Home » » TEMA 6 KELAS 6 SUB 3 PB 2

TEMA 6 KELAS 6 SUB 3 PB 2

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Friday 13 January 2017



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                      : Sekolah Dasar 3 Beureunuen
Kelas/Semester                           : VI/ I
Tema 6                                       : Menuju Masyarakat Sehat
Sub Tema 3/ Pembelajaran          : Membangun Masyarakat Sehat / 2
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A.      KOMPETENSI INTI :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B.       KOMPETENSI DASAR (KD) / INDIKATOR
a)      Matematika
1.1 Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan sikap cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu, tidak mudah menyerah serta bertanggung jawab dalam mengerjakan tugas
2.2 Menunjukkan sikap berpikir logis, kritis, dan kreatif
3.12 Memahami kuesioner/ lembar isian sederhana sebagai sarana yang akurat untuk mendapatkan informasi tertentu
4.11 Mengumpulkan data menggunakan kuesioner sederhana, mengolah, dan memaparkan data dalam bentuk tabel dan grafik yang sesuai
4.11.1 Menguraikan informasi penting yang terdapat pada grafik
4.12 Menarik kesimpulan berdasarkan data hasil pengamatan yang diolah menggunakan statistic sederhana, tabel, dan grafik
4.12.1 Menulis kesimpulan berdasarkan hasil analisis yang disajikan pada grafik

PPKn
1.1  Menghargai semangat kebhinnekatunggalikaan dan keragaman agama, suku bangsa, pakaian tradisional, bahasa,rumah adat, makanan khas, dan upacara adat, sosial, dan ekonomi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
1.2    Menerima keberadaan Tuhan Yang Maha Esa atas sekitar penciptaan manusia dan bahasa yang beragam serta benda-benda di alam
2.1 Menunjukkan perilaku bertanggung jawab dan rela berkorban dalam keluarga, sekolah, dan lingkungan sebagai perwujudan nilai dan moral Pancasila
3.3 Memahami manfaat keanekaragaman sosial, budaya dan ekonomi dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika yang ada di Indonesia
3.3.1 Mengidentifikasi perilaku yang mencerminkan nilai-nilai Pancasila (kerja sama) dalam membangun masyarakat sehat
4.3 Melaporkan secara lisan dan tulisan keterlibatan kerja sama dengan anggota masyarakat yang beragam dalam melaksanakan kegiatan di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat
4.3.1 Menceritakan pengalaman dan rencana menerapkan perilaku yang mencerminkan nilai-nilai Pancasila (kerja sama) dalam mewujudkan masyarakat sehat

SBdP
1.1 Mengapresiasi karya seni sebagai anugerah Tuhan dan memiliki rasa bangga terhadap tanah air
2.2 Menghargai alam dan lingkungan sekitar sebagai sumber ide dalam berkarya seni
3.4 Menyajikan berbagai karya kreatif dalam kegiatan pameran dan pertunjukan
3.4.1 Menjelaskan langkah-langkah membuat hiasan dari bahan alam (sampah organik)
4.16 Membuat produk olahan sampah organik atau sampah anorganik di lingkungan sekitar
4.16.1 Membuat hiasan dari bahan alam (sampah organik)

C.      DESKRIPSI MATERI PELAJARAN :
a.       Menyajikan secara lisan dan tulisan tentang interaksi manusia dengan lingkungan
b.      Menulis laporan berdasarkan teks investigasi tentang campuran yang terdapat pada udara
c.       Membuat kesimpulan berdasarkan teks laporan investigasi dengan menjawab pertanyaan

D.      KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Menuju Masyarakat Sehat”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Guru menyampaikan:
·         Membangun masyarakat bersih dan sehat adalah tanggung jawab kita bersama. Kita dapat memulai dari hal kecil yang dekat dengan kehidupan kita.
·         Lakukan sekarang juga apa yang kita mampu
o   Siswa membaca teks pengantar kegiatan.
o   Siswa kelas 6 SD Negeri Melati akan menyelenggarakan pameran tentang lingkungan. Hari ini mereka akan membuat karya seni kreatif dari bahan alam. Karya tersebut akan dijual kepada pengunjung. Hasil dari penjualan akan disumbangkan untuk masyarakat sekitar sebagai bagian dari program menuju masyarakat sehat.
o   Karya seni yang akan mereka buat adalah hiasan dinding pewangi ruangan dari bahan alam
o   Siswa mengamati gambar karya seni hiasan dinding pewangi ruangan dari bahan alam.
o   Siswa mengamati gambar karya seni hiasan dinding pewangi ruangan dari bahan alam.
o   Siswa membaca dalam hati petunjuk cara membuat hiasan dinding tersebut.
o   Siswa dapat mengajukan pertanyaan kepada guru jika mereka ingin mengetahui lebih lanjut tentang cara membuat hiasan dinding pewangi ruangan.
o   Guru meminta siswa mengambil bahan-bahan alam yang mereka bawa dari rumah dan menempatkan di atas meja masing-masing.
o   Setelah mendengar penjelasan guru, siswa membuat hiasan dinding pewangi ruangan menggunakan bahan-bahan alam yang telah mereka bawa dari rumah.
o   Tugas membuat hiasan dinding pewangi ruangan adalah merupakan tugas kelompok. Setiap kelompok terdiri atas 4 orang siswa. Setiap kelompok menghasilkan satu hiasan dinding.
o   Hiasan dinding akan dijual dalam kegiatan pameran tentang lingkungan.
o   Hasil penjualan akan digunakan untuk mengembangkan program hidup bersih dan sehat di lingkungan sekolah.
o   Setelah selesai membuat hiasan dinding, siswa membaca teks yang terdapat dalam buku siswa seperti berikut.
o   Untuk kegiatan pameran nanti siswa kelas 6 akan menganalisis dan mempresentasikan grafik tingkat perkembangan kendaraan bermotor di Jakarta yang merupakan penyumbang terbesar terjadinya polusi udara.
o   Siswa diminta membantu melakukan analisis dan memberikan komentar.
o   Siswa mengamati grafik batang dan lingkaran berikut tentang jumlah kendaraan bermotor di Jakarta.
o   Siswa melakukan analisis dengan cermat.
o   Siswa mendiskusikan hasil pengamatan secara berpasangan.
o   Siswa menuliskan hasil diskusi pada bagan seperti berikut.
o   Siswa menulis kesimpulan berdasarkan grafik tersebut.
o   Siswa mempresentasikan hasil diskusi dalam kelompok.
o   Guru menyampaikan kepada siswa:
o   Untuk membangun masyarakat sehat diperlukan kerja sama dari semua masyarakat. Kerja sama tersebut dimulai dari merawat janin dalam kandungan sampai dewasa.
o   Guru mengajukan pertanyaan:
o   Apa saja kerja sama yang harus dilakukan agar tujuan menciptakan masyarakat sehat tercapai?
o   Siswa mengamati berbagai gambar kegiatan dan kerja sama masyarakat untuk menciptakan masyarakat sehat.
o   Siswa menjawab pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa dan menuliskan pada bagan seperti berikut.
o   Siswa menukarkan tabel yang telah mereka isi dengan siswa yang ada di sebelahnya.
o   Siswa menjelaskan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yang telah diterapkan di keluarga mereka dan PHBS yang belum diterapkan.
o   Siswa menyertakan alasannya.
o   Kemudian, siswa membuat rencana kerja sama yang akan dilakukan dengan anggota keluarga yang lain agar PHBS dapat terlaksana.
o   Siswa menuliskan rencana pada bagan berikut.
Rencanaku Menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat

o   Siswa mempresentasikan rencana yang telah dibuat.
o   Siswa melakukan perenungan dengan menjawab pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa.
o   Guru dapat menambahkan pertanyaan perenungan berdasarkan panduan yang terdapat pada lampiran 1, halaman 150, Buku Guru.

Pengayaan
o   Siswa berlatih membaca dan menganalisis berbagai grafik dan membuat kesimpulan.

Remedial
o   Siswa yang belum tuntas dalam memahami konsep data dan grafik (menyelesaikan kurang dari 50% soal dengan benar) akan mengikuti program remedial. Guru dapat memberi contoh data dan grafik serta memandu siswa melakukan analisis dan mengambil kesimpulan. Guru mengajarkan kembali konsep secara bertahap dimulai dari yang mudah dipahami. Remedial dilaksanakan selama 30 menit setelah jam sekolah.
o   Remedial juga diberikan untuk pelajaran lain bagi siswa yang belum tuntas dalam menguasai konsep

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15    menit

E.       Penilaian :
1.      Aspek yang dinilai; a.Penilaian Sikap
                                              b.Penilaian Pengetahuan
                                              c. Penilaian Ketrampilan          
2.      Jenis penilaian;       a. observasi
                                        b.tertulis,lisan
                                        c . praktek,projek
3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;

























1.        Penilaian
1. Bahasa Indonesia dinilai dengan rubrik laporan
No
Aspek yang di nilai
Pertanyaan Pemandu
Skor

4
3
2
1
1
Isi dan data
pendukung
Apakah isi laporan dan data
pendukung sesuai dengan
tujuan yang ditetapkan?




2
Keterbacaan laporan
Apakah laporan mudah
dibaca dipahami?




3
Bahasa dan struktur
kalimat
Apakah menggunakan
kosakata baku dan struktur
kalimat yang tepat?




4
Keakuratan data
dengan data yang
sebenarnya
Apakah data pada
laporan sesuai dengan
data sebenarnya?
Apakah laporan berisi
fakta yang diamati bukan
pendapat penulis?




5
Ketepatan ejaan dan
tanda baca
Apakah penggunaan
ejaan/tanda baca pada
semua tulisan benar?





2.      IPA dinilai dengan rubrik
Kriteria
Baik Sekali
Baik
cukup
Perlu bimbingan
4
3
2
1
Pemahaman
Konsep
Memperlihatkan
pemahaman
konsep dengan
menunjukkan
bukti
pendukung dan
menyampaikan
pemahaman inti
dari konsep yang
sedang dipelajari
dengan benar
Memperlihatkan
pemahaman
konsep dengan
menunjukkan
bukti pendukung
namun perlu
bantuan saat
menyampaikan
pemahaman inti
dari konsep yang
yang sedang
dipelajari
Memperlihatkan
pemahaman
konsep dengan
menunjukkan
bukti yang
terbatas dan
penyampaian
pemahaman
inti dari konsep
tidak jelas
Perlu
bimbingan saat
menyampaikan
bukti dan
pemahaman
inti dari konsep
yang dipelajari
Komunikasi
Informasi
disampaikan
dengan jelas,
obyektif dengan
didukung data
penunjang
Informasi
disampaikan
dengan jelas
dan didukung
sebagian data
penunjang
Informasi
disampaikan
dengan jelas
namun hanya
didukung
sebagian kecil
data penunjang
Informasi
disampaikan
dengan kurang
jelas dan tanpa
data penunjang
Prosedur dan
strategi
Seluruh data
dicatat dan
disajikan secara
sistematis,
runtut, dan
mandiri
Seluruh data
dicatat dan
disajikan secara
sistematis
dan runtut,
namun masih
membutuhkan
bimbingan
Sebagian besar
data dicatat,
secara sistematis
setelah
mendapat
bantuan guru
Sebagian kecil
data dicatat dan
tidak sistematis

3. IPS dinilai dengan daftar periksa.
No
Kriteria
Ketercapaian

SB
B
C
K
1
Siswa mampu menjelaskan
kaitan antara interaksi
manusia dengan lingkungan
alam




2
Siswa mampu menyebutkan
3 contoh sikap baik yang
dilakukan manusia sehingga
memberi pengaruh positif
terhadap lingkungan




3
Siswa mampu menyebutkan
3 contoh sikap yang
tidak baik yang dilakukan
manusia sehingga
menimbulkan pengaruh
yang tidak baik terhadap
lingkungan





Catatan:
SB = Sangat Baik
B = Baik
C = Cukup
K = Kurang

4. Penilaian sikap (disiplin, kerja sama)
(Penilaian sikap Terlampir)


F.       Media, Alat Bantu dan Sumber Belajar
1.      Koran bekas
2.      Lem kayu
3.      Benang
4.      Bunga kering
5.      Bahan alam yang sudah dikeringkan (buah pinus, kayu manis, serai, dan lain-lain)



Mengetahui,                                                                        Beureunuen, ……….….,  2016
Kepala SD Negeri 3 Beureunuen                                        Guru Kelas VI,



CHAIRUNNISA, S.Pd                                                     BACHTIAR, S.Pd
NIP.19700312 199402 2 002                                             NIP. 19800611 200504 1 001



LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)


Setelah melakukan wawancara, berdiskusi, dan membaca teks. Siswa menjawa pertanyaan berikut.
1.        Apa hubungan sebab-akibat antara kesehatan masyarakat dan perilaku hidup sehat? Siswa menulis jawabannya dengan mencantumkan kegiatan secara detail dan manfaatnya pada diagram berikut.
.......................................................................................................................................................
.......................................................................................................................................................
.......................................................................................................................................................
.......................................................................................................................................................
.......................................................................................................................................................
.......................................................................................................................................................     

2.        Mengapa kita perlu mengetahui campuran dan larutan yang terdapat pada makanan dan minuman sebelum mengonsumsinya?
.......................................................................................................................................................

.......................................................................................................................................................
.......................................................................................................................................................
.......................................................................................................................................................
.......................................................................................................................................................
.......................................................................................................................................................



MEDIA

TEMA 6 KELAS 6 SUB 3 PB 2

TEMA 6 KELAS 6 SUB 3 PB 1
TEMA 6 KELAS 6 SUB 3 PB 4
TEMA 6 KELAS 6 SUB 3 PB 5





Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors