RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 3 Beureunuen
Kelas/Semester : 5/1
Tema 3 :
Makanan Sehat
Sub
Tema 1/ Pembelajaran : Bagaimana Tubuh Mengolah Makanan?/1
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
KOMPETENSI INTI :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman,
guru dan tetangga
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang
jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR (KD)/ INDIKATOR
a) Bhs. Indonesia
3.4 Menganalisis
informasi yang disampaikan paparan iklan dari media cetak atau elektronik
3.4.1
Mengidentifikasikan
kata kunci pada iklan media cetak.
4.4 Memeragakan
kembali informasi yang disampaikan paparan iklan dari media cetak atau elektronik dengan
bantuan lisan, tulis, dan visual
4.4.1
Memukan
iinformasi tentang organ-organ pencernaan hewan.
4.4.2
Melaporkan
hasil pengamatannya.
b) IPA
3.3. Menjelaskan
organ pencernaan dan fungsinya pada hewan dan
manusia serta cara memelihara kesehatan organ pencernaan manusia
3.3.1
Menjelaskan
organ-organ pencernaan hewan dan fungsinya.
4.3. Menyajikan
karya tentang konsep organ dan fungsi pencernaan pada hewan atau manusia
4.3.1
Menyajikan karya
tentang konsep organ-organ pencernaan hewan dan fungsinya.
C.
TUJUAN PEMBELAJARAN :
1.
Dengan mengamati
gambar iklan yang disajikan, siswa mampu mengidentifikasikan kata kunci pada
iklan media cetak.
2.
Dengan menuliskan
hasil pengamatan terhadap iklan media cetak dalam bentuk peta pikiran, siswa
mampu melaporkan hasil pengamatannya.
3.
Dengan mencermati
teks bacaan yang disajikan, siswa mampu memukan iinformasi tentang organ-organ
pencernaan hewan.
4.
Dengan berdiskusi
dan mencari informasi dalam kelompok, siswa mampu menjelaskan organ-organ
pencernaan hewan dan fungsinya.
D. DESKRIPSI MATERI
PELAJARAN
1.
Mencermati teks
nonfiksi yang disajikan, siswa mampu memukan pokok pikiran dalam bacaan.
2.
Menyimak penjelasan
dan mencermati teks bacaan, siswa mampu membuat pertanyaanpertanyaan sehubungan
dengan bacaan.
3.
Membuat bagan,
siswa mampu menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya.
4.
Melakukan
pengamatan dan pengumpulan informasi, siswa mampu membuat teks nonfiksi tentang
penggolongan hewan berdasarkan jenis makanannya.
E.
Pendekatan
1. Pendekatan :
Scientific
2.
Strategi :
Kooperative learning
3.
Teknik : Picture and
Picture
4. Matode :
Ceramah, tanya jawab,
pemberian tugas dan diskusi
F.
KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
o Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
o Mengajak semua siswa berdoa.
o
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
o Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
o Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa
kelompok
o Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang
lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
o Menginformasikan tentang subtema yang akan
dibelajarkan yaitu tentang “Makanan Sehat”.
o Menyampaikan
tujuan pembelajaran
yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Guru membuka
pelajaran dengan memperkenalkan judul tema yaitu “Organ Pencernaan Hewan dan
Manusia”, Guru memberikan penjelasan bahwa dalam tema ini, siswa akan mencari
informasi dan memahami lebih rinci tentang organ pencernaan hewan dan
manusia.
o
Guru meminta
siswa untuk menuliskan pertanyaan-pertanyaan yang ingin siswa ketahui tentang
organ pencernaan hewan dan manusia, kemudian menempelkan
pertanyaan-pertanyaan tersebut di dinding kelas. Siswa dapat menuliskan
jawaban di bawah kertas-kertas tersebut di sepanjang proses pembelajaran
dalam tema ini.
o
Kegiatan ini
bertujuan untuk membiasakan siswa memiliki rasa ingin tahu terhadap proses
pembelajaran, menumbuhkan keterampilan untuk membuat pertanyaan, dan mencari informasi
untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan Tersebut
o
Siswa membaca dan
mencermati dialog pembuka kegiatan pembelajaran, dengan memberi penekanan
pada kata system pencernaan.
o
Memberikan
beberapa pertanyaan pancingan kepada siswa :
Ø Menurut kamu
apakah sarapan itu penting?
Ø Mengapa?
Ø Apa yang kamu
ketahui tentang organ pencernaan?
Ø Apakah organ
pencernaan itu penting bagi kita? Mengapa?
Ø Menurutmu, apakah
organ pencernaan yang kita miliki sama dengan yang dimiliki oleh hewan?
o
Pertanyaan-pertanyaan
tersebut di atas dimaksudkan untuk menstimulus rasa ingin tahu siswa tentang
topik yang akan didiskusikan.
o
Meminta siswa
untuk mengingat kembali halhal yang mereka temukan di lingkungan sekitar mereka.
“Coba perhatikan lingkungan sekitar kita, hewan–hewan apa saja yang sering
kamu lihat di lingkungan sekitarmu?”
Hasil yang
diharapkan:
o
Sikap rasa ingin
tahu siswa tentang topik pembelajaran
o
Guru memimpin
diskusi kelas dengan mengaitkan pembicaraan tentang dialog sarapan yang
dibaca oleh siswa sebelumnya dengan gambar-gambar iklan yang disajikan di Buku
Siswa.
o
Siswa mengamati
dan mencermati gambar iklan yang disajikan.
o
Siswa menuliskan
dan mengemukakan halhal yang mereka temukan pada iklan, dalam bentuk tabel.
Kegiatan ini merupakan kegiatan yang digunakan untuk mencapai KD 3.4
Bahasa Indonesia.
o
Guru memberikan
penjelasan tentang “kata kunci”. Siswa dengan teman sebangkunya berdiskusi
untuk menjawab beberapa pertanyaan yang diajukan guru.
§ Tuliskan
kata-kata kunci dari iklan tersebut yang menurutmu memiliki makna lebih dari kata-kata
yang lain.
§ Menurut pendapat
kamu, apakah ciri-ciri dari sebuah kata kunci?
§ Mengapa kamu
memilih kata-kata tersebut sebagai kata kunci?
§ Siswa membuat
kesimpulan tentang kata kunci yang mereka temukan pada iklan media cetak yang
disajikan.
o
Siswa mencermati
teks bacaan yang disajikan pada buku siswa tentang organ pencernaan hewan
(sapi).
o
Siswa dengan
bimbingan guru menggarisbawahi kosakata baru yang mereka temukan dalam bacaan,
dan bersama-sama dalam diskusi kelas membahas kosakata baru tersebut.
o
Sarankan kepada
siswa untuk membua catatan kecil untuk membantu siswa mengingat kembali
organ-organ pencernaan pada hewan sapi.
o
Siswa melengkapi
diagram yang disediakan dalam buku siswa (kegiatan ini digunakan untuk
mempermudah siswa dalam memahami tentang organ-organ pencernaan hewan (KD PA
3.3 dan 4.3).
o
Pada kegiatan ini
siswa boleh menggunakan informasi yang mereka dapatkan dari teks bacaan yang
disajikan di Buku Siswa.
o
o
Siswa bersama
dengan teman sekelompok, membaca kembali teks informasi tentang organ pencernaan
sapi dan mencermati kembali diagram yang mereka buat sebelumnya.
o
Siswa menggambar
poster tentang organ pencernaan sapi. Siswa bersama dengan sekelompoknya
memberi nama pada setiap organ pencernaan dan menggambarkan perjalanan yang
terjadi pada makanan dengan menggunakan tanda panah. Kegiatan ini digunakan
untuk memberi pemahaman kepada siswa tentang organ-organ pencernaan hewan (KD
IPA 3.3 dan 4.3).
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
o Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/
rangkuman hasil belajar selama sehari.
o Melakukan penilaian hasil belajar
o Melakukan repleksi
o Menyampaikan pesan moral/belajar.
o Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
G.
Penilaian :
A.
Teknik Penilaian:
·
Penilaian Sikap : kerja sama, peduli, komunikatif
·
Penilaian
Pengetahuan : Tes tertulis
·
Penilaian
Keterampilan : Uji unjuk kerja
B.
Bentuk Instrumen
Penilaian
1. Sikap
a. Disiplin
b. Tanggung
Jawab
c. Peduli
d. Percaya Diri
1. Membuat
Peta Pikiran
Teknik Penilaian:
Penugasan Instrumen Penilaian: Rubrik KD
Bahasa Indonesia 3.4 dan 4.4
Aspek
|
Baik Sekali
4
|
Baik
3
|
Cukup
2
|
Perlu
Bimbingan
1
|
Pengetahuan
tentang
Kata
Kunci
dalam
Iklan
media
cetak
|
Tepat
dalam
menjelaskan
4
hal dalam
peta
pikiran
(definisi
kata
kunci, ciriciri
kata
kunci, kata kunci dalam iklan, dan alasan )
|
Tepat
dalam
menjelaskan
3 dari 4
hal
dalam
peta
pikiran
|
Tepat dalam
menjelaskan
2 dari 4 hal
dalam peta
pikiran
|
Tepat
dalam
menjelaskan
2
dari 4
hal dalam
peta
pikiran
|
Keterampilan
dalam
Menyajikan
Informasi
|
Peta
pikiran
sangat
mudah
dibaca
dan
sangat
mudah
dimengerti
|
Peta pikiran
mudah dibaca
dan mudah
dimengerti
|
Peta pikiran
mudah dibaca
tetapi agak sulit dimengerti
|
Peta
pikiran
agak
sulit dibaca
dan
dimengerti
|
Sikap
Kecermatan dan Kemandirian Diisi dengan catatan khusus hasil pengamatan
terhadap sikap siswa yang sangat baik dan perlu pendampingan sehingga dapat
digunakan sebagai data dalam rekapitulasi penilaian sikap
|
Catatan : Rubrik digunakan sebagai pegangan guru dalam memberikan umpan balik terhadap
tugas peta pikiran, hasil dari kegiatan ini tidak harus dimasukkan ke dalam
buku
nilai(sangat
tergantung pada kesiapan siswa). Tujuan utama dari kegiatan ini adalah sebagai
kegiatan untuk memberi pemahaman kepada siswa tentang kata kunci dalam iklan
media cetak. Guru
dapat melihat keberhasilan pembelajaran tentang kata kunci dari hasil
keseluruhan kelas secara umum.
2.
Membuat Diagram Sistem Pencernaan Hewan Ruminansia Teknik Penilaian: Penugasan
Instrumen
Penilaian: Rubrik KD IPA 3.3 dan 4.3
Diagram Sistem Pencernaan
Hewan Ruminansia
Aspek
|
Baik Sekali
4
|
Baik
3
|
Cukup
2
|
Perlu
Bimbingan
1
|
Pengetahuan
tentang
Organ
Pencernaan
Hewan
|
Semua bagian
diagram
yang kosong
terisi dengan
tepat. Semua
penjelasan
tentang proses
sangat lengkap
dan tepat
|
Semua
bagian
diagram
yang
kosong
terisi
dengan
tepat.
Penjelasan
kurang
lengkap
tetapi
benar
|
Tidak semua
bagian
diagram yang
kosong terisi
dengan tepat.
Penjelasan
kurang lengkap
tetapi benar
|
Tidak semua
bagian
diagram yang
kosong terisi
dengan tepat.
Penjelasan
kurang lengkap
dan kurang
benar
|
Keterampilan
dalam
Mengolah
Informasi
dalam
Bentuk
Diagram
|
Diagram
sangat mudah
dibaca dan
sangat mudah
dimengerti
|
Diagram
mudah
dibaca
dan mudah
dimengerti
|
Diagram
mudah dibaca
tetapi agak sulit
dimengerti
|
Diagram
agak
sulit
dibaca dan
dimengerti
|
Sikap
Kecermatan dan Kemandirian Diisi dengan catatan khusus hasil pengamatan
terhadap sikap siswa yang sangat baik dan perlu pendampingan, sehingga dapat
digunakan sebagai data dalam rekapitulasi penilaian sikap
|
Catatan : Rubrik
digunakan sebagai pegangan guru dalam memberikan umpan balik terhadap tugas
membuat diagram sistem pencernaan hewan. Hasil dari kegiatan ini tidak harus dimasukkan
ke dalam buku nilai (sangat tergantung pada kesiapan siswa), Tujuan utama dari
kegiatan ini adalah sebagai kegiatan untuk memberi pemahaman kepada siswa
tentang organ pencernaan pada hewan. Guru dapat melihat keberhasilan
pembelajaran tentang organ pencernaan dari hasil keseluruhan kelas secara umum
3. Membuat
Poster Sistem Pencernaan Hewan Ruminansia
Teknik Penilaian:
Penugasan Instrumen Penilaian: Rubrik KD
IPA 3.3 dan 4.3
Aspek
|
Baik Sekali
4
|
Baik
3
|
Cukup
2
|
Perlu
Bimbingan
1
|
Pengetahuan
tentang Organ
Pencernaan
Hewan
|
Tepat dan
lengkap
dalam
memenuhi
3
kriteria poster
(kelengkapan
organ,
ketepatan
posisi
organ
pada gambar,
dan
ketepatan
arah
tanda panah
yang
menunjukkan
perjalanan
makanan)
|
Lengkap
tetapi
ada satu
hal
yang
tidak
tepat
|
Tidak
lengkap
dan dua
hal
tidak
tepat
|
Tidak lengkap
dan tidak
tepat
|
Keterampilan
Dalam Mengolah
Informasi
dalam
Bentuk
Diagram
|
Poster
sangat
mudah
dibaca dan
sangat
mudah
dimengerti
|
Poster
mudah
Dibaca dan
mudah dimengerti
|
Poster
mudah
dibaca
tetapi
agak
sulit
dimengerti
|
Poster agak
sulit
dibaca dan
dimengerti
|
Sikap
Kecermatan dan Kemandirian Diisi dengan catatan khusus hasil pengamatan
terhadap sikap siswa yang sangat baik dan perlu pendampingan, sehingga dapat
digunakan sebagai data dalam rekapitulasi penilaian sikap
|
Catatan : Rubrik digunakan sebagai pegangan guru dalam
memberikan umpan balik terhadap tugas membuat diagram sistem pencernaan hewan.
Hasil dari kegiatan ini tidak harus dimasukkan ke dalam buku nilai (sangat
tergantung pada kesiapan siswa). Tujuan utama dari kegiatan ini adalah sebagai
kegiatan untuk memberi pemahaman kepada siswa tentang organ pencernaan pada
hewan. Guru dapat melihat keberhasilan pembelajaran tentang organ pencernaan
dari hasil keseluruhan kelas secara umum.
C.
Sumber dan Media
1. Buku teks,
buku bacaan tentang organ-organ pencernaan hewan, gambargambar iklan dari media
cetak, majalah, dan lingkungan sekitar.
Mengetahui,
Kepala SD Negeri 3 Beureunuen
CHAIRUNNISA, S.Pd
NIP.
19700312 199402 2 002
|
|
Beureunuen, …, ………….., 2017
Guru Kelas V
A
NURAINI
YAHYA, S.Pd
NIP:
19621231 198309
2 003
|
Lembar Kerja Siswa
(LKS)
Sebutkan contoh-contoh makanan yang menurutmu sehat!
_________________________________________________________________
_________________________________________________________________
Apakah kriteria dari makanan yang sehat?
_________________________________________________________________
_________________________________________________________________
_________________________________________________________________
_________________________________________________________________
RPP Lainnya:
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment