Home » » TEMA 4 KELAS 5 SUB 1 PB 1 (Revisi 2017)

TEMA 4 KELAS 5 SUB 1 PB 1 (Revisi 2017)

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Monday 9 October 2017

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP)




Satuan Pendidikan                   : SD Negeri 7 Sigli
Kelas/Semester                        : 5/1
Tema 4                                    : Sehat itu Penting
Sub Tema 1/ Pembelajaran       : Peredaran Darahku Sehat/1
Alokasi Waktu                         : 1 Hari


A. KOMPETENSI INTI :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B. KOMPETENSI DASAR (KD)/ INDIKATOR
a) IPA
3.4 Menjelaskan organ peredaran darah dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memelihara kesehatan organ peredaran darah  manusia.
3.4.1        Menjelaskan organ peredaran darah dan fungsinya pada manusia secara rinci.
4.4  Menyajikan karya tentang organ peredaran darah pada manusia.
4.4.1   Menggambar cara kerja organ peredaran darah manusia secara rinci.

b) Bhs. Indonesia
3.6 Menggali isi dan amanat pantun yang disajikan secara lisan dan tulis dengan tujuan untuk kesenangan.
3.6.1        Menyebutkan bagian-bagian dan ciri-ciri pantun dengan tepat.
4.6 Melisankan pantun hasil karya pribadi dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat sebagai bentuk ungkapan diri.
4.6.1        Membuat pantun dengan tema tertentu, lalu menunjukkan unsur-unsur pantun yang dibuat dengan benar.

C.      TUJUAN PEMBELAJARAN :
1.      Dengan kegiatan mengamati gambar peredaran darah manusia, siswa dapat menjelaskan organ peredaran darah dan fungsinya pada manusia secara rinci.
2.      Dengan kegiatan berkreasi menggambar, siswa dapat menggambar cara kerja organ peredaran darah manusia secara rinci.
3.      Dengan kegiatan mencari tahu tentang pantun, siswa dapat menyebutkan bagian-bagian dan ciri-ciri pantun dengan tepat.
4.      Dengan kegiatan mencari tahu tentang pantun, siswa dapat membuat pantun dengan tema tertentu, lalu menunjukkan unsur-unsur pantun yang dibuat dengan benar.

D.      DESKRIPSI MATERI PELAJARAN
1.      Mengamati gambar organ peredaran darah dan fungsinya pada manusia.
2.      Menuliskan organ peredaran darah dan fungsinya pada manusia.
3.      Membaca pantun
4.      Menjelaskan pengertian pantun

E.       PENDEKATANDAN METODE
1.  Pendekatan     : Scientific
2.  Strategi            : Kooperative learning
3. Teknik             : Picture and Picture
4.  Matode            : Ceramah, tanya jawab, pemberian tugas dan diskusi

F.       KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
o   Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
o   Mengajak semua siswa berdoa.
o   Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
o   Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
o   Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
o   Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
o   Menginformasikan tentang subtema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Makanan Sehat”.
o   Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan meminta salahsatu siswa membacakan pantun pada buku siswa dengan suara nyaring.
o   Guru menstimulus daya analisis siswa dengan mengajukan pertanyaan: Apa isi pantun yang dibacakan temanmu?
o   Siswa mengembangkan jawaban mengenai isi pantun yang dibacakan temannya secara mandiri dalam kaitannya dengan pentingnya menjaga kesehatan tubuh.

Catatan:
o   Kegiatan ini dimaksudkan sebagai pra-test dan merangsang keingintahuan siswa untuk belajar tentang sikap peduli terhadap kesehatan tubuh melalui isi pantun. Dengan demikian, kegiatan awal pembelajaran awal ini dilakukan secara menarik dan interaktif.
o   Kegiatan ini ditujukan untuk memberikan pemahaman kepada siswa tentang KD Bahasa Indonesia 3.4 dan 4.6.
o   Pada kegiatan AYO MENGAMATI: Secara mandiri siswa diminta untuk mengamati gambar peredaran darah pada manusia.
Catatan:
o   Pada kegiatan mengamati, guru menstimulus siswa agar cermat dalam mengamati gambar bagian-bagian jantung yang terlibat dalam peredaran darah.
o   Guru menstimulus daya analisis siswa dengan mengajukan pertanyaan: Apa saja bagianbagian jantung yang tampak pada gambar?
o   Siswa diminta menyebutkan bagian-bagian jantung yang terlibat dalam proses peredaran darah.
o   Guru menjelaskan kepada siswa bahwa peredaran darah pada manusia ada dua, yaitu peredaran darah kecil dan peredaran darah besar.
o   Kegiatan ini ditujukan untuk memberikan pemahaman kepada siswa tentang KD IPA 3.4.
o   Pada kegiatan AYO MENULIS: Setelah siswa mengetahui peredaran darah kecil dan peredaran darah besar pada manusia, siswa diminta mencari informasi tentang organ tubuh yang terlibat dalam proses peredaran darah dari berbagai sumber.
o   Guru menciptakan suasana demokratis sehingga siswa dapat memperoleh informasi baik melalui buku atau sumber lainnya maupun berdiskusi dengan siswa lainnya.
o   Siswa diminta menuliskan organ-organ tubuh manusia yang terlibat dalam peredaran darah.

Catatan 1:
o   Berikan umpan balik di sepanjang proses kegiatan, terutama bagi tumbuh dan berkembangnya keterampilan menulis.
o   Kegiatan ini bisa dijadikan sebagai salah satu alternatif penilaian, dengan melihat ketepatan jawaban siswa.
o   Kegiatan ini ditujukan untuk memberikan pemahaman kepada siswa tentang KD IPA 3.4.
o   Pada akhir kegiatan ini guru memberikan penguatan bahwa “Kita harus menjaga kesehatan organ-organ peredaran darah”.
o   Pada kegiatan AYO MENCOBA: Siswa telah memahami bahwa jantung merupakan salah satu organ yang terlibat dalam peredaran darah. Jantung berfungsi untuk memompa darah. Selanjutnya, siswa diminta mencoba merasakan denyut nadi atau denyut jantungnya.
o   Denyut nadi terjadi karena jantung memompa darah ke dalam pembuluh nadi. Oleh karena itu, pembuluh nadi ikut berdenyut. Denyut nadi dapat terasa jelas dengan menekan pembuluh nadi pada pergelangan tangan dan bagianleher di bawah telinga.
o   Guru meminta masing-masing siswa untuk menempelkan ketiga jari tangan kanan (telunjuk, tengah, dan manis) pada pergelangan tangan kiri, lalu menekannya secara perlahan.
§  Siswa diminta merasakan dan menghitung denyut nadinya selama 15 detik.
o   Siswa diminta menghitung kecepatan denyut jantung dengan cara, hasil penghitungan denyut jantung selama 15 detik dikalikan 4.
o   Kegiatan ini ditujukan untuk memberikan pemahaman kepada siswa tentang KD IPA 3.4.
o   Pada kegiatan AYO MENCARI TAHU: Siswa telah memahami bahwa pembuluh darah merupakan salah satu organ tubuh yang terlibat dalam peredaran darah. Pembuluh darah terdiri atas dua jenis, yaitu pembuluh nadi dan pembuluh balik. Selanjutnya, siswa diminta untuk mencari informasi tentang perbedaan-perbedaan pokok antara pembuluh nadi dan pembuluh balik.
o   Guru dapat mengajak siswa ke perpustakaan sekolah agar siswa leluasa dalam mencari informasi melalui buku-buku atau jaringan internet di sekolah.
o   Siswa mengolah dan menyajikan/menuangkan data/informasi yang didapat secara tertulis dalam bentuk tabel seperti contoh dalam buku siswa.
o   Kegiatan ini ditujukan untuk memberikan pemahaman kepada siswa tentang KD IPA 3.4 dan 4.4.
o   Pada kegiatan AYO BERKREASI: Berdasarkan uraian pada buku siswa, siswa telah memahami peredaran darah pada manusia. Selanjutnya, siswa diminta untuk menggambar cara kerja organ peredaran darah pada manusia dan menuliskan keterangan gambar yang dibuat.
o   Alat dan bahan yang diperlukan sebagai berikut.
·         Kertas gambar.
·         Pensil.
·         Penghapus.
·         Pewarna (spidol atau pensil warna).
o   Setelah itu, siswa juga diminta menuliskan cara kerja organ peredaran darah manusia berdasarkan gambar yang dibuat.
o   Siswa diminta mengumpulkan hasil gambarnya.
o   Guru mengonfirmasi dan mengapresiasi hasil gambar siswa.
o   Guru menyatukan hasil gambar siswa dalam bentuk kliping.

Catatan:
o   Guru dapat menjadikan kegiatan ini untuk memberikan penilaian dalam rubrik AYO BERKREASI.
o   Kegiatan ini ditujukan untuk memberikan pemahaman kepada siswa tentang KD IPA 3.4 dan 4.4.
o   Pada kegiatan AYO MENULIS: Guru membuat jembatan untuk mengantarkan pembelajaran dari materi peredaran darah manusia ke materi pantun,
o   misalnya dengan mengatakan, “Menjaga kesehatan organ peredaran darah merupakan wujud syukur kepada Tuhan. Cara mengungkapkan rasa syukur dapat dilakukan dalam berbagai cara, misalnya melalui pantun.”
o   Guru meminta salah satu siswa untuk membacakan pantun dalam buku siswa.
§  Guru secara interaktif mengadakan tanya jawab tentang isi pantun.
o   Selanjutnya, siswa diminta untuk mencari informasi tentang pantun dari berbagai sumber, misalnya bertanya kepada orang yang dianggap mengetahui tentang pantun, membaca buku, atau mencari dari internet.
o   Sisa diminta mencari informasi tentang pengertian pantun, bagian-bagianpantun, dan ciri-ciri pantun.Siswa menuangkan informasi yang didapat dengan menuliskannya pada kolom buku siswa.

Catatan:
o   Eksplorasi : ajarkan siswa untuk mengeksplorasi secara detail sumber informasi.
o   Pengumpulan Data: ajarkan siswa sehingga terbiasa untuk mengolah data.
o   Komunikasi: ajarkan siswa untuk mengungkapkan hasil eksplorasi dalam bentuk tulisan.
o   Guru mengamati sikap siswa saat kegiatan berlangsung sehingga guru dapat memberikan penilaian pada rubrik AYO, MENCARI TAHU

Alternatif jawaban sebagai berikut.
o   Pantun adalah bentuk karya sastra yang terikat oleh aturan. Setiap bait pantun terdiri atas empat baris/larik. Setiap baris terdiri atas 8–12 suku kata. Baris pertama dan kedua merupakan sampiran. Baris ketiga dan keempat merupakan isi pantun.
o   Setelah siswa mengetahui tentang pantun, siswa diminta untuk membuat pantun.
§  Siswa diminta untuk menunjukkan unsur-unsur pantun yang dibuat. Lihat tulisan tangan halaman 3.
o   Berdasarkan pertanyaan pada buku siswa: Mengapa menjaga kesehatan organ peredaran darah sangat penting? dan Bagaimana jika ada orang yang tidak peduli terhadap kesehatan organ peredaran darah yaitu merokok di sembarang tempat? Secara mandiri siswa diminta untuk mengemukakan pendapatnya berdasarkan pemahaman yang sudah didapatkannya selama kegiatan pembelajaran berlangsung.
o   Guru mengidentifikasi dan menganalisis jawaban masing-masing siswa untuk mengetahui sejauh mana tingkat pemahaman siswa mengenai pentingnya menjaga organ peredaran darah.

Catatan:
o   Kegiatan ini merupakan media untuk mengukur seberapa banyak materi yang sudah dipelajari dan dipahami siswa. Pada kegiatan ini lebih ditekankan pada sikap siswa setelah mempelajari materi.
o   Siswa mengamati dan mengidentifikasi bentuk upaya menjaga kesehatan organ peredaran darah yang telah dibiasakan bersama keluarganya.
o   Siswa berdiskusi tentang upaya menjaga kesehatan peredaran darah bersama orang tua dan saudaranya.
o   Siswa menuliskan hasil diskusinya dalam bentuk tabel.

Pengayaan
o   Carilah informasi tentang persamaan dan perbedaan antara pantun dan syair.
o   Tuliskan dalam bentuk tabel sebagai berikut.

 

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
o  Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/ rangkuman hasil belajar selama sehari.
o  Melakukan penilaian hasil belajar
o  Melakukan repleksi
o  Menyampaikan pesan moral/belajar.
o  Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

G.      Penilaian :
A.    Teknik Penilaian:
·         Penilaian Sikap                        : kerja sama, peduli, komunikatif
·         Penilaian Pengetahuan            : Tes tertulis
·         Penilaian Keterampilan           : Uji unjuk kerja

B.     Bentuk Instrumen Penilaian
1.      Sikap
a. Disiplin
b. Tanggung Jawab
c. Peduli
d. Percaya Diri




PENILAIAN

1. Membuat Peta Pikiran
Teknik Penilaian: Penugasan Instrumen Penilaian: Rubrik KD Bahasa Indonesia 3.4 dan 4.4
Aspek
Baik Sekali
4
Baik
3
Cukup
2
Perlu Bimbingan
1
Hasil kreasi
Memuat gambar,
keterangan
gambar, tulisan
tentang cara
kerja peredaran
darah manusia,
dan sesuai
dengan materi
atau teori
Hanya memuat
3 dari 4
hasil yang
diharapkan
Hanya memuat
2 dari 4
hasil yang
diharapkan
Hanya memuat 1
dari 4 hasil yang
diharapkan
Keterampilan
Penulisan:
Informasi
Ditulis dengan
benar,
sistematis
dan jelas,
yang menunjukkan
keterampilan
penulisan
yang baik
Keseluruhan
hasil penulisan
yang sistematis
dan benar
menunjukkan
keterampilan
penulisan yang
sangat baik, di
atas rata-rata
kelas
Keseluruhan
hasil penulisan
yang
sistematis
dan benar
menunjukkan
keterampilan
penulisan yang
baik
Sebagian besar
hasil penulisan
yang sistematis
dan benar
menunjukkan
keterampilan
penulisan
yang terus
berkembang
Hanya sebagian
kecil hasil penulisan
yang sistematis dan benar menunjukkan
keterampilan
penulisan yang
masih perlu terus
ditingkatkan

Rubrik Mencari Tahu tentang Pantun
Aspek
Baik Sekali
4
Baik
3
Cukup
2
Perlu Bimbingan
1
Informasi yang
termuat dalam
tulisan
Memuat definisi
pantun, ciri-ciri
pantun, bagian-bagian pantun, dan jenis-jenis
pantun
Memuat 3 dari
4 informasi
Memuat 2 dari 4 informasi
Hanya memuat
1 dari 4
informasi
Penggunaan
Bahasa
Indonesia yang
baik dan benar
Bahasa
Indonesia yang
baik dan benar
digunakan dalam
penulisan
Bahasa
Indonesia yang
baik dan benar
digunakan
dengan
efisien dan
menarik dalam
keseluruhan
penulisan
Bahasa
Indonesia
yang baik
dan benar
digunakan
dengan
efisien dalam
keseluruhan
penulisan
Bahasa Indonesia
yang baik dan
benar digunakan
dengan sangat
efisien dalam
sebagian besar
penulisan
Bahasa
Indonesia yang
baik dan benar
digunakan
dengan sangat
efisien dalam
sebagian kecil
penulisan
Keterampilan
Penulisan:
Informasi ditulis
dengan benar,
sistematis dan
jelas, yang
menunjukkan
keterampilan
penulisan yang
baik
Keseluruhan
hasil penulisan
yang sistematis
dan benar
menunjukkan
keterampilan
penulisan yang
sangat baik, di
atas rata-rata
kelas
Keseluruhan
hasil penulisan
yang
sistematis
dan benar
menunjukkan
keterampilan
penulisan yang
baik
Sebagian besar
hasil penulisan
yang sistematis
dan benar
menunjukkan
keterampilan
penulisan yang
terus berkembang
Hanya sebagian
kecil hasil
penulisan yang
sistematis
dan benar
menunjukkan
keterampilan
penulisan
yang masih
perlu terus
ditingkatkan

H.      Sumber dan Media
1.      Buku Tematik kelas V Tema 4, teks bacaan, gambar peredaran darah manusia, dan alat tulis (misalnya, pensil, dan pulpen).




Mengetahui,
Kepala SD Negeri 7 Sigli



IRAWATI, S.Pd
NIP. 19740303 199305 2 091

Sigli, ..…, …………………...,  2017
Guru Kelas V



JUSMAINI, S.Pd
NIP. 19711107 199411 2 001




DESKRIPSI MATERI PEMBELAJARAN

1. Jantung
Jantung adalah organ tubuh manusia yang berfungsi memompa darah ke seluruh tubuh. Jantung memompa darah dengan cara berkontraksi dan berelaksasi secara bergantian, sehingga jantung berdenyut, mengembang, dan mengempis. Jantung terletak di dalam rongga dada sebelah kiri. Ukuran jantung kira-kira sebesar kepalan tangan pemiliknya. Jantung tersusun atas kumpulan otot-otot yang sangat kuat yang disebut miokardium. Jantung terdiri atas empat ruang, yaitu serambi kanan, serambi kiri, bilik kanan, dan bilik kiri.
Antara bagian kanan dan kiri jantung dibatasi oleh sekat jantung yang disebut katup jantung. Katup jantung berfungsi untuk mencegah bercampurnya darah yang mengandung oksigen dengan darah yang mengandung karbon dioksida. Otot penyusun bilik jantung lebih tebal daripada otot pada serambi jantung. Hal ini disebabkan tugas bilik jantung lebih berat. Tugasnya, yaitu memompa darah keluar dari jantung ke seluruh bagian tubuh.
Kontraksi dan relaksasi pada jantung mengakibatkan terjadinya denyut jantung atau denyut nadi. Ketika jantung memompa darah ke dalam pembuluh nadi, pembuluh tersebut ikut berdenyut. Dengan demikian, melalui denyut nadi kita dapat mengetahui denyut jantung. Denyut nadi akan terasa jelas dengan menekan pembuluh nadi pada pergelangan tangan dan bagian leher di bawah telinga.

2. Pembuluh Darah
Pembuluh darah merupakan saluran tempat mengalirnya darah dari jantung ke seluruh tubuh dan dari seluruh tubuh kembali ke jantung. Pembuluh darah terdiri atas dua jenis, yaitu pembuluh nadi dan pembuluh balik Pembuluh nadi disebut arteri. Pembuluh balik disebut vena. Pembuluh nadi atau arteri yaitu pembuluh yang membawa darah yang kaya akan oksigen keluar dari jantung ke seluruh tubuh. Pembuluh nadi yang paling besar disebut aorta. Pembuluh balik yaitu pembuluh darah yang membawa darah yang kaya akan karbon dioksida dari seluruh tubuh menuju jantung.
Pembuluh nadi dan pembuluh balik bercabang-cabang. Ujung cabang pembuluh terkecil disebut, pembuluh kapiler. Pembuluh kapiler sangat halus berdinding tipis dan berpori. Dalam pembuluh kapiler ini terjadi pertukaran dua zat, yaitu antara oksigen dan karbon dioksida. Panjang seluruh pembuluh darah manusia jika dihubungkan dari satu ujung ke ujung yang lain dapat mencapai sekitar 160.000 km. Kamu telah mempelajari tentang pembuluh
darah.


Lembar Kerja Siswa
(LKS)

Kamu telah mempelajari peredaran darah manusia. Coba pahami materinya
dan gambarlah. Kemudian, tuliskan keterangan gambar yang kamu buat.
Tuliskan juga cara kerjanya.
Gambar organ peredaran darah manusia










Cara kerja organ peredaran darah manusia.
.............................................................................................................................
.............................................................................................................................
.............................................................................................................................
.............................................................................................................................
.............................................................................................................................

.............................................................................................................................

TEMA 4 KELAS 5 SUB 1 PB 1 (Revisi 2017)

TEMA 4 KELAS 5 SUB 1 PB 1 (Revisi 2017)

TEMA 4 KELAS 5 SUB 1 PB 1 (Revisi 2017)

RPP Lainnya:

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors