Home » » TEMA 2 KELAS 2 SUB 2 PB 1 (Revisi 2017)

TEMA 2 KELAS 2 SUB 2 PB 1 (Revisi 2017)

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Thursday, 24 August 2017



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN



(RPP)



Satuan Pendidikan                   : SD Negeri 3 Beureunuen
Kelas/Semester                       : 2/1
Tema 2                                    : Bermain di Lingkunganku
Sub Tema 2/ Pembelajaran       : Bermain di Rumah Teman/ 1
Alokasi Waktu                         : 1 Hari


A. KOMPETENSI INTI :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B. KOMPETENSI DASAR (KD)/ INDIKATOR
a) Bahasa Indonesia
3.2 Menguraikan kosakata dan konsep tentang keragaman benda berdasarkan bentuk dan wujudnya dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.
4.2 Melaporkan penggunaan kosakata Bahasa Indonesia yang tepat atau bahasa daerah hasil pengamatan tentang keragaman benda berdasarkan bentuk dan wujudnya dalam bentuk teks tulis, lisan, dan visual

b) SBdP
3.3 Mengenal gerak keseharian dan alam dalam tari.
4.3 Memperagakan gerak keseharian dan alam dalam tari

c) Matematika
3.4 Menjelaskan perkalian dan pembagian yang melibatkan bilangan cacah dengan hasil kali sampai dengan 100 dalam kehidupan seharihari serta mengaitkan perkalian dan pembagian.
4.4 Menyelesaikan masalah perkalian dan pembagian yang melibatkan bilangan cacah dengan hasil kali sampai dengan 100 dalam kehidupan seharihari serta mengaitkan perkalian dan pembagian

C.      TUJUAN PEMBELAJARAN :
1.      Dengan mendengarkan guru membaca teks “Memetik Jambu di Rumah Udin”, siswa dapat menyebutkan isi teks pendek yang dibacakan dengan benar.
2.      Dengan teks “Memetik Jambu di Rumah Udin”, siswa dapat membaca kembali teks pendek yang berkaitan dengan keragaman benda dengan lafal dan intonasi yang tepat.
3.      Dengan mengamati gambar gerakan kepala, siswa dapat mengidentifikasi gerak bagian kepala dengan benar.
4.      Dengan mengamati gambar gerakan tangan, siswa dapat mengidentifikasi gerak bagian tangan dengan benar.
5.      Dengan bimbingan guru, siswa dapat melakukan gerak bagian kepala dengan hitungan.
6.      Dengan bimbingan guru, siswa dapat melakukan gerak bagian tangan dengan hitungan.
7.      Dengan bimbingan guru, siswa dapat melakukan gerakan lain yang berbeda dengan yang ada pada gambar dengan benar.
8.      Dengan berdiskusi, siswa dapat menyatakan kalimat matematika yang berkaitan dengan masalah perkalian dengan benar.
9.      Dengan berdiskusi, siswa dapat memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan perkalian dengan benar.

D.      DESKRIPSI MATERI PELAJARAN
1.      Menjawab pertanyaan dari teks “Memetik Jambu di Rumah Udin”.
2.      Mengubah penjumlahan berulang ke dalam bentuk perkalian.
3.      Menyebutkan isi teks pendek yang dibacakan.
4.      Mempraktikkan gerak bagian kepala dan tangan dengan hitungan.

E.       PENDEKATAN
1.  Pendekatan     : Scientific
2.  Strategi            : Kooperative learning
3. Teknik             : Picture and Picture
4.  Matode            : Ceramah, tanya jawab, pemberian tugas dan diskusi

F.       KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
o   Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
o   Mengajak semua siswa berdoa.
o   Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
o   Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
o   Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
o   Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
o   Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Hidup Rukun”.
o   Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Siswa mengamati gambar “Beni dan Teman-teman Memetik Jambu”.
         Siswa mengajukan pertanyaan terhadap gambar yang diamati.
         Siswa lain menjawab pertanyaan yang diajukan temannya.
         Siswa dan guru melakukan tanya jawab tentang gambar yang telah diamati.
         Salah seorang siswa membaca teks “Memetik Jambu di Rumah Udin” dengan lafal dan intonasi yang tepat.
         Siswa lain mendengarkan teks yang dibacakan.
         Siswa menuliskan jawaban dari pertanyaan berdasarkan teks yang dibacakan.
         Siswa kembali membaca teks “Memetik Jambu di Rumah Udin”.
         Siswa saling memeriksa jawaban yang telah ditulis bersama teman sebangkunya.
         Siswa dan guru melakukan tanya jawab terhadap jawaban yang telah ditulis siswa.
         Guru memberikan penguatan terhadap materi yang dibicarakan.
         Siswa mengamati gambar rangkaian gerakan kepala (menggeleng ke kiri, menggeleng ke kanan, mengadah dan menunduk).
         Siswa menjelaskan cara melakukan gerakan berdasarkan gambar.
         Siswa mempraktikkan gerakan berdasarkan gambar.
         Guru memperagakan gerakan berdasarkan gambar dan siswa mengamati.
         Guru membimbing siswa mempraktikkan gerakan kepala sesuai gambar.
         Siswa mengamati gambar rangkaian gerakan tangan (mengayun ke atas, mengayun ke bawah, mengayun ke kiri, mengayun ke kanan).
         Siswa menjelaskan cara melakukan gerakan berdasarkan gambar.
         Siswa mempraktikkan gerakan berdasarkan gambar.
         Guru memperagakan gerakan berdasarkan gambar dan siswa mengamati.
         Guru membimbing siswa mempraktikkan gerakan tangan sesuai gambar.
         Guru memperagakan koordinasi gerakan kepala dan tangan, kemudian siswa untuk mengamati.
         Guru membimbing siswa melakukan koordinasi gerakan kepala dan tangan dengan hitungan.
         Guru membimbing siswa untuk melakukan gerakan lain yang berbeda sesuai kreativitas siswa.
         Siswa mendiskusikan contoh soal yang berkaitan dengan perkalian.
         Siswa dan guru melakukan tanya jawab tentang contoh penyelesaian soal perkalian.
         Siswa berdiskusi menyelesaikan beberapa soal mengubah penjumlahan berulang menjadi bentuk perkalian.
         Siswa mengerjakan latihan tentang perkalian (mengubah penjumlahan berulang menjadi bentuk perkalian).

Pengayaan
         Guru memberikan latihan lanjutan bagi siswa yang telah mampu menyebutkan isi teks pendek yang dibacakan berkaitan dengan keragaman benda di sekitar.
         Guru meminta siswa melakukan latihan lanjutan mengenai koordinasi gerak kepala dan tangan.
         Guru memberikan soal tambahan bagi siswa yang telah mampu menyelesaikan soal mengubah penjumlahan berulang menjadi bentuk perkalian.

Remedial
         Guru mengulang kembali kegiatan menyebutkan isi teks pendek yang dibacakan dengan menggunakan teks yang berbeda.
         Guru membimbing siswa yang belum mampu melakukan koordinasi gerak kepala dan tangan.
         Guru memberikan bimbingan bagi siswa yang belum mampu menyelesaikan soal mengubah penjumlahan berulang menjadi bentuk perkalian.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
o  Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/ rangkuman hasil belajar selama sehari.
o  Melakukan penilaian hasil belajar
o  Melakukan repleksi
o  Menyampaikan pesan moral/belajar.
o  Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

G.      Penilaian :
1.      Teknik Penilaian:
·         Penilaian Sikap                        : kerja sama, peduli, komunikatif
·         Penilaian Pengetahuan            : Tes tertulis
·         Penilaian Keterampilan           : Uji unjuk kerja

2.      Bentuk Instrumen Penilaian
1.      Sikap
2.      Pengetahuan
Siswa mengerjakan soal-soal latihan tertulis, Remidial, dan pengayaaan pada buku siswa.
3.      Keterampilan

 
 
Bentuk Instrumen Penilaian
a.    Sikap

Petunjuk:
Berilah tanda centang () pada sikap setiap siswa yang terlihat.
NO
NAMA SISWA
Jujur
Disiplin
Tanggung Jawab
santun
Peduli
Percaya Diri
T
BT
T
BT
T
BT
T
BT
T
BT
T
BT











































































































































































































































































































































































































































































































Keterangan:
T         : Terlihat
BT       : Belum Terlihat

b) Pengetahuan
Skor maksimal : 100

Penilaian        : skor perolehan  / skor maksimal x 100

Panduan Konversi Nilai:
Konversi Nilai
(Skala 0-100)
Predikat
Klasifikasi
81-100
A
SB (Sangat Baik)
66-80
B
B (Baik)
51-65
C
C (Cukup)
0-50
D
K (Kurang)

a. Tes: Penilaian menjawab pertanyaan dari teks “Memetik Jambu di Rumah Udin”.
1. Memetik jambu. (skor 20)
2. Beni, Edo, Lani, dan Siti. (skor 20)
3. Di depan rumah Udin. (skor 20)
4. Udin memanjat pohon jambu, Beni memetik jambu bmenggunakan galah, Lani memetik jambu dengan tangan, Edo dan Siti mengumpulkan jambu yang sudah dipetik. (skor 20)
5. Galah. (skor 20)

b. Tes: Menentukan bentuk perkalian.
1. 2 × 9 = 18 (skor 20)
2. 7 × 7 = 49 (skor 20)
3. 3 × 4 = 12 (skor 20)
4. 3 × 8 = 24 (skor 20)
5. 4 × 2 = 8 (skor 20)

3. Keterampilan
a. Menyebutkan isi teks pendek yang dibacakan
Kriteria
Baik Sekali
4
Baik
3
Cukup
2
Perlu Bimbingan
1
Kemampuan
menyampaikan
Siswa menyampaikan
seluruh isi teks
dengan lancar
Sebagian besar isi teks disampaikan
dengan lancar
Sebagian
kecil isi teks
disampaikan
dengan lancar
Belum mampu
menyampaikan
Volume suara
Terdengar
sampai seluruh
ruang kelas
Terdengar
Sampai setengah ruang
kelas
Terdengar
hanya bagian
depan ruang
kelas
Suara sangat
pelan atau
tidak terdengar

b. Mempraktikkan gerak bagian kepala dan tangan dengan hitungan
Kriteria
Baik Sekali
4
Baik
3
Cukup
2
Perlu Bimbingan
1
Kemampuan
mempraktikkan
Seluruh gerakan
dipraktikkan
dengan baik
Sebagian
besar gerakan
dipraktikkan
dengan baik
Hanya
sebagian
kecil gerakan
dipraktikkan
dengan baik
Belum bisa
mempraktikkan
gerakan
Kesesuaian
gerakan
dengan
hitungan
Seluruh gerakan
dipraktikkan
sesuai hitungan
Sebagian
besar gerakan
dipraktikkan
sesuai hitungan
Hanya sebagian
kecil gerakan
dipraktikkan
sesuai hitungan
Belum bisa
mempraktikkan
sesuai hitungan
gerakan

H.      Sumber dan Media
1.      Teks percakapan “Beni dan Udin”.
2.      Gambar “Beni dan Teman-teman Memetik Jambu”.
2.      Teks “Memetik Jambu di Rumah Udin”.
3.      Gambar “Rangkaian Gerakan Kepala”.
4.      Gambar “Rangkaian Gerakan Tangan”.



Mengetahui,
Kepala SD Negeri 3 Beureunuen



CHAIRUNNISA, S.Pd
NIP. 19700312 199402 2 002           

Beureunuen, …, …………..,  2017
Guru Kelas II



FAJRIAH, S.Pd
NIP. 19601231 198206 2 028





Lembar Kerja Siswa
(LKS)

Jawablah pertanyaan berikut berdasarkan teks
yang dibacakan temanmu!
1. Apa yang dilakukan Beni dan teman-teman?
............................................................................
............................................................................

2. Siapa saja yang ikut bermain di rumah Udin?
............................................................................
............................................................................

3. Di mana Beni dan teman-teman memetik jambu?
............................................................................
............................................................................

4. Bagaimana cara Beni dan teman-teman memetik jambu?
............................................................................
............................................................................

5. Apa yang digunakan Beni untuk memetik jambu?
............................................................................
............................................................................


TEMA 2 KELAS 2 SUB 2 PB 1 (Revisi 2017)

TEMA 2 KELAS 2 SUB 2 PB 1 (Revisi 2017)


RPP lainnya:

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors