Home » » TEMA 1 KELAS 5 SUB 2 PB 1 (Revisi 2017)

TEMA 1 KELAS 5 SUB 2 PB 1 (Revisi 2017)

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Friday, 1 September 2017

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP)




Satuan Pendidikan                   : SD Negeri 1 Lampoih Saka
Kelas/Semester                        : 5/1
Tema 1                                    : Organ Gerak Hewan dan Manusia
Sub Tema 2/ Pembelajaran       : Manusia dan Lingkungan/1
Alokasi Waktu                         : 1 Hari


A. KOMPETENSI INTI :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B. KOMPETENSI DASAR (KD)/ INDIKATOR
a) IPA
3.1 Menjelaskan alat gerak dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memelihara kesehatan alat gerak manusia.
·         Mengetahui aktivitas-aktivitas manusia yang memanfaatkan organ manusia secara rinci.
4.1 Membuat model sederhana alat gerak manusia dan hewan.
·         Membuat model sederhana aktivitas-aktivitas manusia yang memanfaatkan organ manusia secara rinci.

b) Bhs. Indonesia
3.1 Menentukan pokok pikiran dalam teks lisan dan tulis.
·         Menentukan ide pokok setiap paragraf dalam bacaan secara percaya diri.
4.1 Menyajikan hasil identifikasi pokok pikiran dalam teks tulis dan lisan secara lisan, tulis, dan visual
·         Mengembangkan ide pokok menjadi sebuah paragraf secara tanggung jawab

C.      TUJUAN PEMBELAJARAN :
1.      Dengan mengamati gambar, siswa dapat mengetahui aktivitas-aktivitas manusia yang memanfaatkan organ manusia secara rinci.
2.      Dengan kegiatan membaca, siswa dapat menentukan ide pokok setiap paragraf dalam bacaan secara percaya diri.
3.      Dengan menulis, siswa dapat mengembangkan ide pokok menjadi sebuah paragraf secara tanggung jawab


D.      DESKRIPSI MATERI PELAJARAN
1.      Mengamati gambar yang berkaitan dengan aktivitas yang memanfaatkan kerja organ gerak manusia.
2.      Membaca bacaan tentang kegiatan bersepeda dan manfaatnya.
3.      Menentukan ide pokok setiap paragraf dalam bacaan.
4.      Menulis dan mengembangkan ide pokok menjadi sebuah paragraf.

E.       Pendekatan
1.  Pendekatan     : Scientific
2.  Strategi            : Kooperative learning
3. Teknik             : Picture and Picture
4.  Matode            : Ceramah, tanya jawab, pemberian tugas dan diskusi

F.       KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
o   Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
o   Mengajak semua siswa berdoa.
o   Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
o   Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
o   Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
o   Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
o   Menginformasikan tentang subtema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Manusia dan Lingkungan”.
o   Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar.
o   Guru menstimulus pengetahuan dan daya analisa siswa dengan mengajukan pertanyaan yang ada dalam buku siswa.
o   Biarkan siswa mengembangkan jawabannya secara mandiri dan mampu menjadikan benda-benda atau peristiwa-peristiwa yang ada dan terjadi di sekitarnya sebagai sumber inspirasi.
o   Kegiatan ini dimaksudkan sebagai pra-test dan merangsang keingintahuan siswa untuk belajar lebih jauh lagi. Dengan demikian kegiatan awal pembelajaran ini dilakukan secara menarik dan interaktif.
Catatan:
o   Eksplorasi: Ajarkan siswa untuk mengeksplorasi gambar secara cermat untuk menggali informasi.
o   Pengumpulan Data: Ajarkan siswa sehingga terbiasa untuk mengolah data menjadi sebuah informasi yang berguna melalui konsep pelaporan tertulis.
o   Komunikasi: Rangsang keingintahuan siswa dengan dialog Interaktif
Siswa membaca bacaan berjudul "Bersepeda".
Alternatif kegiatan membaca:
o   Alternatif 1, guru memberikan waktu selama 5 menit dan siswa diminta membaca dalam hati.
o   Alternatif 2, guru menunjuk satu siswa untuk membacakan teks tersebut dan meminta siswa lain menyimak.
o   Alternatif 3, bacaan tersebut dibaca secara bergantian dan bersambung oleh seluruh siswa.
o   Selesai membaca dan memahami isi bacaan, siswa menentukan dan menuliskan ide pokok bacaan.
o   Siswa mengerjakan secara mandiri.
o   Guru berkeliling membantu siswa yang mengalami kesulitan.
o   Secara mandiri siswa mencoba membuat paragraf berdasarkan ide pokok yang telah ditentukan.
o   Siswa mengisi tabel mengenai kompetensi yang sudah dipelajari, berkaitan dengan aktivitas fisik yang berkaitan dengan organ gerak.
Catatan:
o   Kegiatan ini merupakan media untuk mengukur seberapa banyak materi yang sudah dipelajari dan dipahami siswa.
o   Pada ativitas ini lebih ditekankan pada sikap siswa setelah mempelajari materi.
o   Sebagai tindaklanjut dari kegiatan ini, guru dapat memberikan
o   REMEDIAL dan PENGAYAAN sesuai dengan tingkat pencapaian masing-masing siswa.
o   Dengan bantuan orang tuanya, siswa mengamati aktivitas kesehariannya dan orang-orang sekitarnya yang memanfaatkan kerja organ gerak.
o   Misalnya berjalan, berlari, memegang, memanjat, dan lain-lain.
 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
o  Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/ rangkuman hasil belajar selama sehari.
o  Melakukan penilaian hasil belajar
o  Melakukan repleksi
o  Menyampaikan pesan moral/belajar.
o  Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

G.      Penilaian :
A.    Teknik Penilaian:
·         Penilaian Sikap                        : kerja sama, peduli, komunikatif
·         Penilaian Pengetahuan            : Tes tertulis
·         Penilaian Keterampilan           : Uji unjuk kerja

B.     Bentuk Instrumen Penilaian
1.      Sikap
a. Disiplin
b. Tanggung Jawab
c. Peduli
d. Percaya Diri

2. Pengetahuan
Siswa mengerjakan soal-soal latihan tertulis, remedial, dan pengayaan
pada buku siswa
 No
NAMA SISWA
Hasil Penilaian Pengetahuan
Aspek 1
Aspek 2
Tercapai
Belum Tercapai
Tercapai
Belum Tercapai

































































































































































































Keterangan:
1. Aspek 1: Menemukan ide pokok dari sebuah bacaan.
2. Aspek 2: Mengetahui beragam aktivitas yang menyehatkan tubuh.

3. Keterampilan
Penilaian Uji Unjuk Kerja
a. Rubrik Membuat Bacaan
Aspek
Baik Sekali
4
Baik
3
Cukup
2
Perlu Bimbingan
1
Pengetahuan
Siswa
menunjukkan
pemahaman
materi yang
sangat tinggi
Siswa
menunjukkan
pemahaman
materi cukup
tinggi
Siswa
menunjukkan
pemahaman
materi yang
cukup tinggi
namun
membutuhkan
sedikit bantuan
guru dalam
pengerjaannya
Siswa
menunjukkan
pemahaman
materi yang
kurang dan
membutuhkan
banyak bantuan
guru dalam
pengerjaannya
Kemandirian
& Manajemen
Waktu (attitude)
Sangat mandiri
mengerjakan
tugas bahkan
selesai sebelum
waktunya.
Mandiri
mengerjakan
tugas dan selesai
tepat waktu.
Masih perlu
diingatkan
sesekali untuk
menyelesaikan
tugas
Tidak
menyelesaikan
tugas tepat pada
waktunya.
Keterampilan
Bacaan
disampaikan
dengan
menggunakan
tata bahasa
Indonesia yang
baik dan baku
Terdapat satu
atau dua
kesalahan dalam
tata bahasa
Indonesia yang
baik dan baku
Terdapat tiga
atau empat
kesalahan dalam
tata bahasa
Indonesia yang
baik dan baku
Terdapat lebih
dari empat
kesalahan dalam
tata bahasa
Indonesia yang
baik dan baku

b. Mencari ide pokok bacaan
Aspek
Baik Sekali
4
Baik
3
Cukup
2
Perlu Bimbingan
1
Ketepatan
Menemukan
keseluruhan ide
pokok dengan
tepat
Hampir semua
ide pokok
ditemukan
dengan tepat
Ada beberapa ide
pokok yang tidak
tepat
Sebagian ide
pokok yang
ditemukan tidak
tepat.
Menunjukkan
Bukti Pendukung
Mampu
menunjukkan
bukti pendukung
Mampu
menunjukkan
hampir semua
bukti pendukung
Ada beberapa
bukti pendukung
yang ditunjukan
tidak tepat
Sebagian besar
bukti pendukung
yang ditunjukkan
tidak tepat
Waktu
Keseluruhan ide
pokok ditemukan
dengan sangat
cepat
Keseluruhan ide
pokok ditemukan
dengan cepat
Keseluruhan ide
pokok ditemukan
dengan cukup
cepat
Keseluruhan ide
pokok ditemukan
dengan sangat
lambat.
Keterampilan
Penulisan:
Ringkasan
dibuat dengan
benar, sistematis
dan jelas, yang
menunjukkan
keterampilan
penulisan yang
baik.
Keseluruhan
hasil penulisan
ringkasan yang
sistematis
dan benar
menunjukkan
keterampilan
penulisan yang
sangat baik, di
atas rata-rata
kelas.
Keseluruhan
hasil penulisan
ringkasan yang
sistematis
dan benar
menunjukkan
keterampilan
penulisan yang
baik
Sebagian besar
hasil penulisan
ringkasan yang
sistematis
dan benar
menunjukkan
keterampilan
penulisan
yang terus
berkembang
Hanya sebagian
kecil hasil
penulisan
ringkasan yang
sistematis
dan benar
menunjukkan
keterampilan
penulisan yang
masih perlu terus
ditingkatkan

c. Menuliskan Ide Pokok dari Bacaan
Aspek
Baik Sekali
4
Baik
3
Cukup
2
Perlu Bimbingan
1
Rumusan ide
pokok: Ide
pokok ditulis
dalam bentuk
kalimat (Subjek + Predikat)
Keseluruhan ide
pokok ditulis
dalam bentuk
kalimat.
Hampir semua
ide pokok ditulis
dalam bentuk
kalimat
Sebagian besar ide pokok ditulis
dalam bentuk
kalimat
Hanya sebagian
kecil ide pokok
ditulis dalam
bentuk kalimat
Penggunaan Bahasa Indonesia
yang baik dan
benar: Bahasa
Indonesia yang
baik dan benar
digunakan
dalam penulisan
ringkasan.
Bahasa Indonesia
yang baik dan
benar digunakan
dengan efisien dan
menarik dalam
keseluruhan
penulisan.
Bahasa Indonesia
yang baik dan
benar digunakan
dengan
efisien dalam
keseluruhan
penulisan.
Bahasa Indonesia
yang baik dan benar digunakan
dengan sangat
efisien dalam
sebagian besar
penulisan.
Bahasa Indonesia
yang baik dan
benar digunakan
dengan sangat
efisien dalam
sebagian kecil
penulisan.
Ketepatan: Ide pokok yang ditulis
benar dan sesuai
dengan bacaan
Keseluruhan
ide pokok yang
ditulis benar dan
sesuai dengan
bacaan
Hampir
keseluruhan
ide pokok yang
ditulis benar dan sesuai dengan bacaan.
Sebagian besar ide pokok yang
ditulis benar dan sesuai dengan bacaan
Sebagian kecil
ide pokok yang
ditulis benar dan
sesuai dengan
bacaan

H.      Sumber dan Media
         Buku, teks bacaan, gambar tentang aktivitas yang memanfaatkan kerja orga gerak manusia




Mengetahui,
Kepala SD Negeri 1 Lampoih Saka



RATNAWATI, S.Pd
NIP. 19611231 198410 2 015

Lampoih Saka, …, …………..,  2017
Guru Kelas V



MARIANA, S.Pd
NIP: 19670305 200701 2 003






Lembar Kerja Siswa
(LKS)

Lakukan secara bergantian dengan temanmu.
Pada saat temanmu bercerita, tuliskan ide pokok cerita temanmu tesebut.


Paragraf

Ide Pokok



1.


Bersepeda merupakan kegiatan yang menyenangkan sekaligus
menyehatkan.


2.



.........................................................................................................................
.........................................................................................................................
.........................................................................................................................



3.



.........................................................................................................................
.........................................................................................................................
.........................................................................................................................



4.



.........................................................................................................................
.........................................................................................................................
.........................................................................................................................



5.



.........................................................................................................................
.........................................................................................................................
.........................................................................................................................



6.



.........................................................................................................................
.........................................................................................................................
.........................................................................................................................



7.



.........................................................................................................................
.........................................................................................................................
.........................................................................................................................



MEDIA
TEMA 1 KELAS 5 SUB 2 PB 1 (Revisi 2017)

TEMA 1 KELAS 5 SUB 2 PB 1 (Revisi 2017)

RPP lainnya:
TEMA 1 KELAS 5 SUB 1 PB 1 (Revisi 2017) 
 


Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors