Home » » TEMA 4 KELAS 1 SUB 2 PB 1 (Revisi 2017)

TEMA 4 KELAS 1 SUB 2 PB 1 (Revisi 2017)

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Sunday 15 October 2017



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)



Satuan Pendidikan                   : SD Negeri Gampong Gajah
Kelas/Semester                        : 1/1
Tema 4                                    : Keluargaku
Sub Tema 2/ Pembelajaran       : Kegiatan Keluargaku/ 1
Alokasi Waktu                         : 1 Hari


A. KOMPETENSI INTI :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B. KOMPETENSI DASAR (KD)/ INDIKATOR
a) Bahasa Indonesia
3.8 Merinci ungkapan penyampaian terima kasih, permintaan maaf, tolong, dan pemberian pujian, ajakan, pemberitahuan, perintah, dan petunjuk kepada orang lain dengan menggunakan bahasa yang santun secara lisan dan tulisan yang dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah.
3.8.1        Menjelaskan ungkapan tolong dan terima kasih dengan santun.
4.8 Mempraktikan ungkapan terima kasih, permintaan maaf, tolong, dan pemberian pujian, dengan menggunakan bahasa yang santun kepada orang lain secara lisan dan tulis..
4.8.1        Menggunakan ungkapan tolong dan terima kasih dengan santun.

b) PPKn
3.2  Mengidentifikasi aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari- hari di rumah.
3.2.1        Menuliskan hal-hal yang berhubungan dengan orang tua di rumah berupa aturan makan dengan tepat.
4.2 Menceritakan kegiatan sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
4.2.1        Mensimulasikan kegiatan mencium tangan orang tua pada saat berangkat dan pulang sekolah dengan santun.

c) SBdP
3.3. Mengenal gerak anggota tubuh melalui tari.
3.3.1        Mengidentifikasi gerak anggota tubuh menirukan gerak ayam dalam suatu tarian dengan tepat.
4.3. Memeragakan gerak anggota tubuh melalui tari..
4.3.1        Memeragakan gerak anggota tubuh menirukan gerak ayam dalam suatu tarian dengan percaya diri.

C.      TUJUAN PEMBELAJARAN :
1.      Dengan membaca teks dan menyimak penjelasan guru, siswa mampu menjelaskan ungkapan tolong dan terima kasih dengan santun.
2.      Dengan menyusun percakapan, siswa mampu menggunakan ungkapan tolong dan terima kasih dengan santun.
3.      Dengan pembuatan poster, siswa mampu menuliskan hal-hal yang berhubungan dengan orang tua di rumah berupa aturan makan dengan tepat.
4.      Dengan menyimak contoh yang diperagakan guru, siswa dapat mensimulasikan kegiatan mencium tangan orang tua pada saat berangkat dan pulang sekolah dengan santun.
5.      Dengan menyimak penjelasan guru, siswa mampu mengidentifikasi gerak anggota tubuh menirukan gerak ayam dalam suatu tarian dengan tepat.
6.      Melalui praktik langsung, siswa mampu memeragakan gerak anggota tubuh menirukan gerak ayam dalam suatu tarian dengan percaya diri.

D.      DESKRIPSI MATERI PELAJARAN
1.      Membaca nyaring teks Makan pagi bersama keluarga.
2.      Menuliskan kegiatan makan pagi bersama dengan melengkapi bagian kalimat yang kosong.
3.      Membaca nyaring teks Peraturan makan.
4.      Menggali informasi dan membuat poster peraturan makan.
5.      Mempresentasikan poster peraturan makan.
6.      Mensimulasikan ungkapan terima kasih dan tolong.
7.      Memeragakan cara berpamitan pergi ke sekolah dan pulang sekolah, serta mencium tangan orang tua.
8.      Membaca dengan nyaring teks Rekreasi bersama keluarga.
9.      Memeragakan gerak anggota tubuh menirukan gerak ayam dalam suatu tarian

E.       PENDEKATAN DAN METODE
1.  Pendekatan     : Scientific
2.  Strategi           : Kooperative learning
3. Teknik             : Picture and Picture
4.  Matode          : Ceramah, tanya jawab, pemberian tugas dan diskusi

F.       KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
o   Kelas dibuka dengan salam, menanyakan kabar siswa, dan doa bersama.
o   Mengondisikan siswa dengan yel-yel kelas dan ‘tepuk selamat pagi, selamat siang, selamat sore, dan selamat malam. Prosedurnya :
·         Jika guru mengucapkan selamat pagi, siswa tepuk tangan 1 X.
·         Selamat siang = tepuk 2 X.
·         Selamat sore = tepuk 3 X.
·         Selamat malam = tidak bertepuk tangan.
o   Variasikan pengucapan selamat pagi, siang sore dan malam.
o   Memeriksa kerapian pakaian dan kebersihan kelas.
o   Siswa menyimak penjelasan guru tentang tujuan dan aktivitas pembelajaran.
o   Siswa menyimak arahan guru tentang sikap syukur, peduli santun dan percaya diri.

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Siswa menyimak penjelasan guru tentang kegiatan dalam keluarga. Masing-masing anggota keluarga memiliki kegiatan yang berbeda.
o   Siswa diarahkan untuk saling bertanya jawab tentang kegiatan yang dilakukan keluarga masing-masing.
o   Bersama-sama membaca teks Makan Pagi Bersama Keluarga. Siswa diingatkan kembali pentingnya rasa syukur atas kebersamaan dalam keluarga.
o   Siswa menuliskan kegiatan Makan Pagi Bersama Keluarga dengan melengkapi bagian kalimat yang kosong.
o   Siswa menyimak penjelasan guru tentang pentingnya memahami peraturan pada saat makan.
o   Bersama siswa, bacalah teks Aturan Makan.
o   Siswa difasilitasi untuk mengajukan pertanyaan berdasarkan teks tersebut.
o   Bagilah siswa dalam beberapa kelompok.
o   Mintalah siswa dalam setiap kelompok untuk menggali informasi tentang kegiatan-kegiatan yang dapat dilakukan untuk membantu orang tua di rumah, misalnya peraturan pada saat makan.
o   Mintalah siswa menuliskan peraturan tersebut dalam kolom yang tersedia dan dihias dengan krayon/pensil warna, gambar dari koran/ majalah bekas (jika ada).
o   Perwakilan siswa mempresentasikan peraturan yang telah dihias.
o   Siswa mengamati percakapan antara Ibu dan Siti tentang merapikan meja makan.
o   Siswa menyimak penjelasan guru bahwa membantu orang tua adalah contoh perbuatan baik.
o   Dengan berpasangan, siswa membuat contoh percakapan kegiatan membantu orang tua dengan menggunakan kata tolong dan terima kasih.
o   Perwakilan siswa memeragakan percakapan tersebut di depan kelas.
o   Siswa diminta melengkapi percakapan antara Siti dan ibu, serta Siti dan ayah.
o   Guru menceritakan bahwa setelah Siti membantu Ibu dan Ayah, Siti bersiap untuk pergi ke sekolah.
o   Siswa difasilitasi untuk bertanya jawab tentang aturan sebelum berangkat ke sekolah. Arahkan jawaban siswa, misalnya berpamitan dan mencium tangan orang tua.
o   Lakukan cara berpamitan pergi ke sekolah dan pulang sekolah, serta mencium tangan orang tua.
o   Bagi siswa dalam 2 kelompok besar. Kelompok  mensimulasikan berpamitan berangkat ke sekolah dan mencium tangan orang tua.
o   Kelompok 2, mensimulasikan tata cara pulang dari sekolah ke rumah dan mencium tangan orang tua.
o   Guru berperan sebagai orang tua. Siswa berperan sebagai anak. Tanyakan kepada siswa, bagaimana perasaan mereka ketika melakukan kegiatan ini.
o   Siswa menyimak informasi yang disampaikan guru bahwa kegiatan anggota keluarga bermacam-macam. Misalnya, belajar, membaca, dan olahraga. Ada juga yang senang memasak, bermain, dan rekreasi.
o   Siswa bersama guru membaca dengan nyaring teks Rekreasi Bersama Keluarga.
o   Fasilitasi siswa untuk bertanya jawab tentang teks yang dibaca. Jenis rekreasi apa yang pernah mereka lakukan? Mintalah siswa untuk menggambarkan suasana pedesaan. Arahkan siswa untuk memahami bahwa di pedesaan mudah dijumpai hewan peliharaan, misalnya sapi, kerbau, kambing, dan ayam.
o   Siswa diarahkan untuk mengeksplorasi tentang ayam, misalnya bentuk fisik, suara, dan gerakannya.
o   Ajaklah siswa membuat kelompok kembali.
o   Prosedurnya:
·         Sebelumnya siapkan potongan kertas undian
·         Tulislah di setiap kertas tersebut nama hewan-hewan (jumlah setiap hewan yang akan ditulis tergantung jumlah anggota kelompok yang akan dibentuk. Misalnya, jumlah siswa 25 dengan anggota kelompok 5 anak, maka kertas yang disiapkan: ayam = 5 lembar, bebek=5 lembar, sapi = 5 lembar, kambing = 5 lembar, kucing = 5 lembar).
·         Bagi kertas undian secara acak.
·         Sampaikan bahwa para siswa harus menemukan anggota kelompok dengan cara bergerak dan bersuara menirukan hewan yang tertulis di kertas undian.
·         Pastikan kelompok telah terbentuk.
o   Setelah kelompok terbentuk, berilah waktu 10 menit. Siswa mendiskusikan gerak menirukan ayam dalam bentuk tarian.
o   Setiap kelompok menampilkan tarian masingmasing. Siswa menyimak penguatan yang disampaikan guru dengan mencontohkan gerakan ayam, yaitu mengepakkan sayap, mendongakkan kepala sambil berkokok, berlari sambil mengepakkan sayap.
o   Lakukan gerakan tersebut bersama-sama.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
o   Siswa bersama guru melakukan refleksi :
·         Materi apa saja yang telah dipahami?
-      Materi apa saja yang belum dipahami?
·         Adakah hal-hal yang ingin diketahui oleh siswa lebih lanjut?
·         Bagaimana perasaan selama pembelajaran berlangsung?
o   Bersama siswa menyimpulkan kegiatan pembelajaran.
o   Siswa menyimak penjelasan guru tentang kegiatan olahraga yang akan dilakukan pada esok hari. Siswa diminta langsung memakai pakaian olahraga dari rumah.
o   Kegiatan diakhiri dengan merapikan pakaian, peralatan belajar, kebersihan kelas, yel-yel kelas dan doa bersama
15 menit

G.      Penilaian :
1.      Aspek yang dinilai;     a.Penilaian Sikap
                                                  b.Penilaian Pengetahuan
                                                  c. Penilaian Ketrampilan       
2.      Jenis penilaian;            a. observasi
                                            b. tertulis,lisan
                                            c. praktek,projek
3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;


Penilaian
1. Penilaian Sikap
Observasi selama kegiatan berlangsung (lihat pedoman penilaian sikap).

2. Penilaian Pengetahuan
Menjawab pertanyaan penggunaan kata tolong dan terima kasih dalam
percakapan Ibu dan Siti, Ayah dan Siti (Ikon Ayo berlatih).
Banyak jawaban benar yang diharapkan = 4 jawaban
~~ Jika jawaban benar, skor = 2
~~ Skor maksimal = 2 x 4 = 8

Jumlah skor yang diperoleh
~~ Nilai akhir =                                                           x 100 .
                   kor maksimal

Kunci jawaban:
Percakapan ibu-Siti: tolong, terima kasih.
Percakapan ayah-Siti: tolong, terima kasih

3. Penilaian Keterampilan
Aspek
Baik sekali
4
Baik
3
Cukup
2
Perlu
Pendampingan
1
Memeragakan gerak anggota tubuh menirukan gerak ayam dalam suatu tarian
Memenuhi 4 kriteria
(Kekompakan,
ketepatan gerakan,
keluwesan, variasi gerakan)
Memenuhi
3 dari 4 kriteria
Memenuhi
2 dari 4
kriteria
Memenuhi 1
dari 4 kriteria

Lembar Penilaian Keterampilan :
Memeragakan gerak anggota tubuh menirukan gerak ayam dalam suatu tarian
No
Nama
Siswa
Kekompakan
Ketepatan
gerakan
Keluwesan
Variasi
Skor
Predikat

















































































































































































































































H.      Sumber dan Media
1.         Buku pegangan siswa.
2.         Karton.
3.         Gunting.
4.         Lem.
5.         Koran/majalah bekas (jika ada).
6.         Pensil warna (krayon).
7.         Kertas undian sebanyak jumlah siswa



Mengetahui,
Kepala SD Negeri Gampong Gajah



BUNGSU JOHARI, S.Pd
NIP. 19650110 198610 2 001

Gampong Gajah, …, ………..,  2017
Guru Kelas I



NURBAIDAH
NIP: 19651231 198610 2 004



 
Lembar Kerja Siswa
(LKS)

Isilah titik-titik dengan kata tolong atau terima kasih.
Pilih kata yang tepat

Buatlah percakapan kegiatan membantu orang tua di rumah.

Diskusikan dengan temanmu.
Gunakan kata tolong dan terima kasih.

Isilah titik-titik di bawah ini.
Aku               : ____________________
Ayah             : ____________________
Aku               : ____________________
Ayah             : ____________________

Peragakan percakapan di depan kelas bersama temanmu.

TEMA 4 KELAS 1 SUB 2 PB 1 (Revisi 2017)

TEMA 4 KELAS 1 SUB 2 PB 1 (Revisi 2017)

  RPP LAINNYA:

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors