RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri Beureu-eh
Kelas/Semester : 1/1
Tema 3 :
Kegiatanku
Sub
Tema 2/ Pembelajaran : Kegiatan Siang Hari / 1
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
KOMPETENSI INTI :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman,
guru dan tetangga
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang
jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR (KD)/ INDIKATOR
a) Bahasa Indonesia
3.7 Menentukan kosakata yang berkaitan
dengan peristiwa siang dan malam melalui teks pendek (gambar, tulisan, dan/atau
syair lagu) dan/atau eksplorasi lingkungan..
·
Menemukan kosa kata tentang
kegiatan siang hari dengan tepat.
4.7 Menyampaikan penjelasan dengan kosakata
Bahasa Indonesia dan dibantu dengan bahasa daerah mengenai peristiwa siang dan
malam dalam teks tulis dan gambar.
·
Menyusun kosa kata terkait kegiatan
siang hari dengan tepat.
b) PPKn
1.2 Menunjukkan sikap patuh aturan agama
yang dianut dalam kehidupan seharihari di rumah.
2.2 Melaksanakan aturan yang berlaku dalam
kehidupan sehari-hari di rumah
3.2 Mengidentifikasi aturan yang berlaku
dalam kehidupan sehari- hari di rumah
·
Mengidentifikasi kegiatan-kegiatan
yang sesuai dengan aturan di rumah.
4.2 Menceritakan kegiatan sesuai dengan
aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
·
Menunjukkan kegiatan-kegiatan yang
sesuai dengan aturan di rumah
c) SBdP
3.3 Mengenal gerak cepat dan gerak lambat
pada sebuah tari
·
Mengidentifikasi gerak cepat dalam
sebuah tari.
4.3 Memeragakan gerak cepat dan gerak lambat
dalam sebuah tari
·
Memeragakan panjang gerak cepat
pada sebuah tarian.
C.
TUJUAN PEMBELAJARAN
:
1. Dengan
menyimak gambar dan teks yang disampaikan oleh guru dan permainan menyusun
kartu huruf menjadi kata, siswa dapat menemukan kosa kata tentang kegiatan
siang hari dengan tepat.
2. Dengan
menggunakan kartu-kartu huruf siswa dapat menyusun kosa kata terkait kegiatan
siang hari dengan tepat.
3. Melalui
diskusi siswa mampu mengidentifikasi kegiatan-kegiatan yang sesuai dengan
aturan di rumah.
4. Dengan
bercerita siswa mampu menunjukkan kegiatan-kegiatan yang sesuai dengan aturan
di rumah.
5. Dengan
memperhatikan contoh yang ditunjukkan guru, siswa mampu mengidentifikasi gerak
cepat dalam sebuah tari.
6. Dengan
mengikuti petunjuk guru, siswa mampu memeragakan panjang gerak cepat pada
sebuah tarian.
C. DESKRIPSI MATERI
PELAJARAN
·
Mempelajari kosa kta yang
berhubungan dengan siang hari
·
Mendiskusikan kegiatan-kegiatan
yang baik di siang hari yang sesuai dengan aturan yang berlaku di rumah
·
Melakukan gerak cepat anggota tubuh
dalam suatu gerak tari
D.
KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
o Guru
menyapa siswa dan mengondisikan kelas agar siap untuk belajar.
o Salah
satu siswa diminta untuk memimpin doa.
o Sebagai
pembuka pelajaran guru dapat melakukan “ice breaking” untuk menghidupkan
suasana kelas agar semangat (misalnya dengan bernyanyi dan meneriakkan
yel-yel penyemangat).
o Guru
menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan dan tujuan kegiatan belajar.
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
·
Siswa mengamati gambar dan
suasana siang hari yang ditunjukkan oleh guru (guru dapat menggunakan gambar
di buku teks atau gambar(video) yang disiapkan secara khusus sebagai media)
·
Siswa diminta mengajukan
pertanyaanpertanyaan terkait gambar yang mereka amati. Guru memancing sikap
kritis siswa dengan mengajukan pertanyaan “adakah yang ingin kamu ketahui
dari gambar yang kamu amati?” Siapa yang mau mengajukan pertanyaan?
·
Guru mengajak siswa mendiskusikan
kegiatan-kegiatan di siang hari.
·
Siswa diminta menyebutkan kata-kata
yang berhubungan dengan kegiatan siang hari. Guru menuliskan kata yang
disebutkan siswa di papan tulis agar dapat di baca oleh siswa lainnya.
Setelah tidak ada lagi siswa yang menyebutkan, guru dapat menambahkan kosa
katanya jika diperlukan, dengan cara memberikan pertanyaan yang memancing ingatan
siswa.
·
Untuk memperkuat pemahaman
tentangkosa kata yang dipelajarinya, guru melakukan permainan menyusun kartu
huruf menjadi kata.
·
Setelah itu siswa diminta
menyelesaikan lembar kerja tentang pengenalan kosa kata yang berhubungan
dengan kegiatan siang hari.
·
Guru melanjutkan dengan diskusi
berkaitan dengan kegiatan siang hari di rumah. Diskusi juga diarahkan untuk
membahas aturanaturan yang harus diikuti saat berada di rumah, khususnya pada
siang hari.
·
Guru meminta siswa berpasangan.
·
Bersama pasangan masing-masing
siswa diminta mendiskusikan kegitaan-kegiatan pada siang hari sepulang
sekolah yang sesuai dengan aturan di rumah.
·
Setelah waktu yang diberikan
habis, guru memberi kesempatan kepada siswa yang mau menceritakan kepada
temannya di depan kelas.
·
Selesai diskusi guru mengajak
siswa bermain sambil melakukan gerak cepat dalam tari.
·
Guru menggunakan musik yang
temponya cepat. Seperti lagu Tarian Ayam (Chicken Dance) yang bisa di lihat
di internet.
·
Siswa diminta memeragakan secara
mandiri atau berkelompok.
·
Setelah semua siswa selesai
mencoba memeragakan, guru meminta seluruh kelas melakukan gerakan Tarian Ayam
(Chicken Dance).
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
·
Sebagai penutup guru menanyakan bagaimana
perasaan siswa selama mengikuti kegiatan. Menanyakan apa yang sudah
dimengerti dan apa yang belum.
·
Kalau memungkinkan guru dapat
meminta siswa mengisi form self assesment yang biasa disiapkan sebelumnya.
o
Guru memandu siswa untuk berdoa.
|
15 menit
|
E.
Penilaian :
1.
Aspek
yang dinilai; a.Penilaian
Sikap
b.Penilaian Pengetahuan
c. Penilaian Ketrampilan
2.
Jenis
penilaian; a.
observasi
b. tertulis,lisan
c. praktek,projek
3.
Instrumen
Penilaian
4.
Rubrik
dan Penskoran Nilai;
Penilaian
1.
Penilaian Sikap:
Observasi dan pencatatan sikap
siswa selama kegiatan
2.
Penilaian Pengetahuan:
Menyelesaikan LK tentang kosa kata berhubungan dengan
kegiatan pagi hari
3.
Penilaian Keterampilan:
Keterampilan
|
Kriteria
|
|||
Sangat
baik
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Pendampingan
|
|
1. Menyusun kartu huruf menjadi kata
|
Hanya terdapt paling banyak 1 kesalahan
|
Terdapat 2-3
kesalahan
|
Terdapat 4-5
kesalahan
|
Terdapat lebih dari 5 kesalahan
|
2.Memeragakan gerak cepat dalam tarian
|
Mampu melakukan
Gerakan dengan
sempurna dari
awal sampai akhir tanpa intervensi
|
Mampu
melakukan
gerakan dari
awal sampai
akhir dengan
sedikit
intervensi
|
Gerakan tidak sempurna dan
Butuh asistensi
yang cukup
|
Belum mampu
melakukan
gerakan
|
Menyusun kartu huruf menjadi kata
Nama Siswa
|
Kriteria
|
|
|||
Hanya
terdapt
paling
banyak
1
kesalahan
|
Terdapat
2-3
kesalahan
|
Terdapat
4-5
kesalahan
|
Terdapat
lebih
dari
5 keslahan
|
Predikat
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Memeragakan gerak cepat dalam tarian
Nama Siswa
|
Kriteria
|
|
|||
Mampu
melakukan
Gerakan
dengan
sempurna
dari
awal
sampai akhir tanpa intervensi
|
Mampu
melakukan
gerakan
dari
awal
sampai akhir dengan sedikit
intervensi
|
Gerakan
tidak sempurna dan butuh asistensi
yang
cukup
|
Belum
mampu
melakukan
gerakan
|
Predikat
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
F.
Sumber dan Media
1. Video/gambar
tarian yang gerakannya cepat
2. Kartu-kartu
huruf
Mengetahui,
Kepala SD Negeri Beureu-eh
RAHMAD,
S.Pd.I
NIP. 19760710
200801 1 001
|
|
Beureu-eh, …, ………….., 2017
Guru Kelas I
SITI
AISYAH, S.Pd
NIP: 19631231 198610 2 012
|
Lembar Kerja Siswa
(LKS)
Lengkapi kata-kata berikut ini.
Isilah dengan huruf yang
tepat!RPP lainnya:
TEMA 3 KELAS 1 SUB 1 PB 1 (Revisi 2017)
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment