RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : Sekolah Dasar 3
Beureunuen
Kelas/Semester : VI/ I
Tema 6 : Menuju Masyarakat Sehat
Sub
Tema 3/ Pembelajaran : Membangun Masyarakat Sehat / 5
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
KOMPETENSI INTI :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B.
KOMPETENSI DASAR (KD) / INDIKATOR
a)
PPKn
1.1 Menghargai
semangat kebhinnekatunggalikaan dan keragaman agama, suku bangsa, pakaian tradisional,
bahasa,rumah adat, makanan khas, dan upacara adat, sosial, dan ekonomi dalam kehidupan
bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
1.2 Menerima
keberadaan Tuhan Yang Maha Esa atas sekitar penciptaan manusia dan bahasa yang
beragam serta benda-benda di alam
2.1 Menunjukkan
perilaku bertanggung jawab dan rela berkorban dalam keluarga, sekolah, dan
lingkungan sebagai perwujudan nilai dan moral Pancasila
3.3 Memahami
manfaat keanekaragaman sosial, budaya dan ekonomi dalam bingkai Bhinneka
Tunggal Ika yang ada di Indonesia
3.3.1 Menguraikan
makna yang terkandung dalam drama tentang kerja sama menuju masyarakat sehat
4.3 Melaporkan
secara lisan dan tulisan keterlibatan kerja sama dengan anggota masyarakat yang
beragam dalam melaksanakan kegiatan di lingkungan rumah, sekolah, dan
masyarakat
4.3.1 Menampilkan
drama tentang kerja sama dalam menuju masyarakat sehat
b)
SBdP
1.1 Mengapresiasi
karya seni sebagai anugerah Tuhan dan memiliki rasa bangga terhadap tanah air
2.2 Menghargai alam
dan lingkungan sekitar sebagai sumber ide dalam berkarya seni
3.1 Mengenal karya
dua dan tiga dimensi berdasarkan prinsip seni dan karya seni rupa nusantara
3.1.1 Menjelaskan
bahan dan cara membuat hiasan dinding dari sampah organik (bahan alam)
4.16 Membuat produk
olahan sampah organik atau sampah anorganik di lingkungan sekitar
4.16.1 Membuat
hiasan dinding dari sampah organik (bahan alam)
c)
Matematika
1.1 Menerima,
menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan
sikap cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin
waktu, tidak mudah menyerah serta bertanggung jawab dalam mengerjakan tugas
2.2 Menunjukkan
sikap berpikir logis, kritis, dan kreatif
3.11 Memahami
kuesioner/ lembar isian sederhana sebagai sarana yang akurat untuk mendapatkan informasi
tertentu
4.11 Mengumpulkan
data menggunakan kuesioner sederhana, mengolah, dan memaparkan data dalam
bentuk tabel dan grafik yang sesuai
4.11.1 Mendata
berat dan tinggi siswa di kelas
4.12 Menarik
kesimpulan berdasarkan data hasil pengamatan yang diolah menggunakan statistic sederhana,
tabel, dan grafik
4.12.1 Menghitung
rata-rata, median, dan modus dari data berat dan tinggi badan teman satu kelas
C.
DESKRIPSI MATERI
PELAJARAN :
- Menampilkan drama tentang kerja sama menuju masyarakat sehat (lanjutan)
- Membuat hiasan dinding dari bahan alam
- Melakukan eksplorasi untuk menghitung rata-rata, median, dan modus
D.
KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4. Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa
kelompok
6. Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran
yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7. Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan
yaitu tentang “Menuju Masyarakat
Sehat”.
8. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Guru menyampaikan
kepada siswa:
o
Kamu telah
merancang skenario dan berlatih bermain peran tentang Pola Hidup Bersih dan
o
Sehat. Sekarang
saatnya kamu menampilkan drama dengan kelompokmu.
o
Guru menyampaikan
kepada siswa bahwa setiap kelompok akan menampilkan drama. Setiap kelompok
diberi kesempatan tampil selama sepuluh menit.
o
Siswa yang tidak
tampil, membuat catatan tentang penampilan dari kelompok lain.
o
Catatan tersebut
berisi komentar tentang kelebihan dan masukan untuk kelompok lain yang akan
disampaikan pada akhir penampilan seluruh kelompok.
o
Siswa akan
melanjutkan untuk membuat hiasan dinding dari bahan alam yang telah mereka
kerjakan di pertemuan sebelumnya secara berkelompok.
o
Siswa
mendiskusikan dalam kelompok mereka tentang pembagian tugas yang efektif.
o
Setelah dilakukan
pembagian tugas yang jelas, siswa dapat menempelkan bahan pewangi dari alam
seperti serai, kayu manis, daun salam, cengkih, mawar, melati, dan bahan alam
lainnya yang ada di sekitar mereka.
o
Setelah selesai
membuat hiasan dinding, siswa menceritakan cara dan proses membuatnya.
o
Siswa dapat menceritakan tujuan, bahan dan
alat yang digunakan, proses pembuatan, pembagian kerja dalam kelompok, nilai
kerja sama, interaksi antaranggota kelompok, kendala yang dihadapi, serta kesimpulan.
o
Siswa mengumpulkan data tentang berat badan dan
tinggi teman sekelasnya.
o
Untuk mendapatkan data tersebut, siswa harus
menimbang berat badan dan mengukur tinggi temannya.
o
Siswa memerlukan meteran dan timbangan badan untuk
kegiatan ini.
o
Data yang sudah dikumpulkan akan disajikan dalam
bentuk tabel dan grafik.
o
Siswa menghitung nilai rata-rata, median, dan modus
dari data tersebut.
o
Siswa mempresentasikan data yang sudah mereka olah
secara berkelompok.
o
Siswa melakukan perenungan dengan menjawab
pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa.
o
Guru dapat menambahkan pertanyaan perenungan
berdasarkan panduan yang terdapat pada lampiran 1, halaman 165, Buku Guru.
Pengayaan
o
Siswa berlatih berbagai jenis data dan tabel dan
mencari rata-rata, median, dan modus dari data tersebut.
Remedial
o
Siswa yang belum tuntas dalam memahami tentang nilai
rata-rata, median, dan modus (menyelesaikan kurang dari 50% soal dengan
benar) akan mengikuti program remedial. Guru dapat memberi contoh data dan memandu
siswa menghitung nilai rata-rata, median, dan modus. Guru mengajarkan kembali
konsep secara bertahap dimulai dari yang mudah dipahami. Remedial
dilaksanakan selama 30 menit setelah jam sekolah.
o
Remedial juga diberikan untuk pelajaran lain bagi
siswa yang belum tuntas dalam menguasai konsep.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1. Bersama-sama dengan siswa membuat
kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4. Menyampaikan pesan moral/belajar.
5. Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E.
Penilaian :
1.
Aspek
yang dinilai; a.Penilaian Sikap
b.Penilaian Pengetahuan
c. Penilaian Ketrampilan
2.
Jenis
penilaian; a.
observasi
b.tertulis,lisan
c . praktek,projek
3.
Instrumen
Penilaian
4.
Rubrik
dan Penskoran Nilai;
1.
Penilaian
1. Bahasa Indonesia dinilai dengan rubrik laporan
No
|
Aspek yang di nilai
|
Pertanyaan
Pemandu
|
Skor
|
|||
4
|
3
|
2
|
1
|
|||
1
|
Isi dan
data
pendukung
|
Apakah
isi laporan dan data pendukung
sesuai dengan tujuan yang
ditetapkan?
|
||||
2
|
Keterbacaan laporan
|
Apakah
laporan mudah
dibaca dipahami?
|
||||
3
|
Bahasa
dan struktur
kalimat
|
Apakah
menggunakan
kosakata
baku dan struktur kalimat
yang tepat?
|
||||
4
|
Keakuratan
data
dengan
data yang
sebenarnya
|
Apakah
data pada
laporan
sesuai dengan
data
sebenarnya?
Apakah
laporan berisi
fakta
yang diamati bukan
pendapat
penulis?
|
||||
5
|
Ketepatan
ejaan dan
tanda
baca
|
Apakah
penggunaan
ejaan/tanda
baca pada
semua
tulisan benar?
|
2.
IPA dinilai dengan
rubrik
Kriteria
|
Baik Sekali
|
Baik
|
cukup
|
Perlu bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Pemahaman
Konsep
|
Memperlihatkan
pemahaman
konsep
dengan
menunjukkan
bukti
pendukung
dan
menyampaikan
pemahaman
inti
dari
konsep yang
sedang
dipelajari
dengan benar
|
Memperlihatkan
pemahaman
konsep
dengan
menunjukkan
bukti
pendukung
namun
perlu
bantuan
saat
menyampaikan
pemahaman
inti
dari
konsep yang
yang
sedang dipelajari
|
Memperlihatkan
pemahaman
konsep
dengan
menunjukkan
bukti
yang
terbatas
dan
penyampaian
pemahaman
inti dari
konsep
tidak jelas
|
Perlu
bimbingan
saat
menyampaikan
bukti dan
pemahaman
inti dari
konsep
yang dipelajari
|
Komunikasi
|
Informasi
disampaikan
dengan
jelas,
obyektif
dengan
didukung
data
penunjang
|
Informasi
disampaikan
dengan
jelas
dan
didukung
sebagian
data penunjang
|
Informasi
disampaikan
dengan
jelas
namun
hanya
didukung sebagian
kecil data penunjang
|
Informasi
disampaikan
dengan kurang
jelas dan
tanpa data penunjang
|
Prosedur
dan
strategi
|
Seluruh
data
dicatat
dan
disajikan
secara
sistematis,
runtut,
dan
mandiri
|
Seluruh
data
dicatat
dan
disajikan
secara
sistematis
dan
runtut,
namun
masih
membutuhkan
bimbingan
|
Sebagian
besar
data dicatat,
secara
sistematis
setelah
mendapat
bantuan guru
|
Sebagian
kecil
data
dicatat dan
tidak sistematis
|
3. IPS dinilai dengan daftar periksa.
No
|
Kriteria
|
Ketercapaian
|
|||
SB
|
B
|
C
|
K
|
||
1
|
Siswa
mampu menjelaskan kaitan
antara interaksi manusia
dengan lingkungan alam
|
||||
2
|
Siswa
mampu menyebutkan 3 contoh
sikap baik yang dilakukan
manusia sehingga memberi
pengaruh positif
terhadap lingkungan
|
||||
3
|
Siswa
mampu menyebutkan 3 contoh
sikap yang tidak
baik yang dilakukan
manusia
sehingga menimbulkan
pengaruh yang
tidak baik terhadap
lingkungan
|
Catatan:
SB = Sangat Baik
B = Baik
C = Cukup
K = Kurang
4. Penilaian sikap
(disiplin, kerja sama)
(Penilaian sikap Terlampir)
F.
Media,
Alat Bantu dan
Sumber Belajar
- Timbangan
- Meteran
- Bahan alam yang sudah dikeringkan (buah pinus, kayu manis, serai, dll.)
Mengetahui, Beureunuen,
……….…., 2016
Kepala SD Negeri
3 Beureunuen Guru Kelas VI,
CHAIRUNNISA, S.Pd BACHTIAR, S.Pd
NIP.19700312 199402 2 002 NIP. 19800611
200504 1 001
LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)
Setelah melakukan
wawancara, berdiskusi, dan membaca teks. Siswa menjawa pertanyaan berikut.
1.
Apa hubungan
sebab-akibat antara kesehatan masyarakat dan perilaku hidup sehat? Siswa
menulis jawabannya dengan mencantumkan kegiatan secara detail dan manfaatnya
pada diagram berikut.
........................................................................................................................................
........................................................................................................................................
........................................................................................................................................
........................................................................................................................................
........................................................................................................................................
........................................................................................................................................
........................................................................................................................................
2.
Mengapa kita perlu mengetahui campuran dan larutan yang terdapat pada makanan
dan minuman sebelum mengonsumsinya?
........................................................................................................................................
........................................................................................................................................
........................................................................................................................................
........................................................................................................................................
........................................................................................................................................
........................................................................................................................................
........................................................................................................................................
MEDIA
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment