RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 1 Lampoih Saka
Kelas/Semester : 5/1
Tema 1 :
Organ Gerak Hewan dan Manusia
Sub
Tema 2/ Pembelajaran : Manusia dan Lingkungan/1
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
KOMPETENSI INTI :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman,
guru dan tetangga
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang
jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR (KD)/ INDIKATOR
a) IPA
3.1 Menjelaskan
alat gerak dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memelihara kesehatan
alat gerak manusia.
·
Mengetahui
aktivitas-aktivitas manusia yang memanfaatkan organ manusia secara rinci.
4.1 Membuat model
sederhana alat gerak manusia dan hewan.
·
Membuat model
sederhana aktivitas-aktivitas manusia yang memanfaatkan organ manusia secara
rinci.
b) Bhs. Indonesia
3.1 Menentukan pokok pikiran dalam teks lisan dan tulis.
·
Menentukan ide
pokok setiap paragraf dalam bacaan secara percaya diri.
4.1 Menyajikan hasil identifikasi pokok pikiran dalam teks tulis dan lisan secara lisan, tulis, dan visual
·
Mengembangkan ide
pokok menjadi sebuah paragraf secara tanggung jawab
C.
TUJUAN PEMBELAJARAN :
1.
Dengan mengamati
gambar, siswa dapat mengetahui aktivitas-aktivitas manusia yang memanfaatkan
organ manusia secara rinci.
2.
Dengan kegiatan
membaca, siswa dapat menentukan ide pokok setiap paragraf dalam bacaan secara
percaya diri.
3.
Dengan menulis,
siswa dapat mengembangkan ide pokok menjadi sebuah paragraf secara tanggung
jawab
D. DESKRIPSI MATERI
PELAJARAN
1.
Mengamati gambar
yang berkaitan dengan aktivitas yang memanfaatkan kerja organ gerak manusia.
2.
Membaca bacaan
tentang kegiatan bersepeda dan manfaatnya.
3.
Menentukan ide
pokok setiap paragraf dalam bacaan.
4.
Menulis dan
mengembangkan ide pokok menjadi sebuah paragraf.
E.
Pendekatan
1. Pendekatan :
Scientific
2.
Strategi :
Kooperative learning
3.
Teknik : Picture and
Picture
4. Matode :
Ceramah, tanya jawab,
pemberian tugas dan diskusi
F.
KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
o Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
o Mengajak semua siswa berdoa.
o
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
o Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
o Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa
kelompok
o Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran
yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
o Menginformasikan tentang subtema yang akan
dibelajarkan yaitu tentang “Manusia dan Lingkungan”.
o Menyampaikan
tujuan pembelajaran
yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Pada awal
pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan
ilustrasi gambar.
o
Guru menstimulus
pengetahuan dan daya analisa siswa dengan mengajukan pertanyaan yang ada
dalam buku siswa.
o
Biarkan siswa
mengembangkan jawabannya secara mandiri dan mampu menjadikan benda-benda atau
peristiwa-peristiwa yang ada dan terjadi di sekitarnya sebagai sumber
inspirasi.
o
Kegiatan ini
dimaksudkan sebagai pra-test dan merangsang keingintahuan siswa untuk belajar
lebih jauh lagi. Dengan demikian kegiatan awal pembelajaran ini dilakukan
secara menarik dan interaktif.
Catatan:
o
Eksplorasi: Ajarkan siswa untuk mengeksplorasi gambar secara cermat
untuk menggali informasi.
o
Pengumpulan Data: Ajarkan siswa sehingga terbiasa untuk mengolah
data menjadi sebuah informasi yang berguna melalui konsep pelaporan tertulis.
o
Komunikasi: Rangsang keingintahuan siswa dengan dialog Interaktif
Siswa membaca
bacaan berjudul "Bersepeda".
Alternatif
kegiatan membaca:
o
Alternatif 1,
guru memberikan waktu selama 5 menit dan siswa diminta membaca dalam hati.
o
Alternatif 2,
guru menunjuk satu siswa untuk membacakan teks tersebut dan meminta siswa
lain menyimak.
o
Alternatif 3,
bacaan tersebut dibaca secara bergantian dan bersambung oleh seluruh siswa.
o
Selesai membaca
dan memahami isi bacaan, siswa menentukan dan menuliskan ide pokok bacaan.
o
Siswa mengerjakan
secara mandiri.
o
Guru berkeliling
membantu siswa yang mengalami kesulitan.
o
Secara mandiri
siswa mencoba membuat paragraf berdasarkan ide pokok yang telah ditentukan.
o
Siswa mengisi
tabel mengenai kompetensi yang sudah dipelajari, berkaitan dengan aktivitas fisik
yang berkaitan dengan organ gerak.
Catatan:
o
Kegiatan ini
merupakan media untuk mengukur seberapa banyak materi yang sudah dipelajari
dan dipahami siswa.
o
Pada ativitas ini
lebih ditekankan pada sikap siswa setelah mempelajari materi.
o
Sebagai tindaklanjut
dari kegiatan ini, guru dapat memberikan
o
REMEDIAL dan
PENGAYAAN sesuai dengan tingkat pencapaian masing-masing siswa.
o
Dengan bantuan
orang tuanya, siswa mengamati aktivitas kesehariannya dan orang-orang
sekitarnya yang memanfaatkan kerja organ gerak.
o
Misalnya
berjalan, berlari, memegang, memanjat, dan lain-lain.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
o Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/
rangkuman hasil belajar selama sehari.
o Melakukan penilaian hasil belajar
o Melakukan repleksi
o Menyampaikan pesan moral/belajar.
o Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
G.
Penilaian :
A.
Teknik Penilaian:
·
Penilaian Sikap : kerja sama, peduli, komunikatif
·
Penilaian
Pengetahuan : Tes tertulis
·
Penilaian
Keterampilan : Uji unjuk kerja
B.
Bentuk Instrumen Penilaian
1.
Sikap
a. Disiplin
b. Tanggung
Jawab
c. Peduli
d. Percaya Diri
2.
Pengetahuan
Siswa mengerjakan soal-soal latihan tertulis, remedial, dan pengayaan
pada buku siswa
No
|
NAMA
SISWA
|
Hasil
Penilaian Pengetahuan
|
|||
Aspek 1
|
Aspek 2
|
||||
Tercapai
|
Belum Tercapai
|
Tercapai
|
Belum Tercapai
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
1. Aspek 1:
Menemukan ide pokok dari sebuah bacaan.
2. Aspek 2: Mengetahui beragam aktivitas yang menyehatkan tubuh.
3. Keterampilan
Penilaian Uji Unjuk Kerja
a. Rubrik Membuat
Bacaan
Aspek
|
Baik Sekali
4
|
Baik
3
|
Cukup
2
|
Perlu
Bimbingan
1
|
Pengetahuan
|
Siswa
menunjukkan
pemahaman
materi yang
sangat tinggi
|
Siswa
menunjukkan
pemahaman
materi cukup
tinggi
|
Siswa
menunjukkan
pemahaman
materi
yang
cukup
tinggi
namun
membutuhkan
sedikit
bantuan
guru
dalam
pengerjaannya
|
Siswa
menunjukkan
pemahaman
materi
yang
kurang
dan
membutuhkan
banyak
bantuan
guru
dalam
pengerjaannya
|
Kemandirian
& Manajemen
Waktu (attitude)
|
Sangat mandiri
mengerjakan
tugas bahkan
selesai sebelum
waktunya.
|
Mandiri
mengerjakan
tugas dan selesai
tepat waktu.
|
Masih
perlu
diingatkan
sesekali
untuk
menyelesaikan
tugas
|
Tidak
menyelesaikan
tugas tepat pada
waktunya.
|
Keterampilan
|
Bacaan
disampaikan
dengan
menggunakan
tata
bahasa
Indonesia
yang
baik dan
baku
|
Terdapat
satu
atau dua
kesalahan
dalam
tata
bahasa
Indonesia
yang
baik dan
baku
|
Terdapat
tiga
atau
empat
kesalahan
dalam
tata
bahasa
Indonesia
yang
baik dan
baku
|
Terdapat
lebih
dari
empat
kesalahan
dalam
tata
bahasa
Indonesia
yang
baik dan
baku
|
b. Mencari ide
pokok bacaan
Aspek
|
Baik Sekali
4
|
Baik
3
|
Cukup
2
|
Perlu
Bimbingan
1
|
Ketepatan
|
Menemukan
keseluruhan ide
pokok dengan
tepat
|
Hampir
semua
ide pokok
ditemukan
dengan
tepat
|
Ada
beberapa ide
pokok
yang tidak
tepat
|
Sebagian
ide
pokok
yang
ditemukan
tidak
tepat.
|
Menunjukkan
Bukti
Pendukung
|
Mampu
menunjukkan
bukti
pendukung
|
Mampu
menunjukkan
hampir
semua
bukti
pendukung
|
Ada beberapa
bukti pendukung
yang ditunjukan
tidak tepat
|
Sebagian
besar
bukti
pendukung
yang
ditunjukkan
tidak
tepat
|
Waktu
|
Keseluruhan
ide
pokok
ditemukan
dengan
sangat
cepat
|
Keseluruhan
ide
pokok
ditemukan
dengan
cepat
|
Keseluruhan
ide
pokok
ditemukan
dengan
cukup
cepat
|
Keseluruhan
ide
pokok
ditemukan
dengan
sangat
lambat.
|
Keterampilan
Penulisan:
Ringkasan
dibuat
dengan
benar,
sistematis
dan
jelas, yang
menunjukkan
keterampilan
penulisan
yang
baik.
|
Keseluruhan
hasil
penulisan
ringkasan
yang
sistematis
dan benar
menunjukkan
keterampilan
penulisan
yang
sangat
baik, di
atas
rata-rata
kelas.
|
Keseluruhan
hasil
penulisan
ringkasan
yang
sistematis
dan benar
menunjukkan
keterampilan
penulisan
yang
baik
|
Sebagian
besar
hasil
penulisan
ringkasan
yang
sistematis
dan benar
menunjukkan
keterampilan
penulisan
yang
terus
berkembang
|
Hanya
sebagian
kecil
hasil
penulisan
ringkasan
yang
sistematis
dan benar
menunjukkan
keterampilan
penulisan
yang
masih
perlu terus
ditingkatkan
|
c. Menuliskan
Ide Pokok dari Bacaan
Aspek
|
Baik Sekali
4
|
Baik
3
|
Cukup
2
|
Perlu
Bimbingan
1
|
Rumusan
ide
pokok: Ide
pokok
ditulis
dalam
bentuk
kalimat (Subjek
+ Predikat)
|
Keseluruhan ide
pokok ditulis
dalam bentuk
kalimat.
|
Hampir semua
ide pokok ditulis
dalam bentuk
kalimat
|
Sebagian
besar ide pokok ditulis
dalam
bentuk
kalimat
|
Hanya sebagian
kecil ide pokok
ditulis dalam
bentuk kalimat
|
Penggunaan Bahasa Indonesia
yang baik dan
benar: Bahasa
Indonesia yang
baik dan benar
digunakan
dalam penulisan
ringkasan.
|
Bahasa
Indonesia
yang baik
dan
benar
digunakan
dengan efisien
dan
menarik
dalam
keseluruhan
penulisan.
|
Bahasa
Indonesia
yang baik
dan
benar
digunakan
dengan
efisien
dalam
keseluruhan
penulisan.
|
Bahasa
Indonesia
yang baik
dan benar digunakan
dengan sangat
efisien
dalam
sebagian
besar
penulisan.
|
Bahasa
Indonesia
yang baik
dan
benar
digunakan
dengan
sangat
efisien
dalam
sebagian
kecil
penulisan.
|
Ketepatan:
Ide pokok yang ditulis
benar dan
sesuai
dengan
bacaan
|
Keseluruhan
ide pokok
yang
ditulis
benar dan
sesuai
dengan
bacaan
|
Hampir
keseluruhan
ide pokok
yang
ditulis
benar dan sesuai dengan bacaan.
|
Sebagian
besar ide pokok yang
ditulis
benar dan sesuai dengan bacaan
|
Sebagian
kecil
ide pokok
yang
ditulis
benar dan
sesuai
dengan
bacaan
|
H.
Sumber dan Media
•
Buku, teks bacaan,
gambar tentang aktivitas yang memanfaatkan kerja orga gerak manusia
Mengetahui,
Kepala SD Negeri 1 Lampoih Saka
RATNAWATI,
S.Pd
NIP. 19611231
198410 2 015
|
|
Lampoih Saka, …, ………….., 2017
Guru Kelas V
MARIANA, S.Pd
NIP: 19670305
200701 2 003
|
Lembar Kerja Siswa
(LKS)
Lakukan
secara bergantian dengan temanmu.
Pada saat temanmu bercerita, tuliskan ide pokok cerita temanmu
tesebut.
Paragraf
|
Ide Pokok
|
1.
|
Bersepeda
merupakan kegiatan yang menyenangkan sekaligus
menyehatkan.
|
2.
|
.........................................................................................................................
.........................................................................................................................
.........................................................................................................................
|
3.
|
.........................................................................................................................
.........................................................................................................................
.........................................................................................................................
|
4.
|
.........................................................................................................................
.........................................................................................................................
.........................................................................................................................
|
5.
|
.........................................................................................................................
.........................................................................................................................
.........................................................................................................................
|
6.
|
.........................................................................................................................
.........................................................................................................................
.........................................................................................................................
|
7.
|
.........................................................................................................................
.........................................................................................................................
.........................................................................................................................
|
MEDIA
RPP lainnya:
TEMA 1 KELAS 5 SUB 1 PB 1 (Revisi 2017)
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment