Home » » TEMA 3 KELAS 4 SUB 1 PB 1 (Revisi 2017)

TEMA 3 KELAS 4 SUB 1 PB 1 (Revisi 2017)

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Monday, 25 September 2017

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP)



Satuan Pendidikan                      : SD Negeri 4 Beureunuen
Kelas/Semester                          : IV/1
Tema 3                                      : Peduli Terhadap Makhluk Hidup
Sub Tema 1/ Pembelajaran         : Hewan dan Tumbuhan dilingkungan                                                                                                                    rumahku / 1
Alokasi Waktu                            : 1 hari

A. Kompetensi Inti :
1.         Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.         Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diridalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
3.         Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
4.         Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B. Kompetensi Dasar/ Indikator
a) Bahasa Indonesia
3.3 Menggali informasi dari seorang tokoh melaluiwawancara menggunakan daftar pertanyaan
4.3 Melaporkan hasil wawancara menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif dalam bentuk teks tulis
3.3.1 Membuat daftar pertanyaan untuk persiapan wawancara
4.3.1 Membuat pertanyaan tertulis menggunakan kosa kata baku dan kalimat efektif untuk persiapan wawancara

b) IPA
3.8 Memahami pentingnya upaya keseimbangan dan pelestarian sumber daya alam di lingkungannya
4.8 Melakukan kegiatan upaya pelestarian sumber daya alam bersama orang-orang di lingkungannya
3.8.1 Mengidentifikasi masalah masalah keseimbangan lingkungan
4.8.1 Melakukan identifikasi masalah keseimbangan lingkungan

c) IPS
3.1 Mengidentifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/ kabupaten sampai tingkat provinsi
4.1 Menyajikan hasil identifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/ kabupaten sampai tingkat provinsi
3.1.1 Mengidentifikasi karakteristik dataran tinggi, dataran rendah, dan pantai serta pemanfaatan sumber daya alamnya bagi kesejahteraan masyarakat.
4.1.1 Menyajikan informasi hasil identifikasi karakteristik dataran tinggi, dataran rendah, dan pantai serta pemanfaatan sumber daya alamnya bagi kesejahteraan masyarakat.

C.      TUJUAN PEMBELAJARAN :
1.      Dengan mengamati gambar, siswa mampu membuat daftar pertanyaan untuk persiapan wawancara dengan tepat.
2.      Dengan mengamati gambar, siswa mampu membuat pertanyaan tertulis menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif untuk persiapan wawancara dengan benar.
3.      Dengan diskusi pemecahan masalah, siswa mampu mengidentifikasi masalah-masalah keseimbangan lingkungan dengan tepat.
4.      Dengan diskusi pemecahan maslah, siswa mampu melakukan identifikasi masalah keseimbangan lingkungan dengan tepat.
5.      Dengan mengamati gambar, siswa mampu mengidentifikasi karakteristik dataran tinggi, dataran rendah, dan pantai serta pemanfatan sumber daya alamnya bagi kesejahteraan masyarakat dengan tepat.
6.      Dengan mengamati gambar, siswa mampu menyajikan informasi hasil identifikasi karakteristik dataran tinggi, dataran rendah, dan pantai serta pemanfataan sumber daya alamnya bagi kesejahteraan masyarakat dengan sistematis.

D.      MATERI PEMBELAJARAN :
1.      Membuat pertanyaan
2.      Melakukan identifikasi masalah keseimbangan lingkungan
3.      Melakukan pengamatan bentang alam Indonesia

E.       Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumahku”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.

10 menit
B.Kegiatan Inti
o   Sebagai kegiatan pembuka, guru memperlihatkan serumpun padi kepada siswa.
o   Guru mengajukan pertanyaan:
-          Apa yang kalian ketahui tentang tanaman ini
o   Guru  menyiapkan rumpun padi secukupnya. Kegiatan ini bertujuan untuk menarik minat siswa pada kegiatan belajar yang akan berlangsung.
o   Guru meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dengan memotivasi mereka untuk menjawab pertanyaan terbuka tersebut secara rinci. Siswa diminta untuk menggunakan sudut pandang dari berbagai sisi, contoh: Padi adalah
n  Tanaman yang bijinya dikonsumsi rakyat Indonesia setiap hari.
n  Makanan pokok rakyat Indonesia
n  Tumbuh di sawah di dataran rendah
n  Sumber daya alam hayati
n  Termasuk tanaman biji-bijian
n  Termasuk jenis tanaman rumpun
n  Kaya akan karbohidrat
n  Memiliki biji tunggal (monokotil), dll
o   Motivasi siswa untuk berpikir di luar kebiasaan “out of the box”, contoh:
-          Biji padi juga dimakan oleh unggas, daunnya dimakan ulat dan hama wereng.
-          Rumpun padi menjadi tempat tinggal beragam hewan seperti katak, ular, belut, dll
-          Kulit padi dimanfaatkan untuk sampo, untuk prakarya, untuk bahan bakar.
-          Padi menjadi sumber mata pencarian petani, dll
o   Siswa kemudian saling mencocokan jawaban kepada satu/beberapa teman lain. Siswa berdiskusi untuk menemukan perbedaan jawaban mereka
o   Guru dapat meminta siswa menggunakan model “komidi putar” saat mereka membandingkan jawaban. Model kerja kelompok tersebut telah digunakan di tema satu. Model ini dapat dikembangkan dengan meminta siswa tidak hanya membuat sepasang lingkaran besar dengan anggota semua siswa di kelas. Minta siswa untuk membuat beberapa pasang lingkaran. Setiap pasang lingkaran dapat beranggotakan 10 siswa. I0 siswa ini akan membentuk 2 lingkaran, sehingga siswa akan mendapatkan kesempatan 5x pergantian pasangan
o   Siswa kemudian mendiskusikan jawaban secara klasikal dengan arahan guru.
o   Guru memberikan penguatan.
o   Indonesia memiliki beragam tumbuhan yang dapat dimanfaatkan sebagai makanan pokok. Beras (padi), sagu, dan singkong adalah beberapa di antaranya.
o   Beragam tumbuhan tersebut merupakan sumber daya alam hayati yang dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Tumbuhan sebagai sumber daya alam tentunya perlu dijaga keberadaannya.
o   Siswa diminta untuk memilih satu jenis tanaman yang sering mereka konsumsi dalam keseharian.
o   Siswa diminta untuk membuat pertanyaan sebanyak mungkin tentang tumbuhan pilihan mereka
o   Pertanyaan yang dibuat harus dapat menjawab rasa ingin tahu mereka.
o   Ingatkan siswa untuk membuat pertanyaan dengan memperhatikan penggunaan kosa kata baku dan kalimat efektif
o   Siswa menuliskan daftar pertanyaan di buku untuk digunakan pada pertemuan selanjutnya.
o   Siswa diingatkan kembali tentang teks yang telah mereka baca di awal kegiatan pembelajaran.
o   Siswa diminta untuk menuliskan tiga tahap pertumbuhan padi, pada diagram yang tersedia.
o   Menggunakan diagram tersebut, siswa kemudian mendiskusikan bersama teman tentang satu tahapan dari padi yang paling penting untuk dijaga keberadaannya
o   Arahkan siswa untuk mendiskusikan tentang:
-          Alasan mengapa satu tahap tanaman padi yang menjadi pilihan mereka adalah tahapan paling penting, (motivasi siswa untuk menemukan alasan sebanyak mungkin)
-          Dampaknya apabila bagian tersebut bermasalah? (bagi manusia, hewan, keberlangsungan rantai makanan, dan keberlangsungan kehidupan)
o   Siswa kemudian membaca informasi tentang jawaban dari permasalahan yang telah mereka diskusikan, yaitu solusi untuk menjaga keberadaan tanaman padi.
o   Kegiatan belajar ini bertujuan untuk melatih keterampilan siswa dalam membuat pertanyaan. Berikan pertanyaan-pertanyaan pancingan pada siswa untuk membuat mereka berfikir secara luas, dalam dan kritis.
o   Minta mereka untuk berfikir di luar kebiasaan “out of the box”.
o   Kemampuan berfikir kritis akan meningkatkan rasa ingin tahu siswa.
o   Rasa ingin tahu yang tinggi akan membantu siswa untuk mampu membuat banyak pertanyaan yang pada akhirnya akan membimbing mereka untuk mencari jawabannya secara mandiri
o   Siswa bersama guru mendiskusikan jawaban secara klasikal dan menyimpulkan jawaban
o   Siswa kembali diminta untuk membuat banyak pertanyaan tentang tumbuhan pilihan mereka. Pertanyaan yang dibuat adalah tentang bagaimana melestarikan tanaman yang dipilih dan mengenai cara-cara menjaga keseimbangan agar tanaman tersebut tidak habis.
o   Tugas siswa diperiksa guru menggunakan rubrik (penilaian 1)
o   Siswa menuliskan pertanyaan tambahan pada daftar pertanyaan yang telah mereka buat di kegiatan sebelumnya
o   Siswa mengamati gambar tiga kondisi geografis yang ada di buku, yaitu: dataran tinggi, dataran rendah, dan pantai.
o   Guru dapat menyiapkan foto-foto tambahan dari ketiga bentang alam tersebut.
o   Dengan lebih banyak foto yang dihadirkan, diharapkan akan meningkatkan rasa ingin tahu siswa.
o   Siswa kembali diminta membuat pertanyaan tentang beragam hal yang ingin mereka ketahui tentang ketiga bentang alam tersebut.
o   Siswa menuliskan pertanyaan pada kolom yang tersedia.
o   Siswa mendiskusikan pertanyaan dan hasil pengamatan bersama satu/ beberapa orang teman.
o   Siswa menuliskan perbedaan-perbedaan yang mereka temukan dari ketiga bentang alam tersebut.
o   Siswa membaca informasi tentang karakteristik tiga bentang alam Indonesia, yaitu: pantai, dataran rendah, dan dataran tinggi.
o   Siswa mengisi tabel tentang karakteristik bentang alam tersebut berdasarkan informasi yang ada dalam bacaan.
o   Tugas dan sikap belajar siswa dinilai menggunakan rubrik (penilaian 2)
o   Siswa kembali diminta membuat pertanyaan sebanyak-banyaknya tentang karakteristik alam tempat tumbuhan pilihan mereka hidup.
o   Siswa menuliskan pertanyan tersebut pada daftar pertanyaan mereka di awal kegiatan.
o   Daftar pertanyaan siswa diperiksa guru menggunakan rubrik (penilaian 3)
o   Siswa melakukan perenungan dengan menjawab pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa.
o   Guru dapat menambahkan pertanyaan perenungan berdasarkan panduan yang terdapat pada lampiran pertama, Buku Guru.

PENGAYAAN
o   Apabila memiliki waktu, siswa dapat diberikan materi tentang kalimat efektif dan kosa kata baku.

REMEDIAL
o   Siswa yang belum mampu membuat pertanyaan, akan mendapat pendampingan guru. Siswa diberikan beberapa gambar lain untuk menumbuhkan rasa ingin tahu yang kemudian akan dituangkan dalam bentuk pertanyaan.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/ rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah

15 menit

E. Penilaian :
1. Prosedur Penilaian
a.       Penilaian Proses : Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan pendahuluan sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar : Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan tes  lisan (instrument terlampir).

2. Instrumen Penilaian
a.    Penilaian Proses               : 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar    : Essay (uraian).

                                                                                               



Penilaian
1. IPA
Pertanyaan siswa tentang identifikasi masalah keseimbangan lingkungan

untuk menjaga keberadaan tanaman diperiksa menggunakan rubrik.
Beri tanda centang () sesuai pencapaian siswa


2. IPS
a. Tugas siswa menemukan dan menuliskan informasi tentang karakteristik
bentang alam: pantai, dataran rendah, dan dataran tinggi, dinilai
menggunakan rubrik.
Beri tanda centang () sesuai pencapaian siswa 

 b. Sikap siswa saat melakukan diskusi pemecahan masalah dinilai menggunakan rubrik
    Beri tanda centang (√) sesuai pencapaian siswa  

3. Bahasa Indonesia
Daftar pertanyaan siswa dinilai menggunakan rubrik
Beri tanda centang (√) sesuai pencapaian siswa.  


4. Catatan Anekdot untuk mencatat sikap (tanggung jawab dan peduli)
    (Contoh terlampir di bagian lampiran Buku Guru).

         Siswa mendiskusikan dengan orang tua tentang beragam cara untuk menjaga keberadaan tumbuhan yanga ada di sekitar rumah.


F. Sumber dan Media
o   Buku Guru
o   Buku Siswa
o   Serumpun padi untuk kegiatan pembuka.
o   Foto bentang alam: pantai, dataran rendah, dan dataran tinggi untuk kegiatan IPS, IPA, dan Bahasa Indonesia.





Mengetahui,
Kepala SD Negeri 4 Beureunuen



ISWADI, S.Pd
NIP. 19781231 200504 1 001

Beureunuen, …, …………..,  2017
Guru Kelas IV



ROSMANI, S.Pd
NIP: 19601231 198410 2 004



Lembar Kerja Siswa
(LKS)

Amati gambar berikut.

TEMA 3 KELAS 4 SUB 1 PB 1 (Revisi 2017)


 Diskusikan pertanyaan dan hasil pengamatan dengan temanmu. Tulis perbedaan yang kamu temukan dari ketiga tempat tersebut.

.................................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................................

MEDIA

TEMA 3 KELAS 4 SUB 1 PB 1 (Revisi 2017)

RPP LAINNYA:

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors