RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Islam Mutiara
Kelas/Semester : IV/1
Tema 4 :
Berbagai
Pekerjaan
Sub
Tema 1/ Pembelajaran :
Jenis-Jenis
Pekerjaan/ 1
Alokasi
Waktu : 1 hari
A.
KOMPETENSI INTI :
1.
Menerima,
menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.
Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diridalam
berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
3.
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat
bermain.
4.
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya
yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan
yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR/ INDIKATOR
a) Bahasa Indonesia
3.5 Menguraikan pendapat pribadi tentang
isi buku sastra (cerita, dongeng, dan sebagainya).
3.5.1
Mendeskripsikan tokoh melalui
gambar dan tulisan dengan perinci.
4.5 Mengomunikasikan pendapat pribadi
tentang isi buku sastra yang dipilih dan dibaca sendiri secara lisan dan tulis
yang didukung oleh alasan.
4.5.1
Menilai tokoh yang ada dalam cerita
dengan detail
b) IPS
3.3 Mengidentifikasi kegiatan ekonomi dan
hubungannya dengan berbagai bidang pekerjaan, serta kehidupan sosial dan budaya
di lingkungan sekitar sampai provinsi.
3.3.1
Membandingkan jenis-jenis pekerjaan
yang ada di sekitar mereka dalam bentuk diagram Venn.
4.3 Menyajikan hasil identifikasi kegiatan
ekonomi dalam meningkatkan kehidupan masyarakat di bidang pekerjaan, sosial dan
budaya di lingkungan sekitar sampai provinsi.
4.3.1
Mengembangkan laporan tentang jenis
pekerjaan dalam bentuk tulisan dengan lengkap.
c) IPA
3.8 Memahami pentingnya upaya
keseimbangan dan pelestarian sumber daya alam di lingkungannya
3.8.1
Menginformasikan pentingnya menjaga
keseimbangan alam dan kelestarian sumber daya alam dalam bentuk peta pikiran.
4.8 Melakukan kegiatan upaya
pelestarian sumber daya alam bersama orang-orang di lingkungannya
4.8.1
Menuliskan contoh kegiatan yang
dapat menjaga keseimbangan dan kelestarian sumber daya alam dengan lengkap.
C.
TUJUAN PEMBELAJARAN :
1. Setelah
membaca cerita tentang pelestarian alam, siswa mampu menilai tokoh yang ada
dalam cerita dengan detail.
2. Setelah
membaca cerita tentang pelestarian alam, siswa mampu mendeskripsikan tokoh melalui
gambar dan tulisan dengan perinci.
3. Setelah
membaca teks dan mengamati gambar tentang pekerjaan di pegunungan, siswa mampu
membandingkan jenis-jenis pekerjaan yang ada di sekitar mereka dalam bentuk
diagram Venn.
4. Setelah
membuat diagram Venn, siswa mampu mengembangkan laporan tentang jenis pekerjaan
dalam bentuk tulisan dengan lengkap.
5. Setelah
berdiskusi, siswa mampu menginformasikan pentingnya menjaga keseimbangan alam
dan kelestarian sumber daya alam dalam bentuk peta pikiran.
6. Setelah
berdiskusi, siswa mampu menuliskan contoh kegiatan yang dapat menjaga
keseimbangan dan kelestarian sumber daya alam dengan lengkap.
D.
DESKRIPSI MATERI
PEMBELAJARAN :
1. Menilai dan
mendeskripsikan tokoh dari suatu cerita
2. Membandingkan
jenis pekerjaan disekitar dengan menggunakan diagram venn
3. Menyampaikan
contoh dari kegiatan untuk menjaga kelestarian sumber daya alam
E.
PENDEKATAN
DAN METODE
1. Pendekatan :
Scientific
2.
Strategi :
Kooperative learning
3.
Teknik : Picture and
Picture
4. Matode :
Ceramah, tanya jawab,
pemberian tugas dan diskusi
F.
KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan kelas
4.
Tanya
jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.
Kemudian,
siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.
Melakukan
apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang
sekarang diajarkan.
7.
Menginformasikan
tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Berbagai
Pekerjaan”.
8.
Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
|
10 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o Siswa
diajak berdiskusi tentang pekerjaan.
o Guru
memperlihatkan teh yang dibawanya dan mengajukan beberapa pertanyaan.
·
Apa manfaat teh?
·
Kira-kira, di mana teh tumbuh?
·
Pekerjaan apa saja yang terlibat
sehingga teh dapat sampai ke konsumen?
o Siswa
diajak bertukar pikiran.
o Siswa
kemudian diajak untuk membuka buku pelajaran dan membaca teks ‘Tempat Hidup Tanaman
Teh’.
o Secara
klasikal, guru kemudian membahas jawaban-jawaban siswa dan menyimpulkannya
bersama.
o Tanaman
dan tanah adalah sumber daya alam yang harus dijaga keberadaannya. Penggunaan
yang berlebihan akan merugikan mahluk hidup.
o Siswa kemudian
diajak untuk menyimpulkan nilai-nilai yang perlu dimiliki sehubungan dengan
pelestarian alam dan sumber daya alam.
o Siswa
diminta untuk mengisi peta pikiran yang ada di dalam buku. Sebelumnya siswa diberi
kesempatan untuk bertanya tentang pengisiannya. Guru dapat memberikan satu contoh
jawaban untuk memberi gambaran yang jelas.
o Mengisi
Peta pikiran
o Pastikan
siswa memiliki diagram.
o Siswa
diminta memperhatikan tulisan di tengah diagram.
o Siswa
diminta menemukan satu jawaban dan menuliskannya di satu kotak.
o Pastikan
siswa mengisi seluruh kotak yang tersedia.
o Siswa
mengisi diagram dan mendiskusikannya dengan teman satu kelompok. Guru
membimbing diskusi, berjalan berkeliling dari kelompok satu ke kelompok lain
untuk memastikan bahwa setiap anggota berpartisipasi aktif.
o Guru
melakukan penilaian terhadap satu kelompok saat mereka berdiskusi. Saat
menilai, guru menggunakan rubrik. Siswa yang belum dinilai pada kesempatan
ini dapat dinilai saat mereka melakukan diskusi pada kesempatan lain.
o Peta
pikiran dinilai dengan menggunakan daftar pengecekan
o Guru
meminta satu atau dua siswa menyampaikan hasil diskusinya, lalu memberi
penguatan kepada seluruh siswa mengenai pentingnya
o
menjaga keseimbangan alam dan
sumber daya alam. Guru dapat memberi kesempatan kepada seluruh siswa untuk
bertanya lebih lanjut mengenai materi yang sedang dibahas. Guru tidak
menjawab langsung, namun memberi kesempatan kepada siswa lain untuk mencoba
menjawab pertanyaan yang diajukan oleh temannya. Guru dapat menguatkan jawaban-jawaban
yang ada.
o Untuk
menambah pemahaman siswa tentang jenis-jenis pekerjaan, guru mengajak siswa
untuk mengamati gambar dan berdiskusi tentang pekerjaan di sekitar perkebunan
teh. Guru dapat mengajukan pertanyaan berikut (dan mengembangkannya apabila
perlu).
·
Gambar
apa yang kalian lihat? (Perkebunan teh, pemetik teh, atau siswa bisa menjawab
kemungkinan lainnya)
·
Apa tugas
masing-masing pekerja tersebut?
o Siswa dan
guru mendiskusikan jawaban-jawaban yang ada. Guru
o kemudian
meminta setiap siswa menuliskan jenis-jenis pekerjaan yang ada di sekitar
mereka dan mendiskusikannya dengan teman di sebelahnya.
o Guru
membimbing siswa berdiskusi dengan mengajukan pertanyaan:
·
Jenis
pekerjaan apa yang ada di sekitarmu? Di mana mereka bekerja? Apa dampak dari
adanya pekerjaan tersebut bagi yang bersangkutan dan bagi orang di
sekitarnya?
o Siswa
kemudian diminta untuk menuliskan perbandingan dua jenis pekerjaan yang telah
didiskusikan dan menuangkannya dalam diagram Venn.
o
Diagram harus memuat dua jenis
pekerjaan, daerah mereka bekerja, apa yang dikerjakan, hasil yang diperoleh,
dampak dari pekerjaan mereka bagi masyarakat dan bagi pekerja.
o
Guru membimbing siswa dalam
menggunakan diagram Venn.
o Mengisi
diagram Venn
o Pastikan
siswa memiliki diagram.
o Minta
siswa menulis jenis pekerjaan di atas lingkaran di sebelah kiri dan jenis
pekerjaan berikutnya di atas lingkaran sebelah kanan.
o Lingkaran
sebelah kiri diisi dengan hal-hal yang dimiliki oleh jenis suatu pekerjaan
dan begitupula dengan lingkaran berikutnya.
o Pertemuan
di tengah kedua lingkaran dimaksudkan untuk jawaban yang dimiliki oleh kedua
jenis pekerjaan.
o Siswa
diminta menemukan banyak jawaban dan menuliskannya di daerah sesuai
kebutuhan.
o Siswa
kemudian mengembangkan hasil diagram Vennnya dalam bentuk tulisan. Tulisan
siswa harus memuat seluruh aspek yang ada di diagram.
o Tugas
dinilai dengan menggunakan rubrik.
o Guru
melanjutkan pelajaran dengan menyampaikan informasi bahwa tumbuhan bisa
membantu manusia menjaga lingkungan. Sampaikan kepada siswa bahwa mereka akan
membaca cerita tentang bagaimana tumbuhan berpengaruh terhadap keseimbangan
alam.
o Siswa
membaca cerita dalam hati. Guru mengamati siswa adakah di antara mereka yang
mengalami kesulitan dalam proses tersebut.
o Guru
meminta setiap kelompok untuk menjawab pertanyaan 1-4 dan mengajak mereka
mendiskusikannya. Kemudian, salah satu perwakilan kelompok menyampaikan
hasilnya dan kelompok lain diminta untuk mengomentari.
o Siswa
diminta untuk mengerjakan tugas nomor 5 sebagai tugas individu.
o Mintalah
mereka untuk mendeskripsikan gambar yang dihasilkan. Tulisan harus meliputi
alasan pemilihan tokoh, komentar tentang tokoh, dan alasan suka atau tidak
suka.
o Siswa
menukarkan hasil pekerjaannya dengan pekerjaan temannya dan saling
mengomentari. Siswa dapat bekerja berpasangan.
o
Tugas dinilai dengan cek rubrik.
o Guru
menyampaikan kepada siswa untuk membaca teks tentang fakta tanaman bakau.
Siswa diminta untuk membaca dalam hati selama lima menit.
o Siswa
kemudian diminta menuliskan jawaban dari pertanyaan yang ada. Guru memimpin
diskusi kelas. Perhatikan siswa yang belum pernah menyampaikan hasil
pemikirannya. Mintalah mereka untuk membacakan jawaban.
o
Siswa diminta untuk mengisi tabel
berikut secara individu dan mengumpulkannya.
o Pekerjaan
siswa dinilai dengan menggunakan daftar pengecekan Siswa melakukan refleksi
dengan menjawab pertanyaan yang terdapat dalam Buku Siswa.
o Guru
dapat menambahkan pertanyaan refleksi berdasarkan panduan yang terdapat pada
lampiran di Buku Guru.
Pengayaan
o Apabila
masih ada waktu, siswa bisa menuliskan akhir cerita dari cerita ‘Taman
Bermain yang Hilang’ sesuai imajinasi mereka
Remedial
o Siswa
yang belum memahami bagaimana mengisi diagram Venn dapat dilatih kembali oleh
guru. Mintalah siswa untuk memikirkan dua hal yang berbeda, misalnya air
mineral dan air teh. Siswa kemudian menuliskan persamaan dan perbedaannya.
Persamaan dituliskan di bagian tengah diagram. Perbedaan masing-masing
minuman ditulis di bagian lingkaran sesuai dengan nama minumannya.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1. Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/
rangkuman hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4. Menyampaikan pesan moral/belajar.
5. Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
G.
Penilaian :
A.
Teknik Penilaian:
·
Penilaian Sikap : kerja sama, peduli, komunikatif
·
Penilaian
Pengetahuan : Tes tertulis
·
Penilaian
Keterampilan : Uji unjuk kerja
B.
Bentuk Instrumen
Penilaian
1. Sikap
2. Pengetahuan
Siswa mengerjakan
soal-soal latihan tertulis, Remidial, dan pengayaaan pada buku siswa.
3. Keterampilan
Penilaian
1. Diskusi
Saat siswa melakukan diskusi
tentang peta pikiran mengapa penting
menjaga kelestarian dan sumber daya
alam.
Berilah tanda centang () pada
bagian yang memenuhi kriteria.
Kriteria
|
Baik Sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
Mendengarkan
|
Selalu
mendengarkan
teman yang
sedang
berbicara.
|
Mendengarkan
teman yang
berbicara,
namun sesekali
masih perlu
diingatkan.
|
Masih perlu
diingatkan
untuk
mendengarkan
teman yang
sedang
berbicara.
|
Sering
diingatkan
untuk
mendengarkan
teman yang
sedang
berbicara,
namun tidak
mengindahkan.
|
|
Komunikasi
non-verbal
(kontak mata,
bahasa tubuh,
postur, ekspresi
wajah, suara)
|
Merespon dan
menerapkan
komunikasi
non-verbal
dengan tepat.
|
Merespon
dengan tepat
terhadap
komunikasi
non-verbal yang
ditunjukkan
teman.
|
Sering
merespon
kurang tepat
terhadap
komunikasi
non-verbal yang
ditunjukkan
teman.
|
Membutuhkan
bantuan dalam
memahami
bentuk
komunikasi
non-verbal yang
ditunjukkan
teman.
|
|
Partisipasi
(menyampaikan
ide, perasaan,
pikiran)
|
Isi pembicaraan
menginspirasi
teman. Selalu
mendukung
dan memimpin
lainnya saat
diskusi.
|
Berbicara dan
menerangkan
secara rinci,
merespon
sesuai dengan
topik.
|
Berbicara dan
menerangkan
secara rinci,
namun
terkadang
merespon
kurang sesuai
dengan topik.
|
Jarang
berbicara
selama
proses diksusi
berlangsung
|
|
Penilaian (penskoran):
Total Nilai Siswa x 10
Total Nilai Maksimal
2. IPS
Diagram Venn tentang perbedaan
jenis pekerjaan dinilai dengan rubrik.
Berilah tanda centang (√) pada bagian yang
memenuhi kriteria.
Kriteria
|
Baik Sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
Jenis
pekerjaan
dan wilayah
tempat
bekerja
|
Menyebutkan
dan menjelaskan
2 jenis
pekerjaan yang
sesuai dengan
wilayah tempat
bekerja.
|
Menyebutkan
dan menjelaskan
2 jenis pekerjaan,
namun
salah satu saja
yang sesuai
dengan wilayah
tempat bekerja
|
Menyebutkan
dan
menjelaskan 1
jenis pekerjaan
dan wilayah
tempat bekerja
yang sesuai
|
Menyebutkan 2
jenis pekerjaan
namun tidak
sesuai dengan
wilayah mereka
bekerja
|
|
Tugas pekerja
|
Menyebutkan
semua tugas
pekerja yang
sesuai dengan
pekerjaannya.
|
Menyebutkan
sebagian besar
tugas pekerja
dan sebagian
besar sesuai.
|
Menyebutkan
semua tugas
pekerja, namun
hanya sebagian
kecil yang
sesuai.
|
Tugas pekerja
tidak sesuai
dengan
pekerjaan yang
disebutkan.
|
|
Manfaat
pekerjaan
|
Menyebutkan
manfaat
pekerjaan bagi
pekerja dan
masyarakat
dengan benar
|
Menyebutkan
manfaat
pekerjaan bagi
pekerja dan
masyarakat dan
sebagian besar
benar
|
Menyebutkan
manfaat
pekerjaan bagi
pekerja dan
masyarakat dan
sebagian kecil
benar.
|
Menyebutkan
manfaat
pekerjaan bagi
pekerja dan
masyarakat,
namun tidak
ada yang sesuai
atau benar
|
|
Hasil yang
diperoleh
|
Menyebutkan
hasil yang
diperoleh
pekerja dari
pekerjaannya
dan semuanya
benar
|
Menyebutkan
hasil yang
diperoleh
pekerja dari
pekerjaannya
dan sebagian
besar benar.
|
Menyebutkan
hasil yang
diperoleh
pekerja dari
pekerjaannya
dan sebagian
kecil benar
|
Tidak
menyebutkan
hasil yang
diperoleh
pekerja dari
pekerjaannya.
|
|
Penilaian (penskoran):
Total Nilai Siswa x 10
Total Nilai Maksimal
3. Bahasa Indonesia
Komentar siswa tentang tokoh
dinilai dengan menggunakan rubrik.
Berilah tanda centang () pada
bagian yang memenuhi kriteria
Kriteria
|
Baik Sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
Gambar
|
Gambar yang
dihasilkan
mencerminkan
tokoh dalam
cerita
|
Gambar yang
dihasilkan
sebagian besar
mencerminkan
tokoh dalam
cerita.
|
Gambar yang
dihasilkan
sebagian kecil
mencerminkan
tokoh dalam
cerita
|
Gambar yang
dihasilkan tidak
mencerminkan
tokoh dalam
cerita.
|
|
Alasan
pemilihan
tokoh
|
Alasan
pemilihan tokoh
didasarkan
kepada fakta
yang ada
|
Sebagian
besar alasan
pemilihan tokoh
didasarkan
kepada fakta
yang ada
|
Sebagian
kecil alasan
pemilihan tokoh
didasarkan
kepada fakta
yang ada
|
Alasan diberikan
berdasarkan
opini bukan fakta
dari cerita.
|
|
Topik
|
Topiktopik
Yang disampaikan
sesuai dengan
cerita.
|
Sebagian besar
topik yang
disampaikan
sesuai dengan
cerita.
|
Sebagian kecil
topik yang
disampaikan
sesuai dengan
cerita
|
Topik yang
disampaikan di
luar cerita yang
ada.
|
|
Fakta
pendukung
|
Fakta
pendukung
yang
disampaikan
seluruhnya
sesuai dengan
isi cerita
|
Fakta
pendukung yang
disampaikan
sebagian besar
sesuai dengan
isi cerita.
|
Fakta
pendukung
yang
disampaikan
sebagian kecil
sesuai dengan
isi cerita.
|
Fakta yang
disampaikan
tidak sesuai
cerita
|
|
Penilaian (penskoran):
Total Nilai Siswa x 10
Total Nilai Maksimal
4. IPA
Tugas peta pikiran dinilai dengan centang (√).
Indikator
penilaian
|
Ada
|
Tidak ada
|
Seluruh kotak diisi.
|
|
|
Jawaban sesuai dengan konsep.
|
|
|
Jawaban fokus kepada inti pertanyaan
di
tengah peta pikiran.
|
|
|
Pengisian tabel dinilai dengan menggunakan
centang (√).
Indikator
penilaian
|
Ada
|
Tidak ada
|
Menyebutkan dua jenis sumber alam
dengan benar.
|
|
|
Menyebutkan cara menjaga sumber
alam
dengan benar paling sedikit 3.
|
|
|
5. Penilaian sikap (Percaya diri). Contoh
format di lampiran 2 Buku Guru.
H. Sumber
dan Media
o
Buku Guru
o
Buku Siswa
o
Teh
Mengetahui,
Kepala SD Islam Mutiara
Dra.
CUT ERNAWATI
NIP. 19681231
200504 2 001
|
|
Beureunuen, …, ………......, 2017
Guru Kelas IV
FIKRI
ROSTINA
NIP: 19781030 200801 2 001
|
Lembar Kerja Siswa
(LKS)
Jawablah
pertanyaan berikut berdasarkan cerita “ Taman Bermain yang Hilang pada bukumu!
1.
Siapa
yang tinggal di dalam hutan bakau?
2.
Apa
yang biasa dilakukan Kupi dengan ayahnya?
3.
Mengapa
Kupi sedih dan marah?
4.
Gambarlah
salah satu tokoh! Tulislah pendapatmu tentang tokoh tersebut!
Sampaikan
gambar dan tulisanmu kepada teman kelompokmu! Mintalah pendapat mereka!
5.
Apakah
gambarmu sama dengan gambar temanmu? Jelaskan!
MEDIA
RPP LAINNYA:
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment