Home » » TEMA 4 KELAS 4 SUB 1 PB 1 (Revisi 2017)

TEMA 4 KELAS 4 SUB 1 PB 1 (Revisi 2017)

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Tuesday 3 October 2017



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)



Satuan Pendidikan                      : SD Islam Mutiara
Kelas/Semester                           : IV/1
Tema 4                                       : Berbagai Pekerjaan
Sub Tema 1/ Pembelajaran          : Jenis-Jenis Pekerjaan/ 1
Alokasi Waktu                            : 1 hari


A. KOMPETENSI INTI :
1.         Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.         Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diridalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
3.         Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
4.         Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B. KOMPETENSI DASAR/ INDIKATOR
a) Bahasa Indonesia
3.5 Menguraikan pendapat pribadi tentang isi buku sastra (cerita, dongeng, dan sebagainya).
3.5.1        Mendeskripsikan tokoh melalui gambar dan tulisan dengan perinci.
4.5 Mengomunikasikan pendapat pribadi tentang isi buku sastra yang dipilih dan dibaca sendiri secara lisan dan tulis yang didukung oleh alasan.
4.5.1        Menilai tokoh yang ada dalam cerita dengan detail

b) IPS
3.3 Mengidentifikasi kegiatan ekonomi dan hubungannya dengan berbagai bidang pekerjaan, serta kehidupan sosial dan budaya di lingkungan sekitar sampai provinsi.
3.3.1        Membandingkan jenis-jenis pekerjaan yang ada di sekitar mereka dalam bentuk diagram Venn.
4.3 Menyajikan hasil identifikasi kegiatan ekonomi dalam meningkatkan kehidupan masyarakat di bidang pekerjaan, sosial dan budaya di lingkungan sekitar sampai provinsi.
4.3.1        Mengembangkan laporan tentang jenis pekerjaan dalam bentuk tulisan dengan lengkap.

c) IPA
3.8 Memahami pentingnya upaya keseimbangan dan pelestarian sumber daya alam di lingkungannya
3.8.1        Menginformasikan pentingnya menjaga keseimbangan alam dan kelestarian sumber daya alam dalam bentuk peta pikiran.
4.8 Melakukan kegiatan upaya pelestarian sumber daya alam bersama orang-orang di lingkungannya
4.8.1        Menuliskan contoh kegiatan yang dapat menjaga keseimbangan dan kelestarian sumber daya alam dengan lengkap.

C.      TUJUAN PEMBELAJARAN :
1.      Setelah membaca cerita tentang pelestarian alam, siswa mampu menilai tokoh yang ada dalam cerita dengan detail.
2.      Setelah membaca cerita tentang pelestarian alam, siswa mampu mendeskripsikan tokoh melalui gambar dan tulisan dengan perinci.
3.      Setelah membaca teks dan mengamati gambar tentang pekerjaan di pegunungan, siswa mampu membandingkan jenis-jenis pekerjaan yang ada di sekitar mereka dalam bentuk diagram Venn.
4.      Setelah membuat diagram Venn, siswa mampu mengembangkan laporan tentang jenis pekerjaan dalam bentuk tulisan dengan lengkap.
5.      Setelah berdiskusi, siswa mampu menginformasikan pentingnya menjaga keseimbangan alam dan kelestarian sumber daya alam dalam bentuk peta pikiran.
6.      Setelah berdiskusi, siswa mampu menuliskan contoh kegiatan yang dapat menjaga keseimbangan dan kelestarian sumber daya alam dengan lengkap.

D.      DESKRIPSI MATERI PEMBELAJARAN :
1.      Menilai dan mendeskripsikan tokoh dari suatu cerita
2.      Membandingkan jenis pekerjaan disekitar dengan menggunakan diagram venn
3.      Menyampaikan contoh dari kegiatan untuk menjaga kelestarian sumber daya alam

E.       PENDEKATAN DAN METODE
1.  Pendekatan     : Scientific
2.  Strategi            : Kooperative learning
3. Teknik             : Picture and Picture
4.  Matode            : Ceramah, tanya jawab, pemberian tugas dan diskusi

F.       KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Berbagai Pekerjaan”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.

10 menit
B.Kegiatan Inti
o   Siswa diajak berdiskusi tentang pekerjaan.
o   Guru memperlihatkan teh yang dibawanya dan mengajukan beberapa pertanyaan.
·         Apa manfaat teh?
·         Kira-kira, di mana teh tumbuh?
·         Pekerjaan apa saja yang terlibat sehingga teh dapat sampai ke konsumen?
o   Siswa diajak bertukar pikiran.
o   Siswa kemudian diajak untuk membuka buku pelajaran dan membaca teks ‘Tempat Hidup Tanaman Teh’.
o   Secara klasikal, guru kemudian membahas jawaban-jawaban siswa dan menyimpulkannya bersama.
o   Tanaman dan tanah adalah sumber daya alam yang harus dijaga keberadaannya. Penggunaan yang berlebihan akan merugikan mahluk hidup.
o   Siswa kemudian diajak untuk menyimpulkan nilai-nilai yang perlu dimiliki sehubungan dengan pelestarian alam dan sumber daya alam.
o   Siswa diminta untuk mengisi peta pikiran yang ada di dalam buku. Sebelumnya siswa diberi kesempatan untuk bertanya tentang pengisiannya. Guru dapat memberikan satu contoh jawaban untuk memberi gambaran yang jelas.
o   Mengisi Peta pikiran
o   Pastikan siswa memiliki diagram.
o   Siswa diminta memperhatikan tulisan di tengah diagram.
o   Siswa diminta menemukan satu jawaban dan menuliskannya di satu kotak.
o   Pastikan siswa mengisi seluruh kotak yang tersedia.
o   Siswa mengisi diagram dan mendiskusikannya dengan teman satu kelompok. Guru membimbing diskusi, berjalan berkeliling dari kelompok satu ke kelompok lain untuk memastikan bahwa setiap anggota berpartisipasi aktif.
o   Guru melakukan penilaian terhadap satu kelompok saat mereka berdiskusi. Saat menilai, guru menggunakan rubrik. Siswa yang belum dinilai pada kesempatan ini dapat dinilai saat mereka melakukan diskusi pada kesempatan lain.
o   Peta pikiran dinilai dengan menggunakan daftar pengecekan
o   Guru meminta satu atau dua siswa menyampaikan hasil diskusinya, lalu memberi penguatan kepada seluruh siswa mengenai pentingnya
o   menjaga keseimbangan alam dan sumber daya alam. Guru dapat memberi kesempatan kepada seluruh siswa untuk bertanya lebih lanjut mengenai materi yang sedang dibahas. Guru tidak menjawab langsung, namun memberi kesempatan kepada siswa lain untuk mencoba menjawab pertanyaan yang diajukan oleh temannya. Guru dapat menguatkan jawaban-jawaban yang ada.
o   Untuk menambah pemahaman siswa tentang jenis-jenis pekerjaan, guru mengajak siswa untuk mengamati gambar dan berdiskusi tentang pekerjaan di sekitar perkebunan teh. Guru dapat mengajukan pertanyaan berikut (dan mengembangkannya apabila perlu).
·         Gambar apa yang kalian lihat? (Perkebunan teh, pemetik teh, atau siswa bisa menjawab kemungkinan lainnya)
·         Apa tugas masing-masing pekerja tersebut?
o   Siswa dan guru mendiskusikan jawaban-jawaban yang ada. Guru
o   kemudian meminta setiap siswa menuliskan jenis-jenis pekerjaan yang ada di sekitar mereka dan mendiskusikannya dengan teman di sebelahnya.
o   Guru membimbing siswa berdiskusi dengan mengajukan pertanyaan:
·         Jenis pekerjaan apa yang ada di sekitarmu? Di mana mereka bekerja? Apa dampak dari adanya pekerjaan tersebut bagi yang bersangkutan dan bagi orang di sekitarnya?
o   Siswa kemudian diminta untuk menuliskan perbandingan dua jenis pekerjaan yang telah didiskusikan dan menuangkannya dalam diagram Venn.
o   Diagram harus memuat dua jenis pekerjaan, daerah mereka bekerja, apa yang dikerjakan, hasil yang diperoleh, dampak dari pekerjaan mereka bagi masyarakat dan bagi pekerja.
o   Guru membimbing siswa dalam menggunakan diagram Venn.
o   Mengisi diagram Venn
o   Pastikan siswa memiliki diagram.
o   Minta siswa menulis jenis pekerjaan di atas lingkaran di sebelah kiri dan jenis pekerjaan berikutnya di atas lingkaran sebelah kanan.
o   Lingkaran sebelah kiri diisi dengan hal-hal yang dimiliki oleh jenis suatu pekerjaan dan begitupula dengan lingkaran berikutnya.
o   Pertemuan di tengah kedua lingkaran dimaksudkan untuk jawaban yang dimiliki oleh kedua jenis pekerjaan.
o   Siswa diminta menemukan banyak jawaban dan menuliskannya di daerah sesuai kebutuhan.
o   Siswa kemudian mengembangkan hasil diagram Vennnya dalam bentuk tulisan. Tulisan siswa harus memuat seluruh aspek yang ada di diagram.
o   Tugas dinilai dengan menggunakan rubrik.
o   Guru melanjutkan pelajaran dengan menyampaikan informasi bahwa tumbuhan bisa membantu manusia menjaga lingkungan. Sampaikan kepada siswa bahwa mereka akan membaca cerita tentang bagaimana tumbuhan berpengaruh terhadap keseimbangan alam.
o   Siswa membaca cerita dalam hati. Guru mengamati siswa adakah di antara mereka yang mengalami kesulitan dalam proses tersebut.
o   Guru meminta setiap kelompok untuk menjawab pertanyaan 1-4 dan mengajak mereka mendiskusikannya. Kemudian, salah satu perwakilan kelompok menyampaikan hasilnya dan kelompok lain diminta untuk mengomentari.
o   Siswa diminta untuk mengerjakan tugas nomor 5 sebagai tugas individu.
o   Mintalah mereka untuk mendeskripsikan gambar yang dihasilkan. Tulisan harus meliputi alasan pemilihan tokoh, komentar tentang tokoh, dan alasan suka atau tidak suka.
o   Siswa menukarkan hasil pekerjaannya dengan pekerjaan temannya dan saling mengomentari. Siswa dapat bekerja berpasangan.
o   Tugas dinilai dengan cek rubrik.
o   Guru menyampaikan kepada siswa untuk membaca teks tentang fakta tanaman bakau. Siswa diminta untuk membaca dalam hati selama lima menit.
o   Siswa kemudian diminta menuliskan jawaban dari pertanyaan yang ada. Guru memimpin diskusi kelas. Perhatikan siswa yang belum pernah menyampaikan hasil pemikirannya. Mintalah mereka untuk membacakan jawaban.
o   Siswa diminta untuk mengisi tabel berikut secara individu dan mengumpulkannya.

o   Pekerjaan siswa dinilai dengan menggunakan daftar pengecekan Siswa melakukan refleksi dengan menjawab pertanyaan yang terdapat dalam Buku Siswa.
o   Guru dapat menambahkan pertanyaan refleksi berdasarkan panduan yang terdapat pada lampiran di Buku Guru.

Pengayaan
o   Apabila masih ada waktu, siswa bisa menuliskan akhir cerita dari cerita ‘Taman Bermain yang Hilang’ sesuai imajinasi mereka

Remedial
o   Siswa yang belum memahami bagaimana mengisi diagram Venn dapat dilatih kembali oleh guru. Mintalah siswa untuk memikirkan dua hal yang berbeda, misalnya air mineral dan air teh. Siswa kemudian menuliskan persamaan dan perbedaannya. Persamaan dituliskan di bagian tengah diagram. Perbedaan masing-masing minuman ditulis di bagian lingkaran sesuai dengan nama minumannya.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/ rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah

15 menit

G.      Penilaian :
A.    Teknik Penilaian:
·         Penilaian Sikap                        : kerja sama, peduli, komunikatif
·         Penilaian Pengetahuan            : Tes tertulis
·         Penilaian Keterampilan           : Uji unjuk kerja

B.     Bentuk Instrumen Penilaian
1.      Sikap
2.      Pengetahuan
Siswa mengerjakan soal-soal latihan tertulis, Remidial, dan pengayaaan pada buku siswa.
3.      Keterampilan

                                                                                               


Penilaian
1. Diskusi
Saat siswa melakukan diskusi tentang peta pikiran mengapa penting
menjaga kelestarian dan sumber daya alam.
Berilah tanda centang () pada bagian yang memenuhi kriteria.

Kriteria
Baik Sekali
Baik
Cukup
Perlu
Bimbingan
4
3
2
1
Mendengarkan
Selalu
mendengarkan
teman yang
sedang
berbicara.
Mendengarkan
teman yang
berbicara,
namun sesekali
masih perlu
diingatkan.
Masih perlu
diingatkan
untuk
mendengarkan
teman yang
sedang
berbicara.
Sering
diingatkan
untuk
mendengarkan
teman yang
sedang
berbicara,
namun tidak
mengindahkan.
Komunikasi
non-verbal
(kontak mata,
bahasa tubuh,
postur, ekspresi
wajah, suara)
Merespon dan
menerapkan
komunikasi
non-verbal
dengan tepat.
Merespon
dengan tepat
terhadap
komunikasi
non-verbal yang
ditunjukkan
teman.
Sering
merespon
kurang tepat
terhadap
komunikasi
non-verbal yang
ditunjukkan
teman.
Membutuhkan
bantuan dalam
memahami
bentuk
komunikasi
non-verbal yang
ditunjukkan
teman.
Partisipasi
(menyampaikan
ide, perasaan,
pikiran)
Isi pembicaraan
menginspirasi
teman. Selalu
mendukung
dan memimpin
lainnya saat
diskusi.
Berbicara dan
menerangkan
secara rinci,
merespon
sesuai dengan
topik.
Berbicara dan
menerangkan
secara rinci,
namun
terkadang
merespon
kurang sesuai
dengan topik.
Jarang
berbicara
selama
proses diksusi
berlangsung







Penilaian  (penskoran):         Total Nilai Siswa          x 10
Total Nilai Maksimal


2. IPS
Diagram Venn tentang perbedaan jenis pekerjaan dinilai dengan rubrik.
Berilah tanda centang (√) pada bagian yang memenuhi kriteria.
Kriteria
Baik Sekali
Baik
Cukup
Perlu
Bimbingan
4
3
2
1
Jenis
pekerjaan
dan wilayah
tempat
bekerja
Menyebutkan
dan menjelaskan
2 jenis
pekerjaan yang
sesuai dengan
wilayah tempat
bekerja.
Menyebutkan
dan menjelaskan
2 jenis pekerjaan,
namun
salah satu saja
yang sesuai
dengan wilayah
tempat bekerja
Menyebutkan
dan
menjelaskan 1
jenis pekerjaan
dan wilayah
tempat bekerja
yang sesuai
Menyebutkan 2
jenis pekerjaan
namun tidak
sesuai dengan
wilayah mereka
bekerja
Tugas pekerja
Menyebutkan
semua tugas
pekerja yang
sesuai dengan
pekerjaannya.
Menyebutkan
sebagian besar
tugas pekerja
dan sebagian
besar sesuai.
Menyebutkan
semua tugas
pekerja, namun
hanya sebagian
kecil yang
sesuai.
Tugas pekerja
tidak sesuai
dengan
pekerjaan yang
disebutkan.
Manfaat
pekerjaan
Menyebutkan
manfaat
pekerjaan bagi
pekerja dan
masyarakat
dengan benar
Menyebutkan
manfaat
pekerjaan bagi
pekerja dan
masyarakat dan
sebagian besar
benar
Menyebutkan
manfaat
pekerjaan bagi
pekerja dan
masyarakat dan
sebagian kecil
benar.
Menyebutkan
manfaat
pekerjaan bagi
pekerja dan
masyarakat,
namun tidak
ada yang sesuai
atau benar
Hasil yang
diperoleh
Menyebutkan
hasil yang
diperoleh
pekerja dari
pekerjaannya
dan semuanya
benar
Menyebutkan
hasil yang
diperoleh
pekerja dari
pekerjaannya
dan sebagian
besar benar.
Menyebutkan
hasil yang
diperoleh
pekerja dari
pekerjaannya
dan sebagian
kecil benar
Tidak
menyebutkan
hasil yang
diperoleh
pekerja dari
pekerjaannya.







Penilaian  (penskoran):         Total Nilai Siswa          x 10
Total Nilai Maksimal


3. Bahasa Indonesia
Komentar siswa tentang tokoh dinilai dengan menggunakan rubrik.
Berilah tanda centang () pada bagian yang memenuhi kriteria
Kriteria
Baik Sekali
Baik
Cukup
Perlu
Bimbingan
4
3
2
1
Gambar
Gambar yang
dihasilkan
mencerminkan
tokoh dalam
cerita
Gambar yang
dihasilkan
sebagian besar
mencerminkan
tokoh dalam
cerita.
Gambar yang
dihasilkan
sebagian kecil
mencerminkan
tokoh dalam
cerita
Gambar yang
dihasilkan tidak
mencerminkan
tokoh dalam
cerita.
Alasan
pemilihan
tokoh
Alasan
pemilihan tokoh
didasarkan
kepada fakta
yang ada
Sebagian
besar alasan
pemilihan tokoh
didasarkan
kepada fakta
yang ada
Sebagian
kecil alasan
pemilihan tokoh
didasarkan
kepada fakta
yang ada
Alasan diberikan
berdasarkan
opini bukan fakta
dari cerita.
Topik
Topiktopik
Yang disampaikan
sesuai dengan
cerita.
Sebagian besar
topik yang
disampaikan
sesuai dengan
cerita.
Sebagian kecil
topik yang
disampaikan
sesuai dengan
cerita
Topik yang
disampaikan di
luar cerita yang
ada.
Fakta
pendukung
Fakta
pendukung
yang
disampaikan
seluruhnya
sesuai dengan
isi cerita
Fakta
pendukung yang
disampaikan
sebagian besar
sesuai dengan
isi cerita.
Fakta
pendukung
yang
disampaikan
sebagian kecil
sesuai dengan
isi cerita.
Fakta yang
disampaikan
tidak sesuai
cerita






Penilaian  (penskoran):         Total Nilai Siswa          x 10
Total Nilai Maksimal

4. IPA
Tugas peta pikiran dinilai dengan centang ().

Indikator penilaian
Ada
Tidak ada
Seluruh kotak diisi.


Jawaban sesuai dengan konsep.


Jawaban fokus kepada inti pertanyaan di
tengah peta pikiran.




Pengisian tabel dinilai dengan menggunakan centang ().
Indikator penilaian
Ada
Tidak ada
Menyebutkan dua jenis sumber alam
dengan benar.


Menyebutkan cara menjaga sumber alam
dengan benar paling sedikit 3.



5. Penilaian sikap (Percaya diri). Contoh format di lampiran 2 Buku Guru.

H. Sumber dan Media
o   Buku Guru
o   Buku Siswa
o   Teh





Mengetahui,
Kepala SD Islam Mutiara



Dra. CUT ERNAWATI
NIP. 19681231 200504 2 001

Beureunuen, …, ………......,  2017
Guru Kelas IV



FIKRI ROSTINA
NIP: 19781030 200801 2 001










Lembar Kerja Siswa
(LKS)
Jawablah pertanyaan berikut berdasarkan cerita “ Taman Bermain yang Hilang pada bukumu!
1.      Siapa yang tinggal di dalam hutan bakau?


2.    Apa yang biasa dilakukan Kupi dengan ayahnya?


3.    Mengapa Kupi sedih dan marah?


4.    Gambarlah salah satu tokoh! Tulislah pendapatmu tentang tokoh tersebut!

Sampaikan gambar dan tulisanmu kepada teman kelompokmu! Mintalah pendapat mereka!
5.      Apakah gambarmu sama dengan gambar temanmu? Jelaskan!





MEDIA
TEMA 4 KELAS 4 SUB 1 PB 1 (Revisi 2017)

TEMA 4 KELAS 4 SUB 1 PB 1 (Revisi 2017)

TEMA 4 KELAS 4 SUB 1 PB 1 (Revisi 2017)

TEMA 4 KELAS 4 SUB 1 PB 1 (Revisi 2017)
 

 RPP LAINNYA:


Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors