Home » » TEMA 1 KELAS 2 SUB 1 PB 1 (Revisi 2017)

TEMA 1 KELAS 2 SUB 1 PB 1 (Revisi 2017)

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Tuesday, 22 August 2017



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)



Satuan Pendidikan                   : SD Negeri 3 Beureunuen
Kelas/Semester                        : 2/1
Tema 1                                    : Hidup Rukun
Sub Tema 1/ Pembelajaran       : Hidup Rukun Di Rumah/ 1
Alokasi Waktu                         : 1 Hari


A. KOMPETENSI INTI :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B. KOMPETENSI DASAR (KD)/ INDIKATOR
a) Bahasa Indonesia
3.1  Mengungkapan, ajakan, perintah, penolakan yang terdapat dalam teks cerita atau lagu yang menggambarkan sikap hidup rukun
o  Menyebutkan ungkapan yang terdapat pada teks cerita tersebut dengan tepat.
4.1 Menirukan ungkapan, ajakan, perintah, penolakan dalam cerita atau lagu anak-anak dengan bahasa yang santun.
o  Mengucapkan ungkapan yang terdapat pada teks percakapan tersebut dengan tepat

b) Matematika
3.1 Menjelaskan makna bilangan cacah dan menentukan lambangnya berdasarkan nilai tempat dengan menggunakan model konkret serta cara membacanya
o   Menyatakan kumpulan objek dengan bilangan sampai dengan 999 dengan benar.
4.1 Membaca dan menyajikan bilangan cacah dan lambangnya berdasarkan nilai tempat dengan menggunakan model konkret.
o   Membaca lambang bilangan sampai dengan 999 dengan tepat.

c) SBdP
3.2 Mengenal pola irama sederhana melalui lagu anak-anak
o   Membedakan panjang pendek bunyi pada lagu anak dengan tepat.
4.1 Menampilkan pola irama sederhana melalui lagu anak- anak
o   Menampilkan panjang pendek bunyi pada lagu anak dengan tepat

 C.      TUJUAN PEMBELAJARAN :
1.     Dengan diberikan teks cerita tentang hidup rukun yang mengandung ungkapan, siswa dapat menyebutkan ungkapan yang terdapat pada teks cerita tersebut dengan tepat.
2.     Dengan diberikan teks percakapan tentang hidup rukun yang mengandung ungkapan, siswa dapat mengucapkan ungkapan yang terdapat pada teks percakapan tersebut dengan tepat.
3.     Dengan diberikan kumpulan kubus lebih dari 100, siswa dapat menyatakan kumpulan objek dengan bilangan sampai dengan 999 dengan benar.
4.     Dengan diberikan kumpulan kubus lebih dari 100, siswa dapat membaca lambang bilangan sampai dengan 999 dengan tepat.
5.     Dengan diberikan lagu anak, siswa dapat membedakan panjang pendek bunyi pada lagu anak dengan tepat.
6.     Dengan diberikan lagu anak, siswa dapat menampilkan panjang pendek bunyi pada lagu anak dengan tepat

D.      DESKRIPSI MATERI PELAJARAN
1.    Menyebutkan ungkapan dan arti ungkapan dalam teks cerita tentang hidup  rukun.
2.    Menirukan ungkapan pada teks percakapan.
3.    Menyatakan lambang bilangan tiga angka dengan menggunakan gambar.
4.    Membaca bilangan tiga angka sampai 999
5.    Membedakan panjang dan pendek bunyi pada lagu anak.
6.    Menampilkan panjang pendek bunyi pada lagu anak

E.       Pendekatan
1.  Pendekatan     : Scientific
2.  Strategi            : Kooperative learning
3. Teknik             : Picture and Picture
4.  Matode            : Ceramah, tanya jawab, pemberian tugas dan diskusi

F.       KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
o   Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
o   Mengajak semua siswa berdoa.
o   Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
o   Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
o   Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
o   Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
o   Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Hidup Rukun”.
o   Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Guru membuka pembelajaran dengan mengemukakan tema yang akan digunakan pada pembelajaran. Tema yang digunakan adalah Hidup Rukun.
o   Siswa mengamati gambar yang terdapat pada Buku Siswa. Guru memancing motivasi siswa dengan bertanya jawab dengan siswa. Pertanyaan-pertanyaan yang terdapat di bawah gambar utama dapat digunakan sebagai bahan untuk bertanya jawab dengan  siswa.
o   Pertanyaan besarnya adalah, “Bagaimana agar kerukunan dapat terjaga di rumah, tempat bermain, sekolah, dan masyarakat?
o   Guru merespons setiap jawaban siswa sehingga terjadi suasana diskusi yang hidup
o   Pertanyaaan besar tersebut akan dijawab dengan kegiatan pembelajaran menggunakan Tema Hidup Rukun
o   Pengantar Subtema
o   Guru menyampaikan subtema yang akan digunakan untuk pembelajaran, yaitu Hidup Rukun di Rumah. Yang perlu diketahui bahwa kegiatan pembelajaran bertujuan untuk mencapai kompetensi dasar yang sudah dipetakan dalam subtema.
o   Siswa mengamati gambar yang ada pada Buku Siswa. Kemudian, guru bertanya jawab dengan siswa mengenai kerukunan di  rumah.
o   Siswa menuliskan jawaban pertanyaan yang ada di Buku Siswa pada selembar kertas. Hal itu untuk mengetahui sejauh mana  siswa
o   memahami arti pentingnya hidup rukun di rumah dan membuat siswa terbiasa dan berani mengemukakan  pendapatnya.
o   Kertas jawaban itu dikumpulkan, kemudian secara bergantian, siswa membaca jawaban temannya. Siswa dan guru menanggapi jawaban tersebut.
o   Setelah selesai menjawab pertanyaan yang ada di Buku Siswa, guru mengajak siswa untuk memulai langkah-langkah Pembelajaran 1
o   Siswa menyimak teks cerita pada Buku Siswa yang dibacakan guru.
o   Siswa memperhatikan ungkapan yang ada pada teks bacaan. Ketika guru membaca teks, hendaknya guru memberi penekanan pada kalimat yang menggunakan ungkapan. Contoh ungkapan pada teks tersebut adalah buah tangan dan buah hati.
o   Siswa menyebutkan ungkapan yang terdapat pada teks cerita.
o   Siswa mendengarkan penjelasan guru mengenai arti ungkapan yang terdapat pada teks.
o   Siswa menyebutkan ungkapan dan arti ungkapan yang terdapat pada teks cerita.
o   Siswa membaca kalimat yang terdapat pada teks percakapan.
o   Siswa menyebutkan ungkapan yang terdapat pada kalimat  tersebut
o   Siswa bersama dengan teman di sebelahnya melanjutkan percakapan yang terdapat pada buku. Siswa diberi keleluasaan untuk menyusun kalimat berdasarkan teks cerita yang sudah dibacanya
o   Siswa memperagakan percakapan yang sudah dibuatnya, bergantian dengan teman sebangkunya. Guru dapat mengamati kemampuan siswa dalam menyebutkan ungkapan. (Rubrik Penilaian 1 untuk KD Bahasa Indonesia 3.1 dan 4.1). Selain pemahaman mengenai ungkapan, guru juga dapat mengamati sikap percaya diri siswa dalam melakukan percakapan dengan temannya
o   Siswa mengamati gambar rak buku yang ada di Buku Siswa. Guru mengajak siswa berpikir bagaimana cara yang mudah untuk menghitung buku yang banyaknya ratusan.
o   Siswa dimulai pemahamannya dengan mengamati pengelompokan buku, setiap kelompok banyaknya 10 dan ada 7 buku di bagian lain. Dengan cara seperti itu, siswa dapat diarahkan untuk menyatakan bahwa 5 puluhan sama dengan 50 ditambah dengan 7, banyaknya 57 buku.
o   Kemudian siswa mengamati gambar kelompok 10 kubus dan kelompok 100 kubus. Siswa mengamati kelompok 1 ratusan kubus, tiga puluhan kubus, 8 delapan kubus.
o   Siswa mendengarkan penjelasan guru cara membaca banyak kubus sesuai dengan gambar yang terdapat pada Buku Siswa.
o   Siswa berlatih menyatakan bilangan cacah menggunakan gambar alat peraga kubus. Alat peraga yang lain, misalnya kancing baju atau stik es krim dapat digunakan untuk lebih memahamkan siswa mengenai bilangan tiga angka.
o   Siswa mengerjakan soal tentang bilangan cacah dengan tiga angka. Guru dapat menambahkan soal  latihan.
o   Siswa menyimak guru menyanyikan lagu Peramah dan Sopan. Siswa diminta ikut merasakan kapan nada lagu dinyanyikan panjang dan kapan dinyanyikan pendek
o   Siswa bersama-sama menyanyikan lagu Peramah dan Sopan bersama- sama dengan guru. Siswa merasakan panjang dan pendeknya nada.
o   Siswa berlatih menandai bagian-bagian lagu yang dinyanyikan panjang dan yang dinyanyikan pendek. Siswa dibimbing guru untuk memahami panjang pendek bunyi. Notasi lagu Peramah dan Sopan
o   untuk menjelaskan panjang pendek bunyi. Siswa mengamati guru ketika memberikan contoh menyanyikan bagian panjang pendek lagu yang disesuaikan dengan notasinya
o   Guru mengamati kemampuan siswa dalam menyuarakan panjang pendek bunyi (Rubrik Penilaian 3, SBdP KD 3.2 dan KD 4.2). Sikap yang diamati adalah percaya diri

Pengayaan
o   Guru memberikan tugas untuk menyebutkan ungkapan lain dan artinya yang terdapat dalam teks hidup  rukun.
o   Guru memberikan soal-soal yang lebih bervariasi bagi siswa yang telah mampu menyelesaikan soal latihan tentang pembacaan bilangan cacah dengan tiga angka.
o   Guru memberikan latihan lanjutan bagi siswa yang telah mampu menentukan panjang pendek nada pada lagu menggunakan  simbol.

Remedial
o   Guru membimbing siswa secara rutin bagi siswa yang belum dapat membaca dengan lancar karena akan berpengaruh pada proses pembelajaran selanjutnya.
o   Guru membimbing siswa yang belum mampu menentukan panjang pendek nada pada lagu menggunakan simbol.
o   Guru membahas kembali materi tentang pembacaan dan penyajian lambang bilangan sampai  999

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
o  Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/ rangkuman hasil belajar selama sehari.
o  Melakukan penilaian hasil belajar
o  Melakukan repleksi
o  Menyampaikan pesan moral/belajar.
o  Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

G.      Penilaian :
A.    Teknik Penilaian:
·         Penilaian Sikap                        : kerja sama, peduli, komunikatif
·         Penilaian Pengetahuan            : Tes tertulis
·         Penilaian Keterampilan           : Uji unjuk kerja

B.     Bentuk Instrumen Penilaian
1.      Sikap
2.      Pengetahuan
Siswa mengerjakan soal-soal latihan tertulis, Remidial, dan pengayaaan pada buku siswa.
Penilaian
2.    Bentuk Instrumen Penilaian
a.    Sikap
Sikap siswa yang muncul ketika proses pembelajaran.
1)        Bahasa Indonesia
Rubrik Penilaian Mengucapkan Ungkapan di dalam teks (KD 3.1 dan 4.1)

Aspek
Baik Sekali
4
Baik
3
Cukup
2
Perlu Bimbingan
1
Pengetahuan:
(KD 3.1)
ketepatan
menyebutkan
ungkapan di dalam teks
Semua ungkapan di
dalam teks disebutkan
dengan benar, tanpa bantuan guru.
Ada beberapa
ungkapan
di dalam teks yang masih salah disebutkan,
tanpa bantuan
guru.
Ada beberapa
ungkapan di
dalam teks yang masih salah disebutkan,
dengan bantuan guru
Belum ada
ungkapan yang
disebutkan
dengan benar
meskipun
dengan
bantuan guru.
Keterampilan:
(KD 4.1)
ketepatan
mengucapkan
ungkapan di dalam teks
Semua ungkapan di
dalam teks diucapkan
dengan benar,
tanpa bantuan
guru.
Ada beberapa
ungkapan di
dalam teks yang masih salah diucapkan,
dengan
bantuan guru.
Ada beberapa
ungkapan di
dalam teks yang masih salah diucapkan,
dengan bantuan guru.
Belum ada
ungkapan yang
diucapkan
dengan benar
meskipun
dengan
bantuan guru.

1)       Matematika
Rubrik Penilaian Membaca Bilangan Sampai 999 (KD 3.1 dan 4.1)
Aspek
Baik Sekali
4
Baik
3
Cukup
2
Perlu Bimbingan
1
Pengetahuan:
(KD 3.1)
ketepatan
menyatakan
bilangan tiga
angka, minimal 5
bilangan
Semua bilangan
dinyatakan
dengan benar
Ada satu
bilangan yang
dinyatakan
masih salah.
Ada dua
bilangan yang dinyatakan
masih salah
Ada tiga
atau lebih
bilangan yang
dinyatakan
masih salah
Keterampilan:
(KD 4.1)
Ketepatan membaca
bilangan tiga
angka, minimal 5 bilangan
Semua bilangan
dibaca dengan
benar
Ada beberapa
bilangan yang
masih salah
dibaca, tanpa
bantuan guru.
Ada beberapa
bilangan yang masih salah dibaca, dengan bantuan guru.
Belum ada
bilangan yang
dibaca dengan
benar, meskipun
dibantu guru

1)       SBdP
      Rubrik Penilaian Menampilkan Panjang Pendek Bunyi pada Lagu (KD 3.2 dan       4.2)
Aspek/ Kriteria
Baik Sekali
4
Baik
3
Cukup
2
Perlu Bimbingan
1
Pengetahuan:
(KD 3.2)
ketepatan
mengidentifikasi panjang pendek bunyi pada lagu
Dapat
menentukan
bunyi panjang
dan bunyi pendek pada lagu, semua
benar, tanpa
bantuan guru.
Ada beberapa
Bagian lagu yang masih salah
diidentifikasi
bunyi pendek
dan bunyi panjangnya,
tanpa bantuan
guru.
Ada beberapa
Bagian lagu yang masih salah diidentifikasi
bunyi pendek
dan bunyi panjangnya,
dengan bantuan guru.
Belum ada yang
benar dalam
menentukan
bunyi panjang
dan bunyi
pendek lagu,
meskipun dengan bantuan guru.
Keterampila:
(KD 4.2)
ketepatan
menampilkan
panjang pendek bunyi  pada lagu.
Semua nada
dinyanyikan
sesuai irama
lagu  dengan
memerhatikan
panjang pendek
bunyi, tanpa
bantuan guru.
Ada beberapa
nada yang dinyanyikan
dengan bunyi
panjang dan
bunyi pendek
yang masih salah, tanpa
bantuan guru.
Ada beberapa
nada yang
dinyanyikan
dengan bunyi
panjang dan
bunyi pendek
yang masih
salah, dengan
bantuan guru.
Semua
nada yang
dinyanyikan
dengan bunyi
panjang dan
bunyi pendek
masih salah,
dengan
bantuan guru

H.      Sumber dan Media
1.      Buku, teks bacaan
2.      Gambar kerukunan keluarga di rumah
3.      Teks lagu “Peramah dan Sopan




Mengetahui,
Kepala SD Negeri 3 Beureunuen



CHAIRUNNISA, S.Pd
NIP. 19700312 199402 2 002           

Beureunuen, …, …………..,  2017
Guru Kelas II



FAJRIAH, S.Pd
NIP. 19601231 198206 2 028

 


Lembar Kerja Siswa
(LKS)


Hitunglah jumlah kubus berikut ini!
TEMA 1 KELAS 2 SUB 1 PB 1 (Revisi 2017)

TEMA 1 KELAS 2 SUB 1 PB 1 (Revisi 2017)

TEMA 1 KELAS 2 SUB 1 PB 1 (Revisi 2017)


RPP Lainnya:

TEMA 3 KELAS 1 SUB 1 PB 1 (Revisi 2017)

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors