Home » » TEMA 3 KELAS 5 SUB 1 PB 1 (Revisi 2017)

TEMA 3 KELAS 5 SUB 1 PB 1 (Revisi 2017)

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Saturday, 16 September 2017

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP)




Satuan Pendidikan                   : SD Negeri 3 Beureunuen
Kelas/Semester                        : 5/1
Tema 3                                    : Makanan Sehat
Sub Tema 1/ Pembelajaran       : Bagaimana Tubuh Mengolah Makanan?/1
Alokasi Waktu                         : 1 Hari


A. KOMPETENSI INTI :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B. KOMPETENSI DASAR (KD)/ INDIKATOR
a) Bhs. Indonesia
3.4 Menganalisis informasi yang disampaikan paparan iklan dari media cetak atau elektronik
3.4.1   Mengidentifikasikan kata kunci pada iklan media cetak.
4.4 Memeragakan kembali informasi yang disampaikan paparan iklan  dari media cetak atau elektronik dengan bantuan lisan, tulis, dan visual
4.4.1   Memukan iinformasi tentang organ-organ pencernaan hewan.
4.4.2   Melaporkan hasil pengamatannya.

b) IPA
3.3. Menjelaskan organ pencernaan dan fungsinya pada hewan dan  manusia serta cara memelihara kesehatan organ pencernaan manusia
3.3.1    Menjelaskan organ-organ pencernaan hewan dan fungsinya.
4.3. Menyajikan karya tentang konsep organ dan fungsi pencernaan pada hewan atau manusia
4.3.1    Menyajikan karya tentang konsep organ-organ pencernaan hewan dan fungsinya.

C.      TUJUAN PEMBELAJARAN :
1.      Dengan mengamati gambar iklan yang disajikan, siswa mampu mengidentifikasikan kata kunci pada iklan media cetak.
2.      Dengan menuliskan hasil pengamatan terhadap iklan media cetak dalam bentuk peta pikiran, siswa mampu melaporkan hasil pengamatannya.
3.      Dengan mencermati teks bacaan yang disajikan, siswa mampu memukan iinformasi tentang organ-organ pencernaan hewan.
4.      Dengan berdiskusi dan mencari informasi dalam kelompok, siswa mampu menjelaskan organ-organ pencernaan hewan dan fungsinya.

D.      DESKRIPSI MATERI PELAJARAN
1.    Mencermati teks nonfiksi yang disajikan, siswa mampu memukan pokok pikiran dalam bacaan.
2.    Menyimak penjelasan dan mencermati teks bacaan, siswa mampu membuat pertanyaanpertanyaan sehubungan dengan bacaan.
3.    Membuat bagan, siswa mampu menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya.
4.    Melakukan pengamatan dan pengumpulan informasi, siswa mampu membuat teks nonfiksi tentang penggolongan hewan berdasarkan jenis makanannya.

E.       Pendekatan
1.  Pendekatan     : Scientific
2.  Strategi            : Kooperative learning
3. Teknik             : Picture and Picture
4.  Matode            : Ceramah, tanya jawab, pemberian tugas dan diskusi

F.       KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
o   Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
o   Mengajak semua siswa berdoa.
o   Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
o   Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
o   Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
o   Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
o   Menginformasikan tentang subtema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Makanan Sehat”.
o   Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Guru membuka pelajaran dengan memperkenalkan judul tema yaitu “Organ Pencernaan Hewan dan Manusia”, Guru memberikan penjelasan bahwa dalam tema ini, siswa akan mencari informasi dan memahami lebih rinci tentang organ pencernaan hewan dan manusia.
o   Guru meminta siswa untuk menuliskan pertanyaan-pertanyaan yang ingin siswa ketahui tentang organ pencernaan hewan dan manusia, kemudian menempelkan pertanyaan-pertanyaan tersebut di dinding kelas. Siswa dapat menuliskan jawaban di bawah kertas-kertas tersebut di sepanjang proses pembelajaran dalam tema ini.
o   Kegiatan ini bertujuan untuk membiasakan siswa memiliki rasa ingin tahu terhadap proses pembelajaran, menumbuhkan keterampilan untuk membuat pertanyaan, dan mencari informasi untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan Tersebut
o   Siswa membaca dan mencermati dialog pembuka kegiatan pembelajaran, dengan memberi penekanan pada kata system pencernaan.
o   Memberikan beberapa pertanyaan pancingan kepada siswa :
Ø  Menurut kamu apakah sarapan itu penting?
Ø  Mengapa?
Ø  Apa yang kamu ketahui tentang organ pencernaan?
Ø  Apakah organ pencernaan itu penting bagi kita? Mengapa?
Ø  Menurutmu, apakah organ pencernaan yang kita miliki sama dengan yang dimiliki oleh hewan?
o   Pertanyaan-pertanyaan tersebut di atas dimaksudkan untuk menstimulus rasa ingin tahu siswa tentang topik yang akan didiskusikan.
o   Meminta siswa untuk mengingat kembali halhal yang mereka temukan di lingkungan sekitar mereka. “Coba perhatikan lingkungan sekitar kita, hewan–hewan apa saja yang sering kamu lihat di lingkungan sekitarmu?”

Hasil yang diharapkan:
o   Sikap rasa ingin tahu siswa tentang topik pembelajaran

o   Guru memimpin diskusi kelas dengan mengaitkan pembicaraan tentang dialog sarapan yang dibaca oleh siswa sebelumnya dengan gambar-gambar iklan yang disajikan di Buku Siswa.
o   Siswa mengamati dan mencermati gambar iklan yang disajikan.
o   Siswa menuliskan dan mengemukakan halhal yang mereka temukan pada iklan, dalam bentuk tabel. Kegiatan ini merupakan kegiatan yang digunakan untuk mencapai KD 3.4

Bahasa Indonesia.
o   Guru memberikan penjelasan tentang “kata kunci”. Siswa dengan teman sebangkunya berdiskusi untuk menjawab beberapa pertanyaan yang diajukan guru.
§  Tuliskan kata-kata kunci dari iklan tersebut yang menurutmu memiliki makna lebih dari kata-kata yang lain.
§  Menurut pendapat kamu, apakah ciri-ciri dari sebuah kata kunci?
§  Mengapa kamu memilih kata-kata tersebut sebagai kata kunci?
§  Siswa membuat kesimpulan tentang kata kunci yang mereka temukan pada iklan media cetak yang disajikan.

o   Siswa mencermati teks bacaan yang disajikan pada buku siswa tentang organ pencernaan hewan (sapi).
o   Siswa dengan bimbingan guru menggarisbawahi kosakata baru yang mereka temukan dalam bacaan, dan bersama-sama dalam diskusi kelas membahas kosakata baru tersebut.
o   Sarankan kepada siswa untuk membua catatan kecil untuk membantu siswa mengingat kembali organ-organ pencernaan pada hewan sapi.
o   Siswa melengkapi diagram yang disediakan dalam buku siswa (kegiatan ini digunakan untuk mempermudah siswa dalam memahami tentang organ-organ pencernaan hewan (KD PA 3.3 dan 4.3).

o   Pada kegiatan ini siswa boleh menggunakan informasi yang mereka dapatkan dari teks bacaan yang disajikan di Buku Siswa.
o  
o   Siswa bersama dengan teman sekelompok, membaca kembali teks informasi tentang organ pencernaan sapi dan mencermati kembali diagram yang mereka buat sebelumnya.
o   Siswa menggambar poster tentang organ pencernaan sapi. Siswa bersama dengan sekelompoknya memberi nama pada setiap organ pencernaan dan menggambarkan perjalanan yang terjadi pada makanan dengan menggunakan tanda panah. Kegiatan ini digunakan untuk memberi pemahaman kepada siswa tentang organ-organ pencernaan hewan (KD IPA 3.3 dan 4.3).

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
o  Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/ rangkuman hasil belajar selama sehari.
o  Melakukan penilaian hasil belajar
o  Melakukan repleksi
o  Menyampaikan pesan moral/belajar.
o  Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

G.      Penilaian :
A.    Teknik Penilaian:
·         Penilaian Sikap                        : kerja sama, peduli, komunikatif
·         Penilaian Pengetahuan            : Tes tertulis
·         Penilaian Keterampilan           : Uji unjuk kerja

B.     Bentuk Instrumen Penilaian
1.      Sikap
a. Disiplin
b. Tanggung Jawab
c. Peduli
d. Percaya Diri



1. Membuat Peta Pikiran
Teknik Penilaian: Penugasan Instrumen Penilaian: Rubrik KD Bahasa Indonesia 3.4 dan 4.4

TEMA 3 KELAS 5 SUB 1 PB 1 (Revisi 2017)


Aspek
Baik Sekali
4
Baik
3
Cukup
2
Perlu Bimbingan
1
Pengetahuan
tentang Kata
Kunci dalam
Iklan media
cetak
Tepat dalam
menjelaskan 4
hal dalam peta
pikiran (definisi
kata kunci, ciriciri
kata kunci, kata kunci dalam iklan, dan alasan )
Tepat dalam
menjelaskan
3 dari 4 hal
dalam peta
pikiran
Tepat dalam
menjelaskan
2 dari 4 hal
dalam peta
pikiran
Tepat dalam
menjelaskan 2
dari 4 hal dalam
peta pikiran
Keterampilan
dalam
Menyajikan
Informasi
Peta pikiran
sangat mudah
dibaca dan
sangat mudah
dimengerti
Peta pikiran
mudah dibaca
dan mudah
dimengerti


Peta pikiran
mudah dibaca
tetapi agak sulit dimengerti
Peta pikiran
agak sulit dibaca
dan dimengerti
Sikap Kecermatan dan Kemandirian Diisi dengan catatan khusus hasil pengamatan terhadap sikap siswa yang sangat baik dan perlu pendampingan sehingga dapat digunakan sebagai data dalam rekapitulasi penilaian sikap

Catatan : Rubrik digunakan sebagai pegangan guru dalam memberikan umpan balik terhadap tugas peta pikiran, hasil dari kegiatan ini tidak harus dimasukkan ke dalam buku
nilai(sangat tergantung pada kesiapan siswa). Tujuan utama dari kegiatan ini adalah sebagai kegiatan untuk memberi pemahaman kepada siswa tentang kata kunci dalam iklan
media cetak. Guru dapat melihat keberhasilan pembelajaran tentang kata kunci dari hasil
keseluruhan kelas secara umum.

2. Membuat Diagram Sistem Pencernaan Hewan Ruminansia Teknik Penilaian: Penugasan
Instrumen Penilaian: Rubrik KD IPA 3.3 dan 4.3

Diagram Sistem Pencernaan Hewan Ruminansia




Aspek
Baik Sekali
4
Baik
3
Cukup
2
Perlu Bimbingan
1
Pengetahuan
tentang Organ
Pencernaan
Hewan
Semua bagian
diagram
yang kosong
terisi dengan
tepat. Semua
penjelasan
tentang proses
sangat lengkap
dan tepat
Semua bagian
diagram yang
kosong terisi
dengan tepat.
Penjelasan
kurang lengkap
tetapi benar
Tidak semua
bagian
diagram yang
kosong terisi
dengan tepat.
Penjelasan
kurang lengkap
tetapi benar
Tidak semua
bagian
diagram yang
kosong terisi
dengan tepat.
Penjelasan
kurang lengkap
dan kurang
benar
Keterampilan
dalam
Mengolah
Informasi
dalam Bentuk
Diagram
Diagram
sangat mudah
dibaca dan
sangat mudah
dimengerti
Diagram
mudah dibaca
dan mudah
dimengerti
Diagram
mudah dibaca
tetapi agak sulit
dimengerti
Diagram agak
sulit dibaca dan
dimengerti
Sikap Kecermatan dan Kemandirian Diisi dengan catatan khusus hasil pengamatan terhadap sikap siswa yang sangat baik dan perlu pendampingan, sehingga dapat digunakan sebagai data dalam rekapitulasi penilaian sikap

Catatan : Rubrik digunakan sebagai pegangan guru dalam memberikan umpan balik terhadap tugas membuat diagram sistem pencernaan hewan. Hasil dari kegiatan ini tidak harus dimasukkan ke dalam buku nilai (sangat tergantung pada kesiapan siswa), Tujuan utama dari kegiatan ini adalah sebagai kegiatan untuk memberi pemahaman kepada siswa tentang organ pencernaan pada hewan. Guru dapat melihat keberhasilan pembelajaran tentang organ pencernaan dari hasil keseluruhan kelas secara umum

3. Membuat Poster Sistem Pencernaan Hewan Ruminansia
Teknik Penilaian: Penugasan Instrumen Penilaian: Rubrik KD IPA 3.3 dan 4.3



Aspek
Baik Sekali
4
Baik
3
Cukup
2
Perlu Bimbingan
1
Pengetahuan
tentang Organ
Pencernaan
Hewan
Tepat dan lengkap
dalam memenuhi
3 kriteria poster
(kelengkapan organ,
ketepatan posisi
organ pada gambar,
dan ketepatan
arah tanda panah
yang menunjukkan
perjalanan
makanan)
Lengkap tetapi
ada satu hal
yang tidak
tepat
Tidak lengkap
dan dua hal
tidak tepat
Tidak lengkap
dan tidak tepat
Keterampilan
Dalam Mengolah
Informasi
dalam Bentuk
Diagram
Poster sangat
mudah dibaca dan
sangat mudah
dimengerti

Poster mudah
Dibaca dan mudah dimengerti
Poster mudah
dibaca tetapi
agak sulit
dimengerti
Poster agak sulit
dibaca dan
dimengerti
Sikap Kecermatan dan Kemandirian Diisi dengan catatan khusus hasil pengamatan terhadap sikap siswa yang sangat baik dan perlu pendampingan, sehingga dapat digunakan sebagai data dalam rekapitulasi penilaian sikap

Catatan : Rubrik digunakan sebagai pegangan guru dalam memberikan umpan balik terhadap tugas membuat diagram sistem pencernaan hewan. Hasil dari kegiatan ini tidak harus dimasukkan ke dalam buku nilai (sangat tergantung pada kesiapan siswa). Tujuan utama dari kegiatan ini adalah sebagai kegiatan untuk memberi pemahaman kepada siswa tentang organ pencernaan pada hewan. Guru dapat melihat keberhasilan pembelajaran tentang organ pencernaan dari hasil keseluruhan kelas secara umum.


C.      Sumber dan Media
1.      Buku teks, buku bacaan tentang organ-organ pencernaan hewan, gambargambar iklan dari media cetak, majalah, dan lingkungan sekitar.



Mengetahui,
Kepala SD Negeri 3 Beureunuen



CHAIRUNNISA, S.Pd
NIP. 19700312 199402 2 002

Beureunuen, …, …………..,  2017
Guru Kelas V A



NURAINI YAHYA, S.Pd
NIP: 19621231 198309 2 003













Lembar Kerja Siswa
(LKS)

TEMA 3 KELAS 5 SUB 1 PB 1 (Revisi 2017)

Sebutkan contoh-contoh makanan yang menurutmu sehat!
_________________________________________________________________
_________________________________________________________________
Apakah kriteria dari makanan yang sehat?
_________________________________________________________________
_________________________________________________________________
_________________________________________________________________
_________________________________________________________________



RPP Lainnya:

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors