Home » » TEMA 6 KELAS 6 SUB 3 PB 5

TEMA 6 KELAS 6 SUB 3 PB 5

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Friday 13 January 2017



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                      : Sekolah Dasar 3 Beureunuen
Kelas/Semester                           : VI/ I
Tema 6                                       : Menuju Masyarakat Sehat
Sub Tema 3/ Pembelajaran          : Membangun Masyarakat Sehat / 5
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A.      KOMPETENSI INTI :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B.       KOMPETENSI DASAR (KD) / INDIKATOR
a)      PPKn
1.1 Menghargai semangat kebhinnekatunggalikaan dan keragaman agama, suku bangsa, pakaian tradisional, bahasa,rumah adat, makanan khas, dan upacara adat, sosial, dan ekonomi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
1.2 Menerima keberadaan Tuhan Yang Maha Esa atas sekitar penciptaan manusia dan bahasa yang beragam serta benda-benda di alam
2.1 Menunjukkan perilaku bertanggung jawab dan rela berkorban dalam keluarga, sekolah, dan lingkungan sebagai perwujudan nilai dan moral Pancasila
3.3 Memahami manfaat keanekaragaman sosial, budaya dan ekonomi dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika yang ada di Indonesia
3.3.1 Menguraikan makna yang terkandung dalam drama tentang kerja sama menuju masyarakat sehat
4.3 Melaporkan secara lisan dan tulisan keterlibatan kerja sama dengan anggota masyarakat yang beragam dalam melaksanakan kegiatan di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat
4.3.1 Menampilkan drama tentang kerja sama dalam menuju masyarakat sehat

b)       SBdP
1.1 Mengapresiasi karya seni sebagai anugerah Tuhan dan memiliki rasa bangga terhadap tanah air
2.2 Menghargai alam dan lingkungan sekitar sebagai sumber ide dalam berkarya seni
3.1 Mengenal karya dua dan tiga dimensi berdasarkan prinsip seni dan karya seni rupa nusantara
3.1.1 Menjelaskan bahan dan cara membuat hiasan dinding dari sampah organik (bahan alam)
4.16 Membuat produk olahan sampah organik atau sampah anorganik di lingkungan sekitar
4.16.1 Membuat hiasan dinding dari sampah organik (bahan alam)

c)        Matematika
1.1 Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan sikap cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu, tidak mudah menyerah serta bertanggung jawab dalam mengerjakan tugas
2.2 Menunjukkan sikap berpikir logis, kritis, dan kreatif
3.11 Memahami kuesioner/ lembar isian sederhana sebagai sarana yang akurat untuk mendapatkan informasi tertentu
4.11 Mengumpulkan data menggunakan kuesioner sederhana, mengolah, dan memaparkan data dalam bentuk tabel dan grafik yang sesuai
4.11.1 Mendata berat dan tinggi siswa di kelas
4.12 Menarik kesimpulan berdasarkan data hasil pengamatan yang diolah menggunakan statistic sederhana, tabel, dan grafik
4.12.1 Menghitung rata-rata, median, dan modus dari data berat dan tinggi badan teman satu kelas

C.      DESKRIPSI MATERI PELAJARAN :

  1. Menampilkan drama tentang kerja sama menuju masyarakat sehat (lanjutan)
  2. Membuat hiasan dinding dari bahan alam
  3. Melakukan eksplorasi untuk menghitung rata-rata, median, dan modus

D.      KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Menuju Masyarakat Sehat”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Guru menyampaikan kepada siswa:
o   Kamu telah merancang skenario dan berlatih bermain peran tentang Pola Hidup Bersih dan
o   Sehat. Sekarang saatnya kamu menampilkan drama dengan kelompokmu.
o   Guru menyampaikan kepada siswa bahwa setiap kelompok akan menampilkan drama. Setiap kelompok diberi kesempatan tampil selama sepuluh menit.
o   Siswa yang tidak tampil, membuat catatan tentang penampilan dari kelompok lain.
o   Catatan tersebut berisi komentar tentang kelebihan dan masukan untuk kelompok lain yang akan disampaikan pada akhir penampilan seluruh kelompok.
o   Siswa akan melanjutkan untuk membuat hiasan dinding dari bahan alam yang telah mereka kerjakan di pertemuan sebelumnya secara berkelompok.
o   Siswa mendiskusikan dalam kelompok mereka tentang pembagian tugas yang efektif.
o   Setelah dilakukan pembagian tugas yang jelas, siswa dapat menempelkan bahan pewangi dari alam seperti serai, kayu manis, daun salam, cengkih, mawar, melati, dan bahan alam lainnya yang ada di sekitar mereka.
o   Setelah selesai membuat hiasan dinding, siswa menceritakan cara dan proses membuatnya.
o    Siswa dapat menceritakan tujuan, bahan dan alat yang digunakan, proses pembuatan, pembagian kerja dalam kelompok, nilai kerja sama, interaksi antaranggota kelompok, kendala yang dihadapi, serta kesimpulan.
o   Siswa mengumpulkan data tentang berat badan dan tinggi teman sekelasnya.
o   Untuk mendapatkan data tersebut, siswa harus menimbang berat badan dan mengukur tinggi temannya.
o   Siswa memerlukan meteran dan timbangan badan untuk kegiatan ini.
o   Data yang sudah dikumpulkan akan disajikan dalam bentuk tabel dan grafik.
o   Siswa menghitung nilai rata-rata, median, dan modus dari data tersebut.
o   Siswa mempresentasikan data yang sudah mereka olah secara berkelompok.
o   Siswa melakukan perenungan dengan menjawab pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa.
o   Guru dapat menambahkan pertanyaan perenungan berdasarkan panduan yang terdapat pada lampiran 1, halaman 165, Buku Guru.

Pengayaan
o   Siswa berlatih berbagai jenis data dan tabel dan mencari rata-rata, median, dan modus dari data tersebut.

Remedial
o   Siswa yang belum tuntas dalam memahami tentang nilai rata-rata, median, dan modus (menyelesaikan kurang dari 50% soal dengan benar) akan mengikuti program remedial. Guru dapat memberi contoh data dan memandu siswa menghitung nilai rata-rata, median, dan modus. Guru mengajarkan kembali konsep secara bertahap dimulai dari yang mudah dipahami. Remedial dilaksanakan selama 30 menit setelah jam sekolah.
o   Remedial juga diberikan untuk pelajaran lain bagi siswa yang belum tuntas dalam menguasai konsep.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15    menit

E.       Penilaian :
1.      Aspek yang dinilai; a.Penilaian Sikap
                                              b.Penilaian Pengetahuan
                                              c. Penilaian Ketrampilan          
2.      Jenis penilaian;       a. observasi
                                        b.tertulis,lisan
                                        c . praktek,projek
3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;



1.        Penilaian
1. Bahasa Indonesia dinilai dengan rubrik laporan
No
Aspek yang di nilai
Pertanyaan Pemandu
Skor

4
3
2
1
1
Isi dan data
pendukung
Apakah isi laporan dan data pendukung sesuai dengan tujuan yang ditetapkan?




2
Keterbacaan laporan
Apakah laporan mudah
dibaca dipahami?




3
Bahasa dan struktur
kalimat
Apakah menggunakan
kosakata baku dan struktur kalimat yang tepat?




4
Keakuratan data
dengan data yang
sebenarnya
Apakah data pada
laporan sesuai dengan
data sebenarnya?
Apakah laporan berisi
fakta yang diamati bukan
pendapat penulis?




5
Ketepatan ejaan dan
tanda baca
Apakah penggunaan
ejaan/tanda baca pada
semua tulisan benar?





2.      IPA dinilai dengan rubrik
Kriteria
Baik Sekali
Baik
cukup
Perlu bimbingan
4
3
2
1
Pemahaman
Konsep
Memperlihatkan
pemahaman
konsep dengan
menunjukkan
bukti
pendukung dan
menyampaikan
pemahaman inti
dari konsep yang
sedang dipelajari
dengan benar
Memperlihatkan
pemahaman
konsep dengan
menunjukkan
bukti pendukung
namun perlu
bantuan saat
menyampaikan
pemahaman inti
dari konsep yang
yang sedang dipelajari
Memperlihatkan
pemahaman
konsep dengan
menunjukkan
bukti yang
terbatas dan
penyampaian
pemahaman
inti dari konsep
tidak jelas
Perlu
bimbingan saat
menyampaikan
bukti dan
pemahaman
inti dari konsep
yang dipelajari
Komunikasi
Informasi
disampaikan
dengan jelas,
obyektif dengan
didukung data
penunjang
Informasi
disampaikan
dengan jelas
dan didukung
sebagian data penunjang
Informasi
disampaikan
dengan jelas
namun hanya
didukung sebagian kecil data penunjang
Informasi
disampaikan
dengan kurang
jelas dan tanpa data penunjang
Prosedur dan
strategi
Seluruh data
dicatat dan
disajikan secara
sistematis,
runtut, dan
mandiri
Seluruh data
dicatat dan
disajikan secara
sistematis
dan runtut,
namun masih
membutuhkan
bimbingan
Sebagian besar
data dicatat,
secara sistematis
setelah
mendapat
bantuan guru
Sebagian kecil
data dicatat dan
tidak sistematis

3. IPS dinilai dengan daftar periksa.
No
Kriteria
Ketercapaian

SB
B
C
K
1
Siswa mampu menjelaskan kaitan antara interaksi manusia dengan lingkungan alam




2
Siswa mampu menyebutkan 3 contoh sikap baik yang dilakukan manusia sehingga memberi pengaruh positif
terhadap lingkungan




3
Siswa mampu menyebutkan 3 contoh sikap yang tidak baik yang dilakukan
manusia sehingga menimbulkan pengaruh yang tidak baik terhadap
lingkungan





Catatan:
SB = Sangat Baik
B = Baik
C = Cukup
K = Kurang

4. Penilaian sikap (disiplin, kerja sama)
(Penilaian sikap Terlampir)


F.       Media, Alat Bantu dan Sumber Belajar

  1. Timbangan
  2.  Meteran
  3.  Bahan alam yang sudah dikeringkan (buah pinus, kayu manis, serai, dll.)

 
Mengetahui,                                                                        Beureunuen, ……….….,  2016
Kepala SD Negeri 3 Beureunuen                                        Guru Kelas VI,



CHAIRUNNISA, S.Pd                                                     BACHTIAR, S.Pd
NIP.19700312 199402 2 002                                             NIP. 19800611 200504 1 001







LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)

Setelah melakukan wawancara, berdiskusi, dan membaca teks. Siswa menjawa pertanyaan berikut.

1.        Apa hubungan sebab-akibat antara kesehatan masyarakat dan perilaku hidup sehat? Siswa menulis jawabannya dengan mencantumkan kegiatan secara detail dan manfaatnya pada diagram berikut.

 ........................................................................................................................................
 ........................................................................................................................................
........................................................................................................................................
........................................................................................................................................
........................................................................................................................................
........................................................................................................................................ 
........................................................................................................................................

2.        Mengapa kita perlu mengetahui campuran dan larutan yang terdapat pada makanan dan minuman sebelum mengonsumsinya?
 
........................................................................................................................................
 ........................................................................................................................................
........................................................................................................................................
........................................................................................................................................
........................................................................................................................................
........................................................................................................................................ 
........................................................................................................................................




MEDIA
TEMA 6 KELAS 6 SUB 3 PB 3

TEMA 6 KELAS 6 SUB 3 PB 3


Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors