RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : Sekolah Dasar 3
Beureunuen
Kelas/Semester : VI/ I
Tema 6 : Menuju Masyarakat Sehat
Sub
Tema 3/ Pembelajaran : Membangun Masyarakat Sehat / 2
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
KOMPETENSI INTI :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B.
KOMPETENSI DASAR (KD) / INDIKATOR
a)
Matematika
1.1 Menerima,
menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan
sikap cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin
waktu, tidak mudah menyerah serta bertanggung jawab dalam mengerjakan tugas
2.2 Menunjukkan
sikap berpikir logis, kritis, dan kreatif
3.12 Memahami
kuesioner/ lembar isian sederhana sebagai sarana yang akurat untuk mendapatkan informasi
tertentu
4.11 Mengumpulkan
data menggunakan kuesioner sederhana, mengolah, dan memaparkan data dalam
bentuk tabel dan grafik yang sesuai
4.11.1 Menguraikan
informasi penting yang terdapat pada grafik
4.12 Menarik
kesimpulan berdasarkan data hasil pengamatan yang diolah menggunakan statistic sederhana,
tabel, dan grafik
4.12.1 Menulis
kesimpulan berdasarkan hasil analisis yang disajikan pada grafik
PPKn
1.1 Menghargai semangat kebhinnekatunggalikaan dan keragaman agama, suku bangsa,
pakaian tradisional, bahasa,rumah adat, makanan khas, dan upacara adat, sosial,
dan ekonomi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
1.2
Menerima keberadaan
Tuhan Yang Maha Esa atas sekitar penciptaan manusia dan bahasa yang beragam
serta benda-benda di alam
2.1 Menunjukkan
perilaku bertanggung jawab dan rela berkorban dalam keluarga, sekolah, dan
lingkungan sebagai perwujudan nilai dan moral Pancasila
3.3 Memahami
manfaat keanekaragaman sosial, budaya dan ekonomi dalam bingkai Bhinneka
Tunggal Ika yang ada di Indonesia
3.3.1 Mengidentifikasi
perilaku yang mencerminkan nilai-nilai Pancasila (kerja sama) dalam membangun
masyarakat sehat
4.3 Melaporkan
secara lisan dan tulisan keterlibatan kerja sama dengan anggota masyarakat yang
beragam dalam melaksanakan kegiatan di lingkungan rumah, sekolah, dan
masyarakat
4.3.1 Menceritakan
pengalaman dan rencana menerapkan perilaku yang mencerminkan nilai-nilai
Pancasila (kerja sama) dalam mewujudkan masyarakat sehat
SBdP
1.1 Mengapresiasi
karya seni sebagai anugerah Tuhan dan memiliki rasa bangga terhadap tanah air
2.2 Menghargai alam
dan lingkungan sekitar sebagai sumber ide dalam berkarya seni
3.4 Menyajikan
berbagai karya kreatif dalam kegiatan pameran dan pertunjukan
3.4.1 Menjelaskan
langkah-langkah membuat hiasan dari bahan alam (sampah organik)
4.16 Membuat produk
olahan sampah organik atau sampah anorganik di lingkungan sekitar
4.16.1 Membuat
hiasan dari bahan alam (sampah organik)
C.
DESKRIPSI MATERI
PELAJARAN :
a.
Menyajikan secara
lisan dan tulisan tentang interaksi manusia dengan lingkungan
b.
Menulis laporan
berdasarkan teks investigasi tentang campuran yang terdapat pada udara
c.
Membuat kesimpulan
berdasarkan teks laporan investigasi dengan menjawab pertanyaan
D.
KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4. Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa
kelompok
6. Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran
yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7. Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan
yaitu tentang “Menuju Masyarakat
Sehat”.
8. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Guru
menyampaikan:
·
Membangun masyarakat bersih dan sehat adalah tanggung
jawab kita bersama. Kita dapat memulai dari hal kecil yang dekat dengan
kehidupan kita.
·
Lakukan sekarang juga apa yang kita mampu
o
Siswa membaca teks pengantar kegiatan.
o
Siswa kelas 6 SD Negeri Melati akan menyelenggarakan
pameran tentang lingkungan. Hari ini mereka akan membuat karya seni kreatif dari
bahan alam. Karya tersebut akan dijual kepada pengunjung. Hasil dari
penjualan akan disumbangkan untuk masyarakat sekitar sebagai bagian dari
program menuju masyarakat sehat.
o
Karya seni yang akan mereka buat adalah hiasan
dinding pewangi ruangan dari bahan alam
o
Siswa mengamati gambar karya seni hiasan dinding
pewangi ruangan dari bahan alam.
o
Siswa mengamati gambar karya seni hiasan dinding
pewangi ruangan dari bahan alam.
o
Siswa membaca dalam hati petunjuk cara membuat
hiasan dinding tersebut.
o
Siswa dapat
mengajukan pertanyaan kepada guru jika mereka ingin mengetahui lebih lanjut
tentang cara membuat hiasan dinding pewangi ruangan.
o
Guru meminta siswa mengambil bahan-bahan alam yang
mereka bawa dari rumah dan menempatkan di atas meja masing-masing.
o
Setelah mendengar penjelasan guru, siswa membuat
hiasan dinding pewangi ruangan menggunakan bahan-bahan alam yang telah mereka
bawa dari rumah.
o
Tugas membuat
hiasan dinding pewangi ruangan adalah merupakan tugas kelompok. Setiap
kelompok terdiri atas 4 orang siswa. Setiap kelompok menghasilkan satu hiasan
dinding.
o
Hiasan dinding
akan dijual dalam kegiatan pameran tentang lingkungan.
o
Hasil penjualan
akan digunakan untuk mengembangkan program hidup bersih dan sehat di
lingkungan sekolah.
o
Setelah selesai
membuat hiasan dinding, siswa membaca teks yang terdapat dalam buku siswa
seperti berikut.
o
Untuk kegiatan
pameran nanti siswa kelas 6 akan menganalisis dan mempresentasikan grafik
tingkat perkembangan kendaraan bermotor di Jakarta yang merupakan penyumbang
terbesar terjadinya polusi udara.
o
Siswa diminta membantu melakukan analisis dan
memberikan komentar.
o
Siswa mengamati grafik batang dan lingkaran berikut
tentang jumlah kendaraan bermotor di Jakarta.
o
Siswa melakukan analisis dengan cermat.
o
Siswa mendiskusikan hasil pengamatan secara
berpasangan.
o
Siswa menuliskan hasil diskusi pada bagan seperti
berikut.
o
Siswa menulis kesimpulan berdasarkan grafik
tersebut.
o
Siswa mempresentasikan hasil diskusi dalam kelompok.
o
Guru menyampaikan kepada siswa:
o
Untuk membangun masyarakat sehat diperlukan kerja
sama dari semua masyarakat. Kerja sama tersebut dimulai dari merawat janin
dalam kandungan sampai dewasa.
o
Guru mengajukan pertanyaan:
o
Apa saja kerja sama yang harus dilakukan agar tujuan
menciptakan masyarakat sehat tercapai?
o
Siswa mengamati berbagai gambar kegiatan dan kerja
sama masyarakat untuk menciptakan masyarakat sehat.
o
Siswa menjawab pertanyaan yang terdapat dalam buku
siswa dan menuliskan pada bagan seperti berikut.
o
Siswa menukarkan tabel yang telah mereka isi dengan siswa
yang ada di sebelahnya.
o
Siswa menjelaskan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)
yang telah diterapkan di keluarga mereka dan PHBS yang belum diterapkan.
o
Siswa menyertakan alasannya.
o
Kemudian, siswa membuat rencana kerja sama yang akan
dilakukan dengan anggota keluarga yang lain agar PHBS dapat terlaksana.
o
Siswa menuliskan rencana pada bagan berikut.
Rencanaku
Menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat
o
Siswa mempresentasikan rencana yang telah dibuat.
o
Siswa melakukan perenungan dengan menjawab
pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa.
o
Guru dapat menambahkan pertanyaan perenungan
berdasarkan panduan yang terdapat pada lampiran 1, halaman 150, Buku Guru.
Pengayaan
o
Siswa berlatih membaca dan menganalisis berbagai
grafik dan membuat kesimpulan.
Remedial
o
Siswa yang belum
tuntas dalam memahami konsep data dan grafik (menyelesaikan kurang dari 50%
soal dengan benar) akan mengikuti program remedial. Guru dapat memberi contoh
data dan grafik serta memandu siswa melakukan analisis dan mengambil
kesimpulan. Guru mengajarkan kembali konsep secara bertahap dimulai dari yang
mudah dipahami. Remedial dilaksanakan selama 30 menit setelah jam sekolah.
o
Remedial juga
diberikan untuk pelajaran lain bagi siswa yang belum tuntas dalam menguasai
konsep
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1.
Bersama-sama
dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4.
Menyampaikan
pesan moral/belajar.
5.
Menutup
dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E.
Penilaian :
1.
Aspek
yang dinilai; a.Penilaian Sikap
b.Penilaian Pengetahuan
c. Penilaian Ketrampilan
2.
Jenis
penilaian; a.
observasi
b.tertulis,lisan
c . praktek,projek
3.
Instrumen
Penilaian
4.
Rubrik
dan Penskoran Nilai;
1.
Penilaian
1. Bahasa Indonesia dinilai dengan rubrik laporan
No
|
Aspek yang di nilai
|
Pertanyaan
Pemandu
|
Skor
|
|
||
4
|
3
|
2
|
1
|
|||
1
|
Isi dan
data
pendukung
|
Apakah
isi laporan dan data
pendukung
sesuai dengan
tujuan yang
ditetapkan?
|
|
|
|
|
2
|
Keterbacaan laporan
|
Apakah
laporan mudah
dibaca dipahami?
|
|
|
|
|
3
|
Bahasa
dan struktur
kalimat
|
Apakah
menggunakan
kosakata
baku dan struktur
kalimat
yang tepat?
|
|
|
|
|
4
|
Keakuratan
data
dengan
data yang
sebenarnya
|
Apakah
data pada
laporan
sesuai dengan
data
sebenarnya?
Apakah
laporan berisi
fakta
yang diamati bukan
pendapat
penulis?
|
|
|
|
|
5
|
Ketepatan
ejaan dan
tanda
baca
|
Apakah penggunaan
ejaan/tanda
baca pada
semua
tulisan benar?
|
|
|
|
|
2.
IPA dinilai dengan
rubrik
Kriteria
|
Baik Sekali
|
Baik
|
cukup
|
Perlu bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Pemahaman
Konsep
|
Memperlihatkan
pemahaman
konsep
dengan
menunjukkan
bukti
pendukung
dan
menyampaikan
pemahaman
inti
dari
konsep yang
sedang
dipelajari
dengan benar
|
Memperlihatkan
pemahaman
konsep
dengan
menunjukkan
bukti
pendukung
namun
perlu
bantuan
saat
menyampaikan
pemahaman
inti
dari
konsep yang
yang
sedang
dipelajari
|
Memperlihatkan
pemahaman
konsep
dengan
menunjukkan
bukti
yang
terbatas
dan
penyampaian
pemahaman
inti dari
konsep
tidak jelas
|
Perlu
bimbingan
saat
menyampaikan
bukti dan
pemahaman
inti dari
konsep
yang dipelajari
|
Komunikasi
|
Informasi
disampaikan
dengan
jelas,
obyektif
dengan
didukung
data
penunjang
|
Informasi
disampaikan
dengan
jelas
dan
didukung
sebagian
data
penunjang
|
Informasi
disampaikan
dengan
jelas
namun
hanya
didukung
sebagian
kecil
data penunjang
|
Informasi
disampaikan
dengan
kurang
jelas dan
tanpa
data penunjang
|
Prosedur
dan
strategi
|
Seluruh
data
dicatat
dan
disajikan
secara
sistematis,
runtut,
dan
mandiri
|
Seluruh
data
dicatat
dan
disajikan
secara
sistematis
dan
runtut,
namun
masih
membutuhkan
bimbingan
|
Sebagian
besar
data
dicatat,
secara
sistematis
setelah
mendapat
bantuan guru
|
Sebagian
kecil
data
dicatat dan
tidak sistematis
|
3. IPS dinilai dengan daftar periksa.
No
|
Kriteria
|
Ketercapaian
|
|
||
SB
|
B
|
C
|
K
|
||
1
|
Siswa
mampu menjelaskan
kaitan
antara interaksi
manusia
dengan lingkungan
alam
|
|
|
|
|
2
|
Siswa
mampu menyebutkan
3 contoh sikap
baik yang
dilakukan
manusia sehingga
memberi
pengaruh positif
terhadap lingkungan
|
|
|
|
|
3
|
Siswa
mampu menyebutkan
3 contoh
sikap yang
tidak
baik yang dilakukan
manusia
sehingga
menimbulkan
pengaruh
yang
tidak baik terhadap
lingkungan
|
|
|
|
|
Catatan:
SB = Sangat Baik
B = Baik
C = Cukup
K = Kurang
4. Penilaian sikap
(disiplin, kerja sama)
(Penilaian sikap Terlampir)
F.
Media,
Alat Bantu dan
Sumber Belajar
1.
Koran bekas
2.
Lem kayu
3.
Benang
4.
Bunga kering
5.
Bahan alam yang sudah dikeringkan (buah pinus, kayu
manis, serai, dan lain-lain)
Mengetahui, Beureunuen,
……….…., 2016
Kepala SD Negeri
3 Beureunuen Guru Kelas VI,
CHAIRUNNISA, S.Pd BACHTIAR, S.Pd
NIP.19700312 199402 2 002 NIP. 19800611
200504 1 001
LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)
Setelah melakukan
wawancara, berdiskusi, dan membaca teks. Siswa menjawa pertanyaan berikut.
1.
Apa hubungan
sebab-akibat antara kesehatan masyarakat dan perilaku hidup sehat? Siswa
menulis jawabannya dengan mencantumkan kegiatan secara detail dan manfaatnya
pada diagram berikut.
.......................................................................................................................................................
.......................................................................................................................................................
.......................................................................................................................................................
.......................................................................................................................................................
.......................................................................................................................................................
.......................................................................................................................................................
2.
Mengapa kita perlu mengetahui campuran dan larutan yang terdapat pada makanan
dan minuman sebelum mengonsumsinya?
.......................................................................................................................................................
.......................................................................................................................................................
.......................................................................................................................................................
.......................................................................................................................................................
.......................................................................................................................................................
.......................................................................................................................................................MEDIA
TEMA 6 KELAS 6 SUB 3 PB 1
TEMA 6 KELAS 6 SUB 3 PB 4
TEMA 6 KELAS 6 SUB 3 PB 5
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment