Home » » TEMA 6 KELAS 6 SUB 3 PB 3

TEMA 6 KELAS 6 SUB 3 PB 3

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Saturday 14 January 2017

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                      : Sekolah Dasar 3 Beureunuen
Kelas/Semester                           : VI/ I
Tema 6                                       : Menuju Masyarakat Sehat
Sub Tema 3/ Pembelajaran          : Membangun Masyarakat Sehat / 3
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A.      KOMPETENSI INTI :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B.       KOMPETENSI DASAR (KD) / INDIKATOR
a)      PJOK
1.1 Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan
1.2 Tumbuhnya kesadaran bahwa tubuh harus dipelihara dan dibina, sebagai wujud syukur kepada sang Pencipta
2.4 Menunjukkan kemauan bekerja sama dalam melakukan berbagai aktivitas fisik dalam bentuk permainan
2.5 Toleransi dan mau berbagi dengan teman lain dalam penggunaan peralatan dan kesempatan
2.6 Disiplin selama melakukan berbagai aktivitas fisik
2.7 Menerima kekalahan dan kemenangan dalam permainan
3.9 Memahami konsep pemeliharaan diri dari penyakit menular dan tidak menular
3.9 Menguraikan cara memelihara diri dari penyakit menular yang disebabkan oleh nyamuk dengan menerapkan 3M
4.9 Menyajikan konsep pemeliharaan diri dari penyakit menular dan tidak menular
4.9.1 Menuliskan cara memelihara diri dari penyakit menular yang disebabkan oleh nyamuk dengan menerapkan 3M

a)        IPA
1.1 Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya, serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; obyektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah dan berdiskusi
3.4 Membedakan campuran dan larutan melalui pengamatan
3.4.1 Menjelaskan langkah-langkah membuat larutan anti nyamuk
4.1 Merancang dan melaksanakan percobaan untuk membedakan campuran dan larutan menggunakan bahan yang dikenal dalam kehidupan sehari-hari
4.1.1 Melakukan percobaan membuat larutan anti nyamuk

b)       Bahasa Indonesia
1.1 Meresapi makna anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang diakui sebagai sarana yang lebih unggul daripada bahasa lain untuk memperoleh ilmu pengetahuan
1.2 Meresapi makna anugerah Tuhan yang Maha Esa atas keberadaan ciri khusus makhluk hidup, hantaran panas, energi listrik dan perubahannya, serta tata surya
2.1 Memiliki kepedulian dan tanggung jawab tentang ciri khusus makhluk hidup dan lingkungan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.1 Menggali informasi dari teks laporan investigasi tentang cirri khusus makhluk hidup dan lingkungan, serta campuran dan larutan dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
3.1.1 Menjelaskan cara membuat larutan anti nyamuk sebagai salah satu upaya pencegahan penyakit menular
4.1 Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan investigasi tentang ciri khusus makhluk hidup dan lingkungan, serta campuran dan larutan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.1.1 Menulis laporan percobaan membuat larutan anti nyamuk sebagai salah satu pencegahan penyakit menular

C.      DESKRIPSI MATERI PELAJARAN :
  1. Menguraikan cara merawat diri dari penyakit menular
  2. Melakukan percobaan membuat larutan anti nyamuk
  3. Menulis laporan cara membuat larutan anti nyamuk

D.      KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Menuju Masyarakat Sehat”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Siswa membaca teks berikut.
·         Tahukah kamu bahwa nyamuk adalah salah satu hewan yang sangat berbahaya? Meski ukuran tubuhnya kecil dan berat badannya 2-2,5 miligram, hingga kini nyamuk masih menjadi musuh yang belum terkalahkan.
·         Setiap tahun, nyamuk menyebarkan virus dan parasit, menyebabkan jutaan orang terserang malaria dan ratusan ribu orang menderita demam berdarah dengue di Indonesia.
·         Penyakit kaki gajah, chikungunya, dan radang akut susunan saraf adalah beberapa jenis penyakit lainnya yang ditularkan melalui gigitan nyamuk.

o   Siswa mengamati gambar keluarga Amir yang tinggal di Kampung Sehat Melati
o   Siswa membaca teks berikut dalam hati.
o   Setelah mengamati gambar dan membaca tentang kebiasaan keluarga Pak Amir, siswa menulis hal yang ingin mereka ketahui lebih lanjut tentang pencegahan penyakit menular melalui gigitan nyamuk dalam bentuk pertanyaan.
o   Siswa mendiskusikan kegiatan yang dilakukan Pak Amir secara berkelompok.
o   Siswa menulis informasi penting pada bagan berikut yang terdapat dalam buku siswa.
o   Siswa menuliskan manfaat yang mereka peroleh setelah mendapatkan pengetahuan dari cerita keluarga Pak Amir.
o   Siswa menulis rencana mereka sehubungan dengan pengetahuan yang telah mereka peroleh.
o   Guru bertanya kepada siswa:
o   Apakah di rumahmu banyak nyamuk?
o   Apa yang kamu lakukan untuk mengusir nyamuk tersebut?
o   Siswa dipandu guru membuat larutan untuk anti nyamuk sendiri dengan bahan alami.
o   Siswa membaca teks tentang langkah-langkah membuat ekstrak bawang putih pengusir nyamuk.
o   Setelah memahami cara pembuatan larutan bawang putih anti nyamuk, siswa mempraktikkan secara berkelompok.
o   Siswa mencermati perhatikan arahan dari guru.
o   Setelah selesai membuat larutan anti nyamuk, siswa menulis laporan.
o   Siswa mencantumkan: tujuan percobaan, bahan-bahan dan alat, cara membuat, manfaat, serta kesimpulan dalam laporan mereka.
o   Siswa menjelaskan dalam laporan campuran yang terdapat dalam larutan anti nyamuk yang telah mereka buat.
o   Siswa melakukan perenungan dengan menjawab pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa.
o   Guru dapat menambahkan pertanyaan perenungan berdasarkan panduan yang terdapat pada lampiran 1.
Pengayaan
o   Siswa dapat menggali informasi lebih lanjut tentang polusi udara dan cara menyikapinya karena hal ini sangat erat kaitannya dengan kesehatan. Siswa dapat menggali informasi dari berbagai sumber (buku perpustakaan, majalah, surat kabar, internet, dan narasumber). Kegiatan ini dapat disesuaikan dengan sumber belajar yang terdapat di sekolah masing-masing).

Remedial
o   Siswa yang belum tuntas dalam memahami penerapan campuran dan larutan akan mengikuti program remedial. Guru dapat membantu siswa dengan memberikan siswa contoh konkret yang ditemui di sekitar mereka dan melakukan percobaan tentang campuran dan larutan. Remedial dilaksanakan selama 30 menit setelah jam sekolah.
o   Remedial juga diberikan untuk pelajaran lain bagi siswa yang belum tuntas dalam menguasai konsep.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15    menit

E.       Penilaian :
1.      Aspek yang dinilai; a.Penilaian Sikap
                                              b.Penilaian Pengetahuan
                                              c. Penilaian Ketrampilan          
2.      Jenis penilaian;       a. observasi
                                        b.tertulis,lisan
                                        c . praktek,projek
3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;




1.        Penilaian
1. Bahasa Indonesia dinilai dengan rubrik laporan
No
Aspek yang di nilai
Pertanyaan Pemandu
Skor

4
3
2
1
1
Isi dan data
pendukung
Apakah isi laporan dan data
pendukung sesuai dengan
tujuan yang ditetapkan?




2
Keterbacaan laporan
Apakah laporan mudah
dibaca dipahami?




3
Bahasa dan struktur
kalimat
Apakah menggunakan
kosakata baku dan struktur
kalimat yang tepat?




4
Keakuratan data
dengan data yang
sebenarnya
Apakah data pada
laporan sesuai dengan
data sebenarnya?
Apakah laporan berisi
fakta yang diamati bukan
pendapat penulis?




5
Ketepatan ejaan dan
tanda baca
Apakah penggunaan
ejaan/tanda baca pada
semua tulisan benar?





2.      IPA dinilai dengan rubrik
Kriteria
Baik Sekali
Baik
cukup
Perlu bimbingan
4
3
2
1
Pemahaman
Konsep
Memperlihatkan
pemahaman
konsep dengan
menunjukkan
bukti
pendukung dan
menyampaikan
pemahaman inti
dari konsep yang
sedang dipelajari
dengan benar
Memperlihatkan
pemahaman
konsep dengan
menunjukkan
bukti pendukung
namun perlu
bantuan saat
menyampaikan
pemahaman inti
dari konsep yang
yang sedang
dipelajari
Memperlihatkan
pemahaman
konsep dengan
menunjukkan
bukti yang
terbatas dan
penyampaian
pemahaman
inti dari konsep
tidak jelas
Perlu
bimbingan saat
menyampaikan
bukti dan
pemahaman
inti dari konsep
yang dipelajari
Komunikasi
Informasi
disampaikan
dengan jelas,
obyektif dengan
didukung data
penunjang
Informasi
disampaikan
dengan jelas
dan didukung
sebagian data
penunjang
Informasi
disampaikan
dengan jelas
namun hanya
didukung
sebagian kecil
data penunjang
Informasi
disampaikan
dengan kurang
jelas dan tanpa
data penunjang
Prosedur dan
strategi
Seluruh data
dicatat dan
disajikan secara
sistematis,
runtut, dan
mandiri
Seluruh data
dicatat dan
disajikan secara
sistematis
dan runtut,
namun masih
membutuhkan
bimbingan
Sebagian besar
data dicatat,
secara sistematis
setelah
mendapat
bantuan guru
Sebagian kecil
data dicatat dan
tidak sistematis

3. IPS dinilai dengan daftar periksa.
No
Kriteria
Ketercapaian

SB
B
C
K
1
Siswa mampu menjelaskan
kaitan antara interaksi
manusia dengan lingkungan
alam




2
Siswa mampu menyebutkan
3 contoh sikap baik yang
dilakukan manusia sehingga
memberi pengaruh positif
terhadap lingkungan




3
Siswa mampu menyebutkan
3 contoh sikap yang
tidak baik yang dilakukan
manusia sehingga
menimbulkan pengaruh
yang tidak baik terhadap
lingkungan





Catatan:
SB = Sangat Baik
B = Baik
C = Cukup
K = Kurang

4. Penilaian sikap (disiplin, kerja sama)
(Penilaian sikap Terlampir)


F.       Media, Alat Bantu dan Sumber Belajar
1. Bawang putih
2. Air
3. Minyak tanah
4. Sabun Cair



Mengetahui,                                                                        Beureunuen, ……….….,  2016
Kepala SD Negeri 3 Beureunuen                                        Guru Kelas VI,



CHAIRUNNISA, S.Pd                                                     BACHTIAR, S.Pd
NIP.19700312 199402 2 002                                             NIP. 19800611 200504 1 001






LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)



Setelah melakukan wawancara, berdiskusi, dan membaca teks. Siswa menjawa pertanyaan berikut.
1.        Apa hubungan sebab-akibat antara kesehatan masyarakat dan perilaku hidup sehat? Siswa menulis jawabannya dengan mencantumkan kegiatan secara detail dan manfaatnya pada diagram berikut.

..........................................................................................................................................................
..........................................................................................................................................................
..........................................................................................................................................................
..........................................................................................................................................................
..........................................................................................................................................................
..........................................................................................................................................................     

2.        Mengapa kita perlu mengetahui campuran dan larutan yang terdapat pada makanan dan minuman sebelum mengonsumsinya?

.........................................................................................................................................................

..........................................................................................................................................................
..........................................................................................................................................................
..........................................................................................................................................................
..........................................................................................................................................................
..........................................................................................................................................................

 MEDIA
TEMA 6 KELAS 6 SUB 3 PB 3

TEMA 6 KELAS 6 SUB 3 PB 1
TEMA 6 KELAS 6 SUB 3 PB 2
TEMA 6 KELAS 6 SUB 3 PB 4
TEMA 6 KELAS 6 SUB 3 PB 5

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors