Home » » TEMA 3 KELAS 2 SUB 1 PB 1 (Revisi 2017)

TEMA 3 KELAS 2 SUB 1 PB 1 (Revisi 2017)

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Friday, 22 September 2017



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)



Satuan Pendidikan                   : SD Negeri 3 Beureunuen
Kelas/Semester                        : 2/1
Tema 3                                     : Tugasku Sehari-Hari
Sub Tema 1/ Pembelajaran       : Tugasku Sehari-Hari di Rumah/ 1
Alokasi Waktu                          : 1 Hari


A. KOMPETENSI INTI :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B. KOMPETENSI DASAR (KD)/ INDIKATOR
a) Bahasa Indonesia
3.3 Menentukan kosakata dan konsep tentang lingkungan geografis, kehidupan ekonomi, sosial, dan budaya di lingkungan sekitar dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual dan/atau eksplorasi lingkungan.
·         Memahami isi teks bacaan tentang lingkungan geografis di rumah dengan jujur.
·         Menyebutkan isi teks berkaitan dengan lingkungan geografis di rumah dengan percaya diri.
4.3 Melaporkan penggunaan kosakata bahasa Indonesia yang tepat atau bahasa daerah hasil pengamatan tentang lingkungan geografis, kehidupan ekonomi, sosial dan budaya di lingkungan sekitar dalam bentuk teks tulis, lisan, dan visual.
·         Membaca teks tentang lingkungan geografis di rumah dengan percaya diri.

b) Matematika
3.5 Menjelaskan nilai dan kesetaraan pecahan mata uang.
·         Menyebutkan berbagai pecahan uang dengan percaya diri.
·         Membandingkan pecahan uang secara cermat.
4.5 Mengurutkan nilai mata uang serta mendemonstrasikan berbagai kesetaraan pecahan mata uang.
·         Mengurutkan pecahan uang secara cermat.

c) SBdP
3.2 Mengenal pola irama sederhana melalui lagu anak-anak.
·         Memahami panjang pendek bunyi dengan simbol secara cermat.
·         Memahami kuat lemah bunyi pada lagu secara cermat.
4.2 Menampilkan pola irama sederhana melalui lagu anakanak
·         Menyuarakan panjang pendek bunyi dengan percaya diri.
·         Menyuarakan kuat lemah bunyi pada lagu dengan percaya diri.

C.      TUJUAN PEMBELAJARAN :
1.      Dengan mengamati denah rumah dan teks bacaan, siswa dapat menyebutkan isi teks berkaitan dengan lingkungan geografis di rumah dengan percaya diri.
2.      Dengan kegiatan tanya jawab, siswa dapat memahami isi teks bacaan tentang lingkungan geografis di rumah dengan jujur.
3.      Dengan bimbingan guru, siswa dapat membaca teks tentang lingkungan geografis di rumah dengan percaya diri.
4.      Dengan memperhatikan gambar dan penjelasan guru, siswa dapat menyebutkan berbagai pecahan uang dengan percaya diri.
5.      Dengan memperhatikan gambar, siswa dapat membandingkan pecahan uang secara cermat.
6.      Dengan memperhatikan gambar, siswa dapat mengurutkan pecahan uang secara cermat.
7.      Dengan mengamati gambar, siswa dapat memahami panjang pendek bunyi dengan simbol secara cermat.
8.      Dengan mengamati gambar, siswa dapat memahami kuat lemah bunyi pada lagu secara cermat.
9.      Dengan mengamati gambar, siswa dapat menyuarakan panjang pendek bunyi dengan percaya diri.
10.  Dengan mengamati gambar, siswa dapat menyuarakan kuat lemah bunyi pada lagu dengan percaya diri.

D.      DESKRIPSI MATERI PELAJARAN
1.      Mengamati
·         Mengamati gambar denah rumah.
·         Mengamati sekumpulan pecahan uang.
·         Mengamati gambar atau teks bacaan.
2.      Menanya
·         Mengajukan pertanyaan berkaitan dengan lingkungan geografis.
·         Mengajukan pertanyaan tentang nilai pecahan uang.
·         Mengajukan pertanyaan berbagai bunyi.
3.      Mengumpulkan informasi
·         Mencari informasi mengenai kondisi lingkungan geografis rumah.
·         Menyebutkan nilai berbagai nilai mata uang.
·         Membuat birama tiga
4.      Menalar/mengasosiasi
·         Membandingkan berbagai pecahan uang.
·         Mengurutkan berbagai pecahan uang.
·         Menyanyikan lagu berbirama tiga.
5.      Mengomunikasikan
·         Memainkan musik ritmis berbirama tiga.
·         Menjelaskan tentang lingkungan geografis rumah.
·         Melaporkan secara kelompok strategi membandingkan dan mengurutkan pecahan uang.

E.       Pendekatan
1.  Pendekatan     : Scientific
2.  Strategi            : Kooperative learning
3. Teknik             : Picture and Picture
4.  Matode            : Ceramah, tanya jawab, pemberian tugas dan diskusi

F.       KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
o   Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
o   Mengajak semua siswa berdoa.
o   Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
o   Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
o   Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
o   Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
o   Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Tugasku Sehari-Hari”.
o   Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Pada awal pembelajaran, guru mengkondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan menerangkan maksud isi teks bacaan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari dalam subtema 1.
o   Siswa mengamati gambar yang menunjukkan tugas sehari-hari di rumah.
o   Siswa diberi kesempatan mengamati dan menganalisis gambar secara cermat.
o   Gunakan rubrik pengamatan gambar untuk mengetahui tingkat pencapaian siswa.
o   Guru membimbing siswa untuk mengamati gambar denah rumah Siti (mengamati).
o   Siswa mengamati gambar letak rumah Siti (mengamati).
o   Siswa mengamati teks “Letak Rumah Siti” (mengamati).
o   Guru memberikan pertanyaan-pertanyaan untuk mengecek pemahaman siswa.
         Di mana letak rumah Siti?
         Mengapa Siti harus tahu letak rumahnya?
         Bagaimana kondisi di sekitar rumah Siti?
o   Pertanyaan-pertanyaan tersebut mengarahkan pemahaman tentang lingkungan geografis rumah.
o   Guru membimbing siswa untuk mengajukan pertanyaan tentang hasil pengamatannya.
o   Kegiatan ini melatih siswa untuk menumbuhkan rasa ingin tahu mereka.
o   Siswa diminta menulis pertanyaannya di kertas dan ditempel, kemudian secara bergantian siswa mengajukan pertanyaan.
o   Guru mencatat pertanyaan-pertanyaan siswa dan membahasnya secara klasikal.
o   Siswa membaca teks dengan benar. Guru memberikan contoh terlebih dahulu bagaimana cara membaca dengan benar.
o   Guru dapat menunjuk siswa secara bergantian untuk membaca teks.
o   Guru dapat mencatat siswa yang sangat lambat membaca dan siswa yang sudah lancar membaca.
o   Guru menyampaikan pertanyaan kepada siswa untuk mengetahui isi bacaan:
o   Jawaban:
         Adi
         Ayu
         Jalan Ki Hajar Dewantara No. 25
         Rp1.000,00
o   Siswa diminta menarik garis yang menghubungkan keterangan rumah yang tepat.
o   Siswa diminta mengamati gambar pecahan uang.
o   Siswa dimotivasi untuk mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang uang pecahan.
o   Guru dapat memberikan pertanyaan:
         Pernahkan kalian melihat uang?
         Pernahkan kalian berbelanja?

Mengenal Pecahan Nilai Uang
o   Guru mengenalkan berbagai pecahan uang logam.
o   Guru lebih baik membawa uang logam asli seperti gambar, agar siswa dapat lebih memahami.
o   Siswa secara bergantian melihat atau memegang uang logam dan menyebutkan nilainya.
o   Guru memberikan contoh cara menuliskan uang. contoh:
         ditulis : Rp100,00
         dibaca : seratus rupiah
o   Guru minta beberapa siswa untuk menuliskan pecahan uang yang lain di papan tulis.
o   Setelah memahami semua pecahan uang logam, siswa membandingkannya.
o   Guru meyakinkan siswa bahwa semua memahami dengan mengajukan pertanyaan umpan balik.
o   Siswa mengerjakan latihan soal sesuai contoh.
o   Siswa mengerjakan latihan dengan mengurutkan pecahan uang dari yang nilainya terkecil.
o   Gunakan kunci jawaban untuk mengetahui tingkat pencapaian siswa.
o   Siswa mempraktikkan bunyi birama tiga.
o   Guru meminta siswa untuk melakukan rangkaian bunyi yang pertama.
tek-tek-tong…
o   Guru meminta siswa untuk melakukan rangkaian bunyi yang kedua.
tek-tong-tek
o   Guru meminta siswa untuk melakukan rangkaian bunyi yang ketiga.
prok-prok-duk
o   Kemudian, guru meminta ketiga bunyi dikombinasikan.
o   tek-tek-tong tek-tong-tek prok-prok-duk

Kegiatan Pengayaan
n  Jika siswa sudah bisa membaca teks dengan benar, siswa diminta membaca buku-buku yang berkaitan dengan materi tugasku di rumah.
n  Jika siswa sudah bisa membandingkan dan mengurutkan berbagai pecahan uang, maka guru dapat memberikan penugasan untuk pecahan uang yang lain.
n  Jika siswa sudah bisa membuat bunyi birama tiga dan memainkannya siswa diminta mencoba kreasi birama tiga yang lain.

Kegiatan Remedial
n  Jika siswa belum bisa membaca teks dengan benar, siswa diminta membaca ulang dengan pendampingan guru.
n  Jika siswa belum bisa membandingkan dan mengurutkan berbagai pecahan uang, maka guru dapat memberikan bimbingan.
n  Jika siswa belum bisa membuat bunyi birama tiga dan memainkanya, siswa diminta mencoba kembali dengan bimbingan.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
o  Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/ rangkuman hasil belajar selama sehari.
o  Melakukan penilaian hasil belajar
o  Melakukan repleksi
o  Menyampaikan pesan moral/belajar.
o  Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

G.      Penilaian :
1.      Teknik Penilaian:
·         Penilaian Sikap                        : kerja sama, peduli, komunikatif
·         Penilaian Pengetahuan            : Tes tertulis
·         Penilaian Keterampilan           : Uji unjuk kerja

2.      Bentuk Instrumen Penilaian
1.      Sikap
2.      Pengetahuan
Siswa mengerjakan soal-soal latihan tertulis, Remidial, dan pengayaaan pada buku siswa.
3.      Keterampilan



Bentuk Instrumen Penilaian
a) Sikap
b) Pengetahuan
Instrumen penilaian: Tes Tertulis (isian)
a. Membandingkan dan mengurutkan pecahan uang. (Matematika KD 3.5 dan KD 4.5)

Pedoman Penskoran

Skor maksimal : 100

Penilaian        :   x 100

Panduan Konversi Nilai:
Konversi Nilai
(Skala 0-100)
Predikat
Klasifikasi
81-100
A
SB (Sangat Baik)
66-80
B
B (Baik)
51-65
C
C (Cukup)
0-50
D
K (Kurang)

b. Menyebutkan isi teks bacaan tentang lingkungan geografis rumah.
(Bahasa Indonesia KD 3.3 dan 4.3)
Kriteria
Bobot
Menjawab lengkap sesuai gambar
4
Menjawab sebagian besar benar
3
Menjawab sebagian kecil benar
2
Tidak dapat menjawab dengan benar
1

c. Membuat bunyi dengan birama tiga. (SBdP KD 3.2 dan 4.2)
Kriteria
Bobot
Membuat satu birama tiga dan dapat memainkan dengan lancar
4
Tidak dapat membuat satu birama tiga dan dapat memainkan
dengan lancar
3
Tidak dapat membuat satu birama tiga dan dapat memainkan
kurang lancar
2
Tidak dapat membuat satu birama tiga dan tidak dapat
memainkan
1

c) Keterampilan
a. Membuat pertanyaan dari gambar yang diamati.
Penilaian: Observasi (Pengamatan)
Lembar Pengamatan Kegiatan Bertanya.
Kriteria
Terlihat
Belum Terlihat
Menggunakan kata tanya yang sesuai


Penggunaan tanda tanya pada kalimat tanya


Kesesuaian pertanyaan dengan gambar yang diamati


Menggunakan kata tanya yang bervariasi



Hasil Pengamatan Kegiatan Bertanya
NO
NAMA SISWA
Kriteria 1
Kriteria 2
Kriteria 3
Terlihat
Belum terlihat
Terlihat
Belum terlihat
Terlihat
Belum terlihat
1
Afkar Alfa Ruqi






2
Ainun Nur Fadwie






3
Alfi Al Zikra






4
Amisya Humaira






5
Anis Marzatillah






6
Anna Thaifattun Nissa






7
Aural Salsabila






8
Farah Annisa






9
Firman






10
Frayuda Hidayat






11
Harits Atsal






12
Laini Mastura






13
M. Fathur Riza






14
Maulidatun Warahmah






15
Muhammad Akil






16
Muhammad Alfata






17
Muhammad Rizaul Ilmi






18
Rahadatul Aisi






19
Rahimatus Salmi






20
Rawiyatul Husna






21
Rizkina Salisa






22
Shafiatul Ulya






23
Siti Yuliza






24
Suci Rizkina






25
Teguh Bijaksana























Keterangan:
T : Terlihat
BT : Belum Terlihat
Berilah tanda centang () pada kolom yang sesuai

b. Membaca teks tentang lingkungan geografis.
Penilaian: Unjuk Kerja
Rubrik Membaca
Kriteria
Baik Sekali
4
Baik
3
Cukup
2
Perlu Bimbingan
1
Kejelasan suara dan ketepatan
bahasa yang
digunakan (KD BI 4.3)
Membaca dengan suara
yang lantang
dan tidak ada
kesalahan ejaan
Membaca
dengan
suara yang
lantang,
namun ada
kesalahan
ejaan
Membaca dengan
suara yang cukup lantang,
namun ada
kesalahan
ejaan
Membaca
Dengan suara yang kurang lantang, namun ada kesalahan
ejaan
Sikap
Sangat percaya
diri
Cukup percaya diri
Kurang percaya
diri
Tidak
percaya diri


H.      Sumber dan Media
o   Buku Siswa Kelas 2 Tema 3 “Tugasku Sehari-hari”.
o   Berbagai pecahan uang logam.
o   Stik kayu.
o   Kentongan




Mengetahui,
Kepala SD Negeri 3 Beureunuen



CHAIRUNNISA, S.Pd
NIP. 19700312 199402 2 002           

Beureunuen, …, …………..,  2017
Guru Kelas II



FAJRIAH, S.Pd
NIP. 19601231 198206 2 028



Lembar Kerja Siswa

(LKS)

TEMA 3 KELAS 2 SUB 1 PB 1 (Revisi 2017)
Ayo, bacalah sekali lagi teks tentang tempat tinggal Siti! Lalu, jawablah pertanyaan di bawah ini!
1.  Siapakah yang tinggal di sebelah kanan rumah Siti?
…………………………………………………………………………………………………………………………
2.  Siapakah yang tinggal di sebelah kiri rumah Siti?
…………………………………………………………………………………………………………………………
3.  Di manakah rumah Siti?
…………………………………………………………………………………………………………………………
4.  Berapa ongkos angkutan umum dari rumah Siti ke sekolah?
…………………………………………………………………………………………………………………………
 


TEMA 3 KELAS 2 SUB 1 PB 1 (Revisi 2017)

TEMA 3 KELAS 2 SUB 1 PB 1 (Revisi 2017)

 
RPP LAINNYA:

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors