Home » » TEMA 2 KELAS 2 SUB 1 PB 1 (Revisi 2017)

TEMA 2 KELAS 2 SUB 1 PB 1 (Revisi 2017)

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Wednesday, 23 August 2017



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)



Satuan Pendidikan                   : SD Negeri 3 Beureunuen
Kelas/Semester                       : 2/1
Tema 2                                    : Bermain di Lingkunganku
Sub Tema 1/ Pembelajaran       : Bermain di Lingkungan Rumah/ 1
Alokasi Waktu                         : 1 Hari


A. KOMPETENSI INTI :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B. KOMPETENSI DASAR (KD)/ INDIKATOR
a) SBdP
3.2 Mengenal pola irama sederhana melalui lagu anak-anak.
·         Membedakan panjang pendek nada pada lagu anak menggunakan simbol dengan benar.
4.2 Menampilkan pola irama sederhana melalui lagu anak-anak.
·         Menyanyikan lagu anak dengan memperhatikan panjang dan pendek nada pada lagu dengan benar.

b) Bahasa Indonesia
3.2 Menguraikan kosakata dan konsep tentang keragaman benda berdasarkan bentuk dan wujudnya dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.
·         Menyebutkan isi teks pendek yang dibacakan dengan tepat.
4.2 Melaporkan penggunaan kosakata bahasa Indonesia yang tepat atau bahasa daerah hasil pengamatan tentang keragaman bendaberdasarkan bentuk dan wujudnya dalam bentuk teks tulis, lisan, dan visual.
·         Membaca kembali teks pendek yang berkaitan dengan keragaman benda dengan lafal dan intonasi yang tepat.
·         Menyatakan kalimat matematika yang berkaitan dengan perkalian dengan benar.

c) Matematika
3.4 Menjelaskan perkalian dan pembagian yang melibatkan bilangan cacah dengan hasil kali sampai dengan 100 dalam kehidupan seharihari serta mengaitkan perkalian dan pembagian.
·         Menyatakan perkalian dua bilangan sebagai penjumlahan berulang dengan benar.
4.4 Menyelesaikan masalah perkalian dan pembagian yang melibatkan bilangan cacah dengan hasil kali sampai dengan 100 dalam kehidupan seharihari serta mengaitkan perkalian dan pembagian.
·         Menghitung hasil kali dua bilangan dengan hasil bilangan cacah sampai 100 dengan tepat

C.      TUJUAN PEMBELAJARAN :
1.      Dengan bimbingan guru, siswa dapat membedakan panjang pendek nada pada lagu anak menggunakan simbol dengan benar.
2.      Dengan bimbingan guru, siswa dapat menyanyikan lagu anak dengan memperhatikan panjang dan pendek nada pada lagu dengan benar.
3.      Dengan mendengarkan guru membaca teks “Bermain Perahu Kertas”, siswa dapat menyebutkan isi teks pendek yang dibacakan dengan tepat.
4.      Dengan menggunakan teks “Bermain Perahu Kertas”, siswa dapat membaca kembali teks pendek yang berkaitan dengan keragaman benda dengan lafal dan intonasi yang tepat.
5.      Dengan mengamati contoh dan bimbingan guru, siswa dapat menyatakan kalimat matematika yang berkaitan dengan perkalian dengan benar.
6.      Dengan berdiskusi, siswa dapat menyatakan perkalian dua bilangan sebagai penjumlahan berulang dengan benar.
7.      Dengan bimbingan guru, siswa dapat menghitung hasil kali dua bilangan dengan hasil bilangan cacah sampai 100 dengan tepat

D.      DESKRIPSI MATERI PELAJARAN
1.     Menyanyikan lagu dengan memperhatikan panjang pendek nada pada lagu.
2.     Membedakan panjang pendek nada pada lagu anak.
3.     Menyebutkan isi teks pendek yang dibacakan berkaitan dengan keragaman benda.
4.     Membaca kembali teks pendek yang berkaitan dengan keragaman benda
5.     Mengubah penjumlahan berulang ke dalam bentuk perkalian.

E.       Pendekatan
1.  Pendekatan     : Scientific
2.  Strategi            : Kooperative learning
3. Teknik             : Picture and Picture
4.  Matode            : Ceramah, tanya jawab, pemberian tugas dan diskusi

F.       KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
o   Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
o   Mengajak semua siswa berdoa.
o   Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
o   Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
o   Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
o   Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
o   Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Hidup Rukun”.
o   Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.

15 menit
B.Kegiatan Inti
·         Pada awal pembelajaran, siswa diarahkan untuk mengamati gambar “Beni dan Tiur yang sedang bermain perahu kertas”.
·         Siswa diarahkan oleh guru untuk mengajukan pertanyaan menggunakan kata tanya siapa, mengapa, di mana, bagaimana, dan kapan berdasarkan gambar yang diamati.
·         Siswa lain diminta menjawab pertanyaan yang diajukan.
·         Berdasarkan gambar, siswa menceritakan pengalamannya dalam bermain perahu kertas.
·         Guru membimbing siswa menyanyikan lagu “Berdayung”.
·         Sebelum menyanyi, terlebih dahulu dijelaskan bahwa dalam bernyanyi harus memperhatikan nada.
·         Siswa diminta membaca teks yang berkaitan dengan panjang pendek nada.
·         Guru menjelaskan cara menyanyikan nada 2 ketuk dan 1 ketuk pada lagu.
·         Guru membimbing siswa menyanyikan lagu “Berdayung” dengan benar.
·         Siswa menyanyikan lagu “Berdayung” dengan memperhatikan panjang pendek nada.
·         Siswa berdiskusi menentukan nada 2 ketuk dan 1 ketuk pada lagu dengan menggunakan simbol.
·         Dalam hal ini guru memberikan bimbingan kepada siswa yang mengalami kesulitan.
·         Hasil diskusi disampaikan di depan kelas dan kepada siswa diarahkan untuk saling memberikan komentarnya.
·         Guru membacakan teks “Bermain Perahu Kertas” dan siswa diarahkan untuk mendengarkan dengan saksama.
·         Siswa menceritakan isi teks yang telah didengarnya secara lisan di depan kelas, kemudian siswa lain diminta untuk memberikan tanggapan.
·         Siswa membaca kembali teks “Bermain Perahu Kertas”.
·         Siswa menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan teks bacaan.
·         Siswa memperhatikan contoh penyelesaian masalah perkalian yang dimulai dengan penjumlahan berulang. Fokus guru: dalam memberikan contoh di awal diharuskan menggunakan benda konkret terlebih dahulu.
·         Guru menjelaskan konsep perkalian sebagai penjumlahan berulang.
·         Siswa diarahkan untuk menyelesaikan beberapa masalah sederhana yang berkaitan dengan perkalian dengan menggunakan benda konkret.
·         Siswa berdiskusi dengan teman sebangku untuk menyelesaikan sebuah soal yang berkaitan dengan konsep perkalian.
·         Siswa diminta menyampaikan hasil diskusinya kepada teman-temannya.
·         Siswa saling menanggapi hasil diskusi yang telah disampaikan.
·         Siswa menyelesaikan beberapa soal yang berkaitan dengan perkalian.
·         Siswa yang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal diberikan bimbingan oleh guru.

Pengayaan
·         Guru memberikan soal-soal yang lebih bervariasi tentang perkalian bagi siswa yang telah mampu menyelesaikan soal-soal sebelumnya dengan baik.
·         Guru memberikan tugas lanjutan bagi siswa yang telah mampu membaca teks dengan lancar.
·         Guru memberikan latihan lanjutan bagi siswa yang telah mampu menentukan panjang pendek nada pada lagu dengan menggunakan simbol.

Remedial
·         Guru membahas kembali materi tentang perkalian sebagai penjumlahan berulang bagi siswa yang belum paham.
·         Guru membimbing siswa secara rutin khususnya siswa yang belum dapat membaca dengan lancar karena akan berpengaruh pada proses pembelajaran selanjutnya.
·         Guru membimbing siswa yang belum mampu menentukan panjang pendek nada pada lagu menggunakan simbol.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
o  Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/ rangkuman hasil belajar selama sehari.
o  Melakukan penilaian hasil belajar
o  Melakukan repleksi
o  Menyampaikan pesan moral/belajar.
o  Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

G.      Penilaian :
1.      Teknik Penilaian:
·         Penilaian Sikap                        : kerja sama, peduli, komunikatif
·         Penilaian Pengetahuan            : Tes tertulis
·         Penilaian Keterampilan           : Uji unjuk kerja

2.      Bentuk Instrumen Penilaian
1.      Sikap
2.      Pengetahuan
Siswa mengerjakan soal-soal latihan tertulis, Remidial, dan pengayaaan pada buku siswa.
3.      Keterampilan

Bentuk Instrumen Penilaian
a.    Sikap

Petunjuk:
Berilah tanda centang () pada sikap setiap siswa yang terlihat.
NO
NAMA SISWA
Jujur
Disiplin
Tanggung Jawab
santun
Peduli
Percaya Diri
T
BT
T
BT
T
BT
T
BT
T
BT
T
BT











































































































































































































































































































































































































































































































Keterangan:
T         : Terlihat
BT       : Belum Terlihat

b) Pengetahuan
Skor maksimal : 100

Panduan Konversi Nilai:
Konversi Nilai
(Skala 0-100)
Predikat
Klasifikasi
81-100
A
SB (Sangat Baik)
66-80
B
B (Baik)
51-65
C
C (Cukup)
0-50
D
K (Kurang)

a.    Menentukan panjang pendek nada dengan menggunakan simbol
b.    Menjawab pertanyaan berdasarkan teks “Bermain Perahu Kertas”
1.      Kertas, baskom, dan air.
2.      Perahu yang telah selesai dibuat diapungkan di air, kemudian perahu dapat berlayar dengan bantuan angin.

c.    Penilaian kemampuan pemecahan masalah yang berkaitan dengan penjumlahan berulang
1. 1 + 1 + 1 = 3 × 1 = 3 (skor 15)
2. 4 + 4 + 4 = 3 × 4 = 12 (skor 15)
3. 2 + 2 + 2 + 2 = 4 × 2 = 8 (skor 15)
4. 4 + 4 + 4 + 4 = 4 × 4 = 16 (skor 15)
5. Kalimat perkalian: 2 × 5 = 5 + 5 = 10 (skor 40)

c) Keterampilan
a. Menyanyikan lagu anak
Kriteria
Baik Sekali
4
Baik
3
Cukup
2
Perlu Bimbingan
1
Penguasaan
Lagu
Hafal seluruh
syair lagu,
irama tepat
Hafal seluruh
syair lagu,
irama, irama
kurang tepat
dan sebaliknya
Hafal sebagian
kecil syair lagu
Belum mampu
menghafal
syair lagu
Kepercayaan
Diri
Tidak terlihat
ragu-ragu
Terlihat raguragu
Memerlukan
bantuan guru
Belum
menunjukkan
kepercayaan
diri

b. Membaca teks bacaan dengan lafal dan intonasi yang tepat
Kriteria
Baik Sekali
4
Baik
3
Cukup
2
Perlu Bimbingan
1
Kemampuan
Membaca Teks
Siswa mampu
Membaca keseluruhan
teks dengan
lafal dan intonasi yang tepat
Siswa mampu
membaca
setengah atau
lebih bagian
teks dengan
lafal dan intonasi yang
tepat
Siswa mampu
Membaca kurang dari
Setengah bagian teks dengan lafal
dan intonasi
yang tepat
Siswa belum
mampu
membaca teks
Pemahaman Isi
teks
Mampu menjawab
Semua pertanyaan
yang diajukan
Mampu
menjawab
setengah atau lebih pertanyaan
yang diajukan
Mampu
menjawab
kurang dari
setengah bagian teks
Belum mampu
menjawab
semua
pertanyaan
yang diajukan

H.      Sumber dan Media
1.      Buku, teks bacaan
2.      Gambar Beni dan Tiur bermain perahu kertas
3.      Teks lagu “Berdayung”
4.      Teks “Bermain Perahu Kertas”




Mengetahui,
Kepala SD Negeri 3 Beureunuen



CHAIRUNNISA, S.Pd
NIP. 19700312 199402 2 002           

Beureunuen, …, …………..,  2017
Guru Kelas II



FAJRIAH, S.Pd
NIP. 19601231 198206 2 028





Lembar Kerja Siswa
(LKS)


Bacalah kembali teks “Bermain Perahu Kertas”!
Jawablah pertanyaan berikut berdasarkan teks
tersebut!
1.  Apa saja benda yang digunakan dalam bermain perahu kertas?
....................................................................................................... 
.......................................................................................................
.......................................................................................................
 
2.  Bagaimana cara memainkan perahu tersebut?
....................................................................................................... 
.......................................................................................................
.......................................................................................................

Diskusikanlah soal berikut dengan temanmu! 




Ada berapa kelompok perahu pada gambar tersebut?
Berapa jumlah perahu setelah digabungkan?

Dapat ditulis: ..... x     ..... =     .....

 

TEMA 2 KELAS 2 SUB 1 PB 1 (Revisi 2017)

TEMA 2 KELAS 2 SUB 1 PB 1 (Revisi 2017)



RPP Lainnya:

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors