RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 3 Beureunuen
Kelas/Semester : 2/1
Tema 2 :
Bermain di Lingkunganku
Sub
Tema 1/ Pembelajaran : Bermain di Lingkungan Rumah/ 1
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
KOMPETENSI INTI :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman,
guru dan tetangga
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang
jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR (KD)/ INDIKATOR
a) SBdP
3.2 Mengenal pola
irama sederhana melalui lagu anak-anak.
·
Membedakan panjang
pendek nada pada lagu anak menggunakan simbol dengan benar.
4.2 Menampilkan
pola irama sederhana melalui lagu anak-anak.
·
Menyanyikan lagu
anak dengan memperhatikan panjang dan pendek nada pada lagu dengan benar.
b) Bahasa Indonesia
3.2
Menguraikan kosakata dan konsep
tentang keragaman
benda berdasarkan bentuk dan wujudnya dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.
·
Menyebutkan isi
teks pendek yang dibacakan dengan tepat.
4.2
Melaporkan penggunaan kosakata
bahasa Indonesia yang tepat atau bahasa daerah hasil pengamatan tentang keragaman bendaberdasarkan bentuk dan wujudnya dalam bentuk teks tulis, lisan, dan visual.
·
Membaca kembali
teks pendek yang berkaitan dengan keragaman benda dengan lafal dan intonasi
yang tepat.
·
Menyatakan kalimat
matematika yang berkaitan dengan perkalian dengan benar.
c) Matematika
3.4
Menjelaskan perkalian dan
pembagian yang melibatkan
bilangan cacah
dengan hasil kali sampai
dengan 100 dalam
kehidupan seharihari serta
mengaitkan perkalian
dan pembagian.
·
Menyatakan
perkalian dua bilangan sebagai penjumlahan berulang dengan benar.
4.4
Menyelesaikan masalah perkalian
dan pembagian yang
melibatkan bilangan cacah
dengan hasil kali sampai
dengan 100 dalam
kehidupan seharihari serta
mengaitkan perkalian
dan pembagian.
·
Menghitung hasil
kali dua bilangan dengan hasil bilangan cacah sampai 100 dengan tepat
C.
TUJUAN PEMBELAJARAN :
1.
Dengan bimbingan
guru, siswa dapat membedakan panjang pendek nada pada lagu anak menggunakan
simbol dengan benar.
2.
Dengan bimbingan
guru, siswa dapat menyanyikan lagu anak dengan memperhatikan panjang dan pendek
nada pada lagu dengan benar.
3.
Dengan mendengarkan
guru membaca teks “Bermain Perahu Kertas”, siswa dapat menyebutkan isi teks
pendek yang dibacakan dengan tepat.
4.
Dengan menggunakan
teks “Bermain Perahu Kertas”, siswa dapat membaca kembali teks pendek yang
berkaitan dengan keragaman benda dengan lafal dan intonasi yang tepat.
5.
Dengan mengamati
contoh dan bimbingan guru, siswa dapat menyatakan kalimat matematika yang
berkaitan dengan perkalian dengan benar.
6.
Dengan berdiskusi,
siswa dapat menyatakan perkalian dua bilangan sebagai penjumlahan berulang
dengan benar.
7.
Dengan bimbingan
guru, siswa dapat menghitung hasil kali dua bilangan dengan hasil bilangan
cacah sampai 100 dengan tepat
D. DESKRIPSI MATERI
PELAJARAN
1. Menyanyikan
lagu dengan memperhatikan
panjang pendek nada pada
lagu.
2. Membedakan
panjang pendek nada pada
lagu
anak.
3. Menyebutkan
isi teks pendek yang dibacakan
berkaitan dengan keragaman
benda.
4. Membaca
kembali teks pendek yang
berkaitan
dengan keragaman benda
5. Mengubah
penjumlahan berulang ke dalam
bentuk perkalian.
E.
Pendekatan
1. Pendekatan :
Scientific
2.
Strategi :
Kooperative learning
3.
Teknik : Picture and
Picture
4. Matode :
Ceramah, tanya jawab,
pemberian tugas dan diskusi
F.
KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
o Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
o Mengajak semua siswa berdoa.
o
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
o Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
o Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa
kelompok
o Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran
yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
o Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan
yaitu tentang “Hidup Rukun”.
o Menyampaikan
tujuan pembelajaran
yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
·
Pada awal
pembelajaran, siswa diarahkan untuk mengamati gambar “Beni dan Tiur yang
sedang bermain
perahu kertas”.
·
Siswa diarahkan
oleh guru untuk mengajukan pertanyaan menggunakan kata tanya siapa, mengapa,
di mana, bagaimana, dan kapan berdasarkan gambar yang diamati.
·
Siswa lain
diminta menjawab pertanyaan yang diajukan.
·
Berdasarkan
gambar, siswa menceritakan pengalamannya dalam bermain perahu kertas.
·
Guru membimbing
siswa menyanyikan lagu “Berdayung”.
·
Sebelum menyanyi,
terlebih dahulu dijelaskan bahwa dalam bernyanyi harus memperhatikan nada.
·
Siswa diminta
membaca teks yang berkaitan dengan panjang pendek nada.
·
Guru menjelaskan
cara menyanyikan nada 2 ketuk dan 1 ketuk pada lagu.
·
Guru membimbing
siswa menyanyikan lagu “Berdayung” dengan benar.
·
Siswa menyanyikan
lagu “Berdayung” dengan memperhatikan panjang pendek nada.
·
Siswa berdiskusi
menentukan nada 2 ketuk dan 1 ketuk pada lagu dengan menggunakan simbol.
·
Dalam hal ini
guru memberikan bimbingan kepada siswa yang mengalami kesulitan.
·
Hasil diskusi
disampaikan di depan kelas dan kepada siswa diarahkan untuk saling memberikan
komentarnya.
·
Guru membacakan
teks “Bermain Perahu Kertas” dan siswa diarahkan untuk mendengarkan dengan
saksama.
·
Siswa
menceritakan isi teks yang telah didengarnya secara lisan di depan kelas,
kemudian siswa lain diminta untuk memberikan tanggapan.
·
Siswa membaca
kembali teks “Bermain Perahu Kertas”.
·
Siswa menjawab
pertanyaan yang berhubungan dengan teks bacaan.
·
Siswa memperhatikan
contoh penyelesaian masalah perkalian yang dimulai dengan penjumlahan
berulang. Fokus guru: dalam memberikan contoh di awal diharuskan
menggunakan benda konkret terlebih dahulu.
·
Guru menjelaskan
konsep perkalian sebagai penjumlahan berulang.
·
Siswa diarahkan
untuk menyelesaikan beberapa masalah sederhana yang berkaitan dengan
perkalian dengan menggunakan benda konkret.
·
Siswa berdiskusi
dengan teman sebangku untuk menyelesaikan sebuah soal yang berkaitan dengan
konsep perkalian.
·
Siswa diminta menyampaikan
hasil diskusinya kepada teman-temannya.
·
Siswa saling
menanggapi hasil diskusi yang telah disampaikan.
·
Siswa
menyelesaikan beberapa soal yang berkaitan dengan perkalian.
·
Siswa yang
mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal diberikan bimbingan oleh guru.
Pengayaan
·
Guru memberikan
soal-soal yang lebih bervariasi tentang perkalian bagi siswa yang telah mampu
menyelesaikan soal-soal sebelumnya dengan baik.
·
Guru memberikan
tugas lanjutan bagi siswa yang telah mampu membaca teks dengan lancar.
·
Guru memberikan
latihan lanjutan bagi siswa yang telah mampu menentukan panjang pendek nada
pada lagu dengan menggunakan simbol.
Remedial
·
Guru membahas
kembali materi tentang perkalian sebagai penjumlahan berulang bagi siswa yang
belum paham.
·
Guru membimbing
siswa secara rutin khususnya siswa yang belum dapat membaca dengan lancar
karena akan berpengaruh pada proses pembelajaran selanjutnya.
·
Guru membimbing
siswa yang belum mampu menentukan panjang pendek nada pada lagu menggunakan
simbol.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
o Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/
rangkuman hasil belajar selama sehari.
o Melakukan penilaian hasil belajar
o Melakukan repleksi
o Menyampaikan pesan moral/belajar.
o Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
G.
Penilaian :
1.
Teknik Penilaian:
·
Penilaian Sikap : kerja sama, peduli, komunikatif
·
Penilaian
Pengetahuan : Tes tertulis
·
Penilaian
Keterampilan : Uji unjuk kerja
2.
Bentuk Instrumen
Penilaian
1. Sikap
2. Pengetahuan
Siswa mengerjakan
soal-soal latihan tertulis, Remidial, dan pengayaaan pada buku siswa.
3. Keterampilan
Bentuk Instrumen Penilaian
a. Sikap
Petunjuk:
Berilah tanda
centang (√) pada sikap setiap
siswa yang terlihat.
NO
|
NAMA
SISWA
|
Jujur
|
Disiplin
|
Tanggung
Jawab
|
santun
|
Peduli
|
Percaya
Diri
|
||||||
T
|
BT
|
T
|
BT
|
T
|
BT
|
T
|
BT
|
T
|
BT
|
T
|
BT
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
T : Terlihat
BT : Belum Terlihat
b) Pengetahuan
Skor maksimal : 100
Panduan Konversi
Nilai:
Konversi Nilai
(Skala 0-100)
|
Predikat
|
Klasifikasi
|
81-100
|
A
|
SB
(Sangat Baik)
|
66-80
|
B
|
B (Baik)
|
51-65
|
C
|
C (Cukup)
|
0-50
|
D
|
K
(Kurang)
|
a. Menentukan
panjang pendek nada dengan menggunakan simbol
b. Menjawab
pertanyaan berdasarkan teks “Bermain Perahu Kertas”
1. Kertas, baskom,
dan air.
2. Perahu yang
telah selesai dibuat diapungkan di air, kemudian perahu dapat berlayar dengan
bantuan angin.
c. Penilaian
kemampuan pemecahan masalah yang berkaitan dengan penjumlahan berulang
1. 1 + 1 + 1 = 3 × 1 = 3 (skor 15)
2. 4 + 4 + 4 = 3 × 4 = 12 (skor 15)
3. 2 + 2 + 2 + 2 = 4 × 2 = 8 (skor 15)
4. 4 + 4 + 4 + 4 = 4 × 4 = 16 (skor 15)
5. Kalimat perkalian: 2 × 5 = 5 + 5 = 10 (skor 40)
c) Keterampilan
a. Menyanyikan lagu
anak
Kriteria
|
Baik Sekali
4
|
Baik
3
|
Cukup
2
|
Perlu Bimbingan
1
|
Penguasaan
Lagu
|
Hafal
seluruh
syair
lagu,
irama
tepat
|
Hafal
seluruh
syair
lagu,
irama,
irama
kurang
tepat
dan sebaliknya
|
Hafal
sebagian
kecil
syair lagu
|
Belum
mampu
menghafal
syair
lagu
|
Kepercayaan
Diri
|
Tidak
terlihat
ragu-ragu
|
Terlihat
raguragu
|
Memerlukan
bantuan guru
|
Belum
menunjukkan
kepercayaan
diri
|
b. Membaca teks bacaan dengan lafal dan intonasi yang tepat
Kriteria
|
Baik Sekali
4
|
Baik
3
|
Cukup
2
|
Perlu Bimbingan
1
|
Kemampuan
Membaca
Teks
|
Siswa mampu
Membaca keseluruhan
teks dengan
lafal dan intonasi yang tepat
|
Siswa mampu
membaca
setengah atau
lebih bagian
teks dengan
lafal dan intonasi yang
tepat
|
Siswa mampu
Membaca kurang dari
Setengah bagian teks dengan
lafal
dan intonasi
yang tepat
|
Siswa
belum
mampu
membaca
teks
|
Pemahaman
Isi
teks
|
Mampu menjawab
Semua pertanyaan
yang
diajukan
|
Mampu
menjawab
setengah atau
lebih pertanyaan
yang
diajukan
|
Mampu
menjawab
kurang
dari
setengah bagian
teks
|
Belum
mampu
menjawab
semua
pertanyaan
yang
diajukan
|
H.
Sumber dan Media
1.
Buku, teks bacaan
2.
Gambar
Beni dan Tiur bermain perahu kertas
3.
Teks
lagu “Berdayung”
4. Teks “Bermain Perahu Kertas”
Mengetahui,
Kepala SD Negeri 3
Beureunuen
CHAIRUNNISA, S.Pd
NIP.
19700312
199402 2 002
|
|
Beureunuen, …, ………….., 2017
Guru Kelas II
FAJRIAH, S.Pd
NIP. 19601231 198206 2 028
|
Lembar Kerja Siswa
(LKS)
Bacalah kembali teks “Bermain Perahu
Kertas”!
Jawablah pertanyaan berikut berdasarkan
teks
tersebut!
1. Apa saja benda yang digunakan
dalam bermain perahu kertas?
.......................................................................................................
.......................................................................................................
.......................................................................................................
2. Bagaimana cara memainkan perahu tersebut?
.......................................................................................................
.......................................................................................................
.......................................................................................................
Diskusikanlah soal berikut dengan
temanmu!
Ada berapa kelompok perahu pada gambar tersebut?
Berapa jumlah perahu setelah digabungkan?
Dapat ditulis: ..... x ..... = .....
RPP Lainnya:
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment