Home » » TEMA 1 KELAS 5 SUB 1 PB 1 (Revisi 2017)

TEMA 1 KELAS 5 SUB 1 PB 1 (Revisi 2017)

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Wednesday, 30 August 2017



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN



(RPP)




Satuan Pendidikan                   : SD Negeri 3 Beureunuen
Kelas/Semester                       : 5/1
Tema 1                                    : Organ Gerak Hewan dan Manusia
Sub Tema 1/ Pembelajaran       : Organ Gerak Hewan /1
Alokasi Waktu                         : 1 Hari


A. KOMPETENSI INTI :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B. KOMPETENSI DASAR (KD)/ INDIKATOR
a) IPA
3.1 Menjelaskan alat gerak dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memelihara kesehatan alat gerak manusia.
o   Menyebutkan alat gerak hewan dan manusia secara benar.
4.1 Membuat model sederhana alat gerak manusia dan hewan.
o   Menentukan ide pokok setiap paragraf dalam bacaan secara tepat

b) Bhs. Indonesia
3.1 Menentukan pokok pikiran dalam teks lisan dan tulis.
o   Menyebutkan pengertian, fungsi, dan cara menentukan ide pokok bacaan secara percaya diri
4.1 Menyajikan hasil identifikasi pokok pikiran dalam teks tulis dan lisan secara lisan, tulis, dan visual.
o   Mengembangkan ide pokok menjadi sebuah paragraf secara runtut.

C.      TUJUAN PEMBELAJARAN :
1.      Dengan membaca teks tentang organ gerak hewan dan manusia, siswa dapat menyebutkan alat gerak hewan dan manusia secara benar.
2.      Dengan kegiatan membaca, siswa dapat menentukan ide pokok setiap paragraf dalam bacaan secara tepat.
3.      Dengan menulis, siswa dapat mengembangkan ide pokok menjadi sebuah paragraf secara runtut.
4.      Dengan berdiskusi, siswa dapat menebutkan pengertian, fungsi, dan cara menentukan ide pokok bacaan secara percaya diri.

D.      DESKRIPSI MATERI PELAJARAN
1.      Membaca bacaan tentang organ gerak hewan dan manusia.
2.      Menentukan ide pokok setiap paragraf dalam bacaan.
3.      Menulis dan mengembangkan ide pokok menjadi sebuah paragraf.
4.      Berdiskusi menyebutkan pengertian, fungsi, dan cara menentukan ide pokok bacaan

E.       Pendekatan
1.  Pendekatan     : Scientific
2.  Strategi            : Kooperative learning
3. Teknik             : Picture and Picture
4.  Matode            : Ceramah, tanya jawab, pemberian tugas dan diskusi

F.       KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
o   Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
o   Mengajak semua siswa berdoa.
o   Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
o   Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
o   Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
o   Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
o   Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Organ Gerak Hewan dan Manusia”.
o   Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari.
o   Siswa mengamati gambar dan percakapan tentang organ gerak hewan dan manusia.
o   Biarkan siswa mengamati dan menganalisa gambar dan percakapan secara cermat.
Catatan:
a.      Eksplorasi: Ajarkan siswa untuk mengeksplorasi gambar secara cermat untuk menggali informasi.
b.      Pengumpulan Data: Ajarkan siswa sehingga terbiasa untuk mengolah data menjadi sebuah informasi yang berguna melalui konsep pelaporan tertulis.
c.       Komunikasi: Rangsang keingintahuan siswa dengan dialog Interaktif

o   Siswa membaca bacaan berjudul Organ Gerak Manusia dan Hewan.

Alternatif kegiatan membaca:
1.      Guru memberikan waktu selama 5 menit dan siswa diminta membaca dalam hati.
2.      Guru menunjuk satu siswa untuk membacakan bacaan tersebut dan meminta siswa lain menyimak.
3.      Bacaan tersebut dibaca secara bergantian dan bersambung oleh seluruh siswa.

o   Selesai membaca, siswa mencari dan menentukan ide pokok tiap paragraph dari bacaan yang telah dibacanya.
Alternatif jawaban
1.    Paragraf 2: Gerak pada manusia dan hewan menggunakan organ gerak tersusun dalam sistem gerak.
2.    Paragraf 3: Organ gerak manusia dan hewan memiliki kesamaan yakni tulang dan otot.
3.    Paragraf 4: Tulang merupakan alat gerak pasif.
4.    Paragraf 5: Otot merupakan alat gerak aktif

o   Pada kegiatan: Ayo Menulis, secara mandiri siswa mencoba membuat paragraf berdasarkan ide pokok yang telah ditentukan Alternatif Jawaban
1.      Paragraf 1: Organ gerak manusia dan hewan terdiri dari dua macam. Ada organ gerak pasif, yakni tulang. Ada juga organ gerak aktif, yakni otot.
2.      Tulang dan otot memiliki fungsi masing-masing dalam sistem gerak manusia dan hewan.
3.      Paragraf 2: Organ gerak banyak sekali fungsinya. Dengan organ gerak, kita dapat melakukan gerakan-gerakan dalam kegiatan sehari-hari. Misalnya, berjalan, berlari, memanjat, memegang, berenang, menggenggam, menoleh, dan lain-lain.
4.      Paragraf 3: Tanpa organ gerak manusia tidak akan bisa melakukan gerakan apaapa.
5.      Manusia tidak akan bisa melakukan aktivitas sehari-hari. Hal tersebut dikarenakan organ gerak adalah sistem yang meneruskan perintah dari otak dalam mengendalikan gerakan-gerakan, baik gerakan-gerakan spontan karena adanya rangsangan dari luar maupun gerakan-gerakan terencana

o   Siswa membentuk kelompok untuk berdiskusi tentang pengertian, fungsi, dan cara menentukan ide pokok bacaan.
o   Alternatif Pelaksanaan Diskusi
1.      Guru menciptakan suasana interaktif dan atraktif dengan mengajak siswa melaksanakan diskusi secara klasikal.
2.      Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk memilih para petugas diskusi, seperti pembawa acara, sekretaris/notulis, dan lain-lain.
3.      Sementara anak-anak yang lain bertindak sebagai peserta diskusi.
4.      Pembawa acara bertanggung jawab atas jalannya diskusi. Pembawa acara juga bertugas untuk membacakan pertanyaan-pertanyaan untuk didiskusikan oleh peserta.
5.      Notulis bertugas untuk mencatat kejadian-kejadian yang terjadi saat diskusi berlangsung, seperti pendapat-pendapat yang disampaikan oleh peserta diskusi. Notulis juga bertugas untuk membuat laporan dan kesimpulan hasil diskusi.
6.      Setiap peserta diskusi berhak mengemukakan pendapatnya berkaitan dengan pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh pembawa acara.
7.      Setelah siswa memberikan pendapatnya, guru mengonfirmasi pendapat-pendapat siswa. Kemudian guru memandu siswa untuk menarik kesimpulan.
8.      Masing-masing siswa menulis jawaban sesuai pertanyaan pada buku siswa berdasarkan hasil diskusi
Alternatif Jawaban
         Ide Pokok: Ide/gagasan yang menjadi dasar atau pokok pengembangan sebuah paragraf.
         Fungsi Ide Pokok: Menjadi dasar pengembangan paragraf.
         Cara menetukan ide pokok: Membaca kalimat dalam paragraf satu demi satu, menentukan inti paragraf tersebut. Inti paragraf itulah yang disebut ide pokok/pikiran utama

o   Pada kegiatan Ayo Berdiskusi, secara mandiri siswa membuat kesimpulan hasil diskusi.
o   Cara membuat kesimpulan dengan mencatat dan memerhatikan semua pendapat yang disampaikan dalam diskusi kemudian membandingkan pendapat-pendapat tersebut.
o   Setelah membandingkan, carilah pendapat yang banyak didukung oleh peserta diskusi dan yang dirasa mendekati kebenaran.
o   Siswa meminta penguatan kepada guru mengenai kesimpulan yang telah diambil.
o   Siswa diberikan kesempatan untuk bertaya dan memberikan tanggapan.
Catatan :
        Kegiatan ini merupakan media untuk mengukur seberapa banyak materi yang sudah dipelajari dan dipahami siswa.
       Pada ativitas ini lebih ditekankan pada sikap siswa setelah mempelajari materi.
       Sebagai tindaklanjut dari kegiatan ini, guru dapat memberikan
        REMEDIAL dan PENGAYAAN sesuai dengan tingkat pencapaian masing-masing siswa.

o   Dengan bantuan orang tuanya, siswa mengamati hewan-hewan yang ada di sekitar tempat tinggalnya. Siswa mengidentifikasi organ gerak hewanhewan tersebut.

Remedial



Pengayaan
Coba amati kegiatanmu sehari-hari.
1.      Tunjukkan gerakan dalam kegiatanmu sehari-hari yang memanfaatkan kerja organ gerak ….
2.      Apakah yang akan terjadi jika organ gerakmu tidak dapat bekerja sebagai mestinya?
 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
o  Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/ rangkuman hasil belajar selama sehari.
o  Melakukan penilaian hasil belajar
o  Melakukan repleksi
o  Menyampaikan pesan moral/belajar.
o  Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

 G.      Penilaian :
A.    Teknik Penilaian:
·         Penilaian Sikap                        : kerja sama, peduli, komunikatif
·         Penilaian Pengetahuan            : Tes tertulis
·         Penilaian Keterampilan           : Uji unjuk kerja

B.     Bentuk Instrumen Penilaian
1.      Sikap
o   a. Disiplin
o   b. Tanggung Jawab
o   c. Peduli
o   d. Percaya Diri


2. Pengetahuan
Siswa mengerjakan soal-soal latihan tertulis, remedial, dan pengayaan pada buku siswa.
 No
NAMA SISWA
Hasil Penilaian Pengetahuan
Aspek 1
Aspek 2
Tercapai
Belum Tercapai
Tercapai
Belum Tercapai

































































































































































































Keterangan:
1. Aspek 1: Menyebutkan organ gerak pada hewan dan manusia
2. Aspek 2: Menentukan pokok pikiran dalam teks lisan dan tulis

3.        Keterampilan
a. Rubrik Menulis Berdasarkan Pengamatan Gambar
Aspek
Baik Sekali
4
Baik
3
Cukup
2
Perlu Bimbingan
1
Isi dan
Pengetahuan:
Hasil yang ditulis
sesuai dengan
kejadian atau
peristiwa yang
tampak pada
gambar yang
diamati.
Keseluruhan
jawaban yang
ditulis siswa
sesuai dengan
gambar yang
diamati
dan benar
mengelompokkan
jawabannya.
Keseluruhan
jawaban yang
ditulis siswa
sesuai dengan
gambar yang
diamati dan
sebagian besar
benar dalam
mengelompokkan
jawabannya.
Sebagian besar
jawaban yang
ditulis siswa
sesuai dengan
gambar yang
diamati dan
sebagian besar
benar dalam
mengelompokkan
jawabannya.
Hanya sebagian
keciljawaban
yang ditulis siswa
sesuai dengan
gambar yang
diamati dan
hanya sebagian
kecil benar dalam
mengelompokkan
jawabannya
Penggunaan
Bahasa Indonesia
yang baik dan
benar: Bahasa
Indonesia yang
baik dan benar
digunakan
dalam penulisan
ringkasan.
Bahasa Indonesia
yang baik dan
benar digunakan
dengan
efisien dan
menarik dalam
keseluruhan
penulisan.
Bahasa Indonesia
yang baik dan
benar digunakan
dengan
efisien dalam
keseluruhan
penulisan
Bahasa Indonesia
yang baik dan
benar digunakan
dengan sangat
efisien dalam
sebagian besar
penulisan.
Bahasa Indonesia
yang baik dan
benar digunakan
dengan sangat
efisien dalam
sebagian kecil
penulisan.
Keterampilan
Penulisan:
Tulisan hasil
pengamatan
dibuat dengan
benar, sistematis
dan jelas, yang
menunjukkan
keterampilan
penulisan yang
baik
Keseluruhan hasil
penulisan hasil
pengamatan
yang sistematis
dan benar
menunjukkan
keterampilan
penulisan yang
sangat baik, di
atas rata-rata
kelas.
Keseluruhan
hasil penulisan
penulisan hasil
pengamatan
yang sistematis
dan benar
menunjukkan
keterampilan
penulisan yang
baik.
Sebagian besar
hasil penulisan
penulisan hasil
pengamatan
yang sistematis
dan benar
menunjukkan
keterampilan
penulisan
yang terus
berkembang.
Hanya sebagian
kecil hasil
penulisan
penulisan hasil
pengamatan
yang sistematis
dan benar
menunjukkan
keterampilan
penulisan yang
masih perlu terus
ditingkatkan.

b. Mencari ide pokok bacaan
Aspek
Baik Sekali
4
Baik
3
Cukup
2
Perlu Bimbingan
1
Ketepatan
Menemukan
keseluruhan ide
pokok dengan
tepat
Hampir semua
ide pokok
ditemukan
dengan tepat
Ada beberapa ide
pokok yang tidak
tepat
Sebagian ide
pokok yang
ditemukan tidak
tepat.
Menunjukkan
Bukti Pendukung
Mampu
menunjukkan
bukti pendukung
Mampu
menunjukkan
hampir semua
bukti pendukung
Ada beberapa
bukti pendukung
yang ditunjukan
tidak tepat
Sebagian besar
bukti pendukung
yang ditunjukkan
tidak tepat
Waktu
Keseluruhan ide
pokok ditemukan
dengan sangat
cepat
Keseluruhan ide
pokok ditemukan
dengan cepat
Keseluruhan ide
pokok ditemukan
dengan cukup
cepat
Keseluruhan ide
pokok ditemukan
dengan sangat
lambat.
Keterampilan
Penulisan:
Ringkasan
dibuat dengan
benar, sistematis
dan jelas, yang
menunjukkan
keterampilan
penulisan yang
baik.
Keseluruhan
hasil penulisan
ringkasan yang
sistematis
dan benar
menunjukkan
keterampilan
penulisan yang
sangat baik, di
atas rata-rata
kelas.
Keseluruhan
hasil penulisan
ringkasan yang
sistematis
dan benar
menunjukkan
keterampilan
penulisan yang
baik
Sebagian besar
hasil penulisan
ringkasan yang
sistematis
dan benar
menunjukkan
keterampilan
penulisan
yang terus
berkembang
Hanya sebagian
kecil hasil
penulisan
ringkasan yang
sistematis
dan benar
menunjukkan
keterampilan
penulisan yang
masih perlu terus
ditingkatkan

c. Menuliskan Ide Pokok dari Bacaan
Aspek
Baik Sekali
4
Baik
3
Cukup
2
Perlu Bimbingan
1
Rumusan ide
pokok: Ide
pokok ditulis
dalam bentuk
kalimat (Subjek + Predikat)
Keseluruhan ide
pokok ditulis
dalam bentuk
kalimat.
Hampir semua
ide pokok ditulis
dalam bentuk
kalimat
Sebagian besar ide pokok ditulis
dalam bentuk
kalimat
Hanya sebagian
kecil ide pokok
ditulis dalam
bentuk kalimat
Penggunaan Bahasa Indonesia
yang baik dan
benar: Bahasa
Indonesia yang
baik dan benar
digunakan
dalam penulisan
ringkasan.
Bahasa Indonesia
yang baik dan
benar digunakan
dengan efisien dan
menarik dalam
keseluruhan
penulisan.
Bahasa Indonesia
yang baik dan
benar digunakan
dengan
efisien dalam
keseluruhan
penulisan.
Bahasa Indonesia
yang baik dan benar digunakan
dengan sangat
efisien dalam
sebagian besar
penulisan.
Bahasa Indonesia
yang baik dan
benar digunakan
dengan sangat
efisien dalam
sebagian kecil
penulisan.
Ketepatan: Ide pokok yang ditulis
benar dan sesuai
dengan bacaan
Keseluruhan
ide pokok yang
ditulis benar dan
sesuai dengan
bacaan
Hampir
keseluruhan
ide pokok yang
ditulis benar dan sesuai dengan bacaan.
Sebagian besar ide pokok yang
ditulis benar dan sesuai dengan bacaan
Sebagian kecil
ide pokok yang
ditulis benar dan
sesuai dengan
bacaan


H.      Sumber dan Media
1.      Buku, teks bacaan
2.      Buku, teks bacaan organ gerak hewan dan manusia, gambar tentang organ gerak hewan dan manusia



Mengetahui,
Kepala SD Negeri 3 Beureunuen



CHAIRUNNISA, S.Pd
NIP. 19700312 199402 2 002

Beureunuen, …, …………..,  2017
Guru Kelas V A



NURAINI YAHYA, S.Pd
NIP: 19621231 198309 2 003


Lembar Kerja Siswa
(LKS)


Berdasarkan informasi di atas, temukan ide pokok dan kalimat pengembang
dari masing-masing paragraf.


Kembangkan ide-ide pokok berikut menjadi sebuah paragraf!



 


MEDIA
TEMA 1 KELAS 5 SUB 1 PB 1 (Revisi 2017)


RPP LAINNYA:
TEMA 1 KELAS 4 SUB 1 PB 1 (Revisi 2017)

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors