RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 1 Lampoih Saka
Kelas/Semester : 5/1
Tema 1 :
Organ Gerak Hewan dan Manusia
Sub
Tema 3/ Pembelajaran : Lingkungan dan Manfaatnya/1
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
KOMPETENSI INTI :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman,
guru dan tetangga
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang
jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR (KD)/ INDIKATOR
a) Bhs. Indonesia
3.1 Menentukan
pokok pikiran dalam teks lisan dan tulis.
o Menentukan ide pokok setiap paragraf dalam bacaan secara percaya diri
4.1 Menyajikan
hasil identifikasi pokok pikiran dalam teks tulis dan lisan secara lisan,
tulis, dan visual.
o Menyajikan hasil identifikasi ide pokok setiap paragraf dalam bacaan
secara percaya diri
b) IPA
3.1 Menjelaskan
alat gerak dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memelihara kesehatan
alat gerak manusia.
o Mengembangkan ide pokok dari bacaan alat gerak dan fungsinya pada manusia dan hewan.
4.1 Membuat model
sederhana alat gerak manusia dan hewan.
o Membuat model sederhana alat gerak dan fungsinya pada manusia dan hewan.
C.
TUJUAN PEMBELAJARAN :
1.
Dengan kegiatan
membaca, siswa dapat menentukan ide pokok setiap paragraf dalam bacaan secara
percaya diri
2.
Dengan menulis,
siswa dapat mengembangkan ide pokok menjadi sebuah paragraf secara tanggung
jawab.
D. DESKRIPSI MATERI
PELAJARAN
1.
Menentukan ide
pokok setiap paragraf dalam bacaan.
2.
Mengembangkan ide
pokok menjadi sebuah paragraf.
E.
Pendekatan
1. Pendekatan :
Scientific
2.
Strategi :
Kooperative learning
3.
Teknik : Picture and
Picture
4. Matode :
Ceramah, tanya jawab,
pemberian tugas dan diskusi
F.
KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
o Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
o Mengajak semua siswa berdoa.
o
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
o
Tanya
jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
o
Kemudian,
siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
o
Melakukan
apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang
sekarang diajarkan.
o
Menginformasikan
tentang subtema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Manusia dan Lingkungan”.
o
Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
§ Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa
secara klasikal dengan mendeskripsikan gambar ilustrasi.
§ Guru menstimulus pengetahuan dan daya analisa siswa
dengan mengajukan pertanyaan pada buku siswa
§ Kegiatan ini dimaksudkan sebagai pra-test dan
merangsang keingintahuan siswa untuk belajar lebih jauh lagi. Dengan demikian
kegiatan awal pembelajaran awal ini dilakukan secara menarik dan interaktif.
Catatan:
o
Eksplorasi: Ajarkan siswa untuk mengeksplorasi gambar secara cermat
untuk menggali informasi.
o
Pengumpulan Data: ajarkan siswa sehingga terbiasa untuk mengolah
data menjadi sebuah informasi yang berguna melalui konsep pelaporan tertulis.
o
Komunikasi: Rangsang keingintahuan siswa dengan dialog interaktif.
§ Siswa secara seksama mengamati rangkaian gambar.
§ Siswa dibiarkan mengembangkan daya imajinasinya
terhadap gambar.
§ Selesai mengamati, arahkan siswa untuk menyajikan
hasil pengamatan gambarnya menjadi ide-ide pokok
§ Setelah berhasil menentukan ide-ide pokok, siswa
mengembangkannya menjadi sbeuah bacaan.
§ Berikan kesemmpatan kepada tiap-tiap siswa untuk
membacakan bacaannya.
§ Untuk kemudian diberikan apresiasi dan penguatan.
§ Siswa membaca bacaan berjudul "Gerabah Dari
Pulau Madura".
Alternatif
kegiatan membaca:
o
Alternatif 1,
guru memberikan waktu selama 5 menit dan siswa diminta membaca dalam hati.
o
Alternatif 2,
guru menunjuk satu siswa untuk membacakan bacaan tersebut dan meminta siswa
lain menyimak.
o
Alternatif 3,
bacaan tersebut dibaca secara bergantian dan bersambung oleh seluruh siswa.
§ Selesai membaca, siswa menuliskan ide pokok dari
tiap-tiap paragraf.
§ Siswa selesai membaca, dan mencari serta menentukan
ide pokok tiap paragraf dari bacaan yang telah dibacanya. Siswa menulis
bacaan berdasarkan ide-ide pokok yang ada pada buku siswa.
§ Siswa mengisi tabel mengenai kompetensi yang sudah
dipelajari berkaitan dengan bacaan tentang gerabah.
Catatan:
§ Kegiatan ini merupakan media untuk mengukur seberapa
banyak materi yang sudah dipelajari dan dipahami siswa.
§ Pada aktivitas ini lebih ditekankan pada sikap siswa
setelah mempelajari materi.
§ Sebagai tindaklanjut dari kegiatan ini, guru dapat
memberikan
§ REMEDIAL dan PENGAYAAN sesuai dengan tingkat
pencapaian masing-masing siswa.
§ Siswa meminta orang tuanya untukmenceritakan tentang
profesinya.
§ Siswa menyusun bacaan berdasarkan cerita orang
tuanya secara menarik
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
o Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/ rangkuman hasil belajar selama
sehari.
o
Melakukan penilaian hasil
belajar
o
Melakukan repleksi
o Menyampaikan pesan moral/belajar.
o Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
G.
Penilaian :
A.
Teknik Penilaian:
·
Penilaian Sikap : kerja sama, peduli, komunikatif
·
Penilaian Pengetahuan : Tes
tertulis
·
Penilaian
Keterampilan : Uji unjuk kerja
B.
Bentuk Instrumen
Penilaian
1. Sikap
a. Disiplin
b. Tanggung
Jawab
c. Peduli
2.
Pengetahuan
Siswa mengerjakan soal-soal latihan tertulis, remedial, dan pengayaan
pada buku siswa
No
|
NAMA
SISWA
|
Hasil
Penilaian Pengetahuan
|
|||
Aspek 1
|
Aspek 2
|
||||
Tercapai
|
Belum Tercapai
|
Tercapai
|
Belum Tercapai
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
1. Aspek 1: Mengetahui ide pokok bacaan.
2. Aspek 2: Mengembangkan ide pokok menjadi paragraph
3. Keterampilan
Penilaian Unjuk
Kerja
a. Rubrik Menulis
Berdasarkan Pengamatan Gambar
Aspek
|
Baik Sekali
4
|
Baik
3
|
Cukup
2
|
Perlu
Bimbingan
1
|
Isi dan
Pengetahuan:
Hasil
yang ditulis
sesuai
dengan
kejadian
atau
peristiwa
yang
tampak
pada
gambar
yang
diamati.
|
Keseluruhan
jawaban
yang
ditulis
siswa
sesuai
dengan
gambar
yang diamati
dan benar
mengelompokkan
jawaban
|
Keseluruhan
jawaban
yang
ditulis
siswa
sesuai
dengan
gambar
yang
diamati
dan
sebagian
besar
benar
dalam
mengelompokkan
jawaban.
|
Sebagian
besar
jawaban
yang
ditulis
siswa
sesuai
dengan
gambar
yang
diamati
dan
sebagian
besar
benar
dalam
mengelompokkan
jawaban
|
Hanya sebagian
kecil jawaban
yang ditulis siswa
sesuai dengan
gambar yang
diamati dan
hanya sebagian
kecil benar dalam
mengelompokkan
jawaban.
|
Penggunaan
Bahasa
Indonesia
yang Baik
dan
Benar: Bahasa
Indonesia
yang
baik dan
benar
digunakan
dalam
penulisan
ringkasan.
|
Bahasa Indonesia
yang baik dan
benar digunakan
dengan
efisien dan
menarik dalam
keseluruhan
penulisan.
|
Bahasa Indonesia
yang baik dan
benar digunakan
dengan
efisien dalam
keseluruhan
penulisan.
|
Bahasa Indonesia
yang baik dan
benar digunakan
dengan sangat
efisien dalam
sebagian besar
penulisan.
|
Bahasa Indonesia
yang baik dan
benar digunakan
dengan sangat
efisien dalam
sebagian kecil
penulisan
|
Keterampilan
Penulisan:
Tulisan
hasil
pengamatan
dibuat
dengan
benar, sistematis
dan
jelas, yang
menunjukkan
keterampilan
penulisan
yang baik.
|
Keseluruhan
hasil
penulisan
hasil
pengamatan
yang
sistematis
dan benar
menunjukkan
keterampilan
penulisan
yang
sangat
baik, di
atas
rata-rata
kelas.
|
Keseluruhan
hasil
penulisan
penulisan
hasil
pengamatan
yang
sistematis
dan benar
menunjukkan
keterampilan
penulisan
yang
baik.
|
Sebagian
besar
hasil
penulisan
penulisan
hasil
pengamatan
yang
sistematis
dan benar
menunjukkan
keterampilan
penulisan
yang
terus
berkembang
|
Hanya
sebagian
kecil
hasil
penulisan
penulisan
hasil
pengamatan
yang
sistematis
dan benar
menunjukkan
keterampilan
penulisan
yang
masih
perlu terus
ditingkatkan.
|
b. Mencari ide
pokok bacaan
Aspek
|
Baik Sekali
4
|
Baik
3
|
Cukup
2
|
Perlu
Bimbingan
1
|
Ketepatan
|
Menemukan
keseluruhan ide
pokok dengan
tepat
|
Hampir
semua
ide pokok
ditemukan
dengan
tepat
|
Ada
beberapa ide
pokok
yang tidak
tepat
|
Sebagian
ide
pokok
yang
ditemukan
tidak
tepat.
|
Menunjukkan
Bukti
Pendukung
|
Mampu
menunjukkan
bukti
pendukung
|
Mampu
menunjukkan
hampir
semua
bukti
pendukung
|
Ada beberapa
bukti pendukung
yang ditunjukan
tidak tepat
|
Sebagian
besar
bukti
pendukung
yang
ditunjukkan
tidak
tepat
|
Waktu
|
Keseluruhan
ide
pokok
ditemukan
dengan
sangat
cepat
|
Keseluruhan
ide
pokok
ditemukan
dengan
cepat
|
Keseluruhan
ide
pokok
ditemukan
dengan
cukup
cepat
|
Keseluruhan
ide
pokok
ditemukan
dengan
sangat
lambat.
|
Keterampilan
Penulisan:
Ringkasan
dibuat
dengan
benar,
sistematis
dan
jelas, yang
menunjukkan
keterampilan
penulisan
yang
baik.
|
Keseluruhan
hasil
penulisan
ringkasan
yang
sistematis
dan benar
menunjukkan
keterampilan
penulisan
yang
sangat
baik, di
atas
rata-rata
kelas.
|
Keseluruhan
hasil
penulisan
ringkasan
yang
sistematis
dan benar
menunjukkan
keterampilan
penulisan
yang
baik
|
Sebagian
besar
hasil
penulisan
ringkasan
yang
sistematis
dan benar
menunjukkan
keterampilan
penulisan
yang
terus
berkembang
|
Hanya
sebagian
kecil
hasil
penulisan
ringkasan
yang
sistematis
dan benar
menunjukkan
keterampilan
penulisan
yang
masih
perlu terus
ditingkatkan
|
c. Menuliskan
Ide Pokok dari Bacaan
Aspek
|
Baik Sekali
4
|
Baik
3
|
Cukup
2
|
Perlu
Bimbingan
1
|
Rumusan
ide
pokok: Ide
pokok
ditulis
dalam
bentuk
kalimat (Subjek
+ Predikat)
|
Keseluruhan ide
pokok ditulis
dalam bentuk
kalimat.
|
Hampir semua
ide pokok ditulis
dalam bentuk
kalimat
|
Sebagian
besar ide pokok ditulis
dalam
bentuk
kalimat
|
Hanya sebagian
kecil ide pokok
ditulis dalam
bentuk kalimat
|
Penggunaan Bahasa Indonesia
yang baik dan
benar: Bahasa
Indonesia yang
baik dan benar
digunakan
dalam penulisan
ringkasan.
|
Bahasa
Indonesia
yang baik
dan
benar
digunakan
dengan efisien
dan
menarik
dalam
keseluruhan
penulisan.
|
Bahasa
Indonesia
yang baik
dan
benar
digunakan
dengan
efisien
dalam
keseluruhan
penulisan.
|
Bahasa
Indonesia
yang baik
dan benar digunakan
dengan sangat
efisien
dalam
sebagian
besar
penulisan.
|
Bahasa
Indonesia
yang baik
dan
benar
digunakan
dengan
sangat
efisien
dalam
sebagian
kecil
penulisan.
|
Ketepatan:
Ide pokok yang ditulis
benar dan sesuai dengan bacaan
|
Keseluruhan
ide pokok
yang
ditulis
benar dan
sesuai
dengan
bacaan
|
Hampir
keseluruhan
ide pokok
yang
ditulis
benar dan sesuai dengan bacaan.
|
Sebagian
besar ide pokok yang
ditulis
benar dan sesuai dengan bacaan
|
Sebagian
kecil
ide pokok
yang
ditulis
benar dan
sesuai
dengan
bacaan
|
H.
Sumber dan Media
Buku, teks bacaan, gambar tentang aktivitas yang memanfaatkan kerja
organ
gerak manusia.
Mengetahui,
Kepala SD Negeri 1 Lampoih Saka
RATNAWATI,
S.Pd
NIP. 19611231
198410 2 015
|
|
Lampoih Saka, …, ………….., 2017
Guru Kelas V
MARIANA, S.Pd
NIP: 19670305
200701 2 003
|
Lembar Kerja Siswa
(LKS)
Lakukan secara bergantian dengan
temanmu.
Pada saat
temanmu bercerita, tuliskan ide pokok cerita temanmu tesebut.
Paragraf
|
Ide Pokok
|
1.
|
Bersepeda merupakan kegiatan yang
menyenangkan sekaligus
menyehatkan.
|
2.
|
.........................................................................................................................
.........................................................................................................................
.........................................................................................................................
|
3.
|
.........................................................................................................................
.........................................................................................................................
.........................................................................................................................
|
4.
|
.........................................................................................................................
.........................................................................................................................
.........................................................................................................................
|
5.
|
.........................................................................................................................
.........................................................................................................................
.........................................................................................................................
|
6.
|
.........................................................................................................................
.........................................................................................................................
.........................................................................................................................
|
7.
|
.........................................................................................................................
.........................................................................................................................
.........................................................................................................................
|
8.
|
.........................................................................................................................
.........................................................................................................................
.........................................................................................................................
|
9.
|
.........................................................................................................................
.........................................................................................................................
.........................................................................................................................
|
10.
|
.........................................................................................................................
.........................................................................................................................
.........................................................................................................................
|
11.
|
.........................................................................................................................
.........................................................................................................................
.........................................................................................................................
|
MEDIA
RPP LAINNYA:
TEMA 1 KELAS 5 SUB 2 PB 1 (Revisi 2017)
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment