RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri Kandang
Kelas/Semester : 5/1
Tema 4 :
Sehat itu Penting
Sub
Tema 2/ Pembelajaran : Gangguan Kesehatan Pada Organ Peredaran
Darah/1
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
KOMPETENSI INTI :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman,
guru dan tetangga
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang
jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR (KD)/ INDIKATOR
a) Bhs. Indonesia
3.6 Menggali isi dan amanat pantun yang disajikan secara lisan dan tulis dengan tujuan untuk kesenangan.
3.6.1
Menjelaskan makna
dan amanat pantun dengan benar.
4.6 Melisankan pantun hasil karya pribadi dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat sebagai bentuk ungkapan diri.
4.6.1
Menjelaskan amanat
pantun buatannya dengan benar.
b) IPA
3.4 Menjelaskan organ peredaran darah dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memelihara kesehatan organ peredaran darah manusia.
3.4.1
Dengan kegiatan
mencari tahu, siswa dapat menjelaskan berbagai macam gangguan yang dapat
mempengaruhi organ peredaran darah manusia secara rinci.
4.4 Menyajikan
karya tentang organ
peredaran darah pada
manusia.
4.4.1
Dengan kegiatan
mencari tahu, siswa dapat mempresentasikan berbagai gangguan yang dapat
mempengaruhi organ peredaran darah manusia menggunakan model sederhana.
C.
TUJUAN PEMBELAJARAN :
1.
Dengan kegiatan
membaca pantun, siswa dapat menjelaskan makna dan amanat pantun dengan benar.
2.
Dengan kegiatan
berkreasi membuat pantun, siswa dapat menjelaskan amanat pantun buatannya
dengan benar.
3.
Dengan kegiatan
mencari tahu, siswa dapat menjelaskan berbagai macam gangguan yang dapat
mempengaruhi organ peredaran darah manusia secara rinci.
4.
Dengan kegiatan
mencari tahu, siswa dapat mempresentasikan berbagai gangguan yang dapat
mempengaruhi organ peredaran darah manusia menggunakan model sederhana.
D. DESKRIPSI MATERI
PELAJARAN
1. Menunjukkan ciri-ciri pantun yang di buat
2. Mengindentifikasi jenis gangguan pada organ peredaran manusia
E.
PENDEKATAN
DAN METODE
1. Pendekatan :
Scientific
2.
Strategi :
Kooperative learning
3.
Teknik : Picture and
Picture
4. Matode :
Ceramah, tanya jawab,
pemberian tugas dan diskusi
F.
KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
o Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
o Mengajak semua siswa berdoa.
o
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
o Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
o Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa
kelompok
o Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran
yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
o Menginformasikan tentang subtema yang akan
dibelajarkan yaitu tentang “Makanan Sehat”.
o Menyampaikan
tujuan pembelajaran
yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Pada awal
pembelajaran, guru menstimulus ide, gagasan, dan motivasi siswa dengan pertanyaan
yang ada di buku siswa.
o
Guru meminta
siswa untuk mengungkapkan pendapatnya secara percaya diri.
Catatan:
o
Guru membangun
suasana belajar yang menyenangkan dan menantang dengan pendekatan interaktif.
o
Jadikan
jawaban-jawaban siswa sebagai media untuk mengetahui seberapa jauh siswa
dalam mengetahui tanggung jawab dalam kelompok.
o
Apresiasi semua
jawaban siswa, termasuk jika ada jawaban yang nyeleneh.
o
Pada kegiatan AYO
MEMBACA siswa membaca contoh pantun pada buku siswa. Siswa lalu membaca
mengenai penjelasan makna pantun.
§ Kemudian, siswa dapat menjelaskan amanat pantun.
o
Pada kegiatan AYO
BERKREASI: selesai melakukan kegiatan membaca pantun, siswa membuat
pantun berisi pentingnya menjaga organ peredaran darah.
o Setelah
membuat pantun, siswa mengidentifikasi ciri-diri
pantun buatannya lalu menunjukkan kepada
guru.
o
Selama proses kegiatan
berlangsung, guru berkeliling
memandu siswa-siswa yang mengalami kesulitan.
o
Siswa membaca
narasi di buku siswa mengenai gangguan pada organ peredaran darah.
o
Pada kegiatan AYO
MENULIS: siswa mencari tahu berbagai penyebab dan jenis gangguan pada
organ peredaran darah manusia.
o
Siswa dapat
mencari informasi dari berbagai sumber, misalnya surat kabar, majalah, atau
internet
o
Siswa
mempresentasikan di depan kelas dengan menggunakan model sederhana.
Catatan:
§ Model sederhana dapat berupa:
·
gambar
·
diagram
§ Guru dapat memilih beberapa siswa untuk melakukan
presentasi.
o
Setelah siswa
menemukan jenis serta penyebab gangguan organ peredaran darah manusia.
o
Siswa membaca
narasi singkat pada buku siswa mengenai tanda-tanda sirkulasi darah yang
tidak lancar serta cara mengatasinya.
Catatan:
o
Guru dapat
menambahkan penjelasan dan pengetahuan lainnya mengenai cara memelihara alat
peredaran darah, misalnya:
·
Mengkonsumsi
makanan bergizi.
·
Berolahraga
secara teratur.
·
Menghindari
makanan berlemak.
·
Beristirahat
dengan cukup, misalnya tidur teratur.
·
Tidak merokok dan
minum minuman beralkohol.
§ Berdasarkan pertanyaan pada buku siswa:
o
Apa yang telah
kamu pelajari hari ini?
o
Apakah kamu telah
menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari?
o
Secara mandiri
siswa diminta untuk mengemukakan pendapatnya berdasarkan pemahaman yang sudah
didapatkannya selama kegiatan pembelajaran berlangsung.
o
Guru
mengidentifikasi dan menganalisa jawaban masing-masing siswa untuk mengetahui
sejauh mana tingkat pemahaman siswa mengenai tanggung jawab sebagai warga masyarakat.
Catatan:
o
Kegiatan ini
merupakan media untuk mengukur seberapa banyak materi yang sudah dipelajari
dan dipahami siswa.
o
Pada aktivitas
ini lebih ditekankan pada sikap siswa setelah mempelajari materi.
o
Sebagai
tindaklanjut dari kegiatan ini, guru dapat memberikan remidial dan pengayaan
sesuai dengan tingkat pencapaian masing-masing siswa.
o
Siswa melakukan
wawancara terhadap anggota keluarganya. Berikut pertanyaan yang harus
ditanyakan:
o
Apakah ada
anggota keluarga yang mengalami gangguan pada organ peredaran darah?
·
Apa nama penyakit tersebut?
·
Bagaimana cara menyembuhkan penyakit tersebut?
Catatan:
o
Guru dapat
menambahkan pertanyaan berikut:
·
Siapa yang menderita penyakit gangguan pada organ
peredaran darah?
·
Apa penyebab penyakit tersebut?
·
Bagaimana cara pencegahan penyakit tersebut?
o
Selesai melakukan
pengamatan, siswa menuliskan hasilnya pada kolom yang tersedia pada buku
siswa.
o
Untuk
mengoptimalkan kerja sama, siswa dapat berbagi peran dan tugas dengan orang
tuanya.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
o Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/
rangkuman hasil belajar selama sehari.
o Melakukan penilaian hasil belajar
o Melakukan repleksi
o Menyampaikan pesan moral/belajar.
o Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
G.
Penilaian :
A.
Teknik Penilaian:
·
Penilaian Sikap : kerja sama, peduli, komunikatif
·
Penilaian
Pengetahuan : Tes tertulis
·
Penilaian
Keterampilan : Uji unjuk kerja
B.
Bentuk Instrumen
Penilaian
1. Sikap
a. Disiplin
b. Tanggung
Jawab
c. Peduli
d. Percaya Diri
KEGIATAN PENILAIAN
Rubrik Berkreasi
Membuat Pantun Jenaka
Aspek
|
Baik Sekali
4
|
Baik
3
|
Cukup
2
|
Perlu
Bimbingan
1
|
Isi dan
Pengetahuan:
Hasil
yang
dibuat
oleh
siswa
|
Sesuai
dengan ciri-ciri pantun, yaitu:
• Pantun
bersajak a-ba-b.
• Satu
bait terdiri atas empat baris.
• Tiap
baris terdiri atas 8 sampai 12 suku kata.
•
Terdapat sampiran
pada dua
baris
pertama
dan isi pada dua baris berikutnya
|
Memenuhi
3
kriteria
dari 4
kriteria
yang
ditetapkan
|
Memenuhi
2
kriteria
dari 4
kriteria
yang
ditetapkan
|
Memenuhi 1
kriteria dari 4
kriteria yang
ditetapkan
|
Penggunaan
Bahasa
Indonesia yang
baik dan benar:
Bahasa
Indonesia yang
baik dan benar
digunakan
dalam penulisan
ringkasan
|
Bahasa Indonesia
yang baik dan benar digunakan dengan efisien dan
menarik
dalam keseluruhan
penulisan
|
Bahasa
Indonesia
yang baik
dan benar
digunakan
dengan
efisien dalam
keseluruhan
penulisan
|
Bahasa
Indonesia
yang baik
dan benar
digunakan
dengan
sangat
efisien
dalam
sebagian
besar
penulisan
|
Bahasa
Indonesia
yang baik
dan benar
digunakan
dengan
sangat
efisien dalam
sebagian
kecil
penulisan
|
Rubrik
Mempresentasikan Berbagai Gangguan Organ Peredaran Darah
Aspek
|
Baik Sekali
4
|
Baik
3
|
Cukup
2
|
Perlu
Bimbingan
1
|
Mengetahui
berbagai
penyakit yang
mempengaruhi
organ peredaran
manusia.
Mengetahui cara
memelihara
kesehatan organ
peredaran darah
manusia.
|
Menjelaskan
berbagai
penyakit
yang
mempengaruhi
organ
peredaran
manusia
dan
menjelaskan
cara memelihara
kesehatan
organ
peredaran
darah
manusia
dengan
benar.
|
Menjelaskan
sebagian
besar
berbagai
penyakit yang
mempengaruhi
organ
peredaran
manusia
dan
menjelaskan
cara memelihara
kesehatan
organ
peredaran
darah
manusia
dengan
benar.
|
Menjelaskan
sebagian kecil
berbagai
penyakit yang
mempengaruhi
organ
peredaran
manusia dan
menjelaskan
cara memelihara
kesehatan
organ peredaran
darah manusia
dengan benar
|
Belum
dapat
menjelaskan
berbagai
penyakit
yang
mempengaruhi
organ
peredaran
manusia
dan
menjelaskan
cara
memelihara
kesehatan
organ
peredaran
darah
manusia.
|
Menggunakan
bagan
atau
diagram
alur
untuk
menjelaskan
berbagai
pernyakit
yang
mempengaruhi
kerja
organ
peredaran
darah.
|
Menyajikan
bagan
atau
diagram
alur
untuk
menjelaskan
berbagai
pernyakit
yang
mempengaruhi
kerja
organ
peredaran
darah
dengan
sistematis
bahasa
Indonesia
yang
baik dan
benar
|
Menyajikan
bagan atau
diagram
alur untuk
menjelaskan
berbagai pernyakit yang
mempengaruhi
kerja organ
peredaran darah
dengan cukup
sistematis
|
Menyajikan
laporan
bagan atau
diagram
alur untuk
menjelaskan
berbagai
pernyakit yang
mempengaruhi
kerja organ
peredaran
darah dengan
kurang
sistematis.
|
Belum dapat
bagan atau
diagram
alur untuk
menjelaskan
berbagai
pernyakit yang
mempengaruhi
kerja organ
peredaran darah
dengan
sistematis
|
H.
Sumber dan Media
1. Buku
Tematik kelas V Tema 4, Buku, pensil, dan pulpen.
Mengetahui
Kepala SD
Negeri Kandang
Ir. Sulaiman, S.Pd
NIP : 19641231 198504 1 003
|
|
.........,
........................., 20…..
Guru Kelas V
Nurlaili,
S.Pd
NIP. 19790304
201406 2 009
|
Lembar Kerja Siswa
(LKS)
1. Coba cari tahu berbagai penyebab gangguan pada
organ peredaran darah
manusia. Kamu dapat bertanya kepada orang yang kamu
anggap tahu.
Kamu juga bisa membaca tentang berbagai penyebab
gangguan pada
organ peredaran darah manusia dari surat kabar,
majalah, ataupun dari
internet. Kemudian, tuliskan pada tabel seperti berikut!2. Coba cari tahu berbagai gangguan pada organ peredaran darah manusia.
Kamu dapat bertanya kepada orang yang kamu anggap
tahu. Kamu juga bisa membaca tentang berbagai gangguan pada organ peredaran
darah manusia dari surat kabar, majalah, ataupun dari internet. Kemudian,
tuliskan pada tabel seperti berikut!MEDIA
RPP LAINNYA:
TEMA 4 KELAS 1 SUB 2 PB 1 (Revisi 2017)
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment