RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 3 Bereunuen
Kelas/Semester : IV/1
Tema 4 :
Berbagai
Pekerjaan
Sub
Tema 2/ Pembelajaran :
Pekerjaan di sekitarku/ 1
Alokasi
Waktu : 1 hari
A.
KOMPETENSI INTI :
1.
Menerima,
menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.
Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diridalam
berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
3.
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat
bermain.
4.
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya
yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan
yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR/ INDIKATOR
a) Bahasa Indonesia
3.5 Menguraikan pendapat pribadi tentang
isi buku sastra (cerita, dongeng, dan sebagainya).
3.5.1
Mampu
menilai cerita secara perinci.
4.5 Mengomunikasikan pendapat pribadi
tentang isi buku sastra yang dipilih dan dibaca sendiri secara lisan dan tulis
yang didukung oleh alasan.
4.5.1
Menjelaskan
alasan dari penilaian cerita secara lisan dan tulisan secara perinci.
b) IPA
3.8 Memahami pentingnya
upaya keseimbangan dan pelestarian sumber daya alam di lingkungannya
3.8.1
Mengidentifikasi
dampak penggunaan teknologi bagi keberadaan sumber daya alam dengan tepat.
4.8 Melakukan kegiatan upaya
pelestarian sumber daya alam bersama orang-orang di lingkungannya
4.8.1
Mengembangkan
laporan tentang pemanfaatan teknologi yang ramah lingkungan bagi keberadaan sumber
daya alam dengan benar.
c) IPS
3.3 Mengidentifikasi kegiatan ekonomi dan
hubungannya dengan berbagai bidang pekerjaan, serta kehidupan sosial dan budaya
di lingkungan sekitar sampai provinsi.
3.3.1
Menginformasikan
perbedaan jenis pekerjaan dalam suatu kegiatan ekonomi secara teperinci.
4.3 Menyajikan hasil identifikasi kegiatan
ekonomi dalam meningkatkan kehidupan masyarakat di bidang pekerjaan, sosial dan
budaya di lingkungan sekitar sampai provinsi.
4.3.1
Menuliskan
contoh pekerjaan dalam suatu kegiatan ekonomi secara lengkap.
C.
TUJUAN PEMBELAJARAN :
1.
Setelah membaca
cerita tentang sosok pekerja, siswa mampu menilai cerita secara perinci.
2.
Setelah membaca
cerita tentang sosok pekerja, siswa mampu menjelaskan alasan dari penilaian
cerita secara lisan dan tulisan secara perinci.
3.
Setelah mengamati
gambar tentang penggunaan teknologi saat menangkap ikan, siswa mampu
mengidentifikasi dampak penggunaan teknologi bagi keberadaan sumber daya alam
dengan tepat.
4.
Setelah berdiskusi,
siswa mampu mengembangkan laporan tentang pemanfaatan teknologi yang ramah
lingkungan bagi keberadaan sumber daya alam dengan benar.
5.
Setelah mengamati
gambar, siswa mampu menginformasikan perbedaan jenis pekerjaan dalam suatu
kegiatan ekonomi secara teperinci.
6. Setelah berdiskusi, siswa mampu menuliskan contoh pekerjaan dalam suatu
kegiatan ekonomi secara lengkap.
D.
DESKRIPSI MATERI
PEMBELAJARAN :
1.
Menilai cerita utuh
2.
Membandingkan
pemanfaatan teknologi modern dan tradisional serta dampaknya bagi sumber daya
alam
3.
Membandingkan
jenis-jenis pekerjaan dalam suatu kegiatan ekonomi
E.
PENDEKATAN
DAN METODE
1. Pendekatan :
Scientific
2.
Strategi :
Kooperative learning
3.
Teknik : Picture and
Picture
4. Matode :
Ceramah, tanya jawab,
pemberian tugas dan diskusi
F.
KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4. Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa
kelompok
6. Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran
yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7. Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan
yaitu tentang “Berbagai Pekerjaan”.
8. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
|
10 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Sebelumnya guru
menempelkan gambar seorang nelayan di papan tulis.
o
Diskusikan dengan
siswa pekerjaan nelayan (tempat, tugas, manfaat bagi orang lain).
o
Mintalah kelas
untuk menjawab dan mendiskusikannya!
o
Guru menyampaikan
bahwa hari ini siswa akan belajar tentang jenis pekerjaan yang berbeda, yaitu
kepala sekolah dan nelayan. Mintalah mereka untuk menuliskan apa saja yang
ingin mereka ketahui tentang kedua jenis pekerjaan tersebut! Bahaslah
sebentar!
o
Siswa diminta
untuk membaca teks tentang ‘Pak Welly, Kepala Sekolah’ dalam hati.
o
Dalam kelompok,
siswa kemudian membahas Jawaban-jawaban dari pertanyaan 1-4.
o
Guru membimbing
diskusi dan berjalan berkeliling dari kelompok satu ke kelompok lain untuk
memastikan bahwa setiap anggota berpartisipasi aktif.
o
Guru melakukan
penilaian terhadap satu kelompok saat mereka berdiskusi. Saat menilai, guru
menggunakan rubrik. Siswa yang belum dinilai pada kesempatan ini dapat
dinilai saat mereka melakukan diskusi di kesempatan lain.
o
Guru mengajak
satu atau dua siswa untuk menyampaikan hasil diskusinya, lalu memberi
penguatan kepada seluruh siswa mengenai jawaban yang diharapkan. Guru dapat
memberi kesempatan kepada seluruh siswa untuk memberikan komentar dari
jawaban yang ada. Guru tidak menjawab langsung, namun memberi kesempatan
kepada siswa lain untuk mencoba menjawab pertanyaan yang diajukan oleh
temannya. Guru dapat menguatkan jawaban-jawaban yang ada.
§ Siswa diminta untuk mengerjakan tugas no. 5 sebagai
tugas individu.
o
Kemudian mintalah
mereka untuk menuliskan pendapat tentang cerita yang dibacanya. Tulisan harus
memuat alasan suka/tidak suka dan fakta pendukung.
o
Guru menyampaikan
rubrik penilaian agar mereka memahami apa yang akan dinilai.
o
Siswa menukarkan
hasil pekerjaannya dengan pekerjaan temannya dan saling mengomentari. Siswa
dapat bekerja berpasangan.
Tugas dinilai
dengan rubrik.
o
Untuk menambah
pemahaman siswa tentang jenis-jenis pekerjaan, guru mengajakj siswa membaca
teks dan mengamati gambar.
o
Siswa di ajak
berdiskusi tentang pekerjaan nelayan yang menggunakan teknologi modern dan
teknologi ramah lingkungan kemudian membandingkan keduanya.
o
Siswa menggunakan
diagram venn untuk menuliskan informasi. Guru mengingatkan cara pemanfaatan
diagram tersebut.
o
Siswa
mendiskusikan jawaban yang dihasilkan dengan teman sebelahnya. Guru dapat
meminta perwakilan siswea untuk menyampaikan hasilnya dan meminta siswa
lannya untuk memberikan komentarnya.
o
Diagram venn di
nilai dengan menggunakan daftar periksa
o
Siswa kemudaian
melanjutkan kegiatan dengan menjawab beberapa pertanyaan dan membeuat laporan
tentang ide-ide cara menangkap ikan tanpa merusak sumberdaya alam
o
Tugas dinilai
dengan menggunakan daftar periksa
o Guru
melanjutkan pembelajaran dengan meminta siswa mengamati gambar dan mendiskusikan hal
berikut.
-
Jenis
kegiatan ekonomi.
-
Jenis
barang yang dijualbelikan.
-
Jenis
pekerjaan yang terlibat pada kegiatan tersebut.
-
Hasil
dari setiap pekerjaan.
o Guru
meminta setiap kelompok untuk mendiskusikan gambar dan memberikan penguatan.
o Siswa
diminta untuk mengerjakan tugas berikutnya secara individu.
o Siswa
menulis laporan tentang pekerjaan yang ada di sekitar mereka dengan bahasan berikut.
-
Jenis
kegiatan ekonomi.
-
Lapangan
pekerjaan.
-
Hasil
dari setiap pekerjaan.
-
Penyebaran
barang.
o
Siswa menukarkan hasil
pekerjaannya dengan pekerjaan temannya dan saling mengomentari. Siswa dapat
bekerja berpasangan. Setelah itu pekerjaan
mereka harus dikumpulkan.
Tugas dinilai
dengan rubrik.
o
Siswa melakukan
refleksi dengan menjawab pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa.
o
Guru dapat
menambahkan pertanyaan refleksi berdasarkan panduan yang terdapat pada
lampiran di Buku Guru.
Pengayaan
o
Mintalah siswa
untuk menuliskan judul yang kira-kira sesuai dengan isi cerita ‘Pak Welly’.
Remedial
o
Siswa yang belum
memahami bagaimana mengisi diagram venn dapat dilatih kembali oleh guru.
Mintalah siswa untuk memikirkan dua hal yang berbeda, misalnya makanan untuk
makan siang dan sarapan.
o
Siswa kemudian
menuliskan persamaan dan perbedaannya. Kemudian persamaan dituangkan ke dalam
bagian tengah diagram. Perbedaan masing-masing makanan ditulis di bagian
lingkaran sesuai dengan jenis makanan.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1. Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/
rangkuman hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4. Menyampaikan pesan moral/belajar.
5. Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
G.
Penilaian :
A.
Teknik Penilaian:
·
Penilaian Sikap : kerja sama, peduli, komunikatif
·
Penilaian
Pengetahuan : Tes tertulis
·
Penilaian
Keterampilan : Uji unjuk kerja
B.
Bentuk Instrumen
Penilaian
1. Sikap
2. Pengetahuan
Siswa mengerjakan
soal-soal latihan tertulis, Remidial, dan pengayaaan pada buku siswa.
3. Keterampilan
Penilaian
1. Diskusi
Penilaian dilakukan
saat siswa melakukan diskusi tentang peta pikirannya
mengapa penting
menjaga kelestarian sumber daya alam.
Kriteria
|
Baik Sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
Mendengarkan
|
Selalu
mendengarkan
teman yang
sedang
berbicara.
|
Mendengarkan
teman yang
berbicara,
namun sesekali
masih perlu
diingatkan.
|
Masih perlu
diingatkan
untuk
mendengarkan
teman yang
sedang
berbicara.
|
Sering
diingatkan
untuk
mendengarkan
teman yang
sedang
berbicara,
namun tidak
mengindahkan.
|
|
Komunikasi
non-verbal
(kontak mata,
bahasa tubuh,
postur, ekspresi
wajah, suara)
|
Merespon dan
menerapkan
komunikasi
non-verbal
dengan tepat.
|
Merespon
dengan tepat
terhadap
komunikasi
non-verbal yang
ditunjukkan
teman.
|
Sering
merespon
kurang tepat
terhadap
komunikasi
non-verbal yang
ditunjukkan
teman.
|
Membutuhkan
bantuan dalam
memahami
bentuk
komunikasi
non-verbal yang
ditunjukkan
teman.
|
|
Partisipasi
(menyampaikan
ide, perasaan,
pikiran)
|
Isi pembicaraan
menginspirasi
teman. Selalu
mendukung
dan memimpin
lainnya saat
diskusi.
|
Berbicara dan
menerangkan
secara rinci,
merespon
sesuai dengan
topik.
|
Berbicara dan
menerangkan
secara rinci,
namun
terkadang
merespon
kurang sesuai
dengan topik.
|
Jarang
berbicara
selama
proses diksusi
berlangsung
|
|
Penilaian (penskoran):
Total Nilai Siswa x 10
Total Nilai Maksimal
2. IPA
Diagram Venn
tentang perbedaan jenis pekerjaan yang merugikan sumber daya alam dinilai
dengan centang (√).
Indikator
Penilaian
|
Ada
|
Tidak ada
|
|
Menyebutkan
dua jenis pekerjaan
|
|
|
|
Menyebutkan
persamaan tugas pekerjaan minimal 3.
|
|
|
|
Menyebutkan
perbedaan tugas pekerjaan minimal 3.
|
|
|
|
Menyebutkan
persamaan/perbedaan dampak positif.
|
|
|
|
Menyebutkan
persamaan/perbedaan dampak negatif.
|
|
|
|
Tulisan tentang ide
menangkap ikan dengan teknologi ramah lingkungan.
Indikator
Penilaian
|
Ada
|
Tidak ada
|
|
Menyebutkan
dua ide yang sesuai dengan topik.
|
|
|
|
Menyebutkan
alasan pemilihan ide yang sesuai
dengan
pelestarian sumber daya alam.
|
|
|
|
Menyebutkan
dampak positif dari cara yang dipilih
terhadap
lingkungan
|
|
|
|
3. IPS
Kriteria
|
Baik Sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
Jenis
kegiatan
ekonomi
|
Menyebutkan
dan
menjelaskan
kegiatan
ekonomi
yang
sesuai
dengan
pekerjaan.
|
Menyebutkan
dan
menjelaskan
kegiatan
ekonomi,
namun
kurang
sesuai
dengan
pekerjaan.
|
Menyebutkan
kegiatan
ekonomi,
namun tidak
sesuai dengan
pekerjaan.
|
Tidak
menyebutkan
sama sekal.i
|
|
Lapangan
pekerjaan
|
Menyebutkan
paling sedikit
3 lapangan
pekerjaan
dengan benar
|
Menyebutkan
sebagian
besar
lapangan
pekerjaan
dengan
benar
|
Menyebutkan
satu
lapangan
pekerjaan
dengan
benar
|
Menyebutkan
lapangan
pekerjaan,
namun
salah.
|
|
Penyebaran
barang
|
Menyebutkan
distribusi
barang
secara
runtut
dan
benar.
|
Menyebutkan
distribusi barang
dengan benar
|
Menyebutkan
distribusi
barang
tidak
runtut
dan
sebagian
benar.
|
Menyebutkan
distribusi
barang
tidak
runtut dan
sebagian
besar
tidak
benar
|
|
Hasil yang
diperoleh
|
Menyebutkan
hasil
yang
diperoleh
pekerja
dari
pekerjaannya
dan
semuanya
benar
|
Menyebutkan
hasil yang
diperoleh
pekerja dari
pekerjaannya
dan sebagian
besar benar.
|
Menyebutkan
hasil
yang
diperoleh
pekerja
dari
pekerjaannya
dan
sebagian
kecil
benar
|
Tidak
menyebutkan
hasil
yang
diperoleh
pekerja
dari
pekerjaannya
|
|
Penilaian (penskoran):
Total Nilai Siswa x 10
Total Nilai Maksimal
4. Bahasa Indonesia
Komentar siswa tentang cerita dinilai
dengan menggunakan rubrik.
Kriteria
|
Baik Sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
Gambar
|
Gambar
yang
dihasilkan
mencerminkan
tokoh
dalam
cerita.
|
Gambar
yang
dihasilkan
sebagian besar
mencerminkan
tokoh
dalam
cerita.
|
Gambar
yang
dihasilkan
sebagian
kecil
mencerminkan
tokoh
dalam
cerita.
|
Gambar
yang
dihasilkan
tidak
mencerminkan
tokoh
dalam
cerita.
|
|
Alasan
pemilihan
bagian
cerita
yang
disukai.
|
Alasan
pemilihan
didasarkan
kepada fakta
yang ada.
|
Sebagian besar
alasan pemilihan
didasarkan
kepada fakta yang
ada.
|
Sebagian kecil
alasan pemilihan
didasarkan
kepada fakta
yang ada.
|
Alasan
diberikan
berdasarkan
opini
bukan
fakta
dari
cerita.
|
|
Topik
|
Topik-topik yang
disampaikan
sesuai dengan
cerita.
|
Sebagian besar
topik yang
disampaikan
sesuai dengan
cerita
|
Sebagian
kecil
topik
yang
disampaikan
sesuai
dengan
cerita.
|
Topik yang
disampaikan di
luar cerita yang
ada
|
|
Fakta
pendukung
|
Fakta
pendukung
yang
disampaikan
seluruhnya
sesuai
dengan isi
cerita.
|
Fakta pendukung
yang disampaikan
sebagian besar
sesuai dengan isi
cerita.
|
Fakta
pendukung
yang
disampaikan
sebagian
kecil
sesuai
dengan
isi
cerita.
|
Fakta yang
disampaikan
tidak sesuai
cerita.
|
|
Penilaian (penskoran): Total Nilai Siswa x
10
Total Nilai Maksimal
5. Penilaian sikap (Percaya diri). Contoh
format di lampiran 2 Buku Guru.
H. Sumber
dan Media
o
Buku Guru
o
Buku Siswa
o
Gambar seorang nelayan
Mengetahui,
Kepala SD Negeri 3
Beureunuen
CHAIRUNNISA, S.Pd
NIP. 19700312
199402 2 002
|
|
Beureunuen, …, ………….., 2017
Guru Kelas IV A
MISRIATI,
A.Ma.Pd
NIP: 19650103 198610 2 001
|
Lembar Kerja Siswa
(LKS)
Dari
gambar tersebut, diskusikan dengan temanmu tentang:
1.
jenis
kegiatan ekonomi,
............................................................................................................................
............................................................................................................................
............................................................................................................................
............................................................................................................................
2.
jenis
barang yang diperjualbelikan,
............................................................................................................................
............................................................................................................................
............................................................................................................................
............................................................................................................................
3. jenis pekerjaan yang terlibat pada kegiatan tersebut, dan hasil
dari setiap pekerjaan.
............................................................................................................................
............................................................................................................................
............................................................................................................................
............................................................................................................................
RPP Lainnya:
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment