RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 3 Beureunuen
Kelas/Semester : 4/1
Tema 2 :
Selalu Berhemat Energi
Sub
Tema 1/ Pembelajaran : Sumber Energi/ 1
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
KOMPETENSI INTI :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman,
guru dan tetangga
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang
jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR (KD)/ INDIKATOR
a) Bahasa Indonesia
3.2 Mencermati keterhubungan antargagasan yang didapat dari teks lisan, tulis, atau visual.
·
Mengidentifikasi gambar gambar dari teks visual yang diamati dengan
terperinci.
4.2 Menyajikan hasil pengamatan tentang keterhubungan antargagasan ke dalam tulisan.
·
Menuliskan gagasan pokok dari teks visual yang diamati dengan
terperinci.
b) IPA
3.5 Mengidentifikasi berbagai sumber energi, perubahan bentuk energi, dan sumber energi alternatif (angin, air, matahari, panas bumi, bahan bakar organik, dan nuklir) dalam kehidupan sehari-hari.
·
Menjelaskan manfaat energi matahari dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat.
4.5 Menyajikan laporan hasil pengamatan dan penelusuran informasi tentang berbagai perubahan
bentuk energi.
·
Menyajikan laporan hasil pengamatan tentang perubahan bentuk energi matahari
dalam kehidupan dengan sistematis.
c) IPS
3.2 Mencermati keterhubungan antargagasan yang didapat dari teks lisan, tulis, atau visual.
·
Mengidentifikasi sumber daya alam dan pemanfaatannya dengan
tepat.
4.2 Menyajikan hasil pengamatan tentang keterhubungan antargagasan ke dalam tulisan.
·
Menyajikan hasil identifikasi sumber daya alam dan
pemanfaatannya dalam bentuk tulisan dengan
sistematis.
C.
TUJUAN PEMBELAJARAN :
1. Setelah
mengamati teks visual, siswa mampu mengidentifikasi gambar gambar dari teks visual yang diamati dengan
terperinci.
2. Setelah
mengamati teks visual, siswa mampu menuliskan gagasan pokok dari teks visual yang diamati dengan
terperinci.
3. Dengan
percobaan, siswa mampu menjelaskan manfaat energi matahari dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat.
4. Setelah
percobaan, siswa mampu menyajikan laporan hasil pengamatan tentang perubahan bentuk energi matahari
dalam kehidupan dengan sistematis.
5. Dengan
diskusi dan pemecahan masalah, siswa mampu mengidentifikasi sumber daya alam dan pemanfaatannya dengan
tepat.
6. Dengan
diskusi dan pemecahan masalah, siswa mampu menyajikan hasil identifikasi sumber daya alam dan
pemanfaatannya dalam bentuk tulisan dengan
sistematis.
D. DESKRIPSI MATERI
PELAJARAN
1.
Melakukan percobaan
2.
Menemukan gagasan
pokok dan pendukung dari teks visual
3.
Mendiskusikan
pentingnya memanfaatkan sumber daya alam secara bijak
E.
Pendekatan
1. Pendekatan :
Scientific
2.
Strategi :
Kooperative learning
3.
Teknik : Picture and
Picture
4. Matode :
Ceramah, tanya jawab,
pemberian tugas dan diskusi
F.
KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
o Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
o Mengajak semua siswa berdoa.
o
Pada awal pelajaran, guru
menempel gambar di depan kelas
o
Tanya
jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
o
Kemudian,
siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
o
Melakukan
apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang
sekarang diajarkan.
o
Menginformasikan
tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “selalu berhemat energi”.
o
Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
§ Siswa
duduk secara berkelompok. Satu kelompok
terdiri dari 5 siswa.
§ Siswa
mengamati teks visual yang ada di buku
siswa.
§ Guru
menanyakan (gambar apa saja yang kamu
amati?)
§ Setiap
kelompok mendikusikan pertanyaan
berikut.
o Apa yang diceritakan gambar
tersebut?
o
Sebutkan
peristiwa pada gambar yang mendukung alasanmu!
§ Setiap
kelompok akan menyampaikan jawabannya kepada kelompok sebelahnya.
§ Guru akan
membahas satu persatu gambar di depan kelas. Guru bisa menunjuk siswa untuk menyampaikan
jawabannya.
§ Secara
individu siswa akan menuliskan gagasan pokok dari gambar yang telah diamatinya. Siswa akan
menukar jawabannya kepada teman sebelahnya.
Penilaian
1
§ Sebagai
pengantar untuk materi pemanfaatan matahari, guru membawa satu jenis tumbuhan dan
memperlihatkan kepada siswa. Minta siswa untuk mengamati tumbuhan tersebut
dengan teliti.
§ Siswa
juga kemudian diminta untuk mengamati terangnya cuaca di pagi/siang hari dari kaca jendela
kelas.
Guru mengajukan pertanyaan:
§ Bagaimana
hubungan antara matahari dengan tumbuhan?
§ Bagaimana
tumbuhan dapat tumbuh besar dan berkembang biak?
§ Apa
peranan matahari bagi kehidupan tumbuhan?
§ Siswa
yang mengangkat tangan diminta untuk menjawab pertanyaan yang diajukan.
o Kegiatan
ini bertujuan untuk menarik minat siswa pada materi yang akan dipelajari, yaitu manfaat
matahari bagi kehidupan.
o Akan
lebih baik lagi jika tumbuhan yang diperlihatkan adalah rumpun jagung lengkap dengan buahnya karena
akan digunakan sebagai bahan observasi siswa
pada kegiatan berikutnya. Guru dapat menggunakan tumbuhan lain jika sulit mendapatkan rumpun
jagung.
o Ajukan pertanyaan-pertanyaan
terbuka guna memicu siswa untuk berpikir secara kritis, dan menggiring
siswa untuk mulai memahami materi.
§ Siswa
mendiskusikan jawaban bersama guru secara klasikal.
§ Guru
memberikan penguatan.
§ Siswa
kemudian mengamati gambar tentang peran matahari bagi kehidupan di Bumi. Ingatkan siswa
untuk mengamati dengan teliti setiap detail
pada gambar tersebut
§ Siswa
menjawab pertanyaan berdasarkan gambar.
§ Siswa
juga diminta untuk mengilustrasikan tentang manfaat lain matahari selain yang telah tertera pada
gambar.
§ Siswa
kemudian diminta untuk mengubah gambar mereka ke dalam bentuk tulisan/cerita.
§ Siswa
diingatkan kembali tentang manfaat panas matahari yaitu menguapkan zat cair yang terdapat
di Bumi.
§ Siswa
digiring untuk dapat berpikir secara luas, dalam, dan kritis untuk dapat memahami hubungan antara
matahari dengan kehidupan di Bumi.
§ Siswa
melakukan percobaan untuk membuktikan penguapan zat cair oleh panas matahari, berdasarkan
instruksi yang terdapat di buku.
o Guru
dapat menyiapkan alat dan bahan untuk percobaan.
o Untuk
meningkatkan tanggung jawab, siswa dalam setiap kelompok dapat
o diminta
untuk menyiapkan sendiri alat dan bahan. Berikan kepercayaan pada siswa untuk mengatur pembagian
tugas pada anggotanya secara mandiri.
o Siswa
dapat dibagi kedalam beberapa kelompok kecil beranggotakan 3-5 orang. Tujuan pembagian kelompok
kecil ini adalah untuk meningkatkan tanggung
jawab siswa dan menghindari adanya siswa yang menjadi kurang aktif karena kemudian bergantung
pada teman yang lain.
o Guru
berkeliling ke setiap kelompok untuk memastikan siswa berperan aktif dan tertib menjalankan
tugasnya.
§ Saat
menunggu proses percobaan, siswa mengerjakan tugas membaca senyap teks pendek “Kisah Ali Si
Biji Energi” yang terdapat di buku.
§ Siswa
kemudian menuliskan manfaat matahari bagi kehidupan di Bumi dalam bentuk peta pikiran.
§ Siswa
dibebaskan untuk membuat peta pikiran mereka dalam bentuk tulisan maupun gambar.
o Peta Pikiran siswa diperiksa guru
menggunakan rubrik (penilaian 2)
o Guru memberikan
tantangan pada siswa untuk menemukan sebanyak mungkin manfaat matahari. Jika
diperlukan, guru dapat menyiapkan lembaran kertas
o
HVS sehingga siswa dapat lebih
leluasa menuangkan ide-ide mereka.
o Siswa
juga dimotivasi untuk membuat peta pikiran secara rapi dan menarik.
o Peta
pikiran siswa dapat dipajang di kelas sebagai sumber belajar bagi siswa lainnya. contoh peta pikiran yang
diharapkan dapat dimunculkan oleh
siswa:
§ Siswa
dalam kelompok kemudian melanjutkan pengamatan hasil percobaan tentang pengaruh panas
matahari pada zat cair di Bumi.
§ Siswa
menuliskan 4 pengaruh panas matahari pada objek benda berdasarkan hasil percobaan.
§ Siswa
menuliskan proses dan hasil percobaan dalam bentuk laporan.
o
Tulisan Laporan siswa diperiksa
guru menggunakan rubrik (penilaian 2)
§ Siswa
mengamati gambar jagung bakar yang terdapat di buku.
§ Siswa
secara berpasangan dengan teman di sebelah kemudian mendiskusikan pertanyaan bacaan
terkait materi tentang ketersediaan sumber
daya alam.
o
Sikap siswa saat diskusi dinilai
menggunakan rubrik (penilaian 3b ) Tugas
Mandiri:
§ Siswa
membaca senyap teks tentang jenis-jenis sumber daya alam.
§ Siswa
menjawab pertanyaan berdasarkan teks, dan menuliskannya di buku.
§ Siswa
secara berpasangan mendiskusikan jawaban mereka.
§ Guru
memberikan penguatan
o Siswa
menjawab pertanyaan berdasarkan bacaan, dan menuliskannya di buku.
§ Siswa
mendiskusikan jawaban bersama teman.
§ Siswa
kembali diminta untuk menggambarkan penggunaan salah satu sumber daya alam yang patut
dicontoh. Gambar mereka harus memuat kegiatan
ekonomi yang menggunakan salah satu sumber daya alam dan usaha menjaga keberadaannya.
§ Siswa
saling menyampaikan gambar mereka kepada seorang teman untuk diberikan masukan.
§ Siswa
kemudian menjelaskan gambar mereka dalam bentuk tulisan.
§ Tulisan
yang dibuat harus memuat sumber daya alam yang dipilih dan yang diperjualbelikan, serta
contoh-contoh kegiatan untuk menjaga kelestariannya.
o Isi
tulisan siswa diperiksa guru menggunakan rubrik (penilaian 3a)
o Gambar
dan tulisan/cerita siswa diperiksa guru menggunakan rubrik (penilaian 1)
§ Siswa
melakukan perenungan dengan menjawab pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa.
§ Guru
dapat menambahkan pertanyaan perenungan berdasarkan panduan yang terdapat pada lampiran
pertama, Buku Guru.
Pengayaan
o Apabila
memiliki waktu, siswa dapat menggunakan beragam benda lainnya saat melakukan percobaan IPA,
atau mencoba jenis percobaan lain untuk membuktikan
proses penguapan oleh panas matahari.
Remedial
o Bagi
siswa yang belum terampil menuangkan instruksi tertulis ke dalam bentuk gambar, dan sebaliknya, akan
diberikan pendampingan oleh guru.
o
Siswa tersebut dapat diberikan
tugas rumah terkait materi.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
o Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/
rangkuman hasil belajar selama sehari.
o Melakukan penilaian hasil belajar
o Melakukan repleksi
o Menyampaikan pesan moral/belajar.
o Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
G.
Penilaian :
A.
Teknik Penilaian:
·
Penilaian Sikap : kerja sama, peduli, komunikatif
·
Penilaian
Pengetahuan : Tes tertulis
·
Penilaian
Keterampilan : Uji unjuk kerja
B.
Bentuk Instrumen
Penilaian
1. Sikap
2. Pengetahuan
Siswa mengerjakan
soal-soal latihan tertulis, Remidial, dan pengayaaan pada buku siswa.
Penilaian
1. Bahasa
Indonesia
Teks visual
Beri tanda centang (√) sesuai
pencapaian siswa.
Kriteria
|
Baik Sekali
4
|
Baik
3
|
Cukup
2
|
Perlu
Bimbingan
1
|
Mengidentifikasi gambar
|
Mengidentifikasi
semua
gambar
dengan
cermat.
|
Mengidentifikasi sebagian besar gambar dengan cermat.
|
Mengidentifikasi sebagian
Gambar dengan
cermat.
|
Mengidentifikasi
sebagian
kecil
gambar
dengan
cermat.
|
Gagasan
pokok
|
Terdapat kesesuaian isi antara teks visual dan gagasan pokok yang dituliskan
Gagasan
pokoh
ditulis
dengan
didukung
oleh
fakta
terperinci.
|
Gagasan pokok sesuai dengan
isi teks
visual
meskipun
ditulis dengan
kurang terperin ci
|
Gagasan
pokok
pokok
cukup
sesuai
dan kurang
terperinci.
|
Gagasan
pokok
kurang
tepat.
|
Kosakata
Baku
|
Menggunakan
kosakata
baku
dalam
semua
pertanyaan.
|
Menggunakan
kosakata
baku
dalam sebagian
besar
pertanyaan.
|
Menggunakan kosakata baku dalam sebagian
Kecil pertanyaan
|
Belum mampu
menggunakan
kosakata
baku
dalam
pertanyaan
|
Kalimat
Efektif
|
Menggunakan
kalimat
efektif
dalam
semua
pertanyaan.
|
Menggunakan
kalimat
efektif
dalam
sebagian
besar
pertanyaan.
|
Menggunakan
kalimat
efektif
dalam
sebagian
kecil
pertanyaan
|
Belum
mampu
menggunakan
kalimat
efektif
dalam
semua
pertanyaan.
|
Sikap:
Mandiri
|
Tugas
diselesaikan
dengan
mandiri.
|
Sebagian
besar
tugas
diselesaikan
dengan
mandiri
|
Tugas
diselesaikan
dengan
motivasi
dan
bimbingan
guru.
|
Belum
dapat
menyeselesaikan
tugas
meski telah
diberikan motivasi
dan
bimbingan.
|
2. IPA
Peta Pikiran dan Laporan Hasil Percobaan
siswa diperiksa menggunakan
rubrik.
Beri tanda centang (√) sesuai
pencapaian siswa
Aspek
|
Baik Sekali
4
|
Baik
3
|
Cukup
2
|
Perlu
Bimbingan
1
|
Manfaat
energi
matahari
dalam
kehidupan
seharihari.
|
Menjelaskan
10
manfaat
energi
matahari
dalam
kehidupan
seharihari
dengan
tepat
|
Menjelaskan
5-9 manfaat energi
matahari
dalam kehidupan
sehari-hari
dengan
tepat.
|
Menjelaskan
3-4 manfaat energi
matahari
dalam
kehidupan
sehari-hari
dengan
tepat
|
Menjelaskan
1-2
manfaat
energi
matahari
dalam
kehidupan
seharihari
dengan
tepat
|
Laporan
hasil
pengamatan
tentang
perubahan
bentuk
energi matahari.
|
Mampu
menyajikan
laporan
hasil
pengamatan
tentang
perubahan
bentuk
energi
matahari
dengan
tepat.
|
Mampu
menyajikan
laporan
hasil
pengamatan
tentang
perubahan
bentuk energi
matahari dengan
cukup
tepat.
|
Mampu
menyajikan
laporan
hasil
pengamatan
tentang
perubahan
bentuk
energi
matahari
dengan
kurang
tepat.
|
Belum
mampu
menyajikan
laporan
hasil
pengamatan
tentang
perubahan
bentuk
energi
matahari
dengan
tepat.
|
Sikap
Rasa
Ingin
Tahu
|
Tampak
antusias
dan
mengajukan
banyak
ide dan
pertanyaan
selama
kegiatan
|
Tampak
cukup
antusias
dan
terkadang
mengajukan
ide
dan
pertanyaan
selama
kegiatan.
|
Tampak
kurang
antusias
dan tidak
mengajukan
ide
dan
pertanyaan
selama
kegiatan
|
Tidak
tampak
antusias
dan perlu
dimotivasi
untuk
mengajukan
ide
dan
pertanyaan.
|
Catatan: penghitungan nilai lihat contoh
penilaian halaman lain
3. IPS
a. Tugas siswa menemukan dan menuliskan informasi
tentang
karakteristik bentang alam: pantai, dataran
rendah, dan dataran tinggi,
dinilai menggunakan rubrik.
Beri tanda centang (√) sesuai
pencapaian siswa.
Aspek
|
Baik Sekali
4
|
Baik
3
|
Cukup
2
|
Perlu
Bimbingan
1
|
Penyajian
hasil
identifikasi
sumber daya
alam dan
pemanfaatannya
dalam
bentuk
tulisan.
|
Mampu
menyajikan
hasil
identifikasi
sumber
daya
alam dan
pemanfaatannya
dalam
bentuk
tulisan
dengan
sistematis.
|
Mampu
menyajikan
hasil
identifikasi
sumber
daya
alam dan
pemanfaatannya
dalam
bentuk
tulisan dengan
cukup
sistematis.
|
Mampu
menyajikan
hasil
identifikasi
sumber
daya alam
dan
pemanfaatannya
dalam
bentuk
tulisan
dengan
kurang
sistematis.
|
Belum
mampu
menyajikan
hasil
identifikasi
sumber
daya
alam dan
pemanfaatannya
dalam
bentuk
tulisan
dengan
sistematis.
|
Sikap
Peduli
|
Peduli
terhadap
keberadaan
sumber
daya alam
Indonesia
secara
konsisten
|
Cukup
peduli
terhadap
keberadaan
sumber
daya alam
Indonesia.
|
Kurang
peduli
terhadap
keberadaan
sumber
daya alam
Indonesia.
|
Belum
menunjukkan
kepedulian
terhadap
keberadaan
sumber
daya
alam.
|
Sikap
Tanggung
Jawab
|
Bertangung
jawab
terhadap
tugas-tugas
secara
konsisten
|
Cukup
bertangung
jawab
terhadap
tugastugas
secara
konsisten.
|
Kurang
bertangung
jawab
terhadap
tugastugas
secara
konsisten.
|
Belum
bertangung
jawab
terhadap
tugas-tugas
secara
konsisten
|
b. Sikap siswa saat melakukan diskusi
pemecahan masalah dinilai
menggunakan rubrik.
Beri tanda centang (√) sesuai
pencapaian siswa
Aspek
|
Baik Sekali
4
|
Baik
3
|
Cukup
2
|
Perlu
Bimbingan
1
|
Komunikasi
non
verbal
(kontak
mata,
bahasa
tubuh,
postur,
ekspresi
wajah,
suara).
|
Merespon
dan
menerapkan
komunikasi
nonverbal
dengan
tepat.
|
Merespon
dengan
tepat
terhadap
komunikasi
nonverbal
yang
ditunjukkan
teman.
|
Sering
merespon
kurang
tepat
terhadap
komunikasi
nonverbal
yang
ditunjukkan
teman.
|
Membutuhkan
bantuan
dalam
memahami
bentuk
komunikasi
nonverbal
yang
ditunjukkan
teman
|
Partisipasi
(menyampaikan
ide,
perasaan,
pikiran).
|
Isi
pembicaraan
menginspirasi
teman.
Selalu
mendukung
dan
memimpin
lainnya
saat
diskusi.
|
Berbicara
dan
menerangkan
secara
rinci,
merespon
sesuai
dengan
topik
|
Berbicara
dan
menerangkan
secara
rinci,
namun
terkadang
merespons
kurang
sesuai
dengan
topik.
|
Jarang
berbicara
selama
proses
diksusi
berlangsung
|
5. Catatan Anekdot
untuk mencatat sikap (Disiplin)
(Contoh terlampir di bagian lampiran Buku Guru).
H.
Sumber dan Media
•
Tanaman jagung atau tanaman jenis
lainnya.
•
Kertas, tissue, kain untuk
percobaan IPA.
Mengetahui,
Kepala SD Negeri 3 Beureunuen
CHAIRUNNISA, S.Pd
NIP. 19700312
199402 2 002
|
|
Beureunuen, …, ………….., 2017
Guru Kelas IV A
NURLAILI, S.Pd
NIP: 19700505 200801 2 002
|
Lembar Kerja Siswa
(LKS)
1.
Apa
yang diceritakan gambar tersebut?
.....................................................................................................................................................
.....................................................................................................................................................
2.
Berdasarkan
gambar, dapatkah kamu menyebutkan apa saja manfaat matahari bagi keluarga
tersebut? Mengapa demikian? Kemukakan alasanmu!
.....................................................................................................................................................
.....................................................................................................................................................
3.
Apakah
kamu dapat menyebutkan contoh kegiatan lain tentang manfaa matahari bagi
kehidupan kita sehari-hari?
.....................................................................................................................................................
.....................................................................................................................................................
4.
Buatlah
tulisan dengan menggunakan jawaban-jawabanmu di atas!
.....................................................................................................................................................
.....................................................................................................................................................
Lembar Kerja Siswa
(LKS)
Sekarang,
temukan sebanyak-banyaknya manfaat energi matahari bagi makhluk hidup dalam
bentuk peta pikiran di bawah ini! Sertakan gambar agar lebih menarik.
MEDIA
TEMA 1 KELAS 4 SUB 2 PB 1 (Revisi 2017)
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment