Home » » TEMA 4 KELAS 4 SUB 2 PB 1 (Revisi 2017)

TEMA 4 KELAS 4 SUB 2 PB 1 (Revisi 2017)

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Tuesday 10 October 2017

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP)



Satuan Pendidikan                      : SD Negeri 3 Bereunuen
Kelas/Semester                           : IV/1
Tema 4                                       : Berbagai Pekerjaan
Sub Tema 2/ Pembelajaran          : Pekerjaan di sekitarku/ 1
Alokasi Waktu                            : 1 hari

A. KOMPETENSI INTI :
1.         Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.         Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diridalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
3.         Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
4.         Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B. KOMPETENSI DASAR/ INDIKATOR
a) Bahasa Indonesia
3.5 Menguraikan pendapat pribadi tentang isi buku sastra (cerita, dongeng, dan sebagainya).
3.5.1        Mampu menilai cerita secara perinci.
4.5 Mengomunikasikan pendapat pribadi tentang isi buku sastra yang dipilih dan dibaca sendiri secara lisan dan tulis yang didukung oleh alasan.
4.5.1        Menjelaskan alasan dari penilaian cerita secara lisan dan tulisan secara perinci.

b) IPA
3.8 Memahami pentingnya upaya keseimbangan dan pelestarian sumber daya alam di lingkungannya
3.8.1        Mengidentifikasi dampak penggunaan teknologi bagi keberadaan sumber daya alam dengan tepat.

4.8 Melakukan kegiatan upaya pelestarian sumber daya alam bersama orang-orang di lingkungannya
4.8.1        Mengembangkan laporan tentang pemanfaatan teknologi yang ramah lingkungan bagi keberadaan sumber daya alam dengan benar.

c) IPS
3.3 Mengidentifikasi kegiatan ekonomi dan hubungannya dengan berbagai bidang pekerjaan, serta kehidupan sosial dan budaya di lingkungan sekitar sampai provinsi.
3.3.1        Menginformasikan perbedaan jenis pekerjaan dalam suatu kegiatan ekonomi secara teperinci.

4.3 Menyajikan hasil identifikasi kegiatan ekonomi dalam meningkatkan kehidupan masyarakat di bidang pekerjaan, sosial dan budaya di lingkungan sekitar sampai provinsi.
4.3.1        Menuliskan contoh pekerjaan dalam suatu kegiatan ekonomi secara lengkap.

C.      TUJUAN PEMBELAJARAN :
1.      Setelah membaca cerita tentang sosok pekerja, siswa mampu menilai cerita secara perinci.
2.      Setelah membaca cerita tentang sosok pekerja, siswa mampu menjelaskan alasan dari penilaian cerita secara lisan dan tulisan secara perinci.
3.      Setelah mengamati gambar tentang penggunaan teknologi saat menangkap ikan, siswa mampu mengidentifikasi dampak penggunaan teknologi bagi keberadaan sumber daya alam dengan tepat.
4.      Setelah berdiskusi, siswa mampu mengembangkan laporan tentang pemanfaatan teknologi yang ramah lingkungan bagi keberadaan sumber daya alam dengan benar.
5.      Setelah mengamati gambar, siswa mampu menginformasikan perbedaan jenis pekerjaan dalam suatu kegiatan ekonomi secara teperinci.
6.      Setelah berdiskusi, siswa mampu menuliskan contoh pekerjaan dalam suatu kegiatan ekonomi secara lengkap.

D.      DESKRIPSI MATERI PEMBELAJARAN :
1.      Menilai cerita utuh
2.      Membandingkan pemanfaatan teknologi modern dan tradisional serta dampaknya bagi sumber daya alam
3.      Membandingkan jenis-jenis pekerjaan dalam suatu kegiatan ekonomi

E.       PENDEKATAN DAN METODE
1.  Pendekatan     : Scientific
2.  Strategi            : Kooperative learning
3. Teknik             : Picture and Picture
4.  Matode            : Ceramah, tanya jawab, pemberian tugas dan diskusi

F.       KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Berbagai Pekerjaan”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.

10 menit
B.Kegiatan Inti
o   Sebelumnya guru menempelkan gambar seorang nelayan di papan tulis.
o   Diskusikan dengan siswa pekerjaan nelayan (tempat, tugas, manfaat bagi orang lain).
o   Mintalah kelas untuk menjawab dan mendiskusikannya!
o   Guru menyampaikan bahwa hari ini siswa akan belajar tentang jenis pekerjaan yang berbeda, yaitu kepala sekolah dan nelayan. Mintalah mereka untuk menuliskan apa saja yang ingin mereka ketahui tentang kedua jenis pekerjaan tersebut! Bahaslah sebentar!
o   Siswa diminta untuk membaca teks tentang ‘Pak Welly, Kepala Sekolah’ dalam hati.
o   Dalam kelompok, siswa kemudian membahas Jawaban-jawaban dari pertanyaan 1-4.
o   Guru membimbing diskusi dan berjalan berkeliling dari kelompok satu ke kelompok lain untuk memastikan bahwa setiap anggota berpartisipasi aktif.
o   Guru melakukan penilaian terhadap satu kelompok saat mereka berdiskusi. Saat menilai, guru menggunakan rubrik. Siswa yang belum dinilai pada kesempatan ini dapat dinilai saat mereka melakukan diskusi di kesempatan lain.
o   Guru mengajak satu atau dua siswa untuk menyampaikan hasil diskusinya, lalu memberi penguatan kepada seluruh siswa mengenai jawaban yang diharapkan. Guru dapat memberi kesempatan kepada seluruh siswa untuk memberikan komentar dari jawaban yang ada. Guru tidak menjawab langsung, namun memberi kesempatan kepada siswa lain untuk mencoba menjawab pertanyaan yang diajukan oleh temannya. Guru dapat menguatkan jawaban-jawaban yang ada.
§  Siswa diminta untuk mengerjakan tugas no. 5 sebagai tugas individu.
o   Kemudian mintalah mereka untuk menuliskan pendapat tentang cerita yang dibacanya. Tulisan harus memuat alasan suka/tidak suka dan fakta pendukung.
o   Guru menyampaikan rubrik penilaian agar mereka memahami apa yang akan dinilai.
o   Siswa menukarkan hasil pekerjaannya dengan pekerjaan temannya dan saling mengomentari. Siswa dapat bekerja berpasangan.
Tugas dinilai dengan rubrik.

o   Untuk menambah pemahaman siswa tentang jenis-jenis pekerjaan, guru mengajakj siswa membaca teks dan mengamati gambar.
o   Siswa di ajak berdiskusi tentang pekerjaan nelayan yang menggunakan teknologi modern dan teknologi ramah lingkungan kemudian membandingkan keduanya.
o   Siswa menggunakan diagram venn untuk menuliskan informasi. Guru mengingatkan cara pemanfaatan diagram tersebut.
o   Siswa mendiskusikan jawaban yang dihasilkan dengan teman sebelahnya. Guru dapat meminta perwakilan siswea untuk menyampaikan hasilnya dan meminta siswa lannya untuk memberikan komentarnya.
o   Diagram venn di nilai dengan menggunakan daftar periksa
o   Siswa kemudaian melanjutkan kegiatan dengan menjawab beberapa pertanyaan dan membeuat laporan tentang ide-ide cara menangkap ikan tanpa merusak sumberdaya alam
o   Tugas dinilai dengan menggunakan daftar periksa
o   Guru melanjutkan pembelajaran dengan meminta siswa mengamati gambar dan mendiskusikan hal berikut.
-          Jenis kegiatan ekonomi.
-          Jenis barang yang dijualbelikan.
-          Jenis pekerjaan yang terlibat pada kegiatan tersebut.
-          Hasil dari setiap pekerjaan.

o   Guru meminta setiap kelompok untuk mendiskusikan gambar dan memberikan penguatan.
o   Siswa diminta untuk mengerjakan tugas berikutnya secara individu.
o   Siswa menulis laporan tentang pekerjaan yang ada di sekitar mereka dengan bahasan berikut.
-          Jenis kegiatan ekonomi.
-          Lapangan pekerjaan.
-          Hasil dari setiap pekerjaan.
-          Penyebaran barang.

o   Siswa menukarkan hasil pekerjaannya dengan pekerjaan temannya dan saling mengomentari. Siswa dapat bekerja berpasangan. Setelah itu pekerjaan mereka harus dikumpulkan.
Tugas dinilai dengan rubrik.

o   Siswa melakukan refleksi dengan menjawab pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa.
o   Guru dapat menambahkan pertanyaan refleksi berdasarkan panduan yang terdapat pada lampiran di Buku Guru.

Pengayaan
o   Mintalah siswa untuk menuliskan judul yang kira-kira sesuai dengan isi cerita ‘Pak Welly’.

Remedial
o   Siswa yang belum memahami bagaimana mengisi diagram venn dapat dilatih kembali oleh guru. Mintalah siswa untuk memikirkan dua hal yang berbeda, misalnya makanan untuk makan siang dan sarapan.
o   Siswa kemudian menuliskan persamaan dan perbedaannya. Kemudian persamaan dituangkan ke dalam bagian tengah diagram. Perbedaan masing-masing makanan ditulis di bagian lingkaran sesuai dengan jenis makanan.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/ rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah

15 menit

G.      Penilaian :
A.    Teknik Penilaian:
·         Penilaian Sikap                        : kerja sama, peduli, komunikatif
·         Penilaian Pengetahuan            : Tes tertulis
·         Penilaian Keterampilan           : Uji unjuk kerja

B.     Bentuk Instrumen Penilaian
1.      Sikap
2.      Pengetahuan
Siswa mengerjakan soal-soal latihan tertulis, Remidial, dan pengayaaan pada buku siswa.
3.      Keterampilan



Penilaian
1. Diskusi
Penilaian dilakukan saat siswa melakukan diskusi tentang peta pikirannya
mengapa penting menjaga kelestarian sumber daya alam.
Kriteria
Baik Sekali
Baik
Cukup
Perlu
Bimbingan
4
3
2
1
Mendengarkan
Selalu
mendengarkan
teman yang
sedang
berbicara.
Mendengarkan
teman yang
berbicara,
namun sesekali
masih perlu
diingatkan.
Masih perlu
diingatkan
untuk
mendengarkan
teman yang
sedang
berbicara.
Sering
diingatkan
untuk
mendengarkan
teman yang
sedang
berbicara,
namun tidak
mengindahkan.
Komunikasi
non-verbal
(kontak mata,
bahasa tubuh,
postur, ekspresi
wajah, suara)
Merespon dan
menerapkan
komunikasi
non-verbal
dengan tepat.
Merespon
dengan tepat
terhadap
komunikasi
non-verbal yang
ditunjukkan
teman.
Sering
merespon
kurang tepat
terhadap
komunikasi
non-verbal yang
ditunjukkan
teman.
Membutuhkan
bantuan dalam
memahami
bentuk
komunikasi
non-verbal yang
ditunjukkan
teman.
Partisipasi
(menyampaikan
ide, perasaan,
pikiran)
Isi pembicaraan
menginspirasi
teman. Selalu
mendukung
dan memimpin
lainnya saat
diskusi.
Berbicara dan
menerangkan
secara rinci,
merespon
sesuai dengan
topik.
Berbicara dan
menerangkan
secara rinci,
namun
terkadang
merespon
kurang sesuai
dengan topik.
Jarang
berbicara
selama
proses diksusi
berlangsung

Penilaian  (penskoran):         Total Nilai Siswa          x 10
Total Nilai Maksimal


2. IPA
Diagram Venn tentang perbedaan jenis pekerjaan yang merugikan sumber daya alam dinilai dengan centang (√).
Indikator Penilaian
Ada
Tidak ada
Menyebutkan dua jenis pekerjaan


Menyebutkan persamaan tugas pekerjaan minimal 3.


Menyebutkan perbedaan tugas pekerjaan minimal 3.


Menyebutkan persamaan/perbedaan dampak positif.


Menyebutkan persamaan/perbedaan dampak negatif.



 Tulisan tentang ide menangkap ikan dengan teknologi ramah lingkungan.
Indikator Penilaian
Ada
Tidak ada
Menyebutkan dua ide yang sesuai dengan topik.


Menyebutkan alasan pemilihan ide yang sesuai
dengan pelestarian sumber daya alam.


Menyebutkan dampak positif dari cara yang dipilih
terhadap lingkungan



3. IPS
Kriteria
Baik Sekali
Baik
Cukup
Perlu
Bimbingan
4
3
2
1
Jenis kegiatan
ekonomi
Menyebutkan
dan
menjelaskan
kegiatan
ekonomi yang
sesuai dengan
pekerjaan.
Menyebutkan
dan
menjelaskan
kegiatan
ekonomi,
namun kurang
sesuai dengan
pekerjaan.
Menyebutkan
kegiatan
ekonomi,
namun tidak
sesuai dengan
pekerjaan.
Tidak
menyebutkan
sama sekal.i
Lapangan
pekerjaan
Menyebutkan
paling sedikit
3 lapangan
pekerjaan
dengan benar
Menyebutkan
sebagian besar
lapangan
pekerjaan
dengan benar
Menyebutkan
satu lapangan
pekerjaan
dengan benar
Menyebutkan
lapangan
pekerjaan,
namun salah.
Penyebaran
barang
Menyebutkan
distribusi
barang secara
runtut dan
benar.
Menyebutkan
distribusi barang
dengan benar
Menyebutkan
distribusi
barang tidak
runtut dan
sebagian benar.
Menyebutkan
distribusi barang
tidak runtut dan
sebagian besar
tidak benar
Hasil yang
diperoleh
Menyebutkan
hasil yang
diperoleh
pekerja dari
pekerjaannya
dan semuanya
benar
Menyebutkan
hasil yang
diperoleh
pekerja dari
pekerjaannya
dan sebagian
besar benar.
Menyebutkan
hasil yang
diperoleh
pekerja dari
pekerjaannya
dan sebagian
kecil benar
Tidak
menyebutkan
hasil yang
diperoleh
pekerja dari
pekerjaannya

Penilaian  (penskoran):         Total Nilai Siswa          x 10
Total Nilai Maksimal

4. Bahasa Indonesia
Komentar siswa tentang cerita dinilai dengan menggunakan rubrik.
Kriteria
Baik Sekali
Baik
Cukup
Perlu
Bimbingan
4
3
2
1
Gambar
Gambar yang
dihasilkan
mencerminkan
tokoh dalam
cerita.
Gambar yang
dihasilkan
sebagian besar
mencerminkan
tokoh dalam
cerita.
Gambar yang
dihasilkan
sebagian kecil
mencerminkan
tokoh dalam
cerita.
Gambar yang
dihasilkan tidak
mencerminkan
tokoh dalam
cerita.
Alasan
pemilihan
bagian
cerita yang
disukai.
Alasan pemilihan
didasarkan
kepada fakta
yang ada.
Sebagian besar
alasan pemilihan
didasarkan
kepada fakta yang
ada.
Sebagian kecil
alasan pemilihan
didasarkan
kepada fakta
yang ada.
Alasan
diberikan
berdasarkan
opini bukan
fakta dari
cerita.
Topik
Topik-topik yang
disampaikan
sesuai dengan
cerita.
Sebagian besar
topik yang
disampaikan
sesuai dengan
cerita
Sebagian kecil
topik yang
disampaikan
sesuai dengan
cerita.
Topik yang
disampaikan di
luar cerita yang
ada
Fakta
pendukung
Fakta
pendukung yang
disampaikan
seluruhnya
sesuai dengan isi
cerita.
Fakta pendukung
yang disampaikan
sebagian besar
sesuai dengan isi
cerita.
Fakta
pendukung yang
disampaikan
sebagian kecil
sesuai dengan
isi cerita.
Fakta yang
disampaikan
tidak sesuai
cerita.

Penilaian  (penskoran):         Total Nilai Siswa          x 10
Total Nilai Maksimal

5. Penilaian sikap (Percaya diri). Contoh format di lampiran 2 Buku Guru.

H. Sumber dan Media
o   Buku Guru
o   Buku Siswa
o   Gambar seorang nelayan



Mengetahui,
Kepala SD Negeri 3 Beureunuen



CHAIRUNNISA, S.Pd
NIP. 19700312 199402 2 002

Beureunuen, …, …………..,  2017
Guru Kelas IV A



MISRIATI, A.Ma.Pd
NIP: 19650103 198610 2 001








Lembar Kerja Siswa
(LKS)

TEMA 4 KELAS 4 SUB 2 PB 1 (Revisi 2017)

Dari gambar tersebut, diskusikan dengan temanmu tentang:
1.    jenis kegiatan ekonomi,

............................................................................................................................
............................................................................................................................
............................................................................................................................
............................................................................................................................

2.    jenis barang yang diperjualbelikan,

............................................................................................................................
............................................................................................................................
............................................................................................................................
............................................................................................................................

3.       jenis pekerjaan yang terlibat pada kegiatan tersebut, dan hasil dari setiap pekerjaan.

............................................................................................................................
............................................................................................................................
............................................................................................................................
............................................................................................................................

TEMA 4 KELAS 4 SUB 2 PB 1 (Revisi 2017)

TEMA 4 KELAS 4 SUB 2 PB 1 (Revisi 2017)

TEMA 4 KELAS 4 SUB 2 PB 1 (Revisi 2017)

RPP Lainnya:

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors