RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SD Negeri Gampong Gajah
Kelas/Semester : 1/1
Tema 4 :
Keluargaku
Sub
Tema 2/ Pembelajaran : Kegiatan Keluargaku/ 1
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
KOMPETENSI INTI :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman,
guru dan tetangga
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang
jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR (KD)/ INDIKATOR
a) Bahasa Indonesia
3.8 Merinci ungkapan penyampaian terima kasih, permintaan maaf, tolong, dan pemberian pujian, ajakan, pemberitahuan, perintah, dan petunjuk kepada orang lain dengan menggunakan bahasa yang santun secara lisan dan tulisan yang dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah.
3.8.1
Menjelaskan ungkapan tolong dan
terima kasih dengan santun.
4.8 Mempraktikan ungkapan terima kasih, permintaan maaf, tolong, dan pemberian pujian, dengan menggunakan bahasa yang santun kepada orang lain secara lisan dan tulis..
4.8.1
Menggunakan ungkapan tolong dan terima kasih dengan santun.
b) PPKn
3.2 Mengidentifikasi
aturan yang berlaku
dalam kehidupan sehari-
hari di rumah.
3.2.1
Menuliskan hal-hal yang berhubungan dengan orang tua di rumah
berupa aturan makan dengan tepat.
4.2 Menceritakan kegiatan sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
4.2.1
Mensimulasikan kegiatan mencium
tangan orang tua pada saat berangkat
dan pulang sekolah dengan santun.
c) SBdP
3.3. Mengenal gerak anggota tubuh melalui tari.
3.3.1
Mengidentifikasi gerak anggota tubuh menirukan gerak ayam dalam
suatu tarian dengan tepat.
4.3. Memeragakan gerak anggota tubuh melalui tari..
4.3.1
Memeragakan gerak anggota tubuh menirukan gerak ayam dalam suatu
tarian dengan percaya diri.
C.
TUJUAN PEMBELAJARAN :
1. Dengan
membaca teks dan menyimak penjelasan guru, siswa mampu menjelaskan ungkapan tolong dan terima
kasih dengan santun.
2. Dengan
menyusun percakapan, siswa mampu menggunakan ungkapan tolong dan terima kasih dengan santun.
3. Dengan
pembuatan poster, siswa mampu menuliskan hal-hal yang berhubungan dengan orang tua di rumah
berupa aturan makan dengan tepat.
4. Dengan
menyimak contoh yang diperagakan guru, siswa dapat mensimulasikan kegiatan mencium tangan
orang tua pada saat berangkat
dan pulang sekolah dengan santun.
5. Dengan
menyimak penjelasan guru, siswa mampu mengidentifikasi gerak anggota tubuh menirukan gerak ayam dalam
suatu tarian dengan tepat.
6. Melalui
praktik langsung, siswa mampu memeragakan gerak anggota tubuh menirukan gerak ayam dalam suatu
tarian dengan percaya diri.
D. DESKRIPSI MATERI
PELAJARAN
1. Membaca
nyaring teks Makan pagi bersama
keluarga.
2. Menuliskan
kegiatan makan pagi bersama dengan
melengkapi bagian kalimat yang kosong.
3. Membaca
nyaring teks Peraturan makan.
4. Menggali
informasi dan membuat poster peraturan
makan.
5. Mempresentasikan
poster peraturan makan.
6. Mensimulasikan
ungkapan terima kasih dan tolong.
7. Memeragakan
cara berpamitan pergi ke sekolah
dan pulang sekolah, serta mencium
tangan orang tua.
8. Membaca
dengan nyaring teks Rekreasi bersama
keluarga.
9. Memeragakan
gerak anggota tubuh menirukan
gerak ayam dalam suatu tarian
E.
PENDEKATAN
DAN METODE
1. Pendekatan :
Scientific
2.
Strategi :
Kooperative learning
3.
Teknik : Picture and
Picture
4. Matode :
Ceramah, tanya jawab,
pemberian tugas dan diskusi
F.
KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
o Kelas
dibuka dengan salam, menanyakan kabar siswa, dan doa bersama.
o Mengondisikan
siswa dengan yel-yel kelas dan ‘tepuk selamat pagi, selamat siang, selamat sore, dan
selamat malam. Prosedurnya :
·
Jika guru mengucapkan selamat
pagi, siswa tepuk tangan 1 X.
·
Selamat siang = tepuk 2 X.
·
Selamat sore = tepuk 3 X.
·
Selamat malam = tidak bertepuk
tangan.
o Variasikan
pengucapan selamat pagi, siang sore dan
malam.
o Memeriksa
kerapian pakaian dan kebersihan kelas.
o Siswa
menyimak penjelasan guru tentang tujuan
dan aktivitas pembelajaran.
o
Siswa menyimak arahan guru
tentang sikap syukur,
peduli santun dan percaya diri.
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o Siswa
menyimak penjelasan guru tentang kegiatan
dalam keluarga. Masing-masing anggota
keluarga memiliki kegiatan yang berbeda.
o Siswa
diarahkan untuk saling bertanya jawab tentang
kegiatan yang dilakukan keluarga masing-masing.
o Bersama-sama
membaca teks Makan Pagi Bersama
Keluarga. Siswa diingatkan kembali pentingnya
rasa syukur atas kebersamaan dalam
keluarga.
o Siswa
menuliskan kegiatan Makan Pagi Bersama
Keluarga dengan melengkapi bagian kalimat
yang kosong.
o Siswa
menyimak penjelasan guru tentang pentingnya
memahami peraturan pada saat makan.
o Bersama
siswa, bacalah teks Aturan Makan.
o Siswa
difasilitasi untuk mengajukan pertanyaan
berdasarkan teks tersebut.
o Bagilah
siswa dalam beberapa kelompok.
o Mintalah
siswa dalam setiap kelompok untuk menggali
informasi tentang kegiatan-kegiatan yang dapat
dilakukan untuk membantu orang tua di
rumah, misalnya peraturan pada saat makan.
o Mintalah
siswa menuliskan peraturan tersebut dalam
kolom yang tersedia dan dihias dengan krayon/pensil
warna, gambar dari koran/ majalah
bekas (jika ada).
o Perwakilan
siswa mempresentasikan peraturan yang
telah dihias.
o Siswa
mengamati percakapan antara Ibu dan Siti
tentang merapikan meja makan.
o Siswa
menyimak penjelasan guru bahwa membantu
orang tua adalah contoh perbuatan baik.
o Dengan
berpasangan, siswa membuat contoh percakapan
kegiatan membantu orang tua dengan
menggunakan kata tolong dan terima kasih.
o Perwakilan
siswa memeragakan percakapan tersebut
di depan kelas.
o Siswa
diminta melengkapi percakapan antara Siti dan
ibu, serta Siti dan ayah.
o Guru
menceritakan bahwa setelah Siti membantu
Ibu dan Ayah, Siti bersiap untuk pergi ke
sekolah.
o Siswa
difasilitasi untuk bertanya jawab tentang aturan sebelum berangkat ke
sekolah. Arahkan jawaban
siswa, misalnya berpamitan dan mencium
tangan orang tua.
o Lakukan
cara berpamitan pergi ke sekolah dan pulang
sekolah, serta mencium tangan orang tua.
o Bagi
siswa dalam 2 kelompok besar. Kelompok mensimulasikan berpamitan berangkat ke sekolah dan mencium tangan
orang tua.
o Kelompok
2, mensimulasikan tata cara pulang dari
sekolah ke rumah dan mencium tangan orang
tua.
o Guru
berperan sebagai orang tua. Siswa berperan
sebagai anak. Tanyakan kepada siswa,
bagaimana perasaan mereka ketika melakukan
kegiatan ini.
o Siswa
menyimak informasi yang disampaikan guru
bahwa kegiatan anggota keluarga bermacam-macam.
Misalnya, belajar, membaca,
dan olahraga. Ada juga yang senang memasak,
bermain, dan rekreasi.
o Siswa
bersama guru membaca dengan nyaring teks
Rekreasi Bersama Keluarga.
o Fasilitasi
siswa untuk bertanya jawab tentang teks yang
dibaca. Jenis rekreasi apa yang pernah
mereka lakukan? Mintalah siswa untuk menggambarkan
suasana pedesaan. Arahkan siswa
untuk memahami bahwa di pedesaan mudah
dijumpai hewan peliharaan, misalnya sapi,
kerbau, kambing, dan ayam.
o Siswa
diarahkan untuk mengeksplorasi tentang ayam,
misalnya bentuk fisik, suara, dan gerakannya.
o Ajaklah
siswa membuat kelompok kembali.
o Prosedurnya:
·
Sebelumnya siapkan potongan
kertas undian
·
Tulislah di setiap kertas
tersebut nama hewan-hewan
(jumlah setiap hewan yang akan
ditulis tergantung jumlah anggota kelompok
yang akan dibentuk. Misalnya, jumlah
siswa 25 dengan anggota kelompok 5 anak,
maka kertas yang disiapkan: ayam = 5 lembar,
bebek=5 lembar, sapi = 5 lembar, kambing =
5 lembar, kucing = 5 lembar).
·
Bagi kertas undian secara acak.
·
Sampaikan bahwa para siswa harus menemukan anggota kelompok dengan
cara bergerak dan bersuara menirukan
hewan yang
tertulis di kertas undian.
·
Pastikan kelompok telah
terbentuk.
o Setelah
kelompok terbentuk, berilah waktu 10 menit.
Siswa mendiskusikan gerak menirukan ayam
dalam bentuk tarian.
o Setiap
kelompok menampilkan tarian masingmasing. Siswa menyimak penguatan yang
disampaikan guru
dengan mencontohkan gerakan ayam, yaitu
mengepakkan sayap, mendongakkan kepala
sambil berkokok, berlari sambil mengepakkan
sayap.
o Lakukan
gerakan tersebut bersama-sama.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
o Siswa
bersama guru melakukan refleksi :
·
Materi
apa saja yang telah dipahami?
- Materi apa saja yang belum
dipahami?
·
Adakah
hal-hal yang ingin diketahui oleh siswa lebih lanjut?
·
Bagaimana
perasaan selama pembelajaran berlangsung?
o Bersama
siswa menyimpulkan kegiatan pembelajaran.
o Siswa
menyimak penjelasan guru tentang kegiatan olahraga yang akan dilakukan pada esok hari. Siswa
diminta langsung memakai pakaian olahraga
dari rumah.
o
Kegiatan diakhiri dengan
merapikan pakaian, peralatan belajar, kebersihan
kelas, yel-yel kelas dan doa bersama
|
15 menit
|
G.
Penilaian :
1.
Aspek
yang dinilai; a.Penilaian
Sikap
b.Penilaian Pengetahuan
c. Penilaian Ketrampilan
2.
Jenis
penilaian; a.
observasi
b. tertulis,lisan
c. praktek,projek
3.
Instrumen
Penilaian
4.
Rubrik
dan Penskoran Nilai;
Penilaian
1. Penilaian Sikap
Observasi selama kegiatan berlangsung
(lihat pedoman penilaian sikap).
2. Penilaian Pengetahuan
Menjawab pertanyaan penggunaan kata tolong
dan terima kasih dalam
percakapan Ibu dan Siti, Ayah dan Siti
(Ikon Ayo berlatih).
Banyak jawaban benar yang diharapkan = 4
jawaban
~~ Jika jawaban benar, skor = 2
~~ Skor maksimal = 2 x 4 = 8
Jumlah skor yang diperoleh
~~ Nilai akhir = x
100 .
kor maksimal
Kunci jawaban:
Percakapan ibu-Siti: tolong, terima kasih.
Percakapan ayah-Siti: tolong, terima kasih
3. Penilaian Keterampilan
Aspek
|
Baik
sekali
4
|
Baik
3
|
Cukup
2
|
Perlu
Pendampingan
1
|
Memeragakan gerak anggota tubuh menirukan
gerak ayam dalam suatu tarian
|
Memenuhi 4 kriteria
(Kekompakan,
ketepatan gerakan,
keluwesan, variasi gerakan)
|
Memenuhi
3 dari 4 kriteria
|
Memenuhi
2 dari 4
kriteria
|
Memenuhi 1
dari 4 kriteria
|
Lembar
Penilaian Keterampilan :
Memeragakan
gerak anggota tubuh menirukan gerak ayam dalam suatu tarian
No
|
Nama
Siswa
|
Kekompakan
|
Ketepatan
gerakan
|
Keluwesan
|
Variasi
|
Skor
|
Predikat
|
H. Sumber dan Media
1.
Buku pegangan siswa.
2.
Karton.
3.
Gunting.
4.
Lem.
5.
Koran/majalah bekas (jika ada).
6.
Pensil warna (krayon).
7.
Kertas undian sebanyak jumlah siswa
Mengetahui,
Kepala SD Negeri Gampong
Gajah
BUNGSU JOHARI, S.Pd
NIP. 19650110 198610 2 001
|
Gampong Gajah, …, ……….., 2017
Guru Kelas I
NURBAIDAH
NIP: 19651231
198610 2 004
|
Lembar Kerja Siswa
(LKS)
Isilah
titik-titik dengan kata tolong atau terima kasih.
Pilih kata yang tepat
Buatlah
percakapan kegiatan membantu orang tua di rumah.
Diskusikan
dengan temanmu.
Gunakan
kata tolong dan terima kasih.
Isilah titik-titik di bawah ini.
Aku : ____________________
Ayah :
____________________
Aku : ____________________
Ayah : ____________________
Peragakan percakapan di depan kelas bersama temanmu.
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment