Home » » TEMA 4 KELAS 1 SUB 1 PB 1 (Revisi 2017)

TEMA 4 KELAS 1 SUB 1 PB 1 (Revisi 2017)

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Sunday 8 October 2017

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP)




Satuan Pendidikan                   : SD Negeri Gampong Gajah
Kelas/Semester                       : 1/1
Tema 4                                    : Keluargaku
Sub Tema 1/ Pembelajaran       : Anggota Keluargaku/ 1
Alokasi Waktu                         : 1 Hari


A. KOMPETENSI INTI :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B. KOMPETENSI DASAR (KD)/ INDIKATOR
a) SBdP
3.2  Memahami elemen music melalui lagu
3.2.1 Menyanyikan lagu dengan tinggi rendah suara yang tepat dengan penuh percaya diri.
4.2  Menirukan elemen musik melalui lagu
4.2.1 Menjelaskan isi lagu dengan tepat dan santun.

b) Bahasa Indonesia
3.9 Merinci kosakata dan ungkapan perkenalan diri, keluarga, dan orang-orang di tempat tinggalnya secara lisan dan tulis yang dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah.
3.9.1        Memperkenalkan diri dengan menyebut nama panggilan
4.9 Menggunakan kosakata dan ungkapan yang tepat untuk perkenalan diri, keluarga, dan orang-orang di tempat tinggalnya secara sederhana dalam bentuk lisan dan tulisan
4.9.1        Mempraktikkan perkenalan diri dan anggota keluarga inti dengan santun dan percaya diri.

c) PPKn
1.1 Mensyukuri ditetapkannya bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, dan padi kapas sebagai gambar pada lambing negara “Garuda Pancasila”.
2.1 Bersikap santun, rukun, mandiri, dan percaya diri sesuai dengan sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila” dalam kehidupan sehari-hari.
3.1  Mengenal simbol sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”.
3.1.1 Menghafalkan sila pertama dalam Pancasila dengan percaya diri.
4.1  Menceritakan simbol-simbol sila Pancasila pada Lambang Garuda sila Pancasila.
4.1.1 Mempraktikkan cara bersyukur dengan baik.

C.      TUJUAN PEMBELAJARAN :
1.      Dengan mendengarkan lagu dan menyimak penjelasan guru, siswa dapat menyanyikan lagu dengan tinggi rendah suara yang tepat dengan penuh percaya diri.
2.      Melalui kegiatan diskusi, siswa dapat menjelaskan isi lagu dengan tepat dan santun.
3.      Dengan menyimak penjelasan guru, siswa dapat menjelaskan tata cara perkenalan diri dengan tepat.
4.      Dengan mengamati contoh yang diperagakan oleh guru, siswa dapat mempraktikkan perkenalan diri dan anggota keluarga inti dengan santun dan percaya diri.
5.      Dengan menyimak penjelasan guru, siswa dapat menghafalkan sila pertama dalam Pancasila dengan percaya diri.
6.      Dengan arahan guru, siswa dapat mempraktikkan cara bersyukur dengan baik.

D.      DESKRIPSI MATERI PELAJARAN
1.      Membaca Teks Anggota Keluargaku.
2.      Membaca Teks Keluarga Udin.
3.      Menyanyikan Lagu Satu-satu Aku Sayang Ibu.
4.      Memperkenalkan Anggota Keluarga.
5.      Menghafal sila pertama Pancasila.

E.       PENDEKATAN DAN METODE
1.  Pendekatan     : Scientific
2.  Strategi            : Kooperative learning
3. Teknik             : Picture and Picture
4.  Matode            : Ceramah, tanya jawab, pemberian tugas dan diskusi

F.       KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
§  Kelas dibuka dengan salam, menanyakan kabar, dan doa bersama.
§  Mengondisikan siswa dengan yel-yel kelas dan ‘tepuk semangat’.
§  Memeriksa kerapian pakaian dan kebersihan kelas.
o   Siswa menyimak penjelasan guru tentang tujuan dan aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan.
§  Siswa menyimak arahan guru tentang pentingnya sikap syukur, santun, percaya diri

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Dengan bimbingan guru, siswa bersama-sama membaca teks Keluarga Udin.
o   Siswa difasilitasi bertanya jawab tentang teks Keluarga Udin.
o   Siswa menyimak penjelasan guru tentang sikap bersyukur atas karunia Tuhan Yang Maha Esa berupa keluarga yang bahagia.
o   Ajaklah siswa berlatih kembali mengenal keluarga Udin dengan menyebutkan namanamanya.
o   Siswa menyimak penjelasan guru tentang kegiatan menyanyikan lagu Satu-Satu Aku Sayang Ibu dengan memperhatikan suara tinggi atau rendah.
§  Siswa menyanyikan lagu secara bersama.
o   Untuk melatih kepercayaan diri, siswa diminta secara sukarela (boleh berpasangan)menyanyikan lagu di depan kelas
o   Siswa diminta mendiskusikan isi lagu tersebut dengan teman sebelahnya. Guru membimbing jalannya diskusi.
o   Perwakilan siswa menceritakan hasil diskusi di depan kelas.
o   Beberapa hari sebelum pembelajaran, siswa diinformasikan membawa foto keluarga untuk kegiatan hari ini. Jika siswa kesulitan, guru bisa membantu membuat gambar ilustrasi di papan tulis.
§  Guru menunjukkan foto keluarganya.
o   Siswa diminta mengamati dan mengajukan pertanyaan atas foto tersebut.
§  Guru dapat memberikan contoh pertanyaan,
misalnya :
ü  ~~Siapa nama ayah?
ü  ~~Berapa anggota keluarga yang perempuan?
o   Siswa diminta mengisi pertanyaan tentang banyak anggota keluarga sesuai foto keluarga guru atau gambar foto pada ilustrasi guru sedang mengenalkan anggota keluarganya (kolom isilah sesuai gambar). • Siswa menyimak penjelasan guru tentang foto Udin yang sedang memperkenalkan diri.
o   Siswa menyimak arahan guru tentang cara perkenalan yang baik :
·         Mengucapkan salam pembuka.
·         Menyebutkan nama diri.
·         Menyebutkan nama ayah.
·         Menyebutkan nama ibu.
·         Menyebutkan nama kakak-adik (jika memiliki)
·         Mengucapkan terima kasih
·         Mengucapkan salam penutup.
o   Siswa mempraktikkan perkenalan anggota keluarga di depan kelas. Siswa diarahkan jika mengalami kesulitan dalam perkenalan.
o   Siswa saling memberikan apresiasi atas perkenalan siswa lain.
o   Siswa menyimak penjelasan guru tentang pentingnya kasih sayang dalam keluarga dan rasa syukur atas karunia Tuhan Yang Maha Esa berupa keluarga yang bahagia.
o   Siswa menyimak cerita guru bahwa negara kita memiliki dasar negara Pancasila.
o   Guru mengarahkan pemahaman siswa bahwa bersyukur kepada Tuhan atas karunia berupa keluarga yang bahagia sesuai dengan sila pertama Pancasila.
o   Bersama guru, siswa menghafalkan sila pertama Pancasila.
o   Siswa dibagi dalam kelompok, misal setiap kelompok terdiri dari 5 siswa.
o   Guru membagikan amplop berisi teks Pancasila.
o   Secara berkelompok, siswa diminta mengurutkan teks Pancasila sesuai dengan teks yang ada di buku siswa.
o   Sikap bersyukur adalah cerminan dari sila pertama dalam Pancasila, yaitu Ketuhanan yang Maha Esa.
o   Siswa difasilitasi untuk bertanya jawab tentang bentuk-bentuk rasa syukur yang bisa dilakukan oleh siswa. Misalnya mengucapkan terima kasih atas badan yang sehat, makanan yang enak, sekolah yang bagus, dan sebagainya.
o   Guru mengarahkan kembali pentingnya rasa syukur atas karunia keluarga yang bahagia.
§  Siswa mempraktikkan cara bersyukur atas karunia keluarga bahagia.
§  Siswa diingatkan akan pentingnya sikap peduli apabila ada siswa yang ayah/ibunya sudah meninggal.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
o   Siswa berpasangan saling menceritakan kegiatan pembelajaran hari ini.
o   Siswa bersama guru melakukan refleksi :
·         Materi apa saja yang telah dipahami?
·         Materi apa saja yang belum dipahami?
·         Adakah hal-hal yang ingin diketahui oleh siswa lebih lanjut?
·         Bagaimana perasaan selama pembelajaran berlangsung?
o   Siswa menyimak penguatan materi yang disampaikan guru.
o   Siswa menyimak kembali arahan guru akan nilai-nilai kasih sayang dalam keluarga.
o   Bersama siswa, guru menyimpulkan kegiatan pembelajaran. Termasuk menekankan sikap syukur, santun, dan percaya diri.
o   Siswa menyimak penjelasan guru tentang kegiatan pada esok hari, yaitu kegiatan berolahraga sambil memperkenalkan diri. Mintalah siswa langsung memakai seragam olahraga dari rumah.
o   Kegiatan diakhiri dengan merapikan pakaian, peralatan belajar, kebersihan kelas, yel-yel kelas, dan doa bersama.
15 menit

G.      Penilaian :
1.      Aspek yang dinilai;     a.Penilaian Sikap
                                                  b.Penilaian Pengetahuan
                                                  c. Penilaian Ketrampilan       
2.      Jenis penilaian;            a. observasi
                                            b. tertulis,lisan
                                            c. praktek,projek
3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;


Penilaian
1.      Penilaian Sikap:
Pengamatan dan pencatatan sikap siswa selama kegiatan menggunakan lembar observasi (lihat pedoman penilaian).

2.      Penilaian Pengetahuan:
·          Menjawab pertanyaan lisan tentang tata cara memperkenalkan diri yang benar.
Penilaian
Banyaknya
jawaban benar
Nilai
≥ 4
100
3
75
2
50
1
25

Kunci jawaban :
1.      Mengucapkan salam pembuka.
2.      Menyebutkan nama diri.
3.      Menyebutkan nama ayah.
4.      Menyebutkan nama ibu.
5.      Menyebutkan nama kakak atau adik (jika ada)

3. Penilaian Keterampilan:

Penilaian Unjuk Kerja
Memperkenalkan diri lewat permainan dan nyanyian
Aspek
Baik Sekali
Baik
Cukup
Perlu Pendampingan
Menyanyikan lagu dengan tinggi rendah suara
Memenuhi 4 kriteria
(hafal syair, tinggi
rendah suara tepat,
mimik wajah sesuai
dan ada gerakan yang
tepat)
Memenuhi 3
dari 4 kriteria
Memenuhi 2
dari 4 kriteria
Memenuhi 1 dari 4 kriteria
Mempraktikkan cara
Memperkenalkan anggota keluarga inti
Memenuhi 4 kriteria
(mengucapkan salam,
menyebutkan nama
diri, menyebutkan
nama ayah dan
ibu, lancar dalam
perkenalan)
Memenuhi 3
dari 4 kriteria
Memenuhi 2
dari 4 kriteria
Memenuhi 1 dari 4 kriteria
Lembar Penilaian Keterampilan :
Menyanyikan lagu dengan tinggi rendah suara

No
Nama
Siswa
Hafal
syair
Tinggi rendah
suara tepat
Mimik wajah
sesuai
Gerakan
tepat
Skor
Predikat




















































































































































































































































Mempraktikkan cara memperkenalkan anggota keluarga inti
No
Nama
Siswa
Mengucapkan
salam
Menyebutkan
nama diri
Menyebutkan
nama ayah
dan ibu
Lancar
dalam perkenalan
Skor
Predikat


















































































































































































































































H.      Sumber dan Media
§   Buku pegangan siswa.
§   Foto keluarga siswa.
§   Foto keluarga guru.
§   Teks sila dalam Pancasila :
         Disiapkan 5 lembar kertas , setiap kertas dituliskan satu sila Pancasila.
         Kelima kertas tersebut diacak dan dimasukkan ke dalam amplop.
         Setiap kelompok akan menerima satu paket amplop.
         Banyaknya paket amplop yang disediakan, disesuaikan dengan jumlah kelompok yang akan dibentuk.



Mengetahui,
Kepala SD Negeri Gampong Gajah



BUNGSU JOHARI, S.Pd
NIP. 19650110 198610 2 001

Gampong Gajah, …, ………..,  2017
Guru Kelas I



NURBAIDAH
NIP: 19651231 198610 2 004



Lembar Kerja Siswa
(LKS)



TEMA 4 KELAS 1 SUB 1 PB 1 (Revisi 2017)


 Anggota keluarga terdiri dari ayah, ibu, kakak, dan adik.
Ada laki-laki dan ada perempuan.
Lihatlah foto yang dipegang Ibu guru.
Isilah sesuai gambar.
Tulis jawaban pada kotak.
Banyaknya anggota keluarga perempuan
Banyaknya anggota keluarga laki-laki
Jumlah seluruh anggota keluarga

MEDIA
TEMA 4 KELAS 1 SUB 1 PB 1 (Revisi 2017)

TEMA 4 KELAS 1 SUB 1 PB 1 (Revisi 2017)

RPP LAINNYA;

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors