Home » » TEMA 1 KELAS 4 SUB 1 PB 1 (Revisi 2017)

TEMA 1 KELAS 4 SUB 1 PB 1 (Revisi 2017)

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Tuesday, 29 August 2017



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)




Satuan Pendidikan                   : SD Negeri 3 Beureunuen
Kelas/Semester                        : 4/1
Tema 1                                    : Indahnya Kebersamaan
Sub Tema 1/ Pembelajaran       : Keberagaman Budaya Bangsaku/ 1
Alokasi Waktu                         : 1 Hari


A. KOMPETENSI INTI :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B. KOMPETENSI DASAR (KD)/ INDIKATOR
a) Bahasa Indonesia
3.1 Menunjukkan gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks lisan, tulis, atau visual.
4.1 Menata informasi yang didapat dari teks berdasarkan keterhubungan antar gagasan ke dalam kerangka tulis.
3.1.1 Mengidentifikasi gagasan pokok dan gagasan pendukung setiap paragraph dari teks tulis.
o   Mengidentifikasi gagasan pokok dan gagasan pendukung di setiap paragraf dari teks tersebut dengan mandiri.
4.1.1 Menyajikan gagasan utama dan gagasan pendukung setiap paragraf dari teks tulis dalam bentuk peta pikiran
o   Menyajikan gagasan pokok dan gagasan pendukung di setiap paragraph dari teks tersebut dalam bentuk peta pikiran dengan tepat
b) IPS
3.2 Memahami keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia.
4.2 Menceritakan keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia.
3.2.1 Mengidentifikasi keragaman budaya, etnis, dan agama dari temanteman di kelas sebagai identitas bangsa Indonesia
o   Menyebutkan keragaman budaya, etnis, dan agama dari teman-teman di kelas sebagai identitas bangsa Indonesia dengan lengkap.
4.2.1 Mengomunikasikan secara lisan dan tulisan keragaman budaya, etnis, dan agama dari teman-teman di kelas sebagai identitas bangsa Indonesia
o   Mengomunikasikan keragaman budaya, etnis, dan agama teman di kelas sebagai identitas bangsa Indonesia secara lisan dan tulisan dengan sistematis.

c) IPA
3.6 Memahami sifat-sifat bunyi dan keterkaitannya dengan indera pendengaran.
4.6 Menyajikan laporan hasil pengamatan dan/ atau percobaan tentang sifatsifat bunyi.
3.6.1 Menjelaskan cara menghasilkan bunyi.
o   Menjelaskan cara menghasilkan bunyi dari beragam benda di sekitar dengan lengkap.
4.6.1 Menyajikan laporan pengamatan tentang cara menghasilkan bunyi
o   Menyajikan laporan hasil pengamatan tentang cara menghasilkan bunyi dari beragam benda di sekitar dengan sistematis.

C.      TUJUAN PEMBELAJARAN :
1.      Setelah membaca teks tentang keragaman budaya, siswa mampu mengidentifikasi gagasan pokok dan gagasan pendukung di setiap paragraf dari teks tersebut dengan mandiri.
2.      Setelah membaca teks tentang keragaman budaya, siswa mampu menyajikan gagasan pokok dan gagasan pendukung di setiap paragraph dari teks tersebut dalam bentuk peta pikiran dengan tepat.
3.      Setelah wawancara sederhana, siswa mampu menyebutkan keragaman budaya, etnis, dan agama dari teman-teman di kelas sebagai identitas bangsa Indonesia dengan lengkap.
4.      Setelah diskusi, siswa mampu mengomunikasikan keragaman budaya, etnis, dan agama teman di kelas sebagai identitas bangsa Indonesia secara lisan dan tulisan dengan sistematis.
5.      Setelah eksplorasi, siswa mampu menjelaskan cara menghasilkan bunyi dari beragam benda di sekitar dengan lengkap.
6.      Setelah eksplorasi dan diskusi, siswa mampu menyajikan laporan hasil pengamatan tentang cara menghasilkan bunyi dari beragam benda di sekitar dengan sistematis.

D.      DESKRIPSI MATERI PELAJARAN
1.      Menemukan gagasan pokok dan pendukung dari teks tulis.
2.      Mengidentifikasi keberagaman yang ada di sekitar.
3.      Melakukan percobaan cara menghasilkan bunyi.

E.       Pendekatan
1.  Pendekatan     : Scientific
2.  Strategi            : Kooperative learning
3. Teknik             : Picture and Picture
4.  Matode            : Ceramah, tanya jawab, pemberian tugas dan diskusi

F.       KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
o   Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
o   Mengajak semua siswa berdoa.
o   Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
o   Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
o   Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
o   Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
o   Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Kayanya Negeriku”.
o   Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Sebelum memulai pembelajaran, guru menempelkan gambar seorang anak Bali yang memakai baju tradisional. Di belakang anak ada rumah tradisional Bali.
o   Guru mengajak siswa untuk mendiskusikan pakaian adat, rumah tradisional dan makanannya.
o   Guru menyampaikan kepada siswa bahwa hari ini mereka akan belajar banyak tentang budaya Indonesia.
o   Siswa diajak berdiskusi tentang Keragaman Budaya Indonesia. Guru mengajukan pertanyaan pembuka, siapa di antara kalian yang berasal dari suku Sunda, Suku Jawa, Suku Minang, dan seterusnya.
o   Siswa secara berpasangan diminta untuk saling menginformasikan tentang asal suku mereka kepada teman di sebelahnya
o   Guru melakukan penilaian terhadap satu kelompok saat mereka berdiskusi. Saat menilai, guru menggunakan rubrik. Siswa yang belum dinilai pada kesempatan ini dapat dinilai saat mereka melakukan diskusi di kesempatan lain.
o   Hasil diskusi siswa dibahas secara klasikal dan disimpulkan bersama.
o   Indonesia terdiri atas berbagai macam suku bangsa dan budaya, namun tetap dalam satu wadah Negara Kesatuan Republik
o   Indonesia (NKRI). Keragaman tersebut merupakan anugerah dari
o   Tuhan Yang Maha Esa. Kita wajib mensyukurinya.
o   Siswa kemudian dibagi menjadi beberapa kelompok kecil yang terdiri dari 3-4 siswa dalam setiap kelompok. Siswa bisa diminta untuk menghitung 1 sampai 4 secara berurutan. Setiap siswa kemudian diminta untuk membentuk kelompok berdasarkan nomor urut yang sama.
o   Guru menyampaikan kepada siswa bahwa mereka akan mendapatkan beragam informasi tentang keragaman budaya Indonesia dari teks bacaan yang akan dipelajari. Siswa kemudian diajak untuk mengamati gambar keragaman budaya yang ada di buku dan membaca teksnya dalam hati.
o   Saat siswa membaca teks, guru berkeliling kelas untuk memastikan seluruh siswa melakukan kegiatan yang dimaksud dengan tertib.
o   Siswa kemudian diminta untuk menuliskan nomor urut di sebelah kiri pada setiap paragraf.
o   Siswa dalam kelompok diminta berdiskusi untuk menjawab pertanyaan tentang isi dari paragraf satu.
o   Setiap kelompok kemudian diminta untuk membacakan hasil diskusi mereka di depan kelompok yang lain. Siswa dari kelompok lain diminta untuk memberikan masukan. Setiap siswa diminta mencatat masukan dan komentar sebagai bahan untuk perbaikan dari hasil diskusi mereka.
o   Guru juga dapat memberikan masukan kepada setiap kelompok untuk mengarahkan siswa pada jawaban yang benar.
o   Setelah semua kelompok selesai mengomunikasikan hasil diskusi, guru memberikan penguatan tentang strategi dalam menemukan isi cerita yang biasa dinamakan gagasan pokok/gagasan utama/ide utama/ide pokok/ pokok pikiran, dari suatu paragraf.
o   Siswa masih dalam kelompok diminta untuk menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung paragraf kedua.
o   Guru membimbing jalannya kerja kelompok, berjalan berkeliling dari kelompok satu ke kelompok lain untuk memastikan bahwa setiap anggota berpartisipasi aktif.
o   Setiap kelompok kemudian mengomunikasikan hasilnya kepada kelompok lainnya. Guru dan siswa dari kelompok lain dapat saling memberikan masukan untuk mendapatkan jawaban yang tepat.
o   Siswa diminta untuk menemukan gagasan utama dan gagasan pendukung dari paragraf ketiga, keempat, dan kelima dari teks yang ada di buku dan menuliskannya pada diagram yang tersedia.
o   Siswa mendapatkan penjelasan bagaimana mengisi diagram dari guru.
o   Mengisi Diagram
-          Pastikan siswa memiliki diagram.
-          Minta siswa menuliskan ‘Gagasan Pokok’ di tengah diagram.
-          Siswa diminta menemukan paling sedikut 5 gagasan pendukung untuk setiap satu gagasan pokok.
-          Siswa menuliskan setiap satu gagasan di satu kolom di sekitar gagasan utama.
o   Isi sisi bintang searah jarum jam.
o   Siswa kembali diingatkan pada kegiatan di awal pembelajaran tentang keragaman suku dari teman-teman di kelas.

Tugas wawancara
o   Setiap siswa diminta untuk mencari informasi dengan cara mewawancarai paling sedikit 8 orang teman di kelas. Informasi yang harus dicari adalah tentang daerah asal dan ciri khas dari daerah tersebut. Siswa menuliskan informasi pada tabel yang tersedia. Motivasi siswa untuk menemukan beragam suku yang berbeda dari teman-teman di kelas.
o   Guru mengawasi jalannya wawancara dan berjalan berkeliling untuk memastikan dan memotivasi siswa untuk aktif menjalankan tugasnya.
o   Guru juga memastikan siswa bersikap sopan, berbahasa santun, dan saling menghargai saat wawancara berlangsung.
o   Kegiatan wawancara ini dapat dilakukan lintas kelas untuk memperkaya informasi yang didapat siswa tentang keragaman budaya dan etnis di antara mereka.
o   Usai kegiatan wawancara, siswa kembali ke tempat duduk masingmasing untuk mendapatkan pengarahan pada tugas berikutnya.
o   Guru mengajukan pertanyaan terbuka:
-          Bagaimana sikap kalian kepada teman yang berasal dari suku yang berbeda, dan memiliki agama/kepercayaan yang berbeda?
-          Ceritakan satu pengalaman yang berkesan bersama teman yang berasal dari suku berbeda dan memiliki agama/kepercayaan yang berbeda!
o   Beberapa siswa diberikan kesempatan untuk menjawab pertanyaan tersebut.
o   Siswa kemudian secara berpasangan dapat saling menceritakan pengalaman masing-masing bersama teman yang berasal dari suku berbeda dan memiliki agama/kepercayaan yang berbeda.
o   Guru memberikan penguatan tentang pentingnya sikap saling menghargai dalam keragaman budaya, suku,dan agama, serta menjadikan keragaman tersebut sebagai identitas bangsa Indonesia.
o   Indonesia terdiri atas berbagai macam suku bangsa dan budaya, namun tetap dalam satu wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
o   Keragaman tersebut merupakan identitas bangsa Indonesia yang membuat bangsa Indonesia dikenal sebagai bangsa yang memiliki kekayaan budaya, suku, dan agama yang berbeda-beda.
o   Keragaman tersebut merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa.
o   Kita wajib mensyukurinya.
o   Wujud syukur tersebut dapat dilakukan dalam bentuk sikap saling menghargai antarsuku dan pemeluk agama/kepercayaan yang berbeda.
o   Siswa menjawab pertanyaan dan mengisi tabel tentang sikap saling menghargai yang terdapat di buku secara mandiri.
o   Guru berkeliling untuk memastikan setiap siswa mengerjakan tugasnya.
o   Guru dapat mendampingi siswa yang mendapatkan kesulitan dalam menjawab pertanyaan.
o   Siswa akan saling berbagi jawaban tentang pengalaman melaksanakan sikap saling menghargai dan contoh sikap tidak menghargai secara berpasangan bersama teman di sebelahnya.
o   Siswa dapat mendiskusikan pengalaman yang menurut mereka menarik.
o   Guru menampilkan satu alat musik tradisional dari daerah asal sekolah.
o   Guru mengajukan pertanyaan sebagai kegiatan pembuka:
-          Bagaimana cara memainkan alat musik ini sehingga dapat menghasilkan bunyi?
o   Beberapa siswadiminta membunyikan alat musik tersebut di depan kelas.
o   Minta satu/beberapa siswa untuk menjelaskan tentang cara alat music tersebut dibunyikan. (dipukul, ditiup, digoyang, dipetik, digesek, dsb.)
o   Siswa membaca teks tentang beragam alat musik tradisional yang ada di buku, kemudian mengisi tabel yang tersedia.
o   Guru berkeliling untuk memastikan setiap siswa mengerjakan tugas dengan tertib.
o   Guru dapat mendampingi siswa yang mendapatkan kesulitan dalam menjawab pertanyaan.
o   Siswa kemudian akan melakukan kegiatan eksplorasi menggunakan benda-benda yang dapat menghasilkan bunyi yang terdapat di kelas dan sekitarnya.
o   Setiap siswa diminta mengambil lima benda yang ada di kelas dan sekitarnya. Ingatkan siswa untuk memilih benda-benda yang dapat menghasilkan bunyi dengan cara yang berbeda.
o   Guru dapat menyiapkan beragam benda yang menghasilkan bunyi dengan cara berbeda, seperti peluit (ditiup) , dua tutup panci (dipukul), sendok dan botol kaca (dipukul), kantong plastik (diremas), botol plastik diisi benda-benda kecil (digoyang), dsb.
o   Jika jumlah benda terbatas, setiap siswa dapat mengambil dua benda, yang kemudian akan digunakan secara bergantian.
o   Siswa diminta untuk membunyikan benda-benda tersebut dengan cara yang berbeda.
o   Siswa mengisi tabel yang tersedia berdasarkan hasil eksplorasi.
o   Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan hasil eksplorasi.
o   Guru memberikan penguatan.
o   Siswa dibagi dalam kelompok besar yang dapat terdiri dari 8-10 siswa.
o   Siswa dapat menentukan kelompok secara mandiri berdasarkan jenis alat musik yang disukai.
o   Setiap kelompok diminta untuk menciptakan satu kombinasi bunyi dari beragam benda.
o   Siswa dalam kelompok diberikan kepercayaan untuk mengatur pembagian tugas benda-benda yang mereka telah pilih.
o   Motivasi siswa untuk dapat tertib dan bekerjasama guna menghasilkan satu kesatuan bunyi yang enak di dengar.
o   Ingatkan siswa untuk saling menghargai saat kegiatan berlangsung.
o   Guru berkeliling memastikan setiap kelompok dapat bekerjasama dengan baik.
o   Setiap kelompok dapat menampilkan hasil karya ansambel bunyi mereka secara bergantian.
o   Siswa kemudian menjawab pertanyaan yang terdapat di buku berdasarkan hasil kerjasama mereka dalam menciptakan ansambel bunyi yang enak didengar.
o   Siswa menyimpulkan kegiatan belajar.
o   Siswa melakukan refleksi dengan menjawab pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa.
o   Guru dapat menambahkan pertanyaan refleksi berdasarkan panduan yang terdapat pada lampiran di Buku Guru.

Pengayaan
o   Apabila memiliki waktu, siswa dapat memainkan ansambel bunyi mereka kepada kelas lain.

Remedial
o   Siswa yang belum terampil dalam menemukan gagasan utama dan gagasan pokok dapat diberikan contoh-contoh tambahan teks sebagai latihan tambahan. Siswa dapat dibantu oleh siswa lain yang telah sangat terampil dalam menemukan gagasan pokok dan gagasan utama.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
o  Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/ rangkuman hasil belajar selama sehari.
o  Melakukan penilaian hasil belajar
o  Melakukan repleksi
o  Menyampaikan pesan moral/belajar.
o  Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit


G.      Penilaian :
A.    Teknik Penilaian:
·         Penilaian Sikap                        : kerja sama, peduli, komunikatif
·         Penilaian Pengetahuan            : Tes tertulis
·         Penilaian Keterampilan           : Uji unjuk kerja

B.     Bentuk Instrumen Penilaian
1.      Sikap
2.      Pengetahuan
Siswa mengerjakan soal-soal latihan tertulis, Remidial, dan pengayaaan pada buku siswa.


Penilaian
1. Diskusi
Saat siswa melakukan diskusi, guru menilai mereka dengan
menggunakan rubrik.
Centang () pada bagian yang memenuhi kriteria
Aspek
Baik Sekali
4
Baik
3
Cukup
2
Perlu Bimbingan
1
Mendengarkan
Selalu
mendengarkan
teman yang
sedang berbicara
Mendengarkan
teman yang
berbicara, namun
sesekali masih
perlu diingatkan
Masih perlu
diingatkan untuk
mendengarkan
teman yang
sedang berbicara
Sering
diingatkan untuk
mendengarkan
teman yang
sedang berbicara
namun tidak
mengindahkan
Komunikasi non
verbal (kontak
mata, bahasa
tubuh, postur,
ekspresi wajah,
suara)
Merespon dan
menerapkan
komunikasi non
verbal dengan
tepat.
Merespon dengan
tepat terhadap
komunikasi
non verbal yang
ditunjukkan
teman
Sering merespon
kurang tepat
terhadap
komunikasi
non verbal yang
ditunjukkan
teman
Membutuhkan
bantuan dalam
memahami
bentuk
komunikasi
non verbal yang
ditunjukkan
teman.
Partisipasi
(menyampaikan
ide, perasaan,
pikiran)
Isi pembicaraan
menginspirasi
teman. Selalu
mendukung
dan memimpin
teman lainnya
saat diskusi
Berbicara dan
menerangkan
secara rinci,
merespon sesuai
dengan topik.
Berbicara dan
menerangkan
secara
rinci,namun
terkadang
merespon kurang
sesuai dengan
topik.
Jarang berbicara
selama
proses diksusi
berlangsung.

2. Bahasa Indonesia
Tugas siswa menemukan gagasan pokok dan gagasan utama dari setiap
paragraf dinilai menggunakan rubrik
Aspek
Baik Sekali
4
Baik
3
Cukup
2
Perlu Bimbingan
1
Gagasan pokok
Menemukan
gagasan pokok
pada semua
paragraf dengan
benar.
Menemukan
sebagian besar
gagasan pokok
pada semua
paragraf dengan
benar.
Menemukan
sebagian kecil
gagasan pokok
pada semua
paragraf dengan
benar.
Belum dapat
menemukan
gagsan pokok
Gagasan
pendukung
Menemukan
gagasan
pendukung pada
semua paragraf
dengan benar
Menemukan
sebagian
besar gagasan
pendukung pada
semua paragraf
dengan benar
Menemukan
sebagian
kecil gagasan
pendukung pada
semua paragraf
dengan benar.
Belum dapat
menemukan
gagasan
pendukung
Penyajian
gagasan pokok
dan gagasan
pendukukung
dalam peta
pikiran.
Isi pembicaraan
menginspirasi
teman. Selalu
mendukung
dan memimpin
teman lainnya
saat diskusi.
Menyajikan
gagasan pokok
dan gagasan
pendukung
dalam peta
pikiran dengan
tepat
Menyajikan
sebagian kecil
gagasan pokok
dan gagasan
pendukung
dalam peta
pikiran dengan
tepat.
Belum dapat
menyajikan
gagasan pokok
dan gagasan
pendukung
dalam peta
pikiran.
Sikap: Mandiri
Sebagian
besar tugas
diselesaikan
dengan mandiri.
Tugas
diselesaikan
dengan motivasi
dan bimbingan
guru.
Tugas
diselesaikan
dengan motivasi
dan bimbingan
guru
Belum dapat
menyeselesaikan
tugas meski
telah diberikan
motivasi dan
bimbingan

3. IPS
a. Tugas siswa menemukan dan menuliskan informasi tentang
keragaman budaya, serta mengomunikasikannya dinilai menggunakan
rubrik.
Aspek
Baik Sekali
4
Baik
3
Cukup
2
Perlu Bimbingan
1
Informasi tentang
keragaman
budaya, etnis,
dan agama.
Menuliskan
informasi tentang
keragaman
budaya, etnis,
dan agama
teman-teman
di kelas berdasarkan
hasil wawancara
dengan lengkap.
Menuliskan
sebagian besar
informasi tentang
keragaman
budaya, etnis,
dan agama
teman-teman
di kelas
berdasarkan
hasil wawancara
cukup lengkap
Menuliskan
sebagian kecil
informasi tentang
keragaman
budaya, etnis,
dan agama
teman-teman
di kelas
berdasarkan
hasil wawancara
kurang lengkap
Belum dapat
menuliskan
informasi tentang
keragaman
budaya, etnis,
dan agama
teman-teman
di kelas
berdasarkan hasil
wawancara.
Komunikasi
lisan tentang
keragaman
budaya, etnis,
dan agama.
Mengomunikasikan
secara lisan tentang
keragaman
budaya, etnis,
dan agama
teman-teman
berdasarkan
hasil wawancara
dengan sistematis
Mengomunikasikan secara lisan
sebagian besar
keragaman
budaya, etnis,
dan agama
teman-teman
berdasarkan
hasil wawancara
cukup sistematis
Mengomunikasikan secara lisan
sebagian kecil
keragaman
budaya, etnis,
dan agama
teman-teman
berdasarkan
hasil wawancara
kurang sistematis
Belum dapat
Mengomunikasikan secara lisan
tentang
keragaman
budaya, etnis,
dan agama
teman-teman
berdasarkan hasil
wawancara.
Sikap kerjasama
Menunjukkan
sikap kerjasama
dengan semua
teman secara
konsisten.
Menunjukkan
sikap kerjasama
dengan semua
teman namun
belum konsisten
Menunjukkan
sikap kerjasama
hanya dengan
beberapa teman
Perlu dimotivasi
untuk dapat
bekerjasama
Santun
dan saling
menghargai
Menunjukkan
sikap santun
dan saling
menghargai
dengan semua
teman secara
konsisten.
Menunjukkan
sikap santun
dan saling
menghargai
dengan semua
teman namun
belum konsisten
Menunjukkan
sikap santun
dan saling
menghargai
hanya dengan
beberapa teman
Perlu dimotivasi
untuk bersikap
santun dan saling
menghargai
dengan semua
teman.

4. IPA
a. Tugas siswa menjelaskan dan menyajikan laporan pengamatan tentang
cara menghasilkan bunyi dinilai menggunakan rubrik.
Aspek
Baik Sekali
4
Baik
3
Cukup
2
Perlu Bimbingan
1
Cara
menghasilkan
bunyi.
Menjelaskan cara
menghasilkan
bunyi dari
semua benda
berdasarkan
hasil eksplorasi
dengan lengkap.
Menjelaskan cara menghasilkan
bunyi dari
sebagian besar benda berdasarkan hasil eksplorasi cukup lengkap.
Menjelaskan cara menghasilkan
bunyi dari
sebagian kecil benda berdasarkan hasil eksplorasi kurang lengkap.
Belum dapat
menemukan
menjelaskan cara
menghasilkan
bunyi dari benda
berdasarkan hasil
eksplorasi
Laporan
pengamatan
tentang cara
menghasilkan
bunyi
Menyajikan
laporan
pengamatan
tentang cara
menghasilkan
bunyi dari
semua benda
berdasarkan
hasil eksplorasi
dengan
sistematis.
Menyajikan
laporan
pengamatan
tentang cara
menghasilkan
bunyi dari
sebagian
besar benda
berdasarkan hasil eksplorasi cukup sistematis
Menyajikan
laporan
pengamatan
tentang cara
menghasilkan
bunyi dari
sebagian
kecil benda
berdasarkan hasil eksplorasi kurang sistematis
Belum dapat
menyajikan
laporan
pengamatan
tentang cara
menghasilkan
bunyi dari benda
berdasarkan hasil
eksplorasi
Sikap rasa ingin tahu.
Tampak antusias
dan mengajukan
banyak ide dan
pertanyaan
selama kegiatan.
Tampak cukup
antusias dan
terkadang
mengajukan ide
dan pertanyaan
selama kegiatan
Tampak kurang
Antusias dan tidak mengajukan ide
dan pertanyaan
selama kegiatan
Tidak tampak
antusias
dan perlu
dimotivasi untuk
mengajukan ide
dan pertanyaan.

b. Percobaan IPA dinilai menggunakan rubrik.
Aspek
Baik Sekali
4
Baik
3
Cukup
2
Perlu Bimbingan
1
Penerapan
Konsep
Memperlihatkan
pemahaman
konsep dengan
menunjukkan
bukti
pendukung dan
menyampaikan
pemahaman inti
dari konsep yang
sedang dipelajari
dengan benar.
Memperlihatkan
pemahaman
konsep dengan
menunjukkan
bukti pendukung
namun perlubantuan
saat menyampaikan
pemahaman inti
dari konsep yang yang sedang dipelajari.
Memperlihatkan
pemahaman
konsep dengan
menunjukkan
bukti yang
terbatas dan
penyampaian
pemahaman inti
dari konsep tidak
jelas.
Perlu
bimbingan saat
menyampaikan
bukti dan
pemahaman inti
dari konsep yang
dipelajari
Komunikasi
Hasil percobaan
disampaikan
dengan jelas,
obyektif dengan
didukung data
penunjang.
Hasil percobaan
disampaikan
dengan jelas
dan didukung
sebagian data
penunjang
Hasil percobaan
disampaikan
denga njelas
namun hanya
didukung
sebagian kecil
data penunjang
Hasil percobaan
disampaikan
dengan kurang
jelas dan tanpa
data penunjang
Prosedur dan
Strategi
Seluruh data
dicatat, langkah
kegiatan
dilakukan secara
sistematis dan
strategi yang
digunakan
membuat
percobaan
berhasil.
Seluruh data
dicatat, langkah
kegiatan
dilakukan secara
sistematis
namun masih
membutuhkan
bimbingan dalam menemukan
strategi agar
percobaan
berhasil
Sebagian besar
data dicatat,
langkah kegiatan
dan strategi
dilakukan secara
sistematis
setelah
mendapat
bantuan guru.
Sebagian kecil
data dicatat,
langkah kegiatan
tidak sistematis
dan strategi
yang dipilih tidak
tepat.

5. Catatan Anekdot untuk mencatat sikap (Disiplin)
(Contoh terlampir di bagian lampiran Buku Guru).

H.      Sumber dan Media
1.      Buku, teks bacaan
2.      Teman-teman di sekolah sebagai narasumber kegiatan wawancara.
3.      Alat musik tradisional daerah masing-masing.
4.      Beragam benda di kelas dan sekitarnya



Mengetahui,
Kepala SD Negeri 3 Beureunuen



CHAIRUNNISA, S.Pd
NIP. 19700312 199402 2 002

Beureunuen, …, …………..,  2017
Guru Kelas IV B



MISRIATI, A.Ma.Pd
NIP: 19650103 198610 2 001
Lembar Kerja Siswa
(LKS)

Tulislah nama alat musik tradisional lain yang kamu ketahui. Jelaskan asal
alat musik itu, cara memainkannya, serta cara terjadinya bunyi pada alat
musik tersebut!

No
Alat Musik
Daerah Asal

Cara Memainkan dan Cara
Menghasilkan Bunyi

1.
Suling
Jawa Barat
Alat tersebut dimainkan
dengan cara ditiup sehingga
menimbulkan getaran udara
dalam suling, getaran tersebut menghasilkan bunyi

2.










3.










4.











5.
















Lembar Kerja Siswa
(LKS)


Sekarang tuliskan pada kolom berikut apa yang telah kamu lakukan untuk menghargai perbedaan yang ada!
No
Sikap Menghargai Keberagaman
1
Bermain bersama dengan teman yang berlainan agama.
2

3

4

5


Kamu juga bisa menuliskan contoh-contoh sikap tidak menghargai
keberagaman yang kamu ketahui.
No
Sikap tidak Menghargai Keberagaman
1
Bermain hanya dengan teman yang satu suku bangsa..
2

3

4

5



Tukarkan hasil pikiranmu dengan teman di sebelahmu. Diskusikan hal-hal
yang berbeda dan yang menarik bagimu.
................................................................................................................................................... 
...................................................................................................................................................  ................................................................................................................................................... ................................................................................................................................................... 
...................................................................................................................................................  ................................................................................................................................................... ................................................................................................................................................... ................................................................................................................................................... ................................................................................................................................................... ................................................................................................................................................... ................................................................................................................................................... 


MEDIA
TEMA 1 KELAS 4 SUB 1 PB 1 (Revisi 2017)





TEMA 1 KELAS 4 SUB 1 PB 1 (Revisi 2017)


RPP Lainnya:
TEMA 2 KELAS 4 SUB 1 PB 1 (Revisi 2017)

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors