
Instrumen
Penilaian
4.
Rubrik
dan Penskoran Nilai;
1.
Penilaian
1. Bahasa Indonesia dinilai dengan rubrik laporan
No
|
Aspek yang di nilai
|
Pertanyaan
Pemandu
|
Skor
|
|||
4
|
3
|
2
|
1
|
|||
1
|
Isi dan
data
pendukung
|
Apakah
isi laporan dan data
pendukung
sesuai dengan
tujuan yang
ditetapkan?
|
||||
2
|
Keterbacaan laporan
|
Apakah
laporan mudah
dibaca dipahami?
|
||||
3
|
Bahasa
dan struktur
kalimat
|
Apakah
menggunakan
kosakata
baku dan struktur
kalimat
yang tepat?
|
||||
4
|
Keakuratan
data
dengan
data yang
sebenarnya
|
Apakah
data pada
laporan
sesuai dengan
data
sebenarnya?
Apakah
laporan berisi
fakta
yang diamati bukan
pendapat
penulis?
|
||||
5
|
Ketepatan
ejaan dan
tanda
baca
|
Apakah
penggunaan
ejaan/tanda
baca pada
semua
tulisan benar?
|
2.
IPA dinilai dengan
rubrik
Kriteria
|
Baik Sekali
|
Baik
|
cukup
|
Perlu bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Pemahaman
Konsep
|
Memperlihatkan
pemahaman
konsep
dengan
menunjukkan
bukti
pendukung
dan
menyampaikan
pemahaman
inti
dari
konsep yang
sedang
dipelajari
dengan benar
|
Memperlihatkan
pemahaman
konsep
dengan
menunjukkan
bukti
pendukung
namun
perlu
bantuan
saat
menyampaikan
pemahaman
inti
dari
konsep yang
yang
sedang
dipelajari
|
Memperlihatkan
pemahaman
konsep
dengan
menunjukkan
bukti
yang
terbatas
dan
penyampaian
pemahaman
inti dari
konsep
tidak jelas
|
Perlu
bimbingan
saat
menyampaikan
bukti dan
pemahaman
inti dari
konsep
yang dipelajari
|
Komunikasi
|
Informasi
disampaikan
dengan
jelas,
obyektif
dengan
didukung
data
penunjang
|
Informasi
disampaikan
dengan
jelas
dan
didukung
sebagian
data
penunjang
|
Informasi
disampaikan
dengan
jelas
namun
hanya
didukung
sebagian
kecil
data penunjang
|
Informasi
disampaikan
dengan
kurang
jelas dan
tanpa
data penunjang
|
Prosedur
dan
strategi
|
Seluruh
data
dicatat
dan
disajikan
secara
sistematis,
runtut,
dan
mandiri
|
Seluruh
data
dicatat
dan
disajikan
secara
sistematis
dan
runtut,
namun
masih
membutuhkan
bimbingan
|
Sebagian
besar
data
dicatat,
secara
sistematis
setelah
mendapat
bantuan guru
|
Sebagian
kecil
data
dicatat dan
tidak sistematis
|
3. IPS dinilai dengan daftar periksa.
No
|
Kriteria
|
Ketercapaian
|
|||
SB
|
B
|
C
|
K
|
||
1
|
Siswa
mampu menjelaskan
kaitan
antara interaksi
manusia
dengan lingkungan
alam
|
||||
2
|
Siswa
mampu menyebutkan
3 contoh
sikap baik yang
dilakukan
manusia sehingga
memberi
pengaruh positif
terhadap lingkungan
|
||||
3
|
Siswa
mampu menyebutkan
3 contoh
sikap yang
tidak
baik yang dilakukan
manusia
sehingga
menimbulkan
pengaruh
yang
tidak baik terhadap
lingkungan
|
Catatan:
SB = Sangat Baik
B = Baik
C = Cukup
K = Kurang
4. Penilaian sikap
(disiplin, kerja sama)
(Penilaian sikap Terlampir)
F.
Media,
Alat Bantu dan
Sumber Belajar
- Buku-buku, majalah, surat kabar sebagai bahan Pengayaan bagi siswa.
Mengetahui, Beureunuen,
……….…., 2016
Kepala SD Negeri
3 Beureunuen Guru Kelas VI,
CHAIRUNNISA, S.Pd BACHTIAR, S.Pd
NIP.19700312 199402 2 002 NIP. 19800611
200504 1 001
LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)
Setelah melakukan wawancara,
berdiskusi, dan membaca teks. Siswa menjawa pertanyaan berikut.
1.
Apa hubungan
sebab-akibat antara kesehatan masyarakat dan perilaku hidup sehat? Siswa
menulis jawabannya dengan mencantumkan kegiatan secara detail dan manfaatnya
pada diagram berikut.
..........................................................................................................................................................................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
2.
Mengapa kita perlu mengetahui campuran dan larutan yang terdapat pada makanan
dan minuman sebelum mengonsumsinya?
..........................................................................................................................................................................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
MEDIA
TEMA 6 KELAS 6 SUB 3 PB 1
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment