Home » » TEMA 3 KELAS 1 SUB 1 PB 1 (Revisi 2017)

TEMA 3 KELAS 1 SUB 1 PB 1 (Revisi 2017)

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Sunday, 3 September 2017

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP)



Satuan Pendidikan                   : SD Negeri Beureu-eh
Kelas/Semester                       : 1/1
Tema 3                                   : Kegiatanku
Sub Tema 1/ Pembelajaran      : Kegiatan Pagi Hari/ 1
Alokasi Waktu                         : 1 Hari


A. KOMPETENSI INTI :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B. KOMPETENSI DASAR (KD)/ INDIKATOR
a) Bahasa Indonesia
3.7 Menentukan kosakata yang berkaitan dengan peristiwa siang dan malam melalui teks pendek (gambar, tulisan, dan/atau syair lagu) dan/atau eksplorasi lingkungan..
·         Menemukan kosa kata tentang kegiatan pagi hari dengan tepat.
4.7 Menyampaikan penjelasan dengan kosakata Bahasa Indonesia dan dibantu dengan bahasa daerah mengenai peristiwa siang dan malam dalam teks tulis dan gambar.
·         Menuliskan kosa kata tentang kegiatan pagi hari dengan tepat.

b) PPKn
1.1 Mensyukuri ditetapkannya bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, dan padi kapas sebagai gambar pada lambing negara “Garuda Pancasila”.
2.1 Bersikap santun, rukun, mandiri, dan percaya diri sesuai dengan sila-sila Pancasila dalam lambing negara “Garuda Pancasila” dalam kehidupan seharihari.
3.1 Mengenal simbol sila-sila Pancasila dalam lambing negara “Garuda Pancasila”.
·         Mengidentifikasi bunyi sila-sila Pancasila.
4.1 Menceritakan simbolsimbol sila Pancasila pada Lambang Garuda sila Pancasila
·         Melafalkan bunyi sila-sila Pancasila dengan tepat.

c) SBdP
3.2 Memahami elemen music melalui lagu.
·         Membedakan panjang pendek bunyi dengan tepat.
4.2 Menirukan elemen music melalui lagu.
·         Memeragakan panjang pendek bunyi dengan suara atau dengan alat bantu seperti peluit, marakas, dan sejenisnya

C.      TUJUAN PEMBELAJARAN :
1.      Dengan menyimak gambar dan teks yang disampaikan oleh guru dan permainan menyusun kartu huruf menjadi kata, siswa dapat menemukan kosa kata tentang kegiatan pagi hari dengan tepat.
2.      Dengan mengerjakan lembar kerja, siswa dapat menuliskan kosa kata tentang kegiatan pagi hari dengan tepat.
3.      Melalui penjelasan guru, siswa mampu mengidentifikasi bunyi sila-sila Pancasila.
4.      Dengan mengikuti petunjuk (contoh) guru, siswa mampu melafalkan bunyi sila-sila Pancasila dengan tepat.
5.      Dengan menyimak lagu dan peragaan guru, siswa mampu membedakan panjang pendek bunyi dengan tepat.
6.      Dengan mengikuti petunjuk guru, siswa mampu memeragakan panjang pendek bunyi dengan suara atau dengan alat bantu seperti peluit, marakas, dan sejenisnya.

D.      DESKRIPSI MATERI PELAJARAN
1.      Mempelajari kosa kata yang berhubungan dengan pagi hari
2.      Mendiskusikan kebiasaan yang baik di pagi hari sambil menghubungkan dengan bunyi Pancasila
3.      Bernyanyi lagu bertema pagi (Bangun Tidur) hari sambil membedakan panjang pendek bunyi

E.       KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
o   Guru menyapa siswa dan mengondisikan kelas agar siap untuk belajar.
o   Salah satu siswa diminta untuk memimpin doa.
o   Sebagai pembuka pelajaran, guru dapat melakukan “ice breaking” untuk menghidupkan suasana kelas agar semangat (misalnya dengan bernyanyi dan meneriakkan yel-yel penyemangat).
o   Guru menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan dan tujuan kegiatan belajar.

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Guru mengajak siswa duduk melingkar.
o   Guru meminta semua siswa memejamkan mata. Suasana dikondisikan agar hening.
o   Lalu guru meminta semuanya menarik nafas dalam-dalam dan menghembuskannya, diulang beberapa kali. Lalu siswa diminta mendengarkan suara-suara yang ada di sekitar mereka. Sambil membayangkan bagaimana biasanya suasana di pagi hari.
o   (Guru dapat menyetel musik instrumental sebagai musik latar).
o   Setelah sekitar 5 menit sebelum siswa membuka mata kembali guru bias menyampaikan motivasi yang dapat mendorong siswa untuk bersyukur kepada
o   Tuhan atas karunia pagi hari ini.
o   Setelah siswa membuka mata kembali guru meminta siswa menyampaikan perasaan masing-masing dan meminta mereka menjelaskan suasana pagi hari yang tadi mereka bayangkan. Guru memberi kesempatan beberapa anak menyampaikannya suasana pagi yang tadi mereka bayangkan.
o   Kemudian siswa mengamati gambar dan suasana pagi yang ditunjukkan oleh guru (guru dapat menggunakan gambar di buku teks atau gambar yang disiapkan secara khusus sebagai media atau bisa juga video).
o   Siswa diminta mengajukan pertanyaanpertanyaan terkait gambar yang mereka amati. Guru memancing sikap kritis siswa dengan mengajukan pertanyaan “adakah yang ingin kamu ketahui dari gambar yang kamu amati?” Siapa yang mau mengajukan pertanyaan?
o   Guru mengajak siswa mendiskusikan kegiatan-kegiatan di pagi hari baik di rumah maupun di sekolah.
o   Siswa diminta menyebutkan kata-kata yang berhubungan dengan pagi hari. Guru menuliskan kata yang disebutkan siswa di papan tulis agar dapat di baca oleh siswa lainnya. Setelah tidak ada lagi siswa yang menyebutkan, guru dapat menambahkan kosa katanya jika diperlukan, dengan cara memberikan pertanyaan yang memancing ingatan siswa.
o   Untuk memperkuat pemahaman tentang kosa kata yang dipelajarinya, guru melakukan permainan menyusun kartu hurup menjadi kata.
o   Setelah itu siswa diminta menyelesaikan lembar kerja tentang pengenalan kosa kata yang berhubungan dengan kegiatan pagi hari.
o   Kepada siswa yang masih menemui kesulitan, guru melakukan asistensi dan pengarahan.
o   Kemudian guru melanjutkan diskusi berkaitan dengan kegiatan pagi hari di sekolah. Salah satu rutininitas di sekolah di pagi hari adalah upacara. Saat pelaksanaan upacara biasanya ada kegiatan pembacaan teks Pancasila.
o   Lalu guru menggali pengetahuan siswa tentang teks pancasila dengan bertanya dan memberi kesempatan bagi yang sudah hafal untuk melafalkannya di depan temantemannya.
o   Saat libur Udin membaca buku di rumah.
o   Udin membaca ditemani ayah.
o   Udin membaca kata-kata yang baru dipelajari.
o   Ayah membantu Udin berlatih membaca. Inilah kata-kata yang dibaca Udin.
o   Perhatikan huruf-hurufnya, lalu bacalah! bangun tidur berdoa sekolah matahari mandi terbit sarapan ayam berkokok

o   Perhatikan bunyi teks Pancasila berikut ini.
o   Lafalkan bunyi teks Pancasila dengan lantang!
o   Bacakan di depan teman dan gurumu!
·         Pancasila
·         Ketuhanan Yang Maha Esa
·         Kemanusiaan yang adil dan beradab
·         Persatuan Indonesia
·         Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan
·         Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

o   Untuk memperkuat pengetahuan siswa tentang bunyi sila-sila Pancasila guru mendemonsrasikan pembacaan teks
o   Pancasila dengan lafal dan intonasi yang benar. Setelah itu guru menunjukkan poster bertuliskan teks Pancasila dan sekali lagi meminta siswa melafalkannya bersama-sama atau bergantian.
o   Setelah siswa melafalkan bunyi teks sila- sila Pancasila, guru mengadakan permainan menyusun kata-kata menjadi bunyi teks Pancasila.
o   Selesai permainan guru meminta siswa sekali lagi melafalkan bunyi teks sila-sila Pancasila.
o   Kemudian guru mengajak siswa mencermati apa saja kegiatan pagi hari di rumah lewat lagu “Bangun Tidur”.
o   Selain mencermati kegiatan pagi hari, guru juga meminta siswa mencermati perbedaan panjang pendek bunyi pada lagu tersebut. Guru menunjukkan bagian syair lagu mana yang dibunyikan pendek dan mana yang dibunyikan panjang.
o   Guru juga memberi contoh jika lagu tersebut dinyanyikan tanpa ada perbedaan panjang pendek bunyi. Siswa diminta membedakan rasa saat mendengarkannya.
o   Dengan menggunakan alat bantu seperti peluit, marakas, dan atau tamborin guru melatih siswa memeragakan bunyi pendek dan bunyi panjang dalam sebuah lagu.
o   Guru mencontohkan dengan menggunakan peluit, marakas, atau tamborin perbedaan panjang pendek bunyi.
o   Siswa diminta memeragakan secara mandiri atau berkelompok.
o   Setelah semua siswa selesai mencoba memeragakan, guru meminta seluruh siswa di kelas menyanyikan kembali lagu Bangun
o   Tidur dengan penuh semangat.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
o   Sebagai penutup guru menanyakan bagaimana perasaan siswa setelah mengikuti seluruh kegiatan.
o   Siswa bergantian merespon pertanyaan guru.
o   Guru membagikan form penilaian diri sendiri yang telah disiapkan sebelumnya.
o   Siswa juga diminta melakukan penilaian diri sendiri dengan mengisi form yang telah diberikan.

15 menit

F.       Penilaian :
1.      Aspek yang dinilai;     a.Penilaian Sikap
                                                  b.Penilaian Pengetahuan
                                                  c. Penilaian Ketrampilan       
2.      Jenis penilaian;            a. observasi
                                            b. tertulis,lisan
                                            c. praktek,projek
3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;


Penilaian
1.      Penilaian Sikap:
Pengamatan dan pencatatan sikap siswa selama kegiatan menggunakan lembar observasi (lihat pedoman penilaian).

2.      Penilaian Pengetahuan:
o  Menyelesaikan LK tentang kosa kata berhubungan dengan kegiatan pagi hari
o  Menyusun kata-kata menjadi bunyi sila-sila Pancasila

3. Penilaian Keterampilan:
Kriteria
Sangat baik
Baik
Cukup
Perlu Pendampingan
1. Menyusun kartu huruf menjadi kata

Hanya terdapt paling
banyak 1 kesalahan
Terdapat 2-3
kesalahan
Terdapat 4-5 kesalahan
Terdapat lebih
dari 5 keslahan
2. Melafalkan bunyi teks
Pancasila
Semua sila dilafalkan
secara tepat
Terdapat kekeliruan
pada satu sila
Terdapat kesalahan
pada 2 sila
Terdapat 3
atau lebih sila
yang salah

3.Memeragakan panjang pendek bunyi pada sebuah lagu
Memeragakan panjang pendek bunyi tanpa
kesalahan
Ada 1-2 kali
kesalahan
Ada 3-4 kali
kesalahan
Terdapat lebih
dari 5 kali
kesalahan

Lembar Penilaian Keterampilan
Menyusun kartu huruf menjadi kata
No
Nama Siswa
Hanya terdapt
paling banyak
1 kesalahan
Terdapat 2-3 kesalahan
Terdapat 4-5
kesalahan
Terdapat
lebih dari 5
keslahan
Predikat


























































































































































































































Lembar Penilaian Keterampilan
Melafalkan bunyi teks Pancasila
No
Nama Siswa
Semua sila dilafalkan
secara
tepat
Terdapat kekeliruan
pada
satu sila
Terdapat kesalahan
pada
2 sila
Terdapat 3
atau lebih sila
yang salah
Predikat








































































































































































































































Lembar Penilaian Keterampilan
Memeragakan panjang pendek bunyi pada sebuah lagu
No
Nama Siswa
Kriteria
Predikat
Memeragakan
panjang pendek
bunyi tanpa
kesalahan
Ada 1-2 kali
kesalahan
Ada 3-4 kali kesalahan
Lebih dari 5 kali kesalahan

































































































































































































































G.      Sumber dan Media
o   Gambar suasana pagi hari
o   Lembar kerja
o   Poster teks Pancasila
o   Kartu huruf
o   Alat yang bis




Mengetahui,
Kepala SD Negeri Beureu-eh



RAHMAD, S.Pd.I
NIP. 19760710 200801 1 001           

Beureu-eh, …, …………..,  2017
Guru Kelas I



SITI AISYAH, S.Pd
NIP: 19631231 198610 2 012




Lembar Kerja Siswa
(LKS)


Tentukan huruf yang tepat pada kata-kata berikut.
Contoh:
TEMA 3 KELAS 1 SUB 1 PB 1 (Revisi 2017)


MEDIA

TEMA 3 KELAS 1 SUB 1 PB 1 (Revisi 2017)

TEMA 3 KELAS 1 SUB 1 PB 1 (Revisi 2017)

RPP lainnya:

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors