Home » » TEMA 3 KELAS 1 SUB 2 PB 1 (Revisi 2017)

TEMA 3 KELAS 1 SUB 2 PB 1 (Revisi 2017)

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Saturday, 9 September 2017

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP)




Satuan Pendidikan                   : SD Negeri Beureu-eh
Kelas/Semester                       : 1/1
Tema 3                                   : Kegiatanku
Sub Tema 2/ Pembelajaran     : Kegiatan Siang Hari / 1
Alokasi Waktu                        : 1 Hari


A. KOMPETENSI INTI :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B. KOMPETENSI DASAR (KD)/ INDIKATOR
a) Bahasa Indonesia
3.7 Menentukan kosakata yang berkaitan dengan peristiwa siang dan malam melalui teks pendek (gambar, tulisan, dan/atau syair lagu) dan/atau eksplorasi lingkungan..
·         Menemukan kosa kata tentang kegiatan siang hari dengan tepat.
4.7 Menyampaikan penjelasan dengan kosakata Bahasa Indonesia dan dibantu dengan bahasa daerah mengenai peristiwa siang dan malam dalam teks tulis dan gambar.
·         Menyusun kosa kata terkait kegiatan siang hari dengan tepat.

b) PPKn
1.2 Menunjukkan sikap patuh aturan agama yang dianut dalam kehidupan seharihari di rumah.
2.2 Melaksanakan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
3.2 Mengidentifikasi aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari- hari di rumah
·         Mengidentifikasi kegiatan-kegiatan yang sesuai dengan aturan di rumah.
4.2 Menceritakan kegiatan sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
·         Menunjukkan kegiatan-kegiatan yang sesuai dengan aturan di rumah

c) SBdP
3.3 Mengenal gerak cepat dan gerak lambat pada sebuah tari
·         Mengidentifikasi gerak cepat dalam sebuah tari.
4.3 Memeragakan gerak cepat dan gerak lambat dalam sebuah tari
·         Memeragakan panjang gerak cepat pada sebuah tarian.

 C.      TUJUAN PEMBELAJARAN :
1.      Dengan menyimak gambar dan teks yang disampaikan oleh guru dan permainan menyusun kartu huruf menjadi kata, siswa dapat menemukan kosa kata tentang kegiatan siang hari dengan tepat.
2.      Dengan menggunakan kartu-kartu huruf siswa dapat menyusun kosa kata terkait kegiatan siang hari dengan tepat.
3.      Melalui diskusi siswa mampu mengidentifikasi kegiatan-kegiatan yang sesuai dengan aturan di rumah.
4.      Dengan bercerita siswa mampu menunjukkan kegiatan-kegiatan yang sesuai dengan aturan di rumah.
5.      Dengan memperhatikan contoh yang ditunjukkan guru, siswa mampu mengidentifikasi gerak cepat dalam sebuah tari.
6.      Dengan mengikuti petunjuk guru, siswa mampu memeragakan panjang gerak cepat pada sebuah tarian.

C.      DESKRIPSI MATERI PELAJARAN
·         Mempelajari kosa kta yang berhubungan dengan siang hari
·         Mendiskusikan kegiatan-kegiatan yang baik di siang hari yang sesuai dengan aturan yang berlaku di rumah
·         Melakukan gerak cepat anggota tubuh dalam suatu gerak tari

D.      KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
o   Guru menyapa siswa dan mengondisikan kelas agar siap untuk belajar.
o   Salah satu siswa diminta untuk memimpin doa.
o   Sebagai pembuka pelajaran guru dapat melakukan “ice breaking” untuk menghidupkan suasana kelas agar semangat (misalnya dengan bernyanyi dan meneriakkan yel-yel penyemangat).
o   Guru menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan dan tujuan kegiatan belajar.

15 menit
B.Kegiatan Inti
·         Siswa mengamati gambar dan suasana siang hari yang ditunjukkan oleh guru (guru dapat menggunakan gambar di buku teks atau gambar(video) yang disiapkan secara khusus sebagai media)
·         Siswa diminta mengajukan pertanyaanpertanyaan terkait gambar yang mereka amati. Guru memancing sikap kritis siswa dengan mengajukan pertanyaan “adakah yang ingin kamu ketahui dari gambar yang kamu amati?” Siapa yang mau mengajukan pertanyaan?
·         Guru mengajak siswa mendiskusikan kegiatan-kegiatan di siang hari.
·         Siswa diminta menyebutkan kata-kata yang berhubungan dengan kegiatan siang hari. Guru menuliskan kata yang disebutkan siswa di papan tulis agar dapat di baca oleh siswa lainnya. Setelah tidak ada lagi siswa yang menyebutkan, guru dapat menambahkan kosa katanya jika diperlukan, dengan cara memberikan pertanyaan yang memancing ingatan siswa.
·         Untuk memperkuat pemahaman tentangkosa kata yang dipelajarinya, guru melakukan permainan menyusun kartu huruf menjadi kata.
·         Setelah itu siswa diminta menyelesaikan lembar kerja tentang pengenalan kosa kata yang berhubungan dengan kegiatan siang hari.
·         Guru melanjutkan dengan diskusi berkaitan dengan kegiatan siang hari di rumah. Diskusi juga diarahkan untuk membahas aturanaturan yang harus diikuti saat berada di rumah, khususnya pada siang hari.
·         Guru meminta siswa berpasangan.
·         Bersama pasangan masing-masing siswa diminta mendiskusikan kegitaan-kegiatan pada siang hari sepulang sekolah yang sesuai dengan aturan di rumah.
·         Setelah waktu yang diberikan habis, guru memberi kesempatan kepada siswa yang mau menceritakan kepada temannya di depan kelas.
·         Selesai diskusi guru mengajak siswa bermain sambil melakukan gerak cepat dalam tari.
·         Guru menggunakan musik yang temponya cepat. Seperti lagu Tarian Ayam (Chicken Dance) yang bisa di lihat di internet.
·         Siswa diminta memeragakan secara mandiri atau berkelompok.
·         Setelah semua siswa selesai mencoba memeragakan, guru meminta seluruh kelas melakukan gerakan Tarian Ayam (Chicken Dance).
 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
·         Sebagai penutup guru menanyakan bagaimana perasaan siswa selama mengikuti kegiatan. Menanyakan apa yang sudah dimengerti dan apa yang belum.
·         Kalau memungkinkan guru dapat meminta siswa mengisi form self assesment yang biasa disiapkan sebelumnya.
o   Guru memandu siswa untuk berdoa.
15 menit

E.       Penilaian :
1.      Aspek yang dinilai;     a.Penilaian Sikap
                                                  b.Penilaian Pengetahuan
                                                  c. Penilaian Ketrampilan       
2.      Jenis penilaian;            a. observasi
                                            b. tertulis,lisan
                                            c. praktek,projek
3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;
Penilaian
1.        Penilaian Sikap:
Observasi dan pencatatan sikap siswa selama kegiatan

2.        Penilaian Pengetahuan:
Menyelesaikan LK tentang kosa kata berhubungan dengan kegiatan pagi hari

3.        Penilaian Keterampilan:
Keterampilan
Kriteria
Sangat baik
Baik
Cukup
Perlu Pendampingan
1. Menyusun kartu huruf menjadi kata
Hanya terdapt paling banyak 1 kesalahan

Terdapat 2-3
kesalahan
Terdapat 4-5
kesalahan
Terdapat lebih dari 5 kesalahan
2.Memeragakan gerak cepat dalam tarian
Mampu melakukan
Gerakan dengan
sempurna dari
awal sampai akhir tanpa intervensi
Mampu
melakukan
gerakan dari
awal sampai
akhir dengan
sedikit
intervensi
Gerakan tidak sempurna dan
Butuh asistensi
yang cukup
Belum mampu
melakukan
gerakan

 Menyusun kartu huruf menjadi kata
Nama Siswa
Kriteria

Hanya terdapt
paling banyak
1 kesalahan
Terdapat 2-3
kesalahan
Terdapat 4-5
kesalahan
Terdapat lebih
dari 5 keslahan
Predikat



























































































































































































Memeragakan gerak cepat dalam tarian
Nama Siswa
Kriteria

Mampu melakukan
Gerakan dengan
sempurna dari
awal sampai akhir tanpa intervensi
Mampu melakukan
gerakan dari
awal sampai akhir dengan sedikit
intervensi
Gerakan tidak sempurna dan butuh asistensi
yang cukup
Belum mampu
melakukan
gerakan
Predikat





















































































































































































F.       Sumber dan Media
1.      Video/gambar tarian yang gerakannya cepat
2.      Kartu-kartu huruf





Mengetahui,
Kepala SD Negeri Beureu-eh



RAHMAD, S.Pd.I
NIP. 19760710 200801 1 001           

Beureu-eh, …, …………..,  2017
Guru Kelas I



SITI AISYAH, S.Pd
NIP: 19631231 198610 2 012





Lembar Kerja Siswa
(LKS)

Lengkapi kata-kata berikut ini.
Isilah dengan huruf yang tepat!

TEMA 3 KELAS 1 SUB 2 PB 1 (Revisi 2017)

TEMA 3 KELAS 1 SUB 2 PB 1 (Revisi 2017)

TEMA 3 KELAS 1 SUB 2 PB 1 (Revisi 2017)

RPP lainnya:
TEMA 3 KELAS 1 SUB 1 PB 1 (Revisi 2017)

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors