RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri Gampong Gajah
Kelas/Semester : 1/1
Tema 4 :
Keluargaku
Sub
Tema 1/ Pembelajaran : Anggota Keluargaku/ 1
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
KOMPETENSI INTI :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman,
guru dan tetangga
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang
jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR (KD)/ INDIKATOR
a) SBdP
3.2 Memahami
elemen music melalui
lagu
3.2.1 Menyanyikan lagu dengan tinggi rendah
suara yang tepat dengan penuh percaya
diri.
4.2 Menirukan
elemen musik melalui
lagu
4.2.1 Menjelaskan isi lagu dengan tepat dan santun.
b) Bahasa Indonesia
3.9 Merinci
kosakata dan ungkapan perkenalan diri, keluarga, dan orang-orang di tempat
tinggalnya secara lisan dan tulis yang dapat dibantu dengan kosakata bahasa
daerah.
3.9.1
Memperkenalkan diri
dengan menyebut nama panggilan
4.9 Menggunakan
kosakata dan ungkapan yang tepat untuk perkenalan diri, keluarga, dan
orang-orang di tempat tinggalnya secara sederhana dalam bentuk lisan dan
tulisan
4.9.1
Mempraktikkan perkenalan diri dan
anggota keluarga inti dengan santun dan percaya
diri.
c) PPKn
1.1 Mensyukuri
ditetapkannya bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, dan padi kapas sebagai
gambar pada lambing negara “Garuda Pancasila”.
2.1 Bersikap
santun, rukun, mandiri, dan percaya diri sesuai dengan sila-sila Pancasila dalam
lambang negara “Garuda Pancasila” dalam kehidupan sehari-hari.
3.1 Mengenal
simbol sila-sila Pancasila
dalam lambang negara
“Garuda Pancasila”.
3.1.1 Menghafalkan sila pertama dalam Pancasila dengan percaya
diri.
4.1 Menceritakan
simbol-simbol sila Pancasila
pada Lambang Garuda sila
Pancasila.
4.1.1 Mempraktikkan cara bersyukur dengan baik.
C.
TUJUAN PEMBELAJARAN :
1. Dengan
mendengarkan lagu dan menyimak penjelasan guru, siswa dapat menyanyikan lagu dengan tinggi rendah suara
yang tepat dengan penuh percaya
diri.
2. Melalui
kegiatan diskusi, siswa dapat menjelaskan isi lagu dengan tepat dan santun.
3. Dengan
menyimak penjelasan guru, siswa dapat menjelaskan tata cara perkenalan diri dengan tepat.
4. Dengan
mengamati contoh yang diperagakan oleh guru, siswa dapat mempraktikkan perkenalan diri dan anggota
keluarga inti dengan santun dan percaya
diri.
5. Dengan menyimak
penjelasan guru, siswa dapat menghafalkan sila pertama dalam Pancasila dengan percaya
diri.
6.
Dengan arahan guru, siswa dapat
mempraktikkan cara bersyukur dengan baik.
D. DESKRIPSI MATERI
PELAJARAN
1.
Membaca Teks
Anggota Keluargaku.
2.
Membaca Teks Keluarga
Udin.
3.
Menyanyikan Lagu
Satu-satu Aku Sayang Ibu.
4.
Memperkenalkan
Anggota Keluarga.
5. Menghafal sila pertama Pancasila.
E.
PENDEKATAN
DAN METODE
1. Pendekatan :
Scientific
2.
Strategi :
Kooperative learning
3.
Teknik : Picture and
Picture
4. Matode :
Ceramah, tanya jawab,
pemberian tugas dan diskusi
F.
KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
§ Kelas
dibuka dengan salam, menanyakan kabar, dan doa bersama.
§ Mengondisikan
siswa dengan yel-yel kelas dan ‘tepuk semangat’.
§ Memeriksa
kerapian pakaian dan kebersihan kelas.
o Siswa
menyimak penjelasan guru tentang tujuan
dan aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan.
§ Siswa
menyimak arahan guru tentang pentingnya
sikap syukur, santun, percaya diri
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o Dengan
bimbingan guru, siswa bersama-sama membaca
teks Keluarga Udin.
o Siswa
difasilitasi bertanya jawab tentang teks Keluarga Udin.
o Siswa
menyimak penjelasan guru tentang sikap
bersyukur atas karunia Tuhan Yang Maha Esa
berupa keluarga yang bahagia.
o Ajaklah
siswa berlatih kembali mengenal keluarga
Udin dengan menyebutkan namanamanya.
o Siswa
menyimak penjelasan guru tentang kegiatan
menyanyikan lagu Satu-Satu Aku Sayang
Ibu dengan memperhatikan suara tinggi
atau rendah.
§ Siswa menyanyikan
lagu secara bersama.
o Untuk
melatih kepercayaan diri, siswa diminta
secara sukarela (boleh berpasangan)menyanyikan lagu di depan kelas
o Siswa
diminta mendiskusikan isi lagu tersebut dengan
teman sebelahnya. Guru membimbing jalannya
diskusi.
o Perwakilan
siswa menceritakan hasil diskusi di depan
kelas.
o Beberapa
hari sebelum pembelajaran, siswa diinformasikan
membawa foto keluarga untuk kegiatan
hari ini. Jika siswa kesulitan, guru bisa
membantu membuat gambar ilustrasi di papan
tulis.
§ Guru
menunjukkan foto keluarganya.
o Siswa
diminta mengamati dan mengajukan pertanyaan
atas foto tersebut.
§ Guru
dapat memberikan contoh pertanyaan,
misalnya :
ü ~~Siapa nama ayah?
ü ~~Berapa anggota keluarga yang
perempuan?
o Siswa
diminta mengisi pertanyaan tentang banyak anggota
keluarga sesuai foto keluarga guru atau
gambar foto pada ilustrasi guru sedang
mengenalkan anggota keluarganya (kolom isilah sesuai gambar). •
Siswa menyimak penjelasan guru tentang foto Udin yang sedang memperkenalkan
diri.
o Siswa
menyimak arahan guru tentang cara perkenalan
yang baik :
·
Mengucapkan
salam pembuka.
·
Menyebutkan
nama diri.
·
Menyebutkan
nama ayah.
·
Menyebutkan
nama ibu.
·
Menyebutkan
nama kakak-adik (jika memiliki)
·
Mengucapkan
terima kasih
·
Mengucapkan
salam penutup.
o Siswa
mempraktikkan perkenalan anggota keluarga
di depan kelas. Siswa diarahkan jika mengalami
kesulitan dalam perkenalan.
o Siswa
saling memberikan apresiasi atas perkenalan
siswa lain.
o Siswa
menyimak penjelasan guru tentang pentingnya
kasih sayang dalam keluarga dan rasa syukur
atas karunia Tuhan Yang Maha Esa berupa
keluarga yang bahagia.
o Siswa
menyimak cerita guru bahwa negara kita memiliki
dasar negara Pancasila.
o Guru
mengarahkan pemahaman siswa bahwa bersyukur
kepada Tuhan atas karunia berupa keluarga
yang bahagia sesuai dengan sila pertama
Pancasila.
o Bersama
guru, siswa menghafalkan sila pertama
Pancasila.
o Siswa
dibagi dalam kelompok, misal setiap kelompok
terdiri dari 5 siswa.
o Guru
membagikan amplop berisi teks Pancasila.
o Secara
berkelompok, siswa diminta mengurutkan
teks Pancasila sesuai dengan teks yang
ada di buku siswa.
o Sikap
bersyukur adalah cerminan dari sila pertama
dalam Pancasila, yaitu Ketuhanan yang Maha
Esa.
o Siswa
difasilitasi untuk bertanya jawab tentang bentuk-bentuk rasa syukur yang
bisa dilakukan oleh
siswa. Misalnya mengucapkan terima kasih
atas badan yang sehat, makanan yang enak,
sekolah yang bagus, dan sebagainya.
o Guru
mengarahkan kembali pentingnya rasa syukur
atas karunia keluarga yang bahagia.
§ Siswa
mempraktikkan cara bersyukur atas karunia keluarga bahagia.
§ Siswa
diingatkan akan pentingnya sikap peduli apabila ada siswa yang ayah/ibunya sudah meninggal.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
o Siswa
berpasangan saling menceritakan kegiatan pembelajaran hari ini.
o Siswa
bersama guru melakukan refleksi :
·
Materi
apa saja yang telah dipahami?
·
Materi
apa saja yang belum dipahami?
·
Adakah
hal-hal yang ingin diketahui oleh siswa lebih lanjut?
·
Bagaimana
perasaan selama pembelajaran berlangsung?
o Siswa
menyimak penguatan materi yang disampaikan guru.
o Siswa
menyimak kembali arahan guru akan nilai-nilai kasih sayang dalam keluarga.
o Bersama
siswa, guru menyimpulkan kegiatan pembelajaran. Termasuk menekankan sikap syukur, santun,
dan percaya diri.
o Siswa
menyimak penjelasan guru tentang kegiatan pada esok hari, yaitu kegiatan berolahraga sambil
memperkenalkan diri. Mintalah siswa langsung
memakai seragam olahraga dari rumah.
o
Kegiatan diakhiri dengan
merapikan pakaian, peralatan belajar, kebersihan kelas, yel-yel
kelas, dan doa bersama.
|
15 menit
|
G.
Penilaian :
1.
Aspek
yang dinilai; a.Penilaian
Sikap
b.Penilaian Pengetahuan
c. Penilaian Ketrampilan
2.
Jenis
penilaian; a.
observasi
b. tertulis,lisan
c. praktek,projek
3.
Instrumen
Penilaian
4.
Rubrik
dan Penskoran Nilai;
Penilaian
1. Penilaian Sikap:
Pengamatan dan pencatatan sikap
siswa selama kegiatan menggunakan lembar observasi (lihat pedoman penilaian).
2. Penilaian
Pengetahuan:
·
Menjawab pertanyaan lisan tentang tata cara
memperkenalkan diri yang benar.
Penilaian
Banyaknya
jawaban benar
|
Nilai
|
≥ 4
|
100
|
3
|
75
|
2
|
50
|
1
|
25
|
Kunci jawaban :
1. Mengucapkan
salam pembuka.
2. Menyebutkan
nama diri.
3. Menyebutkan
nama ayah.
4. Menyebutkan
nama ibu.
5. Menyebutkan
nama kakak atau adik (jika ada)
3. Penilaian Keterampilan:
Penilaian Unjuk
Kerja
Memperkenalkan diri
lewat permainan dan nyanyian
Aspek
|
Baik
Sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Pendampingan
|
Menyanyikan lagu dengan tinggi rendah
suara
|
Memenuhi 4 kriteria
(hafal syair, tinggi
rendah suara tepat,
mimik wajah sesuai
dan ada gerakan yang
tepat)
|
Memenuhi 3
dari 4 kriteria
|
Memenuhi 2
dari
4 kriteria
|
Memenuhi 1 dari 4 kriteria
|
Mempraktikkan cara
Memperkenalkan anggota keluarga inti
|
Memenuhi 4 kriteria
(mengucapkan salam,
menyebutkan nama
diri, menyebutkan
nama ayah dan
ibu, lancar dalam
perkenalan)
|
Memenuhi 3
dari 4 kriteria
|
Memenuhi 2
dari 4 kriteria
|
Memenuhi 1 dari 4 kriteria
|
Lembar
Penilaian Keterampilan :
Menyanyikan
lagu dengan tinggi rendah suara
No
|
Nama
Siswa
|
Hafal
syair
|
Tinggi rendah
suara tepat
|
Mimik wajah
sesuai
|
Gerakan
tepat
|
Skor
|
Predikat
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Mempraktikkan
cara memperkenalkan anggota keluarga inti
No
|
Nama
Siswa
|
Mengucapkan
salam
|
Menyebutkan
nama diri
|
Menyebutkan
nama ayah
dan ibu
|
Lancar
dalam perkenalan
|
Skor
|
Predikat
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
H. Sumber dan Media
§
Buku pegangan siswa.
§
Foto keluarga siswa.
§
Foto keluarga guru.
§
Teks sila dalam Pancasila :
•
Disiapkan 5 lembar kertas , setiap
kertas dituliskan satu sila Pancasila.
•
Kelima kertas tersebut diacak dan
dimasukkan ke dalam amplop.
•
Setiap kelompok akan menerima satu
paket amplop.
•
Banyaknya paket amplop yang
disediakan, disesuaikan dengan jumlah kelompok
yang akan dibentuk.
Mengetahui,
Kepala SD Negeri Gampong
Gajah
BUNGSU JOHARI, S.Pd
NIP. 19650110 198610 2 001
|
|
Gampong Gajah, …, ……….., 2017
Guru Kelas I
NURBAIDAH
NIP: 19651231
198610 2 004
|
Lembar Kerja Siswa
(LKS)
Anggota keluarga
terdiri dari ayah, ibu, kakak, dan adik.
Ada
laki-laki dan ada perempuan.
Lihatlah
foto yang dipegang Ibu guru.
Isilah
sesuai gambar.
Tulis
jawaban pada kotak.
Banyaknya anggota keluarga perempuan
Banyaknya anggota keluarga laki-laki
Jumlah seluruh anggota keluarga
MEDIA
RPP LAINNYA;
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment