Home » » TEMA 2 KELAS 4 SUB 1 PB 1 (Revisi 2017)

TEMA 2 KELAS 4 SUB 1 PB 1 (Revisi 2017)

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Saturday, 26 August 2017



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)




Satuan Pendidikan                   : SD Negeri 3 Beureunuen
Kelas/Semester                       : 4/1
Tema 2                                    : Selalu Berhemat Energi
Sub Tema 1/ Pembelajaran      : Sumber Energi/ 1
Alokasi Waktu                         : 1 Hari


A. KOMPETENSI INTI :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B. KOMPETENSI DASAR (KD)/ INDIKATOR
a) Bahasa Indonesia
3.2 Mencermati keterhubungan antargagasan yang didapat dari teks lisan, tulis, atau visual.
·         Mengidentifikasi gambar gambar dari teks visual yang diamati dengan terperinci.
4.2 Menyajikan hasil pengamatan tentang keterhubungan antargagasan ke dalam tulisan.
·         Menuliskan gagasan pokok dari teks visual yang diamati dengan terperinci.

b) IPA
3.5 Mengidentifikasi berbagai sumber energi, perubahan bentuk energi, dan sumber energi alternatif (angin, air, matahari, panas bumi, bahan bakar organik, dan nuklir) dalam kehidupan sehari-hari.
·         Menjelaskan manfaat energi matahari dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat.
4.5 Menyajikan laporan hasil pengamatan dan penelusuran informasi tentang berbagai  perubahan bentuk energi.
·         Menyajikan laporan hasil pengamatan tentang perubahan bentuk energi matahari dalam kehidupan dengan sistematis.

c) IPS
3.2 Mencermati keterhubungan antargagasan yang didapat dari teks lisan, tulis, atau visual.
·         Mengidentifikasi sumber daya alam dan pemanfaatannya dengan tepat.
4.2 Menyajikan hasil pengamatan tentang keterhubungan antargagasan ke dalam tulisan.
·         Menyajikan hasil identifikasi sumber daya alam dan pemanfaatannya dalam bentuk tulisan dengan sistematis.

C.      TUJUAN PEMBELAJARAN :
1.      Setelah mengamati teks visual, siswa mampu mengidentifikasi gambar gambar dari teks visual yang diamati dengan terperinci.
2.      Setelah mengamati teks visual, siswa mampu menuliskan gagasan pokok dari teks visual yang diamati dengan terperinci.
3.      Dengan percobaan, siswa mampu menjelaskan manfaat energi matahari dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat.
4.      Setelah percobaan, siswa mampu menyajikan laporan hasil pengamatan tentang perubahan bentuk energi matahari dalam kehidupan dengan sistematis.
5.      Dengan diskusi dan pemecahan masalah, siswa mampu mengidentifikasi sumber daya alam dan pemanfaatannya dengan tepat.
6.      Dengan diskusi dan pemecahan masalah, siswa mampu menyajikan hasil identifikasi sumber daya alam dan pemanfaatannya dalam bentuk tulisan dengan sistematis.

D.      DESKRIPSI MATERI PELAJARAN
1.      Melakukan percobaan
2.      Menemukan gagasan pokok dan pendukung dari teks visual
3.      Mendiskusikan pentingnya memanfaatkan sumber daya alam secara bijak

E.       Pendekatan
1.  Pendekatan     : Scientific
2.  Strategi            : Kooperative learning
3. Teknik             : Picture and Picture
4.  Matode            : Ceramah, tanya jawab, pemberian tugas dan diskusi

F.       KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
o   Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
o   Mengajak semua siswa berdoa.
o   Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
o   Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
o   Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
o   Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
o   Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “selalu berhemat energi”.
o   Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.

15 menit
B.Kegiatan Inti
§  Siswa duduk secara berkelompok. Satu kelompok terdiri dari 5 siswa.
§  Siswa mengamati teks visual yang ada di buku siswa.
§  Guru menanyakan (gambar apa saja yang kamu amati?)
§  Setiap kelompok mendikusikan pertanyaan berikut.
o   Apa yang diceritakan gambar tersebut?
o   Sebutkan peristiwa pada gambar yang mendukung alasanmu!
§  Setiap kelompok akan menyampaikan jawabannya kepada kelompok sebelahnya.
§  Guru akan membahas satu persatu gambar di depan kelas. Guru bisa menunjuk siswa untuk menyampaikan jawabannya.
§  Secara individu siswa akan menuliskan gagasan pokok dari gambar yang telah diamatinya. Siswa akan menukar jawabannya kepada teman sebelahnya.

Penilaian 1
§  Sebagai pengantar untuk materi pemanfaatan matahari, guru membawa satu jenis tumbuhan dan memperlihatkan kepada siswa. Minta siswa untuk mengamati tumbuhan tersebut dengan teliti.
§  Siswa juga kemudian diminta untuk mengamati terangnya cuaca di pagi/siang hari dari kaca jendela kelas.

Guru mengajukan pertanyaan:
§  Bagaimana hubungan antara matahari dengan tumbuhan?
§  Bagaimana tumbuhan dapat tumbuh besar dan berkembang biak?
§  Apa peranan matahari bagi kehidupan tumbuhan?
§  Siswa yang mengangkat tangan diminta untuk menjawab pertanyaan yang diajukan.
o   Kegiatan ini bertujuan untuk menarik minat siswa pada materi yang akan dipelajari, yaitu manfaat matahari bagi kehidupan.
o   Akan lebih baik lagi jika tumbuhan yang diperlihatkan adalah rumpun jagung lengkap dengan buahnya karena akan digunakan sebagai bahan observasi siswa pada kegiatan berikutnya. Guru dapat menggunakan tumbuhan lain jika sulit mendapatkan rumpun jagung.
o   Ajukan pertanyaan-pertanyaan terbuka guna memicu siswa untuk berpikir secara kritis, dan menggiring siswa untuk mulai memahami materi.
§  Siswa mendiskusikan jawaban bersama guru secara klasikal.
§  Guru memberikan penguatan.
§  Siswa kemudian mengamati gambar tentang peran matahari bagi kehidupan di Bumi. Ingatkan siswa untuk mengamati dengan teliti setiap detail pada gambar tersebut
§  Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan gambar.
§  Siswa juga diminta untuk mengilustrasikan tentang manfaat lain matahari selain yang telah tertera pada gambar.
§  Siswa kemudian diminta untuk mengubah gambar mereka ke dalam bentuk tulisan/cerita.
§  Siswa diingatkan kembali tentang manfaat panas matahari yaitu menguapkan zat cair yang terdapat di Bumi.
§  Siswa digiring untuk dapat berpikir secara luas, dalam, dan kritis untuk dapat memahami hubungan antara matahari dengan kehidupan di Bumi.
§  Siswa melakukan percobaan untuk membuktikan penguapan zat cair oleh panas matahari, berdasarkan instruksi yang terdapat di buku.

o   Guru dapat menyiapkan alat dan bahan untuk percobaan.
o   Untuk meningkatkan tanggung jawab, siswa dalam setiap kelompok dapat
o   diminta untuk menyiapkan sendiri alat dan bahan. Berikan kepercayaan pada siswa untuk mengatur pembagian tugas pada anggotanya secara mandiri.
o   Siswa dapat dibagi kedalam beberapa kelompok kecil beranggotakan 3-5 orang. Tujuan pembagian kelompok kecil ini adalah untuk meningkatkan tanggung jawab siswa dan menghindari adanya siswa yang menjadi kurang aktif karena kemudian bergantung pada teman yang lain.
o   Guru berkeliling ke setiap kelompok untuk memastikan siswa berperan aktif dan tertib menjalankan tugasnya.
§  Saat menunggu proses percobaan, siswa mengerjakan tugas membaca senyap teks pendek “Kisah Ali Si Biji Energi” yang terdapat di buku.
§  Siswa kemudian menuliskan manfaat matahari bagi kehidupan di Bumi dalam bentuk peta pikiran.
§  Siswa dibebaskan untuk membuat peta pikiran mereka dalam bentuk tulisan maupun gambar.
o   Peta Pikiran siswa diperiksa guru menggunakan rubrik (penilaian 2)

o   Guru memberikan tantangan pada siswa untuk menemukan sebanyak mungkin manfaat matahari. Jika diperlukan, guru dapat menyiapkan lembaran kertas
o   HVS sehingga siswa dapat lebih leluasa menuangkan ide-ide mereka.
o   Siswa juga dimotivasi untuk membuat peta pikiran secara rapi dan menarik.
o   Peta pikiran siswa dapat dipajang di kelas sebagai sumber belajar bagi siswa lainnya. contoh peta pikiran yang diharapkan dapat dimunculkan oleh siswa:

 

§  Siswa dalam kelompok kemudian melanjutkan pengamatan hasil percobaan tentang pengaruh panas matahari pada zat cair di Bumi.
§  Siswa menuliskan 4 pengaruh panas matahari pada objek benda berdasarkan hasil percobaan.
§  Siswa menuliskan proses dan hasil percobaan dalam bentuk laporan.
o   Tulisan Laporan siswa diperiksa guru menggunakan rubrik (penilaian 2)
§  Siswa mengamati gambar jagung bakar yang terdapat di buku.
§  Siswa secara berpasangan dengan teman di sebelah kemudian mendiskusikan pertanyaan bacaan terkait materi tentang ketersediaan sumber daya alam.
o   Sikap siswa saat diskusi dinilai menggunakan rubrik (penilaian 3b ) Tugas Mandiri:
§  Siswa membaca senyap teks tentang jenis-jenis sumber daya alam.
§  Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan teks, dan menuliskannya di buku.
§  Siswa secara berpasangan mendiskusikan jawaban mereka.
§  Guru memberikan penguatan
o   Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan bacaan, dan menuliskannya di buku.
§  Siswa mendiskusikan jawaban bersama teman.
§  Siswa kembali diminta untuk menggambarkan penggunaan salah satu sumber daya alam yang patut dicontoh. Gambar mereka harus memuat kegiatan ekonomi yang menggunakan salah satu sumber daya alam dan usaha menjaga keberadaannya.
§  Siswa saling menyampaikan gambar mereka kepada seorang teman untuk diberikan masukan.
§  Siswa kemudian menjelaskan gambar mereka dalam bentuk tulisan.
§  Tulisan yang dibuat harus memuat sumber daya alam yang dipilih dan yang diperjualbelikan, serta contoh-contoh kegiatan untuk menjaga kelestariannya.
o   Isi tulisan siswa diperiksa guru menggunakan rubrik (penilaian 3a)
o   Gambar dan tulisan/cerita siswa diperiksa guru menggunakan rubrik (penilaian 1)
§  Siswa melakukan perenungan dengan menjawab pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa.
§  Guru dapat menambahkan pertanyaan perenungan berdasarkan panduan yang terdapat pada lampiran pertama, Buku Guru.

Pengayaan
o   Apabila memiliki waktu, siswa dapat menggunakan beragam benda lainnya saat melakukan percobaan IPA, atau mencoba jenis percobaan lain untuk membuktikan proses penguapan oleh panas matahari.

Remedial
o   Bagi siswa yang belum terampil menuangkan instruksi tertulis ke dalam bentuk gambar, dan sebaliknya, akan diberikan pendampingan oleh guru.
o   Siswa tersebut dapat diberikan tugas rumah terkait materi.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
o  Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/ rangkuman hasil belajar selama sehari.
o  Melakukan penilaian hasil belajar
o  Melakukan repleksi
o  Menyampaikan pesan moral/belajar.
o  Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

G.      Penilaian :
A.    Teknik Penilaian:
·         Penilaian Sikap                        : kerja sama, peduli, komunikatif
·         Penilaian Pengetahuan            : Tes tertulis
·         Penilaian Keterampilan           : Uji unjuk kerja

B.     Bentuk Instrumen Penilaian
1.      Sikap
2.      Pengetahuan
Siswa mengerjakan soal-soal latihan tertulis, Remidial, dan pengayaaan pada buku siswa.

Penilaian
1. Bahasa Indonesia
Teks visual
Beri tanda centang () sesuai pencapaian siswa.
Kriteria
Baik Sekali
4
Baik
3
Cukup
2
Perlu Bimbingan
1
Mengidentifikasi gambar
Mengidentifikasi
semua gambar
dengan cermat.
Mengidentifikasi sebagian besar gambar dengan cermat.
Mengidentifikasi sebagian
Gambar dengan
cermat.
Mengidentifikasi
sebagian kecil
gambar dengan
cermat.
Gagasan pokok
Terdapat kesesuaian isi antara teks visual dan gagasan pokok yang dituliskan
Gagasan pokoh
ditulis dengan
didukung oleh
fakta terperinci.
Gagasan pokok sesuai dengan
isi teks visual
meskipun ditulis dengan kurang terperin ci
Gagasan pokok
pokok cukup
sesuai dan kurang
terperinci.
Gagasan pokok
kurang tepat.
Kosakata Baku
Menggunakan
kosakata baku
dalam semua
pertanyaan.
Menggunakan
kosakata baku
dalam sebagian
besar pertanyaan.
Menggunakan kosakata baku dalam sebagian
Kecil pertanyaan
Belum mampu
menggunakan
kosakata baku
dalam pertanyaan
Kalimat Efektif
Menggunakan
kalimat efektif
dalam semua
pertanyaan.
Menggunakan
kalimat efektif
dalam sebagian
besar pertanyaan.
Menggunakan
kalimat efektif
dalam sebagian
kecil pertanyaan
Belum mampu
menggunakan
kalimat efektif
dalam semua
pertanyaan.
Sikap:
Mandiri
Tugas diselesaikan
dengan
mandiri.
Sebagian besar
tugas diselesaikan
dengan mandiri
Tugas
diselesaikan
dengan motivasi
dan bimbingan
guru.
Belum dapat
menyeselesaikan
tugas meski telah
diberikan motivasi
dan bimbingan.

2. IPA
Peta Pikiran dan Laporan Hasil Percobaan siswa diperiksa menggunakan
rubrik.
Beri tanda centang () sesuai pencapaian siswa
Aspek
Baik Sekali
4
Baik
3
Cukup
2
Perlu Bimbingan
1
Manfaat energi
matahari dalam
kehidupan seharihari.
Menjelaskan 10
manfaat energi
matahari dalam
kehidupan seharihari
dengan tepat
Menjelaskan 5-9 manfaat energi
matahari dalam kehidupan
sehari-hari
dengan tepat.
Menjelaskan 3-4 manfaat energi
matahari dalam
kehidupan
sehari-hari
dengan tepat
Menjelaskan 1-2
manfaat energi
matahari dalam
kehidupan seharihari
dengan tepat
Laporan hasil
pengamatan
tentang
perubahan bentuk
energi matahari.
Mampu
menyajikan
laporan hasil
pengamatan
tentang
perubahan bentuk
energi matahari
dengan tepat.
Mampu
menyajikan
laporan hasil
pengamatan
tentang
perubahan bentuk energi matahari dengan cukup
tepat.
Mampu
menyajikan
laporan hasil
pengamatan
tentang
perubahan bentuk
energi matahari
dengan kurang
tepat.
Belum mampu
menyajikan
laporan hasil
pengamatan
tentang
perubahan bentuk
energi matahari
dengan tepat.
Sikap Rasa
Ingin Tahu
Tampak antusias
dan mengajukan
banyak ide dan
pertanyaan
selama kegiatan
Tampak cukup
antusias dan
terkadang
mengajukan ide
dan pertanyaan
selama kegiatan.
Tampak kurang
antusias dan tidak
mengajukan ide
dan pertanyaan
selama kegiatan
Tidak tampak
antusias dan perlu
dimotivasi untuk
mengajukan ide
dan pertanyaan.

Catatan: penghitungan nilai lihat contoh penilaian halaman lain

3. IPS
a. Tugas siswa menemukan dan menuliskan informasi tentang
karakteristik bentang alam: pantai, dataran rendah, dan dataran tinggi,
dinilai menggunakan rubrik.
Beri tanda centang () sesuai pencapaian siswa.
Aspek
Baik Sekali
4
Baik
3
Cukup
2
Perlu Bimbingan
1
Penyajian hasil
identifikasi
sumber daya
alam dan
pemanfaatannya
dalam bentuk
tulisan.
Mampu
menyajikan
hasil identifikasi
sumber daya
alam dan
pemanfaatannya
dalam bentuk
tulisan dengan
sistematis.
Mampu
menyajikan
hasil identifikasi
sumber daya
alam dan
pemanfaatannya
dalam bentuk
tulisan dengan
cukup
sistematis.
Mampu
menyajikan
hasil identifikasi
sumber daya alam
dan
pemanfaatannya
dalam bentuk
tulisan dengan
kurang sistematis.
Belum mampu
menyajikan
hasil identifikasi
sumber daya
alam dan
pemanfaatannya
dalam bentuk
tulisan dengan
sistematis.
Sikap
Peduli
Peduli terhadap
keberadaan
sumber daya alam
Indonesia secara
konsisten
Cukup peduli
terhadap
keberadaan
sumber daya alam
Indonesia.
Kurang peduli
terhadap
keberadaan
sumber daya alam
Indonesia.
Belum
menunjukkan
kepedulian
terhadap
keberadaan
sumber daya
alam.
Sikap
Tanggung Jawab
Bertangung
jawab terhadap
tugas-tugas
secara konsisten
Cukup bertangung
jawab
terhadap tugastugas
secara
konsisten.
Kurang bertangung
jawab
terhadap tugastugas
secara
konsisten.
Belum
bertangung
jawab terhadap
tugas-tugas
secara konsisten

b. Sikap siswa saat melakukan diskusi pemecahan masalah dinilai
menggunakan rubrik.
Beri tanda centang () sesuai pencapaian siswa
Aspek
Baik Sekali
4
Baik
3
Cukup
2
Perlu Bimbingan
1
Komunikasi
non verbal
(kontak mata,
bahasa tubuh,
postur, ekspresi
wajah, suara).
Merespon dan
menerapkan
komunikasi
nonverbal dengan
tepat.
Merespon dengan
tepat terhadap
komunikasi
nonverbal yang
ditunjukkan
teman.
Sering merespon
kurang tepat
terhadap
komunikasi
nonverbal yang
ditunjukkan
teman.
Membutuhkan
bantuan dalam
memahami
bentuk
komunikasi
nonverbal yang
ditunjukkan
teman
Partisipasi
(menyampaikan
ide, perasaan,
pikiran).
Isi pembicaraan
menginspirasi
teman. Selalu
mendukung
dan memimpin
lainnya saat
diskusi.
Berbicara dan
menerangkan
secara rinci,
merespon sesuai
dengan topik
Berbicara dan
menerangkan
secara rinci,
namun terkadang
merespons kurang
sesuai dengan
topik.
Jarang berbicara
selama
proses diksusi
berlangsung

5. Catatan Anekdot untuk mencatat sikap (Disiplin)
(Contoh terlampir di bagian lampiran Buku Guru).

H.      Sumber dan Media
         Tanaman jagung atau tanaman jenis lainnya.
         Kertas, tissue, kain untuk percobaan IPA.



Mengetahui,
Kepala SD Negeri 3 Beureunuen



CHAIRUNNISA, S.Pd
NIP. 19700312 199402 2 002

Beureunuen, …, …………..,  2017
Guru Kelas IV A



NURLAILI, S.Pd
NIP: 19700505 200801 2 002




Lembar Kerja Siswa
(LKS)





1.     Apa yang diceritakan gambar tersebut?
.....................................................................................................................................................
.....................................................................................................................................................
2.     Berdasarkan gambar, dapatkah kamu menyebutkan apa saja manfaat matahari bagi keluarga tersebut? Mengapa demikian? Kemukakan alasanmu!

..................................................................................................................................................... 
.....................................................................................................................................................

 
3.     Apakah kamu dapat menyebutkan contoh kegiatan lain tentang manfaa matahari bagi kehidupan kita sehari-hari?

..................................................................................................................................................... 
.....................................................................................................................................................

 
4.     Buatlah tulisan dengan menggunakan jawaban-jawabanmu di atas!


..................................................................................................................................................... 
.....................................................................................................................................................







Lembar Kerja Siswa
(LKS)


TEMA 2 KELAS 4 SUB 1 PB 1 (Revisi 2017)



Sekarang, temukan sebanyak-banyaknya manfaat energi matahari bagi makhluk hidup dalam bentuk peta pikiran di bawah ini! Sertakan gambar agar lebih menarik.       
TEMA 2 KELAS 4 SUB 1 PB 1 (Revisi 2017)


MEDIA
TEMA 2 KELAS 4 SUB 1 PB 1 (Revisi 2017)

TEMA 2 KELAS 4 SUB 1 PB 1 (Revisi 2017)RPP lainnya:
    TEMA 1 KELAS 4 SUB 2 PB 1 (Revisi 2017)

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors